Sukhoi 27 … Pembunuh Penakut!


sumber: ausairpower.net … pake revisi

Saat perang ambalat antara Indonesia vs Malaysia mo pecah, beberapa pengamat meremehkan kekuatan sukhoi kita yang hanya dipersenjatai oleh seri 27 sedangkan punya Malaysia seri 30.

Padahal faktanya, Sukhoi 30 kalau tidak dikembangkan sendiri oleh negara yang bersangkutan. (Semacam franchise, seperti India dan China) malah ngisinke jika harus berhadapan dengan Su-27.

Toh … kan harga nggak bohong!.  harga jual termurah  Su-27 lebih mahal ($35 juta) dibandingkan varian standar Su-30 ($33). 

Faktanya, Su-27 kecepatanya udah nyampe 2,5 mach sedang Su-30 cuma mentok di 2,0 mach. Selain itu, SU-27 memiliki kemampuan radar yang lebih baik dengan jangkuan mencapai 180 KM. Sedangkan kokpit Su-27 yang cuma 1 orang, jelas lebih menghemat nyawa daripada Su-30 yang berisi dua tempat duduk. :mrgreen:

Yang menarik, inilah satu-satunya pesawat Rusia yang menjadi armada tempur di Angkatan Udara Amerika…. Munafik emang tu Amerika :twisted: Pada tahun 1996, saat Presiden Soeharto menandatangani kontrak pembelian 1 skuadron Su-27. Amerika langsung bereaksi dengan mencari-cari alasan  agar kontrak tersebut “bubar” dan akhirnya ditutup dengan  menjatuhkan embargo senjata pake alasan HAM. suksesss!

Sayangnya, Russia terlalu takut untuk mengikutkan Su-27 dalam operasi militer. Bahkan saat perang Chechya pun, Su-27 sama sekali nggak menampakkan diri. Mungkin mereka terlalu phobia … berabe jika banyak yang inden seperti kasus Byson. Maklum.. ni pesawat adalah tulang punggungnya AU Russia

Satu-satunya bukti kehebatan Su-27 yang terekam adalah saat perang Eriteria vs Ethiopia. Su-27 Ethiopia sukses merontokkan empat pesawat Mig-29  yang sekelas dengan F-18 Hornet andalanya Amerika, Hebatnya lagi … pilot Su-27 nya seorang perempuan Afrika asli (katanya lho).  Mungkin gara-gara kejadian itu, AU Amerika buru-buru membeli pesawat ini :mrgreen:

Tambahan, PT. Pindad kabarnya sedang mengurus izin untuk membuat sendiri rudal yang cocok untuk Sukhoi TNI AU … maklum, lha wong dulu belinya kosongan buat terbang mejeng aja :mrgreen:

About these ads

32 thoughts on “Sukhoi 27 … Pembunuh Penakut!

      • saya pernah ikut acara Kesatuan Bangsa gt,..rupanya salah satu alasan kenapa Indonesia tidak mau ikut2-an panas kpd malaysia. dari sisi kekuatan Karena SuKHOI Indonesia itu saat beli tanpa ALUTSISTA. Jadi bisa dibayangkan ga jauh beda dg pesawat penumpang yg ga punya senjata. disamping dari sisi kuantitas jauh lebih byk malay,..klo tidak salah indonesia punya 4 buah (saat itu kasus ambalat) sdgkn malay 4 Skuadron. Cmiiw

        Suka

  1. karena orang indoneia biasa dlm hal multi tasking seperti nyetir motor sambil telponan dan smsan. jd udah gampang klo cuma nyetir pesawat sambil nembak….

