Pabrik Mobil Esemka Diresmikan Bulan Depan,Kerjasama Dengan Proton Malaysia

20160302_095406-370x208
Progress pembangunan pabrik mobil esemka. foto: solopos.com

Lama tak terdengar mobil Esemka yang digagas oleh Presiden Jokowi saat ini sedang menyiapkan pabrik perakitan di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik ini sedang dalam tahap pembangunan.

Berdasarkan desas-desus kabar berita yang beredar di antara masyarakat setempat di lingkungan sekitat calon pabrik, Bapak Presiden Jokowi  sendiri yang akan meresmikanya pada bulan April mendatang.Peresmian memang sengaja disegerakan agar tidak mangkrak dan progress. Peresmian sengaja dilakukan saat proyek pembangunan pabrik masih setengah jadi, agar tidak mangkrak dan bisa segera dipercepat.

Pabrik yang sedang tahap pembangunan di Desa Demangan, Sambi, Boyolali itu ditarget beroperasi 1 Juni dan akan memproduksi mobil niaga jenis pikap. Pabrik tersebut dibawah bendera PT ACE  PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE) yang berada di bawah kendali mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M. Hendropriyon. Perusahaan ini bekerjasa dengan produsen Mobil Proton di Malaysia yang sudah diteken MoU semasa awal pemerintahan Pak Jokowi.


Warga setempat berharap pendirian pabrik yang khabarnya menggandeng perusahaan otomotif Proton Malaysia ini juga berdampak positif terhadap Desa Demangan. Pabrik diharapkan sedikit banyak dapat memyerap tenaga kerja dari warga sekitar.


Pemkab sendiri berharap agar pabrik Esemka bia berdampak terhadap perkembangan perekonomian warga. Pabrik juga diharapkan secara rutin memberikan bantuan sosial kepada RT di sekitarnya. Lokasi pabrik di Jalan Sambi-Mangu berjarak sekitar delapan kilometer dari Bandara Adi Soemarmo Solo. Selain itu, juga dekat dengan gerbang jalan tol Semarang-Solo maupun Solo-Ngawi.

Tinggalkan Balasan