Sebossok itukah material Piston dan Cilinder HONDA?


seker piston bolong

At this last century, pabrikan garputala berkoar-koar bahwa material piston dan cilinder mereka adalah yang terbaik, Diacyil dan Forged. Dengan jargon motoGP-tech. ;)

Lalu pabrikan Suzuki pun diam-diam menghanyutkan, tanpa banyak koar-koar menyematkan SCEM pada ruang bakar ini. Yang katanya lebih ampuhh daripada yang punya Yamaha. gak percaya? … sangking ampuhnya, satu-satunya matic 125 tanpa radiator yaaaa si Hayate. :mrgreen:

my_useless_honda

Nagh tentu yang menjadi bulan-bulanan BC adalah Honda. Sampai-sampai ada yang bilang mudah hangus, gosong, mbaret dll. Pokoke, material bureng dan seker yang jelek ya punya Honda. :twisted:

Meskipun Honda mengklaim bahwa mereka punya inovasi “low friction” dan “low weight”. Artinya: Piston Honda didesain lebih ringan dan minim gesekan. Efeknya, tarikan enteng kata para bengkel dan awet. Tapi karena material dan prosesnya nggak seheboh duo SCEM dan Diacyl … ya tetap jadi sasaran tembakkk.

Segitu parahkan? berhubung kemaren mesin suprafita ganti kampret, ring seker dan sedikit modif di lubang klep :mrgreen: motor langsiran tahun 2006 dengan odo 37ribuan KM itu unjuk daleman mesin untuk pertamaxx.

Monggo dilihat seher/piston/seker … apakah ini termasuk gossong? enggak lah yaouw, masih bagus cuma ada sedikit kerak doang.

piston suprafit

Piston ketika pertamax diangkat, belum dibersihkan masih anget dari mesinn. Masih lumayan bagus untuk motor berumur 6 tahun (2006-2012) odo.37ribuan (note: saat beli speedo mati, diperbaiki dan sudah 3 bulan ini mati lagi … yoo benn). :?:

Kalau dalam mata saya memandang, masih oke well done. Walhasil untuk menjaga performa biar cakep, saya cuma mengganti kampret, ring piston, dan korek2 lubang klep. ;)

Naghh masih perlu teknologi balap untuk motor harian? mau ngebut sampai berapa KpJ kalau cuma 100cc-an.

Soal irit? … si supra fit juga masih bisa tembus 50KM/Liter kok … gak kalah sama motor-motor yang repot diinjeksikan. (klik disini artikelnya)

Alhamdulillah … Awet motornya, awet iritnya … gak perlu termakan ikan motor-motor baru. Honda gitu lohh :mrgreen:

suprafit

Tentang Amamoto

Orang desa biasa yang suka belajar dan menulis banyak hal
Pos ini dipublikasikan di Motor Roda 2 dan tag , , , , . Tandai permalink.

76 Balasan ke Sebossok itukah material Piston dan Cilinder HONDA?

  1. ipanase berkata:

    belum tahu megison 4 tahun 100.000 km , sebosok apa sehernya :D

    Suka

    • Amama Ali berkata:

      bongkar pann, oli ne wis rembess to?

      Suka

    • Arahiwang berkata:

      supra X ane malah udah hampir 11 tahun … seher masih STD .. tapi ujung knalpot udah mulai lengket , kayaknya ringnya udah mulai aus . itu juga termasuk motor capek karena memang tiap hari buat kerja muter” Jakarta .. nyari recehan.pergantian olie periodik setiap 3 minggu with REPSOL moto 0.8 L .

      Suka

    • bejo berkata:

      udah pernah liat supra x tahun 2002 dengan daya jelajah lebih dari 125.000 KM? Sebosok apakah pistonnya? Bahkan sedikitpun tak berasap.yang di ganti selama itu cuma rantai timing ama kampas kopling,gak perlu koar ini itu,,HONDA SELALU LEBIH UNGGUL.

