7 Teori Bentuk Bumi adalah Datar Bukan Bulat

Flat Earth, demikian topik yang lagi nge-trend di jagad maya. Bahasan ini tentang Teori Bentuk Bumi adalah Datar Bukan Bulat. Kali ini R2B coba meringkas 7 teori dasar bumi datar yang diyakini oleh para flatter, sebutan untuk mereka yang menyukai teori ini.

Pemahaman saya soal 7 teori ini mungkin masih salah, maklum karena saya mempelajarinya video dan forum bahasa inggris sedangkan saya belum pernah ikut ujian TOEFL hehehe. Lha wong channel-channel youtube tentang bumi datar yang berbahasa Indonesia masih sangat minim. Saya juga menghindari sumber bahasa Indonesia karena kadang sering dikaitkan ke masalah agama klo bahas ini, biasanya sih dituduh wahabi hehehe.
Monggo 7 teori dasar soal flat earth.

1. Pencetus Bumi Bulat bukanlah Galileo
Seringkali teori bumi bulat dinisbatkan pada Galileo ataupun Copernicus pada permulaan abad kebangkitan di eropa. Sedang pada masa sebelumnya diklaim pencetusnya adalah Al-khawarizmi, salah satu astronom muslim abad pertengahan yang brillian.

Teori bumi bulat atau heliosentrik dengan matahari sebagai pusat tata surya sudah dikenalkan sejad abad 420 SM oleh Martianus Capella.

Sedangkan teori bumi datar sebagai pusat alam semesta, disebut Geosentrik, dikemukakan pertama kali oleh Ptolemeus atau Ptolemy. Ilmuwan keturunan Yunani-Mesir yang hidup di zaman Romawi.

Bagaimana menurut ilmuwan muslim? mereka pun berbeda pendapat. Ibnu Sina misalnya yang berpendapat bahwa bumi datar, lalu Al-Khawarizmi yg berpendapat bulat. Perbedaan ini wajar, ilmuwan bangsa lain pun dari berbagai era juga berbeda pendapat.

Termasuk zaman Galileo. Perlu  diketahui, Galileo dihukum mati karena pemberontakan politik pada kekuasaan absolut gereja, bukan karena perdebatan heliosentrik atau geosentrik. Galileo sendiri telah mengkaui gagal teori heliosentriknya saat tidak berhasil memecahkan  Stellar Parallax.

2. Teori Gaya Gravitasi Sudah Tidak Relevan Diganti Teori Elektromagnet.
Salah satu teori dasar dalam bumi bulat adalah adanya Gravitasi atau daya tarik bumi, adanya gravitasi bumi manusia tidak merasakan kemiringan bumi yang berbentuk bulat. Teori yang dicetuskan oleh Isaac Newton. Berdasarkan teori ini, planet-planet yang bergerak mengitari matahari pada jalurnya adalah karena gaya gravitasi antar planet.

Menurut kaum Flatter, teori Gravitasi (yang muncul tahun 1679) ini sudah tidak relevan alias gugur ketika Nicolas Tesla tahun 1800an, menemukan teori elektromagnet. Menurut flatter, benda-benda langit berputar pada jalurnya karena pengaruh medan magnet bumi, sehingga bumi menjadi pusat tata surya. Seperti benda ini videonnya

Jika memang gaya gravitasi daya tarik bumi itu ada, kenapa balon bisa terbang ke udara?. Saat membahas soal balon ini, tentunya teori grafitasi menjadi tidak relevan karena yang dibicarakan menjadi teori berat massa Archimedes (muncul tahun ). Jika massa-nya ringan akan terbang, jika berat akan jatuh

Menurut flatter manusia bisa berpijak di bumi, selain karena berat massa manusia yang memang lebih berat dari massa udara juga karena adanya medan magnet bumi.

Bila demikian, kenapa bulan, matahari dan benda-benda langit lainya tidak menabrak bumi yg katanya magnet besar? ya seperti halnya di video di atas. Benda-benda langit lainya dalam pengaruh medan elektromagnet bumi sehingga mereka semuanya mengitari bumi pada jalurnya. Bukan saling beradu gravitasi.

3. Bumi Memiliki Kubah Langit dan Dinding Bumi Yang Tak Dapat Ditembus.
Pertanyaan yang sering muncul jika bumi adalah datang adalah adanya tepi jurang. Menurut teori flatter, bumi memiliki dinding dan kubah yang kasat mata. Kubah bumi tak akan bisa ditembus oleh benda apapun yang dibuat manusia, roket, jet sampai rudal nuklir juga gak bakal tembus. Mereka sudah mencoba sendiri menembakkan roket ke angkasa berikut videonya

Bagaimana soal dinding bumi? dinding bumi secara nyata adalah dinding salju antartika. Manusia tak akan bisa melintasi atau menyebrangi antartika. Setiap usaha manusia melintasi dinding es antartika ujung-ujungnya manusia hanya akan mengitari dinding bumi karena kepentok dinding elektromagnetik bumi secara tidak sadar. Begini gambar imajiner flat earth dengan kubah langitt

Tapi ada juga flatter yang beranggapan bahwa ada kehidupan lain di sisi dinding es Antartika. Jadi di Bumi ini ada alien? bisa jadi, karena sebagai pusat galaksi ukuran bumi sangat luas sedang manusia hanya hidup di salah satu kawah bumi saja. hehehehe :mrgreen: jadi ingat film dokter strange, tentang sekumpulan mahluk hidup yang meyakini tinggal di dunia ternyata hanya hidup di dalam pucuk bunga.

Kira-kira seperti bentuk bumi menurut sebagian flatter yang berasumsi bahwa ada kehidupan lain di bagian bumi.

Peta Bumi Datar dengan model cekungan

4. Kutub Utara sebagai pusat bumi, Terbang dari timur ke barat akan kembali ke tempat semula.

Langsung cekidot videonya sob!.

Lalu bagaimana bila kita terbang dari utara ke selatan? nagh sampai sekarang belum ada yg mencoba terbang melintasi wilayah antartika atau kutub selatan. Sedangkan untuk kutub utara sudah biasa dilintasi.

Qantas maskapai penerbangan Australia, menawarkan penerbangan ke Antartika tapi hanya melintasi gunung Gunung Erebus. Sempat ada rute penerbangan langsung melintasi tepi Antartika dari Australia ke Chile tapi rute ini hanya bertahan dari tahun 2000-2010

5. Rasi-rasi bintang tidak berubah

Rasi-rasi bintang yang digunakan dalam navigasi kapal tidak pernah berubah. Semuanya bergerak sesuai jalurnya. Padahal bila bumi bergerak mengelilingi matahari seharusnya formasi rasi berubah, inilah yg disebut dengan stellar parallax yang hasilnya selalu negatif dalam teori heliosentrik.

Apa sih stellar parallax. Yaitu saat kita memandang obyek dari posisi yang berbeda, tentunya hasilnya juga berbeda kan?. Misal di bulan januari Bumi berada di sisi kiri matahari, tentu formasi bintang akan berbeda ketika bulan Juli saat bumi berada di sisi kanan matahari.

Dalam teori bumi datar, formasi rasi-rasi bintang tidak berubah, mereka  mengitari kubah langit bumi sesuai lintasan dan formasinya. Hanya ada satu rasi bintang yang tak berputar yaitu rasi bintang utara yang letaknya tepat di atas kutub utara. Selama berabad-abad, rasi-rasi bintang ini memandu perjalanan di laut.

Gambar diatas fotografi time lapse tentang pergerakan bintang-bintang mengeliling bumi. Ada satu bintang yg ttetap tak putar yaitu bintang utara.

6. Ukuran Matahari lebih kecil dan jaraknya lebih dekat.

Siang dan malam terjadi seperti pusaran yin-yang dalam filosopi China.

7. Teori Bumi Datar tidak berafiliasi dengan agama apapun tapi meyakini adanya sang Pencipta

Ketika disodorkan tentang teori bumi datar, biasanya stigma kita langsung menjudge bahwa ini pasti berasal dari dogma agama?. Biasanya langsung dituduh wahabi, ekstremis dll. Padahal aktifis flatter murni bekerja berdasarkan eksperimen ilmiah dengan berbagai latar belakang agama.

Ya harap dimaklumi, hampir semua agama mengajarkan bahwa bumi ini “terhampar” sebagai tikar digelar. Lalu Tuhan/Dewa-dewa memberikan hiasan di langit.

Apa yg mereka lakuin adalah tradisi astronomi yang selama berabad-abad, dari zaman sebelum masehi sampai sekarang biasa dilakukan pecinta luar angkasa, hanya saja beda madzhab, geosentrik atau heliosentrik. Teori geosentrik sempat redup saat teori bumi bulat  gencar dikenalkan terutama selama masa perang Dingin hegemoni antara Amerika dan Sovyet.

Sebagaimana halnya proses ilmiah, dua teori ini diadu melalui berbagai uji eksperimen dan eksplorasi. Seperti, uji kedataran air laut dengan sinar laser. Menembakkan roket untuk mencoba menembus kubah bumi. Sampai terbang di ketinggian batas langit dengan pesawat Mig29 untuk melihat horizon bumi, lengkung atau datar. Atau menerbangkan balon.

Ya begitulah orang barat, mereka melakukan uji hipotesis atau teori pada dogma teori pengetahuan.

Demikian 7 teori bumi datar yang R2B rangkum. Soal relevan atau enggak, apakah bisa dimentahkan oleh hipotesa bumi bulat, jelas bisa. Namanya juga perdebatan hipotesis.

Artikel selanjut

7 Fakta Logis bumi itu datar.

Advertisements

192 Komentar

    • yg moto Satelit nya mbah mu apa ya?
      jarak galaksi itu ribuan tahun cahaya mas bro
      gimana satelit bs sampe sono ngawur

      tau ga sih apa artinya “berjarak 1000 tahun cahaya”
      artinya kalo kita bisa terbang dgn kecepatan cahaya harus ditempuh dalam waktu 1000 tahun

      nah kalo pake roket yg kecepatanya 7000KM/jam artinya butuh waktu jutaan tahun
      trus satelit br ditemukan beberapa tahun terakir ini kan
      blom ada ribuan taun kan

      ko bisa sampe sono
      gt mksd nya

      • itu bukan foto mas… itu rekayasa komputer dari hasil hitung2an
        foto yg bisa diambil baru sejauh pluto lewat dikit (interstellar) oleh voyager 2, dan interstellar ini baru lewat dikit dari sollar cell

        • Jgn hanya berdasarkan teori tpi belom bisa membuktikan kalau bumi itu datar banyak org luar sudah membuktikan kalau bumi itu bulat org membuktikan bumi itu bulat tidak hanya dengan cara ilmuan tpi dengan cara berlayar org yg berdasarkan teori adalah orang yg sangat bodoh dan tidak berfikir secara logis kalau kalian ingin membuktikan bumi itu bulat kalian bisa bekerja di KAPAL PESIAR, karna jika kalian bekerja di kapal pesiar kalian bisa keliling dunia secara gratis dan bisa membuktikan bahwa teori idiot kalian bumi itu datar adalah salah besar

  1. kalau kubah bumi tidak bisa ditembus kok ada pesawat tanpa awak yang landing di mars, lagian buat apa to susah-susah pake teori jaman jadul begitu, kan sudah banyak citra satelit luar angkasa bisa langsung diketahui bentuk bumi seperti apa

    • Emang pesawatnya beneran landing di mars?
      Emang beneran ada satelit buatan bumi di atas sana?
      Emang beneran bumi di foto dari luar angkasa?

      Amerika dan Rusia lho pernah nembakin bom nuklir ke langit supaya bisa nembus kubah bumi, tapi ga ada yang pernah berhasil. Tau itu berapa lama? 4 tahun! Tau kekuatan nuklirnya seberapa? 100x lebih besar dari Bom Nuklir Hirosima!

      Jaman memang sudah canggih, tapi kuasa Tuhan tak bisa dilawan.
      Ini baru satu contoh nyatanya aja, masih banyak informasi lain.
      Cari2 informasi lagi mas bro, supaya ga mudah dibohongi.

