Keunggulan Mobil Dengan Penggerak Roda Belakang Seperti Avanza

Dalam dunia mobil, sistem penggerak roda pada mobil terbagi jadi, yaitu penggerak roda depan (Front Wheel Drive), penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive), penggerak ganda (Four Wheel Drive 4WD/AWD).

Pengaplikasian sistem penggerak roda sebenarnya dipilih berdasarkan alasan penggunaan kendaraan. Karena sifatnya yang fleksibel untuk penggunaan dalam kota, luar kota, jalan menanjak, dan beban berat.

image
gambar: cardheko.com

Untuk mobil berpenumpang banyak seperti MPV yang biasa muat 7 penumpang, biasanya memakai sistem penggerak roda belakang (RWD) atau depan (FWD). Di Indonesia, MPV terbaru seperti Nissan Livina, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio memakai sistem penggerak roda depan. Sedangkan duo laris Avanza-Xenia memakai sistem penggerak roda belakang.


Apa saja keunggulan sistem penggerak roda belakang pada MPV seperti yg dianut oleh Avanza-Xenia?

1. Perawatan lebih mudah.
Mesin yang terpasang searah dengan body mobil membuat ruang mesin jadi lebih longgar, hal ini tentu menjadikannya lebih mudah dalam hal perawatan dan proses pencucian mesin.

2. Lebih kuat di Tanjakan.
Mobil dengan sistem penggerak roda belakang mentransfer tenaga mesin ke roda belakang untuk ‘mendorong’ mobil. Bukan ‘menarik’ mobil pada sistem kerja penggerak roda depan. Dibanding tarikan, karakteristik dorongan memudahkan kemampuan mobil saat membawa beban lebih banyak, bahkan di jalan menanjak sekalipun.

Kemampuan ini tentu sangat cocok mengingat MPV dengan 7 seater dalam kondisi full menghasilkan beban yang cukup besar apalagi saat dibawa berlibur ke daerah Puncak.


3. Sistem kemudi lebih awet dan lebih lincah.
Mobil dengan sistem penggerak roda belakang lebih tahan banting. khususnya untuk melibas jalan yang tidak rata atau berlubang. Power steering pada mobil RWD pun umumnya lebih enteng karena roda depan hanya mengarahkan kiri atau kanan saja sehingga memudahkan manuver menghindar.

image

4. Manuver lebih lincah dan mudah.
Radius putar mobil RWD lebih patah karena arah roda depan tidak dibatasi olehdrive shaft di depan. Dengan begitu mobil lebih mudah menaklukan tikungan tajam atau melakukan sudut parkir yang sulit tanpa banyak gerakan maju mundur.

5. Lebih tahan lama.
Roda depan hanya untuk mengatur arah, walhasil Ban lebih awet.  Hal itu menjadikan sistem mekanisasi, kemudi, dan sistem suspensi depan jadi lebih awet.

roda2blog di sosial media

8 Komentar

    • Coba dua-duanya pak. Saya sudah pernah punya keduanya. Masing2 punya kelebihan sendiri. Sesuaikan dengan jalan yg dilalui aja…

  1. salah satu kelemahan mesin penggerak roda belakang adalah soal distribusi daya mesin ke roda yang melalui profeler shaft sehingga kalo soal akselerasi dan speed akan kalah dibanding fwd 🙂

Tinggalkan Balasan