Ada apa dengan pelayanan spare-part ASTRA HONDA MOTOR!

Jika ditulisan sebelumnya saya menerawang tentang kesiapan AHM vs YAMAHA dalam hal menyediakan spare-part untuk si jabang bayi, Tralis dan Vixion v.2.0

http://roda2blog.com/2012/04/23/pilih-new-vixion-2-0-atau-honda-teralis-klo-ane-sih-jelas-pilih-yamaha/

Lha kok tiba-tiba awan mendung menurunkan hujan artikel di dunia bloghespere. Tentang susahnya spare part Honda, bahkan ada oknum AHASS malah menjual “imitasi” karena yang orisinal nggak ada.

http://varput.wordpress.com/2012/06/05/ops-oknum-ahass-honda-jualan-part-imitasi/

Kampas rem NMP aja, sama susahnya dengan kampas rem Pulsar 🙄

http://nanared.wordpress.com/2012/06/08/spare-part-fast-moving-seharusnya-wajib-tersedia/

Katalog spare part Yamaha, lebih mudah diakses 😉


http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/08/yamaha-selangkah-lebih-maju-dalam-spareparts-dibandingkan-honda-sebuah-pendapat/

Naghh gimana AHM selaku perakit Honda dan pemasar Honda di Tanah air?


Harapan saya, filosofi “One Heart” seharusnya bisa lebih baik lagi dalam melayani konsumen. Seperti filosofi kampanye kebangkitan Yamaha di Indonesia awal tahun 2000 dulu. “Touching Your Heart”

Sooo, saya yakin spare part untuk motor Honda tetap melimpah ruah. Hanya saja, sistemnya itu lhoo. 😉 semoga mau mencontoh Yamaha. Mulai dari “peng-kodean”, katalog online, kejelasan waktu pengiriman ke dealer, penetapan HET yang ketat dan transparan.

Soo We love honda actually, not only dot com.

 

 

roda2blog di sosial media

25 Komentar

  1. menurut pendapatku, yimm lebih baik manajemen stock partsnya mungkin karena sistem inventarisnya ditiap dealer dipantau langsung oleh yimm pusat, jadi mungkin tiap jangka waktu tertentu diperiksa jumlah parts yang ada ditiap dealer, untuk setiap item fast moving yang berkurang lsg disupply sesuai jumlah minimum stok yang harus ada ditiap dealer yamama.. untuk item slow moving bisa melalui indent tp tetep terjamin ketersediaan di yimm pusat… ini pentingnya suatu perusahaan punya sistem informasi (IT) yang reliable dan bisa mengoptimalkan untuk kepuasan konsumen baik konsumen loyal maupun konsumen potensial..
    #FBY tetep… :mrgreen:

    • sependapat! 😉
      sekarang era-nya digital, masak iya masih bertahan dengan part list berwujud buku lecek yang sangat sulit dipahami dan harga yang tergolong “pasrah sama dealer” itu 😆

    • Berdasarkan pengalaman pribadi, ga semua dealer stock part nya sama. Ada dealer yg ready dan ada juga yg tidak (harus inden). Semua tergantung dealer nya, mau stock atau tidak part tsb. Ini berlaku utk semua merk (Y, H, S, K dst)

      • Honda sparepartnya lebih mudah di dapat di bengkel umum.kalo urusan part bengkel resmi sih okelah beres yamaha lebih unggul,tapi kalo ketersedia’an part untuk nasional seluruh indonesia.honda masih masih lebih unggul. Sparepart honda di jual mulai dari beres sampai ke bengkel kaki lima.walaupun motor honda anda sudah manula sekalipun,pasti di grosir sparepart partnya masih ada yang jual,part honda lebih mudah di dapat tentunya. Sparepart yamaha jika di bengkel resmi sudah tidak ada yang jual,lalu apa mungkin bakal ada di bengkel umum?

        Jika yang di adu beres H dengan beres Y. Beres H jelas saja kalah. Beres honda memang jelek.tapi bukan berarti part honda gak ada yang jual.di grosiran berlimpah,part motor honda lawas aja masih ada yang jual.lah kalo yamaha lawas tahun 80-an? Apa partnya masih ada yang jual? Baik di beres atau bengkel umum?

      • siapa bilang sparepart honda susah? Di grosir berserakan sparepartnya mulai dari yang merk ichi, fede, aspi sampai ori. Nanya kok di beres,service aja ane alergi di beres. Justru ketersedia’an sparepart lebih unggul honda. Tinggal datang ke grosir part motor,sampai baut baut yang rinci aja ada yang jual.motor ane udah tuir berlogo ”H”, sparepartnya masih berserakan,saringan hawa yang ori ane tanya aja masih ada di grosiran,jangankan itu,tutup oli alias dipstick ori aja masih ada di grosiran,padahal ane nyangka pasti gak bakalan ada yang jual.

  2. harus diakui.. sistem manajerial Yimm lebh canggih dan pas..
    pantes dpt ganjaran marketing dr mulut k mulut terbaik, trus aktif bgt di dunia maya..

  3. kalo untuk daerah luar jawa dan pelosok,mungkin bisa dimaklumi pak,faktor distribusi antar pulau dan daerah mungkin membatasi,tapi jika didaerah jawa saja susah,ini yang mengherankan,sampe BeRes musti menyiasati dengan part KW
    terima kasih ping baliknya

  4. Tapi sport teralisnya paling banyak ditunggu tuh …. Maksute ditunggu penampakannya. Soal beli, pastinya milih yang dah ketahuan bagus aftersalesnya …. Apalagi untuk motor yang 100% fresh, jangan ambil resiko !!!

Tinggalkan Balasan