      Terimakasih

      • Emang beneran ada satelit buatan bumi di atas sana?

        Emang lu pikir pekerja telekomunikasi dapat makan dari apa kl gak ada satelit? :v

  2. komentar saya
    yg no 2 ,bulan, matahari dan planet lainnya tidak nabrak bumi karena mereka bergerak memutar. benda yg bergerak memutar menghasilkan gaya sentripetal yg bisa mengimbangi gaya gravitasi, jadi tidak nabrak
    yg no 3 kok roketnya masih utuh, katanya habis nabrak. Kok beberapa bulan kemarin malah ada yg sampai pluto
    yg no 4 pada nggak berani melintasi kutub selatan mungkin karena masalah logistik. Kutub selatan kan pinggirnya samudra semua jadi jauh dari peradaban. kalo kutub utara pinggirnya kan ada benua amerika eropa sama asia jadi dekat dgn logistik.
    yg no 5 gampang alasannya. Umur bumi 4 milyaran tahun, alam semesta lebih tua lagi. sedangkan manusia rata2 60-70thn. kalo umur manusia mencapai jutaan tahun mungkin bisa melihat perubahan rasi dengan mata telanjang. Alasan lain mungkin karena nggak ada data rasi bintang dari masa lalu yg cukup akurat untuk dibandingkan dgn yg sekarang.
    yg no 6 sepengetahuanku cahaya itu memancar ke segala arah. Kalo bumi datar harusnya semua permukaan bumi kena sinar dan nggak pernah mengalami malam hari, kecuali mataharinya mirip senter yg ada reflektornya jadi lebih fokus arah sinarnya 😀

    panjang juga….:D

  3. Dlm Al Quran dah jelas bahwa bumi diibaratkan sperti telur burung unta….itu artinya “bulat”,namun fakta tdk sampai disana, telur burung unta berbentuk geospherical (bulat lonjong) dan bgitu jg bumi

    • harus gan,…
      lw ane,.,.,
      mungkin lumayan percaya kalo laut kita mirip danau yg di kelilingi tembok es gitu ….
      tapi aku yakin tidak datar…
      bisa jadi kan bumi bulat cuman tidak datar dan dinding ES juga berbentuk bulat…
      dan lw di alqur’an tertera bumi bentuk bulat telor burung onta — jadi aku yakin…
      soale di dunia ini buanyak sekali teori dan orang pintar yang terlalu pintar membodo
      hi orang

      • Hari gini klo pikir masih primitif apa kata dunia??..
        Semuah teory yg pro bumi datar adalah ketololan yg nyata.. mungkin lagi kena amnesia klo dia lagi pake internet yg sinyalx di kirim via satelit dst…

        • internet itu pakek kabel bawah laut mas, bukan satelit.
          Tuh sekarang di papua internet sedang koit karena kabel bawah lautnya putus kena jangkar kapal

          • kata-kata nya wihh kayak punya pengetahuan lebih banyak dari prof , kayak sudah lihat bumi dari luar angkasa , kayak sudah nembus kubah bumi , kayak sudah mengelilingi dudina lewat antartika , kayak udah pernah lihat satelit lewat teropong.

    • Gk masuk akal Bagaimana terjadinya gerhana bulan sabit,setengah,purnama dan gerhana matahari kalau bumi ini datar.. teori bumi datar tidak logis

    • Allah menggambarkan bumi kepada manusia yang berdiri dipermukaan bumi,jelas manusia pasti melihat bumi seperti hamparan,makanya ayatnya begitu!masa bunyi ayatnya kami bulat kan bumi,bego amat kalian.

  4. menurut saya mau bumi bulat, kotak, segitiga, 2d atau 3d itu bukan yang terpenting. Namun yang jadi masalah adalah rahasia dan kebenaran2 yang ditutupi.

    Saya dah nonton semua video dari flatearth101.wordpress.com
    Semua isi dari video itu intinya adalah kebohongan elit global dkk, penjauhan manusia dari Tuhan. Dan sumber keyakinan yang berakar dari science saja bukan dari sang pencipta.

    Daripada jadi ilmuwan mendadak yang mengkritisi ini dan itu, lebih baik dilihat saja sisi positifnya. Bahwa ternyata ada segelintir orang yang menguasai bumi ini dan kita sebagai rakyat biasa hanya bisa iya iya saja tanpa tahu kalo kita dibohongi setiap detik waktu dalam kehidupan

    • TIM EKSPEDISI ANTARTIKA BMKG MENGINJAKKAN KAKI DI KUTUB SELATAN

      Setelah menempuh pelayaran dengan kapal Aurora Australis sejauh 4.838 km dari Hobart, tim ekspedisi BMKG yaitu Wido Hanggoro dan Kadarsah ( Peneliti muda di Pusat Penelitian dan Pengembangan ),tiba di Davis tanggal 13 November 2015 pukul 15.05 (GMT+7). Temperatur pada saat itu adalah -12 derajat Celcius.Sebelum turun dari kapal, dilakukan briefing mengenai tata kelola, fasilitas, dan rencana kunjungan ke berbagai lokasi diantaranya adalah meteorology center Stasiun Davis.Tim dan penumpang lain diangkut menggunakan kendaraan khusus salju keStasiun Davis yang berjarak tempuh sekitar 20 menit dari pelabuhan. Stasiun Davis yang terletak pada -68.5766 derajat S, 77.9674 derajat E merupakan stasiun Australia yang terletak paling selatan, di Antartika, tempat dilakukannya penelitian oleh tim ekspedisi selama seminggu kedepan. Tepat pukul 17.40, tim turun dari kapal dan menjejakkan kaki pertama di kutub selatan
      ::: Humas

      BENDERA BMKG DIKIBARKAN OLEH TIM PUSLITBANG BMKG DI KUTUB SELATAN

      LINGKUNGAN DI LUAR STASIUN DAVIS YANG KOMPLIT DENGAN FASILITAS PENELITIAN

      KAPAL AURORA AUSTRALIS YANG DIGUNAKAN UNTUK BERLAYAR MENUJU KUTUB SELATAN

      Read more: http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Sestama/Humas/TIM_EKSPEDISI_ANTARTIKA_BMKG_MENGINJAKKAN_KAKI_DI_KUTUB_SELATAN.bmkg#ixzz4IuzAtBlg

  5. Saya sudah nonton semua videonya, tapi semua teorinya gampang dibantah. Ambil contoh gravitasi yg katanya gk berlaku lagi. Balon udara bisa terbang bukan berarti gk ada gravitasi, gravitasi masih ada, cuman lebih kecil ketimbang gaya angkat balon, (pelajaran SMA). Coba cari di youtube tentang percobaan bola bowling dan sehelai bulu yg dijatuhkan di ruang vakum pada ketinggian yg sama. Hasilnya, kedua benda jatuh pada waktu yg sama dan percepatan yg sama dan konstan, bukti adanya gravitasi, hk. Archimedes gk berlaku krn gk ada fluida, (masih pelajaran SMA). Mengenai bulan kenapa gk jatoh? Karena gk ada gaya gesek yg menyerap energi dari bulan. Bulan tidak berada di atmosfer bumi sehingga tdk mengalami gaya gesek. Sama halnya elektron dalam atom. Bulan ditarik bumi bukan dalam artian bulan ditarik langsung jatoh, analoginya kayak layangan (walaupun analoginya kurang pas), gravitasi bumi menjaga bulan agar tetap pada orbitnya, (masih pelajaran SMA).

    Mengenai Al-Qur’an yg menyebutkan bumi dihamparkan yg menurut penulis bagaikan tikar. Sekarang bayangkan anda berada di ujung tikar tersebut dan membelakangi tikar, apakah di depan anda bumi masih dihamparkan? Tentu tidak. Jadi yg dimaksud dihamparkan adalah tidak mempunyai ujung atau tepian dalam arti lain bulat dan besar shg kita sebagai manusia terlihat bumi dihamparkan begitu luas tanpa ada ujungnya

    GLOBE EARTH CHALLENGE!!!!
    Semua teori dapat terbantahkan dg mudah hanya dengan materi pelajaran SMA. Sekarang coba jawab pertanyaan simple ini, mengapa kita tidak bisa melihat pulau yg ada di sebrang lautan?? Jika bumi datar, pulau disebrang lautan harusnya keliatan sekalipun garis panntainya (meskipun harus pake teropong atau kamera beresolusi tinggi). Hayo kenapa??? Jika bumi bulat, pertanyaan tersebut sangat mudah dijawab.
    Selanjutnya, coba buat eksperimen arahkan sinar laser ke timur misalnya, apakah sinar tersebut akan sampai ke selatan (antartika)?? Kalo peta bumi datar di atas benar, maka sinar yg dipancarkan ke segala penjuru mata angin akan mengarah ke antartika. Sungguh gambar yg gk logis sama sekai. Saya kasih tau ya, gambar itu dibuat untuk memodelkan bumi (yg bulat) ke bentuk 2 dimensi alias peta, akibatnya skalanya tidak sama di semua tempat. Banyak metode pemodelan bumi, salah satunya azimutal equidistant seperti pada gambar di atas. Metodi ini, digunakan “hanya” untuk mengukur jarak antara pusat peta ke suatu tempat, jadi pusat peta tidak selalu kutub utara. Metode ini digunakan di berbagai bandara di dunia dengan pusat petanya adalah bandara itu sendiri, jadi bisa digunakan jarak terpendek utk pergi ke suatu tempat.

    “Subhanallah. Ternyata bumi selama ini datar, kita dibohongi oleh amerika. Cepat sebarkan!!!!
    1share = 1 pahala”. Pfffffttt. Selamat anda telah terkena bait

    • sudah ada percobaan menembakkan laser sejauh 6-10KM dan ternyata ketinggian cahaya tetap datar
      blass gak melengkung
      ada videonya di youtube

      • Bumi tdk sesempit itu. Keliling bumi lebih dari 40 ribu km. Kalo dibandingkan 10 km itu cuma titik, 40 m dibanding 1 centi, jelas jauh. Cahayapun sebenarnya bisa melengkung (atau lebih tepatnya membelok) bila terkena medan gravitasi. Itulah yg belum terjawab oleh Newton, mengapa cahaya yg tidk bermassa bisa terpengaruh gaya gravitasi. Namun pertanyaan tsb bisa dijawab oleh Einstein dg “mengubah” konsep gravitasi “bukan lagi sebuah gaya” melainkan efek kelengkungan ruang dan waktu oleh benda yg bermassa besar, (masih juga pelajaran SMA). Einstein bukannya menolak teori gravitasi, tapi mengubah konsepnya. Hal itu juga menjelaskan mengapa bintang yg terlihat di sekitar matahari bisa berubah posisinya ketika terjadi gerhana.

        Yg saya maksud diatas adalah coba deh pergi ke pulau yg paling dekat dg antartika, arahkan sinar laser ke barat atau timur, apakah sinar itu bisa sampai di antartika? Secara logika tdk bisa krn antartika berada di selatan, tapi berdasarkan peta yg kalian anggap benar itu, seharusnya bisa sampai ke antartika. Atau kalau gk mau susah, langsung pake teropong atau teleskop atau apalah, hadapkan ke barat/timur, apakah bisa melihat tembok antartika yg besar itu???

        Kalian itu dibohongi pembuat video, azimuthal equidistant bukan merubah peta bumi datar ke bumi bulat, melainkan sebaliknya, diatas sudah saya jelaskan. Mengubah peta bumi menjadi 2 dimensi mengakibatkan skalanya tidak sama di semua tempat. Azimuthal equidistant adalah salah satu metodenya, karena skala tdk sama di semua tempat, maka metode ini “hanya” digunakan untuk “mengukur” dan “menentukan arah” dari “pusat peta ke titik yg lain”, jadi tdk bisa digunakan utk mengukur 2 tempat yg tidak memotong pusat peta (dalam hal ini kutub utara). Jadi, ketika kita berada di pulau paling selatan, kita tdk mungkin bisa melihat antartika ketika kita menghadap barat/timur walaupun di peta gambarnya begitu, karena pulau itu dan antartika tidak segaris dg kutub utara, (yg pernah belajar geografi, garis dan perspektif harusnya tau).