      Suka

    • bejo berkata:

      untuk melihat apakah piston itu awet atau gak,lihat saja dari harga part piston tersebut.dan memang piston supra fit yang AHM setahu saya lebih mahal dari piston jupiter z.pun juga piston supra fit juga lebih mahal dari piston vario 110. Pun juga piston supra fit lebih mahal dari piston abs revo. Padahal ukuran sama sama 50 mm.Naah..heran kan? Saya juga heran kenapa kok bisa awet kaya gitu,karena mahal kali yah? Sekarang coba bandingkan berapa harga piston jupiter Z1 yang ukurannya kalo tak salah 50mm,artinya sama ama ukuran supra fit.bandingkan harganya,mahalan mana? Piston forged jupiter Z1 atau piston biasa dari supra fit.dari situ akan di ketahui kualitasnya.semakin mahal,semakin awet.karena harga gak pernah bohong.atau bawa ke laboratorium terdekat untuk mengujinya.baru simpulkan sendiri.

      Suka

    • jono berkata:

      apa? Yamaha awet? Jupiter mx aja kebanyakan jadi bangke rongsokan klotok klotok macam gerobak arco kehilangan baut ijika udah di pake 7 tahunan.awet dari hongkong. Awet itu kalo masih layak jalan dan gak rewel jika sudah di atas pemakaian 10 tahun. Gimana yamaha mau awet, sedang beberapa komponen mesinnya aja yang bikin ASTRA GROUP. Sudah jelas ASTRA GROUP itu produsen motor honda. Yang bilang yamaha lebih awet dari honda hanya orang yang kurang akal. Sparepart yamaha itu cuma label nya aja YAMAHA GENUINE PART. padahal yang bikin bukan yamaha. Beda dengan honda AHM Yang memang asli buatan AHM sendiri. Dengan honda memproduksi spart part sendiri melalu AHM itu artinya ongkos keluar sangat kecil dan keuntungan sangat besar,seperti pelek yang lebar,ban besar,kunci kontak magnet,stand switch,combi brake. Yamaha gak akan bisa ngalahin honda,kalo part aja masih order ke ASTRA.

      Suka

  2. rusmanjay berkata:

    tergantung perawatan :D

    Suka

  3. Mas Wiro berkata:

    Josss…awet tibak’e
    Mantablah kalau gitu :mrgreen:

    Suka

  4. mason berkata:

    yah mau gimana lagi masbro..market leader,dimana pun, produk apapun, hampir pasti jadi sasaran tembak yg di bawah bawah nya,heu..it always will:)

    btw,irit juga yah sufit..

    Suka

  5. nlavia berkata:

    Yang katanya lebih ampuhh daripada yang punya Yamaha. gak percaya? … sangking ampuhnya, satu-satunya matic 125 tanpa radiator yaaaa si Hayate.

    hayate lagi- pertanda apa ini????? :)

    Suka

  6. karismanis berkata:

    Yang penting kita fun pas make e om! :D

    Suka

  7. Vincent berkata:

    sama kok, bebek jadul saya yang tanpa teknologi2 terkini……….11 taun dan cuma ganti ring seher :lol:

    Suka

  8. bysonAlbino berkata:

    megatron ane 2003 jg maasihh buagus..blas gak ngebul..blum turub mesin…gag perlu forge piston. …

    Suka

  9. cerd berkata:

    saya punya Grand Astrea impressa 97 …. masih ngacir aja buat harian jarak jauh …
    tak pernah ada keluhan berarti … service rutin ,
    itulah kenapa honda bnyk penggemarnya …. dijamin awet irit bkn sekedar jargon penggiringan opini tpi sudah terbukti dn mnjd image yg mengakar kuat tanpa pencitraan

    Suka

  10. Anonim aje berkata:

    Blh percaya blh tdk, honda astrea star tmn ane baru turun mesin stlah 14 thn. Kuncinya, perawatan, terutama penggantian oli mesin. Bgtu kata tmn sy.

    Suka

    • joko berkata:

      bukan begitu bro, selain perawatan material bahan baku mesin jaman dulu lebih baus jauh dibanding sekarang, star memang kuat coba bandingkan dengan revo/blade/supra 125, dalam 14 taun bakal turun mesin berapa kali. mekanik jalanan juga mengakui tentang kualitas yg menurun

      Suka

  11. b.indt berkata:

    ane dah pernah punya supra fit buat istri antar anak sekolah, tapi belum pernah tembus 50 km/l paling hanya 40~45 km/l.

    mungkin karena dikota banyak macet dan begitu masuk konplek banyak polisi tidur, tapi begitu ane ganti dengan shogun 125R tenaga lebih besar & masih dapet 50~55 km/l.
    jadi mau pilih mana? sekarang ane ga aka
    n beli motor kalau belum tes langsung ,pinjam saudara atau teman. hal ini untuk pembuktian actual bukan kata iklan!

