7 Fakta Logis Bentuk Bumi Datar Bukan Bulat

Melanjut artikel yang pertama tentang 7 teori dasar bumi datar. Kali ini R2B mau mencoba merangkum 7 Fakta Logis Bentuk Bumi Datar Bukan Bulat?. Monggo dilanjut.

1. Horizon Bumi Datar Tidak Melengkung.

Bila memang bumi itu bulat, seharusnya bakal kelihatan melengkung saat dilihat dari atas. Faktanya, orang-orang yang berkeyakinan bumi itu datar (disebut flatter ) sudah terbang setinggi mungkin untuk melihat bumi itu melengkung atau tidak? bulat atau datar.

Kaum Flatter ingin membuktikan semua klaim foto NASA bahwa bumi itu terlihat melengkung saat dilihat dari atas pada ketinggian tertentu.

Berikut horizon bumi saat dilihat dari ketinggian tertentu. Bahkan klaim flatter, mereka sudah terbang setinggi NASA dan bumi masih saja datar.

bumi datar dari luar angkasa

2. Satelit adalah Ilusi, Internet Terhubung Melalui Kabel Bukan Satelit.

Menurut Flatter satelit itu hanya kebohongan NASA untuk ngeruk uang. Faktanya, siaran TV, internet, telpon dll terhubung menggunakan jaringan kabel bawah laut dan 7 menara utama di dunia.

Berikut ini peta jalur kabel data internet di bawah laut.

submarine cable map

Dan untuk diketahui, saat ini dunia mengakui bahwa kecepatan internet lebih optimal melalui jaringan kabel fiber optik daripada sinyal satelit. Bahkan internet melalui satelit masih sebatas wacana gagasan saja.

Lha terus bagaimana dengan cara kerja GoogleMaps atau game populer Pokemon Go? bukankah pakek GPS? enggak mas bro. Semua itu kerjanya berdasarkan BTS atau tower seluler terdekat dari anda.

Lalu bagaimana dengan Satelit BRI yang baru saja diluncurkan?. Nagh disitulah bisnisnya, tetap saja data BRI terhubung melalui BTS terdekat lalu tersambung ke melalui kabel-kabel bawah laut. Terus bohong dong satelit BRI itu? disitulah inti bisnisnya. Amerika mengeruk jutaan dollar dari ilusi satelit.

Masih gak percaya, kata flatter kita disuruh membandingkan bentuk pesawat dan satelit. Satelit BRI bisa ngebut sampai 23 kecepatan suara, tapi kok bentuknya sangat tidak aero dinamis?  tidak seperti jet tempur HTV-3 pesawat tercepat saat ini.

Tapi kan di angkasa luar tidak ada angin, hampa udara, jadi satelit bisa ngebut. Oke jika benar hampa udara, maka satelit memerlukan gaya dorong untuk bisa ngebut mengitari bumi. Naghhh kira-kira kenalpotnya satelit satu apa dua ya? tenaganya dorongnya berapa kuda ya?

satelit BRI
Yang bikin bingung, spek mesinya satelit berapa DK ya? Kok gak berasap ya?

3. Coba Deh Cek Jalur Penerbangan Ini.

bumi datar rute penerbangan

Ceritanya pada Oktober 2015 lalu, pada penerbangan Chine Airlines rute Bali – Los Angeles, Amerika Serikat. Ada  seorang wanita melahirkan pada ketinggian 30.000 kaki atau 9,2 KM. Pesawat terpaksa mendarat darurat di Alaska. Sangat mengherankan, bukan? Dari Bali ke LA, lewat Alaska? . Klo diliat dengan peta bumi datar, hal tersebut sangat masuk akal, sebagai berikut ini:

rute penerbangan bumi datar

 

4. Catatan Perjalanan Captain CookCook
Capt. James Cook menjelajahi Antartika selama 3 tahun 8 hari. Ia hanya menemukan tembok es, tak ada jalan masuk. Selama 3 tahun 8 hari itu, tercatat Ia menjelajahi kurang lebih sejauh 60.000 KM tembok es Antartika.

Menurut peta globe, Antartika yang disebut benua ini memiliki keliling 19.300 KM. Padahal Capt. Cook menjelajahi panjang es Antartika sepanjang 60.000 KM (sekali putar). Loh?

Berikut ini rute perjalanan Captain Cook jika digambar dengan peta bumi bulat

rute perjalanan captain cook bumi bulat

Tapi menurut Flatter, justru captain cook sedang mengelilingi dinding bumi
rute perjalanan captain cook bumi datar

 

 

5. Bumi Memiliki Kubah Langit Yang Tak Bisa Ditembus

Dalam keyakinan flatter, Bumi memiliki kubah langit yang tidak bisa ditembus oleh benda apapun. Termasuk roket? ya. Dokumen NATO dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa mereka pernah bereksperimen mencoba menghancurkan kubah langit ini dengan bom atom.

Berikut list data pengeboman kubah langit oleh USA dan Uni Sovyet dalam upaya mereka memburu prestis ke luar angkasa pertama kali:

USAHardtack I – Johnston Atoll, Pacific Ocean

  • Yucca 28 April 1958, 1.7 kt, 26.2 km
  • Teak, 1 August 1958, 3.8 Mt, 76.8 km
  • Orange, 12 August 1958, 3.8 Mt, 43 km

USAArgus – South Atlantic Ocean

  • Argus I, 27 August 1958, 1.7 kt, 200 km
  • Argus II, 30 August 1958, 1.7 kt, 240 km
  • Argus III, 6 September 1958, 1.7 kt, 540 km (The highest known man made nuclear explosion)

USSR – 1961 tests – Kapustin Yar

  • Test #88, 6 September 1961, 10.5 kt, 22.7 km
  • Test #115, 6 October 1961, 40 kt, 41.3 km
  • Test #127, 27 October 1961, 1.2 kt, 150 km
  • Test #128, 27 October 1961, 1.2. kt, 300 km

USADominic I – (Operation Fishbowl) – Johnston Atoll, Pacific Ocean

  • Bluegill, 3 June 1962, failed
  • Bluegill Prime, 25 July 1962, failed
  • Bluegill Double Prime, 15 October 1962, failed
  • Bluegill Triple Prime, 26 October 1962, 410 kt, 50 km
  • Starfish, 20 June 1962, failed
  • Starfish Prime, 9 July 1962, 1.4 Mt, 400 km (The largest man made nuclear explosion in outer space)
  • Checkmate, 20 October 1962, 7 kt, 147 km
  • Kingfish, 1 November 1962, 410 kt, 97 km

USSR – Soviet Project K nuclear tests – Kapustin Yar

Test #184, 22 October 1962, 300 kt, 290 km

 

Test #187, 28 October 1962, 300 kt, 150 km

 

Test #195, 1 November 1962, 300 kt, 59 km

 

6. Permukaan Laut Ternyata Datar.

Selama ini kita dikenalkan bahwa bumi berbentuk bulat bola dan permukaan lautnya melengkung. Sebagaimana ilustrasi gambar di bawah ini. Dimana makin jauh kita pergi dari tepi pantai maka kita akan makin tak terlihat karena termakan lengkungan bumi. Masih ingat kan? …. kan kan kan…

permukaan datar

Nagh kaum flatter mencoba  membuktikanya, apakah benar permukaan laut itu melengkung?.

Gimana? Sama sekali tidak melengkung, kan? Pernah dilakukan percobaan dengan menggunakan sinar laser. Diketahui bahwa sinar laser dapat menempuh jarak sampai 20 KM. Percobaan dilakukan pada jarak 4 miles atau 6,4 KM. Berdasarkan data lengkungan bumi, seharusnya pada jarak 6,4 KM, buminya lengkung 3,2 meter. Maka, dipancarkanlah sinar laser sejauh 6,4 KM. Seharusnya, sinar laser tersebut melenceng sejauh 3,2 meter karena lengkungan bumi, namun ternyata tidak.


Coba deh cek video berikut ini.

 

7. Jika menggunakan teori jarak antar planet NASA, maka gerhana gak bisa diprediksi

Ini bagian dimana saya mumet. Menurut Flatter, Matahari dan bulan ukuranya lebih kecil dari bumi. Jaraknya pun sangat dekat dengan Bumi, tidak sampai ratusan juga kilometer sebagaimana Klaim NASA. Flatter mendasarkan teorinya ini pada perhitungan “Siklus Saros” yaitu teori astronomi yang dibuat bangsa Babilonia.

Siklus Saros dibuat berdasarkan perhitungan Matahari dan Bulan mengelilingi Bumi, dalam siklus ini Gerhana pasti terjadi setiap 18 tahun 11 hari dan 8 jam. Ukuran Matahari dan Bulan sama, diameter 51km dan jaraknya hanya 4000KM dari permukaan bumi. Bulan dan Matahari saling berkejaran di atas bumi, bagai Rama dan Shinta … ehehehe :mrgreen:

Soal bagaimana gerhana terjadi di bumi datar menurut kaum Flatters akan saya bikinkan artikel khususnya nanti yaa …

Kali ini kita bahas bahwa gak mungkin akan terjadi gerhana jika bumi bulat dan menggunakan ukuran jarak antar planet milik NASA.

peta bumi datar

Menurut Flatter, Ilmuwan NASA tidak bodoh sehingga tidak bisa menghitung Gerhana dan Matahari jika menggunakan asumsi bumi bulat dan jarak yang mereka miliki. Tapi mereka tahu bahwa asumsi teorinya sudah salah makanya menggunakan Siklus Saros saja biar mudah.

Asumsi dasar NASA tentang perhitungan jarak Matahari, Bulan dan Bumi. NASA menggunakan teori Aristarchus of Samos untuk menghitung jarak Matahari dan Bulan dari Bumi. Aristarchus yang hidup 310 SM – 210 SM, menghitung jarak bulan sewaktu terjadi gerhana bulan dengan rumus Trigonometri dengan asumsi bahwa gerhana terjadi akibat bulan masuk dalam bayang bayang Bumi. Dengan menggunakan perhitungan Aristarchus, maka di dapat angka-angka ukuran dan jarak yang seperti dibawah ini

jarak bumi matahari bulan NASA

Lalu kenapa NASA masih pakek siklus Saros? karena jika menggunakan angka-angka di atas yang namanya gerhana gak bakal bisa diprediksi.


Naghh silahkan dikunyah-kunyah dulu … mengikuti cara berfikir orang barat itu memang bikin sob. hehehe

 

roda2blog di sosial media

406 Komentar

  1. dengan jarak 4000 km kok ada malam hari ya? soale cahaya kan lurus.. dengan jarak 2x lipat seko terang banget iso pekat banget.. jarak jakarta jeddah wae 7500 km.. 🙄

      • logika aj sih mas, diameternya 52km, dan sinar tersebut bisa menyinari seluruh asia dlm waktu yg bersamaan,kl bener bumi itu datar, maka ,malam yg gelap gulita tidak akan pernah ada,yg ad yaitu remang2, emng sinar matahari flat juga kayak roti lapis?

        • dengan munculnya sesuatu yang baru(berbeda), mungkin kita juga harus berani mereset pandangan kita terhadap sesuatu
          bukan mengkghilangkan yg sebelumnya dipercaya, tapi kayak kata mas tadi, di logika in aja.

        • mereka yang komen diatas yg tidak memahami konsep yg dijelaskan dalam qur’an bahwa bumi memang datar ( hamparan : qur’an). jangan sekedar ikut ikutan (iqra!! hanya orang-orang yang berfikir)

          • Assalamu’alaikum ,,

            Coba qur’anya jangan dibaca seperti baca buku, qur’an itu kitab suci, harus ditafsirkan oleh ahlinya..
            Logikanya ,,Memang ada kalimat kurang lebih ” bumi dihamparkan bagaikan karpet…dst”. Biasanya karpet dihamparkan di lantai/ permukaan datar,, tapi apakah karpet tdk bisa dihamparkan di permukaan yang bulat.?

            Selebihnya mohon tonton videp Dr Zakir Naik tentang bumi bulat atau datar.. Beliau adalah penceramah yg cerdas , jawabanya sudh membuat banyak orang di duniq tersadar akan ke benaran Islam dan Al- Qur’an.

            Semoga kita senantiasa diberikan hidayah Allah Swt.

            Wassalamu’alaikum

          • Ternyata komennya banyak juga,ane menikmati sekali baca Semua komen kalian,ngapain juga kalian debat tentang bumi bulat atau datar ntr jga akan terbukti sendiri kalau teknologi sudah memungkinkan kita semua untuk pergi keluar angkasa. Jadi gk ada gunanya kalian debat menghabiskan waktu aja. Lebih baik kalian debat tentang bumi untuk masa depanya seperti:reboisasi,pengurangan pembuangan gas beracun ke atmosfer. Agar ank2 kita dapat hidup dengan tenang d masa mendatang. Kalian lebih baik debat tentang pembabatan hutan karena dampaknya bisa untuk seluruh manusia di bumi dari pada debat tentang flat earth. Itu aja sih dari sy mohon maaf apabila ada kesalahan.

  2. Klo menurut dalil” islam matahari itu berbutar mengelilingi bumi bgtu jga bulan.. Berputar saling bergantian tidak saling mendahului..
    Klo teori bumi datar dri negara apa di timur asal matahari terbit?
    Trs tengelam di negara mana di barat sa’at tenggelam?
    Kya nya orng awam blm pernah ada yg menyaksikan hal itu secara real…
    Munkin klo bisa liat dri deket bisa jdi tontonan x yak….?
    Trs banyak pedangan asongan jga haha

    Mungkin klo teori bumi itu datar gak akan ada siang dan mlm x yak kan sinar matahatinya mancar trs.. Hehe
    Trs klo siang trs para buruh harus kerja 16jm x wkwk

    Wallahuallam hanya allah swt dan rasul nya yg tahu..
    Kebenaranya.

    • Matahari dan bulan kecil, sehingga tdk dapat menyinari bumi secar keseluruhan, jdi, untuk terjadinya musim kemarau di norwegia, matahari menyinari disekitar norwegia, untuk musim hujan matahari menjauhi norwegia dan mendekati antartika sehingga terjadi penolakan musim antara Norwegia dn Antartika. Untuk kutub Selatan, itu tidak ada

  3. bukti sederhana kalo flat earth salah :
    1. pernah lihat antena parabola? menghadap kemana coba. kalo satelit memang gak ada kenapa sebagian besar parabola menghadap ke atas.
    2. sampai sekarang masih ada penerbangan langsung dari australia ke afrika dan amerika latin menggunakan boeing 747-400. waktu tempuhnya sekitar 9-13 jam. kalo bumi berbentuk disc, butuh kecepatan berapa coba. yang pasti butuh pesawat supersonic.

    • 1. Kenapa parabola menghadap keatas ? karena parabola mendapatkan sinyal dari pantulan sinyal dari sumber sinyal. jadi sumber sinyal itu memantulkan sinyal itu ke atmosfir bumi, atau kubah bumi (kubah bumi kan padat).
      2. Itu sih masih satu jalur lurus baik di peta globe ataupun di peta flat earth. coba ini, Penerbangan dari sandiago (chili) ke Johanseburg (afrika selatan) tapi rute itu tidak ada. adanya dari sandiago harus transit dulu ke senegal baru ke johanseburg. aneh bukan jika menggunakan peta golbe, tapi kalo pake peta flat earth jadi masuk akal. MAKANYA TONTON FLAT EARTH EPISODE 1 SAMPAI 10 (kesepuluh nyusul). JANGAN ASAL NGOMONG KALO GAK ADA BUKTI

      • kalau pakai teori pantulan sinyal bagaimana mengatur cakupan siaran televisi satelit. antenna upload televisi satelit kan berbetuk kubah, dengan feeder ditengah fokus antena, beam pattern antenna upload tesebut akan berbentuk lingkaran kecil, begitu terpantul di kubah bumi yang padat akan memfokus lagi menjadi satu titik.

        Jalur penerbangan bisa dijelaskan dengan peraturan penerbangan yang merekomendasikan pesawat melalui jalur yg dekat dengan airport yg bisa didaratinya dalam keadaan darurat. Jadi jalur pesawat komersil akan berusaha selama mungkin diatas atau dekat dengan daratan. nah jarak daratan terdekat antara amerika selatan dan africa ada diantara SouthEast Region, Brazil dan Senegal. sehingga jalur penerbangan akan transit di brazil atau senegal. Hal yg sama antara Asia dan Amerika utara. penerbangannya mendekat ke alaska sehingga selalu lebih dekat ke daratan.

      • Ente percaya itu video yang digunakan untuk hiptonis, itu bagian dari pseudo science yang menggabungkan fakta dan hoax dan sebagainya untuk menjadi “kelihatan” masuk akal yang diambil sepenggal-penggal

        Memang kubah itu bahannya apa? tidak semua media bisa memantulkan gelombang. Harus berupa perangkat elektonik juga yang diatur sedemikian rupa. Contoh satelit dengan transpondernya.

        Penerbangan ga selalu mencari yang terdekat kok. Ente naik SIngapore AIrlines menuju Australia pasti transit dulu ke Singapore bukan langsung lurus ke Australia yang lebih dekat. Ini lebih efisien untuk menghindari pesawat kosong satu tujuan tertentu. Harus ke base dulu atau transit biasanya di Jakarta untuk mengumpulkan satu penumpang tujuan tertentu.

        • 1.ente prcaya video nasa yg dibuat dri kartun, yg dibilang satelit yg bnyk itu mn, sedangkan yg dikatakan ada 13.000 satelit, dn itu video buatannya. Bahan kubah, wallahu’alam KLO kubah bumi bahannya apa, tpi bisa memantulkan sinyal antara tower ke tower, dn tidak memerlukan satelit, satelit hanyalah bahan tipuan bgi kita negara berkembang negara terbelakang ato jg negara maju. Satelit dgn bayaran 1,5 triliun, padahal nasa cmn buat tower 1,5 juta agar mereka bisa mendapatkan keuntungan besar-besaran.
          2.apakah emergency landing tdk mempertimbangkan jauh ato dekat? Mas, Lo tau gk apa itu emergency, emergency itu darurat, jika sdh tau jgn songong. Jdi, emergency itu memperhatikan jarak terdekat dri jarak pesawat agar masalah darurat tsb bisa diselesaikan dgn cepat juga. Ente mau jdi pilot, yg penerbangannya dri Malaysia ke Indonesia emergency kandung ke Arab? Ya…mngkn Anda memakai pemahaman emergency tdk memperhatikan jauh dekat, tpi misalnya jika Anda yg pnya masalah?

          • menurut saya, mempercayai adanya Flat earth merupakan anugrah dari sang pencipta, karena pikiran, logika, mata kita telah dibukakan dari tipu daya berapa ribu tahun lalu demi kepentingan oknum tertentu.

            Bumi merupakan tempat ajaib beribu sumber daya gratis serta berbagai macam fenomena alam yang dapat di nikmati secara cuma cuma.

            Bumi tanpa gravitasi, tanpa BINGBANG, tanpa hukum ruang dan waktu, melainkan bumi dengan kekuatan dari electromagnetic… i believe one day mata 99% orang orang itu akan dibukakan khususnya mata batin, agar melihat lagi secara jeli, bukan mempercayai tipu daya sains modern sehingga logikapun seolah di butakan.

            Dukung terus flat earth,karena bumi wajib kita jaga dan lestarikan, salah satunya dengan mengungkap kebenaran dan bukan hidup dalam kebohongan modern 🙂

          • Gw tau KLO kubah bumi itu padat oleh sejarah. Ini video didokumentasikan bkn kartun. Pada tahun 1958 USA dn Rusia membom langit scara bersamaan selama 4 tahun. Untuk apa mereka membom langit? Karena sebelumnya mereka prnh mengirim Neil Armstrong ke bulan, tdk lama kemudian roket tsb hancur terkena langit. Jdi, tdk ada orang yg prnh k bulan. Yg kita liat di TV sdh jelas, jelas keliatan talinya. Sy mengetahui ini dri sejarah, dn smua org tau itu. Oke

        • Please kalo mau komen belajar dulu,kalian dari kecil udah diajarin bumi bulat,sehingga kalian tidak menerima bumi bulat.coba dari kecil di ajarkan bumi datar pasti kalian percaya.
          Coba liat perang dunia 1,mereka udah bisa mendeteksi pangkalan militer musuh melalui white allice.
          Coba kamu lihat pas amerika mengirim ribuan militer ke antartika,lihat wawancara ketua yg memimpin militer itu,dia mengatakan bahwa di sebrang antartika ada daratan tanpa es dan banyak batu bara yg bisa memasok kebutuhan bumi selama ratusan tahun bahkan ada juga uranium(uranium paling dicari) dan tujuan AS mengirim militer yaitu untuk melindungi bumi dari serangan luar (luar bumi),dan ketuanya mengatakan bahwa di sebrang antartika ada benua lain sebesar benua amerika.
          Thanks…

  4. Teori konspirasi pendukung kaya satelit dkk itu hanya sebagai pancingan supaya kita yakin aja oh itu lo busuknya nasa, jadi asumsi kita di giring NASA = BOHONG

    bumi emang ga bulat perfect kaya globe, tipis di kutub mengembang di katulistiwa.
    kaya kentang apa telur gitu :v

      • kenapa sangat lama?, memangnya waktu itu kecepatan kapal captain cook berapa? trus alat pengukur jaraknya spt apa kok tau jaraknya 60rb km-an? jangan2 dia tersesat muterin antartika sampe 3x karena semuanya es. intinya kenapa perjalanan captain hook dengan semua teknologi yg dipake pada jaman itu dijadikan dasar bahwa bumi itu datar?

      • Kenapa perjalanan James Cook mengelilingi antartika dengan sangat lama? Udh pernah lihat peta perjalanannya belum? Coba lihat dulu deh: http://inilah.us/wp-content/uploads/2016/08/ko766ea877c72.jpeg .

        Perjalanan James Cook keliling Antartika = 60.000 km
        Keliling Antartika (Menurut Bumi Bulat) = 19.000 km

        Kok bisa beda??? Beda jauh lagi! Lihat dulu jalur perjalanannya… si Cook itu muter-muter beberapa kali. Berangkat dari Eropa, pulang ke Eropa lagi… Dari Eropa ke Antartika kan jauh. Nah jadi wajar saja kalau jarak perjalanan Cook tuh beda banget sama jarak keliling Antartika… Jadi, Alasan ini tidak bisa dijadikan teori bumi datar maupun bumi bulat. Sekian.

      • Kalau memang bumi datar , Bagaimana lapisan dari bumi yang memiliki pusat atau core yang berada ditengah . Jika memang bumi datar dengan pusat bumi ditengah bagaimana gaya gravitasi terjadi dan semua pulau akan menjadi satu dan tidak terpisah karena adanya gravitasi yang berada di tegah .

        • Gravitasi itu, tdk ada buktinya. Nah, misalnya, apel jatuh karena apa? Karena berat jenis. Trus, jika kita berada di bagian selatan bumi(jika bumi bulat), mengapa air tdk jatuh, sedangkan balon bisa terbang tanpa adanya gravitasi. Mengapa gravitasi tdk menariknya? Apakah karena gravitasi pilih kasih? Hahaha, itu salah. Itu karena berat jenis. Pusat bumi, itu ada di kutub Utara. Di kutub Utara (pusat), terdapat energi semacam elektromagnetik, sehingga semua Kompas akan menunjuk Utara berada di kutub Utara. Jdi, gravitasi itu tdk ada. Buktinya, mengapa smua pulau tdk menyatu? Yg ada adalah elektromagnetik, pulau yg terbuat dri tanah tdk akan ditarik. Oke

          • sejauh mana anda mengetahui apa itu berat jenis? sedangkan berat jenis itu ada hanya jika gravitasi itu ada. berat jenis itu hanya perbandingan relatif dari massa jenis zat tertentu dengan massa jenis air murni. massa jenis sangat berhubungan dengan massa benda, massa benda ada nilainya ketika gravitasi ada, sedangkan berat tidak perlu ada gravitasi ia tetap ada nilainya.

          • Jika gravitasi itu memang ada, pastinya gas-gas spt Nitrogen dan Oksigen tersedot oleh gravitasi. Jika gravitasi itu ada, bagaimana mungkin dapat menyedot besi berbobot berton-ton, tetapi tidak bisa menyedot benda yang sangat ringan (tidak memiliki berat) seperti gas. Sebaliknya, dengan teori massa jenis itu lebih masuk akal, karena benda yang memiliki berat lebih besar maka jatuhnya lebih cepat dari benda yg ringan.

          • Semua yang diajarin sains bisa dibuktiin, flat earth buktinya apa? interpretasi ngawur bukuk etinggalan jaman kaya al quran?

  5. Woalah mazzz klo bisa jgn menyebarkan berita yg membuat iman org lemah, panjenegan ikut tangung jawab lho sampe akhirat,….
    Mau ngikutin apa yg diajarkan gereja? Padahal secara sains itu terbukti salah!
    Mazz bro ini emng suka mengambil teori yg beda sendiri!

    • justru sistem sekarang yang salam mas, galileo tidak bisa membuktikan parralak bintang dan galileo dihukum karena masalah politik (galileo marah dan menyerang gereja) bukan karena menyampaikan kebenaran. Justru sains sekarang menjerumus untuk menghancurkan agama seperti contoh : “Tidak perlu Tuhan untuk terjadinya Bing bang, Alam semesta terjadi karena kecelakaan yang bersifat random dll” itu kata kata sains modern, justru sains kuno yang benar menurut agama.

    • Bukan ajaran gereja, mas.
      Bahkan Ibnu Sina, tau kan Ibnu Sina itu siapa? Beliau juga menganut teori flat earth.

      Kalo boleh saya ambil beberapa kisah keagamaan.
      1. Waraha Awatara pernah menyelamatkan bumi dr tenggelam di lautan kosmik.
      Globe Earth: Lautan kosmik dimana?
      Flat Earth: Di luar kubah langit isinya adalah air.

      2. Bibel berkisah Tuhan pernah menjatuhkan bintang ke bumi.
      Globe Earth: Bintang lebih besar dr bumi.
      Flat Earth: Bintang itu kecil dan berputar mengelilingi bumi.

      3. Isra Miraj menuju langit ke -7
      Globe Earth: Langit ke-7 dimana?
      Flat Earth: Kubah langit mempunyai 7 lapisan.

  6. Ane pribadi srkarang cenderung lebih percaya bumi datar daripada globe, yaa paling 55 : 45 – 60 : 40 presentasenya, karena ane pernah melihat dan mengabadikan sinar matahari di langit yang melewati celah diantara awan itu sinarnya malah melebar ke samping, artinya sumber cahayanya tidak jauh jaraknya. Monggo sopo wae sing ora terimo karo aku ora usah ngeyel-eyelan, dibuktekno dewe wae ora usah nesune sek.

    • kamu berdiri di antara dua pilar masjid yang tinggi. kamu foto keduanya dari bawah. hasil gambarnya semakin kebawah semakin melebar atau lurus. semakin melebarkan… itu karena kita si pengamat terlalu kecil di banding yang di amati. sehingga ujung pilarnya atau ujung cahanya yang bagian atas sepertinya menyempit atau mengecil seperti ujung jalan lurus yang kita lalui.

        • Sini mas jelasin kalo menurut anda perspektif, sampai goblok goblokin. Jangan minta saya buat nonton video, cuma alasan andalan dari flat eathers saja. Saya sudah nonton semua videonya tetap saja tidak masuk ke akal.

          Apakah anda melihat matahari terbenam atau terbit jadi sebuah titik (seharusnya seperti itu karena perspektif) atau pas terbit atau terbenam masih ada bentuk bulat terpotong. Kenyataannya matahari terbit atau terbenam masih berbentuk bulat, banyak foto video bahkan anda bisa melihatnya sendiri.

          Atau kalo anda masih punya pembuktian empiris, coba sini tulis jadi jurnal coba kita ikutkan conference, apakah bisa dipertahankan argumen yang isinya asumsi asumsi dan asumsi.

          Yang untung pembuat video flat earth dapet duit dari youtube semakin anda promosi buat nonton video.

      • bagaimana anda mengatakan itu suatu peristiwa kolid? koloid terjadi jika dipengaruhi antar zat dua atau lebih dan sifatnya lebih ke sistem itu, sedangkan yang dibahas adalah suatu fenomena, tidak ada kaitannya dengan koloid.

  7. Salah satu bukti bahwa Al-Qur’an tak tergerus masa hingga akhir zaman

    Bisa dibayangkan, alangkah anehnya jika pada waktu itu Bumi sudah dikatakan secara gamblang berbentuk bulat. Pastinya orang-orang PADA MASA LALU bingung, dan bertanya bagaimana mungkin Bumi bulat? Karena yang mereka lihat di depan mata yaitu tanah, daratan, gurun pasir dan juga laut seperti “hamparan”. Pastinya mereka tak akan mau mempercayai Al-Quran, yang bisa jadi mereka katakan sebagai KEBOHONGAN.

    Dan bisa pula dibayangkan, alangkah anehnya jika pada waktu itu Bumi dikatakan datar atau rata, setelah waktu dan masa berlalu hingga sekarang, pastinya orang-orang PADA MASA KINI, dimana teknologi telah canggih, juga bingung , dan bertanya bagaimana mungkin Bumi datar? Karena pada masa kini banyak astronot dari Rusia, Amerika, Perancis, Inggris, Israel, Cina, India, Malaysia, dan banyak lainnya telah melihat bahwa Bumi bulat. Pastinya mereka juga tak mempercayai Al-Quran, yang bisa jadi mereka katakan sebagai KEBOHONGAN.

    Inilah sebagai salah satu bukti, bahwa Al-Quran adalah kitab suci sepanjang masa sejak diturunkan hingga akhir zaman, karena tak lekang oleh zaman walau peradaban manusia sudah sangat maju dan modern.

    Pada masa kini, ribuan satelit sudah mengorbit planet Bumi. Sebagian besarnya memiliki orbit melewati kutub utara dan kutub selatan, yang mana orbit tersebut disebut sebagai “pole orbiter”. Dari satelit-satelit itu juga sudah memfoto seluruh jengkal permukaan Bumi termasuk lautan, kutub utara dan benua Antartika di kutub selatan.