    Suka

  2. jelas ga bisa dibandingkan, SU-27 itu air superiority sedangkan SU-30 itu multirole fighter, jelas beda kemampuan :D

    Radar bisa diupgrade kalau mau, seperti SU-30 MKI India atau SU-30 MKM Malaysia, bisa dimodif sesuai pesanan, lagian SU-30 kan pengembangan SU-27 :D

    US punya 4 SU, 2 beli dari rusia buat training dan beli 2 lagi dari ukraina

    SU-27 pernah dipake oleh rusia saat perang abkhazia dan perang osetia

    Kalau Pindad rencana bikin rudal kayak saya blm denger, tahunya malah Sari Bahari, Malang bikin Bom buat dan pesawat tempurnya TNI AU (termasuk sukhoi tentunya)

    Indonesia punya 2 SU-27SK, 3 SU-27SKM, 2 SU-30MKs dan 3 SU-30MK2s dan tahun kmrn pesen lagi 6 unit SU-30MK2s

    Suka

  3. kaya bakso aja ni belo kosongan wkwkwk tp urusan senjata n modifikasi Indonesia lebih oke..sapa tau di persenjatai si ijo a.k.a LPG3Kg wkwkwkkw musuh ga nyangka deh klo itu bom..

    Suka

  4. he he…Su-27 itu beda sama Su-30, keduanya mempunyai fungsi yg jelas-jelas berbeda. Su-27 seperti balasan di atas, fungsinya utk air superiority, memastikan bahwa tidak ada pesawat tempur lawan yang terbang di atas area pertempuran, alias benar2 didesain utk unggul bermanuver dan bertarung melawan pesawat udara musuh. Su-27 disebut F-15 killer, karena memang dibuat oleh Rusia dengan tujuan sebagai pesaing dari F-15, pesawat air superiority milik Amerika.

    Sedangkan Su-30 merupakan multirole fighter, yang didesain selain untuk bisa bertempur melawan pesawat musuh, juga bisa digunakan utk misi-misi lain, seperti pengeboman target di darat/laut atau juga misi pengintaian. Kalo versi Amerika mungkin F-18 hornet atau juga F-16.

    Kalo berhadapan secara head to head, antara Su-27 dengan Su-30, tentu saja lebih unggul Su-27, baik harga maupun kemampuan. Bagaimana mungkin sebuah pesawat yg dirancang utk banyak misi bisa mengalahkan sebuah pesawat yang khusus dirancang utk memenangkan pertempuran udara? Dilihat dari sisi Amerika pun, F-15 merupakan pesawat termahal jika dibandingkan dengan pesawat F-18 maupun F-16. Tentu saja sebelum F-15 digantikan oleh F-22, pesawat tempur generasi ke 5 yg juga didesain untuk air superiority.

    Suka

  5. SU-30 MKI itu andalannya AL Rusia karena memiliki jangkauan radar dan jg radius tempur lebih luas. Kalo SU-27 ga banyak diandalkan negara2 Eropa timur makanya pas perang Bosnia-Herzegovina yg banyak turun justru Mig-29 dgn penerbang minim pengalaman tempur karena Yugoslavia sndri sama halnya spt Indonesia perekonomiannya kurang bagus dibanding tetangga2nya. Korelasinya apa? untuk menerbangkan 1 jet tempur perlu biaya lebih kurang 500jt rupiah makanya penerbang2 tempur dgn negara2 ekonomi pas2an spt kta ini lebih banyak latihan simulasi drpd terbang langsung..beda dgn USAF/US Navy fighter pilot yg dikit2 latihan dgn Agressor fighter (instruktur yg menerbangkan mock-up jet tempur musuh) dan emang betul USAF punya SU-27 dan Mig-29 semata2 untuk kepentingan agressor fighter itu.

    Suka

  6. kalau masih saja jiwa inlander ada maka rasa ketakutan terus menghantui, akhirnya kemandirian menjadi banci alias bencong dan utk pembelian pasawat kita hrs didekte serta hrs beli produknya kalau saya ndak akan mau pesawat sdh bodong koq disuruh beli kan lucu. Ini akan menjadi sejarah militer terlucu di negeri NKRI, mudah2an ada hikmahnya dan kembali ke apa tujuan NKRI dlm pembuakaan UUD 1945. Slamat menikmati tonil army NKRI di tahun 2013.

    Suka

  7. maaf, semua su-27 yg indonesia punya adalah skm sema dan klw su-30 adalah mk2, dan su-30mki itu versi ekspor untuk india, dan bkn andalan al rusia, rusia kgk punya su-30mki, punya nya su-30mk2 sma kya punya indonesia

    Suka

Tinggalkan Balasan, mohon maaf bila tidak bisa membalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s