    Suka

    • hi hi hi berkata:

      kalo sering boncengan mending 125cc torsi lebih gede, ujung2xnya bisa lebih irit dari 100cc tapi ngeden karena beban berat.

      Suka

  12. joko berkata:

    ya awetlah, itu kan piston untuk supra fit yg kompresi mesinnya rendah, coba aja supra dikorek semi, yg kompresinya diatas itu seperti MX dan shogun, ya gak umur juga tuh.
    kalo cuma kompresi rendah dan motor ekonomis, vega R dan smash juga pake piston biasa dan itu juga kuat karena sesuai kompresi dan kerja mesin. btw saya pernah nemuin piston biasa yg bintik-bintik gara-gara kompresi dinaikkan. bintik-bintik besar doang belum sampe bolong, tapi kalo dibiarin ya ancur.

    Suka

    • nosyb berkata:

      kalau dimodif naikin kompresi sama jg bodong.
      gw malah pernah lihat vixion umur tiga tahun standard tp dah ngebul.

      Suka

      • joko berkata:

        bukan masalah bodongnya, cuman biar bisa membandingkan 2 motor berpiston beda dengan kompresi sama. begitu doang kok.
        soal motor ngebul, ane malah sering masukin oli ke knalpot semenjak beli, alhasil ngebul juga tuh, kalo di jalan sama orang dikira ngebul :D
        maklum mesin 4 tak knalpotnya gak seawet 2 tak, kalo pingin awet ya diisi oli.

        Suka

    • paijo berkata:

      Cek this mesin cs1 n cbr awet buangetttt gk pernah bermslah wlo kompresi tinggi

      Suka

  13. legendarider berkata:

    Setau ane spin, skywave, skydrive termasuk matic 125cc yg ga pake radiator, tp ya gitu kompresi rendah.

    Suka

  14. Basho berkata:

    Tetangga saya ada yg punya bebek Revo 100cc. Tetangga saya itu punya kebiasaan, kalo manasin mesin motor di pagi hari, selalu digeber2 poll sampe suara knalpotnya kedengeran ke seantero komplek. Kalo kata orang2 sih, cara manasin motor yg kaya gitu tuh ngga bagus, soalnya bisa bikin mesin rusak/jebol. Tapi buktinya, bebek Revo tetangga saya fine2 aja tuh, ngga ada masalah sama sekali. Padahal kalo diliat dari jenis motornya (bebek Revo 100cc, yang udah ngga diproduksi lagi sejak tahun 2009), minimal itu motor umurnya udah 4 tahun lebih. Nah, kalo selama 4 tahun kebiasaan manasin mesin motornya kaya tadi, bisa dibayangin seperti apa kekuatan/kualitas mesinnya kan? ;)

    Suka

    • joko berkata:

      justru geber mesin motor apapun memang dianjurkan, dan justru bisa bikin mesin sehat asal tau batasannya, coba search tentang italian tune up untuk lebih jelasnya

      Suka

      • Basho berkata:

        Beda lah. Italian tune up itu cuma boleh dilakonin beberapa waktu sekali (paling sering seminggu sekali). Itu pun dilakonin pas motor lagi jalan dan udah mencapai suhu ideal tertentu. Tetangga saya ini dilakonin rutin tiap pagi, waktu sedang manasin mesin motor dan kondisi motor sedang diam, posisi di standar tengah. Berarti bisa dibilang, tetangga saya ini ngga tau batasannya

        Suka

  15. wkwkwk,,, mungkin itu servis pertama kali semenjak beli :v

    Suka

  16. andre berkata:

    yah klo soal material sya cma bsa kasih bukti honda grand dri tahun 96 akhir smpe saat ini blum turun mesin, trus supri 125r udah 4 tahun lom ada problem pdhal pas jamannya pacaran buat ngapel pcar dri pantura brebes smpe pantai selatan garut no problem

    Suka

  17. achmad grand pacul berkata:

    Motor honda grand ane kloter 2x sdh 24000 km, mke premium, mtor bwt krja keras, kta siapa mtor honde awet.. Gw mlh pngen mtor yg ada lap tahan gesek, cma blm ada duit..

    Suka

  18. sa469 berkata:

    hehe… kalau awet ya berarti berkah..berkah uangnya, berkah belinya, berkah motornya :D :D

    Suka

  19. Maskur berkata:

    tergantung pemakaian dan fungsi, juga spek

    Suka

  20. andhika berkata:

    Tergantung pakainya dan perawatannya.
    Vega 1998 odo baik ke nol 5 tahun lalu. maklum odo mati terus dah ganti kabel juga koit.