    Al-Quran adalah kitab suci bagaikan “telegrap” yang hanya terdiri dari pengertian yang ringkas namun padat, artinya Al-Quran bukan mirip artikel yang panjang dan komplit menjelaskan secara detail satu-persatu tentang semua kehidupan dan juga seluruh ilmu pengetahuan di Bumi ini hingga akhir zaman secara detail dan komplit, karena jika Al-Quran menjelaskan seluruh aspek, maka tebalnya Al-Quran tak seperti sekarang, melainkan setebal gedung tinggi dan banyak orang malas mempelajarinya. sumber: http://wp.me/p1jIGd-7y4

    • Bisa dijelaskan arah baitul makmur dilangit ketujuh yg mengarah langsung ke kabah ? Dan jika bumi bulat dan beredar, bagaimana mgkin bs terus mengarah ke kabah, tp jelas masuk akal jika bumi datar. Al Quran hanya untuk orang2 yg berfikir.

      • “Lhat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. An Naml 27:88) .

        • Salah mas. bumi diam, yang lain mengelilingi bumi. Kita ini diciptakan tuhan istimewa. Jangan ikut elite global, mereka semua atheis, sama aja kaya dajjal.

          • Kalo seluruh alam semesta mengitari bumi gimana caranya bintang yang jaraknya jutaan tahun cahaya bisa mengitari bumi sama cepatnya dengan bulan yang jaraknya cuman ribuan kilo? kalo alam semesta mengitari bumi maka posisi bintang seharusnya terlihat jelas berbeda-beda tiap malam, iya kan?

    • pengen tanya masalah satelit (misalnya satelit palapa), satelit palapa itu mengelilingi bumi sambil juga mengikuti rotasi bumi, atau hanya mengikuti rotasi bumi ?
      kalo satelit bergerak mengikuti rotasi bumi berati posisi satelit palapa tidak berpindah dari atas indonesia ya?

      kalo berdasarkan pemasangan antena tv satelit yg harus mengarah ke arah tertentu, berarti satelit palapa tidak bergerak ya terhadap posisi bumi?

      mohon penjelasannya dong

      • betul. sebuah satelit diorbitkan hanya untuk mengcover area tertentu. misalnya Telkom mengorbitkan satelit untuk siaran di area Indonesia saja. Satelit tersebut otomatis akan mengikuti posisi wilayah indonesia agar bisa melayani area Indonesia.
        Inilah sebabnya kenapa antena satelit ATM arahnya selalu ke atas. antara ATM satu dengan ATM lainnya arah antenannya gak selalu sama karena bisa jadi mereka menggunakan satelit berbeda.
        Terus untuk negara lain gimana? mereka juga punya satelit sendiri untuk keperluan wilayah mereka sendiri.

  8. waduh ternyata gps garmin di boil gw boongan ya, ternyata isinya ada hp buat kerjanya… lah terus yg isi pulsa siapa ya, nasa? wkkk

    • wkwkwkwkwkwkwkwkkwwk … apa lagi garmin saya yang dulu mas, tahun 80an masih monokrom … tapi hebat lho, bisa nangkap sinyal di pedalaman padahal BTS-nya di antah berantah.

      • nah ini nih, anda bilang bisa nangkap sinyal di pedalaman, brarti ada daerah yang susah sinyal?… dan masih ada daerah yg susah sinyal sampai jaman modern ini, trus guna ne satelit opo ya mas?.. maaf aku orang e ga mudengan… lol

  9. Orang sinting, coba buktikan… tepi bumi gambarnya seperti apa? Hahaha… kalo emang bumi datar coba tunjukan tepi bumi itu seperti apa sih?

  10. Kalo bumi itu bulat, terus berputar kenceng pastinya isinya udah tumpah semua, kalo emang satelitnya ada diangkasa, yang bikin bingung satelitnya ikut muterin bumi kaga. Kalo engga ikut muter berarti saat bumi itu muter, satelitnya pas ada si posisi asia udah ada di eropa, asianya gak ada sinyal dong.

  11. Sinar matahari yang menembus celah awan, itu karena perspektif. Celahnya cukup jauh, sedang ujung sinar lebih dekat ke tanah, atau menuju arah kita. Hingga melebar kelihtannya.

  12. Sebenarnya agak canggung mau komen, karena seperti diskusi dgn para idiot, tp y sudah takasih 2 pertanyaan untuk para koplo flatter dan pengikutnya itu:

    1. Kenapa ada perbedaan siang dan malam antara Indonesia dan Amerika?
    2. Kalo memang datar berarti punya batas, tunjukkan foto batas2 dunia ?

  13. Lagilaris faisal. Lo yg goblok and tolol banget. Mau bumi bulat ato datar. Itu semua hanya sebatas teori. Emang lo pernah nyakisiin gimana bentuk bumi? Emang lo pernah keluar angkasa…? Mereka di atas hanya sebatas menemukan teori baru .Jadi biasa aja oi ga usah ada kata2 menghina. Kalo mau tau bentuk bumi. Lo tanya aja penciptanya.
    HARGAILAH PENEMUAN BARU….. walaupun sebenarnya gw gax peduli bentuk bumi itu mau bulat, datar ato kotak….

    • kal dah jumpa sama org yg masa bodoh dengan dunia dia sendiri ush dikomen,,,,mau berkali kali diyakinkan gk akan pernah ngerti karena dia udh pro rezim sainstis(ikut sistem),,,,,,,karena dalam pikirinnya gk ada kata untuk maju dan mencari ilmu….org kayak yg gua komenin gk ush diladenin,,,,bisanya cuman hina doang

  14. Kalo bumi datar dan matahari bergerak melingkar, ini yang bakai terjadi.
    Pada tanggal 22 september dan 22 maret, matahari berada di katulistiwa. Artinya orang yang ada di Pontianak akan menyaksihan matahari ada tepat diatas kepala pada jam 12 siang. Matahari akan terbit dari timur pasti tidak pas ada di timur dan juga terbenam di barat tidak pas tepat di barat. Kenapa?

    Kan melingkar, jadi pasti menuju utara lagi. Boba saja perhatikan pada peta dunia yang datar. Datang dari utara kemudian menuju utara lagi.

    Sekarang cek nanti tanggal 22 september di pontianak. Apakah begitu?

  15. Kalo bumi datar, pasti siang terus yg ada. Sinar matahari aja bisa nyampe ke planet lain, masih nyinarin seluruh permukaan bumi yg ‘datar’ aja ga bisa?hehe bertahun2 ane belajar ilmu fisika belom pernah tuh dibilang bumi datar. Yg bilang bumi datar mending skolah lagi gih biar di ajarin yg bener hahaha

    • Bumi bulat hanya sebatas teori yg ditanamkan sejak dini. KLO mw diblmg bumi itu datar jg susah. Karena sgt banyak bukti, sehingga susah dijelaskan karena pertama, sdh ditanamkan sejak kecil melebihi agama bahkan. Kedua, bukti bumi itu bulat sgt bnyk, jika dibantah jg susah. Makanya smua org suruh nnton aja video flat earth 101 biar gampang. Sebenarnya, kita mw percaya bumi itu kotak segitiga, jajargenjang jg ndk masalah. Masalahnya, elite global tlah menipu kita. Mulai dri pembiayaan satelit yg mencapai triliunan, yg membuat mata uang kita amburadul. Nah, KLO masalah negara ini yg dipedulikan. Bkn hanya Indonesia, smua negara di dunia. KLO masih prcaya bumi itu bulat, oke fix. Tpi, teori ini merembet k masalah agama, ekonomi, sosial.

  16. Untuk tes sinar laser kalo cuma pendek jaraknya ga ngaruh. Coba sampe 500km lebih pasti ada perbedaan. Wong pecobaannya cuma 6.4 km. Lengkungan belum terasa. Ada ada ajah.

  17. Tanggapan
    1. kalo diperhatikan dg seksama, di gambar sudah terlihat lengkungan walaupun sedikit. kalo ingin melihat lengkungan dg jelas, butuh ketinggian ribuan km karena bumi sangatlah luas.
    2. satelit didorong pake roket, tenaganya emang besar tapi tidak sebesar di atmosfer bumi, karena di sana tidak ada udara. satelit bisa melaju terus bukan berarti didorong terus oleh roket. kecepatan satelit akan terus dipercepat selama didorong oleh roket, setelah roket lepas kecepatan satelit tidak akan berkurang karena disana tidak ada gaya gesek sehingga kecepatannya bisa konstan. ingat hukum newton 1, benda diam atau melaju dengan kecepatan konstan, berarti tidak ada gaya yang memengaruhinya. Pelajaran SMA
    3. cek aja beritanya, jalur penerbangannya bukan dari bali ke LA, tapi dari Taiwan ke LA. disana juga dijelaskan bahwa pesawatnya berbelok, kalo jalurnya lurus, ngapain harus berbelok. http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-3270382/Caught-camera-amazing-moment-woman-gives-birth-premature-baby-girl-30-000ft-Taiwan-Los-Angeles-flight-crew-passengers-helping-out.html
    4. Dilihat dari jalurnya sudah keliatan, James Cook tidak menyisir tepian Antartika
    5. Itu namanya sabuk radiasi Van Allen, pelajaran SMA. sabuk ini terbentuk karena inti bumi yang berupa besi dan nikel dan membentuk medan magnet. seperti firman Allah, “Dan Kami turunkan besi yang padanya memiliki kekuatan hebat”. kekuatan hebat apa yang dimaksud? padahal emas dan uranium jauh lebih hebat daripada besi
    6. Di youtube juga banya orng yg membuktikan bumi bulat dg cara seperti itu
    7. Kata siapa tidak bisa dihitung??? justru kalo bumi datar malah semakin gk bisa dihitung. Simpel saja kalo bulan dan matahari orbitnya sama, mengapa penanggalan hijriah dan masehi bisa berbeda???

    • Saya akan jawab bantahan anda !!

      1) Tidak ada lengkungan sama sekali mas, Mana lengkungannya..??, tidak ada sama sekali, jangan mengada-ada ya. Seharusnya, jika luas permukaan bumi dan diameter bumi sudah diketahui, dalam jarak 6,4 km akan lengkung 1,3 meter. Namun pada gambar diatas, tidak demikian. Padahal jika anda perhatikan, jarak pada foto diatas itu lebih dari 9 km, tepatnya 9,8 km. Seharusnya jika bumi bulat, maka dalam jarak tersebut, horiison bumi akan melengkung lebih dari 3 meter, dan pasti akan terlihat jelas oleh mata.

      2) Saya ingin bertanya, apakah atmosfir mempunyai 2 pengaruh, yakni gravitasi dan membuat semua benda berjalan mengikuti bumi, termasuk diatas udara?.
      Jika iya, saya mau bertanya?, apakah satelit dipengaruhi atmosfir?. Jika iya, maka satelit di luar angkasa bisa dipastikan akan jatuh ke bumi karena gravitasi. Jika tidak, maka satelit akan bergerak mengikuti kecepatan bumi, yang mana itu sangat mustahil. Karena secepat apapun benda, roket sekalipun, tidak akan bisa menyamai kecepatan putaran bumi yang begitu cepat. Jika dipaksakan, roket beserta satelitnya akan meledak, karena tertekan oleh deru kecepatan yang sangat besar.
      Jika atmosir tidak mempunyai 2 pengaruh (hanya mempengaruhi gravitasi saja), maka dipastikan pesawat tidak akan sampai ke tempat tujuan, karena buminya berputar, dan pesawat tidak mengikuti perputaran bumi. Atau jika (hanya mempengaruhi semua benda berjalan saja), maka semua benda akan melayang-layang di udara. Padahal ini tidak terjadi.
      Satu, lagi, tidak ada satupun dari 13.000 satelit yang bisa dilihat oleh teleskop.

      3) Sudah saya lihat, rute perjalanan tetap dari Bali ke L.A. Berita tidak mengatakan rute berasal dari Taiwan ke L.A. Saya sudah cek di banyak situs lain tentang berita penerbangan tersebut, dan tidak ada yang mengatakan rute dari Taiwan ke L.A.. Adanya rute dari L.A. ke Taiwan setelah wanita tersebut didaratkan. Jadi dicermati dulu beritanya ya, jangan mengada-ngada.
      Sekalipun itu benar penerbangan dilakukan dari Bali ke Taiwan dulu, maka rutenya juga masuk akal di peta bumi datar, karena lurus. Perhatikan di peta bumi datar, lokasi Bali, China, Alaska, dan LA.

      4) Waduuh.. anda nih gimana. Wong jelas-jelas digambar menyusuri antartika, kok fakta malah diputarbalikkan. Lihat garis-garisnya pada peta bumi datar, mendekati wilayah antartika kan?. Sekarang bandingkan dengan peta bumi bulat, jalurnya tidak karuan, malah ada yang melenceng sampai di atas afrika. Mana yang lebih masuk akal?, jelas-jelas yang mendekati antartika, bukan?

      5) Apakah di ayat Al-Qur’an tersebut dijelaskan bahwa “kekuatan hebat” tersebut adalah Radiasi Van Allen?. Lalu besi apa yang dimaksud?, tidak dijelaskan satu kata kunci pun yang merujuk pada sesuatu yang sangat solid diatas atmosfer. Dari mana anda punya penafsiran tersebut?, jangan menafsirkan sembarangan.
      Lalu, jika memiliki medan magnet, apa pengaruh medan magnet tersebut?, apakah mengahancurkan semua benda yang lewat diatas atmosfer?, ataukah memiliki daya tarik berupa gravitasi?
      Jika menghancurkan semua benda yang lewat di atas atmosfir, maka itu semakin membuktikan bahwa penerbangan ke luar angkasa 100% bohong. Jangankan roket yang berdaya hantam puluhan ribu kali lebih besar dari manusia (yang bisa hancur dicengkeram Radiasi Van Allen), manusia yang melewatinya pasti akan terbakar habis oleh radiasi Van Allen, dan dipastikan pemotretan luar angkasa tidak akan terjadi.

      6) Banyak orang yang mencoba membantah bahwa teori bumi datar itu salah (termasuk di Youtube), tetapi bantahan mereka tidak ada yang masuk akal, dan hanya asumsi-asumsi belaka, pembenaran-pembenaran belaka, dan tidak menunjukkan fakta/bukti akurat yang membantah teori bumi datar. Bukti yang paling tidak bisa dibantah adalah Horison bumi yang terbukti lurus, tidak melengkung. Satu hal lagi yang paling tidak bisa dibantah, yakni bagaimana mungkin kecepatan satelit melebih kecepatan suara tanpa ada kerusakan sedikitpun??
      Satu bukti lagi yang paling tidak bisa dibantah, yakni :
      Seharusnya pesawat itu terbang dan tidak bergerak menuju ke lokasi yang dituju, karena lokasi yang dituju akan bergerak dengan sendirinya, dan justru akan cepat sampai. Lalu, kenapa pesawat harus susah-susah bergerak menuju lokasi?.
      Ambil 2 contoh, misalkan jika bumi itu hulat dan bergerak dari timur ke barat, seharusnya pesawat dari Jakarta menuju Brazil, cukup hanya terbang dan diam pasti akan sampai dengan cepat. Atau jika berjalan ke timur, malah lebih cepat lagi, karena berlawanan arah dengan rotasi bumi. Sebaliknya, jika Jakarta menuju India, pasti pesawat tidak akan pernah sampai di india, karena kecepatan pesawat tidak bisa menyamai, atau bahkan melebih kecepatan rotasi bumi. Nyatanya, perjalanan pesawat tetap normal, dan tepat pada waktunya sampai di lokasi. Bagimana mungkin ini terjadi jika bumi ini bulat??

      7) Hadeeh.. susah faham ni orang. Justru teori bumi mengelilingi mataharilah yang menggunakan sistem saros (yang mengacu pada matahari mengelilingi matahari). Lalu jika angka-angka yang milyaran itu bisa dijadikan acuan, kenapa tidak pakai yang itu saja??. Bukankah akan lebih tidak bisa dibantah jika NASA menggunakan acuan milyaran tersebut??.
      Ya berbeda lah, la wong kecepatan mengelilingi buminya berbeda (meskipun orbitnya sama), pasti waktunya pun juga akan berbeda

    • Saya akan jawab bantahan anda !!

      1) Tidak ada lengkungan sama sekali mas, Mana lengkungannya..??, tidak ada sama sekali, jangan mengada-ada ya. Seharusnya, jika luas permukaan bumi dan diameter bumi sudah diketahui, dalam jarak 6,4 km akan lengkung 1,3 meter. Namun pada gambar diatas, tidak demikian. Padahal jika anda perhatikan, jarak pada foto diatas itu lebih dari 9 km, tepatnya 9,8 km. Seharusnya jika bumi bulat, maka dalam jarak tersebut, horiison bumi akan melengkung lebih dari 3 meter, dan pasti akan terlihat jelas oleh mata.

      2) Saya ingin bertanya, apakah atmosfir mempunyai 2 pengaruh, yakni gravitasi dan membuat semua benda berjalan mengikuti bumi, termasuk diatas udara?.
      Jika iya, saya mau bertanya?, apakah satelit dipengaruhi atmosfir?. Jika iya, maka satelit di luar angkasa bisa dipastikan akan jatuh ke bumi karena gravitasi. Jika tidak, maka satelit akan bergerak mengikuti kecepatan bumi, yang mana itu sangat mustahil. Karena secepat apapun benda, roket sekalipun, tidak akan bisa menyamai kecepatan putaran bumi yang begitu cepat. Jika dipaksakan, roket beserta satelitnya akan meledak, karena tertekan oleh deru kecepatan yang sangat besar.
      Jika atmosir tidak mempunyai 2 pengaruh (hanya mempengaruhi gravitasi saja), maka dipastikan pesawat tidak akan sampai ke tempat tujuan, karena buminya berputar, dan pesawat tidak mengikuti perputaran bumi. Atau jika (hanya mempengaruhi semua benda berjalan saja), maka semua benda akan melayang-layang di udara. Padahal ini tidak terjadi.
      Satu, lagi, tidak ada satupun dari 13.000 satelit yang bisa dilihat oleh teleskop.

      3) Sudah saya lihat, rute perjalanan tetap dari Bali ke L.A. Berita tidak mengatakan rute berasal dari Taiwan ke L.A. Saya sudah cek di banyak situs lain tentang berita penerbangan tersebut, dan tidak ada yang mengatakan rute dari Taiwan ke L.A.. Adanya rute dari L.A. ke Taiwan setelah wanita tersebut didaratkan. Jadi dicermati dulu beritanya ya, jangan mengada-ngada.
      Sekalipun itu benar penerbangan dilakukan dari Bali ke Taiwan dulu, maka rutenya juga masuk akal di peta bumi datar, karena lurus. Perhatikan di peta bumi datar, lokasi Bali, China, Alaska, dan LA.

      4) Waduuh.. anda nih gimana. Wong jelas-jelas digambar menyusuri antartika, kok fakta malah diputarbalikkan. Lihat garis-garisnya pada peta bumi datar, mendekati wilayah antartika kan?. Sekarang bandingkan dengan peta bumi bulat, jalurnya tidak karuan, malah ada yang melenceng sampai di atas afrika. Mana yang lebih masuk akal?, jelas-jelas yang mendekati antartika, bukan?

      5) Apakah di ayat Al-Qur’an tersebut dijelaskan bahwa “kekuatan hebat” tersebut adalah Radiasi Van Allen?. Lalu besi apa yang dimaksud?, tidak dijelaskan satu kata kunci pun yang merujuk pada sesuatu yang sangat solid diatas atmosfer. Dari mana anda punya penafsiran tersebut?, jangan menafsirkan sembarangan.
      Lalu, jika memiliki medan magnet, apa pengaruh medan magnet tersebut?, apakah mengahancurkan semua benda yang lewat diatas atmosfer?, ataukah memiliki daya tarik berupa gravitasi?
      Jika menghancurkan semua benda yang lewat di atas atmosfir, maka itu semakin membuktikan bahwa penerbangan ke luar angkasa 100% bohong. Jangankan roket yang berdaya hantam puluhan ribu kali lebih besar dari manusia (yang bisa hancur dicengkeram Radiasi Van Allen), manusia yang melewatinya pasti akan terbakar habis oleh radiasi Van Allen, dan dipastikan pemotretan luar angkasa tidak akan terjadi.

      6) Banyak orang yang mencoba membantah bahwa teori bumi datar itu salah (termasuk di Youtube), tetapi bantahan mereka tidak ada yang masuk akal, dan hanya asumsi-asumsi belaka, pembenaran-pembenaran belaka, dan tidak menunjukkan fakta/bukti akurat yang membantah teori bumi datar. Bukti yang paling tidak bisa dibantah adalah Horison bumi yang terbukti lurus, tidak melengkung. Satu hal lagi yang paling tidak bisa dibantah, yakni bagaimana mungkin kecepatan satelit melebih kecepatan suara tanpa ada kerusakan sedikitpun??
      Satu bukti lagi yang paling tidak bisa dibantah, yakni :
      Seharusnya pesawat itu terbang dan tidak bergerak menuju ke lokasi yang dituju, karena lokasi yang dituju akan bergerak dengan sendirinya, dan justru akan cepat sampai. Lalu, kenapa pesawat harus susah-susah bergerak menuju lokasi?.
      Ambil 2 contoh, misalkan jika bumi itu bulat dan bergerak dari timur ke barat, seharusnya pesawat dari Jakarta menuju Brazil, cukup hanya terbang dan diam pasti akan sampai dengan cepat. Atau jika berjalan ke timur, malah lebih cepat lagi, karena berlawanan arah dengan rotasi bumi. Sebaliknya, jika Jakarta menuju India, pasti pesawat tidak akan pernah sampai di india, karena kecepatan pesawat searah dengan rotasi bumi yang begitu cepat. Kecepatan pesawat tidak bisa menyamai, atau bahkan melebih kecepatan rotasi bumi. Nyatanya, perjalanan pesawat tetap normal, dan tepat pada waktunya sampai di lokasi. Bagimana mungkin ini terjadi jika bumi ini bulat??

      7) Hadeeh.. susah faham ni orang. Justru teori bumi mengelilingi mataharilah yang menggunakan sistem saros (yang mengacu pada matahari mengelilingi bumi). Lalu jika angka-angka yang milyaran itu bisa dijadikan acuan, kenapa tidak pakai yang itu saja??. Bukankah akan lebih tidak bisa dibantah jika NASA menggunakan acuan milyaran tersebut??.
      Ya berbeda lah, la wong kecepatan mengelilingi buminya berbeda (meskipun orbitnya sama), pasti waktunya pun juga akan berbeda

    • Saya akan jawab bantahan anda !!

      1) Tidak ada lengkungan sama sekali mas, Mana lengkungannya..??, tidak ada sama sekali, jangan mengada-ada ya. Seharusnya, jika luas permukaan bumi dan diameter bumi sudah diketahui, dalam jarak 6,4 km akan lengkung 1,3 meter. Namun pada gambar diatas, tidak demikian. Padahal jika anda perhatikan, jarak pada foto diatas itu lebih dari 9 km, tepatnya 9,8 km. Seharusnya jika bumi bulat, maka dalam jarak tersebut, horiison bumi akan melengkung lebih dari 3 meter, dan pasti akan terlihat jelas oleh mata.

      2) Saya ingin bertanya, apakah atmosfir mempunyai 2 pengaruh, yakni gravitasi dan membuat semua benda berjalan mengikuti bumi, termasuk diatas udara?.
      Jika iya, saya mau bertanya?, apakah satelit dipengaruhi atmosfir?. Jika iya, maka satelit di luar angkasa bisa dipastikan akan jatuh ke bumi karena gravitasi. Jika tidak, maka satelit akan bergerak mengikuti kecepatan bumi, yang mana itu sangat mustahil. Karena secepat apapun benda, roket sekalipun, tidak akan bisa menyamai kecepatan putaran bumi yang begitu cepat. Jika dipaksakan, roket beserta satelitnya akan meledak, karena tertekan oleh deru kecepatan yang sangat besar.
      Jika atmosir tidak mempunyai 2 pengaruh (hanya mempengaruhi gravitasi saja), maka dipastikan pesawat tidak akan sampai ke tempat tujuan, karena buminya berputar, dan pesawat tidak mengikuti perputaran bumi. Atau jika (hanya mempengaruhi semua benda berjalan saja), maka semua benda akan melayang-layang di udara. Padahal ini tidak terjadi.
      Satu, lagi, tidak ada satupun dari 13.000 satelit yang bisa dilihat oleh teleskop.

      3) Sudah saya lihat, rute perjalanan tetap dari Bali ke L.A. Berita tidak mengatakan rute berasal dari Taiwan ke L.A. Saya sudah cek di banyak situs lain tentang berita penerbangan tersebut, dan tidak ada yang mengatakan rute dari Taiwan ke L.A.. Adanya rute dari L.A. ke Taiwan setelah wanita tersebut didaratkan. Jadi dicermati dulu beritanya ya, jangan mengada-ngada.
      Sekalipun itu benar penerbangan dilakukan dari Bali ke Taiwan dulu, maka rutenya juga masuk akal di peta bumi datar, karena lurus. Perhatikan di peta bumi datar, lokasi Bali, China, Alaska, dan LA.

      4) Waduuh.. anda nih gimana. Wong jelas-jelas digambar menyusuri antartika, kok fakta malah diputarbalikkan. Lihat garis-garisnya pada peta bumi datar, mendekati wilayah antartika kan?. Sekarang bandingkan dengan peta bumi bulat, jalurnya tidak karuan, malah ada yang melenceng sampai di atas afrika. Mana yang lebih masuk akal?, jelas-jelas yang mendekati antartika, bukan?

      5) Apakah di ayat Al-Qur’an tersebut dijelaskan bahwa “kekuatan hebat” tersebut adalah Radiasi Van Allen?. Lalu besi apa yang dimaksud?, tidak dijelaskan satu kata kunci pun yang merujuk pada sesuatu yang sangat solid diatas atmosfer. Dari mana anda punya penafsiran tersebut?, jangan menafsirkan sembarangan.
      Lalu, jika memiliki medan magnet, apa pengaruh medan magnet tersebut?, apakah mengahancurkan semua benda yang lewat diatas atmosfer?, ataukah memiliki daya tarik berupa gravitasi?
      Jika menghancurkan semua benda yang lewat di atas atmosfir, maka itu semakin membuktikan bahwa penerbangan ke luar angkasa 100% bohong. Jangankan roket yang berdaya hantam puluhan ribu kali lebih besar dari manusia (yang bisa hancur dicengkeram Radiasi Van Allen), manusia yang melewatinya pasti akan terbakar habis oleh radiasi Van Allen, dan dipastikan pemotretan luar angkasa tidak akan terjadi.

      6) Banyak orang yang mencoba membantah bahwa teori bumi datar itu salah (termasuk di Youtube), tetapi bantahan mereka tidak ada yang masuk akal, dan hanya asumsi-asumsi belaka, pembenaran-pembenaran belaka, dan tidak menunjukkan fakta/bukti akurat yang membantah teori bumi datar. Bukti yang paling tidak bisa dibantah adalah Horison bumi yang terbukti lurus, tidak melengkung. Satu hal lagi yang paling tidak bisa dibantah, yakni bagaimana mungkin kecepatan satelit melebih kecepatan suara tanpa ada kerusakan sedikitpun??
      Satu bukti lagi yang paling tidak bisa dibantah, yakni :
      Seharusnya pesawat itu terbang dan tidak bergerak menuju ke lokasi yang dituju, karena lokasi yang dituju akan bergerak dengan sendirinya, dan justru akan cepat sampai. Lalu, kenapa pesawat harus susah-susah bergerak menuju lokasi?.
      Ambil 2 contoh, misalkan jika bumi itu bulat dan bergerak dari timur ke barat, seharusnya pesawat dari Jakarta menuju Brazil, cukup hanya terbang dan diam pasti akan sampai dengan cepat. Atau jika berjalan ke timur, malah lebih cepat lagi, karena berlawanan arah dengan rotasi bumi. Sebaliknya, jika Jakarta menuju India, pasti pesawat tidak akan pernah sampai di india, karena kecepatan pesawat searah dengan rotasi bumi yang begitu cepat. Kecepatan pesawat tidak bisa menyamai, atau bahkan melebih kecepatan rotasi bumi. Nyatanya, perjalanan pesawat tetap normal, dan tepat pada waktunya sampai di lokasi. Bagimana mungkin ini terjadi jika bumi ini bulat??

      7) Hadeeh.. susah faham ni orang. Justru teori bumi mengelilingi mataharilah yang menggunakan sistem saros (yang mengacu pada matahari mengelilingi bumi). Lalu jika angka-angka yang milyaran itu bisa dijadikan acuan, kenapa tidak pakai yang itu saja??. Bukankah akan lebih tidak bisa dibantah jika NASA menggunakan acuan milyaran tersebut??.
      Ya berbeda lah penanggalan masehi dan hijriah, la wong kecepatan mengelilingi buminya berbeda (meskipun orbitnya sama), pasti rentang waktunya pun juga akan berbeda.

      • 1. Anda sudah hitung sendiri, lengkungannya harus 3 m kan? Memangnya dari jarak 9km, lengkung 3 m bisa keliatan?

