Memalukan! Personel TNI Berburu Geng Motor, Terus Polisi Ngapain?

Minggu Dini hari (19/06/2016) Personel gabungan TNI berpatroli dan melakukan razia di kota Bandung. Sasaranya adalah anak nongkrong di pinggir-pinggir jalan terutama anak-anak klub motor. Para prajurit TNI yang bersenjata lengkap itu mendatangi mereka dan memeriksa kelengkapan identitas, surat motor dan barang bawaan.

Setelah pemeriksaan, para prajurit TNI itu membubarkan para anak nongkrong tersebut dan ada himbauan “Mulai besok atau malam minggu depan, tidak ada kumpul-kumpul lagi,” teriak seorang komandan sebagaimana dimuat Tribunnews.com. Dalam razia tersebut tidak tampak ada aparat dari kepolisian.

Helloo!!!! Ini apa-apaan sob. Aksi dari Prajurit TNI jelas bertentangan dengan Undang-Undang No. 34 tahun 2004, alasanya:
1. Tidak melibatkan Polisi / Polrbncji
2. Yang ditangkap dibawa ke markas tentara

image
Anak club yg lagi nongkrong kena razia geng motor


Apa yang dilakukan para prajurit jelas sangat salah dan bertentangan konstitusi negara NKRI. Jangankan merazia atau memburu geng motor. Memburu teroris seperti Dr. Azhari aja, TNI dilarang turun tanpa permintaan dari Kapolri dan izin resmi dari Panglima TNI.


R2B tak menyalahkan Prajurit TNI walau mereka jelas-jelas melanggar UU. Justru ini adalah menunjukkan bobrok kinerja Polres Bandung dan Polda Jawa Barat, dalam menjaga keamanan masyarakat sipil dan memerangi geng motor.

Satu-satunya cara agar usaha TNI dalam memburu geng motor di Jawa Barat menjadi sah dan legal menurut UU adalah dengan menjadikanya sebagai daerah darurat militer. Dengan begitu, maka secara otomatis  kepala daerah diambil alih oleh Komandan Kodam, Kodim dan Koramil menggantikan Gubernur, Bupati dan Camat. Termasuk kepolisian juga dibawah perintah TNI.

Bila sudah kena DOM (Daerah Operasi Militer) tentara berhak untuk melarang acara kopdar atau nongkrong di malam minggu. Termasuk mewajibkan jam malam, semua penduduk harus tidur di rumah.

 

34 Komentar

    • Belum denger beritanya ya..broo.. salah satu anggota mereka berpangkat briptu tewas di keroyok geng motor sekitar 20 orang, mereka lagi berburu.. walaupun kasusnya ditangani polisi, mereka bantu tugas polisi nangkep si pelaku, ada beritanya di TV

  1. gimana kalo persoalan genk motor, genk judi, genk perguruan silat, yang bikin onar/meresahkan warga masyarakat di tangani saja oleh TNI ABRI, daripada mereka nganggur gak ada kerjaan, cuma latihan doang tapi jarang prakteknya, wong negara juga belum darurat perang, kan mending hasil latihan bisa diterapkan untuk hal2 yang ginian, polisi mah biar ngurusin perkara kriminal ringan, urusan pelanggaran lalu lintas sama urusan – tilangan aja, gimana???

  2. Kriteria suaru wilayah bisa dijadikan DOM gmna ya? Mohon pencerahan,soalnya browsing kok g nemu
    Kalo masalah HAM, setau saya dalam menjalankannya gak boleh melanggar HAM orang lain. La kalo geng motor mah udah melanggar HAM orang lain

  3. kepada penulis: melanggar undang2 ? ya memang..tp jika kondisi ini dibiarkan tanpa ada tindakan cepat hanya karena terbentur undang2 dan leletnya kinerja polisi,apa mau nunggu ada korban selanjutnya,bagaimana jika korban selanjutnya adalah sanak saudara anda??masyarakat sudah muak dgn geng motor dan aturan pemerintah.yg diinginkan masyarakat adalah rasa aman meskipun melanggar undang2 saya rasa wajar saja TNI bertindak,dr pada jatuh korban selanjutnya#thinksmartagain

  4. Tentara ..waw ..dijamin sipil minggir..gmn kalau anda misal reuni ato ngobrol sampe mlm trs ada tentara..bubar bubar..awas jgn macam macam kalau ga mau mati…serem ah .. Ngeri DOM…negara hukum militer .. Perang ga ada yah..heran

  5. Kmi anak club motor woi,buka geng motor.para club motor udah mengantongi izin dri kepolisian.kok malah kami yg jadi sasaran…wadduhhh gak beres ini kalo kayak gini…bedakan club motor ama geng motor….

  6. ngapain ngomong aturan dan pelanggaran konstitusi,….. geng motor juga melanggar hak asasi orang lain juga diluar konstitusi, setuju banget kalo geng anarkis ditembaki saja tanpa peradilan

  7. Pulisi nya lagi sibuk cari duit buat lebaran…tilang sana tilang sini, setiap hari razia dimana mana..ternyata razia nya ilegal.
    Bisa nya nilang aja, giliran daerah macet parah gak ada tindakan,,,cuma duduk santai dipojokan warung.
    Teruskan TNI.

  8. Nggak perduli ham!!!! Kutu bangsat berkedok klub motor bantai aja! Dah muak liat kelakuannya. Penulis artikel ni paling juga anggota geng motor! Makanya mbelain geng motor

Tinggalkan Balasan