5 Perang Terbesar Abad 21

5. Perang Aceh
Total ada 30.000 tentara dan 10.000 Polisi yang diterjunkan oleh Pemerintah Indonesia untuk memburu 5.000 pasukan pemberontak GAM Aceh.
Total korban meninggal mencapai 4.000 jiwa. Perang kemudian dihentikan oleh bencana alam gempa dan tsunami yang akhirnya membawa kedamaian bagi Aceh.

4. Perang Syiria
ini adalah perang paling kompleks yang terjadi di abad 21. Pasukan pemerintah Syiria yang sangat terlatih menghadapi berbagai elemen pemberontak yang dalam elemen itu juga banyak intrik dan konflik.

Pasukan pemerintah Syiria yang didukung oleh Iran dan Hizbullah diperkirakan mencapai 300.000 personel. Sedangkan koalisi pemberontak sunni dan Kurdi yang didukung oleh negara asing mencapai 250.000 personel. Korban jiwa yang meninggal dari rakyat sipil mencapai 300.000, sedangkan dari pihak bersenjata mencapai 100.000 jiwa dan perang masih terus berlanjut sampai saat ini.

3. Perang Afghanistan
Amerika dan sekutunya menggelar 150.000 pasukan untuk menghadapi 75.000 pasukan Taliban.

2. Perang Irak
Total ada hampir 500.000 pasukan koalisi menggempur 375.000 pasukan Irak era Saddam Hussein.

1. Perang Sri Langka
Ini adalah perang paling menakutkan dan mematikan yang pernah terjadi setelah tahun 2000. Pemberontakan Macan Tamil sudah berlangsung sejak tahun 1970-an. Ketika tahun 2007 Pemerintah Srilangka menggelar pasukan dengan tekad bulat, menumpas habis pemberontak macan Tamil tanpa peduli apapun resikonya. Pemerintah Srilangka benar-benar menutup telinga terhadap teriakan para aktivis HAM demi tercapainya tujuan.


tamil-eelam-mapwarna hijau adalah wilayah yang sempat dikuasai LTTE th.2005

150.000 pasukan Sri Lanka dibantu 100.000 pasukan AL India dan 3 kapal perang mengepung posisi pemberontak Macan Tamil yang telah terpojok di Distrik Mullaitivu, musuh di depan dan lautan di belakang. Episode yang paling memilukan adalah ketika pemberontak macan tamil menggunakan rakyat sipil dari etnis Tamil sebagai tameng hidup.

Presiden Mahendra Rajapaksa memilih untuk menghabisi semuanya, baik pemberontak maupun rakyat yang dijadikan tameng hidup. Protes para LSM Barat serta permintaan PBB dan Palang Merah Internasional untuk memberi bantuan pada rakyat etnis Tamil yang ditawan dan terkepung ditolak mentah-mentah. Walhasil terjadi bumi hangus dimana ada pasukan macan tamil berada. Foto berikut adalah contohnya:

srilanka war fieldsumber: http://blog.amnesty.org.nz/waging-peace/

Velupillai Prabhakaran sang pemimpin pemberontak berhasil ditangkap dan langsung ditembak mati dari jarak dekat. Amnesti Internasional selalu mempermasalahkan kebijakan tembak mati bagi setiap pemberontak yang tertangkap dan yang menyerah. Rajapaksa selalu berkilah:


“saat LTTE meledakkan bom dan menewaskan rakyat sipil kami, apa mereka pernah memberi kesempatan pada korban untuk menghindar?”

sri-lanka-blast LTTEsalah satu aksi bom bunuh diri macan tamil yang menyasar rakyat sipil. sumber foto: nocationeeded.com

Total korban yang terbunuh pada perang ini mencapai 80.000-100.000  jiwa, padahal total pasukan LTTE Macan Tamil cuma 10.000 – 11.000 personel. Presiden M. Rajapaksa kemudian dielu-elukan di seluruh negeri dan sampai sekarang.

 

roda2blog di sosial media

9 Komentar

  1. Dan Indonesia Akan Mengalami Perang Besar. Amerika telah mengerahkan pasukan sebanyak 2.500 Personel Di Pangkalan Militer Di Australia. Ini Merupakan Bentuk Provokasi Untuk Terjadinya Perang..

Tinggalkan Balasan