    Ngebul september 2012.
    Berarti awet ya. hehehe.
    Hingga kini masih semarang-Purworejo.
    Juga motor pekerja keras brosis.

    Pengen ganti, tapi masih pilih2. :)

    Suka

  21. bunciskentang berkata:

    piston honda kan masih di proses grafity die casting, beberapa seher yamaha sama suzuki juga..materialnya sama almu ingot ac8a
    tapi ya itu,kelewat kalah sama diacyl&scem

    Suka

  22. kinno berkata:

    anda terlalu dramatisir masalah piston sebenar ini kesalahan siapa karean pembawaan motor terlalu paksa speed , beban berat,kualitas oli jarang servise, itu baru kesalahan kalau udah prosedur kalau jarang itu kesalahan anda sendiri ya tho….

    Suka

  23. Harianto berkata:

    saya pakai supra 125 udah 5 tahun,gak ada masalah.saya jujur gak bohong

    Suka

  24. bengs berkata:

    Saya kira judulnya sangat provokatif dan tidak berdasar.

    Suka

  25. z1rider berkata:

    hehe… Ikut nyimak aja :)

    Suka

  26. jos berkata:

    sy nunggu yamaha vega injeksi masuk indonesia

    Suka

    • b.indt berkata:

      ane juga nunggu vega injeksi yg dah irit, mudah2an awal februari nongol dan ada fitur bagasi & tangki besar,biar jarang ke pom dan fungsional

      Suka

  27. martini berkata:

    alah…motorku vario yang 2tahun juga gak diapa2in……penting ganti oli rutin wis cukup…lom tak serpis malah…..lha lihat antri di bengkel resmi bikin mual…..mosok datang jam 8.30 wis antrian nomer 20…wkwkwkwkwkw…ngapaen juga diserpis…kalo rusak ya beli baru……

    Suka

  28. praci berkata:

    Bro ikut nimbrung nanya,babe aku kan mtrnya supra fit jg nah penyakitnya spidonya sering banget mati udh berapa kali dalam 1thn ganti kabel spidonya.nah yg jd pertanyaan itu masalahnya apa ya?thanks sblmnya.

    Suka

  29. snif-snif.... berkata:

    namanya barang ya tergantung pemakaian dan perawatan.

    kalo buat balapan bebek yg gak pernah nyampe finish dan jebluk tengah jalan itu baru matrial abal-abal, karena di pakainya di luar batas kemampuan mesin.

    kalo gak pernah di servis rutin berdasarkan jarak tempuh dan lamanya ya jeblug juga.

    kalo kompresi mesin tinggi makai piston supra fit aka revo ya leleh

    Suka

  30. wangwa berkata:

    tigerku tahun 2007 beberapa hari lagi spedo akan kembali ke ”0′ lagi fine fine aja tuh. intinya perawatan

    Suka

  31. Motoralay berkata:

    Iya hanya koar-koar belaka..
    Malah pernah baca komen FBnya,tanpa oli pun bisa jalan, karena teknologi motor balap ini…
    Hehhhhhh segitu bodohkah orang kita ..????

    Suka

  32. Mbah Babah berkata:

    Dari pengalaman ane sich, yang paling penting itu oli nya.
    Mesti diganti secara berkala dan pake yang kualitasnya oke.
    kalo pake oli oplosan kagak berani komen ……

    Suka

  33. mio ja berkata:

    ada kbr burung ktnya apa itu linernya ato lapsan terluar untuk piston mtr Honda dilapisi molybdenum..untuk semua varian,ini katanya

    Suka

    • joko berkata:

      bener, ada tuh di karisma jadul, tapi ya itu, lapisannya cuman dikit.
      harga memang gak bisa bohong, piston aprilia 2550 yg forged 148 euro, yg molibdenum 107 euro, apalagi yg biasa, pasti jauh lebih murah.
      ada harga ada rupa. di sini logika bermain.

