Toyota Setsuna, Mobil Berbahan Kayu Yang Eksotis

setsuna autoblog
Setsuna, Mobil kayu dari Toyota. Foto: autoblog.com

Lho kok dari kayu? mobil kok terbuat dari kayu? macam Piala Presiden Jokowi aja! Wah jangan-jangan dari kayu Jati lagi?. Atau malah mungkin idenya Toyota membuat mobil dari kayu ini terinspirasi dari ide Pak Jokowi soal Piala Presiden. :mrgreen:

Mobil yang diberi nama Setsuna ini siap dipajang di Milan Design Week bulan depan. Nama Setsuna berasal dari bahasa Jepang yang berarti sebuah kenangan. Harapanya, pemilik mobil dan mobilnya memiliki kenangan yang indah bersama. 

Seluruh material Setsuna mulai dari rangka, panel bodi, lantai, bahkan jok terbuat dari bahan kayu. Alasan dibalik pemilihan material ini, menurut pengakuan Toyota selain karena durabilitasnya yang tinggi, kayu juga tidak mengalami degradasi bentuk dalam waktu yang lama. Saturasi warna alami dari kayu juga merupakan nilai seni tersendiri yang bisa berubah sesuai bergulirnya waktu dan umur kayu.


Bila dirawat dengan baik, kayu bisa bertahan lintas generasi. Selain itu kayu juga berubah tekstur dan warna mengikuti lingkungan yang dipengaruhi temperatur dan kelembapan. Sifat alami ini bisa membawa karakter Setsuna dan pemiliknya ke tingkat lebih dalam. Ini adalah refleksi keinginan Toyota agar produk yang dibuatnya bisa seirama dengan bertambahnya usia manusia.

Bahan bakar Setsuna sendiri dirancang ramah lingkungan dengan tenaga listrik, jadi bukan mobil berbahan bakar konvensional. Menurut laman Autoblog, Sabtu (04/03/2016) Setsuna yang dibekali enam baterei listrik sebagai sumber tenaganya, hanya mampu bergerak sejauh 25 km dengan kecepatan 40 kpj. Mobil yang hanya bertempat duduk ganda ini, memiliki panjang 3,03 m, lebar 1,48 m, dan tinggi 0,97 m, dengan wheelbase 1,7 m.

Yang lebih mencengangkan, mobil ini dibuat tanpa paku, sekrup, mur ataupun baut. Perakitan antar bagian menggunakan teknik lego ala Jepang yang disebut Okuriari.Mirip teknik slop-slopan dalam rumah adat Nusantara gan.

Kenji Tsuji, Insinyur Toyota yang mengepalai proyek Setsuna mengatakan:
“Kami memilah tiap ide untuk membuat sebuah mobil konsep serta memilih bahan dari berbagai macam material untuk diaplikasikan. Kami juga mengadopsi setiap seni dan adat istiadat bangsa Jepang untuk diaplikasikan ke mobil ini. Untuk perakitanya, kami memakai cara okuriari yang tanpa menggunakan paku dan baut. Sedangkan garis desainya kami menggambarnya sebagai sebuah kapal yang indah. Kami harap setiap orang yang melihatnya langsung berimajinasi tentang perubahan yang mungkin dibawa Setsuna dalam beberapa tahun kemudian. Mobil ini kami lengkapi penanggalan sampai 100 tahun ke depan.”

Apakah mobil konsep semacam ini akan diproduksi masal? enggak bro sis, kecuali jika ada Milyader gila mobil asal tanah Arab yang kaya raya dan hobinya koleksi mobil. Made by order, dibuat kalau ada pesanan aja. :mrgreen:

Konsep kayu nan elegan memang baru hadir dari Toyota. Sebelumnya juga ada mobil dari kayu bernama Cedar Rocket. Berbeda dengan Setsuna, Cedar Rocket hanya bodinya saja dari kayu, tapi mesinya dibekali Mazda RX-8 walau bahan bakarnya sudah diganti dengan sistem baterei listrik. Si cedar Rocket bahkan pernah diajak berlaga di ajang drag race antar mobil di Arizona Amerika. Maklum, si Cedar ini bisa dibekali dua mesin turbin jet tambahan dengan PlugNPlay di bagian ekornya.


cedar rocket
Cedar Rocket. foto: Autoblog.com

Nagh gimana mas bro? masih meremehkan nilai kayu? kayu adalah emas coklat. Apalagi bagi orang di desa, memiliki pohon Jati sama dengan memiliki rekening tabungan di Bank

roda2blog di sosial media

13 Komentar

  1. kayu tanpa paku dan baut.. aku langsung kelingan pinisi lek.. 🙄

    btw hooh je jati investasi sik apek tenan jebul.. bar dicritani kancaku ukuran sedang wis belasan juta.. duwe 50 uwit ngono iso gawe omah apik banget.. padahal kerjone ra ketok mentereng, budal seko omah sarungan ro pecis utawa caping, numpak sepeda.. menguasai tenan.. 😎

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Belasan Sepeda Motor Baru dan Keren Dibakar Oleh Aparat TNI | roda dua blog
  2. Rem Mendadak, Avanza Terguling Masuk Parit. Mungkin Beda Cerita Jika Mobilnya Pakai Rem Sistem ABS | roda dua blog

Tinggalkan Balasan