Kenapa VSI disebut money game? (Update)

image

Definisi money game adalah permainan uang dengan skema ponzi Klik disini tentang sejarah ponzi/money game, untuk mendapatkan keuntungan dari peredaran uang di dalamnya.

Gamblangnya, member baru membayar sejumlah uang dan tidak dijelaskan untuk apa uang itu karena nilai barang yang didapatkan tidak sebanding dengan jumlah uang yg disetor.

Distribusi barang/jasa enggak penting, karena yang penting adalah member get member, uang pendaftaran itulah obyeknya bukan jasa atau produknya.

Dalam hukum dasar muamalah Islam, sebuah investasi harus jelas, berapa biayanya dan untuk apa alokasinya. Bila enggak jelas itu bisa disebut mayssiir.

Pertama, Monggo dicermati biaya pendaftaran VSI

image


Bila ini memang bisnis pulsa, kenapa jika anda mendaftar paket basic 275.000 kok tidak mendapat deposit? Terus bagaimana mau transaksi?
275ribu untuk apa?, untuk beli aplikasinya!?, apa iya harga aplikasi android semahal itu?!!. Jual beli kalao menjualnya diatas harga normal itu disebut dalam Islam riba fadl.

Bila niatnya untuk spekulasi bisa untung besar, itu termasuk ghoror haram juga.

Nagh ternyata uang pendaftaran di paket basic, silver, gold dan titatnium itu adalah untuk pembelian Hak Usaha seperti lumrahnya maneygame tapi dalam bahasa VSI disebut “LOKET”

Basic = 1 Hak Usaha/Loket
Silver= 3 HU
Gold = 7 HU
Platinum = 15 HU
Titanium = 35 HU tapi bahasa VSI loket lhooo


Silahkan lihat gambar berikut ini, berarti telah terjadi “wanprestasi”, yaitu manipulasi jaringan. Seharusnya satu member dihitung hanya satu titik, klo begini, maka nanti akan diklaim bahwa membernya sudah sekian juta. Padahal?, bisa saja yang 500.000 fiktif, atau orangnya sama.

vsiiLebih lanjut tentang Hak Usaha bisa diklik link berikut
Klik di sini Hak Usaha dlm money game

Nagh loket atau Hak Usaha ini akan mempengaruhi besar kecilnya bonus dari investasi anda di VSI. Investasi?????!!! Iya investasi, karena 7loket sama 7titik dalam jaringan, bisa juga disebut 7saham. Jadi bila ada member baru, 7 loket itu bisa dapet untung semua.

Emang VSI lembaga investasi? Bila iya nomer registrasi OJKnya mana? Bila nanti 4,600,000 itu enggak kembali mau nuntut kemana? Mungkin Ikhlas saja.

image

Kedua, memakai pemasaran piramida ponzi, tapi saya lebih suka nyebutnya Skema Bowo Jenggot (disingkat BoJeng). Nasionalisasi istilah kan gak apa-apa :mrgreen:

Skema ini akan diperkenalkan pada anda, bahwa VSI merevolusi cara ber-MLM dengan skema baru yg lebih adil bla-bla-bla.
image

VSI menduplikat skema Bojeng plus dengan iming-iming bonus pasangan, artinya jika anda orang yg disampin anda menambah 2 downline anda yg tidak ngapa-ngapain dapet bonus 25rb. Passiife income broo, ayooo buruan gabung, enggak usah kerja dapet duit, teriak mereke. 😛

Padaha ini penyakit yang mempercepat kematian money game, monggo ilustrasinya dicermati berikut ini.
image

Jika anda adalah si garis ijo, daftar dengan paket basic 275,000, maka orang yang bergaris kuning akan dapat komisi 25.000, termasuk juga si garis merah dia juga berhak dapet komisi pasangan.

Tapi, total yang bergaris kuning dan merah ada 8 orang!, 8 x 25.000 = 200.000 padahal VSI juga masih harus bayar bonus duplikasi pengembangan sebesar 192.000 untuk orang apling diatas, karena si ijo yg baru daftar adalah generasi ke 4 dengan total member downline ke bawah sudah lebih dari 16 orang yg sudah aktivasi.

Rugi dong si VSI, ada member bayar 275,000 tapi total ngasih bonusnya 392,000???

image

vsi

Disitulah nanti kelicikan dimulai, peraturan akan dibuat bahwa Bila anda daftar hanya dengan paket basic, itu tidak menguntungkan, tidak prospek dan maksimal keuntungan perhari hanya sekian rupiah,mkeciiilll banget. Bonus untuk paket basic dibatasi.

Maka member baru dipaksa disarankan untuk mendaftar dengan paket yg lebih mahal, klo bisa harus paket titanium yang VSI pasti dapet untung 4 juta lebih. 😈

Apa ini cara bisnis yang disebut cara cerdas? Cara ini adalah cara yang sudah banyak merugikan banyak orang.
Ingat tahun 2009 KH. Abdullah Gymnastiar aka. AA Gym juga pernah terjerumus ke dalam money game DBS (sama dengan VSI).

Naghh bagaimana sekarang kabarnya si DBS dan AA Gym, setahu saya sudah modar, bahkan website duta4future co id juga sudah tewas gak bisa diaksess, apa mau diulangi dengan VSI? ❓

Update!

Berikut adalah screenshoot pendapatan salah 1 member VSI. Lihat dan perhatikan kolom bonus. Ada bonus sponsor, pasangan, generasi, RO dan Repeat Order.

bonus VSI

Dari total 5,6 juta rupiah yang dia dapatkan dari VSI, dari manakah yang terbanyak datangnya? Bonus pasangan bukan!. Masih mau bilang bahwa analisa bonus pasangan di tulisan ini salah?

Bonus Sponsor = Rp. 0 (nol)
berarti dia tidak menggaet orang baru untuk jadi member VSI

Bonus Pasangan (CPK 1) = Rp. 5,075,000 .
Baca Bonus pasangan di atas. Sekarang istilahnya diganti jadi Cashback Pengembangan Komunitas 1 / CPK1

Bonus Generasi / Cashback Pengembangan Komunitas 2 = Rp. 573,000
Setiap mitra yang Anda ajak sendiri mendapatkan CashBack pengembangan komunitas 1 (CPK1) diatas, maka dari setiap mitra tersebut Anda mendapatkan Rp.1.000,- hingga 10 Generasi disebut CPK2.

Bonus Transaksi/Repeat Order VSI cuma 20.500

Jadi bila bonus berjuta-juta didapat dari program member get member, bukan dari seberapa banyak transaksi.

semoga bermanfaat.

553 Komentar

      • huussssss….. ini pertama2 yang mengeluarkan non muslim dengan istilah mlm dengan berbagai cara… lalu di adopsi oleh yusuf mansyur untuk keuntungan bagi di sendiri…. jangan tertipu dengan embel2 ustadz yang bisa bisnis… dia hanya mencari keuntungan sesaat saja….. kalau udah jadi masalah besar baru tahu… orang bisnis seperti bank tidak pernah memberi keuntungan melebihi dari kapasitas uangnya. apalagi sekelas yusuf mansyur yang tidak mengerti tentang sistem ekonomi… jadi ingat koperasi langit biru…

      • antek kapitalis?? kenapa anda malah bawa SARA dan tidak berterima ksih telah membaca informasi artikel ini? apa anda jangan-jangan anggota vsi yang kelabakan karena takut dengan artikel ini gak bisa dapat mangsa baru?

      • @mas Karnova : iya betul.. sabar aja..

        Antek2 kapitalis skrng lagi pada kelabakan tuh, sama kaya Admin Blog ini.. Bisnis PPOBnya mulai berkurang karna pada lari ke VSI..

        @ mas wengki :

        Yang perlu diingat..

        Ustad yusuf mansur bikin VSI KETIKA Beliau Sudah Berkecukupan Materi.. dan kantor pusatnya ( bandung ) beliau beli CASH.

        Orang bank kenapa tdk memberikan keuntungan, Jawabanya Sederhana “BANK Hanya Memikirkan PERUTNYA SENDIRI”..

        Mudah2an bermanfaat ya..

        Insya allah, membeli ulang indonesia sudah dimulai

        HOTEL MOYA VIDI di Jogjakarta sudah Rampung..

        Mungkin bila perlu, bisnis PPOB admin blog ini VSI BELI Juga tuh.. hehe peace

      • Memang biasanya seseorang menilai sesuatu lebih kepada kulit ketimbang isinya…
        Belum apa2 sudah jauh yg dicari adalah sisi negatifnya ketimbang positifnya..
        Itu sudah lumrah mengingat kita stiap haripun lebih seneng nonton berita gosipin orang ketimbang yg lainnya..
        Ayyo ngaku..!! Klo ngga knp semua chanel punya brita gosip…?? UUD…!!
        Ibaratnya orang yg blm pernah mkn pizza tp udah bilang sono sini klo pizza tuh ngga enak, bgini, bgitu…
        Tapi ya sbenernya sah-sah aja, selama dia memaparkan bukti yg konkret, alasan yg mendetail, apalagi klo dia sampe nyobain tuh pizza…
        Wah top markotop pastilah alesannya dia ngomong pizza tuh gaenak…
        Tp ya bedain jg antara gaenak krn emang gaenak sm gaenak krn ga doyan…
        Bedanya jauh…!!
        Mengenai artikel ini, ya silakan menilai dengan kacamata masing2…
        Klo saya ga bs bilang bener atau salah, krn saya bukan member…
        Saya belum bergabung dan mungkin tidak akan bergabung, karena walau bagaimanapun selama yg namanya bisnis pasti ada kemungkinan scam..
        Sekali lagi, kemungkinan lho…!! Saya ga bilang VSI scam…!!

        Makanya setelah membaca isi tulisan di http://goo.gl/QqE4ne saya br tau bagaimana sebenernya mengenai bisnis, baik yang moneygame, MLM, arisan, dan sebagainya…
        Mungkin bs jd referensi juga buat kita semua…

        Salam persatuan…

    • Mantap sharingnya… Sangat logis memahami sharing di atas. Saya 2006 mengenal bisnis online, tahunya Money Game, dua minggu bisa dapat 4 juta, ga ada produk yg dijual, member get member aja. Huffff…gimana rasanya. Sampai saya menemukan bisnis MLM yg bisa sistem Dropship (ga perlu kulakan/stok barang jika modal kurang). Di sini perusahaan sudah anggota APLI yg diakui WFDSA (World Federation Dirrect Selling Association) dan tidak hanya sekedar punya SIUP tapi juga SIUPL. Jadi namnay MLM ya harus benar-benar menghasilkan omset dari penjualan jika ingin besar penghasilan, juga kembangkan jaringan. Tapi hati-hati, jika ada yg menjajikan “Ayo segera gabung, mumpung masih baru, jadilah leader lebih awal”… Hehehe… Memangnya kalau gabung belakangan ga bisa sukses ya berarti? Waspadai jika ada yg mengiming-iming gabung lebih awal lebih sukses, itu artinya yg gabung belakangan “bisa jadi korban tanpa disadari”. Semoga manfaat sharingnya…
      http://www.BlogArif.com

      • gabung sama saya aja mas, saya sedang ikutan MLM murni nih. bonus dihitung berdasarkan berapa banyak penjualan yang dilakukan dalam satu bulan (dan juga berapa banyak penjualan yg dilakukan oleh downline -nanti saya jelasin deh lebih detailnya.) setiap orang apa pun levelnya harus melakukan pembelian minimal dalam satu bulan. kalaupun tim-nya (downline2nya) melakukan banyak penjualan dalam satu bulan tapi dianya gak jual sama sekali, dia gak bakalan dpt bonus. bahkan kalau kinerja dia berkurang (baik dalam merekrut maupun penjualan) dia bisa turun level. Insya Allah adil dan produk2 yg dijual halal, kualitasnya baik dan bisa dipakai oleh banyak orang dengan harga terjangkau.

    • 3 jempol sama ulasan kritis gini yg akhirnya membangun untuk VSI untuk lebih baik, untuk syar’i dan halal Sedang diurus ke dewan syariah dan Doakan saja insyaallah segera keluar label halal dari dewan syariah MUI,perijininan sbg branchles banking jugasedang diurus di BI, izin APLI dll on process, komplain tentang izin ke OJK diikutin juga. Jadi Coba dibuka lagi deh web resmi VSI dan dilihat seksama nggak nemu tuh model skema MLM bulet2 member get member dll. Just info AM.Fatwa, pakar SEO Ali akbar sudah bergabung di VSI dan kalau cek lebih dalam nggak main deh model MLM jadul yg ada visi misinya beli ulang indonesia dengan sistem jaringan dan dengan mitra yg sudah bergabung insyaallah setiap mitra bisa urunan saham, bisa jadi owner, pesen ustad wols nggak perlu koar2, bismillah ditampung komplainnya and ntar kejawab semua komplain dan sarannya, masih mau jadi penonton & nunggu gabung monggo mau info lebih jelas call me : 088988001961 pin BB : 324B3EBB

      • Mantap Gan,, setuju VSI Bukan seperti MLM yang pernah hadir sebelumnya, yang sudah banyak merugikan anggotanya, krna foundernya yang hit n run dan dapet untung kabur,,, VSI ADALAH MPS VSI sebagai Branchless Banking… BI pada Mei 2013 merubah namanya menjadi Mobile Payment Services (MPS). Sebagai kegiatan layanan transaksi bank dengan kriteria sebagai berikut: 1. Tanpa melalui kantor cabang bank. 2. Menggunakan agen yang bekerjasama dengan bank. 3. Nasabah bisa melakukan transaksi sendiri atau menggunakan agen. 4. Fitur transaksi yang sederhana/basic feature. 5. Layanan murah/low cost transaction. 6. Ditujukan khususnya untuk segmen bawah atau unbanked.

        PRODUK VPAY adalah sarana Mobile Payment Services. Masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus ke Bank, tanpa ribet dgn persyaratan/administrasi seperti bank2 yg lakukan sekarang ini. Agar masyarakat yg belum terjangkau/tersentuh perbankan bisa melalui VPAY. Cukup menggunakan HP masing2. Kenapa VPAY butuh kerja sama dengan bank (BRI Syariah)? Agar dana masyarakat itu tersimpan dengan aman dan ada jaminannya….dan keuntungan bagi MITRA VSI adalah setiap transaksi yg mereka lakukan akan mendapatkan CASHBACK. Harusnya keuntungan VPAY punya Ust Yusuf Mansur sendiri. Mitra VSI hanya sbg pengguna fasilitas saja (nasabah). Tapi karena sistem rekrutnya jaringan makanya keuntunganya dibagi. Sehingga mitra VSI bukan hanya pengguna tapi juga sebagai pelaku usaha (pengusaha).Inilah misi Ust. Yusuf Mansur dgn VSI.Lebih jelas lg apa sih branchless banking? Silakan search sendiri di google…#Makanya kenapa VSI tidak memiliki Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) seperti perusahaan MLM lainnya,…tapi usaha kegiatan keuangan setara dgn bank.

        bergabung dan bertransaksi itu bukan tujuan utamanya, ibarat buku itu baru pendahuluan, masih banyak BAB-BAB berikutnya yang lebih penting, ketika 10 juta komunitas berkumpul didalam itu akan menjadi kekuatan. mari kita saling menghargai dalam segala hal termasuk perbedaan pendapat dan pandangan. Lanjutkan Ustadz. anda lah putra bangsa yang masih peduli memikirkan kemajuan bangsa tidak hanya beretorika saja tetapi langsung eksen. dengan mendirikan VSI menghimpun kantong2 pergerakan dalam melawan penjajahan ekonomi. Hidup VSi hidup Indonesia. Merdeka!!! segitu dulu deh. ini baru garis besarnya saja.

    • Wols gan Top infonya, pertama saya pikir VSI. Sama dengan MLM lain & money game sampai akhirnya saya cari tau browsing update di web resminya http://www.klikvsi.com Oowalah terjawab satu hal keluar duit 275rb situ dapet software Vpay kemudahan melakukan All transaksi melalui HP/gadget dengan lebih murah (cek play store utk android ketik aja VPAY), buku karya ust.YM , peluang bisnis PPOB, kuliah online Quantumbisnis senilai 1jt rupiah nggak rugilah malah kemurahan ust buka harga, penasaran sy cek marketing plan dah nggak ketemu tuh gan bagan2 kaya bahasan diatas. Di hapus kali yah sy masuk cari info sampai founder. VSInya ternyata proses halal di MUi sedang dijalankan dan saran dari dewan syariah MUI ust.irvan secara sistem sudah halal tinggal SOP nya yg akan segera keluar , sy tanya tentang bonus2 gmn tuh ternyata salah lagi persepsi sy , ada proyek besar VSI buat bangsa ini bukan sekedar bagi2 bonus tapi bersatu bersama2 & lintas agama beli ulang indonesia , buat yg punya kemampuan dana bisa urunan dana naruh saham nggak perlu berjut2 karna bisa dicicil bro. Bocorannya minggu2 ini penanda tanganan MOU pembelian salah satu gedung mansion di kuningan nggak perlu nunggu 10jt komunitas dari member yg udah gabung sekarang bisa punya saham bisa jadi owner , sebuah bank syariah di bali dah dibeli dan diurus kesiapannya oleh BI , next bank panin syariah, masih nggak percaya silah cek sendiri gan, and kalau masih mau jadi penonton dulu perkembangan VSI monggo gan, buat yg mau gabung & perlu info lanjutan call 088988001961 PIN BB 324B3EBB

      • KEUNTUNGAN DARI PEREKRUTAN ANGGOTA BARU

        Pertama-tama kita lihat bahwa jika anda menjadi seorang member maka anda akan menerima pemasukan sampai seorang pendaftar yang di tingkat ke-10 dibawah anda

        mari kita balik logikanya dilihat dari orang yang mendaftar di tingkat ke-10 anda, dari uang Rp. 275.000 yang ia setorkan untuk biaya pendaftaran :

        a. Dia memberikan uang masing-masing sebesar Rp. 12.000 sebagai bonus duplikasi kepada

        • Tingkat 9

        • Tingkat 8

        • Tingkat 7

        • Tingkat 6

        • Tingkat 5

        • Tingkat 4

        • Tingkat 3

        • Tingkat 2

        • Tingkat 1

        • Anda

        Total = Rp. 12.000,- x 10 = Rp. 120.000,-

        b. Dia memberikan uang sebesar Rp. 12.500 kepada member yang satu tingkat diatas dia (tingkat ke-9 ) sebagai bonus pasangan, sama halnya seperti anda memperoleh uang tersebut dari member yang satu tingkat dibawah anda (tingkat ke-1).

        c. Dia memberikan uang sebesar Rp. 50.000 kepada member yang satu tingkat diatas dia (tingkat ke-9) sebagai bonus sponsor, sama halnya seperti anda memperoleh uang tersebut dari member yang satu tingkat dibawah anda (tingkat ke-1).

        apakah dengan begini cara membeli indonesia
        saran saya sih jangan terlalu overclaim lah….buktikan jangan cuma katanya aja

      • 1 HU seharga 275ribu selain untuk produk, juga untuk membayar bonus rekrutan (50ribu), bonus pasangan untuk upline2 di atasnya, dan saweran untuk reward2 yang semuanya berdasarkan jumlah member yang masuk.
        Coba bayangkan kalau VSI tidak menerapkan sistem binary yang menjadi salah satu modus money game, uang pendaftaran bisa dibuat semurah mungkin, lebih banyak orang yang mampu untuk menjadi penjual pulsa sekaligus turut serta untuk membeli Indonesia…..
        Tapi apakah dengan pendaftaran murah akan menarik member baru? Justru yang menarik di VSI adalah dengan 275ribu, bisa didapat bonus yang lebih besar berkali lipat dari jumlah tersebut, yang merupakan bagian dari uang pendaftaran member di jaringan. Pendapatan dari salah satu jenis riba inilah, yang menarik di VSI.

      • Condotel MOya Vidi yang di jogja adalah milik para mitra VSI yang keuntunganya akan kembali juga ke para mitra yang berpartisipasi didalamnya yang untuk saat ini sebagai projek perdana dalam properti dengan sistem saham cashkeras dan sudah habis terjual BRAVO VSI!!!!. kedepan kilang minyak, air line, rumah sakit, transportasi, retail, dan usaha2 vital lainnya akan dirambah termasuk perusahan-perusahaan yang colapes yang ujung-ujungnya sebelumnya hanya bisa di beli oleh pihak asing (sahamnya diatas 50%) VSI Insyallah akan bisa beli perusahan2 colaps tersebut dan tidak akan mengurangi CAPITAL FLYGHT (duit negara lari keluar negeri) mudah2an visi misi UYM ini mendapat dukungan dari segenap bangsa Indonesia, kami rindu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. bagi saya bergabung di VSI bukan hanya untuk mensejahterakan pribadi, keluarga atau golongan namun untuk mensejahterakan BANGSA pula. Aamiin. ini adalah sebuah STATE CALL (panggilan ibu pertiwi), luar biasa sekali terjangan ekonomi menghantam kelas bawah, warung-warung kelontongan sampai tingkat gang sempit pun sudah kehantampnya pula dengan banyak mart-mart yang nota bene pemiliknya bukan orang indonesia (paling banter selain jadi pegawainya paling ikutan jadi franchies), ane mengalami sendiri untuk masuk ke pasarswalayan naro barang home industri, aje gile dibikin nya lesu kita usaha, barang baru dibayar per 3 bulan, belum potongan ini itu, sampai pembukaan cabang baru pun ane kena imbasnya untuk menyumbang dipotong dari setroran barang yang laku. namun mau bagaiman lagi suma lini sudah dikuasainya mau kemana lagi itu barang dijual yah paling banter jualan online. Coba ikut deh sekali-sekali sosialisasi VSI jadi bisa lebih bijak menyikapinya. saya tidak akan memaksa anda untuk sependapat dengan kami. tapi kami pun sangat menghargai perbedaan pendapata ini.

    • VSI sekarang lebih dikenal dengan nama PayTren. Dilihat dari penjelasannya sepertinya penulis kurang memahami sistem kerja jaringannya. Jika ingin mendapatkan informasi yang jelas mengenai PayTren silahkan hubungi saya. Dibantu dijelaskan sejelas2nya. WA / SMS : 08989110555

    • kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4 angka 2597 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di no (((082-313-336-747)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
      juta, wassalam.

    • hehe ya jelas memikat bro, emang sengaja dibuat jebakan orang2 picik yg pengen instan dpt duit. pengalaman jdi admin MLM pulsa jaman dulu, kita kasih iming2 rumah, mobil, motor, dll bahkan iming2 berlaku seumur hidup bahkan bisa diwariskan!! Kita sbg pengelola udah tau kok itungannya, itu bonus ga akan ada yg bakal bs dptin tuh bonus, kecuali dia dah bs ngerekrut member minimal berjuta2 member di kiri n kanan, belum jg dpt 1 jt member MLMnya dah koit alias mati ga ada kabarnya, tinggal pemiliknya yg dah kaya raya dgn duit pendaftaran, ninggalin membernya yg bengong 😛

      • oh ya apa nama mlm anda dulu klo memang anda adalah sprti nama anda d sini, sy kbtulan sering membaca dan memahami segala jenis mlm mgkinkah kita prnah dlm satu tmpat anda admin dan sy membernya?

      • Hormat sama yg sudah berpengalaman GAGAL di banyak MLM,saya baru seminggu gabung VSI YM,VSI itu APA ? dan BAGAIMANA ? sepertinya semua teman2 dah pada TAU ttg VSI.Tau masa DEPAN VSI (bangkrut,kolaps,money game,penipuan,dll) dari MANA? ya…saya tau ni…,pasti dah belajar jadi DUKUN RAMAL dari MLM yg bikin TRAUMA BERAT teman2 KONTRA VSI. Tapi daripada ikutan TRAUMA lebih baik aku pelajari dulu SI VSI YM ini:
        VSI = VERITRA SENTOSA INTERNATIONAL – ( GO INTERNATIONAL)
        MLM = MULTI LEVEL MILYARDER
        V-PAY = ALAT TUKAR ELECTRONIK
        DAQU = KOPERASI MERAH PUTIH untuk komunitas VSI
        MENUJU 10.000.000 KOMUNITAS = MEMBER GET MEMBER di BATASI 10.000.000 orang/member, trus yg lain? di PERUSAHAAN LAIN ATAU di KOMUNITAS LAIN.
        MEMBELI kembali INDONESIA = mungkinkah INDONESIA milik ASING
        INVESTASI BAGI HASIL = LAWAN dari SIMPAN PINJAM x (%bunga)
        10.000.000 KOMUNITAS VSI = kenapa tidak 300.000.000 KOMUNITAS atau sekalian 7.000.000.000 KOMUNITAS ? itu artinya MITRA VSI 1 orang : 30 orang NON VSI atau 1 : 700 orang (seluruh dunia).

        Buat teman2 komunitas VSI & yg rencana gabung VSI jangan risau dan gamang,tetapkan langkah,lanjutkan perjuangan untuk HIDUP SENTOSA.MLM nya itu hanya sarana untuk membentuk 10.000.000 komunitas.Fasilitas V-PAY VSI hanya berlaku dalam lingkup KOMUNITAS VSI saja.Hanya MLM VSI yang membatasi jumlah MITRA nya,tdk seperti MLM yang lain.Bagi yg terakhir gabung atau yg tdk memiliki jaringan jangan berkecil hati,karena sudah menjadi AGENDA BESAR bagi VSI untuk menjadikan seluruh MITRA VSI sebagai PENGUSAHA2 SUKSES yg MANDIRI.Gabung,optimis,dan bersabarlah,ini bisnis KOMANDO,pilih KOMANDANMU,begitu KUOTA 10.000.000 KOMUNITAS VSI terpenuhi,maka bersiap2lah untuk menerima PERINTAH.

        VSI dan Beribu2 SUPPORT SYSTEM nya akan membuat PASAR & PERUSAHAAN INTERNATIONAL,dgn berbagai macam PRODUK & JASA antara lain; PROPERTI,TRAVEL,TAMBANG,BANK SYARI’AH,PENDIDIKAN,ASURANSI,PERUSAHAAN (PRODUKSI,DISTRIBUSI,PEMASARAN),SUPERMARKET & MINIMARKET,PERHOTELAN,RUMAH SAKIT & KESEHATAN,DLL. DgnBERJAMAAH 10.000.000 KOMUNITAS VSI & KOMUNITAS2 yg lain PRO VSI dan ATAS IZIN ALLAH SWT semuanya akan mudah tercapai.Kita akan beli ASSET ASSET bangsa yang dikuasai oleh ASING semampu kita.kita akan turut mempunyai SAHAM atas bangsa ini WALAU HANYA 0,00000000000000001% saja.

        Kalau 1 orang INVESTASI Rp 1.200.000 /Thn (dicicil 100.000/Bln atau 3.500/Hr) maka jika di X 10.000.000 KOMUNITAS = Rp 12.000.000.000.000 (12 T), jumlah yang sangat FANTASTIS untuk membuka 12.000 MINIMARKET AWAL di INDONESIA,apalagi kalau 10.000.000 KOMUNITAS belanja bulanan minimal Rp 500.000/Bln (6.000.000/Thn) dgn margin LABA 10% X jumlah komunitas = laba KOMUNITAS VSI Rp 6.000.000.000.000 (6 T),bisa buat bangun MINIMARKET lagi,atau beli PESAWAT atau USAHA YG LAIN.perhitungan tersebut dari belanja minimal KOMUNITAS,belum maksimalnya juga belum termasuk BELANJA DARI KOMUNITAS LAIN,nah itu baru 1 tahun.jadi MLMnya hanya MUQADDIMAH,yg barusan dibaca itu PENGANTAR,ttg ISI & INTI ACARA/AGENDA tanya sendiri sama BELIAU Ust YUSUF MANSUR (sedeqah).

        Yg mau gabung VSI N.A.C.S SUPPORT SYSTEM bisa menghubungi ……Cp;085245787162 . Mari BERJUANG UNTUK BANGSA hingga RUPIAH YANG TERAKHIR.

                Salam buat teman teman yg sudah banyak pengalamannya GAGAL di DUNIA MLM, SUKSES selalu.
        
      • Ya memang begitulah jika ikutan bisnis dimana adminnya adalah manusia yg mengumpulkan uang dr semua member, mengelolanya…
        Klo iman ga kuat ya kaburrr… wuss.. wuss… wusss…
        Mending gabung dikomunitas saling bantu aja..
        Gada ngumpul2in dana, apalagi pake mesti rekrut segala…

        http://goo.gl/QqE4ne

        Salam perubahan….

      • Money game nya dimana gan..?

        Yg namanya Money game itu “Muter Uang” dan “Kerja ga kerja tetep dapet duit”

        di VSI ngga tuh..

        Yang ngga kerja ga dapet apa2, tapi tetep bisa bertransaksi..

        Bismillah..

      • Setuju @RMN & Zukri… buktinya….. tuh baca diatas… BUTA kali ya..? apa BUTA huruf…? ATAU UDH BUTA MATA HATI NYA..??

        “….Dari total 5,6 juta rupiah yang dia dapatkan dari VSI, dari manakah yang terbanyak datangnya? Bonus pasangan bukan!. Masih mau bilang bahwa analisa bonus pasangan di tulisan ini salah?

