Madiun Jaya, Beginilah Seharusnya Kereta Api itu!

KRL Hibah dari Jepang, beruumur 20 tahun, jiannn elekk tenan

Pada 2010, ada polemik (klik disini) ketika PT. Kereta Api mendatangkan Kereta comuter bekas dari Jepang. Alasan si Dirjen saat itu, katanya ini hibah …

Terus dicounter sama pengamat, emang sihh hibah, tapi biaya perawatan dan onderdil kan nilainya hampir sama dengan beli baru. ๐Ÿ˜ฏ kamprettozz! . Padahal di Indonesia ada PT.INKA (Industri Kereta Api) yang juga punya kemampuan untuk membuat kereta commuter, mo listrik atau disel!.

Ehhh ndilalah 2011 ternyata PT.KA malah beli lagi … Syukurlah, si Dirjen KA ternyata langsung kena jaring KPK. 8)

Back to topic!. Hari rabu yang lalu, saya mengantar istri dan dua anak ke Klaten naik kereta Madiun Jaya. Awalnya saya pikir gerbongnya paling sekelas sama Bisnis biasa, tapi cuma pake AC doang.

Madiun Jaya non-AC … 1000% lebih baguss daripada KRL Hibah, apalagi yang Madiun Jaya AC ๐Ÿ™„

Ternyata! :8O: Kereta asli rakitan Indonesia dari PT.Inka ini … ruarrr biasaaa. Mungkin kereta commuter terkeren yang pernah ada di Indonesia.


Kereta ini harusnya menjadi tamparan buat para mafioso, korruptorr ataupun makelar anggaran dan proyekkk, terutama mereka-mereka yang ngotot lebih memilih membeli kereta bekas dari Jepang daripada beli baru “made in” bangsa sendiri.

Yang saya naiki adalah Madiun Jaya AC II. Jurusan Madiun-Jogja.ย Kenyamananan luar biasa, deru rel sangat minim, goyangan gerbong atau hentakan gerbong saat melewati sambungan rel juga minim … buktinya?, anak saya bisa terlelap tidur selama Madiun-Solo. ๐Ÿ˜‰

Ac super dingin, penerangan sempurna, dan kebersihanya fantastik.ย Fasilitasnya juga luarr biasa, bahkan di dalam toilet tersedia tissu sama cairan pembersih tangan. Bahkan di dalam gerbong ada pengharum ruangan elektrik


Yang mengagumkan lagi adalah ulah CS-nya. Ketika ada penumpang yang membuang sampah dibawah kursi. tu CS langsung datang, menyuruh si penumpang untuk bangun dari kursi lalu memungut sampah (padahal cuma tissu) terus mengepel …. durasinya cukup lama, sehingga tu penumpang langsung nyahookk, maluu. terus dinasihati, pak tempat sampahnya disana dan disana.

Selain rute Madiun-Jogja, ternyata sesampainya di Jogja. Kereta keren ini juga melayani rute Joga-Solo PP dua kali.

Naghh kalau udah ada angkutan transportasi yang nyaman dan cepat (Madiun-Solo cuma 1jam,45menit) … jelas lebih memilih ini daripada capek-capek nyopir, atau panas-dingin diatas jok. Mobil/motor tinggal di penitipan ๐Ÿ˜‰

Salutt PT.INKA Madiun, yang sudah membuat kereta ini. Andai para koruptor, mafia-mafia proyek, makelar lelang, calo-calo anggaran bisa dibasmi. Pasti Bangsa ini bisa mandiri, karya-karya anak bangsa menjadi kebanggaan dan identitas negara. ๐Ÿ˜‰ semoga …

roda2blog di sosial media

40 Komentar

  1. ” Ketika ada penumpang yang membuang sampah dibawah kursi. tu CS langsung datang, menyuruh si penumpang untuk bangun dari kursi lalu memungut sampah …”

    Manteb…..coba semua armada kereta api kayak gini ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  2. ya itulah, bnyak negara luar yg berbondong2 bli produk indonesia eh mlah mental korup para pejabat yang menghina produk dalam negeri dibilang jeleklah, anulah, padahal klo negara luar smpe belikan brarti brangnya tuh bagus, teruji dan bisa terbukti ……

