Randy Mamola Tuding Michelin Penyebab Banyak Kecelakaan Musim 2016

Randy Mamola

Musim 2016 gelaran MotoGP banyak dihiasi crash yang dialami oleh para pembalap. Yang paling adalah di GP Assen Belanda. Hampir semua pembalap merasakan kerasnya aspal selama gelaran, mulai sesi latihan, kualifikasi sampai lomba. Dan menurut Randy Mamola salah satu legenda MotoGP, penyebabnya sama yaitu Ban.

Michelin yang kembali menjadi penyuplai ban di gelaran MotoGP setelah absen cukup lama, sepertinya kesulitan mengembangkan kualitas ban yang memadai bagi motor-motor cepat MotoGP.

Tak ada satupun pembalap yang diuntungkan dengan adanya ban baru, Michelin. Semua bergantung pada nyali daya juang adaptasi tiap individu balap. Marc Marquez adalah pembalap yang paling baik mengatasi Michelin di lintasan basan maupun kering, sedang Valentino Rossi cukup kesulitan menaklukan Michelin di lintasan basah. Dan yang paling sengsara adalah Jorge Lorenzo.


Khusus untuk Lorenzo, menurut Mamola, ada dua hal yang paling mempengaruhi turunya performanya di Assen. Yang utama adalah trauma di sirkuit ini lalu yang kedua ban. Tapi Mamola yang meyakini bahwa Lorenzo akan segera bangkit.


Di Belanda, semua pembalap mengalami masalah yang sama. Yaitu perbedaan grip antara ban depan dan belakang. Keadaan tambah parah saat balapan diskors dan harus ganti ban. Yang mengejutkan bagi Mamola adalah, bahwa pembalap yang paling sering ndlossor justru adalah Valentino Rossi.

“Dengan pengalamanya, Rossi seharusnya lebih tahu cara menaklukkan ban dan cara menahan emosi kapan bejek gas dan kapan ngendorin, bukan asal bejek aja,” tulis Randy Mamola di laman motorsport.com 

 

 

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan