Bila FIFA adalah sebuah Negara, ini yang akan terjadi

Sepakbola adalah olahraga paling digemari di dunia tapi FIFA adalah organisasi olahraga paling dibenci di dunia. FIFA selama ini selalu dicurigai sebagai organisasi paling korup di dunia dan Sepp Blater sang kepalanya sebagai diktator tanpa bisa dihukum atau disentuh pemeriksaan.

Dan berikut adalah fakta paling menyebalkan dari FIFA

1. FIFA mendapatkan pemasukan dari Piala Dunia 2014 lebih banyak daripada pendapatan 1 Tahun negara Malta.
FIFA diperkirakan mendapat pemasukan $4,5 Milyar dollar Amerika di Piala Dunia 2014 dari hasil penjualan hak siar dan hak marketing. Ini dua kali lipat dari total pendapatan negara Malta yang merupakan destinasi wisata utama di Eropa.

Hal yang paling menyebalkan, FIFA tidak memberikan subsidi dana pada tuan rumah. Padahal Brazil menghabiskan dana $248 juta dollar plus terbebas dari membayar pajak pada Brazil. Enggak heran bila rakyat Brazil ada yg menolak Piala Dunia kan?


2. Presiden FIFA, Sepp Blatter berkuasa lebih lama dibanding Putin dan bisa jadi Presiden seumur hidup.
Sepp Blatter terpilih pada 8 Juni 1998 sebelum Piala Dunia di Perancis. Pada tahun 2011 saat terpilih untuk yang keempat kalinya dia berjanji untuk tidak maju lagi. Tapi kemudian ternyata dia berkampanye dan siap untuk maju lagi dalam pemilu FIFA tahun 2015. Pada bulan Juni, FIFA menolak usulan untuk membatasi usia pada jajaran pengurus eksekutifnya yang berarti membuka peluang bagi Blatter untuk jadi Presiden FIFA sampai mati.

Blatter n Lydia NskeraBlater dan Lydia Nsekera foto: igihe.tv

3. Hanya ada satu wanita dari 25 anggota Dewan Eksekutif FIFA
FIFA telah lama dikritik karena dikrimasi gender ini, padahal pendapatan FIFA dari gelaran Women World Cup juga sangat besar. Untuk menanggapi kritik tersebut, FIFA akhirnya mengangkat 1 wanita (Lydia Nsekera) sebagai anggota Dewan Eksekutif tanpa voting.


4. FIFA punya negara anggota yang lebih banyak dibanding PBB.
FIFA mempunyai 208 sedang PBB 192, hanya Vatican dan Monaco yang menjadi anggota PBB tapi tidak terdaftar di FIFA. Fakta ini menjadikan FIFA sebagai organisasi Multi Negara terbesar di Dunia dan merasa tidak butuh negara tempat federasi bernaung. Karenanya, bila ada campur tangan negara di federasi sepakbola, maka timnasnya langsung diskorsing.

sumber: huffingtonpost.com

 

4 Komentar

Tinggalkan Balasan