Air Teh dan Buah Pisang Untuk Pertolongan Pertama Gigitan Ular

Puncak musim kemarau sob, hati-hati dengan ular yang masuk nylonong ke dalam rumah atau halaman rumah. Karena panas kemarau kering, ular biasanya akan keluar dari sarangnya untuk mencari tempat ngademm. Makanya sering ditemui ular di saluran pembuangan air baik di komplek ataupun rumah warga, malah kadang ada yang ngendon di atap plafon rumah. ngeri mas broo.
image

Sebagai jaga-jaga keamanan rumah dari binatang melata ini sebaiknya sediakan rotan panjang 1 meter. Kayu rotan sangat ampuh melumpuhkan ular, karena kuat dan fleksibel.

Bila ada kejadian tergigit ular, berikut saya bagi tipsnya untuk pertolongan pertama:
1. Langsung siram pada bekas gigitan dengan air teh sebanyak-banyaknya. Tak masalah teh botol, tek kotak, ataupun teh dalam kemasan lain. Air teh seduhan malah lebih baik, penjelasan dibawah ya.


2. Segera ikat dengan tali pada sendi di dekat area yg tergigit untuk mencegah penyebaran bisa ke seluruh tubuh.

3. Setelah disiram dan diikat (terserah mana yg lebih dulu) segera bawa korban ke pusat layanan kesehatan terdekat.

4. Tempelkan tumpukan tissue yang telah dibasahi air teh pada bekas gigitan ular ketika dalam perjalanan. Atau jika ada oleskan getah batang tandan pisang pada luka selain penawar visa juga mengurangi rasa sakit. (penelitian ilmiahnya klik disini)

5. Usahakan Korban untuk tidak panik dan tetap tenang, tarik nafas dalam dalam dan cegah jantung berdebar debar. kebanyakan ular venomous indonesia menyerang sistem darah/hemotoksin, jadi semakin kita gugup, pompa jantung semakin cepat membuat racun cepat menyebar.

6. Beri minum teh selama perjalanan ke rumah sakit dan Beri korban makan pisang kepok (nama lain: kluthuk, batu, pisang yg sering untuk pakan burung). Bila ada yang masih muda yang masih sepat rasanya, biasaya penjual Rujak Petis atau Cingur ready stock.

Kenapa Air Teh bisa menetralisir Bisa Ular?
Komposisi bisa ular terdiri dari protein dan enzim sedangkan air teh mengandung zat tanin yang cukup tinggi. Zat Tanin ini adalah musuh protein, karena dia bekerja dengan langsung mengikat protein. Tannin adalah senyawa phenolic yang larut dalam air. Dengan berat molekul antara 500-3000 dapat mengendapkan protein dari larutan.

Lha soal pisang muda?
Getah tandan buah pisang juga memiliki kandungan senyawa tannin yang sangat pekat. Begitu juga pada buah pisang kepok terutama yang masih muda dan setengah matang.


Semoga bermanfaat

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan