Soal Mesin DOHC 150cc, Salahkan Suzuki. Yamaha bisa bernasib seperti Nokia.

image
Mirip pertarungan Symbian vs Android

Masih soal rame-rame tentang petinggi Yamaha yang protes tentang pembentukan opini bahwa DOHC lebih baik dari SOHC. Menurut beliau, di kelas 150cc mesin SOHC tetap lebih baik dibanding DOHC.

Saya gak bahas soal isi mesinya, tapi soal marketingnya aja. Peluang DOHC dan SOHC ke depanya. Ini ibarat pertarungan OS/Operatyng System di dunia Smarthphone. Android atau Symbian.

Soal opini konsumen bahwa DOHC150cc lebih kencang, lebih mantab, itu adalah ulah Suzuki Satria. Bahkan jika nanti Satria Fi lebih laris dari Honda Sonic. Honda tak rugi, malah itu promosi gratis untuk semakin membumikan DOHC.

Walau penjualan Vixion lebih laris dari Satria, tapi mindset pasar sudah terbentuk bahwa Suzuki Satria lebih kencang dari Yamaha Vixion. Karena Satria mesinya DOHC. titik!

Permainan mindset ini penting. Sama seperti kelakuan Google ketika mengenalkan Android. Walau belum banyak diadopsi pabrikan hape. Tapi Google sudah melakukan doktrinasi bahwa Android lebih baik dari Symbian milik Nokia yang saat itu laris manis.

Kondisi pasar berubah ketika Honda memutuskan milih platform DOHC 4 Klep dibanding SOHC 4 Klep. Itu persis seperti ketika Samsung memilih OS Android dibandingkan setia sama Symbian atau OS Bada.

Seperti halnya Samsung. Begitu ketok palu pakek DOHC, Honda langsung membanjiri pasar dengan motor-motor bermesin DOHC. Tujuanya, agar masyarakat semakin familiar dan banyak pilihan.


Sedangkan Yamaha yang setia sama  SOHC. Kelakuanya mirip Nokia yang tetap setia sama Symbian. Hanya gonta-ganti casing/model dan menaikkan harga.  Sambil terus teriak-teriak bahwa Symbian/SOHC lebih baik daripada Android/DOHC.

Kelakuan Yamaha makin mirip Nokia jika melihat harga yang dibandrol untuk produk SOHC/Smarthphone Symbian. Bandrol harganya terasa overprice dibanding kompetitor.

Contohnya: New Vixion Advance, yang sekarang bandrol harganya mencapai 26 juta. Hampir sama dengan harga CB150R dengan fitur-fitur yang lebih memukau.  

Akhir kisahnya?
Nokia yang istiqomah dengan Symbian  akhirnya wafat.
Sedang Yamaha? semoga insyaff. Itu harga Nmax dan New Vixion, mentang-mentang laris, tiap bulan dinaikin.


Yamaha Nmax non-Abs yang saat diluncurkan dibandrol 23juta, sekarang ada di kisaran 25juta. hala dalahhh….. apa semakin laris jumlah businya semakin nambah ya???

roda2blog di sosial media

21 Komentar

    • lebih tepatnya tertekan, emosi yang meluap..klo emg SOHC dirasa cukup..ngapain yamah riset ODHC ampe mbledug…see…senajta makan tuan..disatu sisi nyela motor 150 cc ga perlu DOHC, cukup SOHC disisi lain YIMM riset 150 cc DOHC, klo org sunda bilang “dipoyok dilebok tah omongan”..

  1. Saya pilih nokia java + senter, soalnya cuma buat telp & sms saza….
    murah, bandel, batere uiriiiiiit puoool & ga pernah klotok2, #eh hang šŸ˜†

    • Emang dunia roda 2 rada aneh perilaku konsumennya, ribut ajah dohc vs sohc tau gunanya apa. Itu mobil jazz vs yaris gak ada yg ributin dohc vs sohc mereka. Avanza dohc , freed sohc tetep aja kelas jazz dan teman2 nya diatas nesin dohc. Tapi gak ngeributin mesin, tapi lebih ke fiture, safety dll. Tanda lebih dewasa dan memahami maksud dan tujuan membeli.

  2. Gmn mo percaya lawong tuh DOHC Di kamplengi mulu ama SOHC di kejurnas.
    Ujung2 e pling orang jg mikir klo utk mtr harian yg CC nya kecil mo DOHC ato SOHC g ada pengaruh e.

  3. Yamaha laris bukan cuma karena faktor engine doang..tapi memang tampilan body motor2 produksi yamaha manis2..sekarang motor bukan cuma untuk keperluan kerja tapi juga harus bisa untuk bergaya..itu yang terlambat di fikirkan pabrikan honda & bahkan tak di fikirkan oleh susuki yang kayaknya cuma jualan FU doang ?

  4. Kalo denger2 sama orang yang sering2 otak atik motor, motor vixion sama ninja2 tak yang masih disayang gan. Soalnya cari2 partnya gampang, menurut ane itu sih yang bikin laris, dipake harian juga enak, dibuat bergaya juga enak keduanya. Tapi kayaknya, tergantung sama masing2 orangnya, kalo pengen sohc nya kenceng menyaingi dohc yang katanya lebih kenceng dari sohc ya otak atik, itu mungkin yang dicari orang indonesia. Otak atik terus…

  5. mesin soch adalah tehnologi lama dan lebih murah dari pada dohc, top speednya doch lebih kenceng dan soch menang di tarikan awal tapi bbm lebih boros , nggak jauh beda ama 2 tak rx king ,ninja 2 tak. la terus sampai kapan mau pakai soch . ndak bedanya mempertahankan seperti ninja 2tak yg udah disuntik wafat oleh kawasaki.

Tinggalkan Balasan