Oli Diesel dipake untuk Sepeda Motor? Karena Yamaha Vixion Memang Boros Oli Menguap?

Yup lagi ramai nih soal Oli Diesel dipake di Sepeda Motor, yang terutama pemakainya adalah Yamaha New Vixion Lightining (NVL). Lho kenapa rider NVL kok mencoba-coba oli disel?.

Hal tersebut sebagai jalan pintas untuk mengobati keborokan mesin NVL. Mesin NVL memang beda dengan mesin Vixion Lama. Mesin NVL berkode 1PA boros penguapan Oli dan menyebabkan kenalpot mudah ngebul. Dan entah kemana larinya si OLI. Rider NVL harus rutin mengecek ketinggian olinya setiap 500KM, klo kelupaan bisa ancur piston dkk.

Alibi lucunya sih, karena mesin terbaru Vixion (1PA) lebih advance dan lebih besar kubikasinya serta lebih banyak cekungan sehingga menahan oli. ayayaya wae

Walhasil banyak rider NVL “kreatif” mengakali penyakit itu. Salah satunya ogak memakai oli resmi Yamaha karena encer nya 10w-40. Karenanya banyak yang menggunakan oli yang lebih kental 20w-50, meskipun tarika sedikit lebih berat.

Lha dalah, make yang 20-50 pun ternyata masih nguap juga. Akhirnya dipakek laghh oli yang lebih kental lagi, yaitu Oli Mesin Disel.


Semoga tren penggunan Oli Diesel oleh rider Vixion tidak diikuti oleh rider lainya. Berikut ini teori kenapa Oli Diesel justru berbahaya ketika digunakan pada sepeda motor.


1. Beda Oli mobil dan Oli Motor.
Kebanyakan Oli Diesel ditujukan untuk Mobil. Oli mobil sendiri didesain untuk mesin dengan kopling kering, sedangkan sepeda motor memakai kopling basah. Jika masih nekat memakai oli mobil diesel pada sepeda motor, siapa yang akan merawat kopling basah motormu? oli mobil tidak diracik untuk melumasi kopling basah.

2. Beda TBN antara Oli Motor dan Oli Mobil.
TBN (Total Base Number) pada oli diesel 10-12 sedangkan oli bensin 6-8. TBN adalah kemampuan basa di dalam pelumas untuk menetralisir asam yang disebabkan oleh oksidasi.

Angka TBN oli diesel lebih tinggi, karena ada aditif terutama detergent & dispersant yang dibutuhkan di mesin diesel untuk untuk membersihkan jelaga (soot) dan juga menetralisir asam hasil pembakaran.

Jika masih nekad, mesin bisa berkerak. 😉

Komposisi chemical umumnya Ca (calsium) atau Mg (magnesium), biasanya Ca di diesel 3.500–4.000 ppm, sedangkan pelumas motor 1.500–2.000 ppm.

Apabila pelumas diesel tersebut digunakan di motor terus-menerus (lebih dari 1.000 Km), maka kelebihan logam Ca/Mg akan mengendap akibat oksidasi menjadi CaSO4/MgSO4, endapan ini akan bersirkulasi

3. Oli Diesel didesain untuk RPM Rendah
Sedangkan motor zaman sekarang dituntut untuk berpacu pada RpM tinggi antara 7000-9000 sedangkan mesin diesel rata-rata hanya 5000Rpm.

Lha terus apa dong oli yang cocok untuk New Vixion Lightining?
Ya tetap oli anjuran pabrik dan rajin mengecek ketinggian oli di Mesin. Jika ngeyel tetap mau pake oli lain seperti SPX1, ya ganti aja montornya dengan Honda CB :mrgreen: bebas oli menguap poll pollan

roda2blog di sosial media

27 Komentar

  1. sok tau tapi belom ngebuktiin sesuai apa yg ditulis, banyak kok motor selain NVL yg udah pake kok, dan kebanyakan testimoninya rata2 positif, maka dari itu ane juga pake. lalu mesin diesel juga tidak terbatas untuk mesin mobil aja, mesin diesel untuk industri, alat2 berat adalah termasuk mesin pekerja keras, meski putaran mesin rendah, tapi level panasnya keknya sama aja dg mesin motor yg putaran tinggi.

