Honda New Megapro Memakai Mesin 160cc ?

Berita mengejutkan datang dari tmcblog.com, sebuah indikasi bahwa NMP akan segera disuntik mati.

Posisi NMP emang seperti buah simalakama, ingin keren dikit bisa milih CB150R, bila kantong cekak bisa milih Verza. Hampir tak ada diferensiasi khusus yang bisa menaikkan pamor NMP dibanding dua adiknya itu.

Akankah NMP jadi 160cc Seperti di India?
Honda India saat ini sudah mengkonfirmasi bahwa sedang menyiapkan mesin CB160cc. Tidak sekedar mesin, tapi tampilan motor tersebut juga berstatus all new atau 100% produk baru.

Sesuai tradisi di India, sebuah produk baru biasanya diluncurkan ketika musim belanja, yaitu ketika perayaan Diwali dimulai yang pada tahun ini jatuh pada bulan November.

image

Bagaimana Kans NMP bermesin 160cc?
Bila tampilan dan fiturnya menunjang dan adanya tambahan 10cc, bila Honda mematok harga NMP160cc diatas CB150R, akan dimaklumi.

Tentu modelnya harus all new, 4 klep dan klo bisa liquid cooled atau oil cooled. DoHC atau SOHC?


Bukankah cost sparepart mesinya akan mahal?
Betul akan sangat mahal, karena AHM harus menyediakan pemeliharaan untuk mesin GL150(Verza), CB150 dan All New Tiger. Ditambal GL160 akan ada 4 mesin.

Tapi bila berkaca pada Yamaha seharusnya AHM mampu, YIMM yang kecil saja bisa melayani afterpart untuk 4 mesin motorsport: Byson, Vixion, R15 dan R25.

Apa gak sebaiknya disuntik mati saja?
Bila varian NMP maka itu gak sejalan dengan strategi blue ocean Honda. s
Sedangkan Kompetitor punya 5 produk (Byson, Vixion, NVL, R15 dan R25). Jika NMP disuntik mati, praktis Honda cuma punya tiga produk (Verza, CB, CBR) dan Tiger yang anggep saja pasti enggak laku selama belum diganti all new.


Tren kedepannya motor yang laku jika bukan matik ya sport.

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan