Perbedaan MotoGP dan World Superbike (WSBK)

Dalam bahasa simpel perbedaan MotoGP dan Superbike adalah:

Honda rcv213Honda RCV213, harganya 13 Milyar per ekor.

MotoGP adalah F1 nya roda dua.  Sepeda motor yang dilombakan dalam MotoGP adalah motor prototipe dan tidak diproduksi secara massal. Harga 1 bijinya bisa mencapai 13 Milliar!!!. Ambil contoh pabrikan Honda, di MotoGP memakai motor RCV213 yang tidak akan bisa anda beli secara eceran via showroom motor.

 

CBR1000RR_2014Honda CBR1000R edisi 2014

Superbike adalah road race-nya para moge motorsport. Sepeda Motor yang dilombakan di ajang Superbike adalah sepeda motor produksi massal yang biasa ngaspal di jalanan. Makanya di ajang Superbike disebutkan nama pabrikan plus jenis kelamin motornya. Contoh lagi si Honda, di WSBK motor yang diturunkan adalah CBR1000R yang bisa anda beli secara ketengan di showroom terdekat di kota-kota besar. Harganya juga ramah kok dikantong, 300 jutaan saja.

Lalu manakah yang lebih prestisius dan bergengsi? jelas MotoGP di atas Superbike ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, bagi orang Indonesia yang dikotomi oleh Honda dan Yamaha. :mrgreen:

Sedang di Eropa sono, saat ini tontonan WSBK lebih disukai daripada MotoGP. Baik rating TV maupun gelaran balapan di sirkuit. Hal tersebut karena suasana gelaran ajang WSBK di sirkuit emang disetting mirip seperti pasar atau road race jalan, fans bisa mendekati paddock tanpa perlu membayar tiket/biaya tambahan. :mrgreen:

Sedang bagi pabrikan sendiri, biaya balapan di WSBK juga enggak terlalu mahal dan bisa mendongkrak langsung image moge daganganya. Maka gak heran ketika Ducati memilih cabut dari WSBK sebagai tim pabrikan sejak 2011 untuk konsen ke MotoGP, langsung di demo para fans boynya.

Mungkin kata fans boy Ducati: “Woyy elu kan enggak jualan bebek dan matik, jadi ngapain ke motoGP!!???”

Channel Youtube MotoVlog Partner Ngeblog

12 Komentar

Tinggalkan Balasan