        2. Nampaknya anda masih belum paham tentang hukum newton, kecepatan, vektor, tekanan dsb. Analoginya begini, bumi itu bagaikan mobil yg melaju dg kecepatan konstan. Tau apa yg terjadi ketika kecepatan mobil itu konstan? Benda2 yg didalamnya tidak akan bergoyang2, lalat sekalipun tdk akan terpental ke belakang, meskipun kecepatan mobil itu 300 km/jam sekalipun, asalkan konstan, silahkan dicoba sendiri, tapi tentu Anda tdk bisa langsung mencapai 300 km/jam, pasti butuh percepatan dulu, percepatan itulah yg membuat benda di dalamnya bergoyang2 (tertarik ke belakang). Atmosfer itu bagaikan udara di dalam mobil, namun Allah tidak membuat bumi sesederhana itu. Atmosfer diciptakan berlapis2, semakin ke atas, udara semakin tipis (artinya tidak ada udara). Tekanan udara paling besar berada di paling bawah yaiti di permukaan laut sebesar 1 atmosfer (kira2 100.000 pascal). Saya harap anda sudah paham knp benda2 di atmosfer bumi bisa mengikuti perputaran bumi. Kenapa satelit tdk jatuh? Itu karena ada gravitasi bumi. Jangan diartikan benda ditarik langsung jatuh, analoginya seperti layangan kita menarik layangan agar layangan tdk terbang menjauh, gravitasi bumi juga seperti itu, gravitasi menarik satelit2 agar tidak terbang menjauhi bumi dan bisa tetap pada orbitnya. Silahkan pelajari hukum gravitasi universal. Dg hukum itu kita bisa mengetahui brp kecepatan dan jarak ideal suatu benda bermassa jika ingin mengorbit bumi. Dg hukum ini kecepatan jarak dan massa bulan bisa diketahui. Mengapa satelit tdk keliatan telescope?? Yakin gk keliatan?? Cari aja di youtube satellite through telescope, jangan hanya cari bahasa indonesia aja, sekali2 pake bahasa inggris. Saya punya teman yg tergabung di club astronomi surabaya, dia bilang sering melihat satrllite walaupun susah keliatan karena kecepatannya yg tinggi

        3. Saya sudah berikan link, silahkan dicermati lagi judulnya sudah jelas tertulis dari Taiwan ke LA. Kalo Bali-Taiwan-Alaska-LA itu garis lurus, kenapa pesawatnya berbelok??

        4. Lihat lagi gambarnya, apakah rutenya itu berada di garis pantai?? Yg dimaksud 19.000 km itu garis pantainya. Lagian apakah betul James Cook cuma sekali putar?

        5. Memang Al-Quran tdk menyebutkan sabuk radiasi van Allen, kan lebih dulu Al-Quran daripada van Allen. Silahkan googling sendiri keterangan lebih lanjut, saya yakin lebih pintar googling daripada baca buku. Ringkasnya, sabuk radias Van Allen tercipta karena ada medan elektromagnetik dari inti bumi yg berupa besi dan nikel. Medan elektromagnetik ini dibuat Allah agar manusia tdk terkena radiasi sinar kosmik (yg bisa merubah manusia jadi kayak fantastic 4) dan ledakan matahari. Sebagai gantinya, Allah mengubahnya menjadi aurora yg bisa dilihat di kedua kutub. ini fakta yg tdk bisa dibantahkan, aurora tdk mungkin terjadi jika bumi datar

        6. Kebalik mass, justru bumi datar yg membantah bumi bulat dg mengada2. Banyak ilmuwan yg sudah menguji kebenaran bumi bulat, termasuk stephan hawking. Dilihat dari tulisan anda, sangat jelas anda sudah terpengaruh pada video flatearth itu. mengenai pesawat dan satelit sudah saya jawab di nomor dua. Mengenai satelit yg bisa cepat dan gk aerodinamis, saya sudah bilang berkali2 di ketinggian tempat satelit berada itu sudah tdk ada udara lagi, jadi tdk ada gaya gesek yg membuat kecepatan satelit melambat. Satelit gk perlu aerodinamis, aero kan udara, udara aja gk ada kok

        7. Ayo buktikan siapa yg susah paham, coba aja hitung gerhana dg terori bumi datar, siklus saros hanya menghitung waktunya, tapi dg hitung2an bumi bulat, nasa bisa menghitung waktunya sekaligus memprediksi tempatnya. Kalo kecepatan bulan dan matahari berbeda sedangkan orbitnya sama (anda sendiri lho yg bilang) mengapa tdk saling bertabrakan???

        Pesan saya utk semua saja, jangan karena kita tdk paham dg yg diajarkan waktu sekolah, lantas kita langsung menyalahkannya begitu saja, coba pelajari lagi temukan kesalahannya, baru koar2.

        Sekarang saya mau tanya :
        1. Mengapa kita tdk bisa melihat pulau yg ada di sebrang laut??
        2. bagaimana bentuk bulan dan matahari? Berapa ukurannya berapa tingginya? Ok lah kalo orbitnya mengelilingi kutub utara shg terjadi siang malam, lalu kenapa di Indonesia siang selalu lebih panjang daripada malam?? Scr logika seharusnya malam yg lebih panjang dari siang, betul kan??
        Silahkan dijawab

        • 1) Kurang lebih 3 m mas, bisa kurang, bisa lebih. Bisa terlihat mas kalau bumi itu bulat dan dgn diameter +- 12.000 km. Seharusnya dr jarak 9 km, lengkungannya bisa terlihat dengan jelas, tapi kenyataannya tdk. (Anda tdk bisa membuktikan dgn akurat di daratan, tetapi bisa anda buktikan dgn akurat di laut yang luas)

          2) Hadeeh.. anda terlu cepat menyimpulkan. Saya faham betul mas dgn gravitasi, Newton, Vektor, Kecepatan, Relativitas, dll. By the way, saya sgt menggemari Fisika.

          Anda perlu membaca sejarah penemu teori-teori itu dulu, sebelum anda percaya sepenuhnya dgn teori2 tersebut. Bila anda cari kebenaran sejarahnya, Newton belum bisa membuktikan tntg gravitasi. Dia gagal dlm membuktikan tntg gravitasi, dan tidak memperoleh penghargaan tntg gravitasi. Kegagalannya dlm membuktikan gravitasi adalah ketika tidak bisa membuktikan pengaruh gravitasi terhadap : 1) Balon udara yg terbang dan tdk terpengaruh gravitasi, padahal masanya lebih ringan, 2) Air laut yg tdk tumpah karena gravitasi. Newton menjawab 2 pertanyaan tersebut dgn gravitasi belaka, tanpa menjawab kesinambungan antara gaya gravitasi dgn massa benda tersebut (dia menjawab tanpa menggunakan fakta2 empiris). Sehingga dia gagal memperoleh penghargaan tntg gravitasi. Sebenarnya, gravitasi masih dianggap teori, bukan hukum. Lalu, kenapa skrg dibuat menjadi hukum, sementara teorinya masih gagal??. Hal ini masih belum diketahui dgn jelas. Bukti yg lebih kuat adalah dikarenakan ada sekelompok penguasa elit yg ingin membuat seluruh manusia di dunia berkiblat ke arah matahari, yakni kepercayaan pagan masa lalu yg menyembah dewa matahari, dengan membuat teori gravitasi seakan-akan menjadi hukum yg harus diikuti seluruh umat manusia, padahal si pencetus teori belum bisa membuktikan gravitasi dgn sebenar-benarnya.
          Kembali ke fenomena (balon dan air laut). Fenomena tersebut akhirnya dibuktikan oleh Archimedes (abad ke-18), bahwa balon bisa terbang karena massa jenis balon (yg di dalamnya mengandung gas helium) lebih kecil dr massa jenis udara, sehingga bisa terbang (bukan karena gravitasi). Hal ini juga berlaku bagi air. Massa jenis air lebih besar dari massa jenis udara, yang menyebabkan air tdk tumpah, dan tidak terangkat keatas seperti balon udara. Sehingga dengan eksperimen Archimedes ini, teori gravitasi akhirnya runtuh (menurut Metode Ilmiah). Dan banyak ilmuwan-ilmuwan yang mengemukakan bahwa teori gravitasi telah gagal, contoh Nikola Tesla (Bapak Elektrik se-dunia). By the way, utk Hukum 3 Newton tntg sebab-akibat mungkin masih bisa diterima kebenarannya.

          Sekarang tntg Einsten. Dia bahkan percaya bahwa bumi tdk mengelilingi matahari, tetapi matahari mengelilingi bumi. Tetapi dia juga gagal membuktikan tntg teori Relativitas. Dia mendapatkan penghargaan bukan karena teori Relativitas, tetapi karena penemuan-penemuan lain sebelumnya. Einsten dgn teori Relativitas mencoba membenarkan tntg teori Gravitasi Newton, tetapi gagal. Dia berpendapat bahwa semua benda di langit berputar mengelilingi bumi dan membuat medan magnet di bawah bumi melengkung (yang mana dia mencoba menjelaskan mengapa air laut tdk tumpah), dan akhirnya dia gagal. (Pendapat yg lebih masuk akal adlah Archimedes). Kegagalannya adalah, jika dilakukan eksperimen seperti itu, maka semua benda langit akan terkumpul kle lengkungan bawah, namun tdk demikian.
          Kita lihat, di buku pelajaran Fisika dan perguruan tinggi, apakah Relativitas disebut hukum??. Bukan, Realitivitas disebut teori??, mengapa??, karena masih teori. Begitu juga dengan teori Darwin (Teori Darwin masih teori).

          Terakhir adlh Galileo. Berita yang dimanipulasi oleh dunia adalah Galileo dihukum oleh Gereja lantaran dia membuktikan kbenaran teori bumi mengelilingi matahari. Padahal, sebenarnya Galileo gagal membuktikan tntang teori Proyektilnya (yg digunakan sebagai acuan untuk membuktikan bahwa bumi mengelilingi matahari). Galileo dihukum mati oleh gereja karena, dia membuat gerakan politik melawan gereja (dan membuat buku tandingan tentang kepalsuan teorinya). By the way, saya seorang muslim, dan di Al-Qur’an sudah dijelaskan banyak ayat yang mengemukakan bahwa bumi itu datar, bukan bulat).

          Kembali ke pembahasan. Okelah, katakanlah bahwa perhitungan anda mengenai teori-teori ilmuwan tersebut memang benar (walaupun saya belum meyakini itu memang benar). Justru itu semakin membuktikan bahwa bumi ini bukan bulat.
          Mengapa ??. Saya ambil contoh :
          Menurut penjelasan anda, semakin diatas atmosfir, udara semakin tipis, dan benda semakin tdk mengikuti pergerakan bumi, benar ??. Sekarang kita perhatikan pesawat, yang terbang diatas ketinggian lebih dr 4 km. Seharusnya pesawat tersebut tdk bisa mengikuti pergerakan bumi, dan semakin lambat mengikuti pergerakan rotasi bumi. Tapi kenyataannya, kenapa pesawat bisa sampai ke tempat tujuan tepat waktu dengan kecepatan yang sama seperti biasanya..??, padahal dia berada di ketinggian yg hampir tdk ada udara (yg mana semakin kecil daya tarik bumi terhadap pesawat). Yang mana seharusnya jika bumi berputar dengan cepat, kecepatan pesawat tidak bisa menyamai kecepatan bumi yg begitu cepat (jika arah pesawat sama dgn arah rotasi bumi) atau pesawat 5x lebih cepat sampai tujuan (jika arah pesawat berlawanan arah dgn arah rotasi bumi).
          Justru dgn penjelasan anda, teori bumi datar sgt masuk akal, karena seharusnya dgn pesawat di ketinggian itu, pesawat tdk perlu berjalan lagi ke tempat manapun. Cukup diam di tempat, dan tempat akan berjalan dengan sendirinya…Hal ini seharusnya terjadi jika bumi ini bulat, tapi kenapa tidak??
          Coba anda pikir dgn baik-baik !!

          Kembali ke pernyataan anda tntg semakin keatas, udara semakin tipis, dan daya tarik bumi terhadap benda di ketinggian itu semakin kecil.. Dari mana anda memperoleh teori itu??, apakah anda membuat teori sendiri??, ilmuwan mana yg menjelaskan tntg teori itu??. Setahu saya, selama saya mempelajari Fisika, saya tidak menemukan teori semacam itu.

          Kembali ke pernyataan anda lagi, tntg kecepatan mobil itu konstan. Saya tahu betul mas ada yg namanya “percepatan”. Tetapi yg jadi pertanyaan disini, apakah bidang mobil tersebut tetap kuat untuk menempuh kecepatan lebih dari 1250 km/jam utk mengikuti perputaran bumi yang luas selimut buminya lebih dari 30.000 km??. Katakanlah saya ubah disini, bukan mobil, tetapi pesawat. Tentunya pesawat tersebut akan terbakar berkeping-keping, karena daya deru oleh udara yg begitu besar.

          Satu lagi, anda ingin saya melihat video satelit yang bisa dilihat di You tube??. Apakah anda berpikir saya akan percaya dan menuruti perkataan anda, sementara anda tidak mau sedikitpun melihat video tntg fakta-fakta Flat Earth di Youtube???

          3) Ok, saya ralat bahwa situs anda benar dan berita anda mengatakan penerbangan dari Taiwan ke L.A.. Tapi itu belum tentuk membuktikan bahwa pesawat benar-benar terbang dari Taiwan ke L.A., karena saya menemukan di internet, 2 judul berbeda dan isinya berbeda pula.
          Judul pertama mengatakan bahwa penerbangan dari Taiwan ke L.A. (dan tidak dikatakan dr bali). Judul kedua mengatakan bahwa penerbangan dari Bali ke LA (kata kunci “Taiwan” pada berita ini adalah nama maskapai penerbangannya. Berita juga ditulis menggunakan Bhs Inggris). Silahkan cari kembali berita tntg penerbangan ini (kalau bisa seluruhnya), nanti anda akan menemukan berita yg berbeda. (Yang mana saya belum tahu berita mana yg benar). Tetapi saya condong dari Bali ke L.A., karena informasinya lebih detail.
          Kembali ke pembahasan, okelah katakanlah penerbangan Taiwan ke L.A. adlah benar. Walaupun begitu, rutenya tetap masuk akal di peta bumi datar, karena lurus..
          Waduuh.. anda salah paham lagi.. anda minum dulu deh, biar fokus.. Yang berbelok itu di peta bumi bulat. Lihat tu.. gmbrnya. Kenapa tdk berbelok??, ya jelas lah tdk berbelok karena peta buminya datar (Jutru lurus lebih cepat). Kalau berbelok justru lama, dan itu terjadi di peta bumi bulat.. Seharusnya anda bertanya hal itu pada peta bumi bulat (kenapa justru berbelok???). Kelihatan kalau anda tdk pernah sedikitpun (malas) membuka video fakta-fakta Flat Earth di You Tube, apalagi tentang penerbangan itu.

          4) Nah, ini lebih parah lagi.. kok anda belum paham-paham juga sih.. minum aqua dulu ya yg bnyk biar paham..
          Rute yg benar dan masuk akal adalah rute yg berada di sekitar antartika.. lihat kembali tu.. dan itu ada di peta bumi datar (La wong judulnya penelusuran di Antartika, masak terus muter2 di garis pantai). Lihat kembali tu, di peta bumi bulat, ada jalur yg melenceng jauh keatas. Apa masuk akal utk membuktikan James Cook berkeliling di Antartika dgn rute seperti itu..?? Makannya biar jelas buka tu videonya Flat Earth 05 Penerbangan keliling dunia, biar nggak gagal paham.. Saya dari tadi nggak habis pikir, kenapa anda nggak faham-faham..

          5) Kembali seperti pertanyaan saya sebelumnya. Apakah di ayat Al-Qur’an tersebut dijelaskan mengenai aurora??. Sekalipun Al-Qur’an diturunkan sebelum aurora, tentunya Al-Qur’an/Hadits juga menerangkan dengan jelas perihal benda kosmik di masa depan tersebut, tapi kenapa tidak??. Saya rasa anda membuat penafsiran sendiri lagi.

          6) Membantah teori yg masih meragukan memang dianjurkan mas, jika tidak, maka kita sama halnya dengan bodoh (Yang mau saja menuruti teori yg meragukan tersebut). Tetapi bantahan2 yg dikemukakan Flat Earth sangat sesuai dgn fakta, realistis, dan empiris. Sekali lagi, komentar anda akan terkesan “lucu” selama anda belum melihat video-video tntg Flat Earth tersebut.

          Jika saya melihat bahwa teori tersebut sangat tidak masuk akal, tdk realistis, dan tdk empiris, saya akan meninggalkannya mas. Tetapi, jika teori tersebut sangat masuk akal, realistis, dan empiris, buat apa saya menolaknya??, mengapa saya diharuskan mempertahankan teori yg lebih lemah tersebut??
          Dan perlu anda ketahui, saya dulu lulusan SMA dari jurusan IPA, dan saya sangat mengagumi pelajaran Fisika dan Biologi. Saya bahkan dulu sangat antusias untuk mengerjakan soal yg berkaitan tntg Fisika dan Biologi stiap hari. Bahkan saya sgt berantusias untuk menjadi juara Fisika. Lalu kenapa dengan kesukaan saya terhadap pelajaran IPA, saya malah menentang teori bumi bulat yg syarat dgn gravitasi?? (Jangan anda berpikir bahwa yg mempercayai bumi datar itu pasti selain jurusan IPA lo ya..). Itu karena selain isu2 yg datang kepada saya, di Al-Qur’an juga menjelaskan bahwa bumi itu datar. Contohnya QS. Al-Baqarah 22 (yg menjelaskan bahwa bumi ini “dihamparkan”. “Dihamparkan” memiliki makna datar dan rata. Awalnya saya tdk prcaya bahwa “Bumi itu Datar”, tetapi begitu saya tahu Al-Qur’an mengatakan demikian, dan saya mencari kesalahan-kesalahan teori bumi datar tersebut, saya justru menemukan sebaliknya, bahwa bumi ini memang datar. Saya kemudian lebih percaya lagi, ketika fakta-fakta yang dipaparkan oleh Flat Earth tersebut, sangatlah masuk akal, realistis, empiris, dan sesuai dengan ayat-ayat Al-Qur’an. (Dan saya mencari referensi bukan dari bhs Indonesia sja lo ya, dari bhs Inggris juga).
          Sekali lagi, anda tidak bisa men-justice dengan mudah bahwa seseorang itu telah terpengaruh. Saya tidak mudah terpengaruh, karena saya sempat juga tidak percaya “Teori Bumi Datar”, dan justru saya menemukan fakta yg sebaliknya.
          Untuk satelit, sya sudah jawab berulangkali, justru itu semakin membuktikan bahwa bumi itu tdk bulat. Karena sprti yg anda bilang diatas, satelit berada di wilayah hampa udara, benarkan??, sehingga tdk terpengaruh oleh daya tarik bumi yg membuat benda bergerak mengikuti bumi, benarkan??, maka satelit akan bergerak lebih dari 1250 km/jam utk menyamai kecepatan rotas bumi, apakah benar??, jika itu terjadi, maka satelit akan meledak, karena mesinnya rusak dan terbakar oleh daya deru angin yg begitu kencang. Sepertinya saya sudah bilang berkali-kali deh.

          7) Mana yg membuktikan bahwa NASA menghitung gerhana menggunakan metode selain Saros??, coba saya ingin tahu. Sepertinya anda membuat dalih sendiri lagi. Sudah saya katakan berkali-kali (dan anda bisa mencobanya sendiri), bahwa angka-angka milyaran itu sama sekali tdk bisa memprediksi waktu, apalagi tempat gerhana. Makanya NASA menggunakan Saros.

          Mengenai bulan dan matahari. Bukannya matahari dan bulan tidak saling bertabrakan, justru matahari dan bulan juga bertabrakan, namun di saat2 tertentu. Hal ini belum saya telusuri lebih dalam mengapa fenomena itu bisa terjadi.
          Mungkin anda masih mengira bahwa matahari itu dan bulat itu bentuknya padat, sehingga jika bertabrakan maka akan hancur, seperti itu kan??.
          (Kalau yg ini masih perkiraan saya). Mungkin matahari dan bulan itu tdk berbentuk padat, namun berbentuk gas. Sehingga ketika matahari dan bulan itu bertubrukan, maka saat itulah terjadinya gerhana.

          Kelihatannya anda belum sadar bahwa ada ilusi yang ditanamkan di otak anda sejak kecil, untuk mempercayai dengan keras bahwa bumi ini bulat. Sepertinya anda tetap menjaga ilusi tersebut agar tidak hilang, padahal bukti-bukti yang sebenarnya ada di depan mata anda. Anda tetap bersikukuh mempertahankan ilusi tersebut, karena anda khawatir kalau anda tdk bisa beradaptasi jika ilusi itu hilang. Anda tetap membuat argumen-argumen, yang bahkan tidak sesuai fakta, hanya untuk membuat ilusi itu tetap hidup. Anda bahkan tidak mau sedikitpun membuka ataupun mengakui error dari ilusi itu, dan tetap mengelaknya jika ada orang yang menanyakan tntg error tersebut. Padahal secara tdk sadar, anda telah ditipu oleh ilusi tersebut. Dan anda tidak mengakuinya.

          Saran saya untuk semuanya yang masih percaya bahwa bumi itu bulat, lihat dulu videonya tntg Flat Earth 01 Bangkitnya Kesadaran, Flat Earth 02, dst.. baru anda membantah dan kemukakan bantahan-bantahan anda. Saya tahu itu sulit bagi anda untuk mencoba melihat video tersebut karena anda merasa malas melihat video yg bertentangan dgn keyakinan anda tersebut (termasuk saya sendiri, sbenarnya saya juga malas melihat video tntg Bantahan Flat Earth). Tetapi mau bagaimana lagi, agar diskusi ini menarik, ilmiah, dan tdk adanya salah faham. Maka sepatutnya juga kalian melihat video tntg Flat Earth tersebut. Saya sendiri toh sudah melihat tntg video Bantahan Flat Earth tersebut, dan menurut saya itu hanyalah bantahan-bantahan yang didasarkan oleh kebencian dan ketidakpercayaan.

          Mengenai pertanyaan anda :
          1) Tidak bisa, karena pandangan dan perspektif kita terbatas. Karena semakin jauh, benda smakin mengecil.
          2) Sekali lagi, anda lihat dulu video tentang pergerakan bulan dan matahari yg mengelilingi bumi dalam teori Flat Earth tersebut, baru anda tarik kesimpulan.
          Bentuk matahari dan bulan adalah bulat dgn diameter +- 50 km.
          Tidak seperti itu tuh. Siang dan Malam waktunya sama lho. 12 jam utk siang, 12 jam untuk malam. Walaupun itu terlihat langit sudah/masih cerah di ufuk timur pada pagi hari, atau di ufuk barat pada sore hari, itu tidak membuktikan kalau waktu siang lebih panjang (karena pada wktu pagi jam 6, dan senja jam 6, masih terlihat kegelapan di beberapa bagian langit).

          Kemudian, saya mau tanya kepada anda :
          1) Di daerah mana malam lebih banyak dibandingkan siang??, lalu di daerah mana siang lebih banyak dibandingkan malam (selain Indonesia menurut anda).
          2) Pernah ada tuh fenomena matahari kembar. Bagaimana anda menjelaskan fenomena tersebut??

          • Orang yg bener2 awam yg percaya bumi bulat mau nanya dong buat para flatters.

            Kalo emang datar bagaimana dengan Palung Mariana / KSB (Kola Superdeep Barehole yg udah 12km(kalo ga salah) masih belum nemuin juga titik akhir dalamnya.. mohon maaf kalo pertanyaanya lucu ,. ^_^

          • Pak Devara Denfilla Dulu SMA mana? saya tebak… Fisika dapet 4 ya…maaf

            Gak usah panik nanti saya ajarin Mudah kok, yang penting nggak gengsian

            Teori Flat Earth itu tidak ada,..yang ada hanya khayalan mereka yang tak faham fisika…maaf

            belajar yuk biar gak memalukan begini

          • 1. Gini deh, apakah anda bisa melihat tiang setinggi 3 m dari jarak 9 km?

            2. Anda suruh saya baca sejarah ilmuwan tapi anda sendiri tdk mengetahuinya? Referensi apa yg anda pakai? Nih saya koreksi
            – Archimedes (abad 3 SM) : benda dg massa jenis lebih besar dari fluida di sekitar, akan tenggelam. Bila sama akan melayang. Bila lebih kecil akan mengapung. (Ingat ya, massa jenis bukan berat jenis. Ngerti bedanya?)
            -Galileo (Abad 17 M) : membuktikan heliosentrik (yg menurut anda tdk terbukti). Tapi dia tdk bisa menjawab mengapa planet2 bisa mengelilingi matahari
            – Newton (abad 17 M) : gravitasi, yg memperkuat hukum Archimedes, benda yg lebih besar massa jenisnya maka akan lebih besar gaya ke bawahnya (inilah yg disebut berat). Juga menjawab pertanyaan Galileo, tapi kenapa tdk jatuh? Karena tdk ada gaya gesek (saya sudah bilang berkali2). Tapi dia tdk bisa menjawab kenapa cahaya yg tdk bermassa bisa terpengaruh gravitasi
            -einstein (abad 20) : gravitasi bukanlah gaya, melainkan efek kelengkungam ruang dan waktu di sekitar benda bermassa besar. Menjawab pertanyaan newton sekaligus menjelaskan kenapa bintang2 di sekitar matahari bisa berubah posisinya. Einstein juga tdk pernah menganggap matahari mengelilingi bumi
            -Tesla (abad 20) menemukan elektromagnet, yaitu peristiwa berubahnya besi di sekitar kumparan berarus listrik menjadi magnet. Gk ada hubungannya dg gravitasi

            “Kenapa balon udara bisa terbang?”. Balon udara bisa terbang bukan berarti tdk ada gravitasi, gaya gravitasi tetap ada tapi lebih kecil dari gaya angkatnya. Katanya paham fisika?

            Saya sudah kasih perumpamaan lalat di dalam mobil. Kenapa masih tanya soal pesawat? Katanya paham fisika?

            Tentu semua fluida, jika semakin ke bawah, tekanannya semakin rendah. Ini penerapan hukum Archimedes. Contohnya anda bisa berenang di permukaan laut tanpa takut paru2 pecah, tapi kalo berenang di kedelaman beberapa km tentu paru2 bisa pecah karena tekanan yg tinggi. Udara juga begitu, semakin ke atas, tekanannya semakin sedikit, akibatnya udara semakin menipis.

            Katanya anda paham percepatan? Kenapa masih tanya mobil yg mampu mengimbangi kecepatan bumi? Kecepatan bumi kan konstan, artinya ya gk ada percepatan. Coba aja masukkan lalat ke mobil, walaupun mobilnya melaju 100 km/jam asalkan konstan, lalatnya bisa terbang bebas.

            3. Saya sudah tonton semua videonya. Kesalahannya adalah si pembuat video menarik garis lurus di bumi yang bulat. Kalo mau ngukur jarak 2 titik pada permukaan bola, ya gak boleh lurus lah. Harusnya melengkung sesuai kelengkungan bola. Apakah anda pernah berfikir sejauh itu?

            4. Gino lho yg saya maksud. Kalo mau ngukur keliling pulau, ukurlah panjang garis pantainya, bukan berlayar mengelilinginya

            5. Anda sebenernya ngerti aurora gk sih? Aurora itu fenomena alam biasa seperti gerhana dan sebagainya. Mengapa anda menganggap benda kosmik di masa depan? Gk ada kaitannya dg Al-Quran, Al-Quran gk harus menjelaskan semua fenomena alam.

            6. Membantah teori itu sah2 saja. Tapi anda harus pahami dulu teorinya, temukan kesalahannya, ajukan teori baru yg lebih masuk akal, lihat contoh ilmuwan2 di atas, mereka mengoreksi ilmuwan sebelumnya tapi tdk serta merta membantahnya. Permasalahannya adalah anda belum memahaminya tapi sudah membantahnya.
            Sebenarnya komen anda mas yg lucu. Saya sama temen2 mahasiswa yg lain ketawa baca komen anda yg ngaku2 ngerti fisika, tapi dasarnya aja gk paham. Kalo anda benar2 suka fisika seharusnya anda tahu kita tdk bisa mengerjakan soal mengenai hukum archimedes tanpa menggunakan hukum newton. Tapi kenapa anda menolak hukum newton tapi masih menerima hukum archimedes?

            Mengenai satelit anda juga belum paham. Satelit masih terpengaruh gravitasi, kenapa tdk jatuh? Analoginya seperti layangan, jelas? Pengaruh gravitasi tdk hanya bergantung pada jarak, tapi juga massa benda, itulah mengapa bulan yg jauh masih terpengaruh gravitasi. Di atas sudah saya bilang, silahkan pelajari hukum gravitasi universal, dg hukum itu kita bisa memperkirakan berapa jarak dan kecepatan ideal satelit agar bisa mengorbit bumi. Silahkan pelajari dulu, temukan kesalahannya, ajukan teori yg baru, jangan asal bantah
            Kenapa satelit tdk rusak terkena angin? Kan gk ada udara, ya gk ada angin lah, angin kan udara yg bergerak. Saya juga sudah bilang itu berkali2

            7. Kalo hitung2an, tanya aja sama orang astronomi, itu bukan bidang saya, di sekolah memang tdk diajarkan karena terlalu rumit. tapi siswa yg pernah ikut OSN astronomi mungkin ngerti. Saya di sini hanya menjelaskan teori yg sudah diajarkan di sekolah, tapi banyak yg belum paham. Dan siklus saros itu hanya memprediksi waktunya, bukan tempatnya.

            Saya ngerti kalo matahari memang berbentuk gas, itu yg diajarkan di sekolah (lupa ya?). Tapi kenapa bentuknya bisa bulat? Sifat gas kan berubah2 bentuknya (ipa SD, entah masih ingat atau tdk). Hal ini hanya bisa dijelaskan dg gravitasi (masih menyalahkan gravitadi lagi?).

            Saya mempertahankan apa yg anda anggap “ilusi” karena sesuai dg dalil naqli dan dalil aqli (ngerti?).

            Mengenai jawaban anda
            1. Ok lah kalo gk keliatan, tapi pake teropong/teleskop seharusnya bisa. Kalo begitu coba temukan antartika tapi menghadapnya ke barat/timur. antartika kan tembok es besar yg mengelilingi bumi (katanya). Kalo masih gk keliatan mendekat aja beberapa km dari antartika. Seharusnya para flatter melakukan ekspeksperimen itu karena mudah dan tdk bisa terbantahkan bila terbukti benar
            2. Saya tekankan lagi, sebelum saya koar2 di sini, saya sudah tonton semua videonya, gk obyektif namanya kalo saya gk nonton. Dan tujuan saya koar2 adalah supaya yg masih belum paham tentang materi2 di sekolah bisa paham dan tdk terpengatuh video itu. Yg saya sampaikan gk lebih dari pelajaran2 sekolah yg seharusnya sudah paham semua. Saya tau kalo menurut anda matahari dan bulan itu diameternya 50 km tingginya 5000 km. Bayangkan lampu besar seluas kabupaten dg tinggi 5x panjang pulau jawa bisa menciptakan siang malam seperti ini, apakah masuk akal? Perlu anda ingat, Kita kemarin puasa 13-14 jam, gk pernah 12 jam

            Jawaban Pertanyaan
            1. Pada rentan 21 maret-23 september matahari lebih condong ke utara shg belahan bumi udara mengalami musim panas dan siangnya lebih panjang daripada malam. Sedangkan 23 september- 21 maret matahari lebh condong ke selatah, shg siang lebih panjang daripada malam. Sekarang coba jelaskan mengapa siang bisa lebih panjang di belahan bumi selatan? Kalo bumi datar, jelas gk masuk akal
            2. Mengenai matahari kembar, silahkan cari sendiri, gk ada hubungannya dg bentuk bumi

          • Saya jawab dengan singkat, dan saya tidak perlu lagi menjawabnya :

            1) Itu persepsi manusia. Jawaban anda tidak nyambung

            2) Saya faham. Itu referensi umum. Cari referensi khusus. Jangan hanya cari 1 sumber yg mengarah pada pendapat anda. Cari sumber lain yg mungkin tdk sependapat dengan anda. Baru anda korelasikan dan saring kebenarannya.

            Saya sudah faham maksud anda mengenai atmosfir yg menarik satelit. Tetapi jawaban anda tetap g nyambung. Oke deh, saya mau tanya sekarang. Jika anda percaya atmosfir menarik udara, pada batasan ketinggian berapa atmosfir tdk bisa menarik udara..??. Jika matahari bisa membuat planet2 di sekelilingnya memutarinya, pada jarak berapa matahari tdk bisa membuat planet (yg sgt jauh) memutarinya??.

            3) Cermati lagi jawaban saya. Jawaban anda tdk nyambung. Anda bisa mempraktekan dengan menggambar di sebuah kertas berupa garis lurus, dan kemudian kertas tersebut anda lengkungkan. Coba lihat, rutenya apakah sama??, sama kan?. Apakah kemudian rute di kertas yg anda lengkungkan tersebut melengkung ke atas?, tidak kan??.

            4) Jika Cook tdk mengukur garis Antartika, dan memang mengelilinginya, bagaimana hayo??. Jawaban anda tdk nyambung, cermati lg jwaban saya.

            5) Jawaban tidak nyambung

            6) Saya sendiri juga tertawa dgn jawaban anda karena anda selalu saja menarik kesimpulan dgn cepat. Oo.. anda mengacu pada teori. Mudah utk menjawabnya. Bagaimana jika ilmuwan menyesuaikan rumus dgn hukum Archimedes??. Saya tanya siapa yg membuat dan merumuskan rumus gravitasi??, apa bukti bahwa dia telah merumuskan??. Bagaiamana jika kebanyakan rumus-rumus yg anda pelajari sebenarnya tdk pernah ada??. Dan hanya dibuat dengan menyesuaikan rumus2 lainnya??.

            7) Jawaban tdk nyambung

            Mana dalilnya ??, coba tunjukan!!! Wong skrg saja bumi datar sama bumi bulat masih diperdebatkan oleh ulama.

            1) Anda adlah tipe orang “Penyuruh”, yg mana anda malas utk membuktikannya sendiri. Pernyataan anda jauh melenceng dr prtanyaan anda sebelumnya.

            2) Saya tdk percaya anda melihatnya.Sudah terlihat dari kata2 anda

            Nah ni lucu lagi, nyuruh orang jangan terpengaruh oleh video bumi datar, seolah-olah telah men-justice sendiri bahwa bumi datar itu salah. Padahal ulama masih simpang siur memutuskan bumi itu datar atau bulat

            Mengenai pertanyaan anda :
            1) Jawaban anda tdk nyambung. Yang saya tanyakan adalah negara. Negara mana saja??. Mana sumber referensinya, kok malah ganti nanya. Apakah benar siang lebih panjang di belahan bumi selatan??, mana sumber referensinya.
            2) Ada hubungannya. Jika bumi bulat, bagaimana teori bumi bulat menjelaskan matahari kembar??

            Kok bnyk yg g nyambung sih jwbn anda???

          • Saya tanya lagi :
            1) Jika NASA sudah sampai ke luar angkasa selama puluhan tahun terakhir, mengapa NASA tidak membuat video bagaimana bumi ini berputar??. Dari 1969, penelusuran di luar angkasa hanya mendapatkan bentuk bumi dan bulan saja (katanya). Kenapa NASA tdk membuat sesuatu yg lebih istimewa di luar angkasa selama kurun waktu itu??
            2) Pernah ada tuh kejadian awan tertutup oleh bulan. Bagaiamana anda menjelaskannya??
            3) Ada sinar matahari yang menyebar. Bagaiamana anda menjelaskannya??
            4) Sinar matahari terlihat lokal. Bagaimana anda menjelaskannya??
            5) Di Al-Qur’an di jelaskan tuh langit sab tujuh. Bagaimana anda menjelaskannya jika bumi itu bulat??
            6) Di Al-Qur’an menjelaskan tentang keistimewaan bumi dibandingkan benda-benda langit lainnya. Jika bumi hanya sebesar tidak lebih dari ukuran bakteri (jika dipandang oleh galaksi Bimasakti), dimana keistimewaan benda kecil yg hampir tak terlihat itu??.
            7) Banyak tuh video astronot yg diluar angkasa mengeluarkan butiran-butiran air. Bagaimana anda menjelaskannya??, apakah benar itu di luar angkasa??
            8) Baca surah Al-Kahfi ayat 47. Pahami artinya. Bagaimana anda menyimpulkannya??. Baca surah Al-Baqarah ayat 22. Pahami artinya. Bagaimana anda menyimpulkannya??
            9) Jika anda tdk percaya mengenai Nikola Tesla, menurut versi anda, mengapa Nikola Tesla sengaja disembunyikan dari mata dunia sebagai bapak penemu elektrik sepanjang sejarah??
            10) Jika anda lihat, hutang suatu negara semakin bertambah nih, demikian juga AS. Pertanyaan saya, menurut versi anda, AS berhutang kepada siapa??, Bank Sentral??, Siapa pemilik Bank Sentral itu hingga bisa memberikan hutang kpd semua negara??.
            11) Tahun 1969, AS dan Rusia sama2 meluncurkan roket ke luar angkasa. Menurut versi anda, apa alasan kedua negara tersebut meluncurkan roket, hingga mereka bersikeras untuk menutupi segala hal terkait peristiwa peluncuran roket tersebut??
            12) Kenapa logo PBB menggunakan peta bumi datar??, jika anda berpikir pada saat itu belum dibuat peta bumi bulat, kenapa tdk dibuat jauh sebelumnya??, la wong Galileo sudah membuktikan bumi ini bulat (katanya) di tahun 1600-an.
            13) Siapa ilmuwan yg mencetuskan bahwasannya atmosfir bisa menarik benda gas sekalipun mengikuti bumi??. Saya ingin tahu sumber yg valid. (jgn dr blog)

            Sudah, silahkan di jawab.

          • 1. A : Anda sudah hitung sendiri, lengkungannya harus 3 m kan? Memangnya dari jarak 9km, lengkung 3 m bisa keliatan?
            B : Kurang lebih 3 m mas, bisa kurang, bisa lebih. Bisa terlihat mas kalau bumi itu bulat dan dgn diameter +- 12.000 km. Seharusnya dr jarak 9 km, lengkungannya bisa terlihat dengan jelas, tapi kenyataannya tdk. (Anda tdk bisa membuktikan dgn akurat di daratan, tetapi bisa anda buktikan dgn akurat di laut yang luas)
            A : Gini deh, apakah anda bisa melihat tiang setinggi 3 m dari jarak 9 km?
            B : Itu persepsi manusia. Jawaban anda tidak nyambung

            saya gk ngerti bagian mana yg gak nyambung?????
            maksud saya gini lho, ada bola diameternya 12 m. diatasnya ditempatkan kamera dg tinggi 0.033 m di atas permukaan bola. ya jelas gk keliatan lah lengkungannya, menurut perhitungan anda harusnya lengkung 0,000003 m kan?

            2. atmosfer menarik satelit?? atmosfer menarik udara?? nampaknya anda belum paham apa yg saya sampaikan, saya gk pernah berkata seperti itu, kalo memang ada tolong tunjukkan, jangan membuat teman2 saya ketawa lagi. Anda juga nampaknya belum memahami hukum gravitasi universal, buktinya anda masih tanya batasan atmosfer, jarak brp matahari tdk bisa membuat planet mengitarinya. saya udah bilang pahami teorinya, temukan kesalahannya, ajukan teori baru. bukan maksud saya menyuruh2, tapi sulit menjelaskan pada orang yg gak paham dasarnya, ibarat anak SD yg diajari kalkulus

            3. ????

            4. A : Lihat lagi gambarnya, apakah rutenya itu berada di garis pantai?? Yg dimaksud 19.000 km itu garis pantainya. Lagian apakah betul James Cook cuma sekali putar?
            B : Nah, ini lebih parah lagi.. kok anda belum paham-paham juga sih.. minum aqua dulu ya yg bnyk biar paham..
            Rute yg benar dan masuk akal adalah rute yg berada di sekitar antartika.. lihat kembali tu.. dan itu ada di peta bumi datar (La wong judulnya penelusuran di Antartika, masak terus muter2 di garis pantai). Lihat kembali tu, di peta bumi bulat, ada jalur yg melenceng jauh keatas. Apa masuk akal utk membuktikan James Cook berkeliling di Antartika dgn rute seperti itu..?? Makannya biar jelas buka tu videonya Flat Earth 05 Penerbangan keliling dunia, biar nggak gagal paham.. Saya dari tadi nggak habis pikir, kenapa anda nggak faham-faham..
            A : Gini lho yg saya maksud. Kalo mau ngukur keliling pulau, ukurlah panjang garis pantainya, bukan berlayar mengelilinginya
            B : Jika Cook tdk mengukur garis Antartika, dan memang mengelilinginya, bagaimana hayo??. Jawaban anda tdk nyambung, cermati lg jwaban saya.

            yg ini saya juga gk ngerti, bagian mana yg gk nyambung???? iya saya percaya James cook mengelilingi antartika, tapi lihat rutenya di bumi datar, tdk pada garis pantai kan?? Lagian keliling bumi di katulistiwa itu 40,000 km, kenapa keliling antartika jadi 60,000?? harusnya 80,000

            5. A : Memang Al-Quran tdk menyebutkan sabuk radiasi van Allen, kan lebih dulu Al-Quran daripada van Allen. Silahkan googling sendiri keterangan lebih lanjut, saya yakin lebih pintar googling daripada baca buku. Ringkasnya, sabuk radias Van Allen tercipta karena ada medan elektromagnetik dari inti bumi yg berupa besi dan nikel. Medan elektromagnetik ini dibuat Allah agar manusia tdk terkena radiasi sinar kosmik (yg bisa merubah manusia jadi kayak fantastic 4) dan ledakan matahari. Sebagai gantinya, Allah mengubahnya menjadi aurora yg bisa dilihat di kedua kutub. ini fakta yg tdk bisa dibantahkan, aurora tdk mungkin terjadi jika bumi datar
            B : Kembali seperti pertanyaan saya sebelumnya. Apakah di ayat Al-Qur’an tersebut dijelaskan mengenai aurora??. Sekalipun Al-Qur’an diturunkan sebelum aurora, tentunya Al-Qur’an/Hadits juga menerangkan dengan jelas perihal benda kosmik di masa depan tersebut, tapi kenapa tidak??. Saya rasa anda membuat penafsiran sendiri lagi.
            A : Anda sebenernya ngerti aurora gk sih? Aurora itu fenomena alam biasa seperti gerhana dan sebagainya. Mengapa anda menganggap benda kosmik di masa depan? Gk ada kaitannya dg Al-Quran, Al-Quran gk harus menjelaskan semua fenomena alam.
            B : Jawaban tidak nyambung

            ????? Coba jelaskan fenomena aurora dg teori bumi bulat

            6. ????
            7. ???? Silahkan pelajari Ephemeris Hisab Rukyat, selain digunakan utk menghitung awal bulan, juga bisa digunakan utk memprediksi kapan terjadinya gerhana

            Makanya jangan tanya ulama masalah sains, udah tau masih simpang siur. Nabi pernah bersabda, “Kalian lebih tahu mengenai urusan dunia.” Kalo para ulama masih berbeda pendapat, ya kembalikanlah pada ahlinya. “Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai ilmu jika kamu tidak mengetahui” (An-Nahl:43).

            anda masih belum menjawab kenapa bulan dan matahari tidak bertabrakan, anda malah mengaitkannya dengan peristiwa gerhana, padahal gerhana menurut flatearth tdk seperti itu. ini bukti kalau saya sudah nonton, dan anda malah gk paham juga teori flatearth yg anda anut. Anda juga belum menjawab kenapa matahari yg berupa gas bentuknya bisa bulat

            Antara tanggal 23 September s.d 21 Maret
            Kutub selatan lebih dekat mendekati matahari, sedangkan kutub utara lebih menjauhi matahari.
            Belahan bumi selatan menerima sinar matahari lebih banyak daripada belahan bumi utara.
            Panjang siang dibelahan bumi selatan lebih lama daripada belahan bumi utara
            Ada daerah di sekitar kutub utara yang mengalami malam 24 jam dan ada daerah di sekitar kutub selatan mengalami siang 24 jam.
            Diamati dari khatulistiwa, matahari tampak bergeser ke selatan. Kutub selatan berada pada posisi paling dekat dengan matahari pada tanggal 22 Desember. Pada saat ini pengamat di khatulistiwa melihat matahari bergeser 23,5o ke selatan.
            http://www.softilmu.com/2014/07/revolusi-bumi.html
            Ayolah, ini pelajaran SD lho… jangan tanya negara, anda tau sendiri negara mana yg dekat kutub utara dan negara mana yg dekat dg kutub selatan… Nah coba jelaskan peristiwa itu dg teori bumi datar!!!
            setahu saya matahari kembar terjadi karena cahaya matahari dipantulkan oleh kristal2 es di awan, gk ada kaitannya dg bentuk bumi

            Kalo memang gk bisa jawab, jangan beralibi “jawaban gk nyambung”

          • 1. ada videonya, tapi percuma, anda pasti gk percaya
            2. gk ada peristiwa awan tertutup bulan, jangan mengada2. Bahkan menurut bumi datar, itu gk mungkin terjadi, tinggi awan tdk lebih
            dari 15 km, sedangkan tinggi bulan 5000 km (katanya)
            3. Anda lulusan IPA SMA kan?? pernah belajar koloid??
            4. Sinar lokal?? cahaya lokal kali, bedakan sinar dan cahaya. yg dijelaskan di video itu kejadian mtahari tenggelam di bagian bumi utara atau selatan yg mengalami musim panas, shg siangnya lebih lama, shg matahari terbenam terlihat mengecil. coba amati aja sunset di indonesia, apakah sama seperti itu? di indonesia matahari tenggelam dalam ukuran yg masih besar, membuktikan matahari tenggelam karena lengkungan bumi. kalo mau jelas melihatnya, tunggu saat ekuinoks (20 maret dan 22 september) akan jelas terlihat matahari tenggelam karena lengkungan bumi
            5. Wallahu a’lam. gk ada yg tau rahasia langit
            6. banyak oksigen, banyak air, atmosfer tebal, medan elektromagnet yg melindungi bumi dan banyak lagi keistimewaan bumi yg lain yg hanya dimiliki bumi, shg manusia bisa tinggal di dalamnya. gk masalah bumi terlihat kecil, manusia kan memang kecil. langit begitu besar karena penghuninya memang besar. anda tau sendiri jumlah malaikat sangat banyak, dan ukuran aslinya sangat besar, wajar kalo langit sangat luas. masuk akal kan?. itu malah membuktikan kekuasaan Allah. kalo bumi dan langit sama2 besar, di mana letak kekuasaan-Nya?
            7. gak ada kaitannya dg bentuk bumi
            8. Gk usah nyinggung Al-Quran, katanya para ulama masih simpang siur. silahkan cari sendiri
            9. saya mengakui Nikla Tesla adalah ilmuwan hebat, tapi gk ada hubungannya dg bentuk bumi. Tesla menemukan gelombang elektromagnetik bumi yg dihasilkan oleh inti bumi yg berupa besi dan nikel, hal ini justru membuktikan bumi bulat, karena medan elektromagnet harus mempunyai 2 kutub, nah bagaimana anda menjelaskan dg bumi datar?
            10. gak ada kaitannya dg bentuk bumi
            11. Sudah sempat saya jelaskan
            12. Al-Idrisi sudah membuat globe di abad 12, jauh sebelum galileo
            13. Gagal paham lagi

  18. Silakan anda yang mau cek postingan saya sebelumya mengenai matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat. Tepat di katulistiwa tgl 22 september. Kalo memang ternyta pada hari itu di pontianak matahari terbit dan tenggelam tepat di timur dan barat, itu tidak membuktikan matahari berputar melingkar. Jangan dulu masalah bumi bulat atau datar. itu ribet membuktikannya, mana yg benar atau salah. Ceknya tak perlu susah susah, cari aja tiang yang tegak, Kalo pagi hari bayangan ke arah barat, dan sore hari bayangan ke arah timur, siang jam 12 tidak ada bayangan. Kalo ternyata pagi hari bayangan ke arah barat tapi condong ke selatan, dan pada sore hari ke arah timur tapi condong ke selatan pula, berarti benar matahari berputar melingkari bumi yang katanya datar dan seperti piringan ini. Saya tunggu jawabannya tanggal 23 september. Silakan yang berada di pontianak mengeceknya. Saya di Bandung. Sebetulnya dimanapun juga bisa cek bayangan benda tegak seperti itu. Ga perlu tgl 22 septembrer. Cuma supaya jelas aja bahwa tanggal itu matahari berada di katulistiwa.

  19. Otak manusia punya batasnya. Sbgai mana tubuh manusia juga lelah.. tidak bisa mnjangkau terlalu jauh. Jiks allah mengkhendaki. saya enggk brpikir mn yg btl dan salah tapi dri teori-teori yang di terangkan bumi itu bulat atau datar ada benarnya . Namun dari semua itu hanya allah yang tau .

  20. Setelah munculnya teori flat earth ini, pikiran kita harusnya jadi lebih terbuka, karna memang sebenarnya apa yg kita dapatkan selama ini adalah klaim dari bangsa yg kita yakini mengetahui semua ilmu astronomi (disini kita sebut NASA), apa kita tau mereka memberitakan yg jujur kepada seluruh penduduk dunia.??
    Apakah semua yg mereka beritakan benar adanya?? Disitu kita harus berpikir… Tentunya Al Qur’an sebagai pedomannya.. Bukannya NASA…!!!
    Nah disini saya ingin sampaikan, adanya 7 lapis langit menurut Al Quran, akan lebih dinalar jika bumi ini datar…
    Selama ini NASA tau kalo ada lapisan dilangit sana yg tidak bisa ditembus, makanya mereka mengebom nuklir langit selama kurang lebih 4 taun.. Jelas tidak akan tertembus dong, ciptaan Tuhan kok dilawan, itu point pertama yg membuat negara adidaya itu membuat rekayasa dengan menayangkan dokumentasi ke luar angkasa, lha wong langitnya di bom aja gk bisa tembus, karna sudah tau rahasianya jadi mereka bikin film” tentang penjelajahan luar angkasa.. Nah lho.. Mikir disini seharusnya…
    NASA itu paling jago bikin film yg full editan komputer semua lho guys, jangan terkecoh disini yaaa..hahahah
    Lalu yg paling menggemparkan adalah pengakuan dari Admiral Bird yg menyatakan bahwa diseberang tembok es raksasa antartika itu ada dunia lain yaitu lusinan benua yg besarnya sebesar benua Amerika.. Dan kita gk pernah tau kan, NASA itu menyembunyikannya dari kita lho guys…
    Jadi logikanya, kalo disebrang Tembok Es Raksasa Antartika ada benua lagi, berarti sangat gk masuk akal kalo bumi kita itu bulat.. Ya toh..???
    Kalaupun ada yg mau mencoba menyeberangi tembok es raksasa itu jelas gk akan bisa, karna disana ada pangkalan militernya, fungsinya utk apa pasukan militer itu,?? yaa buat jaga-jaga kalo ada orang yg mau membuktikan kebenaran yg sesungguhnya, jadi mereka yg mendoktrin kita untuk percaya bahwa bumi itu bulat melebihi kepercayaan kita terhadap TUHAN Sang Pencipta…

    Nah, kalo masalah siang dan malam itu karna matahari dan bulan yg mengelilingi bumi secara beriringan, pada siang hari contohnya, adanya matahari terbit dan terbenam itu perspektif, tergantung kita yg memandang, dan cahayanya pun lokal men, luasnya gk seluas bumi yg terkena pancarannya kalo itu bulat yaa…
    Nah kalo malam, pernah saya mengamati pada saat bulan purnama, kenapa dibelakang bayangan bulan ada awan..?? Nah lho, berarti bulan gk jauh” amat kan dari bumi… Dan perlu diketahui guys, bulan itu BUKAN meneruskan cahaya dari matahari, pelajaran IPA itu salah besar, Bulan itu termasuk bintang, punya cahaya sendiri, cuman kalo paparan sinar bulan itu dingin, berbeda dgn sinar matahari yg panas..
    Benar apa yg menjadi simbol keseimbangan, yaitu Ying dan Yang, keselarasan dalam kehidupan, ada siang dan malam, matahari dan bulan..

    Kalo yg muslim pasti tau peristiwa isro mirojnya Nabi Muhammad SAW, beliau atas Kuasa Allah bisa tembus smpai langit ketujuh, jadi mana mungkin ada manusia dibumi ini yg bisa menciptakan kendaraan untuk menembus lapisan langit itu, dan itu lapisan yg pertama saja sudah gk bisa, NASA itu bohong soal penerbangan ke luar angkasa… Itu semua rekayasa komputer, karna mereka tau langit itu gk bisa ditembus oleh benda apapun, kecuali atas kehendak Allah SWT, jdi mereka bikin film” program luar angkasa, coba deh liat videonya di youtube..
    Kenapa sih kita harus percaya sma NASA kalo kita punya kunci dari segala yg ada di Alam jagat raya ini, yaitu Al Qur’an Al Kariim..
    Seluruh dunia ini sudah dikendalikan dan dicuci otaknya sama mereka, mereka yg tau kebenarannya tapi krna takut kebohongannya terungkap mereka menutupinya dengan semua ini, yg kita dapatkan selama sekolah,.,

    Alangkah lebih bijak jika kita semua membuktikan sendiri teori flat earth ini, jika memang terbukti, bukan kalian yg percaya bumi ini bulat bodoh, tpi kita yg kurang respect dengan alam, kita percaya saja dengan media yg sumbernya juga gk tau bener apa engga..
    Buktikan, dan simpan rahasia itu didiri kalian, jangan sekali kali dipublikasikan, biarkan mereka tau sendiri, karna mereka gk akan percaya dan menganggapmu sebagai orang gk waras..!!!.

    Buktikan, buktikan dan buktikan… Lalu simpan dan percayalah hanya kepada Allah lah kita kembali…

    Karna hanya itu yg bisa kita lakukan, jadikan Al Quran dan sunnah sebagai pedoman kita menjalani hidup..
    Salam Flatter…
    Wassalam…

    • – permasalahannya adalah kita tdk paham dg yang diajarkan kepada kita waktu sekolah. Kalo kita paham, kita akan mendapatkan keserasian antara agama dan sains

      – Al-Qur’an memang sebagai pedoman, tapi apakah kita hanya belajar pada Al-Quran saja?? Sejauh ini belum ada kontradiksi antara sains (NASA) dg Al-Quran, bahkan banyak ilmuwan NASA yg masuk Islam

      -Memangnya kalo bumi bulat, langit gk bisa berlapis2

      – Negara2 adidaya melakukan bom nuklir bukan karena ada kubah bumi, melainkan utk tes nuklir, utk membuktikan siapa yg punya nuklir terkuat, pengujiannya ya di udara, gk mungkin diuji di daratan. Kalo benar ada kubah bumi, kenapa ada meteor yg jatuh ke bumi? Apa itu juga rekayasa? Sudah jelas di Al-Quran menyebutkan “kubah bumi” utk MELINDUNGI manusia, bukan MENGURUNG manusia. Dan itu sudah dibuktikan sains modern kalo memang ada “kubah bumi” yg dinamakan sabuk van allen yg mampu MELINDUNGI manusia dari radiasi sinar kosmik dan solar flare. Silahkan dipikir sendiri mana yg lebih sesuai dg Al-Quran, NASA? Atau Flatter

      – ok kalo cahaya matahari adalah cahaya lokal, tapi kenapa siang di indonesia lebih panjang daripada malam? Secara logika malam seharusnya yg lebih panjang. Kalo bulan punya orbit seperti matahari bisakah kita melihat bulan terbit dan terbenam dalam sehari layaknya matahari?

      Intinya adalh, silahkan pelajari lagi sains dan agama dg benar, niscaya akan mendapatkan keserasian di antara keduanya. Iman akan semakin bertambah dan rasa ingin tahu juga bertambah, jangan hanya belajar agama saja, sudah jelas agama menyuruh kita mempelajari sains juga. Kita semua tentu ingin kejayaan umat Islam yg pernah diraih dulu bisa terulang kembali, Islam menguasai dunia karena ilmu pengetahuan dalam segala bidang dikuasai oleh umat Islam. Tepat setelah sepeninggal Rasul, dunia butuh ahli apa, madinah punya. Apakah kita tidak ingin kejayaan seperti itu terulang kembali?? Atau cukup hanya beribadah saja dan membiarkan dunia dikuasai orang kafir? Silahkan direnungkan sendiri

      • – Agama dan sains akan serasi selama sains itu terbukti benar. Agama dan sains akan tidak serasi selama sains itu belum terbukti benar. Contohnya teori Darwin. Sebelum ada pembuktian bahwa teori Darwin itu salah, sains bertentangan dengan agama (bahwasannya di dalam agama, manusia pertama yg diciptakan adalah nabi Adam, dan dia bukan dari seekor kera), yang mana menunjukkan bahwa sains tersebut masih belum selaras. Tetapi ketika ilmu Biologi membuktikan bahwa Teori Darwin itu salah, baru Sains dikatakan selaras dengan agama.

        – Tidak ada kontradiksi??, dpt dari sumber mna??, ulama??, ulama banyak yg membantahnya

        – Lucu, kalau langit berlapis2 yg mengitari bumi. Langit pasti bertabrakan dgn planet lain.

        – Dari mana anda membuat kesimpulan “Kubah Bumi” itu sabuk Van Allen??, mana sumbernya?. Tafsiran sendiri lagi

        – Cahaya lokal itu lhi di jawab dulu, malah melontarkan pertanyaan lain

        Mengenai paragraf anda terakhir, betul sekali, saya setuju. Tetapi bukan berarti orang yg percaya bumi datar tdk percaya pada ilmu pengetahuan..

        • – saya juga gk percaya dg teori darwin, kan cuma teori
          – kalo begitu sebutkan mana kontradiksinya. selama saya belajar sains dan agama, gk ada kontradiksi
          -???
          – saya menggunakan istilah “kubah bumi”, karena anda menggunakan istilah itu. di Al-Quran gk ada disebutkan kubah bumi, yg ada 7 lapis langit
          – sudah saya jawab di atas

        • Devara Denfilla + Febriant mau nanya aja nih di al-quran kan disebutin tuh bumi bentuknya bulat ga sempurna kaya telur burung unta nah itu kan 100% ga nyambung ama FLATTER ampas? pernyataan al-quran belum pernah ada yg ga sesuai ama sains yg ada malah beberapa pernyataan sains yg ga sesuai al-quran. pikir pinter aja ya, otak lu udah ke cuci ma itu video.

        • Nah untuk saudara2 yang sedang mencerahkan masa dunia,saya punya solusinya,saya jual air mineral agar saudara bisa fokus,dan obat sakit kepala apabila kepala anda mulai puyeng..jika anda ingin kembali fokus beli air dari sya lagi,flatters or globers,saya mendukung kalian,sya tidak peduli mna teori terbukti benar,selama dagangan sya laris,toh sya ttp harus makan.
          Salam kapitalist

          • hahaha pemikiran anda seperti elite global, saat manusia saling berdebat dan bertarung, anda masih cari keuntungan, hahaha… ane sih netral, mau bumi bola kek, kotak kek, datar kek, yang penting di masa depan kita nggak terpengaruh ataupun jadi pengikut dajjal/ antichrist

  21. Oke, saya terima argument anda, tapi nampaknya anda musang berbulu domba nih, nama flatearth, tapi sesama flatter kok anda gk mendukung dengan apa yg saya kemukakan mengenai flatearth.??? ..
    Kalo anda flatter, pasti anda tau betul apa yg dijelaskan pada video flatearth yg sampai 8 episode itu..

    Tapi okelah, akan saya balas satu persatu argument anda ini..

    -Bukannya tidak paham dengan yg diajarkan disekolah, tapi kita yg dibodohi bangsa barat, kita didoktrin agar kita mempercayai sebuah kebohongan besar, dan kita percaya akan hal itu melebihi kepercayaan terhadap Tuhan.

    -Nah ini, kenapa banyak ilmuan NASA yg masuk islam, karena mungkin mereka menyadari bahwa mereka telah berbuat dzolim dan ingin bertaubat, dan kenapa mereka tetap menjadi ilmuan NASA, mungkin ada faktor lain yg membuat mereka tetap bertahan untuk NASA, dan kenapa Video” Flatearth tercipta, karena ada juga yg lebih percaya akan teori flathearth tersebut..

    -Bisa saja berlapis, tapi menurut sejarah, apa yg dikemukakan oleh Ibnu Sina ribuan taun yg lalu lebih logis jika bumi itu datar..

