Belasan Sepeda Motor Baru dan Keren Dibakar Oleh Aparat TNI

image

Manteb mas bro. Aparat Personel TNI penjaga perbatasan Indonesia-Timor Leste membakar belasan sepeda motor yang masih baru gres kinyis-kinyis. Tak tanggung-tanggung diantaranya adalah sepeda motor Yamaha R15 yang harganya 30juta lebih sob.

Semua motor tersebut adalah barang selundupan. Seorang Warga Negara Indonesia tertangkap tangan hendak berusaha menyelundupkan motor-motor tersebut ke Timor Leste tanpa dokumen resmi.

Timor Leste sendiri setelah merdeka dari Indonesia. 90% komoditas kebutuhan dan perdaganganya masih sangat tergantung pasokan impor dari Indonesia. Hampir setiap hari barang-barang kebutuhan lalu lalang di pos perlintasan Indonesia-Timor Leste.


Petugas bea cukai, imigrasi dan TNI cukup tegas pada setiap usaha penyelundupan. Usaha-usaha penyeludupan sebdiri melalui jalur-jalur hewan ternak yang tersebar di hampir sepanjang perbatasan.

Wah saya gak bisa bayangin andai Indonesia mengembargo Timor Leste. Menutup perbatasan untuk ekspor-impor… sebulan aja … Dijamin nangis gulung koming tu negara. :mrgeen:

Pertanyaanya?
Apakah barang selundupan memang harus dimusnahkan?
kan mubazir?
Apa gak sebaiknya dilelang atau diberikan pada yang berhak?

Yup secara hukum negara, di negara mana pun, barang selundupan memang harus dimusnahkan. Sangat dilarang untuk dijual kembali. Apalagi kalau dijual dibawah harga pasar pada pihak tertentu. Sangat tidak boleh.

Alasanya, karena bisa merusak harga pasar serta mengganggu pasokan dan permintaan pasar.

Dengan dibakar apakah negara atau produsen dirugikan? tidak ada mereka tetap untung kok. Karena barang tersebut telah dibeli secara sah dari pihak dealer dan telah membayar pajak.

Niat diselundupkan karena harga motor di Timor Leste lebih mahal. Harapanya bisa si penyelundup bisa meraup untung dari selisih harga.

Kenapa to kok enggak diprotoli aja terus dijual? itu sama aja korupsi mas broo.


Nih sob fotonya

image

Artikel lain yg menarik tentang TNI

– Toyota Setsuna, Mobil Kayu paling bagus di dunia
– Alasan TNI Disegani di dunia

image

roda2blog di sosial media

20 Komentar

Tinggalkan Balasan