  2. motor ane sijuki smash kurang lebih 5/6 bulan uda pake oli diesel med*tran sx, NMP ane juga minuknya oli yg sama. Sejauh ini sih baik2 aja, ga tau nanti efek jangka panjangnya gmana.

  3. Jiahaha….sotoy beud… upss ada bro kobayogas juga di marih yak. Nyang penting oli diesel wae… Dah kebukti hasil nya ini.. Nsx 125 & sijuki thunder 125 ketagihan di cekokin HDEO. Betul problem oli nguap di NVL karena ring piston nya bermasalah banyakan ganti ring piston old vixion #salam sesat…

  4. refrensi nya kurang ini lur, teorinya udah gak relevan dengan teknologi masa kini, coba search aja perbedaan mobil diesel jaman dulu sama sekarang dijamin bakal nyengir sendiri deh sama tulisan ente diatas , hehehe salam 1 aspal

  5. Bagus nih ada yg kontra sama HDEO
    Jadi makin bisa belajar, yg Pro ngasih ilmu k Contra, yg Contra lbih bisa belajar banyak, seperti yg narasumber katakan, “org desa yg suka belajar dan menulis banyak hal”
    Semoga berkembang ya gan nara sumber.
    Ini bagus komenannya, tp ada jg yg menyimpang kek ane n ada jg yg menjatuhkan 🙂
    Sing penting semangat y agan” smua
    HDEO masih dalam tahap uji coba
    Kita tunggu kabar d tahun depan 🙂

  6. orang indonesat ki kake*en bacot… rossi di komen oli di komen gagang pacul rodok suru di komen…. meneng wae lueh becik… dari pada nyerocos koyo kenalpot bocor… tak sumpel ben mampet

  7. Oli boros di NVL karen ring piston NVL tidak seketat OVI untuk menjaga rembesan oli, jadi ketika idle akan menyisakan celah diruang bakar sebagai tempat masuknya oli ke ruang bakar.
    Salah satu cara, ganti ring piston NVL dengan OVI atau jika masih ada ganti keseluruhan Blok Piston kode 1PA (emang PeA sih performanya juga) dengan Blok Piston OVI kode 3C1.
    Tulisan anda sangat tidak mencerminkan seorang pengendara motor, coba cek dan cari referensi beda oli diesel dahylu dengan sekarang.
    Sekarang oli diesel aman2 saja digunakan untuk kendaraan non diesel

  8. Sudah 15.000 km pake HDEO, harusnya mesin motorku dalamannya rompal,
    Tidak ada rompal, fyi, ganti oli tiap 10.000 km,… Teorimu piye,..?

  9. nyaman saja honda nmp ku pake meditran sx…,kalo rusak ya ke bengkel perbaiki, punya uang lebih beli motor baru….beri meditran sx lagi ,kredit FIF murah

  10. honda nmp ku pake meditran sx enak saja,plus minus nya spt temen2 juga, cuma baru 3500 km oli berkurang 230 cc tapi kok ngga ngebul knalpot ku,kemana hilangnya ya?enjoy saja oli ku

  11. Coba cari dulu bener tuh mesin diesel cuma segitu rpmnya?
    Terus apakabar Mesin diesel turbocharger yg bisa sampe 10000rpm lebih.
    Oli diesel yg sekarang itu mixfleet bahkan shell rotella diesel di negara tetangga pun sampai ditulis bisa untuk sepeda motor juga.
    Saya punya 2 motor
    Yang pertama pakai Oli HDEO.
    Yang ke dua pakai oli PCMO.
    Tidak ada masalah
    Malah masalah yg muncul karena oli motor hilang semua.
    Mending ente Coba dulu buat perbedaan oli mco vs hdeo di motor ente baru deh buat artikel.

Tinggalkan Balasan