    -Itu berita yg kini sudah disebarluaskan melalui media, dan tujuan awalnya itu bukan seperti itu, dan kenapa harus sampai bertahun tahun mengebom langit.?? Jika memang itu tujuannya untuk unjuk gigi nuklir siapa yg paling kuat, cukup beberapa kali percobaan juga bisa, mereka itu bukan berlomba tapi bekerja sama untuk mengebom langit selama bertahun tahun, dan hanya mereka-mereka saja yg tau tujuannya untuk apa.. Karna mereka tau yg sebenarnya kalo langit itu gk bisa ditembus oleh benda apapun, jangankan pesawat, nuklir aja yg notabene menghancurkan aja gk bisa.. saya ulangi lagi, Ciptaan Tuhan kok dilawan.!!!
    Kalo ada meteor yg jatuh kebumi ya jelas ada, kan di langit juga ada benda” lain, dan itu juga meledaknya masih dilangit jarang ada yg masih gede nyampe ke bumi, dan soal pemanasan Global itu Bullshit..!!! Saya balikan argument anda kalo memang kubah bumi itu melindungi, kenapa ada pemanasan Global..?? Hayyoo

    -Kata siapa.??? sama saja, siang malam ya sama-sama 12 jam lah, karna indonesia letaknya di garis ekuator, yg ada malah negara” yg jauh dari garis ekuator yg kondisinya demikian sperti yg anda kemukakan.. Karna orbit matahari itu hanya disekitaran garis ekuator saja..
    Nah ini nih, karna sama” punya orbit yaa jelas bisa lah, apalagi kalo cuacanya bagus, bisa dilihat dgn mata telanjang malah., buktinya bulan munculnya juga dari timur seperti terbitnya matahari kan, hanya saja bergantian, matahari disiang hari, dan bulan dimalam hari. Apa pernah anda liat bulat muncul dari barat, wah kiamat dong kalo gitu…Wadduuuhh nampaknya anda kurang peka yaa sama alam, dan anda musang berbulu domba juga, memakai nama samaran..hahaha

    Iya iya saya terima saran yg baik dari anda, justru karena saya ingin mengetahui sains yg sebenarnya jadi saya lebih respect terhadap teori bumi datar ini broo…
    Dan jangan bandingkan NASA dgn Al Quran, knapa saya bilang Al Quran karena flatter juga membuktikannya berpedoman Al Quran, NASA itu bukan apa apa, NASA itu cuma lembaga yg dibentuk oleh kalangan Elite Global, dan tujuannya yaa untuk membodohi kita masyarakat dunia.. Mendoktrin otak kita dengan rekayasa”nya… Karna memang hanya mereka saja yg mempunyai alat” canggih dan teknologi yg mumpuni, dan cuma mereka saja yg bisa melakukan itu, balik lagi, itu semua ada unsur politik duitnya, coba renungin deh, kenapa mata uang seluruh dunia harus berkiblat pada USA, hayyooo… Karna mereka ingin sekali negara” diseluruh dunia ini jatuh miskin, mereka permainkan suku bunga bank, yaa agar seluruh dunia bangkrut, kalo pernah denger Bank Centralnya Amerika, nah itu sebenarnya bukan negri, tapi bank swasta yg dengan seenak jidatnya memegang kuasa penuh peredaran uang disana,… Pernah saya simak persidangan orang” Amerika di youtube, salah seorang yg ditanyai perihal bank” negri mana saja yg dinaungi oleh pemerintahan Amerika, dia gk mau jawab, karna sebenarnya Bank Swasta lah yg memonopoli…

    Nah, sejujurnya anda juga sepaham dengan saya, tapi kenapa argumen anda seperti membantah teori flatearth ini.?? Siapa anda sebenarnya..??!!!!!!!!

    • -saya tdk yakin, anda memang sudah paham atau tdk. Kalo sudah paham seharusnya anda tdk percaya dg video tsb krn banyak fakta yg diputarbalikkan

      -anda menjawabnya dg kata mungkin, sudah jelas pernyataan anda tdk berdasar, jadi tdk perlu ditanggapi

      – tdk ada pernyataan yg menyebutkan dg jelas bahwa ibnu sina menganggap bumi itu datar. Lagipula ibnu sina itu dokter, bukan astronom (tertipu kan?)

      – pemanasan global itu karena menipisnya lapisan ozon shg sinar ultraviolet bisa masuk ke bumi. Gk ada kaitannya dg sabuk van allen yg melimdungi bumi dari sinar kosmik dan solar flare yg kerusakannya jauh lebih parah. Silahkan belajar lagi

      – iya saya tahu, bulan juga terbit dari timur dan tenggelam di barat, itu karena pengaruh rotasi bumi juga, tapi tdk dalam 1 malam, buktinya kita kadang bisa melihat bulan di siang hari

      Nah, anda sepaham kan dengan saya, anda tentunya juga ingin peradaban dunia di pegang oleh umat Islam seperti peradaban Islam dahulu. Apakah anda tahu bahwa ilmuwan muslim pada zaman itu menyebutkan bumi itu bulat? Bahkan pencipta globe pertama adalah ilmuwan muslim, apakah anda tahu? Ilmuwan geologi bernama Al-Idrisi lah yg pertama kali menciptakan globe. Silahkan mau percaya ilmuwan muslim yg mendedikasikan seluruh hidupnya untuk belajar agama dan sains atau percaya video youtube

      • untuk flaterearth
        saya sebagai pengamat diskusi hehehe

        saya salah satu mungkin dari jutaan manusia di dunia ini yang penasaran tentang teori bumi itu bulat dan setelah melihat diskusi ini saya lebih cendrung percaya jika bumi itu datar .
        ingat bumi itu bulat adalah teori
        dan bumi datar pun demikian

        namun yang aneh di balasan flatearth ketika di singgung ayat dalam kitab suci Al – qur’an
        al baqarah ayat 22 bahwa
        “bumi sebagai hamparan (dataran luas) bagimu ” kenapa flatearth ga menjawab
        dan kalaupun membantah nya bukankah anda tidak mempercayai Al qur’an sebagai pedoman hidup umat islam

        – flatearth saya akui anda cukup pintar dalam ber argument bahkan menurut saya anda bisa menjadi seorang ilmuwan dengan kemampuan berfikir anda namun ingat apapun agama kita setiap pemikiran apapun dalam hidup ini AGAMA(al quran) lah tolak ukur yang utama untuk memberikan pendapat ataupun pemikiran sekalipun

        diskusi ini bagus kita lihat nanti di akhirat teori siapa yang benar

        • Saya apresiasi kesantunan anda. Saya juga berterimakasih atas doanya, semoga doa yg baik kembai ke anda juga.

          Selain belajar sains, saya juga belajar agama. Saya sangat paham kalo agama adalah kepercayaan yg harus dipercayai tanpa harus diuji kebenarannya, beda dg sains yg harus diuji dulu. Sesuatu dianggap ada menurut sains, itu karena bisa diukur (bukan diindra), contohnya gelombang radio, kita tdk bisa melihat/merasakannya, tapi kita bisa mengukurnya. Sedangkan dalam agama, yg di luar sains pun (yg tdk bisa diukur), ada yg harus kita percayai eksistensinya, seperti Tuhan, malaikat, surga neraka dsb. Nah, bagaimana caranya agar hal2 yg tdk bisa diukur itu (karena tdk bisa diukur, kita menyebutnya hal ghaib) bisa dipercayai oleh semua orang? Itulah sebabnya Allah mengirim pembawa berita. Supaya orang2 bisa mempercayai hal2 ghaib itu, maka Tuhan merancang agar si pembawa berita itu memiliki sifat jujur dan amanah. Si pembawa berita itulah yg kita sebut Nabi (secara harfiah memang berarti pembawa berita). Dengan runtutan cerita seperti itu, saya harap anda bisa lebih paham konsep dari keyakinan/agama.

          Sekarang, mengenai surah Al-baqarah 22 yg mengatakan bumi itu dihamparkan. Memang di Al-Quran maupun hadits tidak disebutkan dg jelas mengenai bentuk bumi, tapi banyak ayat2 Al-Quran maupun hadits yg mengindikasikan bahwa bumi itu bulat. “Dia menutup malam atas siang dan menutup siang atas malam”. (Az-Zumar : 5). Allah menggunakan kata “takwir yg berarti bulatan. mungkin anda berfikir, itukan juga cocok dg teori flatearth. Kalo begitu, perhatikan hadits berikut. Nabi pernah ditanya mengenai benda langit (matahari), kemana perginya benda langit itu ketika terbenam. Nabi menjawab, “ia TETAP pada tempatnya TDK BERPINDAH dan TDK BERGESER. Ia tenggelam bagi suatu kaum dan terbit bagi kaum yg lain.” Hadits itu jelas bertentangan dg teori flatearth yg menyebutkan matahari mengelilingi bumi. Mari kita pakai cara berfikirnya Einstein, menurut Einstein jika 2 benda bergerak dg kecepatan sama relatif terhadap benda lain, maka kita tdk bisa menentukan mana benda yg bergerak atau diam. Contohnya begini, misalkan anda berada di tengah2 ruangan kosong, tdk ada pintu, jendela, dan semuanya terlihat pitih polos shg anda tdk tau batas ruangannya, dihadapan anda ada sebuah benda yang berputar mengelilingi anda, tapi ada orang yg mengatakan benda itu sebenarnya diam, apa kesimpulannya? Anda lah yg berputar / berotasi. Sekarang, bayangkan anda adalah bumi, benda yg anda anggap berputar adalah matahari, dan yg memberi tahu anda adalah Nabi Muhammad. Jadi, kesimpulan dari hadits itu adalah, bumi berotasi, yg mana jelas bertentangan dg teori flatearth.
          Lalu bagaimana dg ayat Al-Quran mengenai bumi dihamparkan. Mungkin anda berfikiran yg dimaksud dihamparkan adalah seperti karpet, tikar, kasur dsb. Tapi saya lebih suka menganggapnya seperti kain, sebagaimana surah Az-Zumar diatas yang menyebutkan ‘yukawwiru”, kata “yukawwiru” juga berarti membulatkan kain sorban di kepala. Jadi, kita tahu “kain” ini dihamparkan, tapi juga dibulatkan. Apa kesimpulannya? Kita juga harus ingat surah Al baqarah 22 ada kata “bagimu”. Jadi kesimpulannyanya, bumi ini dibulatkan, tapi karena begitu besar, shg terlihat menghampar bagi manusia (“dihamparkan bagimu”)

          Saya sudah jelaskan sebaik mungkin dg sangat logis dan berdasar dalil. Silahkan anda percaya atau tidak? Dari situ juga terlihat apakah saya seperti terdoktrinasi dg dogma2 sains atau tidak. Selama saya belajar sains dan agama, saya menemukan keserasian antara keduanya, memang benar kita tdk perlu menguji agama, karena merupakan keyakinan, tapi jika agama bisa dibuktikan dg sains, bukankah keimanan kita semakin bertambah?

          • Apakah Az-Zumar : 5, menjelaskan bahwa bumi itu bulat??, mana yg menunjukkan “kata” bahwa bumi itu bulat??, saya rasa anda membuat kesimpulan sendiri lagi.

            Saya ingin tahu siapa periwayat hadits yg anda sebutkan diatas beserta perawinya, yg nabi ditanyai itu.

            Setahu saya, di Al-Qur’an menjelaskan bahwa matahari dan bulan berputar. Tetapi tdk ada satupun yg menjelaskan bahwa bumi itu berputar.

            Agama bisa dibuktikan oleh sains dgn benar, selama sains itu benar, dan sesuai dengan fakta empiris. Jika tidak, berarti sainsnya yg salah.

            Mengenai Al-Baqoroh 22, kok anda membuat kesimpulan sendiri lagi, makna “bagimu” di artikan sebagai pandangan manusia??, emang tafsir mana yg mengatakan sprti itu??, ulama mana yg mengatakan seperti itu??. Menurut saya lebih masuk akal “bagimu” adalah bagi manusia itu sendiri, bukan menurut pandangan manusia. Disitu juga tdk dijelaskan bumi itu bulat dan besar. Darimana anda memperoleh kesimpulan itu??

            Mengenai Az-Zumar lagi, apakah hanya kata “yukkawiru” sudah paten bahwa bumi itu bulat??, jelaskan lebih rinci knapa yukawwiru sudah menjadi paten bahwa bumi itu bulat??

            Lagi, dan lagi. Anda membuat tafsiran sendiri lagi.

          • Silahkan baca tafsir Quraisy Syihab

            Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra bahwasanya Rasulullah saw pernah ditanya, ke mana tenggelamnya benda-benda angkasa yang terbenam itu, dan darimana terbit benda-benda angkasa yang terbit itu?
            Nabi menjawab :Ia TETAP berada di tempatnya TIDAK BERPINDAH dan BERGESER. Ia tenggelam bagi satu kaum dan terbit bagi kaum yang lain. Ia terbit dan tenggelam bagi pada suatu kaum. (Dan dalam waktu bersamaan) satu kaum mengatakan benda langit itu tenggelam, sedangkan kaum yang lain mengatakan benda itu terbit. (Musnad Imam Abiy Ishaq Al-Hamadaniy).
            silahkan pikirkan bagaimana caranya hadits itu tdk bertentangan dg Al-Qur’an yg menjelaskan orbit bulan dan matahari

            Saya sudah bilang, Al-Qur’an tdk perlu menjelaskan semua fenomena alam, coba aja cari gerhana di Al-Quran, gk ada kan. Hadits di atas secara tidak langsung menunjukkan bumi itu berputar

            yukawwiru itu artinya menggulung, seperti halnya menggulung kain sorban, yg namanya gulungan kan bulat

          • Devara Denfilla + Febriant mau nanya aja nih di al-quran kan disebutin tuh bumi bentuknya bulat ga sempurna kaya telur burung unta nah itu kan 100% ga nyambung ama FLATTER ampas? pernyataan al-quran belum pernah ada yg ga sesuai ama sains yg ada malah beberapa pernyataan sains yg ga sesuai al-quran. pikir pinter aja ya, otak lu udah ke cuci ma itu video.

        • to: Devara Denfilla
          menurut anda,, di Al-Qur’an menjelaskan bahwa matahari dan bulan berputar. Tetapi tdk ada satupun yg menjelaskan bahwa bumi itu berputar, dan mnurut teori flathearth kn bumi itu diam kn? trus bgmn dgn penggalan ayat ini?
          “Lhat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. An Naml 27:88) .”
          kalo jawaban anda adalah pergerakan lempeng bumi, kalo berdasarkan teori bumi datar, pergerakan itu dipengaruhi oleh apa? dan pergerakan lempeng bumi kan hanya bbrp cm tiap tahunnya? tidak seperti pergerakan awan yg bisa bergerak sejauh puluhan/ratusan/mngkin ribuan kilometer perjamnya?? sedangkan diayat tersebut dijelaskan bahwa gunung” berjalan seperti awan?? sedangkan kalo diteori globeearth kn dijelaskan bahwa bumi itu berotasi, katanya sekitar 1600an km/jam. jdi emng bnr kn kalo gunung” itu bergerak seperti awan?

          • to : DONCING…

            Coba Anda lihat ayat ke 87 pada QS An Naml… Sy kira ayat itu saling berkaitan….. artinya gunung itu berjalan ketika sangsakala (Trompet) itu di tiupkan… 😀

            bukan pada saat sekarang dlm pembuktian ini… hehehe

            Wallahualam bissawab…

      • 5 poin anda diatas anda jawab dgn alasan yg kurang logis, penuh kebencian, dan membuat tafsiran sendiri utk memperkuat argumen anda. Maka tdk perlu saya jawab.

        Cari sumber lain tntg Ibnu Sina, jgn menelan mentah2 sumber umum. Sumber umum belum tentu benar.
        Anda tahu Teori Darwin??. Teori Darwin dianggap sebagai sumber umum baik di internet, maupun di pelajaran sekolah2. Tetapi apakah benar teori Darwin itu??. Salah !!!. Ilmu Biologi telah membuktikan kegagalan teori Darwin, begitu juga dgn ilmu2 lainnya. Kebanyakan ilmuwan juga telah membuktikan kebobrokannya. Lalu apakah skarang anda percaya bukti umum itu??

        Saya hanya perlu menjawab, paragaraf anda yg terakhir. Ilmuwan geologi yg bernama Al-Idrisi. Jika anda mau mencari di berbagai sumber khusus (dan tidak malas), pada saat itu juga terjadi berbagai perdebatan dari berbagai ilmuwan Islam. Jadi, bentuk bumi pada saat itu belum dipatenkan bahwa “bumi itu bulat”, karena banyak ilmuwan Islam lain yg menentangnya.

        Ibnu Sina mengatakan tentang “Kubah bumi yg kokoh”. Coba cari di referensi lain !!

      • To : flatearth101

        5 poin anda diatas anda jawab dgn alasan yg kurang logis, penuh kebencian, dan membuat tafsiran sendiri utk memperkuat argumen anda. Maka tdk perlu saya jawab.

        Cari sumber lain tntg Ibnu Sina, jgn menelan mentah2 sumber umum. Sumber umum belum tentu benar.
        Anda tahu Teori Darwin??. Teori Darwin dianggap sebagai sumber umum baik di internet, maupun di pelajaran sekolah2. Tetapi apakah benar teori Darwin itu??. Salah !!!. Ilmu Biologi telah membuktikan kegagalan teori Darwin, begitu juga dgn ilmu2 lainnya. Kebanyakan ilmuwan juga telah membuktikan kebobrokannya. Lalu apakah skarang anda percaya bukti umum itu??

        Saya hanya perlu menjawab, paragaraf anda yg terakhir. Ilmuwan geologi yg bernama Al-Idrisi. Jika anda mau mencari di berbagai sumber khusus (dan tidak malas), pada saat itu juga terjadi berbagai perdebatan dari berbagai ilmuwan Islam. Jadi, bentuk bumi pada saat itu belum dipatenkan bahwa “bumi itu bulat”, karena banyak ilmuwan Islam lain yg menentangnya.

        Ibnu Sina mengatakan tentang “Kubah bumi yg kokoh”. Coba cari di referensi lain !!

        • Devara Denfilla + Febriant mau nanya aja nih = di al-quran kan disebutin tuh bumi bentuknya bulat ga sempurna kaya telur burung unta nah itu kan 100% ga nyambung ama FLATTER ampas?

          pernyataan al-quran belum pernah ada yg ga sesuai ama sains yg ada malah beberapa pernyataan sains yg ga sesuai al-quran. pikir pinter aja ya, otak lu udah ke cuci ma itu video.

          Jawab ini dong

  22. Saya mencoba untuk berada ditengah antara peyakin bumi datar dan peyakin bumi bulat. Tunda dulu mengenai NASA, dalil dalil di Kitab suci apapun, dan atau apalah yang mungkin menurut orang kebanyakan tidak mudah dimengerti.
    Satu hal saja yang saya kemukakan disini, mengenai realita yang luput kita perhatikan sehari hari. Yaitu bayangan benda tegak semisal tiang bendera atau apapun yang tegak. Mari kita perhatikan sifat bayangan itu.
    1. Arah bayangan ujung tiang akan selalu menjauh dari sumber cahaya
    2. Pada pagi hari (matahari ada di timur) bayangan berada di barat
    3. Pada sore hari (matahari ada di barat) bayangan ada di timur.
    4. Panjang pendeknya bayangan tergantung jamya, pagi atau sore bisa lebih panjang
    Pernahkah kita perhatikan ujung bayangannya? Ujung bayangan (maksudnya dari tiang yg ada ditanah) coba kita tandai tiap jam. Baiknya tiang tersebut ada ditempat yang lapang, supaya seharian terkena sinar matahari, dan di musim kemarau supaya tdk ada awan (apalagi hujan)
    Nah tanda2 itu kita buat garis. Apa yang didapat? Lurus? Atau kurva?
    Silakan yang mau mencoba, hasilnya silakan simpulkan sendiri kalo lurus apa, kalo kurva apa.
    Hasil ini nanti akan membuktikan sesuatu.

    • Ok, saya akan amati. Tapi kenapa harus menggunakan metode itu saja?
      Mohon maaf mbak, anda berkata berada di tengah2 antara bumi datar dan bumi bulat, tetapi kenapa di komentar2 anda paling atas anda lebih condong memihak ke bumi bulat??

  23. Cara pengamatan tiang tegak, mendapatkan hasi berbeda untuk setiap tempat. tergantung garis lintang, dan dimana posisi matahari pada waktu itu. Matahari mempunyai siklus bergeser ke utara dan selatan sejauh 23.5 drarajat. Ada di katulistiwa pada tanggal 22 september dan 23 maret. Ada di utara pada tanggal 22 Juni, selatan tanggal 22 desember. Sebaiknya pengamatan ketika matahari berada di garis lintang tempat tersebut. Untuk Indonesia saya bisa menghitung tanggal dan bulan untuk suatu kota. Bandung tgl 5 maret dan 8 oktber. Makasih, semoga sukses.

  24. Berhubung tampaknya belum ada postingan yang melakukan percobaan yang saya maksud diatas, ok saya sendiri yang mengamati hal ini. Bukan benda tegak tapi bayangan rumah yang ada diseberang rumah saya. Kebetulan rumah saya menghadap utara walau tidak persis tapi agak ke timur sedikit, kira kira 10-15 derajat.
    Saya perhatikan dari pagi sampai sore tiap jam ternyata bayangn itu tetap ada dijalan, bergeser sedikit ke arah selatan pada sore hari, karena memang jalanan tidak pas ke arah timur-barat.
    Apa kesimpulan saya? Bayangan bergerak lurus dari barat ke timur. Matahari sekarang (pertengahan agustus) ada di utara sekitar thailand.
    Nah menurut hukum fisika apa itu artinya? Berarti sumber cahaya juga bergerak lurus, tidak melengkung apalagi berputar.
    OK katanya ada masalah perspektif. Apakah separah itu mata manusia bisa dikelabui oleh perspektif, sehingga bisa dikelabui oleh gerak yang melingkar?
    Prespektif hanya berhubungan dengan sesuatu yang lurus saja. Makin jauh kelihatan makin kecil, misal jalan yang lurus akan kelihatan menyempit, itu perspektif.
    Tapi sesuatu yang melingkar akan tetap terlihat dengan kasat mata. Tarolah matahari melingkar, maka kalo kita amati dari pagi hingga sore pasti terlihat jelas. seperti dari tempat saya, pastinya saya akan melihat pagi hari masih ada ditimur laut seiring siang hari semakin ke selatan sampe sore hari ada sekitar barat laut. Dan,,,,, bayangan rumah didapan saya pasti pagi dan sore hari akan menutupi jalan di depan, bahkan rumah saya, tidak ada dijalan, karena memanjang ke selatan, baru menuju siang hari berangsur ke jalannan, berangsur ke selatan lagi menuju sore hari, Jadi bentuknya kurva atau melengkung.
    Saya tidak menyimpulkan bumi bulat atau datar. Hanya kalo kejadian jejak bayangnn yang lurus seperti itu, saya simpulkan sumber cahaya bergerak lurus.
    He he he, silakan disimak sama yang lebih ahli dan simpulkan aja sendiri.

    • Oke mbak, saya akan coba amati di sekeliling saya..
      Tetapi utk mengenai pernyataan mbak tentang “Sesuatu yg melingkar akan terlihat dgn kasat mata”, itu berarti “Sesuatu yg melengkung juga trlihat dgn kasat mata” dong?, berarti foto dari jarak lebih dr 10 km (yg tdk terlihat lengkungan bumi) berarti benar kan?. Berarti benar kan mbah kalau tidak ada lengkungan bumi?

      • Devara Denfilla + Febriant mau nanya aja nih = di al-quran kan disebutin tuh bumi bentuknya bulat ga sempurna kaya telur burung unta nah itu kan 100% ga nyambung ama FLATTER ampas?

        pernyataan al-quran belum pernah ada yg ga sesuai ama sains yg ada malah beberapa pernyataan sains yg ga sesuai al-quran. pikir pinter aja ya, otak lu udah ke cuci ma itu video.

        Jawab ini dong

        • Eka Handar + Flatearth101 = ane sepaham ma nte berdua susah emang ngomong ma orang yg udah kecuci otak nya

          Devara Denfilla + Febriant mau nanya aja nih = di al-quran kan disebutin tuh bumi bentuknya bulat ga sempurna kaya telur burung unta nah itu kan 100% ga nyambung ama FLATTER ampas?

          pernyataan al-quran belum pernah ada yg ga sesuai ama sains yg ada malah beberapa pernyataan sains yg ga sesuai al-quran. pikir pinter aja ya, otak lu udah ke cuci ma itu video.

          Jawab ini dong

          • ehend = udah kecuci otaknya mas tu orang, jadinya bego ga da obat alias tolol

            Devara Denfilla + Febriant mau nanya aja nih = di al-quran kan disebutin tuh bumi bentuknya bulat ga sempurna kaya telur burung unta nah itu kan 100% ga nyambung ama FLATTER ampas?

            pernyataan al-quran belum pernah ada yg ga sesuai ama sains yg ada malah beberapa pernyataan sains yg ga sesuai al-quran. pikir pinter aja ya, otak lu udah ke cuci ma itu video.

            Jawab ini dong

      • Kalau bumi datar, gimana ada angin? Terus kok ada gerhana matahari dan gerhana bulan? Kalo bumi datar kan kayak lempengan, nah dibalik sisi lempengan itu apa? Kalo kita ada dipinggiran bumi( kalo datar ) kita bisa liat luar angkasa dengan liat kebawah dong. Bumi datar itu gak masuk akal

  25. Bagi saya ada satu hal yang terbantahkan dalam sistem flat earth, yaitu mengenai matahari yang mengelilingi bumi. Jelas dari pengamatan saya dalam postingan saya sebelumnya, dan memperhatikan sifat2 bayangan secara ilmu fisika, tidak bisa menyimpulkan matahari bergerak berputar. Seandainya saya bisa memposting gambar ilustrasi atau video dalam blog ini, saya akan buat sebuah model flatearth. Misalnya terdiri dari piringan bumi flatearth dan sebuah matahari yang berputar. Akan kita perhatikan bayangan model tiang yang ada dalam piringan bumi, akan mempunyai jejak seperti apa. Juga akan saya liatkan model sebuah bumi globe, dengan matahari (asli) yang berada sangat jauh, sebuah model tiang disuatu lintang tertentu.
    Silakan nanti pada awal oktober, dimana matahari sudah berada di bagian selatan katulistiwa, kita bisa mengamati kembali jejak peredaran matahari. Karena waktu2 itu matahari untuk di indonesia bagian selatan akan hampir persis terbit dan tenggelam dari timur ke barat. Amatilah ditempat yang lapang. Untuk di jakarta bisa di Monas, alias bayangan tugu monas yang kita perhatikan. Silakan luangkanlah waktu. Juga untuk peyakin flatearh yang mungkin tinggal di jakartaatau dimanapun, silakan amati, tak terkecuali pemilik blog ini.
    Sekali lagi saya disini tetap tidak mengatakan bumi itu bulat atau datar ya. Saya hanya mengomentari sistem flatearth ajah. Apalagi bawa2 ayat atau klaim2 NASA.
    Nah setelah terbukti jejak bayangan lurus, apa yang anda simpulkan, apakah mau mengabaikan sifat bayangan dalam ilmu fisika?
    Wallaahualam.

    • Mohon maaf mbak, kalau boleh saya bertanya, apakah benar2 menggunakan metode seperti itu untuk membuktikan bumi itu bulat atau datar?, kenapa harus menggunakan metode itu?. Apakah hanya dgn menggunakan metode itu bisa diperoleh dgn paten bahwasannya bumi itu bulat atau datar?.

      • Mengenai hukum jejak bayangan sudah jelas itu eksak, dan dapat dibuktikan dengan percobaan2. Apakah anda tidak berfikir bahwa jika matahri berputar 24 jam anda bisa perkirakan ada dimana setiap jamnya?. Pagi hari (jam 6) ada di timur tapi ke arah utara, siang hari (jam 12) ada diatas anda, sore hari ( jam 18) ada di barat di bagian utara, malam hari (jam 00) ada di depan anda. Bukan begitu?
        Anda bisa perkirakan kalo begitu bayangan anda berdiri ketika itu. Menghadaplah ke utara. Coba lakukan percobaan, taro di lantai sebuah benda yang tegak, seperti sepidol artline, sebelumnya buat lingkaran dulu untuk seolah olah jejak matahari. Misal lingkaran itu adalah katulistiwa, dan letakan sepidol di garis katulistiwa. Ambil senter dan gerakan di lingkran tersebut, amati bayangannya.
        Saya tidak membuktikan bumi bulat atau datar, tapi membuktikan kalo matahari berjalan lurus.

    • Saya perhatikan anda ini yang paling pinter disini baik sains maupun tentang agama Islam, coba telaah hadits-hadits berikut:

      Dulu sebelum flate earth modern ini muncul saya lebih cenderung meyakini bumi ini diam tetapi tetap bulat, tapi saya bingung dengan hadits ini: yaitu Letak Surga dan Neraka

      ‘Athiyah Rohimahullah meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Rodhiyallahu ‘anhuma. Dia mengatakan, “Surga berada di langit ketujuh. Allah menjadikannya dimana yang dia mau ketika hari qiyamat. Sedangkan neraka jahannam berada di lapisan bumi yang ketujuh”. HR. Abu Nu’aim.
      Ibnu Mandah Rohimahullah meriwayatkan hadits dari Abu Yahya Al Qottaat dari Mujahid. Mujahid mengatakan, ‘Aku bertanya kepada Ibnu ‘Abbas Rodhiyallahu ‘anhuma, ‘Dimanakah letak surga ?’ Beliau Rodhiyallahu ‘anhuma menjawab, ‘Di atas tujuh langit’. Lalu aku bertanya lagi, ‘Dimanakah letak Neraka ?’ Beliau Rodhiyallahu ‘anhuma menjawab, ‘Di bawah tujuh lapis laut yang bertingkat-tingkat (bawah –ed.)’.

      kemudian ada teori flate earth dengan argumentasinya, saya jadi mudah memahami hadits tersebut.