        Bonus Sponsor = Rp. 0 (nol)
        berarti dia tidak menggaet orang baru untuk jadi member VSI

        Bonus Pasangan (CPK 1) = Rp. 5,075,000 .
        Baca Bonus pasangan di atas. Sekarang istilahnya diganti jadi Cashback Pengembangan Komunitas 1 / CPK1

        Bonus Generasi / Cashback Pengembangan Komunitas 2 = Rp. 573,000
        Setiap mitra yang Anda ajak sendiri mendapatkan CashBack pengembangan komunitas 1 (CPK1) diatas, maka dari setiap mitra tersebut Anda mendapatkan Rp.1.000,- hingga 10 Generasi disebut CPK2.

        Bonus Transaksi/Repeat Order VSI cuma 20.500

        Jadi bila bonus berjuta-juta didapat dari program member get member, bukan dari seberapa BANYAK NYA TRANSAKSI… “Leader GA KERJA TETEP DAPET DUIT”

    • Bener banget itu kalo MLM jadul dulu visi misinya urusan Bonus aja & diagram bulet2 jangan gabung di VSI dah, tapi kalo dah ngerti visi misinya beli ulang indonesia cape lah ngurusin hal yg kecil2 bonus gituan, kepengen jadi owner punya saham di perusahaan negri sendiri gabung dan bersatu di VSI urunan tuh saham nggak akan jadi berjut2,harganya dirembug bareng & kita semua bisa jadi ownernya, diturutin dah semua komplainnya masalah syar’i, perijinan BI dll wols bismillah and doain aja keluarnya dari dewan syariah MUI and BI silahkan tonton aja dulu ntar kalo dah siap kontak : 088988001961 or pin BB 324B3EBB

      • perijinan masih diurus kan? belum keluar kan ijin resminya? tapi kok udah eksekusi pasar aja? trus sekarang selama izin dllnya belum keluar ilegal dong “bisnis”nya?

        kalo gini ya sama aja kaya orang mau nikah, belum ada ijab kabulnya tapi udah belah duren duluan =))

        ga usah bawa2 beli indonesia lah..kalo aturan aja masih dilabrak sana sini..malu diketawain orang, apalagi dalam promonya selalu mengatasnamakan “ustad” yang seharusnya jadi contoh yang benar.

    • Memang benar, tererah… suka atau tdk suka, boleh atau tdk boleh, halal atau tdk halal ya begitulah nantinya.. diawal2 meroket naik.. Lama2 turun dan terus menurun.. Sampai pd akhirnya member terakhir yg baru gabung jd bingung mau ngajak siapa lg..? Jd yg mau gabung silakan.. Yg ngk mau gabung juga silakan… Semoga calon2 member memahami apa itu VSI. Teman2 saya banyak yg gabung, sedangkan saya dan banyak teman saya lainnya menolak gabung. Trims

      • iye broo..betul kata ente.suka atau tdk suka,boleh atau tidak,gabung ato nggak tetep aje ente bayar tagihan listrik rumah ente.dan bayar nya kemana?kalo pun ente gabung VSI basic 275 ribu itu jelas ada akad jual belinya.ente dapet produk herbal buat dikonsumsi sendiri (tdk diperjualbelikan) dan kalo ente tau harga herbal itu setara dengan harga daftar basic.jadi kalo ente gabung basic,ente tinggal bayar aje sendiri tagihan listrik ente kagak perlu lagi keluyuran keluar rumah buat bayar tuh tagihan.kan ente bisa bayar sendiri dari hp ente.trus bayar pake apa?yah isi saldonya lah,beli 100 rbu dapet saldo juga 100 ribu,nah jadiin deh tuh buat bayar tagihan listrik ente.ente bayar di loket biasa admin nya 2500 sampe 3000 perak,tapi ente bayar di VSI cuma 1800 perak,tapi ada kembalian lagi buat ente 1000 perak.nah,pegimane tuh ceritanye menurut ente..ente di rugikan ato kagak?truus kalo ente mo pake buat pribadi aja,kagak ngembangin jaringan,kagak ada paksaan bro…yah terserah ente itu pun berlaku buat seumur hidup ente,mau ente pake atao kagak terserah ente,yg penting 275 rbu duit ente itu udah ente nikmatin toh buat kesehatan ente juga! 🙂

      • setahu sy saat menjadi member hanya dapat modul dan tdk ada produk herbal…. dan yg digembar-gemborkan adalah penghasilan yg banyak berasal dari menggait member… bukan dari transaksi listrik, pulsa dan lainnya…. lah kl gitu sampai kapan org dapat bonusnya…. kl org hanya menjadi member sekali seumur hidup…….

      • KEUNTUNGAN DARI PEREKRUTAN ANGGOTA BARU

        Pertama-tama kita lihat bahwa jika anda menjadi seorang member maka anda akan menerima pemasukan sampai seorang pendaftar yang di tingkat ke-10 dibawah anda

        mari kita balik logikanya dilihat dari orang yang mendaftar di tingkat ke-10 anda, dari uang Rp. 275.000 yang ia setorkan untuk biaya pendaftaran :

        a. Dia memberikan uang masing-masing sebesar Rp. 12.000 sebagai bonus duplikasi kepada

        • Tingkat 9

        • Tingkat 8

        • Tingkat 7

        • Tingkat 6

        • Tingkat 5

        • Tingkat 4

        • Tingkat 3

        • Tingkat 2

        • Tingkat 1

        • Anda

        Total = Rp. 12.000,- x 10 = Rp. 120.000,-

        b. Dia memberikan uang sebesar Rp. 12.500 kepada member yang satu tingkat diatas dia (tingkat ke-9 ) sebagai bonus pasangan, sama halnya seperti anda memperoleh uang tersebut dari member yang satu tingkat dibawah anda (tingkat ke-1).

        c. Dia memberikan uang sebesar Rp. 50.000 kepada member yang satu tingkat diatas dia (tingkat ke-9) sebagai bonus sponsor, sama halnya seperti anda memperoleh uang tersebut dari member yang satu tingkat dibawah anda (tingkat ke-1).

  1. “Sukses bisnis vsi Dgn cara yg tidak biasa” ini slogan perusahaan bukan untuk member ya?

    Tinggal nunggu masuk berita “Waspadalah… Waspadalah…” nih.

  2. parah nih Yusuf mansyur kok berbuat gitu lagi??? dulu dia pernah bikin usaha dgn motif “sedekah” jadi misal : kita dapet makalah berisi keterangan usaha nya sama no rekening orang orang yg udah nyumbang, kita transfer uang 250k ke no rekening org yg udah nyumbang di brosur itu, ntar tulis nama dan no rekening agan di brosur yg list nya masih kosong, trus fotocopy perbanyak sebarin ke atm2 dengan harapan ada yg nyumbang ke agan..
    parah kan?? kok ustadz kayak gini sih
    di makalah ada ttd nya dia

    • kalo brosur yg di atm2 itu murni penipuan,… orang yg tahu ms. office pun bisa membuat brosur kayak gitu dengan mengatasnamakan seseorang…

      nah yg VSI ini juga meragukan, yg meragukannya apakah ini murni bikinan ust. yusuf mansur? kenapa dia seperti menggali kuburannya sendiri>?

      • mau tanya untuk Yuriko Ahmad ya…maaf ini Sis, saya baca komen ente kayaknya member VSI ya? cuma mau tanya nih, kan di atas ente mnyebutkan bahwa bisa bayar listrik dll melalui HP dari deposit yang udah kita dapet dari VSI. Nah, dapetnya darimana? dari 275rb itu? katanya dapetnya Habbatussauda. trus klo dah habis beli lagi ya? (depositnya maksudnya) sementara di atas ente bilang 100 beli 100,biaya admin cuma 1800. apa ga sama aja dengan bayar aja di loket/counter?
        Atau dapetnya yang dari hasil rekrut member itu?
        Nah, diilustrasikan rekrut member sekian orang dapet sekian juta. Itu dapet tiap kali ade yang rekrutan baru? darimana duitnya ya? bingung nih, jelasin donk! biar makin jelas MONEY GAME nya!

      • tuk rangga
        mengenai deposit 100 bayar 100 ini maksudnya dalm angka ribuan, supaya anda mudah memahami,anda pasti sdh tau tentang bca flazz, gto(gerbng tol otomatis), dan yg terbaru krcis elektrik kereta api commuter, nah kesemuanya itu penggunanya di wajibkan untuk mendepositkan sejumlah nilai uang nah apakah itu di haramkan, apakah di sistem itu ada yang salah mengapa sistem itu tdk ada yang protes, pdhal sama dngan yg berlaku sebagai anggota vsi,pdhal pd vsi deposit trsebut seluruhnya dapat digunakan bertransaksi untuk pembelian pulsa ataupun bayar listrik,beda dengan krcis commuter ada abodemen 20rbu yang tdk bsa trpakai untuk pmbyrn kereta yg tdk mungkin bsa diuangkan lagi d vsi bsa dgn cara di jual dlm bntuk pulsa atau pmbayaran listrik orang melalui kita sebagai member apakh ini merugikan bagi anda

      • wah kalau gitu lebih bagus sy bayar pulsa, listrik dan lainnya lewat sms banking aja dong….. ga perlu deposit ke vsi yg ga jelas….. entar dah deposit… vsi nya tutup… jadi berabe….

    • Klo utk kasus ini (sedekah dgn transfer ke rekening) itu fitnah kpd YM alias mendompleng ketenaran YM dan YM tdk tau. Karena sblm YM terkenal pun sdh ada pratek dmikian dn slebaarannya bs dtemukan d mesin2 ATM.

    • saya pernah tu ikut yang soal makalah itu, sampai rugi lebih dari 400 ribu rupiah,,cover depannya keajaiban sedekah,, malah rugi berat,, jadi takut ikutan lagi yang kayak gitu. teman saya baru ikutan VSI, pake yg basic 275ribu,pas jualan pulsa, harganya ternyata jauh lebih tinggi dari yg biasa, pulsa 10ribu harganya 10.950 rupiah,,kan tidak mungkin dijual 12ribu?kalo dijual 11ribu untungnya hx 50rupiah,,bukan untung jadinya rugi krn biaya sms saja pulsanya 250ribu. kecewa dengan bisnis besutan ustadz.. 🙁

      • ane isi pulsa 5rb kena saldo 5.700 gan, cashback realtime 75. ane cb 25rb kena saldo 25.350, cashback realtime 75. jangan bandingkan vsi dg konter. vpay vsi tu di tujukan utk pemakaian pribadi, paing tidak kita ga perlu keluar uang 6rb utk beli pulsa 5rb.

    • betul, gan. ane jg ga demen ama nih ustadz , demen bgt malak alias maksain bnyk sedekah, kayak ga ada aja ilmu lain dr agama yg bisa diajarkan

      • Waduh, jangan merembet kemana-mana dunk, klo VSInya salah ya itu yg hrs dikritisi,, bukan ceramahnya yg ngajak sedekah, sedekah itu dianjurkan kitab suci kok

      • Wadduhhh gan jgn nyerembet ke isi ceramahx donk. Ust. YM punya ilmu yg dispesialiskan k sedekah. Jd wajar donk klo beliau coar2 soal mslh sedekah. Selama ente berilmu, alangkh baikx jk ilmu trsbut bsa dsampaikan k org bnyk.

      • kalo masalah sedekah mah, kenyataannya emang banyak nyelesaiin masalah. Karena Allah yang menjamin. cuman kalo bisnis ini, hmmm . . . gimana yha

      • Emang bener tuh, orangg2 suram yang g mau sedekah, pasti susah hidupnya
        Wong yang disedekahin emang orang2 yang butuh.
        Klo VSI mah emang ane g tertarik

    • Ini cuma komentar ORANG YANG ANTI SEDEKAH…
      PANTAS…!!!
      ANTI pada Karunia Ilahi….
      Anti Rahasia Ilahi…
      Dasar agamanya mungkin TINGGI tapi tidak terpakai…

      Bisa disebut Mengingkari Ayat-ayat Allaah tentang SEDEKAH, Zakat, WAKAF…

  3. money game…
    memang harus hati2… sistem lamanya yang patungan usaha waktu heboh saya sempet mempertanyakan di suatu forum apakah dapet bukti transaksi atau laporan keuangan setiap bulannya.. tapi saya malah dituduh anti islam, iri doang dan segala macam puja puji lainnya…
    padahal dari segi invest, laporan keuangan yang jelas setiap bulannya akan menunjukkan prospek bisnisnya ke depan..modal kepercayaan doang?? ga kapok ama GTI syariah, ustad lihan dll?? gelar ataupun embel2 agama ga menjamin manusianya langsung 100% bener

  4. admin jgn ngawur donk sebelum bkn artikel pelajari dulu. jgn main fitnah aja. contoh untuk bonus duplikasi yg 25 ribu ya yg dapet atas@nya samping kagak. trus lagian ikut gak ikut g penting bagi ustadz mah dia udh kaya. dia hanya ingin kita maju bersama

    • Bonus sponsor, pasangan dan reward lainnya memacu anggota untuk merekrut anggota baru. Intinya adalah para anggota baru saweran “sedekah” untuk memberi keuntungan anggota yang lebih lama. Kalau mencapai titik jenuh dimana sudah semakin sedikit orang yang mau jadi anggota baru, lalu siapa yang nyawer “sedekah” untuk anggota terbaru itu? Kalau anda ingin berbisnis MLM, pelajari lagi mengenai MLM. MLM mana yang baik. MLM mana membawa kebuntungan. Luaskan wawasan anda, jangan hanya terpaku pada promosi yang ada. Kecap selalu nomor 1. Sekali lagi ini kalau anda ingin berbisnis (berjualan produk) dengan cara MLM. Lain cerita nya kalau anda ingin kaya dari saweran “sedekah” para downline.

  5. Dr awal juga kita udah tau.. Singkat ajanya kunci mlm cuma 2 aja
    -pendaftaran dgn sebutan hak -pendaftaran dgn sebutan hak -pendaftaran dgn sebutan hak -pendaftaran dgn sebutan hak usaha.
    -produknya ga -produknya ga -produknya ga -produknya ga nyata..
    Sama aja… Dulu tahu, 2009-2011 buanyak

  6. Ya allah…..tadiny niat mu ikutan..
    Tapi jd galau gnee.
    Soalnya kan mengatasnamakan seorang pendakwah besar.belum lagi video2’y ygmeyakinkan..
    Masa iya seorang ulama membodohi sesama umat.distu yg bikin bngung.
    Pa ni bner2 pak ustadz…???
    Apa bukan yaaa…??
    Adduuhhhh……mumet aquh.
    Ikutan g yaa……??????:/

    • Mending itu gabung sama MLM yang beneran terdaftar APLI… asosiasi penjualan langsung indonesia… karena yang nyata terdaftar disitu… tentunya adalah MLM murni…

      Dan kemudian sudah nyata bertahan di berbagai musim… dah puluhan tahun berdiri dan nyata bisa memperkaya membernya…. jangan MLM musiman yang kalo lg musimdy rame… lewat musimnya ya sabar gulung tikar….

      • bener banget setuju banget… MLM yang udah banyak sekali anggotanya, udah lama berdirinya, udah bonafid di banyak negara di dunia, bukan berarti gabung baru peluangnya kecil… pantaskan usaha jangan doing nothing uang masuk rekening, biar berkah 🙂

      • APLI itu tidak jadi patokan “pembenaran sebuah esensi bisnis MLM itu benar”. Banyak bisnis MLM yang sifatnya mengeksploitasi, utamanya adalah yang menggunakan hukum keseimbangan kaki seperti binary dan menggunakan hukum keseimbangan omzet. Konsep hukum keseimbangan kaki/omzet itu mengeksploitasi mitra, dan hal ini tidak diperhatikan oleh APLI dalam tataran pragmatisnya.

    • terdaftar di APLI ada lebel halal dari MUI kah ??? browsing aja dulu hukum syar’i mlm and jangan mewek yg dah ngejalanin mlm dan banyak membernya ternyata haram, kalau VSI di tonton aja dulu yg mau nunggu label syar’i dari dewan syariah MUInya keluar, perijinan BI dll. semua caci maki ternyata di tampung dan diurus sama ust.YM Wols Bismilah ntar kejawab satu2 pin BB 324B3EBB

  7. makanya bang pelajari lebih dulu secara detail dan mendalam, ini faham aja gak kemudian menyimpulkan. Terlihat dari pernyataan anda, anda sendiri belum faham betul VSI itu seperti apa….

    • Apakah anda faham mengenai bisnis MLM? Bisnis MLM = berjualan dengan sistem pemasaran berjenjang. Maksud anda ikut VSI apa? Kaya dari bisnis (=berjualan) MLM, atau kaya dari merekrut orang (=mendapat saweran “sedekah” dari downline)?
      Kalau anda ingin berbisnis MLM, pelajari lagi mengenai MLM. MLM mana yang baik. MLM mana membawa kebuntungan. Luaskan wawasan anda, jangan hanya terpaku pada promosi yang ada. Kecap selalu nomor 1. Sekali lagi ini kalau anda ingin berbisnis (berjualan produk) dengan cara MLM. Lain cerita nya kalau anda ingin kaya dari saweran “sedekah” para downline.

      • Bisnis MLM = berjualan dengan sistem bejenjang. Yang seharusnya ditekankan adalah omset hasil penjualan (baik pribadi atau jaringan).

        Inilah yang seharusnya menjadi sumber keuntungan member. Bukan bonus atau reward karena jumlah downlinennya. Merekrut downline adalah untuk memperbesar jumlah omset jaringan.

        Ciri-ciri money game diantaranya adalah sistim 2 kaki (biner) serta adanya bonus pasangan dan reward berdasarkan jumlah downline yang seimbang di antara 2 kakinya.

      • Ente memang pinter Bos…
        tapi ente keselip juga….

        VSI jualan produknya dari pembayaran pulsa dan listrik yang disharing berjenjang.
        Bayar listrik dengan admin Rp 1800, ini dibagikan ke member 10-12 member.
        Adapun bonus rekrut, itu hanya sekali.
        Adapun Bonus pasangan, itu memang sudah disistem demikian sebagai kemudahan sharing profit dari keuntungan perusahaan.

    • Tanpa menyelami lebih dalam pun saya sudah bisa menyimpulkan kalau vsi ujung-ujungnya akan berakhir tidak bahagia. Knapa? karena dari awal sudah salah mengajarkan membernya. “MLM murni yang benar” memperoleh laba dari penjualan product. Bukan dari perekrutan member. Karena kalau mencari keuntungan dari perekrutan member pastinya akan terjadi ponzi scheme. Istilahnya uang berputar-putar hanya di dalam member dan owner saja. Product ada tapi tidak menghasilkan apapun. Karena hanya dijadikan kedok untuk skema ponzi ini. Coba saja lihat beberapa MLM yang sudah hilang, rata-rata melakukan system yang sama (mengutamakan perekrutan member daripada penjualan product), dan sebaliknya MLM yang masih bertahan hampir semuanya memfokuskan pada penjualan product dibanding perekrutan member dengan biaya yang tinggi. CMIIW…

  8. Jd dasarnya kt itu beli obat herbal, hak berjualan pulsa dan ikut kuliah online ustad. Nah klo kt join 3 HU artinya dpt 3 botol, 15 HU ya dpt 15 botol. Uang kt ya lari kesitu

      • Yaah wajar promo mah…nah kalo udah bayar 275,ruginya dimana.anggap aje ente sewa kios bikin minimarket semua udah ada disitu.tgl ente belanja sendiri.ada orang yg mau belanja yah di layanin,kalo nggak gak masalah.kios itu punya ente.mu ente biarin juga terserah ampe selamanya.mu ente kembangin trus buka cabang lagi juga terserah.intinya ente butuh pulsa tiap hari,bayar listrik tiap bulan,dari pada orang laen yg nangkep nih peluang,lah kenape nggak ente aje yg untung sendiri.dapet untung jual beli pasti,dapet cashbach juga tentu dapet. 🙂

  9. MLM itu maenan abad 18 bro….sekarang maenannya kerja cerdas dan konsisten secerdas Larry Page, Bill Gates, Jeff Bezos, John Donahoe, Mark Zuckerberg, Marissa Mayer kalau mau maenan teknologi canggih

  10. sik guooblog yo sing gawe blog ikii..jan2.. Awas yoo titenii,,siap2 tahun 2014.. siaap tobat minta ampun kon.. Ust YM ki yo wis sugih, laopo mau merugikan kita,MLM itu Syar’i bro.. kita mereferensikan VPay trus kita dapet komisi yo wajar brow.. Sukses VSI.. Maju Pak ust YM kita pasti bisa membeli Indonesia Kembali..

    • Kok bisa membeli Indonesia. Yang jualan pulsa itu siapa coba? Pengusaha2 kecil yang jualan di counter. Ini yang akan dibeli? Yang besar2 tetap berkibar yaitu para provider. Kalau anda jadi member untuk jualan pulsa dll, tidak jadi permasalahan. Tapi dari marketing plannya, VSI sudah jelas-jelas menjanjikan keuntungan dari merekrut anggota baru. 50ribu per orang yang berhasil direkrut, lalu ada bonus pasangan, pengembangan, dan reward. yang menekankan anggota bisa mendapat keuntungan kalau merekrut anggota, bukan dari hasil penjualan.
      Jelas ini adalah skema piramida berkedok bisnis. Para anggota yang berada di sisi terbawah piramida memberikan “sedekah” bagi anggota di atasnya. Seperti halnya skema-skema piramida lainnya, jika telah mencapai titik jenuh, maka anggota yang yang berada di sisi bawah akan menderita kerugian demi memberi “sedekah” para uplinernya. Jumlah anggota yang rugi ini lebih banyak daripada mereka yang mengecap keuntungan……….

      • Tanpa iming-iming cepat kaya seperti dapat bonus rekrutan, bonus pasangan, dan reward2 lain apakah ada yang mau bayar 275ribu supaya bisa transaksi lewat gadget?
        Kalau saya kok malah ribet kalau pakai V-Pay ini. Pertama musti deposit dulu (entah lewat ATM e-banking), padahal entah mau dipake nya kapan (kecuali mau buat dagang), apalagi kalau sistem nya ngadat, ribet. Kemudian sudah deposit, maunya bisa dapat harga lebih murah, ternyata enggak juga. Gimana kalau mau digunakan untuk dagang pulsa.
        Saya tidak mempermasalahkan mengenai produknya. Yang saya persoalkan adalah iming-iming mendapat keuntungan dari merekrut orang, bukan dengan memperbanyak jumlah penjualan (baik pribadi atau jaringan). Coba lihat keuntungan yang didapat. Banyak mana bonus hasil rekrutan atau bonus hasil komisi?!

      • hadeh..hadech…dimana2 ribut soal VSI…secara tu ya di Indonesia banyak MLM,tp knp yg punya Yusuf Mansyur di cela habis2an…jd penasaran nich…

    • Ciri-ciri orang putus asa tapi sombong ya kaya si Vian ini, gae kata2 guoblok…, hargai perbedaan, ada yang mengingatkan yang belum bergabung ke VSI supaya bisa berpikir lebih jernih… tentang putusannya gabung atau engga ya terserah..
      tapi kalau member VSI ngomongnya dah kaya’ gini.. kemungkinan besar VSI ini ada yang gak bener..

  11. bagi yang kontra silahkan , carikan solusi bagi saudara kita yang tidak punya modal yang banyak dan saudara tidak punya pekerjaan. klo bisa mencarikan solusi silahkan tapi klo hanya mencela dan menjelekkan dengan ulasan yang tidak utuh itu sama saja dengan menyebar fitnah … hati-hati anda (admin)belum tentu lebih baik dari orang yang kita jelek2an ….

    • Di penulis bukannya menjelekkan, tetapi memperingatkan bro.
      semua bisnis Ponzi diawalnya MANIS bak gula, tapi lihat contoh2 yang sudah2…semua bangkrut dan menyisakan kepedihan dari puluhan ribu nasaba, kerugian materi nyampai ratusan milyar…
      Mbok ya berfikir toh…..

    • maaf… “tidak punya modal”….. lha emang VSI nggak butuh modal yah ????

      ane buka conter kecil jualan pulsa, ane ngasih 250 rb ke dealer ane juga dapet 250rb utuh sbg deposit jualan pulsa ……….

    • istri saya kemarin ikutan mbak… tapi ternyata up line nya cuek bebek aja tuh, ngak peduli, hanya berharap cari down line yang banyak. biar dapat 50.000,-…. saya ajarin ya… kalau jadi up line ya harus bertanggung jawab dong, dengan memberikan arahan, support maximal, training dan lainnya. jangan hanya ngarep duit recean….50.000 / down line…

      • betul banget tuh! bisnisnya ga fokus pada penjualan (pribadi maupun jaringan) malah fokus nyari 50rb dari rekrutan.Wajar kok kalo makelar dapet untung karena berhasil nawarin produk, asal produknya jelas!
        masalahnya lagi produknya katanya promo. Lha besok gimana? ga ada produk? yang dijual apa? deposit gimana? JELASIN DONK! BIAR MAKIN JELAS MONEY GAMENYA!

    • Mo ngebisnis dgn modal dikit trus hasilnya insya allah syar’i dan berberkah….? Join with oriflame…marketing plannya adil bgt…siapa yg berusaha lebih maka dia pula yg dpt lbh bnyak bonus…..

  12. Thanks atas ulasannya, saya mau gabung tapi berfikir aneh, masak bisa membeli aset Indonesia yang dikuasai asing dengan cara seperti ini? dan memang bukan produk fokusnya, tap member get member. Thanks 4 admin

  13. Sebaiknya VSI fokus saja ke bisnis intinya, yaitu PPOB (Payment Point Online Bank) sesuai keterangan di situsnya. Misalnya, biaya menjadi mitra Rp 275.000,- ya sudah, berhenti di situ. Harga segitu untuk sebuah s/w dan sistem masih tergolong wajar. Jangan dulu ditambahkan iming2 yg lain (bonus, point reward, cashback, etc) yang membuat bingung calon mitra atau pelanggan. Sistemnya sendiri belum jelas benar handal atau tidak. Secara prospek, sebenarnya menarik, mengingat sekarang era digital dan pembayaran elektronik. Namun merujuk ke situsnya, baru menyediakan pembelian pulsa HP dan token PLN. Sistem serupa pun sudah sangat banyak.

    • ya itu terserah pribadinya mas.gabung 275 biar gak repot2 beli pulsa kalo jarak conter nya jauh dari kita.anggap aja kita sewa tempat tapi bukan kios yg emang gak bisa di bawa2.nah kalo hp kita udah jadi kios,kan enak tuh mu sambil buang hajat pun bisa beliin pulsa orang laen…:D

      • Lucu en naif banget sih ente! Dari dulu udah banyak kaleee orang jual pulsa dari HP ndiri ga pake counter. mereka cuma beli deposit doank di counter! yang laen donk alesannya, biar lebih meyakinkan calon member, dan makin jelas M***Y GAME nya!

      • Saya harus ke ATM utk bayar ato top up vsi, stelah itu baru beli pulsa ato byr telp, listrik dri akun vsi….ribet banget ya….

        mending ke atm lsg beli pulsa, bayar listrik, bayar tiket, bayar kartu kredit……..
        😀

      • Kalau hanya untuk isi pulsa dan bayar listrik sudah banyak tuh Server Pulsa, Multi operator ga usah ada pendaftaran alias gratisss… punya uang 275, ngapain buat sewa2 yang ga jelas.. daftar aja di Multi operatos uang segitu bisa langsung dipake bayar listrik atau isi pulsa sendiri, trus kalau mau ya jual kan dapat untung trus harga belinya jauh lebih murah dari sistem MLM…

    • wah kalau begitu nanti sistemnya perusahaan dong gan, klo di perusahaan yo yg nikmatin cuma orang-orang berseragam. Sedangkan ust.YM sendiri menginginkan mitra2 yg lain ikut untung.

  14. Daripada bisnis MLM lebih baik Wirausaha yg kreatif…..Indonesia tidak perlu dibeli, indonesia sudah kaya, 2030 indonesia akan menjadi 5 kekuatan ekonomi dunia, indonesia akan kebanjiran generasi produktif, apabila tidak Siap Wirausaha maka Indonesia akan dijajah kembali, para pedagang asing akan ngasong ke indonesia…..Indonesia bangkit melalui Wirausaha…..!!!

      • mohon tanggapan anda mengenai 275 untuk apa di vsi (menurut anda itung2 sewa kios) sementara temen kita yang lain yg jualan pulsa (dia juga bisa mobile tanpa sewa kios) bayar 250 dapat deposit 250 yg selanjutnya dia jual ke konsumen dan dpt untung dari konsumen…..ditunggu ya?!