      • TIM EKSPEDISI ANTARTIKA BMKG MENGINJAKKAN KAKI DI KUTUB SELATAN

        Setelah menempuh pelayaran dengan kapal Aurora Australis sejauh 4.838 km dari Hobart, tim ekspedisi BMKG yaitu Wido Hanggoro dan Kadarsah ( Peneliti muda di Pusat Penelitian dan Pengembangan ),tiba di Davis tanggal 13 November 2015 pukul 15.05 (GMT+7). Temperatur pada saat itu adalah -12 derajat Celcius.Sebelum turun dari kapal, dilakukan briefing mengenai tata kelola, fasilitas, dan rencana kunjungan ke berbagai lokasi diantaranya adalah meteorology center Stasiun Davis.Tim dan penumpang lain diangkut menggunakan kendaraan khusus salju keStasiun Davis yang berjarak tempuh sekitar 20 menit dari pelabuhan. Stasiun Davis yang terletak pada -68.5766 derajat S, 77.9674 derajat E merupakan stasiun Australia yang terletak paling selatan, di Antartika, tempat dilakukannya penelitian oleh tim ekspedisi selama seminggu kedepan. Tepat pukul 17.40, tim turun dari kapal dan menjejakkan kaki pertama di kutub selatan
        ::: Humas

        BENDERA BMKG DIKIBARKAN OLEH TIM PUSLITBANG BMKG DI KUTUB SELATAN

        LINGKUNGAN DI LUAR STASIUN DAVIS YANG KOMPLIT DENGAN FASILITAS PENELITIAN

        KAPAL AURORA AUSTRALIS YANG DIGUNAKAN UNTUK BERLAYAR MENUJU KUTUB SELATAN

        Read more: http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Sestama/Humas/TIM_EKSPEDISI_ANTARTIKA_BMKG_MENGINJAKKAN_KAKI_DI_KUTUB_SELATAN.bmkg#ixzz4IuzAtBlg

      • Jangan samakan satelit buatan dg bulan, massanya sudah jauh berbeda, kalo tau persamaan hukum gravitasi universal harusnya sudah paham (masih pelajaran SMA). Satelit ditempatkan di ketinggian segitu karena massanya memang tdk seberat bulan. Di ketinggian segitu atmosfer sudah sangat tipis, jadi hampir tidak ada gaya gesek. Mengapa tdk jatuh? Penjelasannya sama kayak bulan, satelit dikasih kecepatan awal dulu agar tetap bisa melaju di orbitnya, kecepatannya bisa sampai 30 ribu km/jam. Jangan tanya lagi kenapa bisa secepat itu, kenapa bentuknya gk aerodinamis, kenapa gk saling bertabrakan, kenapa bisa melaju secepat itu terus menerus, gk habis tenaganya. Susah njelasin dari awal kalo dasarnya aja gk paham

          • Satelit memang banyak, tapi langit di ketinggian tertentu sangatlah luas. Mnurut perhitungan hanya ada 1 satelit setiap 1 jt km2. Walaupun begitu, ada kok satelit yg tertangkap pengamatan teleskop. Cari di Youtube “satellite through telescope”

            Jangan hanya terima informasi mentah2 langsung percaya, kroscek dulu kebenarannya!!!

        • Menurut sumber wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/Supersonik, “Supersonik adalah kecepatan di atas kecepatan suara, yang kira-kira adalah 343 m/d (1.087 kaki/detik, 761 mpj, 1.225 km/j, di udara pada permukaan laut.”

          Bandingkan antara kecepatan supersonik dengan kecepatan satelit menurut @flatearth101 yg mencapai 30.000km/jam, itu sama dengan 24,5 x kecepatan pesawat supersonik.

          Sekarang bandingkan antara desain pesawat supersonik yg didesain sedemikian rupa agar tidak habis beterbangan dengan desain satelit yg ada sekarang ini.
          Apakah itu masuk di akal?

          • Hadeuh… Kan diatas sudah dibilang, jangan tanya knp satelit bentuknya gk aerodinamis seperti pesawat terbang, susah njelasinnya.
            Saya kasih analogi aja. Adakah kapal selam yg lebih cepat dari mobil tercepat di dunia? Adakah mobil yg lebih cepat dari pesawat tercepat di dunia? Pernahkah berfikir knp kapal selam atau mobil tidak didesain mirip pesawat agar larinya kenceng??? Binatang tercepat pun dipegang oleh binatang udara, kenapa Tuhan tdk mendesain binatang darat seperti binatang udara? Kita tahu ayam termasuk hewan yg lambat larinya.
            Semakin tinggi, udara semakin tipis, itulah mengapa desainnya berbeda2, bahkan yg di dalam air desainnya juga berbeda. Jadi, satelit yg tingginya sampai ribuan km gk perlu didesain sprti pesawat yg tingginya hanya belasan km, sehingga bagian2nya bisa berfungsi maksimal.
            Sekarang, apakah kecepatan satelit dpt dikategorikan supersonik?? Jawabannya sebenarnya ada di kutipan anda sendiri. “Supersonik adalah kecepatan …blablabla…. pada permukaan laut”. Apakah satelit berada di permukaan laut???

            A : Bro, ayo kita buat desain mobil tercepat di dunia.
            B : caranya?
            A : kita pakai desain jet tempur, bro. Kan cepet tuh
            B : pernah liat ayam gk, bro?
            A : ha???

  6. Ente kok gak paham istilah di atas permukaan laut sih gan? 🙂
    Itu cuma istilah utk mengukur ketinggian suatu objek dari muka bumi.

    Apakah satelit berada di permukaan laut???
    kwkwkwkw….

    • Lho gmn sih?? Coba pahami lagi pernyataan yg Anda kutip sendiri, disitu dikatakan “…. di udara PADA permukaan laut”. Artinya objeknya hanya beberapa meter di atas laut. Tolong bedakan PADA dan DI ATAS. Mengapa pengujiannya pada permukaan laut?? Karena di situlah tekanan udara 1 atmosfer (materi SMA), sehingga bisa dijadikan acuan ideal. Untuk mengetahui sebuah pesawat terbang memiliki kecepatan supersonik atau tidak, pengujiannya ya di situ, gk boleh asal diuji di atas daratan, di atas gunung atau di ruang angkasa, karena tekanan udaranya berbeda. Jika tekanan udaranya berbeda gaya geseknya juga berbeda. Semakin tinggi suatu tempat, udara semakin tipis, tekanan udara semakin rendah, gaya gesek relatif berkurang (gaya gesek gk hanya dipengaruhi tekanan). satelit yg ratusan kali lebih tinggi dari pesawat terbang, gk mungkin mengalami turbulensi, jadi gk perlu mengutamakan bentuk, yg penting bisa berfungsi lebih optimal

      • Bisa anda jelaskan ttg fenomena rute penerbangan yang kalau kita lihat peta bumi bulat maka itu terlihat sangat tidak efisien. tapi dengan peta bumi datar maka nampak sangat masuk akal.

        • gan, saya mw tanya, gmana caranya gerhana terjadi jika dibumi datar, selama ini para pendukung flatearth belum bisa menjawab pertanyaan itu, dan kalau soal rute penerbangan yg tdk masuk akal, itu bisa masuk akal, knpa rute pesawatnya malah ngambil rute yg jauh?, karna mungkin rute penerbangan yg singkat itu mungkin mempunyai halangan untuk penerbangan dan mungkin jga rutenya transit untuk mengambil penumpang, tapi pertanyaan sya cuma itu gan, “bagaimana gerhana bisa terjadi kalau bumi berbentuk datar?”, mohon maaf jika ada salah kata

  7. bumi datar itu baru sebatas FANTASI, belum bisa disebut teori. semua video2 yg diposting kalangan FE (flat earther) di youtub cuma mengedepankan ulasan konspirasi, yg NASA bohonglah, konspirasi Yahudi lah, dll… nggak ada ilmiahnya sama sekali buat mendukung klaim bumi datar

  8. Bumi bulat memang tdk logis, gimana dgn arah Kiblat umat Islam kalo bumi bulat, jelas masuk akal kalau bumi datar. Terserah anda mw percaya atw tdk, itu hanya bagian kecil atw tdk ada apa2 ny dibandingkan tatanan dunia baru hingga manusia punya utang permanen, sama kyk mind Control “tolol permanen”.

    • elu yg tolol, begok, sekolah slama ini sia2 stlh liat video yutub, karuan gg prlu skolah, lgsg gedek lgsg nnton yutub aj lu

      • Gmana bs salah, justru bumi bulat lah yg sulit mengarah ke Kiblat Dr segala penjuru bumi, terus bagaimana dgn kabah yg menghadap langsung ke Baitul makmur dilangit ke 7? Sedangkan pemahaman Anda bumi beredar, ya gk slalu pas donk, bs saja menghadap ke laut atau ke gurun. Tolong dijelaskan.

        • Ya jelas salah lah. Kalo bumi datar, arah timur/baratnya jadinya melingkar, berarti orang yg shalatnya menghadap timur/barat salah dong. Coba deh, jalan lurus terus ke barat/timur tanpa pakai kompas, apakah bisa sampai ke kutub selatan? Kalo pake teori bumi datar, harusnya bisa. Makanya di atas saya bilang silahkan menghadap timur/barat, amati apakah antartikanya keliatan?? Kejauhan? Mendekat aja beberapa km dari antartika, dengan cara yg sama, apakah bisa keliatan??. Seharusnya flat earth society bisa melakukan experimen itu, karena mudah dan bisa jadi bukti tak terbantahkan bila berhasil.

          Mengenai Baitul Makmur, kalo anda memahami apa itu relativitas, pasti mssuk akal

          • sok tau, makanya liat dulu videonya, diliat bener jangan diskip-skip, lo modal gasuka aja ngotot gajelas. ya jelas ya jelas apaan blog

            arah kompas peta datar utara menunjukkan kutub utara jadi bukannya yang nunjuk ke atas. faedahnya lo bnanya ke barat tanpa kompas nyampe antartika apaan, ya jelas sampe lah orang tepiannya ketutupan es semua mau ke utara, timur, selatan, terus ya mentok ketemunya dinding es.

            bumi bulat tuh goblog gara gara bumi bulat kiblat gw gajelas, barat laut bisa, tenggara(arah yg berlawanan dengan bart laut juga bisa)

            ngomongnya sok tinggi sengaja biar pada gak tau, orang orang muna. lo jelasin dulu tuh diatas rute penerbangan. sukses selalu, blog.

    • Bahannya terbuat dari Carbon Fiber, ada beberapa komponen yang terbuat dari Carbon Nanotube, ada juga yang terbuat dari Magnesium Alloy, ada Titanium Alloy juga, intinya berbagai macam logam mulia…

    • Sebetulnya itu adalah cara NASA agar dapat terlihat sebuah bendera berkibar dari sebuah foto. Mereka menginginkan sebuah foto yang heroik dengan bendera Amerika yang terlihat dengan jelas, jadi mereka memasang sebuah pipa horizontal kecil di atas tiang. Hal ini menyebabkan tiang bendera tersebut berbentuk huruf L terbalik. Bendera itu tertahan oleh pipa horizontal dan kerutan pada bendera menciptakan efek berkibar.

      https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_konspirasi_pendaratan_bulan

  9. Banyak orang yang hanya belajar sains tapi tidak belajar agama (Islam), hasilnya mereka menyalahkan agama. Ada juga yang belajar agama tapi tidak belajar sains, hasilnya mereka menyalahkan sains. Inilah yg disebut Einstein sains tanpa agama adalah buta, agama tanpa sains adalah pincang. Sesuai Hadits Nabi “jika ingin dunia, raihlah dengan ilmu. Jika ingin akhirat, raihlah dengan ilmu. Jika ingin keduanya, raihlah dengan ilmu.” Yg dimaksud ilmu, tentu bergantung apa yg ingin diraih. Jika ingin dunia akhirat ya dengan ilmu dunia (sains) dan ilmu akhirat (agama). Kalo kita belajar duaduanya, pasti kita tidak akan menyalahkan salah satunya. Justru kita akan menemukan keserasian diantara keduanya sehingga iman kita bertambah dan keingintahuan kita juga bertambah.

