Ingin Motor Kualitas Ekspor? Pilih Motor Yamaha

Pembalap Honda, Marc Marquez merayakan podium bersama Yamaha Nmax

Yamaha Motor boleh saja babak belur kurang laris di Indonesia. Penjualan mereka terus kalah oleh Honda. Tapi jika melihat data ekspor, Yamaha boleh menepuk dada bangga. Kualitas Motor Yamaha diakui di dunia.

Dulu zamanya mbah harto, produk-produk berkualitas biasanya ditempeli stiker “kwalitet ekspor” biar tambah laris manis, termasuk diantaranya adalah kain sarung.

Nagh dalam memilih motor, ya tentu tak ada salahnya jika sobat juga melihat track record motor tersebut saat diekspor / dijual di luar negeri, laris atau tidak ya? Motor ekspor jelas kualitasnya lebih terjaga dan diakui oleh konsumen di penjuru Dunia.

Saat ini Yamaha adalah pengekspor motor terbesar dari Indonesia. Walau model-modelnya kurang disukai oleh konsumen dalam negeri. Tapi produk-produk Yamaha laris manis di pasar Internasional dari Asia sampai Eropa. Ini menunjukkan bahwa selain model, kualitas produk Yamaha juga diakui disono.

Pembalap Honda, Marc Marquez merayakan podium bersama Yamaha  Nmax
Pembalap Honda, Marc Marquez merayakan podium bersama Yamaha Nmax di MotoGP

Produk Yamaha yang paling laris diekspor adalah model motor sport YZF-R25 dan matik premium NMax. Khusus untuk Nmax, Matik bermesin SOHC 155 dengan teknologi VVA , jadi motor skutik paling laris di Eropa. Selain keduanya juga masih ada produk lain Yamaha yang laris di luar negeri yaitu MX King, Bebek super bermesin 150 cc ini diminati konsumen Filipina dan jadi favorit motor Malaysia.


Berikut ini total Ekspor Yamaha berdasarkan masing-masing model, terhitung dari Januari hingga Mei 2016, total ekspor MX King 150 sebanyak 13.500 unit, sedangkan Nmax 16.600 unit dan YZF-R3 ada 15.360 unit.

Nagh monggo … jika selama ini sering bangga pakek produk CBU (completely Build Up) kiriman dari luar negeri, sekarang saatnya dibalik … jadi bangga makek produk CBU yang biasa dikirim ke luar negeri. 😉 Yaitu motor Yamaha.

Pengalaman r2b klo ketemu teman pinoy atau orang Malaysia di negeri asalnya. Bisa bangga nunjukkin ke arah motor-motor itu, “ini lhoo kualitas produksi Indonesia!” 😉 hehehe.

Berikut perbandingan jumlah ekspor Yamaha dibandingkan pabrikan lain menurut data dari AISI :

Berikut Data Ekspor Anggota AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia) 2016:


Mei
1. Yamaha 12.705 unit
2. Honda 6.274 unit
3. TVS 2.160 unit
4. Suzuki 1.716 unit
5. Kawasaki 809 unit.

Total selama Januari-Mei
1. Yamaha 69.386 unit (57,14%)
2. Honda 27.849 unit (22,93%)
3. TVS 6.636 unit (5,46%)
4. Suzuki 13.759 unit (11,33%)
5. Kawasaki 3.812 (3,14%)

roda2blog di sosial media

6 Komentar

  1. Ooh gitu ya lek,
    Trus unit ekspor komstirnya
    kualitasnya gimana…????
    Masih jedak jedokkah..???
    Shockbreaker tipis
    gampang protol gak..??
    Mesin Vampirenya masih haus oli gak..??
    Ane bukan bc ane pake OVI…!!!
    Yg dijual di negeri ini kualitas bossok beda ma yg ekspor kualitas bagus…!!!
    Tolong jangan menggiring opini lek…

1 Trackback / Pingback

  1. Honda Hanya Berani Ekspor Produk Ke Wilayah Asia - roda2blog

Tinggalkan Balasan