  15. maksud dari ustadz YM sungguh sangat2 mulia, namun amat disayangkan jika niatan yg mulia itu ternyata tidak dibarengi dgn ikhtiar yg syar’i (ini sesuai dgn kapasitas beliau sebagai seorang pemuka agama).

    apakah akad yg terjadi dri pendaftaran member..??? jual belikah? investasi atau apa?

    dari apa yg anda jelaskan ini “pembayaran tidak smua dananya untuk perusahaan” secara tidak langsung anda mengakui bahwa sistem ini lebih condong kepada sistem MONEYGAME dgn skema piramida…. jd memang sesuai analisa dri TS dngan artikel diatas…

    yg kedua dgn pembelaan anda ttg transaksi jual beli dgn ilustrasi yg anda gambarkan diatas dgn pola kerja bank, ini bertentangan dgn tabel reward yg ditawarkan (ada.di website resmi bahwa reward yg diberikan berdasarkan siapa yg paling banyak merekrut member. lihat hadiah mobil mewah bisa didapat jka punya masing-masing 2.5jt member di kanan dan kiri.. dan pastinya ini adalah kerja semua jaringan (sesuai klaim anda), tp yg dapat cuma seorang… apakah ini adil..??)

    ini mengandung unsur ghoror dan HARAM hukumnya dlm islam. (perlu ditegaskan knp membawa ISLAM, krn VSI sendiri selalu MENGEDEPANKAN TOKOH FOUNDERnya) jd klo bergerak dgn nama islam ya sistem muamalahnya juga harus berdasarkan islam… jd sejatinya disini berlaku hukum siapa yg bergabung diawal dialah yg beruntung, sedang yg belakangan siap2 buntung… persis tipikal MONEYGAME.. berbeda jauh dgn kaidah murni MLM. wallahu’alam. matur nuwun

  16. Berjual belilah sesuai syariat, sekalipun Ustadz, ndak menjamin juga kemudian semuanya terbebas akan kealpaan dan kesalahan, semangat buat admin atas artikel pembandingnya ini. .semoga banyak umat Islam yang kembali merenung bahwa bisnis hakikatnya adalah yang mengayakan dunia dan akhirat.

  17. Assalamualaikum wr wb

    Sekarang saya bertanya balik. Kalau Kita mau punya modal komunikasi kita pasti perlu beli nomor handphone kan? Mau ga mau kita beli nomor hp perdananya kan?misal kita beli 10 ribu untuk harga kartu perdana. Dan itu belum termasuk harga pulsa kecuali paket perdana tertentu.
    Nah coba Anda bandingkan dengan sistem VSI ? Sama kan? 275rb modal usaha.. Kalau anda mau buka toko utk jualan pasti juga membutuhkan modal kan?
    Nah, jasa instansi tertentu aja banyak yg pake sistem beginian bahkan lebih haram sistemnya. Na’udzubillah dan syukurnya kita punya ustadz yang pake sistem haram itu!!
    Keuntungan ustad YM dan VSi aja dibagiin diwakafin akhi.. buat anak2 Hafidz Qur’an
    Gini aja,. Akhi.. Saudaraku yg disayangi Allah swt..
    Kalau antum keberatan dengan harga modalnya, antum bisa bilang ke kita, ane siap bantu ente untuk punya modal.

    Masyaallah.. Subhanallah ane cuma bisa berdoa. Semoga Allah swt membuka pintu hati antum dan membersihkan hati antum.

    • Wa’alaykumsalam..bukan masalah wakafnya …. kalau robin hood ngesedekahin dianggap berpahala gak? dalam artian tidak membandingkan VSI sebagi robinhood, cuma systemnya, soalnya ana juga sudah pengalaman di mlm, kalau mlm tertentu sudah jenuh, dalam artian penghasilannya, biasanya pendiri MLM akan membuat MLM dengan bendera baru ….

      semoga Allah bisa membuka hati antum … dan menunjukkan antum dan saya ke jalan lebih syar’i, dan lebih berkah … aamiin, mungkin atum patut membaca buku “Harta Haram Muamalah Kontemporer” Karangan DR. Erwandi… bener-bener bikin hati ini semakin bergejolak membantah… ingat peasaan ragu-ragu biasanya datangnya dari syaiton….

    • coba anda merujuk lagi dgn buku-buku ttg mlm atau moneygame yg banyak beredar dipasaran krn kiasan yg anda sampaikan rancu… jd klo gak paham permasalahan alangkah lebih baik diam…

    • The Power of Sedekah ala VSI. Member baru saweran “sedekah” untuk memperkaya upline, sambil berharap mendapat saweran “sedekah” yang lebih besar dari para downline….

    • Sebenarnya MUI sendiri sudah mengeluarkan fatwa tentang bisnis MLM atau yang disebut penjualan langsung berjenjang syariah dalam Fatwa DSN No : 75/DSN MUI/VII 2009. Fatwa ini mengatur mengenai 12 point persyaratan yang harus terdapat dalam sebuah industry/peusahaan MLM. Sebuah perusahaan atau industry MLM dianggap HALAL dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syaraiah apabila memenuhi 12 point persyaratan. yaitu :

      Adanya obyek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa.
      Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram;
      Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat;
      Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh;
      Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS
      Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan
      Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa;
      Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra’.
      Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya;
      Sistem perekrutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan lainlain;
      Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut;
      Tidak melakukan kegiatan money game.

      lampiran lengkap Fatwa MUI tentang bisnis MLM bisa download di http://www.fcavail.com/images/Fatwa_MUI_MLM.pdf

  18. sekadar info..
    mungkin ini bermanfaat coba teman2 baca buku ‘Rich without Risk’ penulisnya Dato’ DR. Andrew HO (ada di toko buku)
    Bagus untuk wawasan kita

  19. Mereka berkilah bahwa sama-sama menguntungkan, dan itu hanya alasan..

    kalau sama2 alasan tentu orang judi jg berhak.. karena sama2 untung..

    Kasian yg dibawah diperas sama upline nya..

    Meraka yg gabung di MLM cuma mikir dapat duit praktis.. ngeri

    • Kata siapa orang berjudi sama-sama untung? Justru dalam perjudian pasti ada yang dirugikan.

      Diperas? Siapa yang merasa diperas? Kok orang di luar keanggotaan bisa berkomentar padahal yang di dalam enjoy saja?

      • begitu juga bisnis berbasis moneygame ini ada yg diuntungkan (biasanya lembaga penyelenggara dan top leader yg mendaftar di awal) dan dirugikan (member2 yg daftar belakangan/downline yg jadi alas piramida dri sistem piramida yg terbentuk) bukankah klo gitu sama saja dengan judi?

      • Kata siapa downline tidak diperas? Bonus dan reward yang diberikan adalah jika member sukses merekrut member baru. Artinya para member baru patungan memberikan sedekah untuk upline2nya.
        Apa ada reward dari hasil penjualan (pribadi atau jaringan)? TIDAK ADA!!
        Sistem yang dianut VSI lebih menekankan untuk merekrut bukan pada penjualan. Artinya produk (pulsa dll) hanya kamuflase.
        VSI berkembang karena mengandalkan saling memberi “sedekah” antar anggotanya (Tepatnya “sedekah” downline ke upline).
        The Power of Sedekah ala VSI. Member baru saweran “sedekah” untuk memperkaya upline, sambil berharap mendapat saweran “sedekah” yang lebih besar dari para downline….
        Pada saat penambahan anggota baru jenuh, saat itu lah mitra-mitra usaha di lapisan paling dasar piramida, kesulitan mencari mitra usaha baru.
        Dengan membayar 275ribu dan mendapat mimpi meraih mobil dan villa mewah, mitra usaha itu mengais seribu perak demi seribu perak demi meraih mimpi yang mustahil diraihnya
        Dan ternyata mitra usaha di lapisan tersebut, yang gagal meraih mimpi, jumlah nya beribu kali lipat lebih banyak daripada mitra yang berhasil sukses.
        Mitra yang sukses harus mengorbankan banyak saudara dan rekan-rekannya………….

  20. Om admin, sekedar masukkan saja ya.. usahakan jangan menyebutkan kejelekan object orangnya ya.. khawatirnya nanti kena pasal “mencemarkan nama baik orang lain” hukum perdatanya ada soalnya, jadi kalau buat judul yang OK jangan mengena ke orang tersebut,

    Terima kasih

  21. kok NATO, saya setuju dengan adminnya, menginspirasi saya, tolong buktikan kalau situ sudah sukses. dalam berbisnis, dan buktikan juga kalau downline situ juga ikut sukses, jangan sukses sendiri dong …

    • Ukuran sukses itu kan tergantung dari usaha dan kerja kerasnya mas..
      Dan itu soal rizki.. Tuhan itu sudah berjanji membalas kebaikan manusia yg bekerja keras dengan jalan halal.

      Anda pengalaman bisnis gak sih.. 🙂 Wajah aja gak berani tampil di avatar comment.. takut disantet apa memang gaptek.. 🙂

      • Saya sangat pengalaman, bisnis beneran, JUALAN seperti yang dicontohkan rasulullah. bukannya member get member, omset puluhan juta. Bisnis saya bukannya ngajak orang biar orang tsb ngajak orang lagi. Money Game VSI itu memberi ‘bonus’ dari jumlah orang yang diajak sehingga membuat fokus bisnis menjadi ngajak orang biar orang yang diajak ngajak orang biar orang yang diajak ngajak orang dst. Intinya ngjak orang hingga gak ada orang yang diajak.

    • Jutru seorang ustadz harus bisa memberikan contoh bisnis yang benar kepada masyarakat. Banyak kok ulama zaman dahulu yang berbisnis, dengan cara yang halal tentunya. Kalau bukan ulama, siapa yang akan memberikan contoh?

      • memang tdk terlarang ustadz berbisnis, tp berbisnis yg sesuai syar’i… justru disini jk kita lihat ada kerancuan.. krn ustadz tersebut berbisnis dan juga menganjurkan shodaqoh (terlebih sasaran penerima shodaqoh adalah lembaga yg juga dipimpinnya) apakah ini bisa dipisahkan mana yg bisnis mana yg shodaqoh? (lembaga penerima shodaqoh juga ternyata dibisniskan, sepengetahuan saya blm pernah ada publikasi terbuka pengelolaan dana lembaga penerima shodaqoh tsbt…) 🙂 wallahu’alam bishowab…

      • Ingat saat ustad YM pernah juga mendukung ECMC, penipuan berkedok investasi?
        Ingat saat Aa Gym menjadi maskot DBS, yang sudah tidak terdengar gaungnya lagi sekarang?
        BTW, sistim VSI ternyata sama dengan DBS, mengandalkan merekrut anggota, dan produknya pun sama dengan VSI (pulsa), sekedar hanya kamuflase menutupi sistem money game nya.

      • Tapi jaman makin maju. Media makin banyak. Klo bisa kan cari tau syar’i atau tdk bisnisnya. Jangan memandang yg membangun bisnis aja. Toh nanti yg bertanggung jwb d akhirat kita sendiri. Cari tau lebih d hizbut tahrir indonesia.

  22. Multi Level Marketing
    Oleh Ust. Yusuf Mansur

    Seorang penulis buku, menulis buku. Diterbitkan oleh penerbit  & dipasarkan melalui perdagangan yang dikenal umum : Toko Buku. Setelah buku itu diterbitkan, si penulis buku ini diberitahu, bahwa bukunya sudah ada di toko-toko buku. Utamanya di toko-toko buku besar. Maenlah dia ke toko buku besar di kotanya. Apa daya, “sistem” toko buku, tidak mengenali penulis buku. Ia hanya mengenali pembeli buku. Pembeli yang “dikenali” pun, hanya yang benar-benar beli & bayar. Yang hanya liat-liat, apalagi yang buka-buka plastik, malahan ditegor. Jika si toko buku tidak punya sistem Customer Service yang excellent, maka benar-benar hanya pembeli yang beli buku, yang niscaya bakal diwongke. Diwongke tuh maksudnya, diorangkan. Disenyumi, diterimakasihi, dilayani.

    Si penulis melihat-lihat bukunya, membolak-balikin bukunya, senyumnya berkembang. Alhamdulillaah, buku saya terbit, katanya dalam hati. Seorang pelayan melihatnya. “Ga jadi beli Pak?” Kata pelayan itu, sambil berusaha senyum. Jawab si penulis, “Oh engga. Saya yang nulis koq malahan.” Jawaban si pelayan, “Ooooohhh… Bapak yang nulis…”. Segitu doang. Benar-benar segitu doang. Ga lebih. Ga ada tawaran teh manis bagi penulis buku. Sebagai ungkapan terima kasih, sebab dengan izin Allah, buku-buku penulis lah yang membuat pelayan itu bisa kerja, toko bisa buka. Tapi itulah. Ga dikenal si penulis itu, oleh sistem jual beli biasa. Apalagi satu toko yang merasa diperlukan, bukan dia yang diperlukan.

    Beruntung, alhamdulillaah, mayoritas penulis buku, ikhlas. Mereka menulis untuk Allah. Dan menulis untuk menulis. Tidak berharap lebih.

    Episode berikutnya, seorang pembeli. Ini seorang pembeli. Bukan lagi penulis. Ini pembeli. Ada orang yang membeli buku si penulis tersebut. Dan ternyata bagus. Dia senang bacanya. Bahkan dia referensikan kepada yang lain. Dia aja ketika beli, g dpt diskon. Kecuali “seadanya”. Apalagi ketika “merefrensikan”. Tambah g bakal dapat apa-apa dari transaksi itu. Memang penulis dapat royalti. Tapi itu dari penerbit. Dari percetakannya. Bukan dari toko buku. Semakin banyak yang terjual, akan semakin banyak royalti yg didapat. Tapi ini tetap ga akan sebanding dengan “pendapatan” toko buku. Penulis biasanya dapat royalti 5-10% dari harga buku kotor. Sedang toko buku, dapat 40-50%. Agen-agen kecil bisa dpt 20-30%. Suatu hari, ia bahkan bukan cuma mempromosikan. Tapi mengajak kawannya ke toko buku besar. “Yuk, saya temenin beli buku saya…” Sampe di kasir, ia yang nemani, ga beli, berdiri sejajar dengan kawannya yang pegang buku dan mau bayar. Posisinya, jelas bukan ngantri. Si penulis buku ini, yang mempromosikan, yang mereferensikan, bahkan nemani sampe ke kasir, malah ditegor kasir. Apa kata kasir? “Pak, ngantri ya, maaf.” He he he, disangkanya, nyelang. Padahal nemenin.

    Begitulah. Sistem toko biasa, seperti toko buku tidak mengenal “terima kasih”. Apalagi bagi-bagi bonus, buat yang merefrensikan. Beda dengan MLM. Beda dengan Multi Level Marketing. Beda konsep & prinsip. Dibanding penjualan retail, yang kadang dikuasi grup besar. Dan dunia retail pun, sudah terkuasai pula oleh segelintir grup besar saja. Pasar yang demikian banyak, besar, jadi sekedar pasar. Bukan pelaku. Tidak diajak ikut mencicipi. Seperti kasus penulis dan pembeli yang merefrensikan tadi.

    Sayang, bnyk MLM bodong. Yang memanfaatkan situasi & keadaan. Padahal sesungguhnya ia MoneyGame. Gak lebih dari sekedar penipu. Kalo benar ia MLM murni, maka ia akan menguntungkan, menyejahterakan, memberi manfaat, di semua jenjangnya. Ga ada yang cuma jadi korban. Bahkan, ketika membernya hanya member, ia akan mendapatkan banyak kemudahan mendapatkan produk. Dunia MLM banyak cacat dengan kehadiran MLM money game. Tanpa ikhtiar, tanpa kerja. Hanya rayuan belaka.

    Dari contoh hari ini, andai buku tersebut di-MLM-kan, maka kisahnya ga akan jadi begitu. Tapi syaratnya, ya MLM yg benar. Sebenarnya, MLM itu sederhana. Pay-out/rabat, yang diberikan ke toko buku tersebut, misal 40-50% tadi, dijadikan sistem berjenjang. Sekedar merefrensikan saja, apalagi bisa jadi stokis, jadi agen, maka ia akan dapat bagian dari rabat yg tadinya “hanya” didapat oleh 1 toko saja. Tentu ada pro kontra. Dan itu ya wajar saja. Bukan saja awal Ramadhan & Lebaran, he he he. Di banyak hal, banyak emang perbedaan. Karena itu, saya santai aja ketika memutuskan mendirikan & mengembangkan MLM e-Miracle. Air Miracle. Air kesehatan. Ini bukan miracle yang selebaran loh ya. Itu mah penipuan. Ini saya produksi air kesehatan. Dengan izin Allah, jadi obat & menjaga kesehatan. Sistem penjualannya, saya bikin berjenjang, dengan sistem MLM. Saya punya pandangan & dasar prinsip yang berbeda. It’s not a moneygame.

    Maka ketika pula saya munculin MLM lain, yang bergerak di bidang payment, yakni VSI, saya pun tetap pada pendirian saya. Sekarang, dunia pembayaran2/payment, listrik, dll., dah keliatan, ditelen pula oleh grup retail besar. Ga kebagian dah kita mah. Belum lama, ada seorang ustadz cerita. Dia ngantri di loket kereta api. Bahkan di customer service. Ga dapat tiket. Disarankan untuk beli di salah 1 toko ritel. Eh, hanya beberapa menit, dapet. Langsung diprint. Luar biasa. VSI, MLM yg bergerak di bidang payment. Semua orang bisa jadi agen pembayaran. Hanya dengan gadget yang dia pegang & punya. Keuntungan yang saya dapat, dari porsi persentasi yang didapat dari pembayaran-pembayaran tersebut, itu yang saya MLM-kan. Jadi pendapatan berjenjang.

    Baik e-Miracle, maupun VSI, bukan money game. Saya mencoba menjalankan MLM yg benar, yang lurus, yang ga maen-maen & bercanda. Sekali lagi, kawan-kawan boleh berbeda pendapat. Fastabiqul khairat saja. Hasil dari MLM e-Miracle, saya wakafkan 100%. Dan saya pengen, semua menikmati potensi jualan air & macam-macam produk kesehatan nantinya. Saya malah berharap, air yang sudah dikuasai asing, bisa direbut kembali. Kalau besar, e-Miracle saya amanahin untuk take-over air asing. Balik lagi akhirnya soal niat & proses. Niat bener, proses bener, kenapa engga? Bener-bener, jangan ampe salah di niat proses.

    Kalo perlu, kecap, garam, cabe/bumbu2, beras, sayur, buah, di-MLM-kan. Supaya pasarnya ga dikuasai & dikendalikan segelintir orang. Kembali ke buku, sebagai contoh awal produk. Sesungguhnya, penulis, bersama pembaca, bisa menikmati juga semua potensi ekonominya. Yang terjadi, bahkan di penjualan ritel, secara telanjang mata, dikuasai segelintir orang saja. Indonesia, jadi pekerja besar saja. Tidak ikut menikmati potensi keuntungan, dan potensi ekonomi. Bahkan tidak jarang, dunia retail, nginjek2 supplier.

    Apalagi bisnis-bisnis yang sekarang ini telanjang diliat oleh mata, dikuasai benar oleh segelintir saja. Bangsa Indonesia, jadi pekerja saja. Bikin dah dari hulu ke hilirnya. Mulai dari proses tanam, hingga jual, MLM punya. Allahu akbar dah kalo emang bener jadi. MLM yang baik, ga akan nambah beban ke pembeli. Yg di-pay-out-kan, memang keuntungan yang wajar. Seperti contoh buku tadi, bila dijadikan MLM. Dunia MLM juga, dunia silaturahim, belajar, mengajar, saling membesarkan. Bukan antara penjual & pembeli, yang kering tanpa ruh. Selanjutnya MLM yang baik, coba untuk pelan-pelan bersyariah. Doain, ke depan e-Miracle & VSI, bersyariah total. Doain, doain, doain.

    Udah, ngaji lagi dah… Ramadhan… Ramadhan… He he… Maaf buat yang kontra ya. Boleh koq. Boleh banget. Yg ga boleh, ribut.

    Salam,

    Yusuf Mansur.

    • ternyata anda gak paham beda mlm dan moneygame, tp merasa dgn menyalin ulang apa yg ada di blog tersebut merupakan pembenaran akan marketing plan vsi… mlm itu yg dijual produk bukan member get member. mlm secara garis besar ialah salah satu cara pemasaran dgn memangkas jalur distribusi kepada pengecer langsung dan mengalihkan biaya promosi menjadi komisi para distributor langsung yang menjualkan produknya (jd komisi/bonus yg didapt benar2 murni dri hasil menjualkan produknya tanpa konsumen itu harus mendaftar menjadi member) sedangkan marketing vsi justru jualan utamanya adalah merekrut member sebanyak-banyaknya utk mendapatkan bonus yg diiming-imingi perusahaan penyelenggara alias member get member/bukan jualan product. ini yg dikritisi oleh penulis blog ini…

      • bung Kalem gimana ya kok mengatakan mlm = member get member. yang bener member get member=money game. mlm yg baik ga ada tuh member get member. kalopun ada nilainya tidak seberapa hanya 30-50rb daaann, bukan merupakan perputaran uang utama, MLM = bonus dibayarkan berdasarkan omzet penjualan produk. Money Game = bonus dibayarkan dari iuran pendaftaran…

    • Toko buku di MLM kan ala VSI? Banyak mudharatnya. Silahkan cerna ilustrasi berikut.

      Logika dari MLM ala VSI seperti ini pak: (#Ilustrasi toko buku di MLM kan)

      Episode berikutnya adalah tentang pemilik toko yang kurang laku penjualannya.
      Pemilik toko itu berpikir penjaga toko yang hanya menunggu pembeli sangat tidak efektif. Alangkah baiknya kalau karyawan toko ini yang aktif mencari pembeli, bukan hanya menunggu, istilahnya “jemput bola”.
      Karena itu si pemilik berkata pada pada karyawan nya, “Mulai sekarang, kamu akan saya jadikan mitra bisnis saya. Kamu cukup bayar 275ribu untuk ikut “memiliki” toko ini.”
      Tugas si karyawan yang sudah naik pangkat menjadi mitra bisnis, adalah aktif mencari calon pembeli. Jika si calon pembeli tertarik membeli buku, si mitra mendapat komisi seribu perak. Tapi kalau si calon pembeli tidak membeli buku pun, tapi tertarik jadi mitra bisnis dengan membayar 275 ribu, si mantan karyawan akan mendapat “komisi” 50ribu.
      Wah, ternyata “komisi” (dalam tanda petik) mencari mitra bisnis lebih besar dari komisi (tanpa tanda petik) jual buku.
      Karena itu lah si partner bisnis lebih giat mencari calon mitra bisnis baru daripada jualan buku.
      Demikian pula si mitra barunya, giat pula mencari mitra-mitra usaha lainnya.
      Mitra hasil rekrutannya disusun lapis per lapis (level) sehingga berbentuk model segitiga (atau bentuk PIRAMID).
      Apalagi ada banyak “komisi” lainnya yang dijanjikan si owner, dari hasil merekrut mitra usaha, apalagi kalau bentuk segitiganya seimbang antara sisi kiri dan kanan.
      Bahkan ada “komisi” berupa super car senilai 5 milyar, jika si mitra dan mitra-mitra dibawahnya berjumlah 2,5 juta orang di sisi kiri dan 2,5 juta orang.
      Sebagai referensi, jumlah penduduk kota Tangerang kurang dari 2 juta orang.
      Alhasih, toko buku itu berkembang besar, walaupun ternyata PENJUALAN buku nya tetap RENDAH.
      Karena jumlah penduduk kota (atau bahkan negara atau dunia) terbatas, pembentukan segitiga sampai pada tahap titik jenuh. Ternyata mitra-mitra usaha di lapisan paling dasar segitiga, kesulitan mencari mitra usaha baru.
      Dengan membayar 275ribu dan mendapat mimpi meraih mobil dan villa mewah, mitra usaha itu mengais seribu perak demi seribu perak demi meraih mimpi yang mustahil diraihnya
      Dan ternyata mitra usaha di lapisan tersebut, yang gagal meraih mimpi, jumlah nya beribu kali lipat lebih banyak daripada mitra yang berhasil sukses.
      Mitra yang sukses harus mengorbankan banyak saudara dan rekan-rekannya………….

    • hi hi hi …

      mulai kalimat k2 sy udah sadar klw ini cara penulisannya mirip skali dg cara bicaranya ust. YM
      mulai ketengah tulisa,, udh haqqul yakin ini ust. YM yg nulis. sy langsung scrool k akhur tulusan,; eh trnyata bnr ..
      ttd YM !
      ga kaget saya.

    • istri saya kemarin ikutan VSI karena terbujuk iklan temannya di fb. setelah ikut temannya yang sebagai up line nya cuek bebek aja, tidak pernah memberikan arahan atau support atau training… jadi sepertinya yang penting si up line dapat 50.000,-. sedangkan si down line kebingungan dan kecewa. yang berakhir pada putusnya hubungan silaturahmi yang sudah terjalin. hanya gara-gara biar dapat 50.000,- si upline meyakinkan dirinya untuk ditinggal teman-teman dekatnya yang kecewa toh. selamat untuk para upline yang tidak bertanggung jawab, menelantarkan downline nya dalam keadaan kecewa.

    • Siapa saja bisa memesan slot ke TV swasta untuk menyiarkan acara berbalut iklan (misalnya Gebyar BCA dll). Artispun siap mengisi acara selama di bayar.

      Ustad YM pun siap memberikan ceramah atau khotbah di mana pun, asal ada honornya. Ustad YM pun pernah memberikan ceramah di Koperasi Langit Biru dan juga di ECMC, keduanya adalah penipuan berkedok investasi.

      • Kesimpulan saya, bisnis ini reward nya dapet dari merekrut anggota, bukan pada prestasi jualan pulsa atau pada penggunaan aplikasinya…. mohon maaf klo saya salah. menurut saya sih klo cuma mau rekrut anggota buat mendapatkan bonus2 gede, itu nggak baik. tp klo memang mau jualan pulsa atau buka counter buat loket pembayaran ya silahkan aja. yg penting niatnya, jgn sampai ada orang yg dirugikan…

    • istri saya kemarin ikutan VSI karena terbujuk iklan temannya di fb. setelah ikut temannya yang sebagai up line nya cuek bebek aja, tidak pernah memberikan arahan atau support atau training… jadi sepertinya yang penting si up line dapat 50.000,-. sedangkan si down line kebingungan dan kecewa. yang berakhir pada putusnya hubungan silaturahmi yang sudah terjalin. hanya gara-gara biar dapat 50.000,- si upline meyakinkan dirinya untuk ditinggal teman-teman dekatnya yang kecewa toh. selamat untuk para upline yang tidak bertanggung jawab, menelantarkan downline nya dalam keadaan kecewa.

      • Niatnya ikutan buat apa? kalo niatnya cuman biar nyari downline biar dapet bonus mah, dah salah secara niat pantes aja jadi korban money game.
        Ikutan MLM tuh harusnya karena tertarik dengan produknya, bukan dengan iming2 bonus downline nya.
        Saya juga ikutan VSI, niatnya karena tertarik karena potensi bisnisnya yaitu bisa buka pembayaran online mulai dari pulsa, listrik, pdam, dan bakal dikembangin hingga beli tiket pesawat dll. Di awal sy dah ga niat nyari downline, tapi emang mau dipake. Tapi kemudian banyak yg mau ikutan kayak saya, ya kenapa engga diajak sekalian?.

      • Saya kebetulan baru gabung VSI dan sponsornya beda kota .. saya di Jakarta dan sponsornya di Surabaya. Awalnya saya agak ribet karena susah berkoordinasi dengan upline yg jauh di luar kota. Tapi sekarang saya sudah dapat solusinya yaitu melalui training-training yang tersebar di seluruh Indonesia yang jadwal dan tempatnya dapat dilihat di web resmi VSI yaitu: http://www.klikvsi.com. Sambil menunggu bisnis VSI stabil, semua perjinan keluar dan Grand launching yang In Sha Allah di bulan Februari 2014, kita bisa memanfaatkan waktu untuk training VSI 🙂

  23. saya kurang tahu detil bisnis ini. Pernah di tawari beberapa bulan lalu sebelum booming.Tapi dengan adanya artikel ini saya jadi mengerti, bahwa MLM jenis ini juga berprinsip samsarah ‘ala samsarah… dan dalam pandangan saya pribadi, saya sudah bisa mengambil sikap sendiri.

  24. Terima kasih untuk penulis blog ini. Tulisanmu mencerahkan. MLM adalah sistem merugikan dan tidak adil. Saya sudah tidak simpati lagi dengan Ustadz YM karena dia materialistis.

    • yang dikritik blog ini adalah marketing plannya bukan productnya.. jd jgn asbun dlm berkomentar.. dan klo gak memahami ilmu ttg mlm atau moneygame sebaiknya menahan diri utk berkomentar, kiasan anda ttg spg rokok, spg mobil gak nyambung dgn marketing plannya vsi.. knp? mereka dpt komisi krn jual produk, sedangkan vsi dpt komisi krn member get member.. dan yg diputar utk memberikan rewards dan segala macam lainnya berasal dri uang pendaftaran.. bukan dri jualan produk (entah produknya herbal, buku ustadz sang founder atau pulsa tlpn, listrik dll/gak jelas sebenarnya produk apa yg jadi jualan vsi ini selain merekrut orang buat gabung dgn menjajan ketokohan sang founder)

      • Kalo bisnis payment online lain itu ada by pendaftaran ga sih, kok tadi aku googling di internet ada by pendaftaran juga, dan itu masuk ke kantong pemiliknya lho.

        Nah kalo di VSI, biaya pendaftaran yang harusnya jadi keuntungan pemilik VSI, itu di bagi ke mitranya lho pak. Kurang baik apa coba VSI 😉

    • Kata siapa downline tidak diperas? Bonus dan reward yang diberikan adalah jika member sukses merekrut member baru. Artinya para member baru patungan memberikan sedekah untuk upline2nya.
      Apa ada reward dari hasil penjualan (pribadi atau jaringan)? TIDAK ADA!!
      Sistem yang dianut VSI lebih menekankan untuk merekrut bukan pada penjualan. Artinya produk (pulsa dll) hanya kamuflase.
      VSI berkembang karena mengandalkan saling memberi “sedekah” antar anggotanya (Tepatnya “sedekah” downline ke upline).
      The Power of Sedekah ala VSI. Member baru saweran “sedekah” untuk memperkaya upline, sambil berharap mendapat saweran “sedekah” yang lebih besar dari para downline….