      Suka

  34. Rollerman berkata:

    ya kalau 6 tahun cuman berjalan 40.000 KM sih ya ttp aja hal yang biasa

    Suka

  35. penyembah merk berkata:

    6 taun cuma 37rb km ?

    motor kalo di pake normal 6 taun itu harusnya km udh 72 rb km, pemakaian 1000km/bln.
    lah ini cuma 37 rb km ya sama aja baru jalan 3 taun, pantes awet

    Suka

  36. Tukang Ojek berkata:

    Punya ane baru dilepas, crypton 1999 mash full orisinil brow. cuma ganti ban belakang 15 kali, rem belakang/depan 8/2 kali, ban depan 3 kali, kabel rem 1x, jok cover 3 x, ama rantai set 6x, plus kabel spedo sekali. Yang lain full orsinil, masih lari 105 kpj (spedo).
    Dipake harian berdua sehari 40 km pp, nanjak-turun 300 meter. desember kemarin dilepas masih ada yang beli 4 jt. Koplak ga sih?

    Suka

  37. Tukang Ojek berkata:

    Tp mio ane, kaga ada yang mau pegang, borosnya ampyun. CVTnya suka berdecit. Jadi kalo urusan mesin, awet yamaha, tapi kalo matic, mio harus ngakuin beat.
    Temen2 ane klao jual motor ojek yamaha, masih kelas motor bekas. Tapi merek lain masuk kelas bekas motor. Udah ga bisa diupgrade, paling mentok 50 Kpj, udah belanja muaacem-macem. Ada istilah, mesinnya udah ga lurus lagi….

    Suka

  38. orang indonesia berkata:

    kalo cakram belakang gimana mas?? ini termasuk teknologi balap ga ya?? kalo motor kecepatan rata2 100km/jam kayak cukup pake teromol

    Suka

  39. orang indonesia berkata:

    ohh 1 lg kalo punya pemikiran spt ini.. brarti tuk motor entry level (100 cc-an) ga perlu pake injeksi ya?? kan sama2 irit dapet 50 km/liter.. jd para ATPM ga repot2 menginjeksikan motor mereka?? bener begitu mas mksd anda??

    Suka

  40. catur berkata:

    punya ane gan Karisma 125D tahun pembuatan 2002, tadi habis ganti seher, seher nya masih bagus gan kata mekanik nya, dan ane lihat waw :matabelo, ane pakai kuliah klaten-solo gan PP, selama 3 tahun gan, sebelum nya buat pp kakak ae klaten-jogja, kilometer sudah mentok kagak bisa masuk ke 000000 lagi :hammer, tapi

    Suka

  41. sarwo cekap berkata:

    patokan umur motor tidak sama dengan manusia!
    kalau manusia mengunakan tahun tetapi untuk motor menggunakan jarak tempuh biasanya kilometer(KM)
    sehingga jika menentukan umur motor menggunakan tahun akan kurang akurat dengan kata lain bila motor A dan B sama sama usia 1tahun motor A 1000km(pembacaan odometer) motor B 10000km maka umurnya tidak bisa di samakan,
    menurut saya motor awet karena perawatan pemakaian wajar itu bukan hal yang aneh, motor awet itu dimana motor digunakan dalam kondisi dan pemakaian ekstreem pada kondisi standar pabrik, misal jarak jauh, oli agak telat tapi gak rewel ,nah…di kondisi inilah kualitas motor benar2 teruji,

    Suka

  42. jono berkata:

    supra saya keluaran th 2000, odo pentok 100.000km 4 tahun lalu. tiap hari dipakek kemana2. blm pernah ganti seher. yg penting oli rutin dan jangan pakek MPX1 ato TOP1 dijamin JEBOL MOTOR ENTE

    Suka

  43. melaameliakug berkata:

    ikut komen kalo pngen awet,di laminating aja mauskin lemari.dijamin tu motor awet.

    Suka

  44. djamsen berkata:

    produksi mtor/mesin yang all pke smua bkal awet kalo perawatan’a teratur, so kalo mtor ente” pngen awet gampang gak usah dipake simpen aja di kamar hahahaha dijamin awet seumurhidup.

    Suka

  45. Slow_Down berkata:

    teknologi cylinder gak ngaruh ama kebersihan piston bro…
    motor secanggih apa juga/bbm sebaik apa seher pasti hitam. kalo gak hitam berarti gak dipake.

    segitu sih belum hitam bro, menurut ane masih bersih.
    bahan bakarnya pake apa tuh? penarasan ane,
    cz motor ane pake shogun dan pake premium 55.000km buka sehernya lebih hitam dari itu ampe tebel, cuma cylindernya aja yg bagus gak baret & masih licin, ring seher juga gak masalah.

