Suzuki dan Yamaha sudah, Honda Kapan Merespon Keluhan Konsumen?

Berita tentang recall Yamaha disambut positif oleh para hobiis biker. Ini adalah bukti keseriusan pabrikan dalam menjamin kelangsungan produknya. Istilahnya mereka gak lepas tangan begitu saja dalam menjamin kepuasan konsumen. Yaa walaupun recall mesin 250cc Yamaha ini bisa dibilang terlambat responya bila dibandingkan dengan kasus shock depan Suzuki Satria FuFi.

Yamaha baru recall setelah bertahun-tahun produk tersebut dijual di pasaran. Itupun juga setelah ramai di jagad bloghesphere otomotif. Termasuk roda2blog.com yang dibully habis-habisan perkara kasus gir pompa oli ini, silahkan diklik berikut ini komentatornya
                                              – Yamaha r25 kok pakek gir plastik di Pompa Olinya

Telat karena r2b membandingkanya dengan Suzuki. Hanya dalam jangka waktu sebulan setelah launching, lalu ada keluhan beberapa pengguna awal terkait shockbreker depan yang cekla- ceklok saat melibas lubang. Pabrikan Suzuki langsung sigap mengganti shock depan yang terlalu empuk itu, nggak pakek ribet lagi. Suzuki memang tidak sampai membuat publikasi resmi di media massa, hanya menghubungi para pemilik Satria FuFi dan lewat komunitas. Ya wajar sob, lha wong baru terjual beberapa ribu unit kok.
                                             – Suzuki sigap atasi keluhan Satria Fu Fi

Untuk kasus penangananya patut diacungi jempol, nggak pakek ribet, langsung diganti satu set sekok/shockbreker yang baru. Padahal yang menjadi masalah sebenarnya hanya per shock yang terlalu lembut saja.


Honda CBR150 2016 launching

Naghh bagaimana dengan Honda? kok r2b belum mendapati pabrikan Honda se-gentle Yamaha atau se-sigap Suzuki dalam mengatasi keluhan konsumen ya?.

Kasus yang dulu sempat mencuat adalah bunyi ngorok di Vario 125 generasi pertama. Lalu yang masalah laten yang sekarang masih ada … ahhh u know laghhh … bunyi klotok-klotok pada mesin DOHC Motorsport Honda. Awalnya R2b mengira bahwa klotok-klotok ini sudah tidak terjadi lagi mesin k46 atau DOHC versi terbaru. Ternyata masihh sobb.

Bahkan para owner Honda All New CBR150 pun juga mengeluhkan masalah yang sama. Gak percaya? silahkan search di facebook tentang klotok-klotok. Buanyak kesaksian para penggunanya.

Yang agak mengecewakan bagi r2b secara pribadi, sampai sekarang belum ada penjelasan resmi dari AHM (Produsen Honda Indonesia) tentang penyebab resmi mesin DOHC mereka klotok-klotok.

Honda cbr klotok juga Honda CBR klotok

Yang ada malah upaya inisiatif dari para mekanik AHASS yang coba mengatasi masalah ini dengan meraba-raba sendiri dari keluhan para pengguna CB/CBR150. Makanya ada banyak versi teori soal asal muasal klotok-klotok. Yang sekarang ini paling banyak diyakini adalah teori

“biang pangkal permasalahan bunyi klotok klotok pada mesin New CB150R dan Honda Sonic adalah, LAT / Lifter Assy Tensioner
Opo kuii? klo orang di daerah saya nyebutnya, per setut. Tapi apakah benar dia biang keroknya? entahlah. Karena belum ada penjelasan resmi dari AHM. Bila memang masalahnya per stut, harusnya bisa dong dengan mudah diatasi agar motor-motor yang keluaran baru gak lagi klotok-klotok? iya kan!.

Yaa gimana yaa, apa mungkin Honda terinspirasi percakapan Sopo dan Jarwo berikut ini:


Yaa kita tunggu saja aksi Honda, karena sekarang ini mereka mulai menguasai pasar motorsport menggusur Yamaha. Jika ternyata klotok-klotok tetap ada, dan motor-motor sport Honda juga tetap laris, berarti memang benar kata Boss Jarwo berikut ini:

Sopo: “Boss motornya kok bunyi klotok-klotok?”
Jarwo: “Ya wajar to wooo, lha wong besi ketemu besi loo. Lha wong daging aja klo bersenggolan juga  bunyinya berisik .”

Sopo: “Emang klo daging ketemu daging bunyinya gimana boss?”
Jarwo: “Ahhh uhhh ihh ohh”

Terakhir, jangan lupa Yamaha masih punya 1 PR. Shockbreker belakang Nmax yang superkeras juga masih perlu dibenahi. 😉
  – Cara tuntas atasi shockbreker Nmax yang keras

 

 

roda2blog di sosial media

5 Komentar

  1. Kata montir AHASS itu emang begitu dari sononya… hahaha…
    Semasih AHM kaga buka mulut, ya akan tetap seperti itu jawaban montir AHASS. Tapi sepertinya pada gak keberatan kok yg punya motor2 tsb, pada woles aja mayoritasnya, buktinya laris manis kan penjualan motor2 yg pakai mesin tsb.?

  2. Ga telat tuh recallny mas,toh diluar negri kendaraan produksi 2006 di recall nya 2015..mungkin kendaraannya juga udh pindah tangan ke pemilik baru..hehehw

  3. hahaha honda mah emang gembel shok depan empuk shok belakang keras kan aneh mau ngebut salah mau pelan encok jadinya dan cok 😀
    kalo mau shok belang bikin empuk dikit dong kan jadi juga enak

    #pengguna absolute110

Tinggalkan Balasan