      • Ah kagak juga tuh,..ane daftar 275 rebu buat ane pribadi.ane beli pulsa sendiri,bayar listrik sendiri…kagak perlu jauh2 lagi beli pulsa ato pas tengah malem kepepet butuh banget buat telponan.kebetulan aje klo lagi jalan2 sekalian isi saldo ke VSI 200 ribu,dapetnya 200 rbu juga.trus tiap trx pulsa,malah murah dari pasaran dapet cashback nya jga.lumayan biar 75 perak juga halal,wong itu kembalian nya kok. 😛

  25. Saya akan menanggapi isi blog itu karena ada beberapa hal yang perlu dijelaskan:

    Pertama, penulis di blog itu menulis, “Bila ini memang bisnis pulsa, kenapa jika anda mendaftar paket basic 275.000 kok tidak mendapat deposit? Terus bagaimana mau transaksi? 275ribu untuk apa?, untuk beli aplikasinya!?, apa iya harga aplikasi android semahal itu?!!.”

    Uang 275 ribu itu adalah uang pendaftaran seperti layaknya mendaftar di sebuah sekolah. Nantinya juga akan dikembalikan dalam bentuk produk berupa 1 botol Habs Pro (habbatus sauda, jinten hitam yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Info selengkapnya silahkan cari sendiri, di google juga banyak) atau satu buku karangan Ust. Yusuf Mansur berjudul Rich. Kemudian mendapatkan software V-Pay. Untuk harga, silahkan bandingkan dengan software-software berbayar lainnya. Insyaallah tidak jauh berbeda.

    Adapun deposit, maka harus dilakukan secara terpisah, tatacaranya sudah tersedia di situs resmi maupun situs-situs sponsor.

    Kedua:

    Penulis di blog itu mengatakan, “Jual beli kalao menjualnya diatas harga normal itu disebut dalam Islam riba fadl.”

    Tanggapan: dari sini dapat diketahui bahwa penulis di blog itu tidak paham apa sebenarnya yang dinamakan Riba Fadhl yang diharamkan dalam Islam. Benarkah seperti itu? Tidak.

    Sudah banyak kitab yang membahas tentang Riba Fadhl. Saya ambilkan saja yang sudah jadi biar tidak perlu tulis ulang:

    “Fadl artinya kelebihan, yaitu riba yang terjadi dalam suatu transaksi pertukaran atau jual beli, di mana penjual dan pembeli melakukan akad jual beli antara barang yang sama (sejenis) tetapi terdapat perbedaan kwantitas. Riba Fadl adalah jenis riba yang diharamkan melalui hadits nabi, contohnya yaitu apabila seseorang menukar gandum dengan gandum tetapi tidak sama ukurannya.

    Hanya saja dalam hal ini terdapat perbedaan apakah riba fadl berlaku pada jenis harta tertentu yang disebutkan dalam hadits, atau juga berlaku pada jenis harta lain yang dapat dikiaskan dengan yang disebutkan dalam hadits, jika dilakukan qias, apa yang menjadi ‘illat atau standar dalam melakukan qiyas.”

    Jadi, kalau ada orang menukar 1 gram emas dengan 10 gram perak misalnya, ini tidak disebut riba fadhl sebab jenis barangnya berbeda. Dari sini sudah jelas masalahnya insyaallah.

    Ketiga:

    Penulis blog itu menulis, “Bila niatnya untuk spekulasi bisa untung besar, itu termasuk ghoror haram juga.”

    Di mana letak spekulasinya? Apakah membeli sebuah produk dan mendaftar menjadi agen (member) itu dinamakan spekulasi? Mengapa harus digambarkan niat yang buruk semacam itu?

    Keempat:

    Penulis blog mengatakan, “Disitulah nanti kelicikan dimulai, peraturan akan dibuat bahwa Bila anda daftar hanya dengan paket basic, itu tidak menguntungkan, tidak prospek dan maksimal keuntungan perhari hanya sekian rupiah,mkeciiilll banget. Bonus duplikasi paket basic dibatasi.”

    Kenapa bisa dianggap kelicikan? Dan bagaimana bisa dianggap kecil padahal peluang penghasilan maksimal adalah 300 ribuan per hari? Pembatasan itu dilakukan demi berlangsungnya perusahaan. Tanpa pembatasan maka perusahaan justru akan langsung gulung tikar karena harus tombok.

    Saya rasa cuma itu saja yang perlu saya tanggapi, selebihnya sudah terwakili insyaallah.

    • mas danang K silahkan baca buku FIQH EKONOMI KEUANGAN ISLAM (insya ALLAH pengarangnya sangat berkompeten ttg ilmu fiqh) jka bicara ttg riba jgn cuma andalkan mbah google… komentar anda yg ini “kalau ada orang menukar 1 gram emas dengan 10 gram perak misalnya, ini tidak disebut riba fadhl sebab jenis barangnya berbeda. dasarnya apa?” silahkan merujuk pada buku yg saya sebut diatas… bicara RIBA adalah bicara FIQH maka kita perlu ilmu utk menyampaikan pendapat utk menghukumi suatu masalah fiqh… Wallahu’alam

    • Silahkan mempelajari apa yang dimaksud dengan komisi dan bonus yang mendasari agar member mendapat keuntungan dari bisnis berbasis MLM:
      1. Komisi adalah imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada mitra usaha atas penjualan yang besaran maupun bentuknya diperhitungkan berdasarkan prestasi kerja nyata, yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang dan atau produk jasa.
      2. Bonus adalah tambahan imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada mitra usaha atas penjualan, karena berhasil melampaui target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan perusahaan.

      Yang ditawarkan VSI bagi anggotanya agar dapat keuntungan adalah:
      1. Bonus sponsor 50ribu saat merekrut
      2. Bonus pasangan
      3. Bonus reward lainnya yang berdasarkan jumlah member yang seimbang di 2 kakinya.
      VSI juga mengklaim Tanpa JUALAN, tanpa TUTUP POINT, tanpa TARGET BULANAN, tanpa harus MEMBELI produk

      Sedangkan yang dimaksud dengan money game:
      Money Game adalah kegiatan penghimpunan dana masyarakat atau penggandaan uang dengan praktik memberikan komisi dan bonus dari hasil perekrutan/pendaftaran Mitra Usaha yang baru/bergabung kemudian dan bukan dari hasil penjualan produk, atau produknya hanya sebagai kamuflase saja.

      Ciri-ciri MLM berbungkus money game. Hilangkan produknya (karena produknya cuma kamuflase), apakah MLM itu tetap berjalan? Contoh: saat sistem deposit ngadat, ada yang dirugikan? Ternyata sedikit. Yang teriak2 cuma member2 yang memang benar2 mau berbisnis pulsa. Sisanya adem ayem saja, karena tetap bisa mendapat “sedekah” dari downline nya.

      • Yah, kalau mata hati sudah tertutup bonus hasil saweran “sedekah” downline memang sudah menyadarkannya…….
        Sekali lagi:
        Sistem yang ditawarkan VSI bagi anggotanya agar dapat keuntungan adalah:
        1. Bonus sponsor 50ribu saat merekrut
        2. Bonus pasangan
        3. Bonus reward lainnya yang berdasarkan jumlah member yang seimbang di 2 kakinya.
        Ini merupakan ciri-ciri money game yang mensyaratkan komposisi member yang imbang di kaki kiri dan kanannya.
        VSI = MONEY GAME.

    • Lumayan ya mas Danang, kalau dapat downline. 50ribu tiap orang yang berhasil direkrut. Lalu ada bonus pasangan, pengembangan, dan reward. Bisa dapat Lamborghini kalau punya downline 2.5juta di kaki kiri dan 2.5juta di kaki kanan. Semuareward ini menekankan bahwa anggota bisa mendapat keuntungan kalau merekrut anggota, bukan dari hasil penjualan.
      Jelas ini adalah skema piramida berkedok bisnis. Para anggota yang berada di sisi terbawah piramida memberikan “sedekah” bagi anggota di atasnya. Seperti halnya skema-skema piramida lainnya, jika telah mencapai titik jenuh, maka anggota yang yang berada di sisi bawah akan menderita kerugian demi memberi “sedekah” para uplinernya. Jumlah anggota yang rugi ini lebih banyak daripada mereka yang mengecap keuntungan……….

    • Coba mas danang cek bonus yang anda dapat. Besar mana, komisi hasil penjualan (pribadi atau jaringan, atau komisi berupa “sedekah” dari downline?

    • bukan krn siapa foundernya mas, yg dibahas ini adalah ttg marketing plannya yg lebih menjurus kepada MONEYGAME, sekalipun yg punya itu Tokoh ustadz klo sistemnya gak beres ya tetep aja gak beres… utk ijinnya aja udah salah, klo bisnis mlm/direct selling itu ijinnya harus ijin SIUPL (Surat ijin usaha perdagangan langsung) tp ternyata VSI itu ijinnya cuma SIUP (surat ijin usaha perdagangan) biasa sama klo kita buka toko atau minimarket.. nah secara legalitas aja sudah menyimpang? jgn2 kasusnya sama kayak bisnisnya beliau yg satu lagi yg mandeg krn gak berijin…

  26. setuju ama artikel2 ini
    ngapain cape2 bayar 200ribu tapi ga dapat deposit ? what the f*ck is that ?
    dan cuma dapat software minuman ajaib doang ? WTF is this ?
    baru aja kemaren udah ada 5 orang yang nawarin gini.
    jelas lebih untung bisnis pulsa gue mau transfer 4 juta ya yang masuk ke deposit nya 4 juta jenis transaksi sama, gak perlu ngejar bonus dapet ferrari dll jelas nipu !
    itu mana ada sukses instant semuanya butuh proses

    masih aja ada yang percaya ginian
    kenapa di indonesia orang nya gak pada maju sih ?

      • Untuk listrik,telepon,speedy,indovision,alhamdulillah sudah bisa,dan untuk ticketing,shopping,leasing,credit card,insyaAlloh setelah grand launching februari 2014,karna sedang mensinkronkan sistemnya dg pihak terkait, tapi alhsmdulillah yg dari pihak bri syariah sebagai pihak yg mengeluarkan vsi card nya sudah kelar,tinggal tunggu terbitnya insyaAlloh januari 2014 🙂

      • UDAH BISA KALEE udah dari 2011 gua bisnis ginian
        bisa bayar kartu kredit, tv satelit, tv kabel, speedy, pln , telkom, tiket pesawat, tiket kereta. voucher game online, kredit motor !
        gua udah ada bukti bisa elu masi inyaallah aja kok bangga sih heran gue
        gak perlu nunggu launching dan taik kucing lainnya

      • Waah bagus dong mas Rafael kalo sudah punya bisnis begitu,semoga semakin berkembang yaaa,jadi bisa maju bareng,karna siapapun itu selama dia anak bangsa yg bisa menjadi pengusaha sejak muda saya sangat salut dan bangga 🙂 dan alhamdulillah saya memang suka memakai InsyaAllah untuk segala sesuatu,walopun sudah ada kepastian,maaf kalo kurang berkenan,semoga bisnisnya makin sukses yaa 🙂

      • speedy, ticketing, shopping bisa pakai kartu debet aja, ga repot, selalu ada saldo (sesuai kemampuan tabungan :p)
        ga perlu repot deposit dan bayar dulu

      • dari 2011 GRATIS
        gak percaya amat kemana aja lu dari 2011 ?
        “speedy, ticketing, shopping bisa pakai kartu debet aja, ga repot, selalu ada saldo (sesuai kemampuan tabungan :p)
        ga perlu repot deposit dan bayar dulu”
        betul ngapain pake VSI repot pertama 275 dan gak ada deposit gak bisa speedy ticketing dll dong ?
        internet banking aja udah bisa tuh dari dulu

      • “jelas lebih untung bisnis pulsa gue mau transfer 4 juta ya yang masuk ke deposit nya 4 juta jenis transaksi sama, gak perlu ngejar bonus dapet ferrari dll jelas nipu !”

        Di bisnis sampean sudah jelas, Yang untung sampean aja.. :d

        Memangnya di bisnis seperti VSI instan..?

        ga ada bro, semuanya perlu kerja keras, semuanya ada proses..

    • gua beruntung karena di server ppob nya gua gak perlu sebut siapa MD nya
      cashback ada , reward kalo transaksi 1000x/hari dapet gadget
      gua beruntung banget lah gak di iming2 in hadiah ferrari rumah dll
      kasian banget jualan pulsa dan ppob cuma ngejar cashback dan reward, dimana bisnis nya ?

      • Sudah bisa disimpulkan bahwa penulis dan juda Pak Rafael ini adalah orang-orang yang terjun di bidang bisnis pembayaran online. Jadi ya….intinya takut kesaingan…pasarnya menciut……peace bro; rejeki dah ada yang ngatur

        • loh jelas toh saya disini terbuka anda sendiri komen dengan nama ‘a’ bahkan gak mencantumkan web / email berarti situ dong yang takut ya ? kalo berani pake nama asli cantumin web ente

          ========================
          saya gak takut tuh kesaingan jelas dong saya nyantumin web saya, bahkan nama saya pun berani pasang disini, jelas bisnis saya sekarang bukan bisnis kacangan kaya VSI liat aja web saya. saya cuma ngingetin bahwa bisnis VSI ini bukan bisnis baru seperti yg kemaren2 DBS pun 100% sama sistem nya kaya gini. walaupun yg promosiin AA GYM pun tetep sekarang mereka WAFAT. cuma ngingetin aja klo mau bisnis pulsa dan loket daftar BPR KS AKSES atau cari Master Dealer Loket terdekat itu JELAS anda daftar 200Ribu dapet deposit 200ribu bisa dipakai langsung bukan malah dapet minuman ajaib dan buku dong

          • jangan lah berpikir sempit jelas bisa
            lu pikir konter pulsa ngisi pulsa lewat komputer ? asli nih member VSI yang satu ini paling paling (maaf) tolol
            gue transaksi ada banyak cara
            – web trx
            – sms
            – umb dial
            – ym
            -gtalk
            asli ini si dadang ini kurang ilmunya nih terbukti kan member vsi itu NOOB semua ? gak ngerti tentang sistem penjualan pulsa dan PPOB ?

  27. Tepat sekali! Ternyata anda seorang pemain money game, yang paham bagaimana menempatkan downlinenya di posisi yang tepat agar mendapatkan bonus yang besar.

  28. Kalau untuk berjualan pulsa atau berbisnis PPOB tidak masalah. Yang masalah, adalah kalau anda berniat kaya hasil dari saweran downline.
    BTW, memang harga VSI bisa komptitif untuk dijual?!

  29. Mau meluruskan dikit ah,ini POP lho ya,karna memang segmennya untuk Personal,dan jujur saat pake vpay ini,ndak ada yg nawarin saya,iklan ke saya bahkan sampe diiming2i dapet ferrari,yg saya tahu adalah dg memakai vpay ini saya tidak kesulitan saat ingin isi pulsa hape ana listrik,udah itu aja,soalnya saya ini paling jarang chek pulsa tau2 udah ada pemberitahuan kalo masa aktif smartphone habis,apalagi misal nya udah malem2,trus repot juga kalo pulsa listrik rumah tahu 2tuiiiittt habis,pdhl dah malem n hujan pula,naaah dg manfaatin vpay ini,saya ndak repot lagi,tinggal klik2 lwt sms ato ym send…udah deeh keisi lagi listrik ama hape nya,dan rasanya tuh sueneeeeeng banget,mana harganya juga harga pokok lagi,alhamdulillah nya dobeeelll,bayar telpon sama internet n tivi juga gitu,skrg jd ndak males lagi,kan bisa sambil santai2 aja bayarnya hihiii,pokoknyah mah tenkyuh pull VSI 🙂

    • berarti anda ketinggalan jaman dong
      dari tahun 2009 pun udah banyak master dealer loket pembayaran yang nawarin jadi gak perlu cape2 bayar 200ribu tapi ga ada deposit nya !
      dan beberapa taun kebelakang juga ada DBS yang sistemnya 100% sama kaya gini bisa bayar macem2 dengan gandeng Ustad AA Gym tapi buktinya ? taun sekarang bisnis DBS sendiri gak kedengar lagi tuh

      • DBS tidak ada cashbacknya lho,itu bikinan anak ITB dan Aa’ Gym itu hanya sebagai Member yang kebetulan ikut support ,bukan Founder 🙂

    • Sama aja. Pas mau beli saldo, deposit nya habis, gimana coba?
      Ribet, musti deposit yang banyak dulu. Kalau jadi konsumen aja, banyak kok yang jualan pulsa secara online, gak pake ribet. Contohnya (bukan iklan ya, sekedar mencontohkan): http://www.mangpulsa.com. Bandingkan harga nya dengan harga VSI. Kok malah lebih murah ya….?
      Di VSI ada cash back? Harus akumulasi berapa baru bisa di withdraw? Kalau untuk pemakaian pribadi, jelas gak worth it untuk bayar dulu 275ribu.

      • Itu dari dulu juga bisa.. hehee..

        Be Smart,
        klo pakai ATM, pakai sms banking.. keuntungannya lari kemana..?

        sudah jelas lari ke kaum2 kapitalis..

        Di VSI, keuntungannya kembali lg ke mitra2nya..

        dan ketika transaksi, apa dapat cashback..? 🙂

        Tapi tetap, semuanya pilihan.. mau gabung monggo, masih pakai ATM pun monggo.. peace

    • Jawaban atas kultwit Ustad Yusuf Mansur yang sering dikutip oleh para member VSI:

      1.- “Fee buat saya, yang dibuat berjenjang.”
      Tapi cara sistem 2 kaki yang dianut VSI itu loh yang bikin mudharat. Sistem 2 kaki menekankan pada perekrutan member baru untuk mendapatkan keuntungan (bonus, reward). Itupun member baru harus dipasangkan kiri dan kanan seimbang. Misalnya harus 25ribu member di kaki kiri dan 25ribu member di kaki kanan untuk dapatkan reward mobil? Memang ngaruh ke omset penjualan kalau misalnya di kaki kiri ada 50ribu member, di kaki kanan cuma ada 1 orang member saja? Padahal jumlah member jaringannya lebih banyak, dan seharusnya pula omset penjualan lebih banyak, tapi kenapa tidak dapat reward mobil????? Nah, disinilah salah satunya yang dinamakan money game!!

      2.s.d 10. “Bisnis payment di MLM kan. ”
      Bagus sekali niat ustad YM. Sah-sah saja dibuat MLM, tapi MLM yang sistemnya gimana dulu ustad…….

      “Pelajari dulu, jangan samakan dengan money game atau MLM tipu2”
      Sudah ustad, selama ini saya sudah berusaha mempelajari berbagai MLM dan program investasi, penipuan2 berkedok investasi, baik yang benar2, tipu2 maupun yang menganut sistem money game.
      Kalau punya ustad, saya yakin bukan tipu2, tapi dari marketing plan nya jelas, VSI menganut skema piramida atau sistem money game.

      12 s,d 13 “Di VSI nggak nyari member. Pendaftaran wajar 275ribu, bentar lagi naik jadi 300ribu PER TITIK.”
      TIdak transparan, berapa yang buat pendaftaran (administrasi), berapa yang buat produknya (herbal or buku). Atau herbal dan buku hanya bonus saja? Ini tidak wajar. Terlalu mahal. Apalagi kalau cuma dipakai sendiri. Mau dibuat jualan kok malah harga beli nya sudah mahal, mana kompetitif untuk dijual lagi!
      Kenapa uang pendaftaran mahal? Karena bonus dan reward diambil dari uang pendaftaran ini!
      Apalagi bisa beli 1 titik, 3 titik, 8 titik, yang membuat semakin banyak beli titik, semakin besar dapat bonus berdasarkan pemasangan member jaringan. Ini juga yang merupakan salah satu ciri skema piramida/money game.

      14 s,d 21 “Bisnis payment sangat menggiurkan. Dengan di MLM kan member akan mendapat keuntungan juga.”
      Betul, insting pak Ustad dalam berbisnis memang hebat.

      “Fee dibagi buat jaringan”
      Fee yang dimaksud di sini apa ya? Keuntungan dari bisnis pulsa? Kalau ini OK banget pak ustad.

      23 s.d 24 “Saya kreatif dalam merambah berbagai bisnis”
      Saya acungkan jempol buat pak Ustad.

      “Pelajari lah dan Gabung”
      Siap pak Ustad, saya pelajari. Tapi ternyata sistem nya menganut skema piramida pak Ustad. Kalau ini mah sama aja dengan money game. Keuntungan yang bakal saya dapat, bakalan lebih besar kalau saya rekrut member banyak dan saya posisikan dengan tepat seperti laiknya bentuk piramida sempurna, walaupun misalnya omset jaringan saya kecil, saya tetap bisa dapat reward. Ini ibaratnya saya menerima saweran sedekah dari downline saya.
      Kalau pertambahan member sudah jenuh, kasihan downline terbawah saya ustad. Mereka akan gigit jari, tidak sempat menerima sedekah member baru.
      Jadi mohon maaf, saya tidak bisa gabung. Dan karena saya melihat sistem yang dianut VSI akan merugikan banyak member nantinya, saya akan memberikan himbauan kepada calon2 member agar mereka paham bagaimana sistem yang dianut VSI itu yaitu menganut sistem piramida atau money game. Saya berharap bisa mencegah agar mereka tidak terjerat dalam money game ala VSI ini.

      26 s.d 27. “Kenapa VSI dicurigai terus?”
      Karena, sekali lagi VSI menganut skema piramida alias money game!

      • 12 s,d 13 “Di VSI nggak nyari member. Pendaftaran wajar 275ribu, bentar lagi naik jadi 300ribu PER TITIK.”
        titik kok ya dibeli 🙁

  30. Tadinya mau gabubg ma vsi, tapis stelah dianalisa,benar kata ga cho an. trimakasi atas penjelasannya. Jadi jualan pulsa biasa aja lewat m kios

  31. Subhanallah…
    Artikel & komentar yang sunnguh menarik..
    Bagi yg kontra harapa tidak sampai menjelek2an yak…apalgi jelas2 menunjuk hidung, di VSI bebas tdk ada paksaan, di mo rekrut member atau tidak suka2 hati, yg penting pake aja Manfaat Vpay nya. Terkait sistem MLM nya dilihat dr sudut pandang Agama, yg pasti org yg lebih berkompeten lah yg menilai. Ingat guys baik itu kebaikan atau Keburukan akan di bayar Dobel oleh Allah SWY, di dunia & diakhirat, jadi hati2 yak jgn sembarangan menilai, apalagi sampai mencemarkan nama baik org atau perusahaan tsb.

    Bagi yang Pro..bikaleeem aja, berikut kutipan tweet Ust. Yusuf Mansur, (sorry untuk yg gak respect/simpati ma Ust. Yusuf…kasihan bgt yak nte…yakinlah Ustadz pasti respect/simpati ma nte..)
    Tweet from: @Yusuf_Mansur

    Kalo ada yg ngajak ngotot soal VSI, ga usah dilayanin. Fokus aja. Ga usah repot. Kalem aja. Percaya diri aja.

    Kalo bisnis payment, bisnis transaksi, yg feenya ratusan trilyunan, dikuasai “kapitalis”, pribadi2&segelintir prusahaan, qt g tereak2.

    Dg memultilevelkan VSI, sesungguhnya membagi/mendistribusi smua opportuniti kpd slrh kwn2 yg ikut brgerak. So, kalem aja jalanin VSI.

    Mau ikut, silahkan. Ga ikut, selamat menjadi customer terus, menjadi user terus, menjadi target market terus, dari pebisnis2 transaksi.

    Biasa ko, ada yg setuju, ada yg ga setuju. Biasa. Biasa banget. Jadi ga biasa, kalo kita nawarin VSI, lalu kita yg sewot saat ditolak.

    Namanya nawarin. Ditolak, diusir, ya biasa kan? Cari yg mau aja. Yg tau bhw ada biaya admin&biaya2 lain di setiap melakukan transaksi apapun

    Bi kul. Bi kalem. In evriting. Ingkluding in VSI.

    Jgn lupa, bismillaah stiap mau ngejalanin VSI. Tolongin orang spy pny ktr virtual sndiri. &jadilah pemain. Pelaku. Bukan user&pelanggan sj.

    Dan biasain kalo mau ngejawab, diskusi. Tanpa tanda seru. Penuh baik sangka. Anggap selalu ada yg lbh diketahui oleh orang lain. Jd kalem.

    Miliki hati seluas samudera. Dan miliki duit sebanyak2nya, he he. Dilempar batu, jadi ga ngaruh.

    TETEP SEMANGAAAAAAAAAAAAAAATTTTTT, SABAR, TENANG & IKHLAS

    • Blog ini, dan juga komentar saya ditujukan bagi rekan2 yang sedang mencari referensi mengenai VSI, dimaksudkan agar mereka tahu sistem apa yang dianut MLM VSI sehingga tidak terjerat dalam perangkap money game ala VSI.
      Komentar saya pun saya tuliskan di yusufmansur.com, berharap beliau akan mengubah sistem MLM nya, tidak seperti sekarang ini yang banyak mudharatnya.
      Sudah banyak korban yang timbul akibat MLM yang menganut skema piramida seperti VSI saat ini. Jangan sampai terulang tragedi yang sama kalau VSI tetap mempertahankan sistemnya seperti saat ini.
      Insya Allah, niat saya murni tanpa ada udang di balik MLM lainnya.
      Silahkan add di fb saya gachoan@gmail.com, jika ingin berdiskusi.

      • Lihat vsi demi untuk kemudahan, kita beli pulsa ke counter HP, dikenakan keuntungan counter lebih kurang 1500, dengan beli lewat VSI dikenakan keuntungan VSI 1000,itu pun debagi oleh VSI ke orang yang mengenalkan kita VSI (upline) kita. bayar listrik, kita haris pergi ke Bank, atau ke kantor POS, klo ke Bank kita dikenai biaya admin min 3000, klo di POS kita dikenai Biaya Admin 2500 trus kita harus ngantri, klo ndak ada waktu terlambat kena denda, 10% dari tagihan, karena kita bergabung dengan VSI kita bisa lakukan sendiri seperti yang dilakukan kasir bank atau kasir POS, adminnya setiap transaksi pembayan 2500, yang 1000 dikembalikan lagi ke kita berupa deposit, 1500 dibagi VSI dengan upline yang memperkenalkan VSI ke kita, saya kira inisangant menguntungkan bagi kita umat muslim, yang biasa menikmati keutungan transaksi pembayaran kita pengusaha perbangkan dan lain lain yang bisanya dikuasai oleh non muslim, sekarang keuntungan dan kemudahan untuk keuntungan kita bersama lewat VSI. yang jadi persoalan adalah keserakahan, yang langsung ambil Loket banyak tapi transaksinya cuma satu loket. loket yang lain dipertanyakan untuk apa? mukin itu yang remang-remangnya. tergantung NIAT bergabung untuk apa, many game, atau kemudahan transaksi pembayaran kita…..

      • Produk (payment) OK lah, MLM OK lah, tidak masalah. Yang dipermasalahkan di sini sistem yang dianut oleh VSI BUKAN MLM, tapi menggunakan skema piramida atau skema money game. Dengan sistem di VSI ini, upline akan giat mencari member untuk mendapatkan bonus/reward. Member yang direkrut juga tidak ditempatkan di bawah member yang merekrutnya, tetapi dipasang-pasangkan di kedua kakinya, agar jaringannya berbentuk piramida mendekati sempurna (Kenapa musti piramida? Pelajari tentang money game!). Ini lah yang disebut permainannya.
        Merekrut member, bukan untuk memperbesar omset, tapi untuk mendapatkan bonus.
        VSI = Money Game => banyak mudharatnya. Pak Jefrisyam sudah menuliskan salah satunya. (Sekali lagi, pelajari tentang Money Game. Bukan untuk mengikutinya, tapi untuk mengetahui bahayanya!)

      • Wah bagus pak, Jadi cinta sesama muslim ya pak. Saling mengingatkan walaupun Ust YM sdh tenar kemana2 bukan berarti tdk punya salah. Jadi ingat ama Khalifah Abu Bakar (klo g salah soalnya lupa) yg menetapkan mahar bagi pengantin. Padahal dlm Al-Qur’an ama hadist tdk d sebutkan jumlah mahar yg hrs d bayar klo mau nikah.

      • INI yang PERLU DIGARISBAWAHI: “Kalo bisnis payment, bisnis transaksi, yg feenya ratusan trilyunan, dikuasai “kapitalis”, pribadi2 & segelintir prusahaan, qt g tereak2”. kenapa VSI yang memberi manfaat untuk banyak orang anda PROTES habis-habisan? Kenapa Anda diam saja BUMN/Perusahaan Besar/Bank/Pertambangan Indonesia sekarang banyak dikuasai oleh KAPITALIS ASING? Kenapa anda tidak buat analisa detail dan tajam soal itu? MLM mau sistem binary, trinary, matahari, dan lain-lain semua ada kekurangan dan kelebihannya. Yang penting dilihat produknya punya manfaat apa tidak buat diri sendiri. Micropayment, beli pulsa, voucher listrik bermanfaat buat diri sendiri. Saya mah tidak ambil pusing soal jaringan MLMnya yang penting manfaat buat keperluan saya sehari-hari!