      Terus juga mudah untuk memahami hadist lain berikut:

      Jarak bumi dengan langit

      Dari Abdullah bin Mas’ud Radliyallaahu ‘anhu:”Antara langit dengan langit yang setelahnya adalah lima ratus tahun perjalanan, dan jarak langit dengan bumi adalah lima ratus tahun perjalanan, antara langit ke tujuh dengan kursi adalah perjalanan lima ratus tahun perjalanan, antara kursi dengan air adalah perjalanan lima ratus tahun, dan Arsy berada di atas air dan Allah berada di atas Arsy, tidak ada satupun dari amal perbuatan kalian tersamar atas-Nya.”[HR. Darimi, Ibnu Khuzaimah, Thabrani, Baihaqi]. Dishahihkan oleh Ibnu Qoyim, adz-Dzahabi, Syaikh ad-Duwaisy menurut syarat Muslim

      Letak baitul Makmur

      Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda di hadapan para sahabatnya, “Tahukah kalian, apa itu Baitul Makmur?” jawab sahabat beliau, “Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu.”
      Lalu beliau menjelaskan, “Baitul Makmur adalah bangunan masjid di langit, tepat di bawahnya adalah Ka’bah. Andai masjid ini jatuh, dia akan jatuh di atas Ka’bah.” (Tafsir at-Thabari 22/456. Riwayat ini juga dikutip Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, 7/429).
      At-Thabari meriwayatkan bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu tentang Baitul Makmur.

      Ali Radhiyallahu ‘anhu menjawab,

      “Itu adalah bangunan di langit, sejajar dengan Ka’bah. Kemuliaan bangunan ini di langit sebagaimana kemuliaan Ka’bah di bumi. Setiap hari dimasuki oleh 70.000 malaikat, dan mereka tidak kembali lagi. [Tafsir at-Thabari 22/455 dan dishahihkan al-Albani].

      Saya sendiri tidak memihak teori mana yang benar karena belum bisa membuktikan sendiri, cuma jika ada teori yang lebih sesuai dengan dalil naqli saya lebih cenderung kesana.

      • to : lek yo

        maaf sebelumny, kalo menurut anda bumi itu bulat tapi diam…kira” bagaimana pendapat anda dengan ayat ini
        “Lhat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. An Naml 27:88) .”
        kalau menurut saya sih, ayat ini menjelaskan bahwa bumi itu bergerak/berotasi gitu 🙂

        • QS. An Naml:

          Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri.[87]

          Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.[88]

          Lihat Tafsir Jalalayn berikut:

          (Dan kamu lihat gunung-gunung itu) yakni kamu saksikan gunung-gunung itu sewaktu terjadinya tiupan malaikat Israfil (kamu sangka dia) (tetap) diam di tempatnya karena besarnya (padahal ia berjalan sebagai jalannya awan) bagaikan hujan yang tertiup angin, maksudnya gunung-gunung itu tampak seolah-olah tetap, padahal berjalan lambat saking besarnya, kemudian jatuh ke bumi lalu hancur lebur kemudian menjadi abu bagaikan bulu-bulu yang beterbangan. (Begitulah perbuatan Allah) lafal Shun’a merupakan Mashdar yang mengukuhkan jumlah sebelumnya yang kemudian di-mudhaf-kan kepada Fa’il-nya Sesudah ‘Amil-nya dibuang, bentuk asalnya ialah Shana’allahu Dzalika Shun’an. Selanjutnya hanya disebutkan lafal Shun’a yang kemudian dimudhaf-kan kepada Fa’il-nya yaitu lafal Allah, sehingga jadilah Shun’allahi; artinya begitulah perbuatan Allah (yang membuat dengan kokoh) rapih dan kokoh (tiap-tiap sesuatu) yang dibuat-Nya (sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan) lafal Taf’aluna dapat dibaca Yaf’aluna, yakni perbuatan maksiat yang dilakukan oleh musuh-musuh-Nya dan perbuatan taat yang dilakukan oleh kekasih-kekasih-Nya.

          Wallahu a’lam.

          QS. Al Kahfi:47

          Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.

  26. saya mau ikut komen jawab nomor 2 dan 3 saja deh
    2. Satelit adalah Ilusi, Internet Terhubung Melalui Kabel Bukan Satelit.
    Benar sampai sekarang internet lebih efisien melewati kabel optik. internet via satelit sampai saat ini cuman lebih murah dipakai untuk daerah rural seperti O3B network (murahnya dalam hal infrastruktur ya, bukan price per bandwith).

    “Masih gak percaya, kata flatter kita disuruh membandingkan bentuk pesawat dan satelit. Satelit BRI bisa ngebut sampai 23 kecepatan suara, tapi kok bentuknya sangat tidak aero dinamis? tidak seperti jet tempur HTV-3 pesawat tercepat saat ini.”
    satelit yang dipakai BRi itu satelit geo, ketinggiannya 36000an km, di ketinggian tersebut sudah tidak ada udara jadi ga masalah tidak aerodinamis. 23 kali kecepatan suara itungan darimana?? satellite velocity di geo orbit sekitar 3064m/s atau kira kira 9 kali kecepatan suara.

    “Tapi kan di angkasa luar tidak ada angin, hampa udara, jadi satelit bisa ngebut. Oke jika benar hampa udara, maka satelit memerlukan gaya dorong untuk bisa ngebut mengitari bumi. Naghhh kira-kira kenalpotnya satelit satu apa dua ya? tenaganya dorongnya berapa kuda ya?”

    Knalpot ini maksudnya roketnya kah? rata rata roketnya satelit berjumlah 12, tapi tidak semuanya untuk percepatan, biasanya cuma 4 pasang yang dipakai untuk mengubah kecepatan (bukan kelajuan ya). yang 4 lagi cuma dipakai untuk memperbaiki sikap. tenaga dorongnya? 10-12 N untuk chemical dan 20-70 mN untuk ion/electric.
    Nah kok bisa mencapai kecepatan 9 kali kecepatan suara. yang ngedorong bukan roket yang nempel di satelitnya, tapi roket yang nganternya kesana (falcon 9 tenaga dorongnya 7-8 juta Newton, proton M 9.9jutaNewton).

    • Sip gan. Sudah sangat jelas terlihat, orang yg percaya flatearth itu karena sainsnya lemah, sama kayak orang percaya nabi palsu, ramalan kiamat dsb karena imannya lemah. Sama2 kemakan hoax

        • fakta :
          – saya sudah jelaskan di ketinggian satelit gk ada udara, tapi masih bertanya kenapa gk rusak kena angin
          – saya sudah kasih perumpamaan lalat di dalam mobil, tapi masih bertanya kenapa pesawat gk rusak kena putaran bumi
          – katanya ngerti fisika tapi masih tanya kenapa balon udara bisa terbang
          – membantah hukum newton, tapi masih menerima hukum archimedes, padahal hukum newton lebih mendasar
          – gak ngerti aurora
          – gak ngerti gerhana berdasarkan teori bumi datar yg dianutnya sendiri
          – tidak tahu kalo belahan bumi selatan pernah mengalami siang yg lebih panjang
          – saya suruh pelajari hukum gravitasi universal, tapi belum dipelajari
          – cahaya lokal typo menjadi sinar lokal
          – dst…dst…

          maaf sekali, saya harus simpulkan sains anda masih kurang

          • – saya sudah kasih perumpamaan lalat di dalam mobil, tapi masih bertanya kenapa pesawat gk rusak kena putaran bumi

            ane ga mihak manapun, karena ane ga punya bukti apa2,
            ini hanya berdasarkan data,
            benar seperti perumpamaan lalat dalam mobil, hanya saja bagaimana jika lalatnya keluar dari mobil, bagaimana cara lalat kembali ke mobil ?
            kalau semua yang ada di bumi ga akan kena efek rotasi bumi, sementara nasa mengirim astronot ke luar angkasa,
            jadi pemikiran ane pas astronot berada di luar bumi trus bumi melarikan diri karena bumi berevolusi terhadap matahari, parahnya lagi matahari juga beredar dalam galaksi benar ?
            jadi bagaimana cara para astrronot pulang ke bumi,
            maaf ane seorang awam, jangan di bully ya gan 🙂

        • flathearth101 = udah mas ga bakal ada beresnya ngomong ma orang GOBLOGG ga da obat yang udah kecuci otaknya

          Devara Denfilla mau nanya aja nih = di al-quran kan disebutin tuh bumi bentuknya bulat ga sempurna kaya telur burung unta nah itu kan 100% ga nyambung ama FLATTER ampas?

          pernyataan al-quran belum pernah ada yg ga sesuai ama sains yg ada malah beberapa pernyataan sains yg ga sesuai al-quran. pikir pinter aja ya, otak lu udah ke cuci ma itu video.

      • Untuk Flatheart101:

        Saya perhatikan anda ini yang paling pinter disini baik sains maupun tentang agama Islam, coba telaah hadits-hadits berikut:

        Dulu sebelum flate earth modern ini muncul saya lebih cenderung meyakini bumi ini diam tetapi tetap bulat, tapi saya bingung dengan hadits ini: yaitu Letak Surga dan Neraka

        ‘Athiyah Rohimahullah meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Rodhiyallahu ‘anhuma. Dia mengatakan, “Surga berada di langit ketujuh. Allah menjadikannya dimana yang dia mau ketika hari qiyamat. Sedangkan neraka jahannam berada di lapisan bumi yang ketujuh”. HR. Abu Nu’aim.
        Ibnu Mandah Rohimahullah meriwayatkan hadits dari Abu Yahya Al Qottaat dari Mujahid. Mujahid mengatakan, ‘Aku bertanya kepada Ibnu ‘Abbas Rodhiyallahu ‘anhuma, ‘Dimanakah letak surga ?’ Beliau Rodhiyallahu ‘anhuma menjawab, ‘Di atas tujuh langit’. Lalu aku bertanya lagi, ‘Dimanakah letak Neraka ?’ Beliau Rodhiyallahu ‘anhuma menjawab, ‘Di bawah tujuh lapis laut yang bertingkat-tingkat (bawah –ed.)’.

        kemudian ada teori flate earth dengan argumentasinya, saya jadi mudah memahami hadits tersebut.

        Terus juga mudah untuk memahami hadist lain berikut:

        Jarak bumi dengan langit

        Dari Abdullah bin Mas’ud Radliyallaahu ‘anhu:”Antara langit dengan langit yang setelahnya adalah lima ratus tahun perjalanan, dan jarak langit dengan bumi adalah lima ratus tahun perjalanan, antara langit ke tujuh dengan kursi adalah perjalanan lima ratus tahun perjalanan, antara kursi dengan air adalah perjalanan lima ratus tahun, dan Arsy berada di atas air dan Allah berada di atas Arsy, tidak ada satupun dari amal perbuatan kalian tersamar atas-Nya.”[HR. Darimi, Ibnu Khuzaimah, Thabrani, Baihaqi]. Dishahihkan oleh Ibnu Qoyim, adz-Dzahabi, Syaikh ad-Duwaisy menurut syarat Muslim

        Letak baitul Makmur

        Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda di hadapan para sahabatnya, “Tahukah kalian, apa itu Baitul Makmur?” jawab sahabat beliau, “Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu.”
        Lalu beliau menjelaskan, “Baitul Makmur adalah bangunan masjid di langit, tepat di bawahnya adalah Ka’bah. Andai masjid ini jatuh, dia akan jatuh di atas Ka’bah.” (Tafsir at-Thabari 22/456. Riwayat ini juga dikutip Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, 7/429).
        At-Thabari meriwayatkan bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu tentang Baitul Makmur.

        Ali Radhiyallahu ‘anhu menjawab,

        “Itu adalah bangunan di langit, sejajar dengan Ka’bah. Kemuliaan bangunan ini di langit sebagaimana kemuliaan Ka’bah di bumi. Setiap hari dimasuki oleh 70.000 malaikat, dan mereka tidak kembali lagi. [Tafsir at-Thabari 22/455 dan dishahihkan al-Albani].

        Saya sendiri tidak memihak teori mana yang benar karena belum bisa membuktikan sendiri, cuma jika ada teori yang lebih sesuai dengan dalil naqli saya lebih cenderung kesana.

        • “Aku diberi Buroq, ia adalah binatang tunggangan yang putih, tinggi besar, (Dalam riwayat lain: Tingginya diatas keledai dan dibawah Bighol), kecepatan jalannya secepat kedipan mata, (Dalam riwayat lain: lalu akupun menungganginya), tidaklah aku bersama jibril di tunggangannya sehingga aku sampai ke Baitul Maqdis (di palestina), lalu di Baitul Maqdis dibukakanlah bagiku pintu-pintu LANGIT, dan saat itu aku melihat Surga dan Neraka.”
          (Hadits diatas sanadnya Hasan, Hadits Riwayat Ahmad, di nilai hasan oleh Ibnu Katsir dalam Jami’ul Masanid (2/349), Al-Arna’ut dalam Tahqiq Musnad Ahmad (38/356), dan juga Syeikh Al-Albani, dalam As-Shahihah: 875)).

          “Dari Anas Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Aku mendatangi langit dunia (langit pertama) pada malam isra’ Mi’raj, lalu aku melihat disana ada (gambaran) orang-orang yang memotong-motong lidahnya dan memotong-motong bibirnya dengan gunting dari api (di neraka), Lalu aku bertanya: Wahai Jibril,, Siapa mereka itu. Jibril menjawab: Mereka adalah para penceramah di kalangan umatmu, (Dalam riwayat lain: Mereka berceramah apa yang tidak mereka kerjakan, mereka membaca Kitabullah (Al-Qur’an), akan tetapi mereka tidak mau mengamalkannya.”)
          (Hadits Shahih, HR. Abu Ya’la dalam Musnadnya, Al-Bazzar, Thabrani dalam Mu’jam Al-Ausat, di nilai shahih oleh Dhiya’ Al-Maqdisi, Ibnu Hibban, Al-Haitsami, dan Husain Sulaim Asad dalam Tahqiq Musnad Abu Ya’la (7/180), di sebutkan pula oleh Syeikh Al-Albani dengan sanad shahih dalam Kitabnya Isra’ Wal Mi’raj (1/54))

          Hadits yg anda sebutkan (mengenai letak surga dan neraka), didasari dengan hadits Ibnu Umar secara Marfu’, namun haditsnya dha’if, sebagaimana yang di jelaskan ibnu Abdil Bar. dan juga didasari dengan hadits Mu’adz bin Jabal secara Marfu’, namun sanadnya terdapat Juwaibir, ia perawi yang sangat lemah. Selain itu menukil dari perkataan Ka’ab Al-Akhbar dan Wahab bin Munabbih, hanya saja beliau berdua menukil dari perkataan Isra’iliyat, yang belum jelas kebenarannya. Bahkan bertentangan dengan dalil-dalil yang di sebutkan diatas.

    • kalo bumi datar dan ada kubah di atas nya yg tidak bis di tembus. jadi kenapa meteor bisa jatuh ke bumi seperti yg telah di beritakan sebelum” nya,?? mhon penjelasan nya bagi yg berpendapat bumi datar.

    • To : Ezzy

      Mas, jika anda ingin benar2 mencari kebenaran, pelajari seluruh komentar dari 2 belah pihak di atas, baik yg Flatters maupun Anti-Flatters, baru anda kemukakan gagasan. Jawaban anda sudah terjawab oleh jawaban Flatters di bagian atas.

      Namun jika anda tdk benar2 ingin mencari kebenaran, tetapi anda hanya ingin membenarkan gagasan anda, lebih baik cari gagasan lain yg tdk mengarah pada pembenaran teori anda !

      • Mohon maaf, saya cuman mengomentari bagian yang saya saja kok, yaitu tentang satelit yang dianggap “tipu-tipu” oleh flatters.
        Kita bisa lihat pengaruh thruster 12N terhadap kecepatan satelit setiap minggu, memang butuh pengumpulan data sekitar 24jam sebelum bisa menghitung perubahan kecepatannya.
        Tidak harus menjadi NASA untuk memprediksi gerhana. Perhitungan dengan komputer rumahan dan software tertentu cukup untuk menghasilkan ephemeris bulan dan matahari, dan hasilnya bisa dibuktikan pada waktu kejadiannya. Satelit geo rata rata mengalami 96 kali gerhana matahari serta 1-4 kali gerhana bulan setiap tahun, dan perhitungan prediksi tersebut terbukti saat satelit tidak mendapat pasokan daya karena sinar matahari terhalang dari solar-wing nya.

        “Namun jika anda tdk benar2 ingin mencari kebenaran, tetapi anda hanya ingin membenarkan gagasan anda, lebih baik cari gagasan lain yg tdk mengarah pada pembenaran teori anda !” <– namun jika tidak, lebih baik tidak? is it an oxymoron or something….

  27. Satu lagi nih akan saya pertanyakan. Khusus untuk warga bumi yang tinggal di selatan yang hampir di pinggiran bumi, seperti argentina selatan dan atau orang eskimo yang ada di antartika.
    Kita sudah tau dari ilmu bumi pada sistem bumi globe, yaitu pada ketika matahari ada di katulistiwa maka penampakan matahari jika diamati oleh orang2 yang tinggal di hampir atau tepat di kutub utara atau selatan, tampak berkeliling sepanjang hari, artinya akan terus tampak di horison. Hanya posisi berkeliling selama 24 jam.
    Nah sepertinya dalam sistem flat earth itu mustahil terjadi di kutub selatan. Orang yang ada di argentina selatan atau orang eskimo yang ada di antartika akan selalu melihat matahari ada di utara. Bergerak ke timur dan barat sajah dalam sudut yang tidak lebar.
    Itu menurut hemat saya. Sekarang tanya sama mereka yg ada ditempat tersebut, he he he. Atau mungkin ada pembaca yang pernah kesana. Dari semula saya ga pernah membahas yang rumit2. Hal ini aja yang saya agak faham. Silakan renungkan. Yang ahli dalam sistem flatearth silakan komentar.
    Makasih.

      • setuju … disini tidak ada yang sampah … mereka saling ber adu argumen untuk mempertahankan teori n ilmu pengetahuan masing masing… tinggal kitanya menyikapi dan mengambil kesimpulan ….

    • Hai hamdan haji dibayarin..Bantah ilmu dengan ilmu dong..jngn dng kata kasar tanpa dasar ilmu…jabatan doang dipajang tapi otak picik dan kosong…perbedaan itu rahmah krn manusia dikasih otak buat mikir..diatas sudh bgus berdebatan dng ilmu masing2..nte dtng2 kayak orang g berpendidikan..mikirrrrr

    • Namanya bagus, gelar bagus tapi kok begitu kata-katanya…
      Ini lah indonesia… ada teori FlatEarth (teori yang sudah lama dan mucul kembali) malah dibilang sampah..diluar sana orang-orang berlomba-lomba membuktikan teori (FE) tersebut Benar atau Tidak adanya…merdeka !!

  28. Kalian emang udah dibodohi sama konspirasi entah itu teori bumi bulat atau bumi datar.bumi itu bentuknya segitiga!!!!! Klo ga percaya silahkan lihat di youtube triangle eart

  29. Ada yang bisa kasih foto atau video kalo bumi itu datar ? Gpp lah sekalipun hasil gambar pakai teknik cgi sekalipun, klo bukti gambar digital bumi bulat kan udah ada tu bertebaran di dunia maya mau dari nasa, astronot atau sapalah yang katanya pake teknik cgi nah sekarang buat fe kasih dong bukti gambar digital kaya begitu,,,,,,,,,,,,,,,,,

      • To Devara.
        Saya baca runut dari atas, saya bukan ahli dalam sains, tp saya tertarik, dan saya punya satu saja pertanyaan,
        1 Bila matahari berada pada belahan bumi lain (misal, indonesia-kutub utara-baliknya kutub utara saya nggak tahu negara mana) matahari masih bisa dilihat dengan teropong atau tidak? Sedangkan posisi malam hari untuk indonesia, sertakan penjelasan yang masuk akal, bukan perkiraan, ilmu aneh2, atau nasa, atau goib saya kurang paham, maaf orang, semoga kita mendapat ampunan Allah Swt. Silahkan dijawab.

  30. Bagi yang percaya flat earth, ga perlu balas komentar yg anti flat earth, karena yg balas bukan manusia lg, kita yakin mereka pasti setan semua minimal didukung setan untuk menghancurkan fakta al qur an. .(pasti capek ngebalasny) 😀

  31. Terjadinya siang dan mlam karena matahari tidak sebesar yg diajarkan d sekolah, mtahari tu dekat, & chayanya lokal, kita melihat seolah2 matahari tenggelam, pdhal sebenarnya perspektif..matahari terlihat tenggelam karena sudah jauh meninggalkan kita dan kmampuan penglihatan kita terbatas (bagi yg bertanya jika jika bumi datar hrusnya siang terus) 🙂

    • mas arifin saya penasaran mau tanya, atas dasar apa matahari mengelilingi bumi, daya apa yang digunakan bumi untuk membuat matahari mengelilingi bumi, jika di teori selama ini yang saya tahu bumi mengelilingi matahari karena ada gaya gravitasi dari matahari,

      kenapa matahari mengelilingi bumi hanya mutar” saja, kenapa bulan dan matahari tidak bertabrakan , mereka kan sudah sangat berdekatan sekali saat terjadi gerhana menurut teori flat,

      kenapa hanya bentuk bumi saja yang tidak bulat sedangkan bentuk bumi matahari , venus saat fajar, mars juga dulu yg pernah muncul saat saya masih sd, bentuknya bulat, kenapa bumi tidak bulat ? kenapa mas ? saya masih bingung, hanya tahu saja yg bisa membuktikan dirinya bulat

  32. Mengenai bayangan yang bergerak lurus gimana tuh? belum ada yang komentar. Juga pengamatan matahari di bagian selatan dekat kutub selatan gimana? Apakah betul perkiraan saya pasti melihat matahari selalu di utara dalam sistem bumi datar. Yaiyalah wong matahari selalu ada di tengah2, orang2 di selatan pasti selalu melihatnya ada di utara. Cpba anda bayangkan ketika berada di lapangan bola, anda ada di pinggiran lapangan (artinya di kutub selatan). Matahari kan di tengah terus ga pernah mendekati anda. Apakah mungkin terlihat di pinggir atau belakang anda? Anda terus melihat matahari berputar di lapangan bola. Gitulah kira2 gan. Kembali ke masalah perspektif. Sudah jelas hanya berlaku untuk sesuatu yang lurus saja, tidak untuk sesuatu yang melingkar atau kurva.

  33. Flatters yg ngotot berkomentar referensinya ambil dari mana? Copas2 dari internet ye? Lemah sekali referensi dari coretan2 internet dilihat dari sudut karya tulis ilmiah.. idealnya referensi2nya ngutip dari buku/jurnal tentang variabel2 tersebut.. biar pas sidang enggak bingung ngalor ngidul kalo ditanya tanpa mendasar wkwk

  34. Sebenarnya flatter ini betul2 menguasai bidang ini atau tidak? Jangan2 hanya ikut2an aja ya. Baca sana, baca sini, tonton sana tonton sini di youtube. Dan begitu yakinnya seolah olah benar2 menguasai teori bumi datar ini. Kalo memang pakar dan menguasai bidang ini, alangkah baiknya diadakan seminar, presentasi, debat atau apalah namanya. Pasti seru deh.
    Ane juga mau ikutan, he he he. Makasih.

  35. komentar pun hampa…
    isi adalah kosong…..
    kosong adalah isi…..

    ayo dong mana jurnal ilmiah bumi datar….
    pengakuan perguruan-perguruan tinggi benarnya bumi datar….

    konspirasi nih…..

    terlalu takut komen bahwa kau tidak ada yang benar…..

    jangan ikut2 yang kayak gitu….
    gak sehat…..

    mau jadi kemunduran jaman tah?…..

    semua penelitian itu berdasarkan bumi bulat….

    perhitungan2 mesin yang ada karena bumi bulat….

    silahkan jika bisa menciptakan peradaban yang baru….

    siapa yang mencuci otak kau flatteerrr….

  36. Katanya para fatter sudah naik setinggi mungkin ga menemukan lengkungan. Ya iya pasti gak nemu lengkungan buminya, bulatpun ga akan terlihat. Sangat sangat terlalu besar bulatan bumi ini dibanding jarak kedua mata kita yang hanya sekitar 6cm, effek 3 dimensi ga terukur oleh otak kita, Harus ada fase sudut kiri dan kanan yang besar untuk melihat bola bumi. Dilihat dari paling tinggipun belum tentu terlihat bola buminya, mungkin hanya lingkaran saja. Tapi bisa diperhatikan bahwa pasti tidak akan semua benua terlihat.

  37. Perlu di rukyah nih FLATER, otaknya dah diflatin oleh orang salah ngerti….

    matahari deket mah gosong buminya, kan matahari panas….

    suhunya aja 5.778 K…………… Kalimantan kebakaran hutan terus…….. itu………….

    Eit gpp ya kebakaran hutan itu, (kata hakim yang terkenal itu)…..

    mas pencerahannya dong….

    kalau memang kitab tidak beda jauh dengan alam maka suhu dan pancaran foton matahari bisa dijelaskan olehmu flatter agar bisa membuat orang yakin……..

    kalau jauh berapa pancaran fotonnya……
    kalau deket berapa pancaran fotonnya……..

    situ kan teknik pasti tahu……..

    ikut komunitas antar teknik lagi………..

    kalau bisa berbagi jurnal okelah……

    gimana,,, ? sharing ilmu…………..

  38. Ini bukan SEKEDAR diskusi politik lokal lho, kok JASMEV ikutan ya?
    Sori, komen2nya jadi fitnah dan ngejek sih?
    Ini tentang teori bumi yg baru lho… hargai sedikit laah..

    Yuuk..Lanjuuut..

    • globe earth: Bumi berbentuk seperti bola.
      flat earth : Bumi berbentuk seperti piringan.

      Kedua model tersebut berbentuk dasar lingkaran, dimana lingkaran memiliki jumlah sudut sangat banyak dan rapat(sudut maya), dgn kata lain “tak bersudut”.
      Jadi ga mungkin kita akan menemukan “ujung” dunia.. kalo Ujung Kulon kita pasti bisa menemukan. hehe..

  39. coba liat gambar no.1 , ketinggian dari balon udara dan satelit aja berbeda, coba liat awan yg dari gambar iss nasa, itu gambar dr balon udara setara sama awan yg itu, kurang tinggi kalo mau buktiin bumi bulat

    • Serendah atau setinggi apapun balon udaran tetap “nyata” dan terlalu logis. karena manusia secara jelas dapat mengamatinya.

      NASA mengklaim bahwa ada ribuan satelit yg ada di langit. Tapi mengapa manusia tidak dapat melihat satupun? (baik menggunakan radio telescope ataupun optical telescope). Melihat matahari, bulan dan bintang mampu tapi tak satu satelitpun yang terlihat.
      Sementara kita dipaksa mengakui bahwa bumi bulat atas dasar hasil foto dari satelit.Padahal satelit aja ga kelihatan.

      Intinya: kita dipaksa percaya hasil dari sumber(produk) yang tidak dapat dipercaya..???

    • Menurut saya, ga perlu jauh2 mengamati lengkungan bumi. sebab berdasarkan ilmu pengetahuan yg kita tahu sejak kita kecil, jarak jari2 bumi sekitar 6400 km.
      Dengan menggunakan rumus pitagoras, maka:
      – Lengkung bumi tuh 8 inch/miles atau 20 cm/ 1,6 km.
      – benda yang tingginya kurang dari 4,8 m, ga akan kelihatan dari jarak 9,7 km.
      – benda yang tingginya kurang dari 3,2 m, ga akan kelihatan dari jarak 6,4 km.

      ***lihat tabel lengkungan bumi

      Tapi ternyata benda2 tsb masih terlihat utuh.
      – terlihat lebih kecil karna perpektif
      – terlihat agak blur karna refraksi.

      Intinya: Jadi berdasarkan ilmu pengetahuan yg kita tahu sejak kita kecil;
      kita ga perlu jauh2 atau tinggi2 untuk mengamati lengkung bumi,

  40. semua yang dikatakan diatas itu percuma….

    solusi akhirnya adalah ada perwakilan dari flatter dan rounder sama2 naik roket keangkasa luar dan sama2 menyaksikan bentuknya bumi bersama2….

    ini adalah solusinya…..

    kan ada penerbangan oleh swasta yang dimiliki tesla motor….

    klo masih ngeyel berarti benar2 flat dah tuh otaknya flatter…..

  41. Flatter tolong amati gerak matahari dari belahan selatan sekali, kalo perlu di antartika sepanjang tahun, atau cukup pada ahir2 bulan juni, september, dan desember. Jangan jauh2 dulu pergi kelaur angkasa. Dan silakan simpulkan, masuk akal ga kesimpulannya. Bukan hanya orang indonesia, tapi para flatter seluruh dunia. Mudah2an mengerti postingan saya.

  42. Mending amatinya akhir desember ajah, di antartika ya, yang anda yakini sebagai tembok es. Pada waktu itu matahari ada di lintang paling selatan. Nah anda flater perhatikan setiap jam, menghadaplah ke utara (pake kompas biar ga ngawur). Aapa yang anda fahami dengan pergerakan matahari (yg anda yakini berputar mengelilingi kutub utara yang diasumsikan sebagai pusat piringan bumi) tersebut?
    Masih yakinkah anda para flatter? Dari semula saya gak pernah suruh membuktikan bumi itu bulat atau datar. Amati aja dulu pergerakan matahari. Seharusnya kalo anda yang mengaamati matahari tersebut jujur, dan sekali lagi JUJUR. Anda akan melihat matahari berputar mengelilingi anda. Jadi kesimpulannya matahari tidak mengelilingi kutub utara piringan bumi yang katanya datar. Logikanya kalo menurut flater, pastilah kita melihat matahari terus di utara, hanya bergerak timur barat sajah.

