Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah

image

Operasi Zebra sedang digalakkan oleh Polri. Dalam menindak pelanggar lalu lintas, polisi akan memberikan surat tilang.

Nagh surat tilang ini sendiri ada macam, ada yang berwarna biru dan ada yang berwarna merah. Hak dan kewajibanya berbeda sob, berikut perbedaanya


Surat Tilang Biru
Artinya: Ini artinya anda mengakui kesalahan anda sehingga tidak perlu sidang di pengadilan tapi langsung bayar setoran denda tilang ke BRI/Kantor Pos.

Istilah kata: Anda tertangkap basah melanggar lalu lintas, gak usah ngeyel langsung bayar denda. Denda pada surat tilang biru sesuai dengan pasal yang berlaku.

Keuntunganya: Prosesnya cepat, bayar denda di bank lalu ambil sim terus beress. Tapi dendanya mahal. 🙂

Surat Tilang Merah
Pada surat tilang ini, si pemegang wajib menyelesaikan kasus pelanggaranya di pengadilan negeri. Denda pada surat tilang merah, sesuai keputusan hakim.
Bagi pelanggar lalu lintas yang merasa benar dan pengen ngeyel silahkan minta surat tilang warna merah.


Kelebihanya: Ribet karena harus antri sidang pada waktu yang ditentukan, tapi bisa ngeyel pada hakim dan siapa tahu malah kena denda lebih murah, sukur sukur bebas denda. :mrgreen:

Berikut bagan prosesnya

image

roda2blog di sosial media

5 Komentar

  1. saya hari sabtu kemaren baru saja kena tilang, kebetulan ternyata sim saya mati bulan okt 2014 td, saya pikir 2015 matix jadilah saya saya dibawa ke petugas tilang, dibilang pasalx no sekian dan denda maksimalx sekian, saya sebutin juga berarti ada denda minimal dong dan dibilang ada, akhinya keluar slip biru dan denda 150 rb, klo slip merah bisa saja saya minta tp kendaraan disita dan pengadilan tgl 27 Jan klo saya tidak salah dengar. mending ambil slip biru biar langsng jalan lg.
    anggap saja nyewa motor sampai tgl 27 dr petugas hehe…

Tinggalkan Balasan