      • ini c adi ga ngerti2, kayanya baca cm sepotong :

        yang dipermasalahkan disini BUKAN MLM, BUKAN PAYMENT POINT tapi SISTEM YG SKRG DIGUNAKAN VSI…

        kalau cm mau bs bayar pulsa sendiri pake Android jg dah banyak aplikasinya bro.. tgl deposit 200rb jg bs..

        org kok kadang sinis sama fee based company (pebisnis transaksi), kpd sdr/i saya sesama muslim ga perlu punya etos sinis ‘kapitalis’, ‘curang’ dll,, kenapa ga kita bikin aja sendiri bisnis fee based… pahami dulu apa itu bisnis fee based..

        anda punya kebutuhan, entrepreneur lihat peluang… dan dibuat jasa layanan dengan mengutip fee atas transaksi yang anda buat.. wajar karena entrepreneur jg mengeluarkan modal atas service yg anda gunakan itu…

        bedanya.. DISINI ANDA JADI KONSUMEN.. kalau gak mau pakai jasa itu ya silakan LANGSUNG BAYAR DI LOKET MASING2… jadi anda semua gak perlu bayar adm transaksi.. ya toh ?

        dan lagi.. APAKAH ANDA MAU, SIAP DAN MAMPU untuk jadi entrepreneur bisnis fee based ? kalau ya.. alhamdulillah..

        sentimen agama / ukhuwah itu bagus.. tapi jangan jadi blaming others… lebih baik kita lihat introspeksi apa yang bisa kt kerjakan ke depannya..

  32. Numpang mejeng Riwayat Hidup, supaya jelas bahwa tidak ada udang di balik MLM lainnya.

    Nama julukan: Gachoan
    Pekerjaan: MLM dan HYIP Watch

    Riwayat Kerja:
    1. 2011 s.d 2012:
    Membongkar praktek Koperasi Langit Biru, penipuan berkedok investasi berskema piramida.
    2. 2012 s.d 2013:
    Ikut serta dalam menyerukan dpraktek program MLM dan HYIP berskema piramida seperti Just Been Paid(JSS)/Profit Clicking, Gradasi Anak Negeri (GAN), Univest dll
    3. 2013:
    Ikut serta dalam membongkar penipuan VGMC, penipuan berkedok investasi tambang emas.
    4. Akhir 2013 s.d saat ini:
    Memberikan pencerahan adanya praktek money game berskema piramida di MLM Melia Sehat Sejahtera dan VSI

    Prestasi:
    1. Berhasil mencegah calon-calon member yang semula berniat menjadi member MLM di atas.
    2. Berhasil menyadarkan beberapa member bahwa kegiatan yang mereka ikuti adalah merupakan bagian dari kegiatan penipuan.
    3. Menjadi tempat bertanya, mengenai praktek money game berskema piramida di berbagai MLM.

    Kalau ada yang ingin berdiskusi, silahkan add fb saya gachoan@gmail.com

  33. Walaupun beliau itu ustadz populer yang sering mejeng di TV, beliau juga bisa salah. Beliau bukan nabi Muhammad yang terjaga dari kesalahan. Saya percaya bahwa ust. YM itu orang yg baik tp bukan berarti beliau tidak mungkin salah.

    Blog ini sangat bagus, penulis telah menjelaskan VSI dengan gamblang dan objektif, mungkin karena sudah berpengalaman menyelidiki bisnis MLM. Penulis tidak menyalahkan ust. YM, melainkan sistem bisnisnya.

    Saya pribadi tidak menyukai MLM karena berbagai alasan yg telah disampaikan penulis artikel ini. Saya juga berpegang teguh kepada pendapat yg menyatakan bahwa sebagian besar MLM yg ada di muka bumi ini adalah haram, sebagian besar membawa berbagai madharat yg telah disampaikan oleh Penulis artikel ini.

    Penulis artikel tidak memaksa para pembaca untuk meninggalkan VSI, jadi semua keputusan di tangan Anda. Tapi saya sangat mengapresiasi Penulis artikel ini yang telah menyempatkan waktunya untuk membahas mengenai VSI ini. Terima kasih Ga Cho An

    Jika memungkinkan, saya berharap ust. YM mau merubah sistem VSI ini ke sebuah sistem bisnis yang lebih baik lagi.

    • pendiri koperasi langit biru jg ustadz , ustadz jaya komara ,,,,,,,, yg saya tahu ustadz yusuf mansur termakan ide teman beliau yg dari malaysia , saya jg mengakui klo niat beliau baik dan insting bisnis beliau luar biasa besar tp semoga tdk menyebabkan belia ”jatuh” lg…………………………..amiiin

  34. Hadoh.. mau usaha halalan thoyiban aja koq susah ya… 🙁
    Udah deh yang pada pinter nyari member, tekunin itu MLM2.
    Yang mau bisnis real, jualan pulsa aja, atau PPOB, FastPay tuh keren super…

  35. Kali ini saya akan buka rahasia mengenai kemana penggunaan biaya pendaftaran sebesar Rp.275.000 tersebut? Inilah rinciannya:
    1. Untuk “sedekah” sponsor yang merekrut 50 ribu.
    2. Bersama 1 member lainnya, untuk “sedekah” bonus pasangan.
    3. Bersama 199 member lainnya, saweran “sedekah” untuk bonus HP.
    4. Bersama 999 member lainnya, saweran “sedekah” untuk memberangkatkan 1 orang upline ke Singapore.
    5. Bersama 13999 member lainnya, saweran “sedekah” untuk memberangkatkan 1 orang upline ke Eropa.
    6. Bersama 49999 member lainnya, saweran “sedekah” untuk membelikan 1 orang upline sebuah mobil keluarga.
    7. Bersama 199.999 member lainnya, saweran “sedekah” untuk membelikan 1 orang upline sebuah mobil mewah.
    8. Bersama 499.999 member lainnya, saweran “sedekah” untuk membelikan 1 orang upline sebuah rumah mewah.
    9. Bersama 1.999.999 member lainnya (=penduduk 1 kota!!), saweran “sedekah” untuk membelikan 1 orang upline sebuah villa mewah.
    10. Bersama 4.999.999 member lainnya, saweran “sedekah” untuk membelikan 1 orang upline sebuah mobil mewah.

    The Power of Sedekah ala VSI, “sedekah” member baru untuk memperkaya upline-upline nya, sembari mengharap bisa kaya dari “sedekah” yang lebih besar dari downlinenya.

  36. Setelah gue cek komen komen PRO VSI di artikel ini mata gue terbuka bahwa member VSI itu adalah NEWBIE jadi GAK TAU APA APA soal BISNIS Pulsa dan PPOB yang mereka Jalanin di VSI ust YM ini

    Kalo ente ente masih bahlul soal server pulsa n ppob ym aje gue . gue ada Master Dealer di salah satu server ppob. agar tidak kejebak bisnis mainstream ini ane saranin ente perdalam dulu deh ilmu nya
    mau cari master dealer pulsa dan ppob sendiri ? oh bisa cek aja
    https://www.google.com/search?q=master+dealer+pulsa#q=master+dealer+pulsa+dan+ppob

  37. aku pernah dengar deh, MLM itu katanya haram, karena dalam hukum jual beli kan harus ada ijab qabul, ada barang ada uang. Bener nggak? Nah, berpegang pada itu, makanya kalo ada yang nawarin MLM, aku pasti langsung nolak secara halus. Tapi kalo nawarin barangnya aja, kalo emang bagus, aku sih mau-mau aja beli. Tapi masalah ikut MLM atau tidak itu kan hak masing-masing orang. Aku bukan pada kapasitasnya untuk nasehatin masalah beginian 😀

    • MLM itu kan konsep awalnya adalah menghilangkan biaya distribusi dan marketing.. yang diberikan kepada ‘agen/distributor’ sebagai ganti biaya2 tersebut.. adapun bonus yang diberikan HARUS BERASAL DARI OMSET PENJUALAN PRODUK.. bonusnya terbagi dua.. bonus penjualan pribadi dan penjualan ‘berjamaah’ alias group… jadi kalau value barang / uang pendaftaran tidak sebanding nilainya patut dicurigai.. apalagi kalau menekankan hanya mengembangkan jaringan tanpa mengejar omset… simplenya.. ini cara dagang memotong mata rantai distribusi dan marketing

  38. awalnya yang saya tau klw bisnis ini dijalankan hanya untuk kemudahan diri sendiri sih. mulai dari pembayaran ini dan itu makanya ikutan. lagipula dari dulu saya emang gk pernah tau sistem MLM krn emang gk pernah mau ikutan ditambah lagi saya paling males ngerayu org utk ikut jd member kita. tp bagi yg udah trlanjur masuk mau gmna? ya sudah jalani aja dlu. atau gunakan fasilitas ini utk niat awal yaitu mempermudah pembayaran diri sendiri dan orang lain. kalau uang pendaftaran udh kembali, mungkin sebaiknya gk usah di terusin lg buat nyari sponsor. tp klau ada solusi lain buat yg udah trlanjur masuk, bisa di share ke kami… thanx… 🙂

  39. kebetulan mas q ikut ECMC, diawal emang kelihatan “WAH” karena diawal sudah dikasih emas batangan cuma 1gram (iming2) setelah 1 bulan, saldo berubah jadi 0 (member lain yg join ditanggal yg sama juga 0). habis deh duit 11jt untuk 1 gram emas. setelah di kontak lagi, uplinnya bilang “SALDO saya juga 0 mas” (tapi g pernah ditunjukin screenshoot nya)

    PAAALLSSSUUUUU…

  40. Orang Ikhlas Adalah Yang Senang Dinasehati

    Orang yang mengharapkan wajah Allah tidak takut dikritik kesalahannya dalam berkata dan tidak khawatir ditunjukkan kebatilan perkataannya, bahkan ia menyintai kebenaran darimanapun datangnya dan menerima petunjuk (huda) dari orang yang memberinya petunjuk.

    Kekerasan dalam kebenaran dan nasehat lebih ia cintai dari bermanis muka atas perkataan buruk.

    Temanmu adalah yang meluruskanmu secara jujur, bukan yang selalu membenarkanmu.

    (Al-Awaashim walQawaashim, karya Ibnul Wazir 1/223)

    #say_no_to_taklid_buta

  41. wah… gan…FAstabikhul qairot…
    awalnya saya juga tertarik untuk daftar, karena PPOB nya,, setelah di itung2, harganya lho,ga kompetitif buat di jual… yakin dech!
    yang ga percaya bisa email aku!

  42. alhamdulillah sy senang byk mindsetnya yg sama dgn saya..mau org terkenal bahkan gelar ustad pun klo sistem bisnisnya lebih byk mudharat sebaiknya katakan tidak.

  43. Knapa bisnis ini menarik di indonesia? Krn orang2 indonesia ingin kaya dgn cepat, dan gampang diperdaya oleh penokohan yg mereka anggap hebat

  44. Wuih rame banget nih…
    Saya nambahin aja deh. Begini ya saudara2 yg pro dan kontra apakah VSI money game atau bukan?
    Paling mudah adalah ditanyakan saja tentang legalitas VSI. Apakah sudah terdaftar di APLI (asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) yakninsebuah asosiasi yg membawahi semua MLM yg beredar di Indonesia agar berada pada koridor yg benar dan tidak merugikan member2nya. Jika gak teerdaftar ya mungkin bisa jadi TERINDIKASI (bukan memvonis loh ya) MLM itu memakai MLM ilegal (money game salah satu kriteria yg ilegal).

    Mgkn nanti akan ada statemen bahwa itu g perlu, ribet, belum launching, sudah mengajukan daftar anggota tapi gak keluar anggotanya, dll. Ya itu hanya alasan pengelola. Krn pada dasarnya jika MLM itu MLM yg baik (halal dan thoyyib) maka harus mendaftarkan ke APLI ini. Ini dlm rangka melindungi para MEMBER nya loh ya. Bukan mengada2.

    Tapi jika melihat system yg dipunyai.VSI, akan sulit keluar keanggotaannya. Silahkan lihat link.berikut yg saya kutip dari website APLI

    http://apli.or.id/website/index.php?option=com_content&view=article&id=130&Itemid=60

    Link itu berisi tentang beda direct selling dengan sistem piramida (matriks) yg dekat dengan money game.

    Semoga bisa jadi pertimbangan buat member VSI dan yg kontra VSI supaya juga punya bahan penolakan jika diajak gabung dengan alasan yg jelas dan ada datanya.

    wassalam

  45. Banyak yg TDK tau , owner VSI sebenarnya bkn UST YM, tapi Mr F pemilik DBS. UST YM TDK ada bedanya spt AaGym di seri DBS pertama, VSI lanjutan DBS seri 2.mdh2an tdk bernasib sama dg DBS

      • masbro jogja @setuju banget ama mas broo..tapi aku juga mau nambahi klo seandainya tu rekenink bank atas nama perusahaan ya masih agak percaya tapi masalahnya itukan nama rekenink bank nya atas nama pribadi (YM),jadi agak ragu apakah bisnis vsi bisa bertahan lama atau tidak?dan ada indikasi maaf bukanya memfonis scam(agak kasar), tapi saya rubah sedekah,UYM kan terkenal dengan sedekahnya jadi nanti jika ada ngadatnya ya siap2 aja para member vsi untuk sedekah..kalo sdekah kan gak merugikan…jadi suatu saat nanti anda akan sedkah tapientah kapan itu terjadi…

  46. Saya bergabung di VSI selama 2 Bulan alhamdulillah ga merasa di rugikan enjoy aja banyak pulsa bisa bayar listrik pribadi dari bonus,cuman daftar 275 kerjanya nyata,pokonya jangan menjelekan orang sebelum benar kita sendiri semoga berkah amiin lanjut VSI

  47. kudet banget sih si kalem ini
    udah dari jaman jebot tahun 2000an MLM ITU PASTI BANGRKUT ! pasti yang populer dengan cepat itu BANGKRUT belum ada MLM langsung populer bertahan 2-10 tahun !

  48. Mantab deh ini blog “saya suka”
    dalam memilih satu bisnis networking kita harus perhatikan HALAL VS HARAM bukan Untung VS Rugi atau Gampang VS Susahnya.. Mana ada bisnis yang gak kerja dapat uang,.. betul sekali hanya untuk orang-orang yang MALAS saja!!
    Bisnis Networking yang bener2 bisnis ya bisnis ane gan… hehe Alhamdulillah di jalan yang benar.. mau diskusi add fb ane gan : dokter_ahmad@yahoo.co.id

  49. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
    “Tinggalkan apa yang membuatmu ragu, kerjakan apa yang tidak membuatmu ragu. ”
    (HR. An- Nasa’i dan At-Tirmidzi, ia berkata: hadits hasan shahih)

  50. Selama ada perekrutan member, bonus serta sistem hirarki. Saya masih percaya bahwa mlm adalah transaksi yang tidak dibenarkan syariat.

  51. Saya member dari banyak PPOB, termasuk yang paling baru mencoba Vpay (VSI yang diulas di artikel ini) -asal tahu ada PT VSI lain yg lebih dulu bergerak di bisnis pembayaran dg.merk Amanah-. Dari sekian banyak PPOB itu jika ingin serius menekuni bisnis ini yg paling saya rekomendasikan ciee.. adalah Fastpay. Cek Fastpay web id

  52. Saya koq melihat ust. YM bukan sebagai aktor intelektual untuk perkara ini. Karena orang-orang yang membuat VSI ini menjadikan ustadz YM sebagai tameng agar bisnisnya cepat berkembang. Wallahua’lam….

  53. itulah kekuatan yusuf mansur.. pada akhirnya org yang join dan tidak menghasilkan apa yg diharapkan bisa berkata: yaahhh..minimal bisa ane pake sendiri softwarenya
    trs menganggap itu sedekah karena yang narik sedekah pak ustad

  54. kita berpikir logika aja..
    kalo emang itu mumpuni dimana reward hingga “milyaran”.. kenapa masih rame yg namanya caleg ato capres… mereka lebih ber-UANG ketimbang duit receh yg kalian punya.. hingga harga platinum, sebesar berapa harga itu dimata para sang caleg dan capres dari pada mereka buat event2 untuk menark simpati rakyat??????
    berpikir yaaaa…. dari pada bingung2… ambil contoh kecil ini ja… okee…

  55. Ane pernah dipresentasi oleh orang yg ngaku yg bikin konsep Marketing Plan nya… 1. Menurut ceritanya, dia org yg ada di urutan atas dari skema binarinya, dengan taroh satu nama pake 8 titik anaknya 8 titik, istrinya 8 titik.. (?) lha koq bisa yg bikin aturan bermain juga sebagai pemain? apalagi yang diatas semua keluarganya, alasannya nggak masalah, boleh-boleh aja nggak ada aturan VSI yg larang… (????)
    2. Trus ternyata ada salah seorang pendirinya skrg sdh mengindurkan diri…??? Lha kalau menguntungkan kenapa tuh pendiri mengundurkan diri… pasti dia tidak setuju dengan konsep ponzi (money game) yang dipake
    3. Katanya juga dia dulu Top leader dari DBS… Pas ane tanya jangan2 VSI adalah DBS yang ganti baju aja memanfaatkan nama besar Ust. YM… Eeehhh dia nggak bisa jawab cuma cengengesan
    4. Makanya Islam ngelarang umatnya mengkultuskan seseorang, sampe Nabi aja nggak boleh digambar..!!!
    5. Menurut fatwa MUI, money game itu HARAM!!!!! dan ciri2nya : (cari di webnya MUI..)
    a. Merekrut mendapatkan bonus dari member baru
    b. Uang Pendaftaran tidak signifikan dengan apa yg didapat (buku, obat dll) yg harganya tidak sesuai atao nggak bermanfaat (Penipuan)
    c. Kayaknya Ust YM bukan orang yg kompeten di bisnis networking, tapi dimanfaatin oleh maling-maling disekitarnya, nanti kalo bermasalah dia cabut kayak DBS
    d. Hayuuuk kita lebih cerdas lagi memandangnya, ini BUKAN MLM tapi MONEY GAME (Cari tahu di web nya MUI… Pendapat kumpulan Ulama lebih afdol darpada satu Ustadz?ijma )

    Maaf sekedar berbagi saja…

    • sama gan sy jg member vsi, setelah membaca dan mendalami perbedaan money game dan mlm, saya menyimpulkan klu vsi termasuk money game.. Wallahua’alam. sy memutuskan untuk tidak mengajak orang lagi gan, sy niatkan aja bener2 untuk transaksi kebutuhan pribadi secara niat awal sy gabung VSI jg itu untuk mempermudah transaksi harian/bulanan sy dan keluarga.

  56. apa benar vsi ini miliknya YM,atau cuma beliau sebagai tokohnya saja,katanya loanching dulu desember berubah januari sekarang ada lagi yag bilang februari

    • bener gan.. kurang ajar tuh orang.. bikin2 situs buat ngarahin ke MMM… konyol banget MMM itu.. yang nentuin kurs bukan bidang investasinya.. tapi si Mavrodi sendiri seenak udelnya

  57. Ayo Ustadz YM, ganti sistemnya. Biar berkah. Buat sedekah, Bagi aja. Smua maksudnya. Jangan segini buat ini, segini buat itu.

  58. Trima kasih buat yg nulis blog ini, smoga bermanfaat dan bisa menghindarkan umat dari perdagangan yg tdk syar’i. kita sebagai umat hanya mencari keridloan Alloh SWT saja untuk dapat firdaus. Amin

  59. assalamu’alaikum wr wb..,
    utk sahabat-sahabat semua yg sdh gabung vsi,
    MLM adalah hal yang baru dalam kegiatan jual beli, sistem ini adalah murni buatan manusia itu artinya sistem ini bisa adil & tidak adil..,bisa halal & bisa haram, bisa benar & bisa bohong. utk mengetahui semua itu harus didasari dengan pemahaman ilmu yg mendalam dalam hal ini adalah fiqh muamalah. yg ingin saya tanyakan pada member vsi :
    1. tahukan kalian siapa yg membuat marketing plan di vsi?
    2. apakah pembuatanya melibatkan pakar ekonomi syariah?
    kalo sahabat2 belum tahu, tolong tanyakan pihak managemennya..,

    wassalamu’alaikum wr. wb…

  60. Gitu aja kok repooott……mau gabung monggo….ngak mau gabung ya sudah…..yang pasti VSI bukan MLM biasa dan bukan money game. Coba perhatikan lagi ya….

  61. indonesia ladang subur buat korupsi. jadi ya pantas aja, berbagai macam cara dilakukan, untuk mendapatkan uang sambil ungkang-ungkang. apalagi pake segala bawa nama ISLAM. YUK ISTIGHFAR kembali kejalan yang benar. Ajaran Nabi Muhammad SAW. cari uang yang jelas halalnya,

  62. Dapat gak dapat member ane tetap ikut gabung bro, Isi artikelnya terlalu mengada2. Banyak manfaatnya di VSI, gak dapat memberpun gak rugi kok.
    Kedepannya hampir semua pembayaran bisa dilakukan di VSI, gak perlu buang energi, buang waktu.
    Ane terus berdoa, semoga Allah mewujudkan cita2 UYM, Mulia banget cita2 nya.
    Insya Allah tercapai 10 jt komunitas, (setiap harinya ada 4000-5000 org join di VSI ente bisa cek statistiknya di Web resminya), biar ente2 pada tahu apa tujuan UYM.

    Persaingan yang tidak sehat terjadi dimana2, termasuk di bisnis pembayaran ini.
    kapitalis mana yg gak takut trilyunan duitnya bakal lari ke VSI, jadi cegahlah dgn segala cara, termasuk dgan fitnah, menyebar isu2 yg tidak benar.

    Buat ente yg ikut2an mencela, tapi blum begitu faham dgn VSI, saya saranin pelajari dulu bro baik2, jgan terbawa arus karena ente udah pernah di kecewain oleh MLM2 sebelumnya.

    Bersatulah Indonesia, biar maju negeri kita.

  63. bung andy ini mulai keluar deh cocoklogi nya. tipikal orang ber iq “2d” (dua digit)
    dikit dikit yahudi. emang napa yahudi ? sirik amat sama yahudi
    dan tipikal muslim “2d” di indonesia itu tidak moderat. ngomongin bisnis malah larinya ke agama dan bawa2 nama musuh abadi agamanya

    sudahlah kalau gachoan salah bilang aja salah dia apa kok malah bawa yahudi ?

    • betul. saya pun mendaftar vsi dgn niatan mendapatkan fasilitas pembayaran yg mudah. alhamdulillah sy tidak dirugikan. apakah yg kontra disini sudah pada pakai vsi?

  64. Money game dan MLM jelas beda… cuman masalahnya banyak money game yang berkedok MLM jadi kasian tuh MLM jadi kambing hitam. Aku tidak anti MLM tapi jelas anti MG. Bener tuh komentar yg diatas sono… MLM yang terdaftar sebagai APLI insya Allah beneran. ikut MLM bisa jalankan bisnisnya secara konvensional, mau ikut systemnya juga ok… maksudnya mau cari downline dll dll. Namun cari MLM yang tidak memberikan bonus berdasarkan perekrutan. MLM yang tergabung dalam APLI dan tidak memberikan bonus berdasarkan perekrutan dijamin aman. Tapi kembali lagi pada si pelaku, MLMnya udah bener pelakunya (membernya) dalam mencari/ merekrut downline atau belanja tidak menjalankan sytemnya bisa jadi bahaya. Kenapa? Dengan modal (punya duit gede) calon downline yg di”anggap” prospek dibiayai pake duit sendiri… terus dwnln dibelanjaain biar bisa tutup poin ngarep dapat bonus. Dijamin yang kayak gini gak bakalan lama. Pondasi harus kuat… nggak instan. Buntutnya “member” ini akan berkoar koar kalo udah kena tipu MLM ini dan itu.
    MLM yang murni insya Allah bener… tinggal selektif aja kalo mau ikut. lihat trackrcrd dan systemnya. Penghasilannya juga proporsional. Petinggi dan pendiri belum bisa menjamin kebonafidan sebuah MLM.
    Mau ikut MLM? silahkan… tapi ingat pesenku. Bila anda mendapat bonus dari perekrutan (mendapat downline dapat bonus) segera tinggalkan. itu warning pertama.

    Beberapa kriteria MLM
    MLM Hitam = Money Game asli tapi berkedok MLM
    MLM Abu abu = MLM (ada jg yg terdaftar sbg APLI), biasanya produknya tunggal atau sedikit sekali jenis produknya, Systemnya Binary. Tidak bertahan lama, setelah tenggelam akan muncul lagi dengan bendera baru dan produk baru pula… hati hati
    MLM Murni = Benar2 MLM, Anggota APLI, Produknya banyak, tidak menggunakan sistem Binary, tidak memberikan bonus perkrutan, ada sistem pendidikannya.

    Yang anti MLM jangan benci membabi buta
    Yang Pro MLM jangan menganggap MLMnya yang paling benar, jangan menjelekkan sesama MLM yang lain.

  65. mas Ga cho an anda kan pengalaman atau tahu banyak ttg bisnis MLM.
    saya mau tanya untuk MLM yang menurut mas Ga cho an itu benar dan sesuai standar bisnis ( izin, legalitas, adil dan proporsional dalam bonusnya) di Indonesia ini apakah ada MLM seperti itu? Kalau ada MLM apa?kalau ada saya pengen ikut. makasih

    • MLM yg jelas itu yg ada sertifikat APLI nya (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) monggo di search. kalo ada suruh merekrut pun, kita yg dpet rekrutan ga akan dpet bonus , kecuali udh kita didik, udh kita ajari. sehat bukan?

  66. pro kontra itu sdh biasa, tetapi sbnernya masing2 bertujuan sama2 baik, hanya saja memang tdk ada salahnya membagikan apa yg sdh qt fahami ke org lain dg tujuan yg baik pula. kalo saya alhmdlh sdh berada di kendaraan yg tepat menurut sy, di MLM murni (true MLM) berbasis syari’ah pula dan alhmdlh sampai saat ini bertahan 11 th menjadi perusahaan MLM terbaik di Indonesia, sudah tercipta 400 org lbih yg sukses, memungkinkan mmberikan ksempatan pula pada para downline nya krna sangat dahsyat support sistemnya sehingga memungkinkan org lain bisa mjd sukses pula, juga memiliki marketing plan yg syari’ah (konsep bagi hasil yg adil) dan produk2 yg dijual sgt berkualitas plus masuk akal. Maaf, tanpa menjelekkan produk lain, dan sengaja nampang biar sedikit mmberikan pencerahan pada teman2 dan sodara2 bahwa qt patut bangga bahwa dari sekian byk MLM maupun Money game yg berkedok MLM di Indonesia, ternyata di Indonesia masih ada MLM murni yg bs qt jadikan kendaraan berbisnis utk mewujudkan impian2 qt dan menyiapkan masa depan qt bahkan Indonesia. kunjungi http://www.k-linkzahragroup.com

  67. Cuma di Indonesia bisnis-bisnis sampah… dengan jargon Manusia Makan Manusia macam VSI bisa berkembang, sebelum hancur VSI.. para pengikut aliran sesat macam ini akan tetep tutup mata, tutup telinga, yg penting bonus bonus downline downline udah #kaye vampire.

  68. Ulasan di atas menarik dan masuk akal, however, kembali lagi; bisnis adalah suatu perjanjian kedua pihak yg plus dan minusnya diketahui secara bersama o/ phak2 terkait. Jika tdk berminat pada bisnis dgn sistem mlm, then leave it. Dan, berbisnislah dgn merintis usaha permodalan sndiri dan trsksi jual beli yg jelas pd umumnya. Jangankan MLM, sistem waralaba juga banyak ruginya. Kembali lagi pada pelaku bisnis atau usaha itu sendiri. Pada dasarnya, bisnis mjdi haram, jika dlm ijab nya tdpata bnyak hal yg ditutupi. Akan tetapi, jika dibuka dgn jelas dan msg2 pelaku tau konsekuensi yg terjai lalu terjadi ikhlas dan sepakat di dalamnya, ya maka sah2 saja, dlm artian tdk ada unsur penipuan atau haram. Ini hemat saya loh ya..dan menurut pnglaman sy berwirausaha. Yg sy syangkan, tanpa membela pihak manapun, hendaknya suatu opini atau komentar, diberikan secara objektif dan bijaksana. Sesuatu yg benar smpai kapan pun akan tetap benar, dan sesuatu yg salah, cepat atau lambat akan pupus dgn sndirinya. Hehehe.. Santai aja.. Suka dgn vsi, jalankan. Tidak suka, ya tnggalkan! Smw bisnis ada knsekuensinya. Khawtirnya begini, ktika kita sdh meng-claim sesuatu itu buruk, tnyata sesuatu itu Allah anggap benar, kan gawat juga tuh! Ibdah kita jdi berkurang pahalanya… Tmbulnya adalah opini2 dan prasangka2… Yuk akh, sesama muslim, saling mengingatkan dgn bijak dan tetap sesuai dgn aturan Islam. Semangaaat!! Dan mari berwirausaha! 😉

  69. ane juga mau komen ya… boleh ya…
    yang ane heran kalau kita mau setor deposit, harus mencantumkan 3 digit id terakhir,.. misa 1234567 nah misalnya setor Rp.100.000 = Rp.100.567….
    jika digit 567 x 268.000 member… = berapa ya…?
    kemana kah uang segede ituuuuuu….??????
    sedekaaaaah ajeeeee kaliii….
    hehehe untung ane gak minat….

    • Mas Aldo yth kalau setor untuk deposit Rp.100.567 maka deposit yang kembali kekita juga akan sebesar itu Rp. 100.567. tidak satu sen pun diambil. terimakasih untuk sekedar info aja.

  70. memang asli money game.
    dalam bisnis jualbeli murni , uang = barang
    ga ada bonus rekruitmen atau pasangan.
    SECARA LOGIKA BILA ADA 100 ORANG YANG MENDAFTAR DAN UANG DARI 100 ORANG ITU DI DEPOSITKAN DI BANK / DIBIKIN TRADING FOREK MAKA SAMA SAJA DENGAN KEUNTUNGAN VSI SENDIRI, DAN ANDA AKAN MENDAPAT KARTU MEMBER SAJA SEHINGGA PELAKU BISNIS VSI BERAMBISI MENGGAET MEMBER BARU , MAKA TIMBUL BISNIS BERANTAI.

  71. sebenarnya mungkin utk transaksi pembelian pulsanya sama ma yg lain. tpi cara depositnya sedikit ribet. pake acara sms konfirmasi. coba klo kaya di pulsa syariah (hummm lupa nama web nya) deposit pake sistem tiket duank, jadi ga pake sms konfirmasi lagi. mana klo sms konfirmasinya salah format, transaksi depositnya jadi lambat.

  72. Dari pada maki maki yang gak jelas, padahal sudah ada beberapa tulisan dari yang Pro maupun Kontra thd VSI Ust. Yusuf Mansur ini, tapi masih pada rame aja (kalo sepi bukan dunia kali). Cobalah gunakan akal sehat, ilmu dan niat yang ikhlas disertai dengan sabar, Insya Allah ada solusinya……he…he (kayak ustad ajeee)

  73. masbro jogja @setuju banget ama mas broo..tapi aku juga mau nambahi klo seandainya tu rekenink bank atas nama perusahaan ya masih agak percaya tapi masalahnya itukan nama rekenink bank nya atas nama pribadi (YM),jadi agak ragu apakah bisnis vsi bisa bertahan lama atau tidak?dan ada indikasi maaf bukanya memfonis scam(agak kasar), tapi saya rubah sedekah,UYM kan terkenal dengan sedekahnya jadi nanti jika ada ngadatnya ya siap2 aja para member vsi untuk sedekah..kalo sdekah kan gak merugikan…jadi suatu saat nanti anda akan sedkah tapientah kapan itu terjadi…

  74. saya kagum
    ustadz YM HEBAT, mencerdaskan JIWA,
    menjernihkan HATI, menuju ridho ilahi,
    cuma Vsi soal lain MLM, kok bisa YM ber MLM????
    heran saya, tapi memang BETULL, meski demikian bukan berarti YM sdh terjerumus dan SESAT!!!
    krn cuma Rasulullah yg MAKSUM,
    tdk ada salahnya

  75. pro kontra itu sdh biasa, tetapi sbnernya masing2 bertujuan sama2 baik, hanya saja memang tdk ada salahnya membagikan apa yg sdh qt fahami ke org lain dg tujuan yg baik pula. kalo saya alhmdlh sdh berada di kendaraan yg tepat menurut sy, di MLM murni (true MLM) berbasis syari’ah pula dan alhmdlh sampai saat ini bertahan 11 th menjadi perusahaan MLM terbaik di Indonesia, sudah tercipta 400 org lbih yg sukses, memungkinkan mmberikan ksempatan pula pada para downline nya krna sangat dahsyat support sistemnya sehingga memungkinkan org lain bisa mjd sukses pula, juga memiliki marketing plan yg syari’ah (konsep bagi hasil yg adil) dan produk2 yg dijual sgt berkualitas plus masuk akal. Maaf, tanpa menjelekkan produk lain, dan sengaja nampang biar sedikit mmberikan pencerahan pada teman2 dan sodara2 bahwa qt patut bangga bahwa dari sekian byk MLM maupun Money game yg berkedok MLM di Indonesia, ternyata di Indonesia masih ada MLM murni yg bs qt jadikan kendaraan berbisnis utk mewujudkan impian2 qt dan menyiapkan masa depan qt bahkan Indonesia. kunjungi http://www.k-linkzahragroup.com

  76. 3 jempol sama ulasan kritis gini yg akhirnya membangun untuk VSI untuk lebih baik, untuk syar’i dan halal Sedang diurus ke dewan syariah dan Doakan saja insyaallah segera keluar label halal dari dewan syariah MUI,perijininan sbg branchles banking jugasedang diurus di BI, izin APLI dll on process, komplain tentang izin ke OJK diikutin juga. Jadi Coba dibuka lagi deh web resmi VSI dan dilihat seksama nggak nemu tuh model skema MLM bulet2 member get member dll. Just info AM.Fatwa, pakar SEO Ali akbar sudah bergabung di VSI dan kalau cek lebih dalam nggak main deh model MLM jadul yg ada visi misinya beli ulang indonesia dengan sistem jaringan dan dengan mitra yg sudah bergabung insyaallah setiap mitra bisa urunan saham, bisa jadi owner, pesen ustad wols nggak perlu koar2, bismillah ditampung komplainnya and ntar kejawab semua komplain dan sarannya, masih mau jadi penonton & nunggu gabung monggo mau info lebih jelas call me : 088988001961 pin BB : 324B3EBB

  77. Indonesia akan sulit untuk maju jika rakyatnya terlalu banyak analisa,terlalu banyak “suudzonisasi”, sekarang biarkan pasar yang memilih produk mana yang akan mereka beli/pakai..terlepas itu MLM atau konvensional,,toh selama lebih dari satu dekade MLM tetap jadi primadona pasar Indonesia..selama untuk kemajuan bangsa Lets say ‘YES’>>>

  78. Astaghfirullah, saya baru sadar tentang hal ini setelah membaca update yang berisikan saldo member. Saya juga seorang member dari VSI, tujuan saya awalnya adalah dagang pulsa dengan tambahan pemasukan jika saya membentuk group dan membina group tersebut. Tujuan Ustadz juga baik supaya ada kegiatan gotong royong dan saling ada tolong menolong sesama member di groupnya, tetapi kenyataannya di lapangan, member seperti mencari ‘mangsa’ hanya ‘mengembangkan’ group tanpa memperdulikan bisnis utama yaitu dagang pulsa, karena apa? karena pendapatan bonus dari ‘pengembangan’ jaringan lebih luar biasa dari sekedar dagang pulsa saja, dan setelah jadi member upline menghilang begitu saja, seperti upline saya skr ini.Kalau sudah begini apa bedanya dengan Money Game? ingat kalau anda sebagai uplinenya anda punya tanggung jawab untuk memberikan semangat, pelatihan, bimbingan dan lain sebagainya kepada para downline, kenyataan di lapangan ?…..
    Terimakasih admin atas penjelasannya dari sudut pandang lain.

  79. 275ribu untuk apa?, untuk beli aplikasinya!?, apa iya harga aplikasi android semahal itu?!!. Jual beli kalao menjualnya diatas harga normal itu disebut dalam Islam riba fadl.

    kamu bis abuat aplikasi android ?
    kelihatan bodohnya tulisan itu.

    apa iya harga aplikasi android semahal itu?!!.
    hemmmmm demi Allah ini kelihatan bodohnya.

    aplikasi itu tersambung dg sistemdan hanya orang-orang yg punya keahlian itu mamapu mencipatakannya.

    bagaimana menintegrasikan dari berbgai sistem.

  80. Setuju dgn kesimpulan tulisan anda, tp Mohon koreksi tulisan anda mengenai riba fadhl, krn menjual diatas harga normal itu bukan masalah dalam Islam. Karena riba fadhl adalah penambahan nilai, bukan menjual diatas harga.

  81. aku udah pengalaman MLM dimana-mana….
    semuanya busuk… mendingan jualan yg jelas-jelas aja.
    haruse ijin ke MUI dan kehalalanya di jelakan dahulu, jangan langsung action, lha kalo gak dapet ijin, terus yg udah terlanjur daftar gimana????? Ikhlash… 🙁

    Terus bisnis kaya gini bikin orang malas, abis jd member, langsung bermalas-malas, berharap dapat uang/pensiunan… Mikir bro….

    bukan ini merendahkan bisnis syariah, liat aja bank/koperasi syariah aja juga banyak yg lebih riba dari bank konvensional… kontrolnya mana…
    jangan2 hanya lagi booming syariah.. terus apa-apa di labeli syariah, terus orang langsung percaya..

  82. gan ane minta izin mau nge post isi blog ini ke kaskus boleh ga gan…

    ane mau share biar makin banyak orang yang “ngerti” ttg VSI ini

  83. ikut nimbrung,
    secara pribadi saya menyayangkan kenapa beliau secara terang-terangan mendukung MLM semacam VSI ini. kalau memang mlm ini unggul, kenapa secara hal dasar saja masih kalah degan bisnis serupa, sebut casa ireload? ireload daftarnya gratis, bisa buat bisnis juga kalau ada tetangga/temen kantor mau belanja pulsa.
    Dan bandingkan, harga pulsa antara VSi dan ireload, bedanya parahhhh
    harga pulsa vsi :
    http://klikvsi.com/hargavpay/
    harga di ireload
    http://www.icg.co.id/pulsa/?prm=price&id=3
    semoga ustad ym bisa berfikir dengan logis, bahwa belajar dan melakukan bisnis bukanlah nyari downline.

  84. PENGALAMAN sebelum ikut VSI ane adalah penjual herbal dan pulsa..
    lalu saya tertarik dengan iklan VSI yg kebetulan didalamnya ada herbal yaitu habbspro dan pulsa plus di imingi harga pulsa yg lebih murah..
    namun……setelah ana daftar ane di kejutkan dengan kekecewaan yang sangat sangat,,kenapa???
    coba saja bandingkan,habbatusauda biasa ane jualan tuh daru 20.000 ampe paling mahl 50.000,eeeeh di VSI ada habbatusauda harganya 200ribuan dengan jumlah sama..
    pulsa,,ane biasa dapet dr agen tu paling mahal contoh yg 5rbu jd 55rbu,vsi kok 5900,sedangkan ane jual udh biasa 6rb..kalau lbh dr 6rb,,lari lah konsumen k counter laen,,kalau udh pde lari ya bangkrut..
    adil tak ya?
    hasilnya uangdaftar 275 ntah kemana
    jualan pulsa dan habbspro tak jadi krn pde mahal,lemesss dweeh
    haduuuuh … 🙁

    • Bro kita sama2 orang indonesia g usah saling menghina apalagi Ngenyek,, lebih baik kita intropeksi biar hidup kita berkah.. kalo g suka yah.. kagak usah ikut…. dari pada NT darah tinggi…. lagian VSI juga di kelola manusia biasa yang pasti tak lepas dari kesalahan… iya kalo yang mengelolah malaikan pasti g akan salah.. makanya mari kita jaga kerukunan biar tambah berkah.. kalo NT g suka VSI ini tak kasih solusi usaha sampingan lain yang tak jamin halal 1000 % ini linknya http://www.formulabisnis.com/?id=rizbat

  85. TERNYATA VSI BUKAN MLM;VSI ADALAH MPS VSI sebagai Branchless Banking… BI pada Mei 2013 merubah namanya menjadi Mobile Payment Services (MPS). Sebagai kegiatan layanan transaksi bank dengan kriteria sebagai berikut:

    Tanpa melalui kantor cabang bank.
    Menggunakan agen yang bekerjasama dengan bank.
    Nasabah bisa melakukan transaksi sendiri atau menggunakan agen.
    Fitur transaksi yang sederhana/basic feature.
    Layanan murah/low cost transaction.
    Ditujukan khususnya untuk segmen bawah atau unbanked.

    PRODUK VPAY adalah sarana Mobile Payment Services. Masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus ke Bank, tanpa ribet dgn persyaratan/administrasi seperti bank2 yg lakukan sekarang ini. Agar masyarakat yg belum terjangkau/tersentuh perbankan bisa melalui VPAY. Cukup menggunakan HP masing2. Kenapa VPAY butuh kerja sama dengan bank (BRI Syariah)? Agar dana masyarakat itu tersimpan dengan aman dan ada jaminannya….dan keuntungan bagi MITRA VSI adalah setiap transaksi yg mereka lakukan akan mendapatkan CASHBACK. Harusnya keuntungan VPAY punya Ust Yusuf Mansur sendiri. Mitra VSI hanya sbg pengguna fasilitas saja (nasabah). Tapi karena sistem rekrutnya jaringan makanya keuntunganya dibagi. Sehingga mitra VSI bukan hanya pengguna tapi juga sebagai pelaku usaha (pengusaha).Inilah misi Ust. Yusuf Mansur dgn VSI.Lebih jelas lg apa sih branchless banking? Silakan search sendiri di google…#Makanya kenapa VSI tidak memiliki Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) seperti perusahaan MLM lainnya,…tapi usaha kegiatan keuangan setara dgn bank.*keraguan Anda terhadap VSI merupakan tantangan sy mengupas lebih dalam VSI.

    XL 087806569045
    AS 085234396854
    PIN BBM 74A6CB73
    http://www.klikvsi.com/?ref=VP24547

    • ngakak :mrgreen:
      1. emang BI pernah punya aturan bank tanpa kantor (branchless banking)?
      2. Klo emang MPS mobile payment diawasi oleh BI, terus nomer registrasi VSI di BI berapa?
      semakin nglanturr, VSI mulai kolaps transaksinya ya??
      3. Kerjasama dengan BRI-Syariah cuma nyetak gambar UYM di kartu, saya pake kartu kredit pake poto sendiri juga bisa??
      4. Cek lagi biaya daftar VSI di transfer kemana? ke BRI-Sy doang atau ke bank lain?

  86. Yusuf Mansur oh Yusuf Mansur…dgn slogan Ustadznya, bny menarik simpati untuk gabung, sdh bbrp bisnis sejenis yg dia jalankan…dgn berkedok “untuk kesejahteraan umat”, keajaiban sodaqoh dll…

  87. Sy sdh jd member VSI lbh dr 2 bln,sy ikt 3 HU tp sampai saat ini sy blm dpt produk…,sy jg sdh deposit 2x,tp yg pertama lenyap entah kmn..sdh sy komplain berkali2,deposit yg k2 susahnya minta ampun selalu dibalas dgn no yg berbeda2,.sy catat ad lbh dr 10 nomer…dan stlh bbrp hour deposit k2 masuk,tp bwt trx….nol besar !!

  88. YAng Namenye MLM or Money Game. Pasti Pendaftar yg terakhir deh yg dirugiin. or anggota yang ga aktif cari downline, pasti Mati……………………….

  89. DBS masih aktif bro, cek http://www.duta4future.com/ ym contact hidup smua . ni org asal nulis aje . turun bkn krn DBS, tp krena AA Gym yg dihancurkan.
    yg nulis mending nongol aja, jgn kyak syetan gak nampilin wajah. ato perlu diundang bersama yusuf mansur biar kita nilai bareng. he he

  90. aq pengen gabung MLM, mohon infonya MLM mana yg bener dan bukan money game… Aq udah semangat ingin kemabangin MLM,, krna di negara2 maju profesi MLM adlah profesi yg mahal bro… hanya info gini bikin bingung pilih MLM yg bener yg kaya apa?

  91. wah banyak yg bahas/comment gk bisa baca semuanya hehe, tapi sebenernya sederhana untuk melihat apakah skema ponzy, money games dan sejenisnya adalah dengan melihat fokus besarnya bonus yang dibagi apakah dari pendaftaran/rekrut member baru atau dari repeat order/omzet dari produknya.

  92. Sepertinya penulis keliru dalam memahami sistemnya. Terutama pada penjelasan Bonus Pengembangan, yg dijelaskan dengan Garis Hijau dan Kuning. Seharusnya yg mendapatkan garis kuning hanya up-line-nya saja. Maaf.

  93. MLM yang bagus terdaftar di APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) dan ada barang yang berkualitas bukan sekedar kamuflase, masuk persyaratan MUI.
    MLM yang benar bukan doing nothing uang masuk rekening, harus mau bina jaringan, harus ada jobdesknya, yang kerja beneran, pembagian bonus transparan, sistemnya bukan piramid (upline hanya ongkang2 nerima bonus tiap bulan dari hasil kerja keras downline… naudzubillah…)
    Gabung duluan bukan berarti terima bonus lebih banyak!
    Alhamdulillah saya sudah jatuh cinta sama MLM saya, insya Allah berkah… 🙂

  94. Awalnya saya tidak menyangka seheboh ini… tiba2 kmarin saya di undang tuk isi acara di Radio, seminar2 membongkar bisnis MoneyGames/ Bisnis Investasi Abal-abal.. yaa mungkin jelek2 saya juga pernah jadi Owner dan sedikit Pakar tentang bisnis ini.

    Saya sudah lama Tabayun sama Foundernya..
    Kita harus memisahkan atara mana bisnis dan dakwah..

    Bisnis adalah bisnis…. dakwah juga harus bersih…

    Sebenernya saya kasian ama yang Pro..
    Saya boleh di bilang Pakar soal bginian..

    Saya Kreator pertama bisnis Pulsa di Indonesia…ePulsa-eVoucher-eTronik
    Kami juga pengembang pertama sistem Member Get Member untuk bisnis semacam ini..
    Saya pernah jadi Sekjen Server Pulsa Indonesia pertama di Indonesia..

    4.. Kami juga developher dan Konsultan Software MLM >>> http://www.SolusiMLM.com
    5. kami pernah memiliki bisnis praktek2 seperti itu banyak sekali.. hanya hiden camera aja hehhehe..

    saya sudah TABAYUN langsung ama Owner dan Foundernya secara Online atau Offline dgn pihak terkait..
    saya hanya sebatas mengingatkan.. bukan ada unsur lain..

    Kalo orang lain mah peduli amat heheh 😀

    cek aja di >> https://twitter.com/search?q=yusuf_mansur%20eddyazzy&src=typd

    Chiprstory saya tentang MoneyGames :
    http://chirpstory.com/li/164891
    http://chirpstory.com/li/164892
    http://chirpstory.com/li/188103

    Modus Bisnis Abal-abal By. @JayTeroris : http://chirpstory.com/li/188058

    Saran saya mari kita kembali ke Lapak…. bisnis butuh proses…
    Atau jadilah Owner/Founder sekalian… jangan jadi pengikut… 😀

    Jujur dalam hati yang paling dalam… Anda sebenernya sedang di Tipu dan di perdaya…

    Beban anda bukan lah uang tapi reputasi anda sendiri…

    Bisnisnya Kanjeng Nabi, busuk dibilang busuk. Bukan digelapkan dengan disemprot minyak wangi supaya laku!

    Salam ukhuwah…
    @EddyAzzy
    http://www.SolusiMLM.com

  95. hellloww, kalo mau sedekah y ke badan amil zakat infaq dan sedekah. sedekah tu iklas, cuma ngarep ridho-Nya, bukan ngarep balik di-sedekah-in orang laen (downline)

      • Lulusan terbaik Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol, Jakarta Barat, tahun 1992 ini pernah berkuliah di jurusan informatika namun, berhenti tengah jalan karena lebih suka balapan motor.

        Pada tahun 1996, Ia terjun di bisnis informatika, sayang bisnisnya malah menyebabkan ia terlilit hutang dan membuatnya masuk rumah tahanan selama 2 bulan, dan hal serupa kembali terulang pada tahun 1998.

        sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Yusuf_Mansur

        sekedar masukan dan referensi aja,no attack..

          • Jika disini ada member VSI yg sdh merasa dirugikan oleh VSI, berbagi dong. kalo bisa sertakan nomer anggota VSI. VP berapa gt… biar fair….
            Anda saudaranya Obama ya? bisa tahu sedetail itu. hehe

          • saya gak perlu ghibah dan fitnah… udah langsung ama foundernya..

            “Ya Allah, saya sudah menyampaikan. Saksikanlah…!

            Bahkan kalian kalian jadi saksi kami…

            Salam….

            Mendekatlah dengan Nasihat…

            Beberapa waktu lalu saya memberi nasihat kepada orang populer. Ia sudah punya nama besar. Nasihat saya tak didengar tetapi justru ditertawakan. Saya langsung introspeksi, “Adakah nasihatku yang keliru? Adakah nasihatku yang tidak tepat?”

            Setelah saya renungkan dan endapkan, saya merasa isi nasihat saya tidak ada yang salah. Maka saya menggunakan cara yang berbeda untuk menasihati orang tersebut. Hasilnya? Nihil! Tak berhasil.

            Apakah saya merasa gagal? Saya katakan tidak. Sebab, tugas manusia adalah menyampaikan tetapi Sang Pemilik Hatilah yang berhak membolak-balik hati manusia. Saat nasihat saya tidak didengar saya hanya berkata, “Ya Allah, saya sudah menyampaikan. Saksikanlah!”

            Salah satu hal yang saya khawatirkan di dalam hidup ini adalah tak mau mendengar atau menerima nasihat. Orang tua angkat saya, Pak Houtman Z Arifin (alm), pernah berpesan, “Jamil, saat nasihat kepadamu kau anggap hujatan atau kebencian, itu pertanda hidupmu sedang menuju jurang kehancuran.”

            Nasihat yang tepat kadang datang bukan dari orang yang ternama atau punya nama besar. Nasihat juga datang tidak selalu dalam bentuk perkataan. Nasihat bisa datang dalam bentuk kejadian yang kita alami atau kita temui. Bahkan nasihat seringkali datang dari orang yang membenci kita. Oleh karena itu, bila para haters mencaci di social media, jangan terburu-buru marah karena boleh jadi kita memang benar-benar salah.

            Banyak hal yang bisa menyebabkan kita menolak nasihat yang bijak. Salah satunya karena kita merasa suci, merasa lebih baik, merasa lebih terhormat, merasa punya nama besar, merasa punya banyak ilmu, merasa punya jaringan dan lain sebagainya. Penyakit merasa inilah yang membuat kita benci bila ada nasihat menghampiri kita.

            Ternyata dalam kehidupan nyata, ada orang yang pandai memberi nasihat namun ia tak pandai menerima nasihat. Namanya terus membesar dan berkibar karena petuah dan nasihat-nasihatnya, namun sayang ia benci saat dinasihati. “Ya Allah, jangan kau jadikan kami orang yang pandai memberi nasihat namun tak gemar menerima nasihat.”

            Salam SuksesMulia!

            Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

            http://jamilazzaini.com/mendekatlah-dengan-nasihat/

          • @Teti :
            Ini dunia Internet dan data semua catatan baik dan buruk akan tersimpan tanpa bisa terhapus, karena sifatnya masive dan referal…

            jadi kalau mau ngecek detil yaa search aja…

            ingatlah orang besar itu sebenarnya bagaikan Fenomena Gunung Berapi…

            Terlihat sendiri.. tapi sebenarnya saling berhubungan.. hanya yang satu sukanya batuk2 dan yang lain suka suka dia aja… 😀

            MASA DEPAN itu adalah PILIHAN dan BUKAN KESEMPATAN

            semoga mengInspirasi…

            Salam…

          • Terima kasih atas nasehatnya. Sayangnya saya tidak mudah percaya dgn internet dan media2 lain. Dari awal forum ini kok tidak ada member resmi VSI yg komplain ya? Hampir semua yg komentar org2 yg bukan member vsi. Sprtnya ada yg aneh deh.

  96. Skrng jaman canggih. Mau bayar apa aja bisa pake mobile.banking. ane pske.BCA & MANDIRI MOBILE. Listrik, pulsa cicilan mobil dll. 275 buat id. OGAH banget kthuan buat byar listrik. Lebih jelas bonus rewardnya.

    Ini awal MODUSSSSSSS.

  97. Tulisan bagus dan sangat memahamkan… Namun, ada dua istilah yang harus dikoreksi / diluruskan.

    Maysir itu artinya judi, bukan seperti yg Anda sebutkan: “Bila enggak jelas itu bisa disebut mayssiir”

    Riba Fadl adalah komoditi riba dg komoditi riba yg sejenis dg adanya selisih, misalnya: 1 kg beras yg baik ditukar dg 1.5 kg beras yang biasa. atau 1 gr emas yg baik ditukar dg 1,2 gr emas yg buruk… bukan seperti yang Anda sebutkan: “Jual beli kalao menjualnya diatas harga normal itu disebut dalam Islam riba fadl”.

    Mungkin yg Anda maksudkan dalam konteks tersebut adalah istilah “ghobn”, yaitu: menjual barang dg harga yg jauh di atas harga pasar, dan si pembeli tidak mengetahui harga pasaran barang tersebut.

    sekian, mohon maaf, dan terima kasih, semoga bermanfaat.

    • Terima kasih masukanya
      1.Untuk maysir, semua transaksi yg tidak transparan resikonya seperti saham.
      2. Untuk riba fadl, itu qiyas tentang transaksi barang diluar nilai wajar pasaran

  98. Semua MLM sama saja. Hanya orng yg putus asa. Dan ingin cepat kaya secara mendadak. Mengkambing hitamkan downline sebagai tumbal.

    Kasihan amat ini2 orng. Selalu jd korban.
    Apalgi yg mengatasa namakan agama. Lebih kasihan lg.

  99. ane sih alhamdulillah ikut VSI…gk pernah tuh cari2 member…ada temen atau keluarga yang mau gabung, yaa silahkan…ane gk pernah maksa…udaahh…pake buat sendirii ajeeee…..ngapain dibikin ribet???
    ane sih nggak menganggap semua anggota VSI bersih….emang ada orang yang membuat VSI seolah money game….itu karena dia gk belajar….dia ikut VSI tapi gak tau VSI itu apa….yang penting cari member dapat duit…
    ane pernah ketemu member VSI yg gituan….ane nyuruh ikut kuliahnya, dia gk mau…itu tuh yang bikin VSI hancur ntar….
    ane masih percaya kok sama Ust. Yusuf Mansur…
    yang penting niat bener, proses juga bener….
    kalo ada member yang gabung, yaa diajarin gimana cara transaksi dll….jangan dapat bonus trus lari….

  100. pusing sama yang belum jelas????
    gabung PALOMA aja deh yuk!!! produknya jelas dengan brand original, system MLM murni dan sudah tergabung dengan APLI, insya Allah halal, dan sudah memenuhi syarat fatwa MUI tuh seperti yang ditulis diatas.

    MERK-MERK YANG TELAH BERGABUNG DENGAN PALOMA antara lain: SOUL, ELIZABETH, RODEO,DISNEY, RANDY, PANUCCI, EUREKE, PALAZZO, FELIGIO, OXIGEN, RIDER, EXIT, EXPAND, EDUTALK, RISTRA, MINT, SURFER GIRL, GALLOP, BATIK KARUNIA, SALT N PEPPER, SNEAKERS, CATCHER, TRANSFORMER, CLARIS, BASIC ELEMENT, COOLTECH, ONYX, RHEMATEX, WESTON, DLL.

    Kategori produk:
    Fashion bayi-dewasa, laki-laki/perempuan, asesoris, perhiasan, kosmetik dan obat-obatan, peralatan rumah tangga dari dapur sampai ruang tamu, CD/DVD pembelajaran, perlengkapan muslim/muslimah, mainan anak, dll. semua merk 100% ORIGINAL!!!

    CUKUP INVESTASIKAN MODAL ANDA Rp 50.000, anda akan dapatkan tas jinjing, kartu member, formulir pendaftaran, buku panduan, dan katalog ATAU 79.900, dapatkan tambahan LOVE GOLDY BAG cantik. KEANGGOTAAN BERLAKU SEUMUR HIDUP!!!

    Member yang terdaftar periode januari-april 2014 akan dimasukkan dalam program new member yang akan mendapatkan 3 pieces picnic set PALOMA, berupa tumbler, lunch box, dan vito box yang bisa didapatkan di 3 bulan pertama

    HUBUNGI:
    FIDYAH
    085374742112
    FACEBOOK: PALOMA RANCAK SHOPWAY
    BLOG: http://www.fhiezal.wordpress.com, atau
    http://www.palomashopwaytanahdatar.wordpress.com

  101. jika ingin berbisnis lihatlah apakah bisnis itu memiliki sertifikat APLI dan yang terpenting adalah sertifikat Syari’ah dari MUI. jika sudah bersistem syari’ah maka jangan ragu lagi dalam bisnis ini. seperti contoh K-LINK NUSANTARA 🙂

  102. Sy sdh bergabung vsi sejak 6 februari 2014. Alhamdulillah hanya dgn 275rb, skrg sdh balik modal. Sy punya warung makan, setiap hr sy melakukan transaksi berjualan pulsa hp dan pln. (Setiap transaksi pulsa, sy dpt keuntungan 500-2000)Sampai detik ini sy tidak merasa dirugikan. Bahkan untung.krn sdh ada 7 org pelanggan saya yg tertarik memiliki software pembayaran. Saya justru merasa ragu bhw vsi itu merugikan. Hehe

  103. saya member aktiv VSI sejak 6 feb 2014, dgn membeli paket basic 275 rb. awal perkenalan dgn vsi dimulai tidak sengaja membuka iklan http://www.agenvsi.net, hingga saat ini saya tidak menemukan hal2 yang merugikan. kebetulan saya mempunyai usaha warung makan. bagi saya, vsi sangat mempermudah hidup dan menguntungkan. dgn modal awal 275 rb, nyatanya saya sudah balik modal. karena saya juga berjualan pulsa dan token PLN diwarung. saya tidak terlalu paham mengenai pembagian bonus, komisi dll…. sdh 7 org pelanggan warung saya yg tertarik untuk membeli aplikasi vsi ini. dengan bantuan suami, 7 org ini sdh menjadi downline saya. jika ada pengguna VSI disini yg merasa pernah mengalami kerugian yg disebabkan oleh VSI, mohon berbagi cerita disini agar semua dapat menilai bagaimana vsi ini. terima kasih.