    Suka

  46. furniture jepara berkata:

    normalnya pemakaian km spda mtr per tahun brp?

    Suka

  47. rudy darminto berkata:

    tergantung perawatan dan cara pemakaiannya. kalau sesuai prosedur di jamin lebih awet.

    Suka

  48. cah sp berkata:

    Lha gue punya shogun sp fd125xrm 10 thn kagak ada masalah sedikitpun

    Suka

  49. aris berkata:

    suzuki sejak dulu gak bisa bikin motor pakek radiator…

    Suka

  50. danisubject berkata:

    punyake pie yo daleman nya

    Suka

  51. ir Budi berkata:

    Bro sharing detail gw punya Fitx 2008 silver baru ±7thn 36022km oli 10w40 ga pernah servis lagi ampe sekarang kecuali yg gratisan 3X.busi bawaan pabrik blm ganti,cuma ganti oli sendiri ikutin 1500km aja,utk dimesin sperpart&filter blm ganti.1x ganti:(ban depan&blakang(+ban dalem krn jebol kena paku) ,dan pad rem depan,lampu depan,lampu gigi 2), 2x ganti kabel sepido.utk part lain Nol ga ada,aki soak strum cuma dikit.kira kira dari info gw barusan masih tangguhkah fit x biasa digeber gigi 2 sampe saat ini tetep mentok 70kmpnya dapet blm gaspol,gigi 3 95Kmp,jarang pake kondisi jakarta tuk gigi 4 115kmp ga berasa soal helm fullface sempet terkejut blm Gas poll pas di depan mpr mungkin mentok 124Kmp.gw 75Kg 178cm.saat ini penasaran gear rasionya berapa itungan teryata dapet dan sesuai secara matematis sama dari topspeed tiap gigi makin wow itu sama di 11000rpm.kesimpulan biar pun 97cc Std atau 100cc teknologi paten topspeed melampaui batas mungkin khusus satu2 motor 4 tak dan modalnya motor terjaga bersih.gw rasa perkiraan motor sekarang malah kemampuan mesin didowngrade gear box rasio daleman ga imbang buat apa cc sekedar digedein klw topspeed ngenesin,klw secara logika gw mungkin fokus teknologi disisi disain tampilan aja soal kondisi jalan macet mulu juga ga bisa lari kencengkan. Beda jika klw kaya tetangga jalan highway motor bisa masuk dan gratis enak buat uji topspeed lebih akurat dan nyaman ga macet.bro mungkin fit x std gw itu dapet yang unggul dari distributor.info ringan sesuai adanya.apalagi klw boncengan gw 75kg+45kg fit x std makin mantap gigi 4 santai 90kmp lagi pas trek lurus grogol pluit bebek 135cc ver ke 2, si m70kg bunyinya ngaung tp gerakan tipis gw kira apaan liat spion 10m, wah kaya mau nyalip gw lasung gw tambah gas pol eh tambah ketinggalan dia jiah ,bersamaan itu pas liat didepan 50m metic V 110cc kenceng juga 80kg gw klakson dulu baru salip eh kaya ga terima mau nyalip lagi tapi kaya sdh mentok mereka dibelakang 20m~30m dan mungkin pada heran fit x 97Cc sampai terhenti&terpisah disimpangan terurai dikeramaian.sekedar sedikit pengalaman nyata dijalan kurang lebihnya.salam rider all boleh kencang harus safety dan terukur

    Suka

  52. fahri berkata:

    tes lah sama rx-king gua dari taun 83 sampe skrg cuma turun mesin skkali itupun cuma korter 50 ganti membran kampas kopling ma seal2 yg udah uzur.. slaennya ori bawaan pabrik.. pemakaian tak terkira jauhnya dari saya sekola smpai.kerja. dan dari badung suka kebut2an sampai harus mikirin keluarga dirumH. bayangin coba awet gak tuh.. intinya servis oli rutin jaga mtor agar slalu bersih.. kerugian jangka pendek keuntungan jangka panjang

    Suka

  53. utek berkata:

    haha..kalah loe ma KTM Power X (KTM Inul) om gua..dari taon 2001 blon pernah bongkar seher pe skarg..kcuali ganti kanvas kopling N Body nya dh rompal..yg jlas itu tergantung perawatan coy merekmah nomor dua…

    Suka

Beri tanggapan anda, mohon maaf bila tidak bisa membalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s