Deal!, Indonesia akan menjadi negara kedua yang memiliki Sukhoi 35

image

Pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan membeli satu skuadron/16 pesawat tempur buatan Rusia, Sukhoi Su-35 kompliet dengan persenjataannya. Pesawat tempur generasi kelima itu akan menggantikan pesawat F-5 yang dinilai sudah tidak layak terbang.

Indonesia akan menjadi negara kedua setelah Rusia yang akan mengoperasikan pesawat berjuluk Flying Tank Fighter. Dengan memiliki jet tempur generasi 5 di Arsenal, TNI akan menjadi yang paling kuat di udara  ASEAN.

Singapura dan Australia sudah mengantisipasi kedatangan Su35 dengan memesan F35.

Tapi Su35 memiliki keunggulan manuver dan daya radar yang lebih jauh, sehingga memungkinkan untuk melihat lebih dulu keberadaan F35 sebelum pesawat tersebut melihat Su35.

Salah satu poin terpenting adalah adanya kesepakatan ToT dari Rusia, yang memberi kemungkinan pada PT.DI untuk mengembangkan IFX bila kerjasama dengan korea selatan tiba-tiba diputus, mengingat parlemen korsel masih mempertanyakan program tersebut.

Advertisements

36 Komentar

  1. Pilihan yg membanggakan , sekaligus menunjukan jati diri bangsa yg tdk boleh tunduk dgn tekanan & intimidasi dr negara mana’pun…
    Maju’lah Indonesia Kita
    Terima Kasih TNI

  2. oiya dua hal lagi om
    1. Indonesia tetep masih di bawah SIngapura kalo masalah pesawat tempur. kenapa? karena dari segi kuantitas, jumlah F-15 mereka ada 32, F-16 ada 62, total 94. belum lagi mereka pesen F-35 yg jumlahnya masih belum tau berapa
    2. Australia udah fix pesan 72 unit F-35, apa artnya dengan 1 skuadron (16 unit) Su-35 milik kita?

      • Coba dicek Wikipedia dulu om, AU Vietnam cuma ada Su-30 (36 unit), Su-27 (12 unit), Su-22 (36 unit)
        Monggo dibandingkan dengan AU Singapura 🙂

      • may bad, yap anda bener, saya nglewatin si MiG-21 yg legendaris itu. tapi kalo diliat dari tugasnya, itu pesawat dijadiin air-superiority sama VPAF, dan yg dihadapi udah pasti F-15 milik RSAF
        kalaupun misal mau ngelawan F-16/52, yakin bisa menang? itu varian tertinggi dari F-16 lho, selain F-16/60 yg cuma dijual ke UAE. sama apakah sistem komunikasi dan radar dari VPAF itu udah terintegrasi kayak punya RSAF?
        kalo dari segi missile saya gak berani komen, gak paham soale

      • barang busuk? kenapa langsung men-judge seperti itu? emang sih barang bekas, tapi sudah di overhaul, anda tau apa itu overhaul?
        jadi F-16 itu sebelum dateng ke sini udah dipretelin semuanya, termasuk ke baut2nya, diperiksa pake mesin (bukan mata), kalo rusak dibuang, kalo masih bagus dipake lagi, itu overhaul. jadi barangnya bekas, tapi isinya baru, ngerti kan?
        okee emang bisa dapet MiG-29 dari Rusia, tapi apakah ada jaminan pesawat baru itu lebih buruk? sejujurnya airframe pesawat Rusia itu lebih rentan rusak, mungkin sebagai kompensasi kemampuan manuvernya, jadi gak ada bedanya bekas atau baru kalo di dunia pesawat tempur, jangan disamakan dengan motor. inget, udah di OVERHAUL
        okee bisa dapet MiG-29 baru, tapi sayangnya kita udah punya F-16 duluan, itulah kenapa pak presiden yg dulu milih beli F-16 dibanding pesawat lain. sistem logistiknya susah mas kalo kebanyakan pesawat. kita udah punya Sukhoi, F-16, F-5, sama Hawk, masih mau nambah ke MiG? yaa TNI mikir2, kan petugas perawatnya butuh belajar juga, butuh uang lagi
        Vietnam,cuma Sukhoi sama MiG doang, Singapura murni F-15, F-16 sama F-5, Thailand pake JAS Gripen, F-16, F-5. yang sama kayak kita paling cuma Malaysia karena pake Sukhoi, F/A-18, MiG-29, Hawk, sama F-5

  3. Ngapain jagoin sisinga, di subang singa buat maenan anak2, singa batam ga lbh 200km, rudal yakont kita bisa 300km, dikirim 10 yakont aja sisinga ilang tuh

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Teka-Teki Sisa Dana 2 Milyar Dollar dari Russia? Setelah pembelian 16 Jet Tempur Sukhoi Su-35. Siluman lagi kah? | roda dua blog
  2. Joker Merah Blok – togel online

Tinggalkan Balasan