  3. dulu pernah naik pas prtama mncl murah n lumayan cepet sih tp wah klo rame bisa berdiri ampe jogja..ga tau skrang apa masih ad yg berdiri ga

    • sabtu-minggu emang full crowd. Desainya emang ada yg berdiri, seperti busway,ada gantungan tangan.
      Klo hari2 kerja okupansinya cuma 60-70persen. Cuma klo udah masuk solo tujuan jogja yg langsung full lagi ๐Ÿ™„

  4. Kualitas produk PT. INKA jelas jangan ditanya lagi, benar-benar kelas dunia. BUMN yang satu ini bahkan menjadi partner kepercayaan perusahaan dunia sekaliber General Electric Amerika. Jelas ini bukan prestasi biasa. Semoga pemerintah dan rakyat Indonesia terus mendukung pengembangan industri strategis dalam negeri.

  5. Ahh… Mosok seh buatan PT. INKA kayak gini bagusnya? Apalagi ada specs tentang AC yg dingin n redam guncangan… Wah.. pasti keren banget tuh… Jadi pengin nyoba nih… Kliatane industri dalam negeri udah mulai “pemanasan” nih… Tinggal tunggu panas. Langsung………. MAJU INDONESIA!!

    #TAPI NDAK BOLEH CORRUPT N SOMBONG YACH BUAT PARA PEJABAT YG UDAH MAU BANTU INDONESIA TUK LEBIH BERKEMBANG.. ๐Ÿ™‚

  6. Juga lihat- lihat produknya PINDAD dong Bro! Tank, Panzer, amphibi, senjata, enggak kalah dari buatan jerman sekalipun dan lebih murah, tapi tetep… pemerintah RI milih beli BEKAS… supaya dapet cipratan dana Proyek Pengadaan, Shi***t!

  7. kang maaf kalo mw bikin postingan di pikir dua kali
    anda tahu engga kereta yang di atas yang anda terangkan sesungguhnya adalah kereta bekas yang datang ke indonesia pada tahun 1998 yang sudah tidak terpakai di lintas jabodetabek yang di sulap oleh tangan -tangan kreatif INKA untuk lebih memadai angkutan perkeretaapian di luar jabodetabek .

    • ini itu KRD-I bukan KRD-E,
      KDR-I itu asli rakitan inka, sedangkan KRD-E itu bekas dari KRL BN-Holec Sama KRL ABB Hyundai Yang Udah Gak Beroperasi terus di sulap jadi KRD-E yang ngelayanin prameks solo jogja kuotarjo, terus juga di bandung ada, kalo madiun jaya AC dan non AC itu asli INKA yang bikin

  8. Artikel ini sangat minim informasi.Saya benerin ya.
    1.Seluruh KRL yang di datangkan dengan status hibah dr Jepang itu sparepartnya diberikan secara gratis tanpa ada pungutan apapun.
    2.PT.INKA msh belum mampu memproduksi KRL sendiri.Masih bekerjasama dgn Bombardier.Itupun blm bsa memproduksi secara masal krn keterbatasan kapasitas produksi.itulah alasan PT.KAI ga mau beli ke INKA
    3.Fakta kereta MJ bukan kereta Commuter.Tapi KRD kelas Eksekutif.
    4.Kereta ini adalah eks KRL BN-Holec hasil kerja sama PT.INKA dengan Bombardier yang di daur ulangmenjadi KRDE oleh PT.INKA
    5.PT.KAI sengaja membeli KRL dr Jepang dgn alasan lebih murah dan cepat bisa beroperasi tanpa harusmenunggu lama.

  9. iya cakep ya mas keretanya….setelah dpt kereta secakep ini maka jd tugas kita smua mndukung si petugas CS td yg berani menegur penumpang yang seenak wudele dewe buang sampah sembarangan. saya kira kita semua tau cepet bobroknya fasilitas umum kita, krn ulah kita2 sndiri yg sering tak peduli kebersihan trhadap fasilitas umum trsbut. Orang Barat saja yg agamanya entah berantah msh mau nyimpen bekas bungkus makananny di saku sampai ktemu tmpat sampah trdekat kok kita yg sering blg kebersihan dr iman sering corat-coret kursi penumpang, bahkan ada yg nyuili cat bodi ato kain penutup kursi….hihihi….smoga bangsa ini tambah dewasa…

Tinggalkan Balasan