  104. Salam kenal. Ternyata rame juga, saya mah gak sedetil sahabat-sahabat di atas …. makasih atas infonya, tapi saya dah terlanjur gabung vsi, ternya gitu ya jadi bingung … tapi ya udahlah 275 rebu sebagian dari gaji pengawai kecil, tapi niatan saya, setiap transaksi ada cashback, ada sodakoh juga katanya … Saya gak mikirn sedekah ke upline….. Tapi saya merasa dimudahkan dan lumayan juga dari pembayaran bulanan saya, listrik + telpon + speedy + pulsa semua ada cashback meskipun gak gede2 amat, mungkin dari penghematan ini setahun dua tahun balik modal juga. saya yang udah gabung cuman bisa berdoa aja mudah2an 10 juta komunitas tercapai dan apa yang disampaikan temen saya yang ngajak saya itu bener. Saya cuman udah enjoy dengan system di VSI meskipun gak nyari orang dan gak tahu apalah itu mlm. Saya hanya merasa terbantu dengan vsi…. dan teman2 yang anti VSI juga makasih, jadi entar kalau ada penawaran kayak mlm/money game jadi ada gambaran. Salam semua yang pro VSI dan Anti VSI… Sukses untuk Anda semua.

  105. 275.000 ya ?? wkwkwkwkkkkkk……
    lebih Dari apa yg didapat.

    1.kapsul habbatussauda’
    2. transaksi cara modern. (saat INI tdk kfikir)
    3. bisa jualan: minimal untuk pribadi.
    4. Kuliah online. ilmu itu mhal lho…
    5. Bonus 2 (tapi itu g’ penting. biarin aja ngalir sendiri)
    6. banyak kenalan, dalam komunitas. alias silllatrrhmi.
    7. Dan insylh lbih bnyk lgi.

    kalau ane pribadi… seluruh msyarakat Indonesia wajib ikut. ini MLM yg bnar2 mencerdaskan bangsa.
    Nggak akan rugi. untuk kbaikan sendri jga kok. Kala ane pribadi, jgan 275rb lah, seharusnya 2jt. untuk manfaat sbsar ITU.

  106. Salam member VSI. ….>!! hehe….
    Ribut amat bicara ttg VSI. It’s Time to go V-Pay, to go SMS Transaction. sambil belajar di kuliah Online. Para pecinta ilmu pasti tidak merasa rugi. Ane yakin. monggo, yg mahasiswa/i, ibu2, bpak, bahkan siswa/i !! join us. nggak penting mandang bonus ini dan itu. itu konsep sedekah (min haitsu la yahtasib (Al_Qur’an)

    Yang jelas, jadikan handphone kita sebagai sumber transaksi apapun. nggak perlu keluar (kecuali deposit) itupun bisa pesan ke Upline. hehe…..

    Yang masih galau, monggo,….. fikirkan teknologi 1-20 tahun ke depan. awali dari sekarang menjadi generasi yang super dalam teknologi. jangan berfikir moneygame atau MLM_nya. karena itu udah tentu kesyar’i_annya (AlQur’an dan Hadits).

    yang mau koment pedas, monggo….. tak tunggu. apalagi yg akan dikritisi silakan………….

    • Buat orang² yang ingin “membeli” kembali INDONESIA…!!

      INGAT Indonesia Milik Allah SWT jadi ga perlu di”BELI” LAGI…

      JANGAN SUKA MENDALILKAN AMAL tp lebih baik MENGAMALKAN DALIL… Kalau mau SEDEKAH ya sedekah aja…

  107. Gini aja gan, gk usah mikir bonus yg macem2 buat bergabung vsi
    visinya 1:
    1. Anggap aja 275 itu sebagai izin usaha (Tk gorengan aja kena cash mw jualan dipersimpangan)
    2. 275 atau sebagai sewa tempat seumur hidup
    3. Di tiap trx ada keuntungan, yg pastikan akan mengembalikan modal anda
    4. Anda tidak mengeluarkan pengeluaran lebih lagi, (beli pulsa udah tersave 1500, trx rek tag. sdh tersave +/- 2500 /trx) Jd gk usah mikir panjang.
    Kalo 1 bln kita melakukan 10x pengisian pls kita sdh save money sebesar 15000rb + 3000 tag. listrik.
    untuk trx pribadi aja saya yakin modah anda akan kembali dari keuntung trx aja, gak usah cerita muluk bonus reward & segala macamnya.
    Note :
    – kaum2 kapitalis udah mulai ketar ketir nih ketika org2 muslim yg pintar seperti Ust. Yusuf Mansur sdh melakukan aksinya.
    – Kalo sama ust. aja ente gk percaya, trusss ama siapa lg ente mw percaya.
    ust. identitasnya jelas, kelahiran jkt, tinggal jkt, keluarga besar d jkt.
    Hal yang teramat bodoh jika org sekelas beliau, sebesar beliau hanya melakukan yang katanya bisnis money game oleh org2 tak bertanggung jawab. Coba pikir ulang, mdah2 ini trus berkembang. Biar kita usir antek2 kapitalis yang menanam saham dinegeri tercinta kita ini.
    Gak usah mimpi perubahan kalo kita tidak bersatu..

  108. Lulusan terbaik Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol, Jakarta Barat, tahun 1992 ini pernah berkuliah di jurusan informatika namun, berhenti tengah jalan karena lebih suka balapan motor.

    Pada tahun 1996, Ia terjun di bisnis informatika, sayang bisnisnya malah menyebabkan ia terlilit hutang dan membuatnya masuk rumah tahanan selama 2 bulan, dan hal serupa kembali terulang pada tahun 1998.

    sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Yusuf_Mansur

    sekedar masukan dan referensi aja,no attack..

  109. Saya juga sudah daftar atas dasar pengen dipakai sendiri, iseng-iseng saya tagih hadiahnya ke upline, jawabannya g jelas, upline juga g ada kabar, ya sudah saya anggap uang pendaftaran 275 ribu itu sedekah untuk fakir miskin

  110. saya daftar jd pengecer pulsa, bisa byr listrik, air, tv kabel, tiket gratis tis.. deposit 100 rb dah jalan, g mikir nyari bonus tetekbengek, fokus jualan, harga dasar pulsa lebih murah jg… jadi ngapain bayar buat daftar doang? La kawan saya yg member VSI aja ngisi pulsa ke saya..hehehehe (dianya fokus rekrut member, yg bonusnnya gede)
    saya salah satu pengagum YM lewat ceramah-ceramahnya, tapi sayang sekali kenapa beliau harus main MLM.. semoga Allah melindungi beliau.
    saya yakin, 95% yang gabung MLM itu karena silau sama iming2 kaya mendadak…
    dulu saya diajak gabung DBS sama kawan, cara kerjanya sama, dan dulu juga ada ustad(Aa Gym) yng gabung disitu .. sekarang masih ada ga y?

  111. makasih infornya.. menurut saya ini cukup ilmiah dan bisa jadi pijakan untuk orang2 yang mau gabung dengan bisnis MLM-nya (money game-nya) ust.Yusuf Mansur..

    jangan lihat siapa yg bawa, tapi liat apa yang dibawanya, bener ngga sesuai syari’at.. biar harta kita barakah… biar yg bawa itu ustadz.. tetep ngga ma’sum.. peluang keterperosokan ke yg haram sama aja kyk qt masih terbentang luas…

    semoga Allah mencukupkan rizki qt dari yg halal saja… jauhi hal2 yg belum jelas brooo… tinggalin aja bisnis kek gini… biar selamet dunia-akherat… peace!!!

  112. Saya secara personal berprasangka
    bahwa semangat Ustadz Yusuf
    Mansur adalah pada Vpay-nya saja.
    Namun oleh orang-orang dekatnya
    hal ini dijadikan abu-abu dengan
    memasukkan sistem binari. Mungkin
    Ustadz tidak menyadari bahwa ini
    memang Money Game. Atau mungkin
    ada informasi yang tidak sampai
    secara utuh.

    • sebnernya UYM sendiri dengan sadar dan mengetahui secara Mahfum, bahkan jauh2 hari saya pribadi sudah Tabayun.. bahkan sebelum dibuat..

      Bahkan secara pribadi kami menolak sistem dibuat oleh team kami di solusimlm.com

      Informasi sudah sangat lengkap… dari sisi keuntungan dan kerugiannya…
      bahkan saya pribadi menekankan krugiannya dan dampaknya sangat luas.. bukan berimbas secara pribadi..tp Image Umat..

      jadi sangat berbeda kalau Ownernya saya pribadi atau orang lain..

      bahkan Bang @jayteroris dan kek @jamilazzaini pun sudah tabayun secara pribadi…
      semua dikembalikan pada pribadi…antara manfaat dan mudhorotnya..

      “belajarlah dari pendahulu-pendahu kita…”
      Janji = Uang…. Visi mulia harus didukung oleh cara yang mulia juga…

      Pondasi terkokoh dalam bisnis dan kehidupan, adalah kepercayaan (TRUST)

      Wallahu A’lam Bishawab
      Salam,.. sungguh sangat #prihatin..
      https://www.facebook.com/groups/VSI.Watch

  113. Kalo YM jago bisnis dan yakin bisa mengumpulkan dana umat, kenapa ga bikin Asuransi Syariah (ga tau ada ga asuransi syariah?) , atau sekuritas syariah yg jual Reksadana Syariah.

  114. Sejak awal saya sudah tabayun…..

    Yg dikarenakan akhirnya banyak MUDHOROT dan FITNAHnya.. urusan ini akan dikembalikan kepada si Empunya…

    Semoga kita bisa introspeksi diri… bisnis boleh.. kaya boleh… malah di anjurkan….tapi kita harus mengkaji dan belajar bijak…. mana yang terbaik untuk kita dan semuaa… Masih banyak cara lain yang lebih Elegan dan ber MORAL…!!
    InsyaAllah Halal dan Thoyib…….

    saat ini kita minim panutan… apa kita mau hancur semua…

    harusnya kita malu….

    Penyakit kita ini hanya 2 BODOH dan SERAKAH…. semua akan dibutakan oleh itu..

    akhirnya Syndrome Akut akan muncul dalam diri kita…… BEJ ( Blame, Excuse, Justifications)

    salam..

  115. saya masuk vsi dengan iming iming vsi bisa all payment /melakukan semua transaksi ,ternyata sudah masuk bohong ,transaksinya sangat lambat ,trx jam 9 pagidatang jam 7 malam.terus bonus harus mencapai 150000 klo ga di pending

  116. Saya doakan agar ustad mansur sadar yah ini bisnis salah ,coba ajah pikirkan bonus ditransper minimal 150.000,downline saya ada yg 50 rb,140 rb,90 rb bonusnya semua di pending karena belum 150.000.itu baru di downline saya belum di downline yang lainnya klo dikumpulkan ni uang bisa milyar rupiah bahkan bisa triliyun,kemanain yah uangnya ? Mending klo nerusin usahanya di vsi klo ga tuh bonus mati milik siapa ,nih salah satu pola judi vsi,Jadi uag yang bonusnya di pending terus ga lanjutin lagi usahanya gara gara lambat transaksi,itu uang milik bandar,lalu siapa bandarnya masa ustad yusuf mansur, hehehe.
    ALL paymen bohong ga ada tuh banyak orang yang ketipu nih.
    Cashback 75 sekali transaksi .Mendingan ga cashback kalau harga pulsa lebih mahal dari distributor yag lain.bedanya 150 ada yang 100 vsi lebih mahal ,

  117. Mau konfirmasi saja soal tulisan yang dibuat untuk kepentingan ga jelas ini :
    1. DBS sampai saat ini masih baik baik saja dan bertambah baik.
    2. Web DBS pun masih lancar jaya silah kan klik : http://www.duta4future.com/
    3. Untuk VSI silahkan periksa kembali hitungan anda, dan itu tabel diambil dari idnya siapa ? anda menyajikan data benar tapi pengulasannya dipelintir utk kepentingan anda, jika bukan berniat memfitnah lantas apa niat anda ?
    4. Bahasan mengenai HU itu sudah jelas memang tiap HU memiliki 2 kaki bukan 1 kaki, karena sistem yg dipakai memang binary plan
    5. Kemana saja anda selama ini, apakah waktu anda hanya digunakan untuk mencari kesalahan dan menyalahkan kebenaran ?
    6. Berita atau informasi yg anda sajikan ini hanya utk kepentingan anda sendiri bukan kepentingan org banyak, mohon di jelaskan dengan tegas kalimat itu agar org awam yg membaca tidak menjadi salah paham

    • Buat orang² yang ingin “membeli” kembali INDONESIA…!!

      INGAT Indonesia Milik Allah SWT jadi ga perlu di”BELI” LAGI…

      JANGAN SUKA MENDALILKAN AMAL tp lebih baik MENGAMALKAN DALIL…

      Kalau mau SEDEKAH ya sedekah aja…

  118. pada intinya VSI itu sistem aplikasi android untuk berbagai macam transaksi online yang benar² belum fix, belum 100%, atau bisa dibilang belum jadi….
    kalo game online suka disebut masih beta version….
    ibarat bayi masih baru umur 4 bulan dalam kandungan….
    dan pada dasarnya pak ustadz YM itu mengajak para member untuk membangun bersama VSI tersebut, jadi kayak bikin koperasi bareng² lah….
    sambil kita bangun bareng², sekalian invest….
    perihal bonus, sebenarnya bonus konkrit yang dikasih itu memang benar seharga paketnya, dan benar adanya deposit awal kita sudah terbayarkan oleh uang pendaftaran….
    kalo masalah member get membernya memang masih dievaluasi, karena memang sangat berisiko menyerempet ke hal² yang berbau haram….
    kalo urusan membeli Indonesia, itu sih menurut aku cuma biar pada semangat aja….
    bagus kalo bener jadi nyata, kalo gak pun gak masalah….
    aku bukan member koq, tapi kemarin ikut evaluasi sistem VSI, berhubung diundang untuk bantuin….
    hehe….
    =^-^=

  119. kok tambah seru yaaaa.
    Yang jelas, kalo masih ragu nggak usah di ikuti. “D’ maa yariibuka ilaa maa yariibuka” tinggalkan yang meragukan dan berilah pada yang tidak meragukan.
    kalo macam ni, hanya debat kusir, nikin hati makin kotor brooo …

    BIar hati lebih tenang, perbanyak zikir. Bla rumah terasa panas, ya kasih taman biar nampak indah dan menyejukkan
    http://www.raja-taman.com

  120. Mau share nih Gan…

    Setelah saya pelajari ada beberapa penghasilan yang didapat dari bisnis VSI sebagai berikut :
    1.Bonus yang berasal dari transaksi jualan produk (MLM)
    – Bonus Repeat Order
    – Bonus cashback
    2.Bonus yang berasal dari uang pendaftaran downline (Money Game), klu di VSI sih katanya Bonus Jaringan.
    – Bonus Sponsor
    – Bonus pasangan
    – Bonus Generasi
    – Bonus Reward
    Untuk yg mana yg lebih besar bisa dibaca sendiri di website atau brosurnya, atau tanya aja lsg ke membernya.
    Klu saya sih sdh tahu jawabannya 🙂
    Oh yah, yg namanya Bonus itu merupakan hasil penjualan atau transaksi, seperti di perusahaan bonus diberikan dari hasil kerja/produksi
    atau penjualan produk yg memberikan laba/keuntungan utk perusahaan, bukan dari uang pendaftaran downline.

    Selama ini orang hanya menyebutkan bahwa VSI itu money game, tapi tidak ada penjelasannya secara detail.
    Utk itu saya mencoba menjelaskan mengapa disebut sbg money game.

    Oh yah seblmnya saya sedikit membahas masalah software dan obat dll yang didapatkan pada saat awal pendaftaran dengan membayar Rp.275.000
    1.Untuk software, sebenarnya untuk bisnis PPOB (Pulsa,PLN,dll) ini sdh byk sekali
    tawaran bahkan sebagian besar tidak memerlukan uang pendaftaran utk menjadi agen alias gratis. Tapi klu softwarenya mau dijual Rp.200.000 atau Rp.1.000.000 atau lebih sekalipun sah-sah aja kok, yang penting kan ada yg mau beli.
    2.Obat habatussauda, klu dibandingkan dengan produk yg serupa yaitu sekitar
    Rp.30.000 sd Rp.50.000 per btl. Tapi setahu saya itu hanya promo dan
    sekarang sdh gak dapet lg, karena klu msh dapat, menurut hitungan saya bisa
    nombok perusahaannya.
    3.Harga pulsa, murah dan mahal itu relatif. Bisa dibilang murah tapi bisa jg mahal, tergantung pembandingnya.
    4.Kuliah Online, sama seperti Sofware diatas blh aja dihargai Rp.1 juta bahkan
    lebih, karena ke 2 hal tsb bkn barang fisik yang bisa dinilai harganya.

    Tapi saya bukan membahas ke 4 hal diatas, saya akan membahas skema Money Game dalam bentuk Bonus yg diberikan kepada membernya.
    Ini analisa saya apabila member sdh mencapai 5 jt, atau top leader paling atas mendapatkan Bonus Reward SUPER CAR.

    Kaki Jmlh Total Android Singapur Eropa Mobil M.Mewah Rumah Villa S.Car
    ke-
    1 1 1 1jt 4jt 50jt 200jt 500jt 1M 2M 5M
    2 2 3 1jt 4jt 50jt 200jt 500jt 1M 2M
    3 4 7 1jt 4jt 50jt 200jt 500jt 1M 2M
    4 8 15 1jt 4jt 50jt 200jt 500jt 1M
    5 16 31 1jt 4jt 50jt 200jt 500jt 1M
    6 32 63 1jt 4jt 50jt 200jt 500jt
    7 64 127 1jt 4jt 50jt 200jt
    8 128 255 1jt 4jt 50jt 200jt
    9 256 511 1jt 4jt 50jt
    10 512 1023 1jt 4jt 50jt
    11 1024 2047 1jt 4jt
    12 2048 4095 1jt 4jt
    13 4096 8191 1jt 4jt
    14 8192 16383 1jt 4jt
    15 16384 32767 1jt
    16 32768 65535 1jt
    17 65536 131071
    18 131072 262143
    19 262144 524287
    20 524288 1048575
    21 1048576 2097151
    22 2097152 4194303
    23 2500000 6694303

    Penjelasan :
    a.Pada saat member mencapai 2.500.000 di kaki kiri dan kanan atau klu total
    member lebih dari 5.000.000.
    1 member mendapatkan SuperCar,Villa,Rumah,Mobil Mewah,Mobil,Eropa,
    Singapura dan Android
    7 member mendapatkan Villa,Rumah,Mobil Mewah,Mobil,Eropa,Singapura dan
    Android
    31 member mendapatkan Rumah,Mobil Mewah,Mobil,Eropa,Singapura dan
    Android
    63 member mendapatkan Mobil Mewah,Mobil,Eropa,Singapura dan Android
    255 member mendapatkan Mobil,Eropa,Singapura dan Android
    1.023 member mendapatkan Eropa,Singapura dan Android
    16.383 member mendapatkan Singapura dan Android
    65.535 member mendapatkan Android

    ex: – Member pada kaki ke 1 atau 1 member mendapatkan SuperCar,Villa,Rumah,
    Mobil Mewah,Mobil,Eropa,Singapura dan Android
    – Member pada kaki ke 6 atau 63 member mendapatkan Mobil Mewah,Mobil,
    Eropa,Singapura dan Android

    b.Perhitungan Bonus Reward berdasarkan jumlah downline yg berasal dari uang
    pendaftaran bukan dari transaksi MLMnya sbb :
    Android = Rp.1.000.000 = Rp.5.000 x 200 downline
    Singapura = Rp.4.000.000 = Rp.4.000 x 1.000 downline
    Eropa = Rp.50.000.000 = Rp.3.571 x 14.000 downline
    Mobil = Rp.200.000.000 = Rp.4.000 x 50.000 downline
    Mobil Mewah = Rp.500.000.000 = Rp.2.500 x 200.000 downline
    Rumah = Rp.1.000.000.000 = Rp.2.000 x 500.000 downline
    Villa = Rp.2.000.000.000 = Rp.1.000 x 2.000.000 downline
    SuperCar = Rp.5.000.000.000 = Rp.1.000 x 5.000.000 downline
    (ex: Utk mendapatkan Android member hrs mempunyai 200 downline yg masing2
    menyumbang Rp.5.000)

    c.Jadi selamat kpd 65.535 member yg telah mendapatkan Bonus Rewardnya
    (atau 1,33%)
    Dan utk 4.934.465 member yg telah menyumbang, hanya ucapan terima kasih
    aja yach.. (atau (98,67%)
    klu mau dapat bonus reward juga bisa, tapi cari lagi downline lain yg mau jadi
    korban 🙁

    Berikut ini penjelasan berapa rupiah yg harus dibayar member di setiap tingkatan utk dibagi2 ke upline nya,
    yg berasal dari uang pendaftaran.

    Ka Bonus Bonus Bons Andro Singa Eropa Mobil Mobil Rumah Vila Super Total
    ki Spons Pasng Dupl id pura Mewah Car
    1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0
    2 50000 12500 0 5000 4000 3571 4000 2500 2000 1000 1000 84791
    3 50000 25000 500 10000 8000 7143 8000 5000 4000 2000 1000 120043
    4 50000 37500 1000 15000 12000 10714 12000 7500 6000 3000 1000 155114
    5 50000 50000 1500 20000 16000 14286 16000 10000 8000 3000 1000 189186
    6 50000 50000 2000 25000 20000 17857 20000 12500 10000 3000 1000 210757
    7 50000 50000 2500 30000 24000 21429 24000 15000 10000 3000 1000 230329
    8 50000 50000 3000 35000 28000 25000 28000 15000 10000 3000 1000 247400
    9 50000 50000 3500 35000 32000 28571 32000 15000 10000 3000 1000 259471
    10 50000 50000 4000 35000 36000 32143 32000 15000 10000 3000 1000 267543
    11 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    12 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    13 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    14 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    15 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    16 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    17 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    18 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    19 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    20 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    21 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    22 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114
    23 50000 50000 4500 35000 36000 35174 32000 15000 10000 3000 1000 272114

    Penjelasan :

    1.Downline pada kaki ke 5 uang pendaftarannya akan dibagikan kepada para uplinenya sbb :
    – Rp.50.000 utk Bonus Sponsor sebanyak 1 orang atau Rp.50.000 x 1
    – Rp.50.000 utk Bonus Pasangan 4 upline nya atau Rp.12.500 x 4
    – Rp. 1.500 utk Bonus Duplikasi 3 upline nya atau Rp.500 x 3
    – Rp.20.000 utk Bonus Reward Android 4 uplinenya atau Rp.5.000 x 4
    – Rp.16.000 utk Bonus Reward Jln2 Singapura 4 uplinenya atau Rp.4.000 x 4
    – Rp.14.286 utk Bonus Reward Jln2 Eropa 4 upline nya atau Rp.3.571 x 4
    – Rp.16.000 utk Bonus Reward Mobil 4 uplinenya atau Rp.4.000 x 4
    – Rp.10.000 utk BOnus Reward Mobil Mewah 4 upline nya atau Rp.2.500 x 4
    – Rp. 8.000 utk Bonus Reward Rumah 4 upline nya atau Rp.2.000 x 4
    – Rp. 3.000 Utk Bonus Reward Villa 3 uplinenya atau Rp.1.000 x 3
    – Rp. 1.000 utk Bonus Reward Super Car 1 upline nya atau Rp.1.000 x 1
    Total bagi2 uang pendaftaran Rp.189.186

    2.Downline pada kaki ke 23 uang pendaftarannya akan dibagikan kepada para uplinenya sbb :
    – Rp.50.000 utk Bonus Sponsor sebanyak 1 orang atau Rp.50.000 x 1
    – Rp.50.000 utk Bonus Pasangan 4 upline nya atau Rp.12.500 x 4 (Bahkan bisa lebih besar smp dgn 12 upline)
    – Rp. 5.000 utk Bonus Duplikasi 10 upline nya atau Rp.500 x 10
    – Rp.35.000 utk Bonus Reward Android 7 uplinenya atau Rp.5.000 x 7
    – Rp.36.000 utk Bonus Reward Jln2 Singapura 9 uplinenya atau Rp.4.000 x 9
    – Rp.35.174 utk Bonus Reward Jln2 Eropa 10 upline nya atau Rp.3.571 x 10
    – Rp.32.000 utk Bonus Reward Mobil 8 uplinenya atau Rp.4.000 x 8
    – Rp.15.000 utk BOnus Reward Mobil Mewah 6 upline nya atau Rp.2.500 x 6
    – Rp.10.000 utk Bonus Reward Rumah 5 upline nya atau Rp.2.000 x 5
    – Rp. 3.000 Utk Bonus Reward Villa 3 uplinenya atau Rp.1.000 x 3
    – Rp. 1.000 utk Bonus Reward Super Car 1 upline nya atau Rp.1.000 x 1
    Total bagi2 uang pendaftaran Rp.272.114

    Kesimpulan :
    1.Dari perhitungan diatas sdh jelas bahwa uang pendaftaran bukan utk pembelian sofware atau lainnya tapi untuk dibagi2 ke para upline. Jadi Menurut saya VSI bukanlah MLM Murni tapi MLM Plus atau MLM Plus Money Game.
    2.Pertanyaan saya, apabila Software Vpay tidak ada atau tanpa ada transaksi produknya, apakah VSI msh bisa jalan. Menurut saya jawabannya YA.Karena tanpa Vpay maupun transaksi member tetap bisa mendapatkan Bonus dari merekrut downline yg nilainya tidak kecil bahkan menurut saya penghasilan terbesar VSI dari merekrut downline.
    3.Jadi tanpa produk pun VSI bisa berjalan, produk hanya menyertai saja dan dijadikan tameng untuk menutupi bisnis yg sebenarnya yaitu Money Game. Lagian klu bener2 buka loket mau jualan pulsa, ngisinya aja bisa berjam2 baru masuk tuh pulsa (pengalaman temen saya yg member vsi). Keburu doiomelin pelanggan..
    4.Prinsip Money Game VSI hampir sama saja dengan Money Game tradisional seperti arisan kejujuran yg biasa kita dptkan berupa selebaran2 di ATM, hanya saja dikemas lebih modern dan terorganisasi dibawah naungan VSI.
    5.Disini terlihat jelas bahwa PERMAINAN UANG PENDAFTARAN (MONEY GAME) di VSI.
    6.MLM aja Hukum Islamnya Subhat (ada yang bilang Halal ada juga Haram), tapi klu Money Game sdh jelas..

    Demikian analisa yg saya buat, bukan utk Maksud mennyudutkan siapa2 terutama Ustadz YM.Karena saya jg adalah pengagum Beliau, tapi semoga ini bisa menjadi referensi serta membuka mata dan pikiran kita. Dan apabila ini benar mudah2an UYM dapat merubah Marketing Plan VSI. Amin..
    Kalau kita bersalah kepada seseorang kita bisa langsung minta maaf kepada orang tsb. Tapi bila kita bersalah atas downline2 kita gimana caranya minta maafnya??? apalagi downline nya smp ribuan..
    Seperti ILMU yg bila kita ajarkan kemudian diajarkan lg ke orang lain maka pahala kita akan trus mengalir. Tapi bila kita melakukan dosa kepada downline krn telah menipunya dengan janji2 manis, kemudian downline tsb mencari downline lain lg,
    dosanya pun akan trus berlipat2. (makanya ada yg berpendapat bahwa Money Game itu haram).
    Untuk itu sebelum mengikuti sesuatu harus dipikirkan dengan sebaik2nya terlebih dahulu.
    Dan utk yg ikut vsi yg katanya utk kepentingan pribadi saja, gimana dgn status bonus yg anda dapat dari uang pendaftaran downline anda yg tanpa anda sadari.

    Maaf klu ada yg tidak setuju dgn tulisan saya ini. Tapi klu ada yg menganggap ini bermanfaat saya bersyukur. Karena kebenaran itu milik Allah, manusia adalah tempatnya salah dan khilaf.
    Wassalam. Trimakasih..

  121. Hati-hati bagi yang melanggar Ketentuan baru ttg Bisnis Penjualan Langsung (Single atau Multi Level Marketing),

    Baru disahkan Undang Undang Republik Indonesia No.7 tentang Perdagangan yg berlaku mulai 11 maret 2014.   