    • Plis cek n ricek dulu peta bumi datar.
      – Dimana posisi Kutub utara
      – Dimana posisi Kutub selatan
      – Dimana garis katulistiwa

      Plis cek n ricek kemana arah matahari bergerak

      matahari bergerak dari timur ke barat.. sesekali condong ke utara.. sesekali condong ke selatan.

      SUWER.

      Sesekali LIHAT juga teori2 yg berseberangan, supaya tau mana yg lebih benar.
      Jgn NUNGGU jawaban mulu.. hehe

  43. Menurut flatter kan kutub utara adalah pusat piringan bumi, dan kutub selatan adalah pinggiran piringaan bumi yang dibatasi dinding es antartika. Gitu kan? Arah gerak matahari melingkar dengan poros kutub utara (pusat piringan). Gitu kan? Tapi ada kalanya matahari tidak selelu tepat di ekuator, ka selatan 23.5 derajat pada bulan desember dan 23.5 derajat ke utara pada bulan juni. Sekarang bergerak dari timur ke barat hanya persepsi saja. Karena kan sesungguhnya (kata flatter) berputar.
    Midnigt Sun hanya terjadi puncaknya pada tgl 22 september dan 22 Juni, dimana dalam teori bumi bulat karena matahari ada di jalur katulistiwa, sehingga kedua kutub tersinari. Jelaslah yang ada di kedua kutub tersebut akan selalu melihat matahari jam berapapun. Nah pengamat akan merasakan matahri berputar mengelilinginya.
    Sekarang dalam teori bumi datar gimana? Dari video tersebut ga mencerminkan seperti itu, memang kutub selatan dalam flat earth tersinari sepanjang matahari berputar.
    Tapi, kan kalo kita berdiri di kutub selatan dan menghadap utara, gak pernah matahari ada di belakang kita. jadi mana mungkin kita merasakan matahari mengelilingi kita di kutub selatan tersebut. OKlah kalo dikutub utara bisa pada tanggal2 tersebut keliatan berkeliling, karena memang memutari kutub utara tersebut (pusat piringan bumi).
    Sekalipun sekarang matahari ada di titik balik selatan (22 desember), tetap tidak akan ada di belakang kita matahari tersebut ketika kita berada di kutub selatan.
    Bagi saya video ilustrasi diatas tidak membuktikan penampakan matahari pada kenyataannya.
    Mengenai tayangan video yang memperlihatkan matahari berkeliling, itu di daerah mana? Greenland untuk kutub utara? Untuk kutb selatan dimana? Antartika?

  44. Midnight Sun puncaknya tgl 22 juni untuk kutub utara dan 22 desember untuk kutub selatan dalam sistem bumi globe. Sorry matahari di katulistiwa 22 september dan 22 maret.
    Dalam teori bumi datar seharusnya setiap saat orang di kutub utara selalu melihat matahari berputar berkeliling.
    Mengenai matahari cahayanya lokal saya ga yakin, Itu sepertinya hanya untuk pembenaran terjadinya siang dan malam pada sisitem bumi datar.
    Karena kalo tidak lokal, semua permukaan bumi bakal tersinari, walau intensitas mungkin berbeda.
    Yang aneh kenapa dalam video ilustrasi kok pembagian gelap dan terang kayak simbol ya. Itu untuk menutupi kelemahan apa ya? Sepertinya para flatter sedang mencari akal unutk membuat ilustrasi yang sepertinya orang berfikir, oooo iyajuga ya.
    Tapi untuk saya tetap belum meyakinkan ilustrasi2 dan penjelasan2nya mengenai teori bumi datar.

  45. kaum flat yang bener gimana ?

    matahari ikut garis lintang atau seperti simbol pada video tersebut?…

    saya bingung tuk percaya…. dari video tersebut….

    klo ikut simbol tersebut matahari diatas kutub utara dong akhirnya….

  46. Saya prcya bumi bulat, tp soal teori dn fakta sa prcya devara. Bumi bulat tp tdk prnah bza mnbus langit, tdk ada satelit. Kalau fto2 yg d ambl dri nasa it benar, satelit yg mngorbit bumi bgt cptnya bgmna bza mengambil fto dri luar angkasa. Kalau benda dri lngt jtuh k bumi lngsng hncur knpa roket ke trbang k luar bumi tdk hncur.

    • Karena roket menggunakan gelombang radio atau semacamnya untuk menerobos atnosfer pelindung, belajar lagi. Saya inget2 seperti itu dulu bacaan sd

  47. Kalo bumi datar, dari pesisir pantai barat sumatera ketika cuaca sangat cerah, antartika akan terlihat samar2. Dengan teleskop yang kuat akan jelas, bahkan semua kapal yang sedang berlayar akan jelas terlihat pula. Coba perhatikan buat flater2 yang ada di daerah situ. Untuk pesisir pilau jawa bagian selatan dan sampai ke timor, bahkan papua lebih dekat lagi, pada waktu cuaca sangat baik, maka yang terlihat jelas adalah benua australia. Coba cek flater2 yang di daerah situ.

  48. Ketika kita dipantai, misal di laut selatan, dan cuaca cukup cerah, langit membiru. Kita perhatikan di horizon ada awan yang seperti tenggelam di laut. Kalo lautan datar ga mungkin begitulah. Awan yang tenggelam itu menandakan terhalang oleh muka laut. Iya to gitu? Coba berfikir yang jernih untuk menyikapi awan seperti itu.

  49. Tidak ada dalil yang tegas dalam Al-Quran dan Sunnah yang menyatakan bahawa bumi itu bulat atau datar. Plis yg di kolom komentar, kita bahasnya sebatas geografi saja. Jangan ke lingkungan agama ya gaes.

    btw… pernah liat koin? :))

  50. Gini aja,buat para flatter yang percaya akan bumi datar,dijelaskan bahwa bumi datar dikelilingi oleh es antartika atau katanya tuh di jaga oleh angakatan militer(wkwk)

    Coba anda para flatter yang punya teleskop terbaik lihat dari timur/dari barat apakah bisa kelihatan tuh es antaratikanya yang dijaga ketat oleh angktan militer??

    #TEAMBUMIBULAT

  51. Menerangkan terjadinya siang dan malam, kenapa ada yang panjang dan pendek, kenapa ada yang siang terus atau malam terus, sangat mudah dalam sistem bumi bulat dan berotasi. Gak perlu berasumsi sampe mengatakan matahari sinarnya lokal segala. Membuat model peraga untuk menerangkan itupun ga sulit dan sangat sederhana.
    Saya dapat menerangkannya dengan mudah, mudah, dan mudah.
    Bukankah di pelajaran SMP pun ada? Hanya saja mungkin guru menerangkan kurang fokus, dan siswa ga begitu peduli menyimaknya. Jadinya seperti sekarang begitu ada wacana bumi datar, langsung dicerna bulet2.

  52. Ada yang rancu dalam memahami kecepatan putaran bumi. Putaran bumi adalah satu putaran 24jam, Itu disebut kecepatan anguler atau kecepatan sudut. Kalo kecepatan linear berbeda tergantung garis lintang. Terbesar adalah di katulistiwa, karena merupakan keliling bumi yang diketahui sejarak kira2 42.000 km. Jadi kecepatan linear adalh 42.000 : 24 = 1.750 km/jam.
    Dalam detik = 1750/60/60 = 0.486 km/detik = 486m per detik.
    Kecepatan suara sekitar 330m/detik. Apakah satelit harus bergerak 24x kec suara?
    Malahan didekat kutub kecepatan linear jauh berkurang, karena lingkaran lintang jadi leebih kecil. Dan pas di titik kutub utara dan selatan, yaaaaaa 0 (enol) kecepatannya.
    Kalo satelit ada jarak dengan permukaan bumi, memang lintasan jadi lebih panjang. Tapi, tidak akan sangat jauh perbedaannya.
    Kalo kita naik pesawat komersial, ada TV di depan kita dan menginformasikan berbagai informasi, diantaranya kecepatan pesawat. Ada 2 biasanya kecepanat di darat dan kecepatan sesungguhnya, yang didarat lebih kecil sedikit.
    Jadi kata siapa satelit harus bergerak 24 kec suara? Ada2 aja ah.

    • buat tambahan info aja
      kecepatan satelit tergantung tinggi orbit dan kebutuhannya, makin jauh orbitnya dari bumi makin pelan.
      Yang 24x kecepatan suara itu si ISS yang tinggi orbitnya 330-430km dari permukaan bumi(ISS bisa dilihat dengan mata telanjang apalagi pake teleskop). ISS kan ngorbit 90menit sekali puter, sehari bisa lebih 15 kali ngiterin bumi, Kecepatannya 27600 kph / 7666 mps / 24 mach (24x332mps).
      Klo satelit GPS tinggi orbitnya 20,200km sehari dua kali ngiter bumi. kecepatannya 14000kph / 3900 mps / mach12.
      Satelit broadcast tingginya 36000 km sehari ngiter bumi sekali. kecepatannya 11500kph/3200mps/10mach. sekalian buat ngejawab kenapa satelitnya ga ketinggalan putaran bumi. 3200mps di radius 42000 (36000+6000) km dan 486mps di radius 6000km kecepatan angularnya sama 360deg/hari 15deg/jam.
      Perlu diingat semua ketinggian diatas dari muka bumi, kalau untuk radius orbit tambahin 6000an km. semua kecepatan real bukan relatif terhadap muka bumi. kalo contoh kecepatan pesawat itu kecepatan relatif terhadap muka bumi yang bergerak 486mps sesuai perhitungan sebelumnya tadi.

  53. Enth yg dikatakan/gambar nasa benar to gak!
    Tpi saya percaya bumi itu bulat walaupun gak sempurna
    adanya siang malam! Jika bumi datar dan matahari menyinari seperti senter pastinya matahari akan bisa dilihat pada mlam hari walaupun pake teleskop tpi nyatanya?

  54. Awalnya saya juga gak percaya bumi itu datar . karna menang bulat yang ajarkan . tapi setelah cek ricek perdebatan ada teori2 . ada ayat2 berbgai sumber yang akurat (wikipedia , web2 resmi seperyi video flat eart ) jadi memang adanya bumi ini datar .
    Btw klo kita naik pesawat dan lht kejendela pas di ketinngian atas gak tahu ketinngian brapa (manusia awam) tidak ada lengkungan malahan lurus saja . #coba perhatikan klo naik pesawat
    Mungkin ini cara penyampaian saja yang kurang tepat bumi itu memang bulat tapi datar dan itu seperti koin . bukan anggapan bulat ( bola , telur atau sejenisnya)..
    Tidak ada salahnya berpendapat ..
    #pemikiran awam ..

    • Jarak pandang manusia ketika berada di pesawat itu sekitar 9 km, jadi luas pandang manusia 254 km2. bandingkan dg luas permukaan bumi yg 510,1 juta km2. kira2 1 : 2 juta. kalo bumi diibaratkan buah apel, 254 km2 itu hanya sebuah titik kecil saja, jadi gk bisa lihat lengkungan bumi. misalnya luas permukaan buah apel 314 cm2 (r = 5 cm), maka jarak pandang manusia hanya 0,000157 cm2 saja.

      • ga perlu jauh2 mengamati lengkungan bumi. sebab berdasarkan ilmu pengetahuan yg kita tahu sejak kita kecil, jarak jari2 bumi sekitar 6400 km.
        Dengan menggunakan rumus pitagoras, maka:
        – Lengkung bumi tuh 8 inch/miles atau 20 cm/ 1,6 km.
        – benda yang tingginya kurang dari 4,8 m, ga akan kelihatan dari jarak 9,7 km.
        – benda yang tingginya kurang dari 3,2 m, ga akan kelihatan dari jarak 6,4 km.

        ***lihat tabel lengkungan bumi

        Tapi ternyata benda2 tsb masih terlihat utuh.
        – terlihat lebih kecil karna perpektif
        – terlihat agak blur karna refraksi.

        Intinya: Jadi berdasarkan ilmu pengetahuan yg kita tahu sejak kita kecil;
        kita ga perlu jauh2 atau tinggi2 untuk mengamati lengkung bumi,

    • Kalau bumi datar dan dikelilingi dinding2 es antartika, harusnya dari dulu dinding2 es itu udah mencair karna saat matahari terbit dan terbenam pasti berdekatan antara matahari dan dinding2 es itu.. atau matahari pake saklar juga yg di matiin saklarnya saat mlm tiba? Siapa yg tugasnya matiin sm hidupkan saklarnya?

  55. sebenarnya nih ya, sebenarnya loh..bumi itu gak datar gak bulat, tapi lonjong macam telor ayam. jadi di suatu tempat akan terlihat datar, di tempat lain akan terlihat membulat.
    percaya gak ?

  56. Saya orang awam, namun gak bodo bodo amat…saya nyimak debat nya menarik banget, cuma ada satu pertanyaan yang sederhana namun belum ada jawaban pasti dari orang pinter semuanya…saya gak mau itungan rumus, teori, hukum atau agama, untuk yang percaya bentuk bumi bulat tolong dijawab, kenapa satelit yang jumlahnya ribuan di angkasa sana tidak ada yang bisa terlihat teleskop?? Benarkah itu?? Sedangkan teleskop yang katanya bisa melihat benda luar angkasa yang jaraknya ribuan tahun cahaya, tolong dijawab, dan kalo bisa minta penampakan satelit yang bisa dilihat dengan teleskop di bumi…

    Terima kasih

    • satelit memang banyak, tapi yang harus diingat adalah langit juga sangat luas, apalagi satelit juga ukurannya kecil, taruhlah ukurannya segede rumah misalnya. ribuan rumah apabila disebar di satu kota pun saya yakin gk begitu sesak, apalagi disebar di langit. walaupun begitu, satelit juga bisa dilihat, tapi sulit diamati karena kecepatannya sangat tinggi, silahkan tanya ke klub astronomi kalo gk percaya.
      saya sudah jawab dg sangat logis, tanpa rumus, teori, maupun dalil, silahkan mau percaya atau gk

      • Satelit terbuat dari bahan apa sehingga bisa tahan lama di luar angkasa? Baik faktor suhu dll.

        Bagaimana penjelasan ttg satelit tv. Kalau satelitnya bergerak cepat… apakah parabola bisa nangkap sinyal dg baik tanpa ikut bergerak ngikutin gerakan satelit? Contoh saja satelit palapa. Tolong dijelaskan. Trims

  57. Sepertinya satelit yang dikatakan ribuan itu, akumulasi di dunia milik berbagai negara. Katakanlah Indonesia mempunyai satelit palapa, BRI, lapan, atau apalah. Dan itu stasioner artinya tetap ditempat. Jadi untuk di Indonesia hanya hitungan dikit ajah. Kemungkinan terlihat bisa saja, asal cuaca sangat baik pada siang hari. Bisa coba liat parabola, kemana dia mengarah. Pastinya ke arah satelit. Coba arahkan kesitu untuk mengamatinya.
    Mudah2an ini membantu untuk hunting satelit.

    • Satelit terbuat dari bahan apa sehingga bisa tahan lama di luar angkasa? Baik faktor suhu dll.

      Bagaimana penjelasan ttg satelit tv. Kalau satelitnya bergerak cepat… apakah parabola bisa nangkap sinyal dg baik tanpa ikut bergerak ngikutin gerakan satelit? Contoh saja satelit palapa. Tolong dijelaskan. Trims

  58. Beberapa kawan yang pernah tinggal di australia, melbourne. Seringkali melihat satelit melintas pada saat cuaca cerah. Itu kayaknya satelit yang mengorbit bumi seperti ISS atau satelit cuaca. Mereka melihat dengan mata telanjang.

  59. Seandainya bumi itu bulat dimana letak langit ketujuh sedangkan alam semesta ini gaada habis2nya,seandainya bumi itu datar apa bagian pa?ling ujung bumi setelah antartika? Monggo ditunggu jawabannya

    • Mengapa anda menanyakan hal yg ghaib? kita tdk punya ilmu apa2 mengenai hal ghaib, karena hal yg ghaib itu tdk bisa diukur (syarat suatu benda dikatakan eksis menurut sains adalah bisa diukur). mengapa kita percaya tentang hal2 ghaib (langit tujuh, Allah, malaikat, surga, neraka dsb) walaupun menurut sains itu tdk ada? mengapa kita harus percaya mengenai hal2 yg tdk masuk akal itu? apa alasan logis bahwa kita harus percaya hal2 ghaib? simpel saja, karena orang yg menyampaikan berita tentang hal2 ghaib itu adalah orang yg terpercaya, gk pernah bohong, kejujuran dan amanahnya diakui oleh semua orang bahkan sebelum menjadi nabi.

  60. Nih negara2 yang dilalui garis katulistiwa, Indonesia dengan kota pontianak. Benua afrika, Kenya, Congo, dan Gabon. Benua amerika, Brazil, Kolombia, dan Equador. Di lautan hindia ada Maldives, dan di Lautan pasific ada beberapa kepulauan kecil.
    Coba kalo ada yang mau, terbanglah dari pontianak ke barat dengan track benar2 lurus dan posisi pesawat tidak miring ke kanan atau kiri. dengan panduan kompas tentunya dan GPS, pertama tujuan Kenya, kemudian setelah melintas Afrika tujuan Brazil, setelah melintas amerika latin tujuan ke Indonesia lagi sebelumnya melintasi samudra pasifik yang lebih dari setengah perjalanan keliling bumi.
    Dengan asumsi jarak yang ditempuh 42.000km, dan kecepatan rata2 pesawat 900km per jam. Akan ditempuh waktu sekitar 47jam (2 hari) tanpa transit
    Pastikan kondisi pesawat fit, pilot dan co pilot sehat, makanan cukup, serta BBM jgn sampe kehabisan.
    OKlah bisa transit di kenya, conggo atau gabon unutuk istirahat sejenak he he he.
    Transit kedua bisa di brazil, kolombia atau ekuador.
    Untuk selanjutnya sepertinya non stop aja. Jika transit di dua tempat lebih dari 2 hari tuh. Apalagi nginep dulu.
    Maksud saya, pesawat harus betul2 dijaga posisinya tidak ada miring2nya terutama ke kanan.
    Nah kalo kita dari pontianak ke barat terus posisi pesawat tetap dijaga datar, artinya lurus selurus lurusnya, ga mungkin sampe ke afrika kalo buminya datar. Bisa nyasar ke Antartika tuh.
    He he he silakan fikir.
    Jangan abaikan hukum fisika, galo kita berbelaok sedikit saja maka posisi pasti miring ke arah pusat belokan. Silakan rasakan ketika naik mobil atau motor.

  61. Nah ini ada pengalaman saya satu lagi, silakan disimak.
    Saya pernah mengalami perjalanan dari Singapura langsung ke Paris (CDG) dengan pesawat SIA, pada bulan Mei 2014. Dtempuh lebih kurang 12 jam. Selama perjalanan saya memantau posisi pesawat di layar monitor LCD yg ada di depan saya. Tracing terus saya ikuti, jadinya ga terasa pula. Saya ingat betul jejak lintasan yang dulalui pesawat dari tracing tersebut, diantarnya danau laut kaspia. Juga laut andaman di bagian selatan india.
    Setelah saya di tanah air, saya buka google earth. Saya tarik garis lurus dari singapura ke paris, dan saya save garis tersebut.
    Ternyata saya amati persis seperti yang saya alami waktu itu. Memang daerah2 itu yang dilintasi. Kebetulan saya duduk di jendela jadi seperti danau laut kaspia terlihat dari jendela.
    Saya download gambar peta flaterath. walaupun resolusi hanya 1600×1600, tapi bisa saya perkirakan dimana paris, dimana singapura. Saya import di coreldraw, saya tarik garis lurus dari singapur ke paris.
    Apa yang didapat?
    Ternyata garis tersebut tidak memotong laut andaman, dan danau laut kaspia, jauh melenceng ke utara. Pesisir barat malaysiapun tidak. Padahal dalam perjalanan melalui daerah2 itu.
    Gimana ini?
    Kalo sekarang memang tidak melalui rute itu setelah kejadian pesawat Malasia Airline ditembak jatuh, karana rute itu memotong ukraina. sekarang lebih ke utara walau lintasan lebih jauh yang penting aman.
    Pada waktu saya menjalani perjalanan tersebut, belum terjadi insiden itu, Alhamdullillah.

  62. wakakaka….
    sumpah ngakak gua

    hei para orang yg percaya bumi itu datar
    terus aja kalian ngoceh
    semakin banyak kalian berargumen
    semakin kelihatan ilmu kalian dangkal

    bagi kalian yg gak pernah liat satelit
    sini kerumah gua
    gua colokin matalu pakai teleskop
    lu mau liat satelit apa??
    ada semua coy

    yg pengen tau lengkungan bumi
    ikut gua bulan depan ke puncak rinjani
    dari sana bakal kelihatan
    kalo kalian ngamatin dari dataran rendah kagak mungkin kelihatan
    bodo banget
    kagak ada bedanya sama anak SD klo kalian msh berfikir bs lihat lengkungan bumi dr dataran rendah apalagi pantai
    wakakaka
    sumpah ngakak gua
    lu sama aja bilang kalo lu itu goblok
    ckckckck
    serius ngakak

  63. Mungkin agak terlupakan, buat flatter tolong jelaskan bagaimana indonesia bisa punya dua musim, kemarau dan penghujan bahkan 4 musim untuk belahan dunia lainnya.. Selama ini kita ketahui bahwa terjadinya pergantian musim dikarenakan revolusi bumi terhadap matahari.

  64. Penting gitu bulet sama rata, pas lo mampus juga gk penting lagi gituan smua, kepikiran juga kgk bakal. Masi idup bukan lakuin hal guna malah kebanyakan teori, kayak komentator bola indonesia lo pada,

  65. Setelah mengamati tracking pesawat dalam flightradar24.com (1), dan pengalaman perjalanan saya dari singapur ke paris (2), juga mengamati garis2 yang saya tarik lurus pada google earth (3), saya sangat2 tidak percaya dengan PETA BUMI DATAR.
    Saya tidak membahas bentuk buminya bulat atau datar, tapi ketidak percayaan pada peta bumi datar itu berdasar pada ketiga hal diatas.
    Dalam tracking pesawat yang terbang dari sydney ke LA, jelas2 langsung ke timur melalui samudra pasific dengan arah jejak ada di sebelah selatan kep Hawaii kira2 dalam setengah perjalanannya. Saya coba tarik garis di google earth, ternyata memang begitu adanya. Saya coba tarik di peta bumi datar, Wah sangat jauh berbeda. Dalam peta bumi datar, arahnya ke utara, dan ketika diawal perjalanan masih ada di daratan australia, terus hampir memotong papua nugini, tepatnya di kepulauan Solomon. Kalo diteruskan jauh sekali rute tersebut dari kep Hawaii.
    Kalo petanya saja udah ga masuk akal, gimana dengan hal2 yang lainnya?
    Saya pengen coba perjalanan dari sydney ke LA, atau rute2 yang lain untuk pembuktian selanjutnya, tapi waduh ga punya duitnya tuh. Perjalanan sing-paris aja dibiayai kedubes perancis, karena itu undangan dari kedutaan.

  66. Untuk yg ragu dengan penjelasan saya mengenai bayangan benda tegak. Itu jelas hukum fisika ga bisa dibantah. Bisa anda lakukan percobaan sendiri baik sumber cahaya berputar atau lurus. Dalam mengamati bayangan ini bukan untuk pembuktian bumi bulat atau datar, hanya untuk membuktikan sumber cahaya berputar atau lurus sajah.
    Silakan melakukan percobaan sendiri. Buatlah lingkaran di lantai, kira2 diameter 2 meter. Lebih besar lebih baik. Anggap diameter tersebut garis katulistiwa. Bagi lingkaran menjadi 4 segmen, menandakan jam 6, 12, 18, dan 24 (00). Taro spidol artline atau apalah yang bisa tegak di jam 12. Ambil sumber dari senter HP aja supaya menyebar sinarnya, dan letak cahaya kira 20 cm dari lingkjaran. Mulai dari jam 6 gerakkan senter berkeliling mengikuti lingkaran. Bantu sama temen untuk amati jejak spidol. Tandai jejak ujung bayangan sepidol, cukup dari jam 6 sampe jam 18 saja, karena lewat itu dianggap matahari belum muncul.
    Nah hasil jejak bayangan itulah yang menggambarkan matahari berputar.
    Sekarang buat garis lurus yang seolah olah timur dan barat. percobaan seperti tadi hanya sekarang sumber cahaya lurus, letak sepidol boleh di garis atau diluar ga maslah.
    Amati lagi jejaknya. Nah hasil yang kedua ini menandakan sumber cahaya bergerak lurus.
    Semoga faham.

  67. Bisa juga kedua teori digabung, bumi tetap bulat dan diam. Matahari dan bulan yang bergerak mengelilingi bumi dengan jarak, parameter2, dimensi yang katanya seperti itu menurut teori bumi datar.
    He he he
    Karena menurut saya setelah melihat jejak bayangan, ga mungkin mathari bergerak berputar. Kalo lurus dan mengelilingi bumi, bisa difahami. Termasuk terbit dan tenggelam, gerhana, midnigt sun dll.

  68. Selamat malam semua,
    Rame nih ikut nimbrung ya,
    Mau nanya aja yang mengatakan bumi itu datar LATAR BELAKANG keilmuan anda apa:
    1. GEODESI (saya geodet)
    2, Astronomi
    3. Geografi
    4. Oseanografi
    5. Agama
    6. Seni
    7. MIPA
    8. Dan lain lain.

    Kami mengatakan bedasarkan keilmuan bahwa bumi itu tidak bulat, loh?
    Betul memang seperti itu bumi itu berbentuk seperti elipsoid(bentuk asli bumi), geoid (bentuk pendekatan bumi) , bulat (bentuk matematis). Kalo bisa yakinkan lulusan geodesi bahwa bumi itu datar secara keilmuan yah berarti ilmu yang kami pelajari selama 4 tahun runtuh semua mulai dari proyeksi peta, pasang surut air laut dan masih banyak lagi 144 sks soalnya hehe, yakinkan secara matematis dan keilmuan ya yg bisa di buktikan
    Bentuk bumi bulat itu agar memudahkan dalam proyeksi peta ke datar(peta atlas), pasti banyak distorsi dalam melakukan proyeksi tsb. Mengenai peta bumi datar yg dipake FE itu potongan dari proyeksi kerucut, dijelasin disini panjang gaes,
    Gini deh kalo kalian masih pada belum lulus SMA mending kuliah di jurusan geodesi nanti belajar yg bener waktu hitungan proyeksi geodesi (moga ga klenger) nanti pas lulus simpulin sendiri bumi datar atau bulat atau malah elipsoid hehe, kalo dah pd gawe nanti anaknya kuliah disini nanti kalo anaknya dah pade lulus minta jelasin aja moga aja masih ngerti :). Ane bukan promo ya hehehe

    Dari bidang keilmuan lain mungkin ada yang mau nambahin,.?

    • Absen Pak/Bu, saya dari seni dan desain, sepertinya sangat cocok untuk model flatearth ini bagi kalangan seni, soalnya menggambar peta/bumi dll umumnya kita di media datar, hehe

  69. Saya muslim, menanggapi ayat2 dari Quran. Perlu di ingat, para Sahabat yg notabene org Arab, berbahasa Arab dlm kehidupan sehari hari, mereka pun tak sepenuhnya memahami maksud ayat2 dalam Quran. Sbg org Indonesia, wajar Anda gk paham, skalipun Anda bisa berbahasa Arab. Apalagi Anda hanya menukil sebuah terjemahan org lain,yg mungkin Anda tidak menelaah penjelasannya. Hampar menghampar silahkan merujuk pada ahli bahasa dari berbagai sumber. Sama hal nya maksud dari perjalanan sejauh 500thn utk melintas 1 lapisan langit (naik apa ya? Klo unta vs jet gmn?). Poin nya, jangan telan2 mentah. Klo mau mempelajari maksud dari sebuah ayat atau kata dari Quran, baca juga penjelasan nya. Jgn kan Quran, sebuah hadist pun disertai penjelasan/keterangan utk benar2 memahaminya. Gak percaya? Silahkan gugling kitab Fathul Baari,sebuah kitab pejelasan/keterangan dari kitab shahih Bukhari. Utk kaum flatter earth, sudahkah Anda berdiskusi dari berbagai ahli disiplin ilmu? Klo sudah, sepakat kah mreka dgn flat earth? Klo belum, ingat anekdot 3 org buta menjelaskan bentuk se ekor gajah… dmn tiap org buta tersebut menjelaskan bentuk gajah sesuai sisi tubuh gajah yg mreka sentuh.

  70. Kalau mau membuat artikel tolong jangan membandingkan teori teori yang sudah ada karena setiap teori mempunyai inti berbeda lalu jika membuat artikel diusahakan dilengkapi dengan fakta jadi anda harus terbang langsung dan membuktikan jangan hanya berargumen dan membandingkan teori yang sudah ada

  71. Gan, pernah ke pangandaran ga? Kan ada pantai timur dan barat. Di seberang pantai timur, itu ada daratan yang berbatasan dengan jawa tengah. Sampe garis pantai kira2 15 kilometeran. Seberang barat ada daratan juga, kira2 jarak ke garis pantai 20 kilometeran.
    Pertanyaannya, kenapa tidak terlihat, padahal ga jauh2 amat.
    Itu berarti tertutup muka laut, sekali lagi TERTUTUP MUKA LAUT.
    Okelah kalo itu mungkin dataran rendah, ada dataran tinggi juga kan.
    He he he.

  72. Saya sudah baca sebagian besar komentar di sini, saya setuju dengan Sukma karena pembuktiannya sangat realistis, jika memang bumi itu datar, seharusnya tidak ada perbedaan musim dong ya, karena matahari terus menyinari (karena asumsinya matahari yang mengelilingi bumi) yang ada semua daerah di Bumi ini sama datarnya. Ini kenapa bumi belahan utara selalu bermusim dingin di akhir tahun sedangkan musim panas di bumi belahan selatan, karena posisi matahari yang berubah-ubah, kalau masih mau maksa ikutin konsep flatearth, apakah lintasan matahari itu berubah-ubah

  73. Tadinya gue pengen tau, ada yg bisa jelasin NASA kenapa pakai kalender saros, bkn ngitung dr pergerakan matahari atau bulan mengelilingi matahari.
    Mereka bahkan menantang seluruh orang pinter di dunia buat buktiin ini..
    Wow …

  74. enak orang dubai donk kalo bumi itu datar ….nyiptain kamera yg bisa zoom 1000X trus naik ke Burj Kalifa …….WALAHHH …..orang baru mandi di ciliwung kliatan dwonkk …….

