Harga Motor Matik Honda Yamaha Seharusnya Hanya 13 Juta, Yuk Bandingin Sama Suzuki

Honda dan Yamaha saat ini sedang disidang oleh KPPU, Komisi Pengawasa Persaingan Usaha. Keduanya dituduh bersekongkol dalam mengatur harga jual motor matik kelas 100-125cc. 

Saat ini penguasaan pangsa pasar untuk skutik oleh AHM lebih dari 67 persen dan Yamaha lebih dari 29 persen. Kedua perusahaan menguasai hampir 97 persen pangsa pasar sepeda motor skutik. Wajar bila kemudian ada dugaan persekongkolan dalam membuat harga jual, apalagi memang fakta di lapangan harga jual Honda-Yamaha cuma selisih 100ribuan.

Nah jika membandingkan harga jual dengan Suzuki, maka sangat jomplang sekali. Ambil contoh Suzuki Nex yang dibandrol 13jutaan dibandingkan Yamaha Mio dan Honda Beat yang dibandrol 15jutaan. Lho kok bisa lebih mahal? Padahal fitur dan kapasitas mesinya hampir sama. 

KPPU sendiri sebelumnya sudah berhasil membongkar persekongkolan operator seluler yang hasilnya tarif sms/telpon jadi turun. Apakah kali ini bisa membongkar hal yang sama di dunia motor?

Salah satu bukti yang sudah dimiliki KPPU adalah adanya jalinan komunikasi melalui surat elektronik di antara direksi kedua perusahaan. Komunikasi itu berisi koordinasi untuk menyesuaikan harga jual sepeda motor jenis skuter matik di Indonesia dalam kurun waktu 2013-2015.

Menurut perhitungan KPPU untuk memproduksi satu unit skutik dibutuhkan biaya produksi hanya sekitar Rp 7,5-8,5 juta. Jika ditambahkan dengan ongkos lain, harga sepeda motor itu cukup untuk dijual sekitar Rp 12,6 juta per unit. Sebagai kaca bandingan, harga jual Suzuki Nex di kisaran 13 juta rupiah. Sedangkan Yamaha Mio dan Beat 15jutaan.

Advertisements

2 Komentar

  1. Masalahnya…
    Dengan bandrol yang berbeda dengan Suzuki sebanyak 2 juta saja masih laku kayak kacang goreng gitu… trus andai Harga dibuat turun 1 – 1,5 juta…kira-kira apa yang lain malah bisa laku ? Ini kan justru juga perlu dipikirkan…

  2. harga otr Jakarta Juli 2016
    Honda BeAT eSP POP CW : Rp 14.750.500
    Yamaha Mio M3 125: Rp 14.550.000
    Suzuki Address 110: Rp 14.250.000

Tinggalkan Balasan