    Beberapa pasal penting sbb:
    -Pasal 7.3) :Distribusi Barang secara langsung sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan menggunakan pendistribusian khusus melalui sistem penjualan langsung secara:
    a. single level; atau
    b. multilevel.

                             
    -Pasal 8:
    Barang dengan hak Distribusi eksklusif yang diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung hanya dapat dipasarkan oleh penjual resmi yang terdaftar sebagai anggota perusahaan penjualan langsung

     
    -Pasal 9
    :Pelaku Usaha Distribusi dilarang menerapkan sistem skema piramida dalam mendistribusikan Barang

    (Penjelasan skema piramida pasal 9: Yg dimaksud dgn “skema piramida” adalah istilah/nama kegiatan usaha yg bukan dr hasil kegiatan penjualan Barang. Kegiatan usaha itu memanfaatkan peluang keikutsertaan mitra usaha utk memperoleh imbalan atau pendapatan terutama dari biaya partisipasi orang lain yg bergabung kemudian atau setelah bergabungnya mitra usaha tsb).
    -Pasal 105: Pelaku Usaha Distribusi yang menerapkan sistem skema piramida dalam mendistribusikan Barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

                           
    -Pasal 106:
    Pelaku Usaha yang melakukan kegiatan usaha Perdagangan tidak memiliki perizinan di bidang Perdagangan yang diberikan oleh Menteri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau pidana denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah)

  122. Assalamu’alikum….

    Buat member2 VSI jgn pada di BUTA IN deh… Ane pikir Blog ini bagus krn pengen buat kita lebih “Cerdas” dalam memilih… bkn masal Ust Yusuf Mansur nya.. tp orang2 dibalik beliau yang cuma pengen ambil keuntungan pribadi dari nama besar UYM… kalo saya liat orang2 dibalik UYM itu yg Antek2 kapitalis skrng justru lagi pada kelabakan tuh krn Marketing Plan Bobrok nya di bongkar di sini…

    tujuan saya comment blog ini bukan utk apa2 tp saya sayang dgn Ust. sbg guru/ panutan saya dlm ilmu sedekah…Tapi sepertinya Ust. Yusuf harus koreksi lg siapa orang2 dibalik VSI yg mengambil keuntungan dibalik nama besar Ust. Yusuf Mansur, krn kalo UYM mah udh “CUKUP” & dari siapa ide VSI pakai MP Binari…? Ane yakin bukan 100% pilihan UYM… Kalo mo buat/pilih MLM ya kan msh banyak MP/ Marketing Plan selain Binari..

    Baca Ga tulisan diatas..?

    “…Apa ini cara bisnis yang disebut cara cerdas? Cara ini adalah cara yang sudah banyak merugikan banyak orang.
    Ingat tahun 2009 KH. Abdullah Gymnastiar aka. AA Gym juga pernah terjerumus ke dalam money game DBS (sama dengan VSI)…”

    Jangan jadi BUTA

    Beda MLM murni dan MLM palsu
    MLM Murni
    Ciri-ciri Multi Level Marketing adalah:
    1. Sistem MLM Murni merupakan bagian dari sistem penjualan langsung.
    2. Sistem dapat diterima masyarakat di seluruh dunia.
    3. Terbukti berhasil meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan para distributornya.
    4. Memiliki kesempatan yang sama bagi setiap distributor untuk berpenghasilan.
    5. Hasil usaha ditentukan dari hasil kerja yang nyata dalam organisasi penjualan.
    6. Biaya pendaftaran tidak terlalu mahal, semuanya sama-sama mengenakan biaya pendaftaran keanggotaan kepada para Distributor dengan nilai yang PANTAS dan sesuai dengan starter kit yang diperoleh plus kartu anggota.
    7. Semuanya sama-sama memiliki sejumlah produk (barang atau jasa) dengan harga yang masuk akal untuk dijual melalui para Distributor/ Dealer sampai ke tangan konsumen. Berdasarkan volume penjualan yang dicapai, para Distributor/ Dealer memperoleh imbalan.
    8. Semuanya sama-sama memberlakukan sistem dimana seorang anggota hanya mendapatkan satu keanggotaan dan tidak boleh lebih.
    9. Landasan bisnisnya sama-sama terdiri dari 3 hal, yaitu merekrut, mendidik, dan memotivasi para mitra usaha yang lazim disebut Distributor atau Dealer.
    10. Jumlah distributor yang direkrut tidak dibatasi, tetapi disesuaikan dengan kemampuan untuk membinanya.
    11. Keuntungan yang didapat bukan hanya materi, tetapi dari segi karier, posisi, derajat sosial, kesehatan, dan kepribadian positif.
    12. Setiap upline berharap atas meningkatnya kualitas pada downline.

    MLM Tidak Murni
    Sistem ini dikenal dengan MONEY GAME, PROGRAM SKEMA PIRAMIDA & BINARI (Bina Kanan Kiri), yang memiliki ciri-ciri antara lain:
    1. Hanya menguntungkan orang-orang yang pertama kali bergabung dalam jaringan usaha.
    2. Keuntungan diperoleh dari banyaknya orang yang direkrut.
    3. Seorang distributor dapat mendaftar berkali-kali, dengan nama yang sama. (kemudian biasa disebut kavling).
    4. Biaya pendaftarannya mahal, dan biasanya dibarengi dengan pembelian produk yang sudah dinaikkan harganya.
    5. Keuntungan anggota dihitung dengan format dan bonus yang telah ditentukan besarnya.
    6. Tidak ada program pembinaan dan pelatihan, karena yang diperlukan hanyalah “perekrutan”.

    Dari ciri-ciri diatas VSI lebih banyak ada dikelompok MLM Tidak Murni…

    Contoh:

    1. Di poin no.3 MLM Tidak Murni itu VSI banget “Seorang distributor dapat mendaftar berkali-kali, dengan nama yang sama. (kemudian biasa disebut kavling/Hak Usaha/Loket)”.
    2. Di VSI – Marketing Plannya BINARI Di Indonesia sebagian MLM masih menggunakan sistem binary yang sangat rentan DISELEWENGKAN menjadi sistem piramida. Banyak konsultan ekonomi menganjurkan untuk tidak memilih MLM yang menggunakan sistem binary.

    Bahkan APLI sendiri sebagai polisi-nya Direct selling dan MLM, benar-benar mengusahakan bagaimana caranya agar tidk ada MLM binary yang terdaftar di Indonesia.

    Poin 10 : Jumlah distributor yang direkrut tidak dibatasi, tetapi disesuaikan dengan kemampuan untuk membinanya.. Kalau binari cuma 2 aj kan…

    1. Poin 8 Semuanya sama-sama memberlakukan sistem dimana seorang anggota hanya mendapatkan satu keanggotaan dan tidak boleh lebih. di VSI bisa sampe 35 HU

    Titanium = 35 HU tapi bahasa VSI loket

    1. DLL, BACA & PELAJARI AJA SENDIRI YA…

    Ga usah ngomong macem2 segala pake mangkir JELAS2 VSI pake BINARI…

    Tugas kita umat Muslim bukan JANGAN suka MENDALILKAN AMAL tapi MENGAMALKAN DALIL

    Saya perhatikan di comment blog ini banyak “Leader” keder VSI yang SMPE “NGOTOT BEJENGGOT” belain VSI bukan UYM nya…

    Saya sendiri pernah dijebak “teman” saya, untuk ikut presentasi VSI. Setelah saya tahu bahwa MLM itu menggunakan sistem Binary, saya langsung lari. Sebel bgt saat salah satu orang yg presentasi ngaku sbg salah satu “founder” nya VSI jawab aauu..aauu.. pas ditanya kenapa VSI pake MP BINARI… malah jawab VSI bukan BINARI sambil celingak-celinguk..

    Kasihan ya UYM…di manfaatin sm orang2 yg ga bertanggung jawab..

    Lha wong MLM murni masih banyak banget, mengapa mengambil resiko MLM tidak murni yang cenderung ke sistem piramida.

    SALAM SEDEKAH ILMU

  123. Assalamualaikum…. saudara2 ku…. aku tidak akan berdebat dan membantah anda satu persatu.

    Mungkin semua tergantung pada niat masing2 ya…
    saya masuk VSI hanya niat untuk bisa mudah untuk :
    – Beli pulsa sendiri.
    – Bayar token pulsa listrik buat rumah dan buat musholla
    – Kalau niat Ustadz YM untuk beli Indonesia kembali, karena asset2 Negara ini
    sudah di kuasaii asing, saya dukung.

    itu doank

    • Maaf nih, sedikit sebagai bahan pertimbangan
      1.klu utk keperluan sendiri, berarti Ibarat kita salah memilih jalan. Mengapa memilih MLM yg blm jelas halal haramnya. Sekarang setiap orang rata2 mempunyai tabungan. Beli pulsa, byr listrik, telpon,tiket skrg bisa lewat atm atau hp utk internet banking. Gak perlu byr smp 200rb lbh.
      2.Karena bila kita sdh menjadi member berarti otomatis kita masuk dlm perputaran uang haram, walaupun tdk kita kehendaki.
      3.Klu yg saya tau, yg namanya aset2 negara yg dikuasai asing itu seperti minyak bumi, tambang emas dll. Bukannya counter hp dipinggir2 jln, ataupun skrg yg lg booming menjual pulsa dan pembayaran lainnya seperti perbankan, karena perbankan terutama bank pemerintah seperti bni,mandiri,bri dan btn sahamnya hsmpir 100 persen milik negara yg sebagian besar laba/devidennya setiap tahunnya diberikan kpd pemerintah dan digunakan utk pembangunan.
      Terimakasih.
      Wassalam

    • Buat orang² yang ingin “membeli” kembali INDONESIA…!!

      INGAT Indonesia Milik Allah SWT jadi ga perlu di”BELI” LAGI sama VSI..

      JANGAN SUKA MENDALILKAN AMAL tp lebih baik MENGAMALKAN DALIL…

      Kalau mau SEDEKAH ya sedekah aja… Kalo mo bisnis lebil pintar lagi deh sedikit…

  124. ASSALAMU’ALAIKUM…SAYA BELUM ANGGOTA VSI, BERPESAN BUAT SI BRO SEMUANYA BAIK YG MEMBER VSI ATAU BUKAN MEMBER VSI, SEBAIKNYA KITA SEMUA DISAMPING MELAKUKAN BISNIS SILAHKAN MELAKUKAN SHALAT TAHAJUD DAN SHLAT DHUHA DAN RASAKAN KEDAHSYATANNYA… DEMI KEBAIKAN DAN MEMPERBAIKI EKONOMI DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN…USTADZ YUSUF PERNAH BERCERAMAH TENTANG DHUHA 8 RAKA’AT SBB:
    DIIBARATKAN KETIKA KITA AKAN MENGAMBIL UANG KITA DALAM SEBUAH PETI UANG…USTADZ YM BERKATA:
    – SHALAT DHUHA 2 RAKAAT IBARAT ANDA BARU PEGANG KUNCI PETI UANG
    – SHALAT DHUHA 4 RAKAAT IBARAT ANDA BARU MEMASUKAN KUNCI KE PETI UANG
    – SHALAT DHUHA 6 RAKAAT IBARAT ANDA BARU MEMBUKA PETI UANG DAN BARU MELIHAT UANG ITU
    – SHALAT DHUHA 8 RAKAAT IBARAT ANDA SUDAH MELIHAT UANG DAN MENGAMBILNYA

    USAHA APAPUN TANPA DO’A TIDAK MAKSIMAL…INSYaALLAH YANG SEDANG MEMBER VSI LAKUKAN SEPERTI APA YANG DICERAMAHKAN USTADZ YM.. YANG BELUM MEMBER VSI SEBAIKNYA BERPOSITIF THINKING.

    “KETIKA KITA BERHASIL TEMAN KITA AKAN TAHU SIAPA SEBENARNYA DIRI KITA.
    KETIKA TEMAN BERHASIL KITA AKAN TAHU SIAPA SEBENARNYA TEMAN KITA”

    KESIMPULANNYA:
    KOMENTATOR YANG BAIK AKAN MEMBAWA MANFAAT PADA DIRI KITA DAN ORANG LAIN.

    SUKSES SELALU BAGI YG MEMBER VSI ATAU BUKAN MEMBER VSI..SEMOGA DIBERIKAN REZEKI YANG BAROKAH.

    • Seperti pejelasan saya seblmnya bahwa permasalahannya bukan harga uang pendaftarannya tapi untuk apa kegunaannya. Meskipun misalnya uang pendaftarannya hanya Rp.10 ribu, bagi orang yg tahu bahwa dengan uang itu ia terjebak dlm perputaran uang dengan skema moneygame yg dlm agama hukumnya haram, lebih baik uang tersbt buat sedekah sehingga lbh bermanfaat.

  125. Jangan tergiur nama besar…. ikutilah proses.. belajarlah menanam…bukan jadi benalu tuk kehidupan anda sendiri…

    toh yang kena batunya juga kita2 juga… dan kebanyakan memindahkan masalah diri ke orang lain…atau akan memakan teman sendiri..#tegabanget

    ibarat bagai dorong mobil mogok….. mobil jadi maju atau mogok…. kita ga akan dapet apa-apa… hanya sebatas apresiasi terima kasih aja sudah bersyukur karena masih inget… biasana kalo udah jalan yaaa lari….hehehhe

    • Saya juga sudah tabayyun sama UYM melalui @Yusuf_Mansur dengan #Saran U/ VSI via @KangAsepBilly Bahwa:
      1. Sebaiknya sebelum produk bisnis dilaunching, harus jelas fatwa syariahnya dari DSN MUI.
      2. Minimal sebelum ada fatwa, VSI harus mengeluarkan kajian Dewan Pertimbangan Syariah (Struktur Organisasi Internal VSI). Siapa yg mnjadi dewan fakar syariahnya, agar secara kompetensi beliau punya otoritas untuk itu.
      3.Skedar share pengalaman, tahun 2008-2009, saya mengelola produk di salah satu BankSyariah “biggest” di Indonesia, dan mencoba co-branding dg 2 pendahulu VSI yg bermarkas di Bandung, bahkan sy berada di titik atas bersama para founder nya, namun mentok, krn tdk sejalan dg fatwa DSN MUI.
      Betul apa yg disampaikan Kek Jamil @JamilAzzaini, nampaknya utk hal ini UYM sedang ngebet dan agak berat menerima nasihat. Bahkan belaiu akan tetap melakukan product compaign VSI 7/05/15 besok melalui pengajian di Bekasi.

      Saya bedakan kritisi UYM sbg ustadz dg bisnis VSI nya. Sebagai Ustadz, sy adalah jamaahnya, ikut semua programnya, mulai sedekah, tahfidz, patungan usaha sampai dg ODOJ yg baru dilaunching minggu kemaren di Istiqlal. Insya Allah semuanya bertujuan Mulia dan dg cara yang Mulia juga.

      Khusus utk VSI ini, kita masuk wilayah mu’amalah syariah. Berdiri di atas dalil “semuanya boleh, kecuali yg diharamkan”. Maka dari itu, sangat penting ada kajian syariahnya sampai kita tdk menemukan ada dalil yg mngharamkannya. Nah ini kan ada masalah dg sistem bisnisnya yg dikhawatirkan menyerupai money game. Maka sebaiknya, kaji, kritisi, evaluasi dulu melalui DPS atw DSN. Setelah clear, baru jalan.

      Ini bukan masalah tujuannya, bukan masalah merugikan atw dirugikan, tp ini masalah landasan syariahnya. Jika memang nanti, bunyi fatwanya dibolehkan, mari kita dukung rame2. Tapi jika fatwanya sebaliknya, kita semua juga harus bijaksana. Adakalanya Allah membuat apa yg engkau sukai itu tidak baik, dan adakalanya yg engkau tidak sukai itu baik.

      Cuma untuk meminimalisir risiko perpecahan ummat, krn UYM adalah sebagai tokoh panutan saat ini, sebaiknya beliau juga bersikap arif bijaksana, untuk menunggu fatwa MUI keluar. Bukan berarti menghambat pembangunan peradaban, justru jika pergerakannya setelah jelas fatwa halal/bolehnya VSI, bisa jadi program itu lebih kuat. Tapi jika kencang bergerak saat ini, namun nanti fatwanya berkata lain, ini yg dihawatirkan mnjadi gejolak di tengah umat.

      Beramal baik selama tujuannya baik adalah mulia, tapi lebih utama dari itu, ketundukan pada hukum sebagai aplikasi aqidah Ulahiyyah Rububiyyah juga sangat penting.

      Mohon maaf pada UYM, pada member VSI mwpun pihak yg belum sejalan dg VSI. Sekedar saling menambah khasanah saja, semoga bermanfaat.

      Wassalam,

  126. ==> ” SUKSES MENJADI KAYA DARI MMM ” <==
    (1.) Daftar jadi peserta.
    (2.) Silahkan Memberi bantuan.
    (3.) Setelah 30 hari kemudian, Meminta Bantuan 130% dari bantuan
    (4.) Setelah sukses, Ulangi dari No 1 dan seterusnya setiap bulan….

    Prinsip dasar MMM "hari ini kita membantu orang lain, Bulan depan kita akan dibantu oleh orang lain"
    MMM hanya mengajarkan orang untuk berbuat kebaikan,
    MMM bukan tempat untuk memperoleh kekayaan.
    MMM bukan MLM
    MMM bukan investasi
    MMM tidak jual produk
    MMM bukan arisan berantai
    MMM bukan money game.

    Jika anda:
    ★Membantu (Povide Help) 100rb, maka bulan depan anda dibantu 130.000
    ★Membantu (Povide Help) 500rb, maka bulan depan Anda dibantu 650.000
    ★Membantu (Povide Help) 1 juta, maka bulan depan anda dibantu 1,300,000
    ★Membantu (Povide Help) 2 juta, maka bulan depan anda dibantu 2,600,000
    ★Membantu (Povide Help) 3 juta, maka bulan depan anda dibantu 3,900,000
    ★Membantu (Povide Help) 4 juta, maka bulan depan anda dibantu 5,200,000
    ★Membantu (Povide Help) 5 juta, maka bulan depan anda dibantu 6,500,000
    ★Membantu (Povide Help) 6 juta, maka bulan depan anda dibantu 7,800,000
    ★Membantu (Povide Help) 7 juta, maka bulan depan anda dibantu 9,100,000
    ★Membantu (Povide Help) 8 juta, maka bulan depan anda dibantu 10,400,000
    ★Membantu (Povide Help) 9 juta, maka bulan depan anda dibantu 11,700,000
    ★Membantu (Povide Help) 10 juta, maka bulan depan anda dibantu 13,000,000

    Yang perlu di ketahui MMM itu praktek nyata THE POWER OF GIVING, kekuatan kebersamaan, kekuatan persaudaraan…
    UNTUK PENDAFTARAN SILAHKAN LengkapNya
    di http://www.kaltara-mmm.blogspot.com

    Terima kasih

  127. setlah saya baca isi artikel diatas, ternyata isi artikel tersebut 100% bertujuan untuk menjatuhkan orang yg ingin bangkit dari keterpurukan finacialnya……..

    mau dibilang VSI itu MLM ataupun money game kalaunya bisa memberikan penghasilan tambahan itukan bukan masalah…..maslahnya apa untungnya bagi admin menjelek2kan suatu bisnis?
    yang ada hanya membuat orang menundah ke suksesannya.

    jangan menjadi penonton orang2 kaya hanya karna anda membaca atau mendengar kata-kata yang membuat anda ragu

    ambil kesempatan itu selagi itu benar, “Rasakan dulu baru koment, jangan koment kalo belum Pernah Merasakan” Sama aja bohong.

    bisnis apapun, nyata ataupun maya, besar ataupun kecil pasti ada resikonya bukan?

    “yang membuat anda gagal dalam segala hal adalah, anda terlalu banyak mendengar kata-kata yang membuat anda ragu”

    jika anda ingin “SUKSES” di bisnis apapun sebaiknya anda tutup “TELINGAH” Anda dan liat kedepan. GAGAL ataupun SUKSES, anda yang akan merasakan dan akan menjadi pengalaman anda. (bukan mendapat/merasakan sukses/gagal dari pengalaman orang).

    Regards
    Rizki

    • Bener mas, anda nggak akan tau dalamnya jurang kalo belom jatuh kedalamnya bukan ? dan anda nggak akan tau rasanya racun kalo belom meminumnya kan ? apalagi rasa panas kalo belom pernah kena api…. jadi sebelum anda bicara soal sukses atau gagal, coba dulu hal2 yang saya sebutkan tadi, jangan dengar kata orang apa rasanya jatuh ke jurang, mati nggak kalo minum racun atau gimana rasanya kalo terbakar api…. hahahah… cobain dulu semuanya ya Mas Rizki…..

  128. insyaAllah VSI akan jaya. boleh tidak setuju tapi mohon jangan ada kata-kata negatif ya gan, sharing dengan kata2 yg positif aja biar sobat-sobat yg laen bisa respek. alhamdulillah saya adalah member VSI yang sekarang lebih dikenal dengan nama PAYTREN . alhamdulillah…

  129. Legalitas perusahaan Treni PayTren dulu VSI dengan aplikasi Android Paytrennya..
    Apa Kata APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) ?

    yuk simak..

    Menjadi mitra usaha dan berbelanjalah pada perusahaan yang telah terdaftar sebagai anggota APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia).

    PayTren adalah salah satu perusahaan Direct Selling / Penjualan langsung dengan sistem Multi Level atau Multi Level Marketing.

    Perlu digaris bawahi bahwa ada perbedaan antara sistem Multi Level Marketing dengan Skema piramida Atau Ponzi.

    Mari simak penjelasan dari APLI perbedaan tersebut ( http://www.apli.or.id/skema-piramida/ ) :

    MASYARAKAT HARUS BERHATI-HATI DENGAN SISTEM PIRAMIDA
    Sistem Piramida perlu diwaspadai
    Di Indonesia saat ini telah berkembang Penjualan Langsung melalui sistim Piramida. Sistem piramida ini secara sepintas mirip Multi Level Marketing dan cukup banyak orang telah melibatkan diri sebagai anggota, lebih tepat disebut bahwa sistem ini berkedok Multi Level Marketing.

    Sistem Piramida, yang menawarkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar dengan sedikit usaha, sebenarnya telah pula dijalankan di Taiwan, Amerika Serikat, Malaysia dan lain-lain negara, tetapi sehubungan dengan banyaknya pengaduan dari para anggotanya, kini di negara-negara tersebut sistem ini diawasi secara ketat oleh Pemerintah setempat karena dianggap merugikan dan meresahkan masyarakat luas. Diantara perusahaan-perusahaan tersebut banyak pula yang telah ditutup.

    Aturan Sistem Piramida :
    1. Biaya Pendaftaran keanggotaan berikut paket produk, sangat mahal.
    2. Harga jual produk-produknya juga sangat tinggi, ada yang bisa mencapai lebih dari 10 kali lipat harga produk sejenis dipasaran.
    3. Sistem dilakukan menyerupai Multi Level Marketing, tetapi tidak sama.
    Misalnya masing-masing anggota dibatasi hanya boleh merekrut maksimum 2 orang. Dua orang tersebut, rekrut dua orang lain lagi dan seterusnya hingga terbentuk satu piramida juga cara-cara lain yang mirip cara ini, misalnya merekrut max. 3,4,5 anggota.
    4. Satu orang anggota boleh ?membeli? lebih dari 1 keanggotaan (disebut kavling).
    5. Imbalan diberikan berdasarkan tersusunnya satu jaringan berbentuk piramida dengan jumlah orang dalam format tertentu; imbalan bukan berdasarkan presentasi atas volume penjualan dan tidak ada unsur harus memasarkan produk sampai kepada konsumen.
    6. Masa keanggotaan kadangkala berlangsung sangat singkat (hanya sampai dengan terbentuknya suatu format tertentu). Berbeda dengan perusahaan penjualan langsung, dimana anggota dapat aktif minimal 1 tahun atau bahkan seumur hidup.
    7. Program pemasaran (Marketing Plan) skema piramida sangat rumit dan susah dipelajari. Titik berat pada rekruting, bukan pada penjualan.

    Apa bedanya dengan bisnis penjualan langsung?
    Dalam dunia penjualan langsung, baik di Indonesia maupun di tingkat internasional, terdapat 3 sistem yang telah berjalan sangat lama, yaitu sistem konvensional atau Single Level Marketing (termasuk party plan), sistem Limited Level dan sistem Multi Level atau Multi Level Marketing.
    1. Semuanya sama-sama membuka peluang berpenghasilan bagi siapa saja yang mau berusaha berdasarkan kerjasama kemitraan.
    2. Landasan bisnisnya sama-sama terdiri dari 3 hal, yaitu merekrut, mendidik, dan memotivasi para mitra usaha yang lazim disebut Distributor atau Dealer. Semuanya sama-sama mengenakan biaya pendaftaran keanggotaan kepada para Distributor/Dealernya dengan nilai yang pantas sesuai dengan starter kit yang diperoleh.
    3. Semuanya sama-sama memiliki sejumlah produk (barang atau jasa) dengan harga yang masuk akal untuk dijual melalui para Distributor/Dealer sampai ke tangan konsumen. Berdasarkan volume penjualan yang dicapai, para Distributor/Dealer memperoleh imbalan berupa komisi beserta insentif dan berbagai hadiah yang menarik yang jumlah dan besarnya tidak terbatas.
    4. Semuanya sama-sama memberlakukan sistem dimana seorang anggota hanya mendapatkan satu keanggotaan dan tidak boleh lebih.
    5. Bagi Distributor/Dealer yang aktif bekerja peluang berpenghasilan sudah pasti ada.
    6. Program pemasaran (Marketing Plan) sederhana dan transparan.

    Dari perbedaan aturan main tersebut diatas, terlihat bahwa sistem Piramida :

    Menjerat dan menyesatkan masyarakat dan anggotanya, karena :
    a, Dapat dikategorikan sebagai judi sebab perolehan penghasilan berada diluar kontrol anggota yang berada di level bawah, pendapatan utama diperoleh bukan dari penjualan barang dan jasa, tetapi terutama dari rekruting orang lain untuk mencapai format tertentu.
    b. Tidak membuka peluang berpenghasilan yang merata dan adil sebagaimana layaknya yang ditawarkan perusahaan yang menjalankan sistem Penjualan Langsung termasuk MLM. Merugikan anggota yang sudah membayar biaya pendaftaran berikut paket produk yang sangat mahal, kemudian menghadapi kesulitan menjual produk-produk tersebut kepada masyarakat karena tujuan perusahaan adalah menggunakan produk sekedar sebagai kedok untuk menarik dana dari masyarakat dan tidak diberi pelatihan cara penjualan.
    c. Merugikan masyarakat yang membeli produk-produk dari sistem piramida, karena harganya jauh melampaui harga produk sejenis di pasaran.
    Bertentangan dengan dasar-dasar sistem penjualan langsung serta kode etik yang berlaku.
    a. Merupakan metamorfosa dari sistem Surat Berantai yang telah dilarang dibanyak negara.
    b. Aturan mainnya sangat mirip dengan Surat Berantai yaitu:
    -Menarik biaya pendaftaran cukup besar (Pendapatan perusahaan diperoleh terutama dari biaya pendaftaran anggota bukan dari penjualan produk/jasa).
    -Produk yang disediakan perusahaan hanya untuk tujuan kamuflase, karena titik berat bisnis lebih pada format jaringan dan anggota tidak selalu diwajibkan untuk mengambil produk yang dibeli apalagi dilatih untuk menjual kembali.
    Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) yang merupakan bagian dari World Federatian of Direct Selling Association (WFDSA) menghimbau kepada masyarakat luas agar tidak mudah percaya dengan tawaran menarik dari perusahaan yang melakukan Sistem Piramida dan sejenisnya. Bagi anggota masyarakat yang telah merasa dirugikan oleh sistem tersebut, agar segera melaporkan kepada Pihak Yang Berwajib. Menjadi mitra usaha dan berbelanjalah pada perusahaan yang telah terdaftar sebagai anggota APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia).

  130. APAKAH ANDA PERNAH MENGALAMI INI:

    Belum pernah menjalankan bisnis MLM karena bingung memilih MLM mana yang akan dijalankan.
    Tertarik bisnis MLM tapi enggan join karena takut ditolak, malu atau takut dilecehkan prospek.
    Sebelumnya sering gagal di MLM, walaupun sudah pindah MLM berkali-kali.
    Hampir frustasi dengan bisnis MLM yang dijalani saat ini.
    Boros presentasi face to face, mengajak orang ke pertemuan namun tidak ada hasil.
    Leader anda menyarankan bila menawarkan peluang bisnis jangan menyebut MLM???

    Disini SOLUSINYA !!!
    treniuym.com/lampung
    Singkatnya, anda akan tinggalkan cara lama dan mulai gunakan cara baru!

  131. jika anda ingin bergabung dengan bisnis jaringan atau yang lain yang sistemnya multi level marketing…..lihatlah kepositifannya
    survai dulu….
    masalah uang pendaftaran kalo anda sudah bisa perfikir jernih maka bisa tau….
    terus ketika ikut kaya gini jangan harap hasil anpa adnya usaha….aku sih mau banget kalo kaya gitu…

    artinya ketika anda bergabung tidak bisa anda salahkan ini perusahaan abal-abal, ini nggak bener dll sbginya….
    kembali kepada diri anda semuanya tidak pernah menjanjikan hasil tanpa adnya sebuah usaha….