    Permasalahannya adalah kita tidak belajar keduanya, sehingga ada hoax seperti ini langsung percaya aja tanpa kroscek dulu. saya yakin kebanyakan di sini hanya browsing 2-3 menit, yang dicari hanyalah pendapat2 yg mendukung apa yg kita inginkan, betul???

    • Manusia punya keterbatasan kita tdk akan sanggup menyamai atau memahami ilmu allah. Faktanya dlm al Quran Allah menjelaskan bumi itu di bentangkan … Kita sebagai hambanya yg beriman harus yakin dgn, itu … Adapun menjadi perdebatan kembali Lagi. Ilmu manusia tdk bisa menyamai ilmu Allah. Ini hanya pembelokan keyakinan agar secara tdk sadar KITA TELAH MEMBANTAH AL QURAN SEBAGAI KITAB YG TELAH DI WAHYUKAN OLEH NABI KITA.. WASPADALAH… segala teori bangsa barat yg menyesatkan. Mrk ingin agar kits percaya bumi itu bulat.Dan secara tdk sadar kita telah menentang APA yg team di Wahyukan …

        • @boon,negara manasaja yang berada dipinggiran piringan bumi,bila bumi bener datar,terus negara negara yang deket dinding yang katanya antartika negara apasaja ,diamerika malam dikita indonesia siang amerika berada ditepi piringan sebelah mana?apautara,selatan timur,atau barat atau gak ada tuh yang namanys utara srlatan timur barat ,bagai mana teorinya terjadi siang malam,posisi matahari dimana?ngumpet dibawah piringan?

  10. Globe earth challenge! :
    Kenapa pulau diseberang lautan tdk terlihat? walaupun dengan teropong dan kamera resolusi tinggi.

    Pulau diseberang lautan tidak terlihat dengan mata telanjang disebabkan karena perspektif. “meskipun dengan dengan teropong dan kamera resolusi tinggi”, yakin? berapa jauh jangkauan kameranya? pelaut aja bisa liat pulang yang sangat jauh dengan teropong, walaupun terlihat mengecil karena perspektif. kalo anda berdiri di tengah laut, lihat kearah garis ujung laut, apa bumi terlihat melengkung di bagian samping?

  11. Kalau bumi flat itu benar, semoga akan terungkap/dibuktikan. Bisa terbang ke angkasa trus potret buminya.
    Terkadang sains memang memaksa kita untuk jauh dari agama.. Jadi buat yang masih bingung, ikuti aja dulu teori bumi bulat (teori yg berlaku) supaya dapet nilai bagus dikuliahan/sekolah. Mudah2an bisa jd org penting di NASA jadi bisa tau jawabannya.

    • Diatas sudah saya jelaskan, sains dan agama (islam) sangat berkaitan, kalo kita belajar keduanya dg benar pasti iman kita malah semakin bertambah, bukan berkurang, buktinya banyak ilmuwan yg masuk islam. Memang permasalahannya adalah di sekolah pelajaran agama dan sains tdk berimbang. Namun sekarang sudah banyak madrasah atau pesantren yg berbasis iptek

      • 1 lg alasan saya yg blm terjawab bro flatearth 101..
        Ada bintang yg berbaris… Setiap malam saya melihat itu…
        Kalau bumi ini bulat dan berputar mengelilingi matahari, klau memang berputar pasti ada satu sisi kita tidak bisa melihat bintang trsebut… Tp mengapa msih saja terlihat.. Tolong dijawab…

  12. rasanya seperti kembali ke zaman nabi ketika nabi memberitahu kebenaran orang orang menganggapnya bodoh hingga gila, cacian dan makian terus berdatangan …….

    • Itu karena org kafir quraisy sudah terlalu kental budaya jahiliyahnya, sehingga mereka memandang scr subyektif, beda dg sains yg harus obyektif. Sebenarnya mereka tahu bahwa Nabi Muhammad adalah org yg cerdas dan sangat amanah, gelarnya aja Al-Amin. Sebelum jadi Nabi, mereka mempercayai semua perkataan Muhammad, apapun itu. Tapi ketika menyampaikan wahyu, banyak yg tidak percaya, namun mereka masih mempercayai apapun dari Nabi Muhammad yg selain wahyu, buktinya banyak barang2 titipan di rumah Nabi. Orang kafir quraisy juga sepenuhnya sadar bahwa Nabi Muhammad bukan orang gila, penyihir atau sebagainya. Tapi mereka menuduh seperti itu agar orang2 yg datang ke Makkah tidak menjadi pengikutnya. Silahkan baca lagi sirah nabawinya

  13. Jangan mau di adu domba dengan teori teori tersebut !!yg pastinya kita cukup percaya pada ALLAH SWT karna dialah yg menciptakan bumi dan dialah yg akan menghancurkan bumi pula !!

    • Salah kalau kita hanya percaya Allah, kita juga harus belajar tentang ciptaan Allah dg akal yg sudah Allah berikan. Allah memang diluar akal kita, Tuhan memang seharusnya seperti itu. Tapi ciptaan Allah bisa kita pelajari. Di Al-Quran sudah jelas menyuruh kita berfikir. Kalo semua umat Islam berpikiran hanya percaya Allah saja, tanpa belajar tentang dunia (sains), maka umat Islam hanya jadi budak di dunia, kejayaan umat Islam yg pernah diraih dulu, tdk akan pernah terulang kembali. Kami para mahasiswa muslim, punya visi besar untuk mengembalikan kejayaan umat muslim. Itulah takdir kita yg sudah dijanjikan Allah

      • neil degrasse tyson…seorang ilmuwan astrofisika dan antropolog…yang sangat direkomen Nasa saja masih tidak sepakat tentang bentuk bumi, dalam satu wawancara beliau mengatakan bentuk bumi adalah sperical…atau bahkan oblete bagaikan bentuk buah pir…lo seorang ilmuwan bisa bisa nya merekomendasikan bentuk bumi di dalam acara live langsung yg disiarkan tv…menjelaskan secara serampangan tentang bentuk bumi…bagaimana dengan orang awam??…padahal kalau kita searching di google di situs2 paling tua tentang bentuk bumi dari dulu hingga sekarang berbentuk bulat bundar…tidak ada satu pun yg menunjukkan bentuk sperical lebih2 kepada oblete…jadi ilmuwan pendukung GE sendiri masih berbeda pendapat tentang bentuk bumi…berbeda dengan para flat earthers yg jujur belum bisa menunjukkan bentuk bumi seperti apa karena belum memiliki sumber daya yg mumpuni untuk memotretnya…dibanding NASA yg punya budget hingga 200an trilyun rupiah setiap tahun…wajar bisa menerbangkan roket ke angkasa wajar bisa buat simulasi wajar bisa bikin apa saja…hehe

      • kaum flat earthers lebih membuka mind mereka…sebagaimana ayat dalam alquran “innafi kholqissama watiwal ardhi….ila akhiri ayah”….artinya mereka melihat merenung berfikir…ttg fakta bukan fake bukan hoax…tentang kondisi bumi dan realitanya….bagaimana dengan teori phytagoras sederhana…bayangan matahari terhadap benda2 dibumi secara simpel menunjukkan jarak yg cukup dekat…bukan ratusan juta kilo jauhnya posisi bumi relatif thd matahari atau posisi bulan terhadap bumi…dihubungkan dengan gerhana yg bisa diprediksi secara akurat kapan terjadinya dan bagaimna peredarannya…bahkan tinggi permukaan air laut terhadap badan kapal dan bagaimana pola penerbangan serta arah kiblat serta posisi aras tuhan yg tegak lurus (apabila kita umat islam)…dan kecepatan pesawat terbang saat terbang di ketinggian udara dan ketika hendak mendarat….sungguh sesuai dengan fakta akan kondisi bumi yg stationer tidak bergerak…bukan sekedar teori bahkan asumsi semata

      • Flatearth betul,bukankah Allah menyuruh kita bertafakur dibeberapa ayat alquran,bertafakur artinya berfikir pakailah otak yang telah disediakan Allah.amatilah alam ini.ayat ayat alquan yang menerangkan trntang langit dan bumi,Allah menerangkan segalanya dari posisi manusia berada dipermukaan bumi,manusia memandang bumi seperti dataran jelas Allah mrmberikan gambaran bumi seperti hamparan.

  14. ” Bumi Memiliki Kubah Langit dan Dinding Bumi Yang Tak Dapat Ditembus.” lalu apakah itu benar ??
    buktinya nabi muhammad saw. bisa menghapad allah swt untuk isra mi’raj ?? apakah benar “tak dapat di tembuss ” lalu bagaimana meteor/benda planet bisa terjatuh ke bumi bila tidak ada gaya grafitasi bumi ? dan bagaimana proses terjadinya aurora bila tak ada gaya grafitasi bumi ? memang sampai saat ini belum pernah ada seorang pun yang mendarat di bulan tetapi sebelum alat alat canggih tercipta para muslim sudah bisa menembus bumi tanpa alat yang canggih
    daripada pusing mikirin bumi kita kembalikan saja terhadap kepercayaan masing masing lebih baik bumi itu kerucut saja biar adil 😀

    thank’s

  15. Apa yang kita lihat belum tentu benar.. Contohnya rel yang diliat dari kejauhan akan menjadi satu.. Tapi nyatanya??? Enggak.. Begitu juga bumi keliatannya bulat… Tp sebenarnya bisa saja datar… Ciptaan tuhan itu ajaib…

  16. @penulis

    wkwkwkwk, sebenarnya gue dalam posisi netral nih…tp keliatan klo tulisan ini modal copas, asal comot aja tanpa itung2an dan pengetahuan soal sains… klo lu emang percaya bahwa teori bumi datar ya tgl lu jabarin aja fakta2 lu sendiri, jgn pake video atau copas tulisan orang aja, biar lu ngerti klo di ajak debat dgn yg kontra teori flat earth ini…

    mustinya dgn fakta2 dr lu atau teori2 lu soal bumi datar lu harusnya g berhenti cuman 1 page ini doang, bisa jd klo lu bener2 yakin bumi datar mustinya lu bikin tulisan ber page2 guna mendukung teori lu, bahwa bumi itu datar.

    tp ya itu, lu aja masih copas dr forum orang asing dan blm paham bhs asing, apalagi soal sains?? ya pembaca disini jg tau kredibilitas lu disini 😉

    apa lg flatearth101 (klo g salah) yg lu ajak debat itu lg sekolah master kimia di jepang loh…CMIIW, jd gunain pengetahuan sainsmu baik2 supaya g keliatan asbun

    • +mr. mpx, kalo d agama saya sih manusia itu ciptaan yang paling sempurna dari mahluk yg lain jadi ya wajar kalo tuhan juga nempatin kita (manusia) d tempat yang spesial juga

      • Jadi tuhan ciptakan makhluk yang sempurna hanya manusia? Manusia selalu merasa egois menganggap dirinya adalah pusat dari segalanya. Tuhan ciptakan dunia yang luas tak se-sempit pemikiran anda.

  17. man teman. daripada debat mending berdoa aja. kan dunia tambah lama tambah canggih tu . saya yakin suatu saat kita bakal tau kebenaranya. mungkin 10 atau 20 taun lagi. yang beranggapan bumi datar silahkan di perkuat kebenaranya. yang beranggapan bumi bulat silahkan juga d pertahankan teorinya.. teori bumi bulat atau datar kan smua berasal dari hasil pemikiran manusia, jadi mklum maklum aja kalo ada perbedaan teori.

    • kedua-duanya bisa dimengerti, tapi bumi bulat lah yang lebih masuk akal. alam semesta menurut bumi bulat sangatlah luas, bahkan tdk diketahui batasnya. jarak bumi-matahari = 8 menit cahaya, jarak antara 2 bintang = 4,2 tahun cahaya, dan ada milyaran bintang dalam satu galaksi, dan masih ada milyaran galaksi di luar sana. bandingkan dengan alam semesta menurut bumi datar, tdk diketahui di bawah bumi itu apa, berarti bumi adalah batas alam semesta, alam semesta kok ada batasnya, Tuhan kok menciptakan alam semesta sekecil itu, berarti Tuhan kecil dong. Secara tdk langsung, orang yg percaya bumi datar menganggap Tuhannya kecil. belum lagi jarak dan diameter bintang2 yg dianggap juga kecil2 mengelilingi bumi, itu jelas bertentangan dg Hadits Nabi. Nabi pernah ditanya mengenai benda2 langit (bintang2), kemana perginya benda langit itu ketika terbenam. Nabi menjawab, “ia TETAP pada tempatnya TDK BERPINDAH dan TDK BERGESER. Ia tenggelam bagi suatu kaum dan terbit bagi kaum yg lain.” dg kata lain, bukan bintang2 yg mengelilingi bumi, tapi buminya yg berotasi. mungkin ada yg bertanya, bintang2 itu kan mengorbit pusat galaksi, Al-Qur’an juga mengatakan matahari punya orbit?? matahari punya orbit tapi orbitnya adalah pusat galaksi bukan bumi. sedangkan yg dimaksud nabi, matahari tdk bergerak relatif terhadap bumi, jadi menurut bumi, matahari tdk bergerak, buminya yg bergerak.

      • Kalo menurut bumi bulat apakah langit ke 7 itu berpusat di satu titik? misalkan berada diatas bumi bagian utara (misalkan).. ataukah bisa berada di atas bagian bumi mana saja?

        • Objek bangunan mirip unidentified flying object (UFO) ditemukan di Antartika atau Kutub Selatan. Bangunan tersebut menyerupai bentuk khas piring terbang atau UFO.

          Rupanya, bangunan mirip UFO ini adalah stasiun riset yang didirikan oleh China di Kutub Selatan. Ini merupakan stasiun riset keempat yang dibangun Negeri Tirai Bambu tersebut.

          China secara resmi membuka stasiun riset tersebut pekan ini untuk menginvestigasi geologi, gletser, geomagnetik dan sains atmosfer. Bangunan ini dinamakan Taishan, yang diambil dari salah satu dari lima gunung yang dianggap suci di China.

          Taishan berdiri di antara stasiun riset China lainnya, Zhongshan dan Kunlun di ketinggian 2.600 meter di daratan Antartika. Kabarnya, diperlukan 45 hari untuk membangun konstruksi bangunan di wilayah dengan temperatur minus 40 derajat Celcius tersebut.

          Taishan digunakan oleh peneliti selama musim panas Desember hingga Maret untuk tujuan ilmu pengetahuan. Bangunan ini mampu menampung sebanyak 20 orang.

          Stasiun riset ini juga digunakan untuk pembangkit listrik, serta mendukung untuk akomodasi, penyimpanan, pemeliharaan mesin, komunikasi dan tempat penampungan darurat. Stasiun berbentuk UFO ini juga dilengkapi dengan penyimpanan minyak.

          China meluncurkan ekspedisi Antartika pertama pada 1984. Selama tiga dekade terakhir, negara-negara saingannya telah menggenjot kompetisi untuk wilayah Antartika yang kaya akan sumber daya alam.

  18. Kalo bumi datar berarti apa di bawahnya bumi..tanah kosong.? Batu batu? Ikan? .pohon? Air? Trusss ada fotonya ada apa dibawah bumi.? ..kalo bulat nyata dibawahnya tetep bulat..org sudah sampe ke planet marikh kok bumi datar aja bawanya aja kagak tau…bodohnya mereka sampe ke marikh kalo bumi aja blom di keliling…wkwkwkw

    • Saya gak mihak siapa
      @pelangibumiulat…berarti anda belum menonton/memahami yg di jelaskan flaters…kan menurut flaters belon ada yg ke angkasa luar,bumi datar ada dome yg tak bisa di tembus dan kutub selatan yg tak bisa di lewati (jadi katanya nasa itu bohong)…jd gimana mo tau bawahnya bumi datar?…jd itu misterius…pahami dulu bro

    • Jakarta (ANTARA News) – Dosen Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Nugroho Imam Setiawan, akan mengikuti penelitian masa depan planet bumi di Antartika yang diadakan Japan Antartic Research Expedition (JARE) pada Januari-Februari 2017.

      Nugroho adalah satu-satunya anggota tim ekspedisi dari Asia Tenggara yang lolos seleksi wawancara dan rekomendasi. Ia masuk Tim JARE ke-58 bersama dengan dua peneliti lain dari Mongolia dan Srilanka.

      “Banyak peneliti yang mendaftar ekspedisi ini, seperti Malaysia, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Laos, dan lainnya, tetapi yang terpilih hanya dari tiga negara, yaitu Indonesia, Srilanka, dan Mongolia,” ujar Nugroho dalam keterangan tertulis, hari ini.

      Tim JARE, kata dia, berjumlah 64 orang yang 61 orang di antaranya orang Jepang, sedangkan tiga lainnya dari Indonesia, Srilanka dan Mongolia.

      JARE ke-58 mengundang ilmuwan Asia yang belum memiliki markas di Antartika untuk bergabung sebagai pengamat melalui program Asian Forum for Polar Sciences (AFOPS).

      “Saya masuk ke dalam tim geologi yang akan meneliti batuan metamorf di Antartika, persyaratan dasarnya adalah spesialisasi keilmuan di bidang batuan metamorf,” tutur dia.

      Selain geologi, tim itu juga terdiri dari peneliti lintas disiplin keilmuan, meliputi geografi, oseanografi biologi, geofisika, sedimentologi, astronomi dan glasiologi, yang masing-masing tim riset memiliki kurikulum pelatihan berbeda-beda.

      Nugroho mengaku mencemaskan keadaan suhu ekstrem yang akan dihadapinya di Antartika.

      “Ada rasa gugup karena hanya saya yang berasal dari negara khatulistiwa dengan suhu stabil tanpa pernah hidup lama pada kondisi minus 10 derajat celcius, apalagi dengan bertenda,” kata dia.

      Nugroho mengharapkan ekspedisi riset di Antartika ini ia akan memperoleh data-data bagus untuk publikasi makalah dalam mengungkap evolusi batuan metamorf dan mendorong generasi selanjutnya untuk melakukan penelitian serupa dari ilmu-ilmu dasar.

      “Akan lebih baik lagi jika pemerintah Indonesia mau membuat base camp riset di Antartika,” tutur dia.

    • Peneliti BMKG Ekspedisi ke Kutub Selatan
      Kamis, 15 Oktober 2015 09:20
      Peneliti BMKG Ekspedisi ke Kutub Selatan
      Kompas.com
      Ilustrasi

      WARTA KOTA, DEPOK – Untuk memahami pengaruh laut terhadap iklim dan cuaca di Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengirimkan enam penelitinya dalam ekspedisi ke Antartika atau Kutub Selatan dan ke Puncak Jaya Papua, mulai Rabu (14/10).
      Dua peneliti BMKG yakni Wido Hanggoro dan Kadarsah, melakukan ekspedisi ke Antartika atau Kutub Selatan, sementara 4 peneliti lainnya yakni Dyah Lukita Sari, Ferdika A Harapak, Najib Habibie, dan Donny Kristianto, ke Puncak Jaya Papua.
      Kepala BMKG, Andi Eka Sakya, menuturkan tugas para peneliti adalah menemukan pemahaman sejauh mana laut mempengaruhi iklim dan cuaca di Indonesia.
      “Ini mengingat Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia, dengan lebih dari 70 persen wilayahnya adalah lautan. Iklim di Indonesia diketahui sangat dipengaruhi sirkulasi monsoon panas Australia pada April hingga September, dan sirkulasi monsoon dingin Asia pada Oktober hingga Maret,” kata Andi.

      Hal inilah, katanya yang menyebabkan pemahaman terhadap kondisi laut menjadi sangat penting, karena sangat mempengaruhi iklim dan cuaca Indonesia. Apalagi iklim Indonesia selalu dipengaruhi oleh kondisi Samudera Pasifik dan Hindia.

      Ia mengatakan dua peneliti BMKG yakni Wido Hanggoro dan Kadarsah yang melakukan ekspedisi ke Antartika atau Kutub Selatan, berangkat Rabu dengan pelayaran menggunakan kapal riset, menuju Stasiun Meteorologi Davis di Kutub Selatan. Di sana keduanya, akan bergabung bersama Tim Ekspedisi Bureau of Meteorology (BoM) Australian Antarctic Division (AAD).
      “Mereka akan mengumpulkan dan menganalisis data serta kondisi laut menggunakan berbagai alat dan data observasi,” kata Andi.
      Selain itu, mereka juga akan melakukan simulasi model meteorologi resolusi tinggi serta pengamatan udara di atas menggunakan Light Detection and Ranging (LIDAR). “Untuk ini di fokuskan dilakukan di Stasiun Meteorologi Davies,” kata Andi.

      Sementara 4 peneliti BMKG lainnya, Dyah Lukita Sari, Ferdika A Harapak, Najib Habibie, dan Donny Kristianto yang melakukan ekspedisi ke Puncak Jaya Papua, juga berangkat Rabu. Mereka meneliti dan memahami dampak pemanasan global di wilayah khatulistiwa.

      Ia mengatakan ekspedisi yang dilakukan 6 peneliti BMKG ini bekerjasama dengan Ohio University, Colombia University dan Freeport. “Ini adalah kerjasama yang ketiga kalinya yang kami lakukan sejak tahun 2010,” kata Andi.
      Menurut Andi rangkaian ekspedisi penelitian diharapkan menjadi “batu-tapak” atau jejak kontribusi Indonesia terhadap pemahaman dinamika iklim dunia secara global.

      “Posisi strategis geografi Indonesia menjadi kunci pemahaman dinamika iklim dunia dan perubahannya,” kata Andi.
      Ia mengatakan langkah ini juga menjadi bagian dari keberpihakan BMKG untuk menekankan bidang penelitian iklim sehingga mendukung upaya peningkatan pelayanan meteorologi, klimatologi dan geofisika, sekaligus meningkatkan kemampuan SDM Indonesia terutama para peneliti mumpuni.
      Menurut Andi diharapkan hasil penelitian menjadi sumbangan yang sangat berharga secara global dan merupakan langkah awal pemahaman hubungan telekoneksi iklim antara wilayah tropis dengan antartika.

      “Hasilnya akan jadi masukan masukan berharga atas rangkaian penelitian lanjutan tahun 2017 sampai 2019 mendatang,” katanya.
      Sebab, tambah Andi, pada 2017 sampai 2019 merupakan Tahun Benua Maritim atau Year of Maritime Continent (YMC) serta Year of Polar Initiative (YPI) di Antartika.(bum)

  19. Sebenarnya aslinya pedukung bumi datar itu ga menggunakan pemikiran logis. Jika benar bumi flat/datar bagaimana bentuk matahari ? Tolong ada yang bisa jawab pertanyaan saya bagi yang setuju sama teori bumi datar ? Tentunya tanpa teori dari nasa dan bisa diterima logika.

    Masa cuma gara-gara nonton cuplikan ga jelas dari sekelompok orang yang terlalu banyak menonton fiksi kemudian bingung tentang sains dan alam semesta lalu menyalahkan semua ilmuwan yang menghabiskan puluhan tahun dilaboratorium aja dengan mudahnya kalian percaya aja.

    Wtf.

    • perdebatan ttg bentuk bumi ini…bukan baru2 ini saja…atau baru beberapa tahun saja, atau karena menonton film di youtube (karena youtube juga baru2 ada)…sejak jaman galileo galilei dan copernikus….ada dua kubu yaitu geosentris dan kopernikan…yg sama2 mempertahankan teorinya…ilmuwan terkemuka di bumi seperti Einstein dan Prof Hawking juga mengomentari tentang bentuk bumi hampir senada bahwa kondisi koordinat keduanya bisa bermakna sama apakah bumi sebagai pusat atau matahari sebagai pusat orbit…berarti perdebatan ini sudah berlangsung lama…adapun bentuk matahari bulan dan bintang2 yg kita saksikan berbentuk bola bundar justru menunjukkan bahwa posisi mereka itu relatif thdap posisi kita melihatnya di bumi artinya bisa jadi bentuk mereka cukup kecil dan bumi sebagai pusat yang dikelilingi adalah sangat besar…brain storming saja…situs2 ilmu pengetahuan seperti wikipedia mengatakan jarak bumi dari ujung ke ujung sekitar 12 ribu kilometer….sehingga dengan teori phytagoras sederhana maka diameter matahari kita perkirakan hanya sekitar 40 sampai 50 kilo saja, sedang bulan lebih kecil lagi dengan distance tidak sampai melebihi 5000 kilo jauhnya

  20. Objek bangunan mirip unidentified flying object (UFO) ditemukan di Antartika atau Kutub Selatan. Bangunan tersebut menyerupai bentuk khas piring terbang atau UFO.

    Rupanya, bangunan mirip UFO ini adalah stasiun riset yang didirikan oleh China di Kutub Selatan. Ini merupakan stasiun riset keempat yang dibangun Negeri Tirai Bambu tersebut.

    China secara resmi membuka stasiun riset tersebut pekan ini untuk menginvestigasi geologi, gletser, geomagnetik dan sains atmosfer. Bangunan ini dinamakan Taishan, yang diambil dari salah satu dari lima gunung yang dianggap suci di China.

    Taishan berdiri di antara stasiun riset China lainnya, Zhongshan dan Kunlun di ketinggian 2.600 meter di daratan Antartika. Kabarnya, diperlukan 45 hari untuk membangun konstruksi bangunan di wilayah dengan temperatur minus 40 derajat Celcius tersebut.

    Taishan digunakan oleh peneliti selama musim panas Desember hingga Maret untuk tujuan ilmu pengetahuan. Bangunan ini mampu menampung sebanyak 20 orang.

    Stasiun riset ini juga digunakan untuk pembangkit listrik, serta mendukung untuk akomodasi, penyimpanan, pemeliharaan mesin, komunikasi dan tempat penampungan darurat. Stasiun berbentuk UFO ini juga dilengkapi dengan penyimpanan minyak.

    China meluncurkan ekspedisi Antartika pertama pada 1984. Selama tiga dekade terakhir, negara-negara saingannya telah menggenjot kompetisi untuk wilayah Antartika yang kaya akan sumber daya alam.

  21. Ane baca artikel katanya konsep pemetaan flat earth selain permukaannya yg datar, pinggiran bumi dikelilingi tembok es dan tak bisa ditmbus oleh apa pun dan mreka juga percaya ada bentuk kehidupan lain di balik tembok tsb. Mungkin kah titan alias kyojin :v

  22. Saya tanggapi no 4. Kalo pesawat terbang dari timur ke barat nanti pasti kembali ke tempat semula, maka dalam sistem bumi datar berarti terbang melingkar. Jadi selama penerbangan pesawat miring ke kanan atau tepatnya miring ke utara. Apa memang begitu? Coba itu masuk akal ga? Pernah ada seperti itu?

  23. Saya minta penjelasan eksak mengenai bumi datar, seperti:
    == dimensi bumi
    == jarak matahari bumi
    == jarak bulan bumi
    == ukuran matahai dan bulan
    == bentuk bulan dan matahri
    == parameter2 lintasan matahari dan bulan
    == dan peta yang akurat
    Makasih

  24. Nih negara2 yang dilalui garis katulistiwa, Indonesia dengan kota pontianak. Benua afrika, Kenya, Congo, dan Gabon. Benua amerika, Brazil, Kolombia, dan Equador. Di lautan hindia ada Maldives, dan di Lautan pasific ada beberapa kepulauan kecil.
    Coba kalo ada yang mau, terbanglah dari pontianak ke barat dengan track benar2 lurus dan posisi pesawat tidak miring ke kanan atau kiri. dengan panduan kompas tentunya dan GPS, pertama tujuan Kenya, kemudian setelah melintas Afrika tujuan Brazil, setelah melintas amerika latin tujuan ke Indonesia lagi sebelumnya melintasi samudra pasifik yang lebih dari setengah perjalanan keliling bumi.
    Dengan asumsi jarak yang ditempuh 42.000km, dan kecepatan rata2 pesawat 900km per jam. Akan ditempuh waktu sekitar 47jam (2 hari) tanpa transit
    Pastikan kondisi pesawat fit, pilot dan co pilot sehat, makanan cukup, serta BBM jgn sampe kehabisan.
    OKlah bisa transit di kenya, conggo ataugabon unutuk istirahat sejenak he he he.
    Transit kedua bisa di brazil, kolombia atau ekuador.
    Untuk selanjutnya sepertinya non stop aja. Jika transit di dua tempat lebih dari 2 hari tuh. Apalagi nginep dulu.
    Maksud saya, pesawat harus betul2 dijaga posisinya tidak ada miring2nya terutama ke kanan.
    Nah kalo kita dari pontianak ke barat terus posisi pesawat tetap dijaga datar, artinya lurus selurus lurusnya, ga mungkin sampe ke afrika kalo buminya datar. Bisa nyasar ke Antartika tuh.
    He he he silakan fikir.
    Jangan abaikan hukum fisika, galo kita berbelaok sedikit saja maka posisi pasti miring ke arah pusat belokan. Silakan rasakan ketika naik mobil atau motor.

    • coba analog kan ini dulu…pesawat tersebut terbang dengan kecepatan skitar 600 hingga 900 kilometer per jam…kalo dengan keyakinan anda maka dalam 5 hingga 10 menit saja maka ketinggian moncong pesawat akan naik ke awan/udara sekitar 10 hingga 15 kilometer…dalam 10 jam (600 menit) berarti akan diketinggian 600 kilometer di atas permukaan bumi….sebelum balik lagi ke pontianak mas…pilot dan copilot mungkin sudah beku atau pesawat nya malah sudah hancur atau leleh…hehe, piss

  25. Nah ini ada pengalaman saya, silakan disimak.
    Saya pernah mengalami perjalanan dari Singapura langsung ke Paris (CDG) dengan pesawat SIA, pada bulan Mei 2014. Dtempuh lebih kurang 12 jam. Selama perjalanan saya memantau posisi pesawat di layar monitor LCD yg ada di depan saya. Tracing terus saya ikuti, jadinya ga terasa pula. Saya ingat betul jejak lintasan yang dulalui pesawat dari tracing tersebut, diantarnya danau laut kaspia. Juga laut andaman di bagian selatan india.
    Setelah saya di tanah air, saya buka google earth. Saya tarik garis lurus dari singapura ke paris, dan saya save garis tersebut.
    Ternyata saya amati persis seperti yang saya alami waktu itu. Memang daerah2 itu yang dilintasi. Kebetulan saya duduk di jendela jadi seperti danau laut kaspia terlihat dari jendela.
    Saya download gambar peta flaterath. walaupun resolusi hanya 1600×1600, tapi bisa saya perkirakan dimana paris, dimana singapura. Saya import di coreldraw, saya tarik garis lurus dari singapur ke paris.
    Apa yang didapat?
    Ternyata garis tersebut tidak memotong laut andaman, dan danau laut kaspia, jauh melenceng ke utara. Pesisir barat malaysiapun tidak. Padahal dalam perjalanan melalui daerah2 itu.
    Gimana ini?
    Kalo sekarang memang tidak melalui rute itu setelah kejadian pesawat Malasia Airline ditembak jatuh, karana rute itu memotong ukraina. sekarang lebih ke utara walau lintasan lebih jauh yang penting aman.
    Pada waktu saya menjalani perjalanan tersebut, belum terjadi insiden itu, Alhamdullillah.

  26. etelah mengamati tracking pesawat dalam flightradar24.com (1), dan pengalaman perjalanan saya dari singapur ke paris (2), juga mengamati garis2 yang saya tarik lurus pada google earth (3), saya sangat2 tidak percaya dengan PETA BUMI DATAR.
    Saya tidak membahas bentuk buminya bulat atau datar, tapi ketidak percayaan pada peta bumi datar itu berdasar pada ketiga hal diatas.
    Dalam tracking pesawat yang terbang dari sydney ke LA, jelas2 langsung ke timur melalui samudra pasific dengan arah jejak ada di sebelah selatan kep Hawaii kira2 dalam setengah perjalanannya. Saya coba tarik garis di google earth, ternyata memang begitu adanya. Saya coba tarik di peta bumi datar, Wah sangat jauh berbeda. Dalam peta bumi datar, arahnya ke utara, dan ketika diawal perjalanan masih ada di daratan australia, terus hampir memotong papua nugini, tepatnya di kepulauan Solomon. Kalo diteruskan jauh sekali rute tersebut dari kep Hawaii.
    Kalo petanya saja udah ga masuk akal, gimana dengan hal2 yang lainnya?
    Saya pengen coba perjalanan dari sydney ke LA, atau rute2 yang lain untuk pembuktian selanjutnya, tapi waduh ga punya duitnya tuh. Perjalanan sing-paris aja dibiayai kedubes perancis, karena itu undangan dari kedutaan.

  27. kalian pada kurang piknik sih…
    coba amati ketika berada diujung pulau.. misalnya pulau jawa, jika kalian disisi selatan bisa lihatkah benua australia? kalau berada disisi utara bisa lihatkah pulau kalimantan?
    gak usah pakai teori-teorian, nyatanya.. gimana?

    maka pakailah nalar dan percalah dengan mata dan anggota badanmu..
    terus terang saya 100% tidak percaya teori bumi datar.
    karena bumi ini terhampar luas, bukan berarti datar-tar. namun datar tak berujung.

  28. Seru nih bahas ginian. Tapi gan, coba deh eksplorasi lagi mengenai sejarah pencetusnya. Cari juga mengenai siapa itu Martianus Capella. Dia bukan pencetus heliosenstris. Martianus Capella bahkan masih percaya geosentris tapi dia modifikasi model nya, sehingga modelnya dinamakan geo-heliosentris. Martianus masih percaya bahwa bumi pusat tata surya, tapi cuma matahari dan bulan yang mengelilingi bumi, sedangkan planet seperti merkurius, venus dan lainnya mengelilingi matahari. Itulah kenapa model dia dinamakan geo-heliosentris.

    Begitu…

    • kepercayaan fe ya berangkat dr curiocity…dari teori2 dan fakta tentang alam semesta….yg bisa kita perdebatkan dan diskusikan…bukan dgn emosi dan caci maki tentunya…tapi bisa dengan cara yg santun dan tidak memihak…tunjukkan fakta2 saja…sudah cukup….misal secara sederhana dengan kamera canon 900x anda bisa berdiri di pantai ancol kemudian melihat kepulauan seribu….dengan mata kepala tentu tidak terlihat, tp cobalah dengan kamera anda tsb…dan konklusikan sendri…mudah kan

  29. Menurut sumber yang pernah saya baca, kepercayaan Martianus Capella ini memang tidak teridentifikasi, apakah benar dia seorang penyembah matahari? Entahlah, mungkin ada sumber lain.

    Flat Earth 101 mendoktrin bahwa Martianus penyembah matahari dan mencetuskan heliosentris. Dan men-judge seolah pengikut Global Earth (GE) juga ikut-ikutan “mengistimewakan” matahari.

    Padahal Martianus itu masih percaya matahari mengelilingi bumi, hanya saja memodifikasi model nya menjadi geo-heliosentris.

    Jadi, kalaupun Martianus itu seorang penyembah matahari, antara GE dan FE, siapa pengikut Martianus??

    Wkkwkw

  30. Saya masih percaya kalo bumi bulat,
    Dan terlepas dari semua perdebatan di atas saya ada satu pertanyaan,
    apakah benar kalau Neil Amstrong sudah sampai ke bulan dan apakah foto dan video Neil Amstrong yang dikeluarkan Nasa itu benar adanya,
    Maaf ….. saya hanya orang awam yang dibingungkan dengan teori flat earth

    • Mata dan kepala kamu terlalu kecil,bumi gede,makanya kelihatanya seperti datar gak kejangkau,buka google map atau earth! Kamu bisa lihat bentuk bumi

  31. Pernah ke pangandaran? Nah coba perhatikan di pantai timur ataupun barat. Diseberang timur sebenarnya ada daratan, berbatasan dengan jawa timur. Tapi kok ga keliatan, padahal jaraknya hanya sekitar 15 km. Berarti tertutup laut dong. Begitu juga sebelah barat ada daratan juga, sekitar 20 kman. Tapi ga keliatan juga. Seharusnya dataran yang lebih tinggi seperti gunung bisa kelihatan, wong ga terlalu jauh kok.

  32. Entah ya gw berfikir gampang aja ko ngejawab pertanyaan tentang satelit. Coba hitung menggunakan penghitungan matematis jarak tu satelit ama bumi, terus hitung besar satelit itu sama langit. Klo ada yang bisa kasih jawaban pasti hebat sekali.

    Lalu pikir baik baik hal ini, ketika melihat balon udara baik ke langit. Pasti akan terlihat mengecil (klo di lihat dengan mata telanjang saja sudah pasti), apa iya satelit yang di terbang jauh keatas sana kelihatan besar. Pake teleskop, teleskop sedewa apa yang bisa lihat kayak gitu, teleskop penelitian milik negara iya mungkin bisa (harganya mahal di barengi desain mumpuni) kalo milik pribadi ya kali lo bisa punya teleskop dewa kayak gitu. Loh ko planet lain bisa kelihatan. Ya coba bandingin ukuran satelit sama planet itu. Di hitung hitung aja yang jago ngitung, gw sih ga jago tapi itu menurut gw bisa jawab pertanyaan tentang satelit yang ga kelihatan.

  33. ah…dasar ah..ah..ah..dasar..yg begini diperdebatkan, gini aja …gali lubang yuk..nembusnya kemana..kalo datar pasti jatoh…kalo bulat pasti nyampe dinegara lain..

  34. Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. (Ar rahma 33)
    Nabi Muhammad melewati langit dengan menggunakan buroq (kecepatannya seperti kilat yang menyambar)
    so masih yakin manusia biasa bisa melewati langit ? :v

  35. Klo bentuk bumi datar, bagaimana dgn bentuk bulan , matahari , mars dan planet lain apa datar juga ya? Jadi bingung klo dibilang bumi itu datar… Mhon pencerahan, bentuk planet lain seprti apa? Klo datar , bentuk nya seperti kotak rokok apa uang logam?

  36. Saya ingin bertanya mengenai posisi bumi dan bulan, Letaknya didalam kubah atau jauh dari kubah?

    saya memang tidak akan langsung apa yg dikatakan oleh PENDIDIKAN atau dari Flat earth soecity dan sebagainya, akan tetapi didalam konspirasi ini banyak sekali hal yg bersangukutan dengan POLITIK, kalo menurut saya sendiri politik itu bullshit, gak ada yg bener dan bersih.
    tolong dijawab pertanyaan diaatas.

  37. saya ingin bertanya, bagaimana gerhana bisa terjadi jika bumi itu datar?, dari sebagian banyak orng yg menyakini bahwa bumi itu datar, masih belum mempublikasikan tentang gerhana di bumi datar itu saja, tolong dijawab gan

  38. Saudara2, teman2, dan rekan2, mari kita pada awal2 bulan ini kita perhatikan posisi matahari dari mulai terbit sampe tenggelam. sekira tgl 6 sampe 11 oktober. Karena garis lintang lintsan matahari sekitar pulau jawa. Bandung tempat saya tinggal efektif tanggal 8 Oktober.
    Pada hari itu jam 12 matahari ada pas diatas kepala kita, pagi hari pas terbit di timur, dan sore hari pas tenggelam di barat. Jadi matahari lurus selurus-lurusnya lintasannya.
    Apa yang kita simpulkan dari kejadian ini? Jelas sekali matahari tidak bergerak berputar seperti yang diklaim oleh sistem flat earth, dengan klaim bumi berbentuk seperti piringan datar.
    Kalo asumsi mereka matahari berputar, maka pagihari ketika terbit jam 6, kita mesti melihatnya ada di timur 45 derajat kearah utara, seperti kita menghadap timur tapi kita putar badan kita 45 derajat melawan jarum jam. Nah disitulah matahari terbit. Begitu juga ketika terbenam kita menghadap barat dan kita putar badan kita 45 derajat searah jarum jam, nah disitulah matahari terbenam.
    Kenyataannya?
    Ha ha ha pasti gak begitulah.
    Think smart gan.

  39. Debat lagi dong manteman, asik bacanya…
    😀

    Pada ngga tau ya, apa itu “Teori” dan apa itu “Hipotesis”…
    Banyak yang disamain aja saya liat…

  40. Mengenai satelit yg berputar mengelilingi bumi dg kecepatan 30.000 km/jm sya bsa pahami mengapa satelit dengan hanya desain bentuk bgtu g rontok ketika berputar dg kcptn tsb, hal ini karna tidak adanya udara, jadi tidak ada gesekan udara yg menyebabkan kerusakan, nah yg menjadi pertanyaan menggelitik tuh… ada loh foto dari nasa ketika astronot sedang berada diluar satelit tanpa berpegangan apapun alias melayang” gtu, sy tegaskan itu “foto” loh bukan hasil cgi bgtu keterangn dr nasa, jdi tu astronot punya ilmu apa bisa melayang di obyek yang mengitari bumi dg kcptn 30.000km demi menjaga agar satelit tidak jatuh oleh “grafitasi” yang dipopulerkan oleh orang yg kejatuhan buah apel

    • Mas itu ISS bukan satelit biasa :v, disana ga cuma nasa doang yang nemplok tapi organisasi antariksa dunia juga ikut nimbrung, kenapa dengan kecepatan segitu astronot diluar fine fine aja.. iss lebih besar dari satelit pada umumnya dan kecepatan 30.000 km/j tidak akan terasa bila kita berada di luar angkasa karena gaya gesek udara lebih sedikit. Mungkin kalo kita dari bumi itu terlihat sangat cepat. Dan ISS tidak sembarangan ngeluarin orang keluar angkasa, ada teknik dan prosesur tertentu, mereka make alat2 untuk menunjang keselamatan mereka. Tali yang akan selalu terhubung dengan pakain khusus juga akan sangat berpengaruh di ruang hampa disana ;))

  41. KESIMPULAN DIATAS CUMA ADA 3 :
    1. Bumi bulat seperti TELUR ( tafsir Al-Qur’an) = NASA BOHONG (karena di foto ataupun video Live ISS, bumi tidak seperti itu).
    2. Bumi bulat seperti BOLA ( NASA ) = Al-Qur’an SALAH.
    3. Bumi datar ( Tafsir Al-Qur’an ) = NASA BOHONG.
    Jadi intinya. entah itu bumi datar atau bulat, yang jelas gak sama dengan FOTO-FOTO atau VIDEO dari NASA. klo memang foto2 atau video nasa “BENAR”, berarti Al-Qur’an “SALAH” dong???? hahahahhahaa….. (ini sih lawak namanya)…
    Semoga dari sini bisa terbuka pikiran kita akan realita sebenarnya bentuk bumi. dan terbongkar “KEBUSUKAN” nasa.

    • Alquran memberi penjelasan berdasarkan posisi dan pandangan msnusia dipermukaan bumi,makanya ayatnya dihamparkan atau dibentangkan karena mata manusia hanya bisa melihat hamparan permukaan bumi!jelas! Bertafakurlah.

  42. Satu hal lagi nih bagi yg ngerti matematika, di sekolah” sudah diajarkan jarak bumi-matahari bumi-bulan waktu perputaran penuh bumi terhdp matahari dan waktu perputaran bulan terhadap bumi, itu ilmu pasti loh ya…. sekarang klo sudah tau jarak dan waktu perputarannya coba prediksi gerhana matahari dengan angka” tsb, klo yg tidak pinter matematika tolong jgn dicoba nanti otaknya ngebul, nah ada yg diatas bertanya mmprediksi gerhana jika bumi datar, saya sendiri ngitung gerhna mthari dg ilmu yg ada sekrg aja gbsa nemu, jdi intinya ilmu tentng jrk bumi mtahari itu bullshit, knyataanya sekarng gerhana matahari tetap konstan 18 bulan sekali kalo dasarnya aja sudah salahhhhhhhh belakangnya juga pasti salahhhhhh

  43. Flat Earth logis? baca ini http://www.kaskus.co.id/thread/57cf656862088171708b4567/menjawab-flat-earth-101-mengungkap-kebohongan-propaganda-bumi-datar/
    teori flat earth banyak sekali yang tidak masuk akal dan bisa dibantah begitu saja, serta banyak pembodohan yang tidak sesuai dengan faktanya, namun kalian yang malas mencari informasi sedalam2nya malah percaya begitu saja, cobalah telusuri di wiki, google, dll setiap ada istilah yang dimuat di video FE101 tersebut

  44. Banyak film yg make konsep bumi datar.. divergent.. paling seru keren one piece (dresrosa).. klo bener bumi datar bisa dibuktikan, cuma satu tujuannya.. mengungkap kebohongan besar..

  45. Itu yang ngomongin kecepatan satelit pasti tau kecepatan rotasi bumi.. naek kereta api trus lempar hp ke atas.. perhatikan aja apa yang aneh..

  46. yg bilang bumi itu datar itu Guooobloooookknya luar biasa …kita hidup yg real aja .. soal nasa knpa pake cara romawi untuk menetapkan gerhana ya gampang jawabnya secara logika…logikanya begini kalau cara lama yg di pkai masih akurat ngpain mau ganti cara baru …hanya buang2 uang sedangkan krjaan nasa bukan hanya mkirin gerhana doang.msih bnyak pkrjaan lainn..sperti pemerintah menetapkan aturan dan aturan tsbbrjalan mulus tanpa ada kendala. .ngpain bkin aturan baru ..sedangkan presiden gk cuma ngerjain aturan saja..yg tulis artikel n para kaum flatter ini mereka gak bisa menerima klw jaman sudah maju …dan gk bisa menerima pengetahuann… dan soal penjelajah antartika itu ya jelas dia gk bisa tembus es…mreka naik kapal men bukan terbang …kapal kayu pula..coba aja tembuss ..ya pasti hancur tu kapal…hadeeh .pemikiran yang sangat pendek…suruh tu penjelajah terbang ..suruh mreka bawa gopro pake drone..wkwkk

  47. Lucu pada ngatain bodoh satu sama lain. yang banyak bertanya disini buktikan sendiri bulat apa datar.

    kalo budgetnya mahal ketik saja di google pertanyaanya. semoga sdh ada yg membuktikan.

    Kalo pembahasan kitab suci, langsung sama ahlinya cuy. sastrawan ahli bahasa yg berasal dari negara kitab suci. saran saya cari tau sendiri gk usah ngatain bodoh satu sama lain.

    pertanyaan sy lbh banyak kejawab sama FE, tapi msh ada pertanyaan yg blm kejawab. kalo ada rejeki lebih sy experiment sendiri.

  48. saya pernah berdiri diatas tower dengan ketinggian 100 M, hal pernah saya cba beberapa tahun yg silam sebelum teori bumi datar ini mencuat kmbali ke publik dan saya melihat disekeliling saya yang begitu luas sngguh maha luas dan saya merasa diri saya seperti berada di tengah mangkok besar atau di tengah tampan yang sangat besar. dari keinggian itu saya belum melihat atau belum merasakan diri sya berada diatas lengkungan bumi yg bulat. semua yang saya lihat adalah sebuah hamparan yang sangat luas, saya tidak tau apakah itu bukti bahwa bumi itu datar atau saya berdiri di ketingian yg kurang cukup tinggi untk melihat lengkungan bumi yg bulat. tapi dengan ketinggian itu saya bisa meliat rangkain bukit2 yg sangat jauh dari tempat tinggalku. sebenarnya di ketinggian berapa ratus meter kah bisa terlihat bulat?

    • lah kalian tertipu oleh nasa yg menyatakan bumi itu bulat…padahl nasa belum pernah sampe ke bulan,di yutub juga jekas kebohongan nasa dan foto” planet mars…itu cuma hoax..
      sbenernya bumi datar…

      • Tolong jawab bagaimana dengan google map atau earth,ada yang pernah buka google map apakah suatu kebohongan juga?tarik fhoto satelit digoogle map sampai kelihatan bentuk bumi seutuhnya,bulatkah atau datar atau ternyata photo satelit google map bohong,rekayasa!dekatkan bumi akan kelihata rumah kamu,jalan ysng sering kamu lalui,itu teknologi coy..sayangnya ilmu kecanggihan seperti itu kebanyakan oleh Allah diilhamkan kepada yahudi atau kaum kafir,laemang udah ketentuanyya seperti itu kita kaum muslim jangan ngiri,pakai saja hasil penemuan yahudi dan kafir sebaik mungkin boleh kok,teori bumi datar terbantahkan dengan google map!dapat dilihat oleh mata kepala semua orang.bohong juga!buktikan!

  49. Terus nasib planet-planet lain gimana? semua planet datar juga? lagian juga dari semua video,situs,artikel,atau apalah yang kalian kasih tu buat ngebuktiin kalo bumi datar… ga ada foto nya kalo bumi itu datar,yang ada juga cuma gambar mulu wkwkwkw

  50. 😂 gini aja deh, aku ikutan berpendapat ya. tp kalau ada yg balas tolong yg sopan. kita bicara yg baik, saling menyampaikan argumennya. deal

    1.jika bumi itu datar berarti ada bagian dasar lapisan bumi? apakah terbukti?
    2.jika bumi itu datar mengapa dulu para penjelajah samudera berputar mengelilingi samudra pun tetap kembali juga padahal. membawa kompas?
    3.jika beneran hoax foto dari nasa. maka. yg harus kita percaya siapa? para flat apa itu? pengujiannya sudah diakui?
    4.gimana pembuktiannya kalau bumi itu datar ya, air di samudra itu kalau di tepinya nanti akan jatuh kayak. air terjun kah?
    5. jika bumi itu datar maka tidak ada bola magnet pusat bumi ya? kayak di ace age 3. betulkah?
    6. jika matahari berotasi memutar? berarti hanya memutar seperti jarum jam. knp kok ada sunrise sama sunset?

    tolong dijawab dengan logis, bahasa santun, dan mudah dipahami.

  51. Sejatinya saya juga ga percaya nasa tapi juga tidak mau percaya begitu saja mengenai bumi datar. Saya sudah menonton video tersebut edisi 11 beberapa kali.
    Ada 1 hal yang saya temukan yang dapat mematahkan teori bumi datar.
    Tentu saja saya ambil apa yang diungkap pada video untuk dibandingkan dengan kejadian nyata.
    Saya cermati sebagai berikut:
    1. Saya hanya soroti soal kutub utara dan selatan
    2. Sejauh ini, flat earth diyakini berbentuk piringan dengan kutub utara ada di tengah dan kutub selatan bagian terluar.
    3. Matahari bersinar mengelilingi bumi ibarat spotlight yang daya jangkaunya terbatas pada radius tertentu.
    4. Matahari punya 3 lintasan, 1 ditengah jari2, 2 mendekat kekutub utara dan 3 mendekat ke kutub selatan.

    Kalau diyakini seperti maka
    1. Akan ada meskipun hanya 1 hari atau bahkan lebih di kutub utara dimana matahari tidak terbenam, nyatanya ini terjadi.
    2. TIDAK AKAN ADA meskipun hanya 1 hari dimana matahari tidak terbenam di kutub selatan. Kenapa? Mengacu pada pernyataan 1.cahaya matahari seperti spotlight yang memiliki batasan sebaran cahaya dan juga 2. bentuk bumi yang diprediksi berbentuk piringan maka sedekat apapun matahari ke kutub selatan dan secepat apapun matahari bergerak maka tetap akan ada bagian dari kutub selatan yang mengalami malam karena ia berada diradius terjauh lingkaran bumi. Nyatanya orang yang pernah ke kutub selatan pada musim panas, mereka pernah mengalami matahari tidak terbenam disana.
    apakah mereka hanya mengaku pernah ke kutub selatan? Atau sebenarnya pesawat yang membawa mereka terbang ke kutub utara hanya dikatakan mereka ada dikutub selatan?

  52. Assalaamualikum
    Pernahkah anda perhatikan peta bumi datar ( berbentuk lingkaran )? Pernahkah anda perhatikan bumi globe?
    Peta bumi datar memang hanya di internet saja, dan sepertinya ga ada yg punya. Harus download. Tapi peta bumi globe banyaklah, baik yang 2D atau model globe.
    Sekarang saya akan amati dua bentuk itu. Langsung to de point aja.
    Bagi umat muslim di Indonesia, hususnya pulau jawa, pasti sudah faham mengenai arah dari Kiblat. Arah tersebut ke barat dan berputar sedikit ke utara. Dengan kompas diperkirakan 22-27 derajat ke utara (ketika menghadap ke barat).
    Saya coba tarik garis lurus di peta bumi globe (dengan bantuan google earth). Tarik garis dari pulau jawa (bandung) ke Masjidil Harom (mekkah). Saya juga tarik garis lurus (dari bandung) tetapi ke barat. saya menjaga supaya penarikan garis tetap di lintang selatan (6 derajat 55’ 18”). Ga usah panjang2 sekira 1 kman saja.
    Saya analisa mengenai sudut yang dibentuk, saya save screen shot imagenya, saya buka di corel draw dan saya ukur sudutnya. Hasilnya sekitar 25,5 derajat.
    OK itulah hasil pengukuran di globe earth. Ada yang lebih tau dan akurat silakan komentari, mohon maaf bila pengukuran saya salah.
    Sekarang saya unduh peta bumi datar di website. Saya bisa perkirakan letak masjidil harom dan kota bandung di peta tersebut. Saya buat garis ke arah utara ( yang menurut flat earh, utara adalah pusat lingkaran ).
    Saya tarik garis ke arah barat ( tentunya tegak lurus dari arah utara ). Selesai membuat barat dan utara. Kemudian saya tarik garis dari sudut utara-barat (di kota bandung) menuju masjidil harom.
    Seperti biasa saya hitung sudut yang dibentuknya ( itu menandakan arah kiblat lho, jgn main2).
    Hasilnya? Luarrrrrrrr biasa, berbeda sekali yaitu sekitar 48 derajat.
    Anda yakin arah kiblat itu menurut flat erath?
    Menurut info di WEB, arah kiblat kota bandung adalah 25 derajat 10’ Ya ga jauh dengan yang saya hitung. Dan juga saya perhatikan foto satelitnya, image masjid raya bandung mememang mengarah ke kiblat.
    Oklah teman2 sekarang silakan fikirkan, mana yg benar, menurut google earth (bumi bulat), atau menurut peta bumi datar (bumi berbentuk piringan seperti lambang PBB)
    Terimakasih atas perhatiannya, Wassalaam

  53. 1. Kalau bumi itu bulat dan berotasi dengan kecepatan 1.770 Km/jam, maka logikanya, setiap benda yang mengambang statis di atas bumi akan berpindah sejauh 1.770 Km selama 1 jam. Contoh, helikopter yang mengambang di udara selama 1 jam, maka akan berpindah 1.770 Km ke arah barat.
    Apakah ini terjadi? Belum lagi dengan revolusi bumi mengelilingi matahari dengan kecepatan 108.000 Km.jam.

    2. Kalau bumi berotasi dengan kecetapan 1.770 Km/jam dan berevolusi dengan kecepatan 108.000 Km/jam, kecepatan yang luar biasa cepat. Tapi kok permukaan bumi tenang2 saja? Padahal seharusnya apa saja yg ada di atas bumi ini sdh beterbangan.
    Lihat komet yang bergerak dengan kecepatan tinggi, ekornya bisa sampai 100 jt Km panjangnya. Ini baru masuk akal.
    Mohon pencerahannya….

  54. Bumi bisa saja diam, yang lain berotasi mengelilingi bumi. tapi bumi tetap bulat. Pengamatan sehari hari dengan objek matahari, bulan, ataupun bintang dan objek angkasa yg lain, tidak membuktikan bumi datar seperti piringan.
    Bahkan jelas arah kiblat yang saya posting diatas membantah bumi datar seperti piring. Jangan main2 dengan arah kiblat bung. Haruskah kita menggeser arah kiblat ke utara menjadi 48 derajat? Silakan bagi yang percaya bumi datar. Secara fisika mengenai ilmu bayangan sudah jelas, bahwa pada waktu matahari berada di sekitar atau pas diatas kota mekah, maka bayangan tegak yang menjauh matahari menunjukan arah kiblat. Dimanapun tempatnya asalkan masih terpapar sinar matahari.
    Itu terjadi pada sekitar ahir Mei dan pertengahan Juli. Silakan buktikan untuk WIB sekitar jam 16.15an.
    Untuk tepatnya mengenai tanggal dan jam, silakan cari di Web.

  55. Yang dimaksud lurus ke arah kiblat tidak mutlak harus dianalogikan ditempat yang datar. Kita tarik garis lurus di globe earth menuju kiblat, juga tetap bermakna lurus.
    Sudah jelas saya terangkan diatas dengan bantuan google earh.
    Cobalah sering cari ilmu di internet. Kayaknya pada enggak tau apa itu google earth. Mungkin taunya cuma google map, dan nonton Youtbe aja.

  56. Assalaamualikum

    Sama seperti postingan diatas, saya coba cari arah kiblat dari semenanjung Florida AS. Dipilih tempat itu karena sangat jelas letaknya di peta flat earth.
    Hasil perhitungan yg didapat ialah:
    == Menurut google earth 33,48 derajat kearah utara ketika menghadap timur
    == Menurut flat earth 60,33 derajat kearah utara ketika menghadap timur juga
    == Hasil penelusuran di WEB 32 derajat
    Hasilnya dengan di WEB (internet) ga begitu beda jauh.

    Wassalaam

  57. bumi datar adalah teori terkonyol di dunia yg udah maju ini…
    Kalo bumi datar, bagaimana dengan peristiwa ini :
    -perbedaan zona waktu siang malam
    – semua planet yg ditemukan nasa bulat semua bro, masak bumi doang yg datar

  58. Saya juga milih bumi datar.. ngomen aja sih enak.. para pecinta bumi datar juga nga maksain buat percaya.. silahkan anda buktikan sendiri,, semua hanya teori bung.. terserah sih mau prcaya teori yg mana.. datar atau bulat, toh kita cuma bisa manggut2 dan geleng2,, tp silahkan buktikan sendiri kalo ngak pengen merasa di bohongi atau di bodohi.. haha

    • Kalau google map atau earth apakah rekayasa?digambar google map bumi bulat!tolong dibantah ama yang berteori bumi datar.google map fhoto citra satelit.

  59. bagaimana teori flath earth menjelaskan terjadinya gerak semu matahari yang kadang agak ke utara kadang agak ke selatan dan, fenomena midnight sun di kutub selatan?

  60. Lho kok repot sih, kan udah jaman modern nich banyak satelit, orang wara wiri keluar angkasa, tinggsl potret beres, dan foto menunjukan bumi itu bulat, kalo ada yg bilang bumi itu datar gak ada kerjaan tuh orang…

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Menembus Langit Kompas | trending info
  2. Inikah Penyebab Orang Percaya Bumi Datar? | Site Title
  3. Film Militer Kaskus – My Blog
  4. 7 Fakta Logis Bentuk Bumi Datar Bukan Bulat – BIASA BIASA SAJA

Tinggalkan Balasan