  75. saya yg termasuk percaya bumi datar
    1. pernah liat adanya bulan di pagi hari dengan penampakan 6/8 bagian / hampir full purnama logikanya udah terang matahari bulan masih keliatan jelas bukankah seharusnya udah di balik bumi.
    2. perjalanan naik pesawat dr hongkong ke london = dari timur ke barat. saya lihat sisi jendela kanan (utara) dan kiri (selatan) beda sebelah kanan gelap malam sebelah kiri terang siang. bukankah matahari dari timur (belakang) ke barat (depan)
    3. dan teori” flat eart yg bisa dibilang masuk akal.
    4. banyak yg mempertahankan teori bumi bulat dengan teori yg udah ada / foto yg udah ada. tapi dia sendiri gak pernah punya foto hasil karya sendiri atau bukti hasil bukti dia sendiri. jelas disini teori bumi datar di patahkan dengan fakta yg dia sendiri bukan pelaku fakta, cuma kata nasa, kata bu guru, kata buku, kata pelajaran SD. bukan dari karna aku seorang astronot, karna aku pilot, karna aku pelaut,

  76. teori gak masuk aklas blasssshhhh… manusia diberi akal sehat mestinya dipakai buat analisa, hukum alam banyak ditemukan dalam kebenaran mutlak, bisa dibuat modelnya…

  77. Waduh… Berat euy bahasannya…

    Saya mau tanya nih ke “Pihak Bumi Bulat”…
    Bumi khan berevolusi terhadap matahari… Mataharipun berevolusi terhadap “bintang” lain…
    Yg mau saya tanyakan :
    -Kenapa polaris (bintang kutub utara) masih di situ2 aja?
    Padahal bumi dan matahari udah kemana-mana nih…
    -Pada gerhana bulan total (blood moon)… Kenapa warnanya jadi merah?
    Seharusnya kalau karena spektrum warna,,, Warna Bulan jadi Ungu… (Coba aja anda lakukan percobaan memakai prisma,,, atau anda lihat pelangi, warna ungu ada di bagian bawah)

  78. Di sini saya bukan sebagai flatters, sayapun gk begitu tau “cara kerja” flat earth….
    Tapi saya bisa bantah hampir semua teori heliosentris yg ada…

    -Ada yg bilang, kapal laut makin lama makin mengecil dan menghilang,, itu membuktikan bumi bulat…. Saya bantah : Itu hanya karena tidak terlihat dg mata kita saja,,,
    Saya punya teleskop dan nikon coolpix p900,,, dan saya masih bisa melihat itu kapal sampai menghilang (karena teleskop dan kamera tsb jg terbatas jarak pandangnya)
    -Di atas ada yg bilang gravitasi dipengaruhi massa jenis?… Coba anda lakukan percobaan dg menjatuhkan palu dan gumpalan kertas… Dan Waktu jatuhnya (hampir) bersamaan… Yg menyebabkan beda adalah hambatan udara (semakin besar penampang, semakin lama jatuhnya)
    -Gravitasi berbeda di tiap tempat?…. Saya dikirim barang dari UK dg berat 50kg dan setelah saya timbang, beratnya sama (harusnya lebih ringan karena gravitasi di Equator lebih kecil)

    Nahhh… Yg jabarin rumus2 di atas, yg paham rumus2 fisika,,, Pernah gk melakukan percobaan menimbang suatu benda di rumah vs di pesawat udara?…
    Saya yg gk paham rumus2 aja, pernah… dan hasilnya, sama aja tuh beratnya…

    Pls deh… rumus2 itu ada karena praktek… kalau belum dipratekin, ya sama aja ama teori…

    • Saya merasa lucu membaca komentar Anda.

      – Anda akan membutuhkan lensa dengan focal length yang sangat panjang untuk membuktikan hal ini. Lensa Coolpix P900 yang hanya 2000mm tentu sangat kurang untuk membuktikan kelengkungan bumi. Pada focal length 2000mm, bumi masih akan terlihat datar.
      -Yang dipengaruhi oleh massa jenis adalah gaya archimedes. Bila massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis fluida maka benda akan mengapung karena gaya archimedes lebiih dari gaya berat. Bila sama maka benda melayang, dan bila lebih besar maka benda tenggelam. Ini adalah pelajaran fisika materi fluida, sepertinya sudah diajarkan sejak SMP..
      – Yang Anda ukur bukanlah berat tapi massa. Kilogram adalah satuan massa bukan berat. Satuan berat dalam SI adalah Newton (Pelajaran fisika SMP), dan besarnya berbeda-beda bergantung pada jarak terhadap pusat bumi, dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak terhadap pusat bumi (Pelajaran fisika SMA).

      Namun saya bisa maklum, karena memang Anda mengakui sendiri kalau Anda tidak paham rumus. Yang Anda praktekkan sudah benar, namun pemahaman Anda keliru.

      • Lucu knp bro?
        – Kurang dari mana? Sebenarnya gk perlu kamerapun, kita bs membuktikan curvature tsb… Dimana dalam 1 miles, akan turun sebanyak 8 inchi
        – Ya… Betul… Saya khan hanya membantah komen2 sebelum2nya…
        Maka itulah, lakukan percobaan dg menjatuhkan 2 benda yg mempunyai berat berbeda, dan hasilnya sama…
        – Ok… Berarti kalau kita nimbang badan/barang pakai timbangan manual/digital… itu massa ya?
        —–
        ya bro… ane hanya pengen praktek…. ane blm percaya bumi ini bulat ataupun datar, kalau blm ane buktikan sendiri…

  79. Baca artikel ini merasa dibodoh bodohi! Ini merupakan pembodohan publik! Udahlah Bro Jangan mengemukakan Pendapat KUNO! , Kenapa KUNO? Karena Pendapat ini merupakan pendapt ilmuan jaman dlu, sbelm ilmuan skrng menemukan tknologi yg canggih yg bisa melihat bentuk bumi dari jauh, dan sudah JELAS JELAS Di Alquran juga membahas semua aspek kehidupan alam semesta termasuk membahas tentang astronomi, Bahwa Bumi itu Agak Bulat, And gw sebagai Muslim ya percayanya sama Alquran kitab pedoman umat islam yg tidak ada sedikitpun keraguan didalamnya.
    Kalo jaman sekarng masih ada yg brpendapat bumi itu datar mungkin dia Orang KUNO 😄
    Jangan membodohi orang awam lah dengan penjelasan yg kelihatannya masuk akal tapi nyatanya Fitnah!😒

  80. Untuk mematahkan teori flateath, ga perlu repot berargumen ini itu, pake sains yang rumit, ayat2 suci, atau mesti terbang tinggi segala. Ada kelemahan yang pasti dan sangat tak masuk akal.
    Cukup satu hal saja yaitu klaim tentang gerak matahari yang berputar.
    Mungkin diatas udah saya utarakan, tapi saya akan bahas secara simpel saja. Dengan pengamatan oleh kita sendiri, murah ga perlu biaya. Begini
    Pada awal2 oktober posisi matahari berada di seltan katulistiwa dan tentunya berada di wilayah indonesia. Khusus untuk pulau jawa kisaran tanggal 5 sampai 10. Khusus Bandung efektif tanggal 8 Oktober, karena lintasan matahari dianggap tepat.
    Misalkan saja, kita di bandung. Pada tanggal itu cari suatu tempat yang lapang, atau suatu jalan lurus yang mengarah ke barat-timur. Mungkin ada di jalan tempat anda tinggal, itu lebih praktis. Agak menyimpang sampe 20 derajat, oklah masih ditoleransi.
    Silakan anda berdiri pada pagi hari sekitar jam 6, anda akan mendapatkan bayangan anda ke arah barat. Pada siang hari jam 12, bayangan pas dibawah anada, pada jam 5an sore bayangn mengarah ke timur.
    Kalo ada waktu ya amati sepanjang hari.
    Dari hal ini jelas terbukti matahari bergerak lurus selurus lurusnya, ga berputar seperti dalam teori flat earth.
    Nah kalo matahri melingkar, pada saat itu 8 okt (bandung), matahari akan terbit di timur di 45 derajat ke di arah utara, dan terbenam di barat di 45 derajat arah utara juga. Tidak pas di timur dan barat.
    Sudahlah ga perlu bawa2 nasa, ayat2, atau fenomena bintang segala. In ga bisa dibantah bahwa jejak matahari adalah lurus, tidak melingkar. Terserah anggapan bumi diam atau berputar, tapi yang jelas matahari tidak bergerak melingkar. Berarti bumi tidak datar.
    Kalo mau penjelasan coba buka link ini.
    https://www.youtube.com/watch?v=ogcmDcK8aN0
    https://www.youtube.com/watch?v=rltTaWLxJVQ

  81. Saya tambahin. Coba anda fikir kalo pagi dan sore hari matahari tepat berada di timur dan barat, ada dimana matahari ketika jam 12 malam?
    Anda bisa fahami postingan saya ini? Kalo belum yaa pasti terhasut teori flatearth dengan matahari yang berputar melingkar tersebut.
    Kalo dalam sistem flat earth, jam 12 malam ada di utara, dihadapan kita ketika kita pas menghadap utara.
    Tapi kalo kita berfikir logis, dengan mengamati perjalanan matahari dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore, jam 12 malam matahari ada dibawah kita, berseberangan dengan jam 12 siang yang ada di atas kepala kita pada saat itu.
    Ok video dr Zakir Naik, hanya pemahaman tambahan saja. Tapi saya tetap punya fikiran sendiri, khususnya mengenai gerak matahari, yang jelas2 mematahkan teori flatearth.

  82. Mereka terus menanyakan bukti bahwa bumi bulat dan bertanya pernah liat langsung bumi bulat? Nah mereka sendiri ga punya bukti photo asli dari kejauhan bahwa bumi datar, ingat dari kejauhan ya karna bumi ini gede banget bro….

  83. Saudara2, teman2, dan rekan2, mari kita pada awal2 bulan ini kita perhatikan posisi matahari dari mulai terbit sampe tenggelam. sekira tgl 6 sampe 11 oktober. Karena garis lintang lintsan matahari sekitar pulau jawa. Bandung tempat saya tinggal efektif tanggal 8 Oktober.
    Pada hari itu jam 12 matahari ada pas diatas kepala kita, pagi hari pas terbit di timur, dan sore hari pas tenggelam di barat. Jadi matahari lurus selurus-lurusnya lintasannya.
    Apa yang kita simpulkan dari kejadian ini? Jelas sekali matahari tidak bergerak berputar seperti yang diklaim oleh sistem flat earth, dengan klaim bumi berbentuk seperti piringan datar.
    Kalo asumsi mereka matahari berputar, maka pagihari ketika terbit jam 6, kita mesti melihatnya ada di timur 45 derajat kearah utara, seperti kita menghadap timur tapi kita putar badan kita 45 derajat melawan jarum jam. Nah disitulah matahari terbit. Begitu juga ketika terbenam kita menghadap barat dan kita putar badan kita 45 derajat searah jarum jam, nah disitulah matahari terbenam.
    Kenyataannya?
    Ha ha ha pasti gak begitulah.
    Think smart gan.

  84. Coba direnungkan ini jika bumi itu BULAT
    Kalau katanya bumi bulat dan berputar mengelilingi matahari (Revolusi – kena evolusi lagi haha 365hari dgn kecepatan 107.5000 km/jam) dan biar belahan bumi yg lain kena sinar matahari maka bumi berputar pada dirinya sendiri (rotasi dengan kecepatan 1.669,97 km/jam ini lebih cepat dari kecepatan Boing 737ER900 yg kecepatanannya hanya 900km/jam),
    Misalkan bumi berputar ke arah kanan dari sebuah titik katakanlah titik anda berdiri, disini lucunya jika anda orang naik pesawat terbang ke arah kanan juga dengan pesawat Boing 737ER900, maka dipastikan anda tidak pernah nyampe-nyampe ketujuan malah anda bergerak kebelakang sebab kecepatan bumi berputar lebih besar dari kecetapan pesawat itu,
    yang lebih heboh lagi yg terbang ke kiri dan humi bergerak kekanan, pesawatnya naik keatas saja pelan-pelan nyampe deh sebabk jarak menjadi sangat dekat ketika kita mendekati titik tertentu dan titik itu bergerak berlawanan arah dengan kita.
    Semoga kita termasuk yang diberi petunjuk. Amin

    • coba gini gan, bayangkan atau kalo perlu praktekin aja gan, gan syarifudin sdang ddlm bis/kereta/pesawat yg sedang melaju dgn kecepatan tinggi secara konstan. Coba anda berdiri ddkt bangku paling depan, trus coba anda melompat setinggi mungkin, apakah anda akan terpental kebelakang? atau anda akan tetap ditempat anda melompat td…? semoga bisa sedikit mencerahkan 🙂

  85. Sip gan, kayaknya banyak yang ga faham tentang hukum kelembaman dalam fisika.
    Woi itu pelajaran di SMP gan.
    Ingat ya postingan ane sebelumnya. Yang percaya flat erath juga silakan diamati.
    Nanti akan saya bahas juga bagi yang berada di tempat yang garis lintangnya tidak dilalui matahari, seperti eropa dan amerika latin bagian selatan.

  86. Yang FE tuh bakal sulit banget mempercayai kebulatan bumi, kalau mau mencoba merubah apa yang dipercaya saat ini FE tuh harus menjabarkan teorinya beserta hitung-hitungannya, dan hasil uji labnya dalam sebuah buku yang menerangkan ketinggian matahari, kenapa matahari tidak membakar bumi kalau dekat, material apa itu disebut bulan yang katanya selestial, alasan kenapa tidak boleh ke antartika, pemetaan yang terperinci seperti yang sekarang dipelajari oleh ahli ilmu geografi….

    Sekalian saingan dengan orang ahli geografi dalam hal pemetaan bumi…..
    Mohon jangan teorian saja ya flat earth, ada itungannya sama referensinya, kalau mau dianggap ilmiah….

    silahkan…..

  87. Saya kelas 2 SMP

    Saya hanya ingin bertanya dengan pertanyaan yang sangat mudah. Kenapa bisa terjadi pasang surut air laut jika tidak ada gravitasi. Pasang surut air laut di pengaruhi oleh grafitasi bulan, bumi dan matahari. Nah, sekrg bukti nyata pasang surut air laut mungkin sudah anda kenal, tpi klo menurut saya jika bumi tidak memiliki gaya gravitasi apakah terjadi pasang surut air laut?? Jika hanya bulan dan matahari yang MEMILIKI GRAVITASI knapa kok ndak dari kemarin-kemarin kita udah KETARIK KE BULAN ATAU MATAHARI??? Semoga Anda dapat memberikan jawaban yg cerdas. Amin

    Sekian, Terima Kasih

    Saran saya jangan memaknai makna Al-Qur’an dengan sesederhana itu. Saya sarankan anda melihat video Dr. Zakir Naik yg hafal setiap kitab suci agama²

  88. Lucu lo klo ngomong mana bisa tumpahan kan ada gravitasi yg terbentuk karna gesekan bumi sama porosnya klo bumi datar muternya gimana?pinggirannya giman?hadeh gk setuju gw klo bumi datar walpun gw blom pernah liat klo datar ok kapal laut mungkin bisa ketahan tapi klo pesawat kluar donk ke angkasa apa iya ada dinding nya logikanya jalan donk sob

  89. Thanks
    Devara, flathearth101, Sukma dan kawan 2 lain yg melakukan diskusi dimari sangat luar biasa,

    Global Conspiracy, ellite global itu nyata, banyak yg melawan, sudah sangat populer sebelumnya dan tak sekedar FE society sendirian seolah pembawa obor pencerahan dari people power lawan elite global dan meniadakan semua gerakan sosial politik sebelumnya dalam memunculkan kesadaran modern people power society..

    Tapi khusus FE society ini saya katakan justru sebagai “petaka” bagi gerakan anti ellite global, kenapa ?
    Benar perlu ada agenda, agitasi, sosialisasi, propaganda dalam semua bagian gerakan social tapi mbok ya o, jangan disampaikan dengan cara lugu macam gini dengan menghalalkan semua cara membuat kelihatan “bodoh” para pengikutnya sendiri.

    Saya sekarang justru “curiga” ama FLAT EARTH ini.
    FE justru sebagai sekedar “pion” bagian rekayasa konspirasi di balik konspirasi elite global itu sendiri dengan motivasi menjadikan semua perlawanan social movement anti elite global menjadi tidak berati.
    FE sukses membawa issue gerakan sosial politik dengan alat “pencerahan” perdebatan ilmiah dengan pilihan tema “gendut vs tepos”. Sebenarnya kontroversi lama yang pasti tak “berujung” dengan mengangkatnya kembali agar seolah “seksi”… Sebuah taktik dan strategi yang manis sekali entah dengan berbagai jurus dari tebar “jerami orang-orangan sawah” ataupun adhominem di sana sini dan hampir di semua sosial media.

    Tapi dengan melihat rapuhnya benteng pertahanan argumentasi FE yang dengan mudah di buat rontok tak berkeping dan justru menjadi tempat “pembantaian” dan kuburan “massal” ide FE oleh science modern menunjukkan bahwa gerakan ini sangat rapuh dan justru kontraproduktif dengan misi sejatinya.
    Alih alih kerikilnya kena ke sasaran goliath yang sebenarnya (pencerahan), baru narik ketapelnya aja dah putus talinya …alhasil diketawainlah oleh orang sejagat …

    Saya justru berfikir cara ini yg dipilih oleh ellite global yang katanya mereka serang agar menjadi antitesa dan pembenaran bahwa semua gerakan anti elite global sebagai gerakan pembodohan dan kebodohan itu sendiri dan menjadikan elite global semakin landai menguasai system dunia sekarang ini tanpa lawan apapun krena masyarakat disibukkan oleh kegiatan saling mbuli. Baik dengan cara nginjak2 habis si “tepos” ataupun nyulam kembali keperkasaaan rasionalitas bagi si “gendut”…

    Canggih sekali cara mereka nyata…

  90. 1. Kenapa rasi-rasi bintang yang digunakan dalam navigasi kapal tidak pernah berubah. Semuanya bergerak sesuai jalurnya. Padahal bila bumi bergerak mengelilingi matahari seharusnya formasi rasi berubah, inilah yg disebut dengan stellar parallax yang hasilnya selalu negatif dalam teori heliosentrik.

    Apa sih stellar parallax. Yaitu saat kita memandang obyek dari posisi yang berbeda, tentunya hasilnya juga berbeda kan?. Misal di bulan januari Bumi berada di sisi kiri matahari, tentu formasi bintang akan berbeda ketika bulan Juli saat bumi berada di sisi kanan matahari.

    Dalam teori bumi datar, formasi rasi-rasi bintang tidak berubah, mereka mengitari kubah langit bumi sesuai lintasan dan formasinya. Hanya ada satu rasi bintang yang tak berputar yaitu rasi bintang utara yang letaknya tepat di atas kutub utara. Selama berabad-abad, rasi-rasi bintang ini memandu perjalanan di laut.

  91. Kenapa kita tidak melihat matahari terbit dan tenggelam (seperti di indonesia) dari timur laut ke barat laut? Kan matahari katanya berputar mengelilingi bumi dengan lintasan lingkaran?
    Ini perlu difikirkan secara rasional. Wong sehari hari kita melihat jejak bayangan di tanah lurus kok. Apakah hukum fisika salah? Jelas2 jejak bayangan mengikuti gerak sumber cahaya. Kalo sumber cahaya lurus, ya lurus juga jejak bayangannya. Kalo sumber cahaya melingkar, ya melingkar pula jejak bayangannya.
    Buktikan sendiri dengan senter dari HP, taro sppidol tegak di lantai, gerakan senter HP diatasnya secara lurus dari kanan ke kiri, juga secara melingkar dari kanan ke kiri. Gimana arah bayangan ujung spidolnya. Simpulkan sendiri deh. Dan bandingkan dengan bayangan yg sebenarnya di tanah. Luangkan waktu deh. Apakah masih percaya kalo matahari bergerak berputar?

  92. Woi FE buku resuman penelitian kamu gimana,,, udah di publish belum????

    masih menunggu nih….. percuma kalau mau debat di youtube…. forum2, yang kalian harus lakukan tuh mempublish mengenalkan ke halayak ramai dan direvisi bersama-sama dengan semua ahli……dalam wujud menjadi buku yang sudah derivisi itu….

  93. Begini yah saudaraku yang sesama percaya akan tuhan (golongan elit global tdak termasuk). “Theory flat earth” bukan cuma khusus satu agama.karna smua agama membahasnya.
    Flaters atau yg percaya bumi itu datar,di sini “tidak memaksa / tidak ada pemaksaan” untuk smua orang agar mempercayainya..ingat ya “tidak ada paksaan agar percaya pada FE theory ini…Flathers cuma meyakini bahwa ada sesuatu yang salah dengan sistem yang dari dulu sudah di ajarkan.Jadi yang merasa tidak ada yang salah dari sistem yang sudah ada dari dulu (globe earth) tidak di paksakan agar ikut percaya akan flatearth ..Flaters cuma membuat theory yang menurut nya dapat mereka terima dengan logis.bukan kah kta di berikan otak untuk berpikir.jangan slahkan flaters jika mereka menggunakan otaknya untuk berpikir / melakukan riset yang menimbulkan adanya theory yang mereka percaya.Jadi bagi anty FE theory tidak usah banyak bertanya tapi sebenar nya tujuannya bukan agar membuat mereka ikut percaya setelah flaters mmjawabnya,melainkan untuk menjatuh kan theory flaters tsb.Jangan jdi orang yang suka mengadu domba (sperti elite global ).Jika memang ingin tau tntang flatearth dan bnyak yg pertanyaan yg timbul di pikiran anda,silahkan search / googling sendiri.jadikan smartphone anda jadi berguna.jangan cuma bisa menyudutkan orang lain (kita smua bersaudara sesama orang yang percaya akan adanya tuhan).Saya bukannya membela flaters.saya cuma membela saudara saya penghuni bumi sesama manusia yang percaya akan adanya tuhan.

  94. Ayo lah kawan kawan berpikir lebih luas. ga ada bedanya bumi kita bulat, flat, lonjong, kotak, segitiga. dan nyatanya kita masih hidup didunia ini untuk saling menghargai satu sama lain.

    SUATU HARI NANTI (entah esok, lusa, 200 thn lagi, entah nunggu imam mahdi pemimpin terakhir yang membingbing dunia ini atau ENTAH KAPAN?) pasti akan ada kebenaran sesungguhnya dari permasalahan ini.

    untuk (F E) ada pertanyaan dalam benak, cari sendiri jawabannya, berbagi dengan sesama (F E).
    untuk (anti F E) ada pertanyaan dalam benak, cari sendiri jawabannya, berbagi dengan sesama (anti F E).

    biar ga ada pertengkaran, semua kita saudara “one love” kata bob marley.
    perbedaan bukan jadi satu alasan tuk saling bersebrangan.

    saling menghargai, suatu hari nanti pasti ada JAWABANNYA.
    Salam Damai PEACE.

  95. Sebanar bumi itu bulat.. Fakta bumI bulat 1. lokasi mekah terletak Ditengah2 bumi Kalau bumi datar nggak ditengah, 2. Globe pertama dibuat 300 hijjiriah pembuat petaka adalah muslim dan muslim banyak punya ahli geografi pada masa itu. 3. Terbentuk nya siang dan malam berbentuk garis lurus selam 12 jam malam 12jam siang. Mustahil itu terjadi bila bumidatar.. 3. Gunung terbentuk oleh reaksi inti bumi itu tanda bumi bulat 4. Sejak zaman dahulu bumi bulat nggak pernah kalah ama bumi datar karma bukti bumi bulat lebih banyak dari bumi datar dan lebih masuk akal 5. Anda bisa liat siaran lesung bumi bulat melalui internet dan gampang dicari plototin tuh bentuk buminya.. 🙂

  96. gini aja .. bikin percobaan tuh print peta dari bumi bulat terus bikin datar kaya piring.. yakin akan ada bagian wilayah yang ilang kalo enggak itu peta jadi renggang dengan kata lain ada dimensi peta yang ketarik atau malah ketumpuk.. kalo udah.. bisa cek daratan or lautan mana yang ilang di peta apa benar2 ilang di kehidupan nyata.. coba aja bola bulat anda bikin flat seperti piringan pasti ada bagian yang jadi renggang atau malah ketumpuk atau hilang.. jadi di google map itu akan keliatan boongnya kalo di buat datar kaya piring.. akan ada wilayah yang menjadi lebih luas di selatan dan menjadi lebih rapat di utara.. gampang kan.

    malah saya merasa bumi tetap bulat berputar pada porosnya dan matahari berputar mengelilingi bumi begitu pulan dengan bulan namun dimaeter nya berbeda.. tp tidak dengan bintang-bintang.. wkwkwkwkwkwkwk

    lucunya itu teori lalat dalem mobil gak pernah di balas ya.. gak pernah naik mobil trus liat lalat terbang kali ya.. hihihi

  97. oh ya klo satelit di buat dari apa
    umur satelit berapa
    apa yang mengontrol satelit hingga ga ngawur dari peredaran
    apakah satelit juga butuh energi lstrik

  98. Jika memang ingin bantahan pasti tentang Flat Earth, bantah dengan bukti, berikan sumbernya, si pembuat video melakukan riset 11tahun dengan bukti pasti dari berbagai sumber yg bisa di cari, dari akar, bila memang mau mematahkan flat earth, dari akar, jangan cuma dari omong kosong asumsi sendiri, patahkan bahwa nasa itu bohong, ada gelembung kluar itu bohong, tunjukan video penerbangan satelite real sampe luar angkasa, patahkan kata2 admiral byrd si “medal of honor” bahwa ada pulau sebesar amerika di luar antartika, kalo bulat ketemunya ya afrika, patahkan perhitungan bulan gerhana, patahkan stellar parallax (anda bakal dapet nobel krna lebih pintar dari galilleo), patahkan teori tesla kalo gravitasi hanya ilusi dll satu persatu karna akar dari semua itu berakhir bumi bulat yg bisa diajarkan ke sekolah2 sampe mendoktrin abadi pada org2 keras kepala, dulu manusia itu monyet dipajang di sekolah2 dan percaya teori darwin, sekarang udh kaga ada, kabar globar warming, sumber daya habis, flat earth tercipta dari kesadaran bukan dari siapapun yg hanya “katanya” pembuktian sudah banyak, real, kenapa ga ikut mencari, sumber banyak, timbang dengan asumsi sendiri bersifat abstrak, org2 disini takkan bisa menjelaskan banyak karna sumbernya asumsi bumi bulat dari org2 itu juga para elite , paling juga ada yg percaya teori big bang, kalo sebenernya bumi ga ada yg bikin, kalo mau bantah, pahami masalahnya, cari sumber akarnya, patahkan semua bukti “Flat earth” , uplod di youtube, dari akarnya bukan “menurut saya”. Ini real dunia bukan ilusi ngapusi berakhir basi.

  99. Miris liat otak pendukung Bumi Datar, bukan cuma nggak logis juga menafikan bukti Bumi Bulat.
    Sementara pendukung Bumi Bulat masih mencoba me-logika Bumi Datar yg emang nggak masuk logika.

  100. kalo satelit bisa melaju dengan kecepatan 23x kecepatan suara, karena ruang hampa udara gak ada gesekan, terus untuk mendorong sebagai pijakan apa? kalo roket kan maju kedepan pijakannya adalah udara, spt orang berenang pijakan adalah air, buktinya gak akan bisa kita berenang di udara, mendayung udara apa bisa? maka dipake tenaga yg lebih besar, misal kipas (helikopter) ato tenaga roket. kalo diruang yg katanya hampa udara, harusnya ada materi untuk pijakan. jadinya tetep aja ada gesekan. mikir

    • Meteor yg segede dan sekeras itu aja susah dan hampir gbs masuk ke bumi krn gesekan..ko bisa NASA pergi ke bulan dan lihat alam semesta berikut planet yg lain??

  101. bumi bulat diadain kaum pagan penyembah dewa matahari, tawaf keliling matahari, padahal sesungguhnya bumilah pusat dari alam semesta, yg kepikiran sekarang gimana jadinya kalo tembok antartika jebol, yajuj majuj keluar membantai seluruh manusia, kasihan yg tidak punya bunker

  102. Iya cuy, dari bahasanya aja kelihatan mana yang lebih tenang dan memiliki dasar-dasar yang matang. Kebanyakan semua yg dibicarakan semua dari video itu, gak usah diomongin udah banyak yg nonton. Mending menjelaskan yg lebih memperkuat teori bumi datar, selain dari video itu.
    Sudah jelas kalau referensinya hanya dari video itu.
    “Sudah banyak yg melakukan pembuktian bumi datar,”. Tapi sama saja referensinya dari video itu.
    Kalau nggak dari al-quran, yang membuat diskusi ini menjadi mengambang,karena disini kebanyakan bukan ahli agama.
    Skrg bandingkan dengan ribuan ilmuwan yg mempelajari bumi bulat. Mereka juga tidak sedikit penganut agama islam
    Saya disini bukan pembela bumi bulat atau datar.
    Tapi dari diskusi2 yang saya baca diatas(memang sepenuhnya tidak saya baca,tetapi sebagian besar saya baca. Karena banyak diskusi yang terulang ulang),
    saya lebih memilih bumi bulat.
    Terimakasih

  103. Gw PERCAYA 100% bumi itu datar.
    Al-Quran JELAS menyebutkan Bumi terhampar dan matahari mengelilingi bumi. Iman kepada apa yg telah disampaikan Rasul didalam Al Quran TIDAK BISA DIGANGGU GUGAT dan PASTI BENAR. Terserah orang mau bilang apa (Ilmuan, NASA, