About these ads

Mobil Listrik Makin Laris di Amerika, Di Indonesia Pelopornya Dipenjara

Miris gan, inilah beda nasib mobil listrik di Indonesia dan Amerika Serikat. Di Indonesia mobil listrik yang diinisiasi oleh menteri BUMN Dahlan Iskan tahun 2012 yang diharapkan akan menjadi tuan rumah sendiri dan menjadi mobil Nasional. Malah dicaci maki bahkan Produsenya pun divonis penjara 7tahun  karena pihak pemerintah sekarang ngotot klo mobil listrik gak lolos uji emisi gas kentut. 

Naghh beda kasus di Amerika sana. Popularitas mobil listrik malah semakin menjadi-jadi. Bulan Maret 2016, mobil listrik memecahkan rekor penjualan terbayak selama sebulan sejak pertama kali dijual di Amerika, sebesar 13.449 unit. 

Nagh di bulan Juni, lha kok penjualanya kembali mecahin rekor terbanyak, mencapai angka 15.075 unit.

Nissan Leaf laris manis di Amerika sono
Dan dengan jumpah penjualan tersebut terdapat peningkatan sebesar 49 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Jika melihat dari semester pertama tahun ini, sebanyak 64.296 unit mobil listrik memenuhi jalan Amerika Serikat dan jumlah tersebut meningkat sebesar 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

presiden Barack Obama pada 2011 lalu juga telah menetapkan tujuan bersama Amerika Serikat untuk menjadi negara pertama yang memiliki 1 juta unit mobil listrik yang tersebar di jalan pada 2015 lalu. Namun target tersebut meleset karena biasanya penjualan mobil listrik di negara tersebut naik turun gak stabil. 

Beberapa pengamat otomotif di negara tersebut tetap optimis, jika 1 juta unit mobil listrik bakal beredar di Amerika Serikat pada 2020 atau mungkin akan lebih cepat karena sekarang trend-nya sedang naik.

Apalagi sekarang infrastruktur di sono makin mendukung, data terakhir pada Januari 2016, Amerika Serikat memiliki sekitar 30.669 stasiun pengisian energi listrik dengan jumlah terbanyak terdapat di Kalifornia dengan 9.086 stasiun.

Lima Mobil listrik & Hybrid yang laris manis di Amerika serikat.
1. Tesla Model S (EV) 11.505 unit
2. Chevrolet Volt (PHEV) 9.808 unit
3. Ford Fusion (PHEV) 7.235 unit
4. Tesla Model X (EV) 7.030 unit
5. Nissan Leaf (EV) 5.793 unit

Waduhhhh padahal jika diseriusi, mobil listrik bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri. Yaaaa cumaa musuhnya adalah mobil LCGC, mobil berbahan dasar murah meriah dengan riset yang gak perlu butuh biaya besar, dijual laris dan jepang untung.

About these ads
Channel Youtube MotoVlog Partner Ngeblog

2 Comments on Mobil Listrik Makin Laris di Amerika, Di Indonesia Pelopornya Dipenjara

  1. kalau disini motor listrik yang akan laris manis, si gesits yang top speednya bisa mencapai 100 kpj, harga setara vario 125. kalau speed dibawah cepek mungkin gak laris. kalau torsi mah jangan ditanya, langsung ngaciiiirrrr…
    eh itu pun kalau lulus uji emisi gas kentut ridernya loh. rider kalau pas uji emisi gas kentut jangan makan jengkol n pete ya…hihihihi……

Tinggalkan Balasan