Gak Hanya Ban Cacing, Ban yang kelewat Besar juga bisa ditilang Polisi

Sebuah sepeda motor yang dimodifikasi dengan ban lebar ternyata juga bisa ditilang sob. Kejadian berikut terjadi di Kota Magelang.

image

Kasat Lantas Kota Magelang AKP Rizeth A Sangalang melalui Kanit Turjawali Iptu Sukardiyana mengatakan, semua kendaraan yang lewat diperiksa kelengkapan surat-suratnya.

Razia yang berlangsung kurang lebih 1,5 jam, berhasil menilang 76 pengendara. Rinciannya, 5 pelanggar motor, 7 pengendara tidak membawa SIM, dan 64 pengendara tak membawa STNK. Razia yang berlangsung mulai pukul 8.45 hingga 10.15, menerjunkan 18 personel.


“Hasil razia, kami mendapatkan motor-motor yang tidak standar. Misalnya, spion tidak komplet, juga banyak roda yang diganti dengan ukuran tidak standar. Bahkan, ada juga yang diganti ban mobil atau ban besar,” beber Sukardiyana.

Yang cukup menarik, ada seorang pemotor yang sudah dua kali ditilang, tapi sampai sekarang ban motornya belum diganti dengan yang standar.


Pengendara yang dimaksud bernama Ferry Aji Purnomo, 23 warga Cacaban Barat RT 01 RW 10 Cacaban Magelang. Saat ditanya polisi kenapa sebulan yang lalu sudah ditilang dan sampai sekarang belum juga diganti, ia beralasan mau menggantinya, tapi masih menunggu kiriman roda standar dari kakaknya yang ada di Jogja. Iptu Sukardiyana menambahkan, roda motor yang tidak standar, justru membahayakan pengendaranya.

“Kalau hanya jalan lurus, tidak tidak terlalu membahayakan. Tapi jika jalan banyak tanjakan dan berbelok-belok, tentu sangat membahayakan. Bisa jadi pengendara jatuh terpeleset di jalan.”

Agak geli juga sih :mrgreen:

roda2blog di sosial media

19 Komentar

  1. wah ambu ambune kobong 😀 . kalo kelewat gede itu handling jadi ga terlalu enak . apalagi kalo yang pake ban mobil . raiso nggo miring 😀 . kalo ban nya segede ninja kayake masih normal lah haruse ga kena tilang …

      • Bisa mas, pake velg mobil. Ban juga ada khusus buat ban motor, , soalnya kalo pake ban mobil pinggir nya rata jadi aga susah buat nikung, kalo untuk ban motor nya ada lekukan buat belok nya,,

        dan udah banyak juga kok yang pake , lebih besar malah dari velg mobil..

    • Maaf bro,, bukannya ngebelain petugas, yg bilang goblok juga bntu mikir donk,,,coba kita perhtiin yg di tilang emnk ban gede,,,, dan coba perhtiin juga motr yg memakai bannya bro, itu MIO….KALIAN PASTI JUGA TAU MOTOR Tsb itu cc nya berapa? Kita bisa tes drev apa resikonya motor mio bannya kegedean? Apa standartnya itu sesuai? Dengan pakai mono sok, swingam mono,, cc rendah jelas, yg pertama itu di tikungan goyang dan apalgi di kecepatan tinggi, dan kurangnya tenaga apa bila tikungan itu ada tanjakan. Coba dech bro, kita analisa,jgn saling menyalhkan, salam satu aspal, jauhi perbedaan.

      • Setuju sama atas ane,, tapi biasa nya mtr kalo dah pake ban besar pasti ngga cuman ganti ban besar aja mas, main di cvt nya juga biar aga enteng, jadi untuk tanjakan masih sanggup, soalnya saya dulu pernah modif seperti itu, dan aman aja tanjakan daerah sawarna, sama mandala wangi daerah banten.

Tinggalkan Balasan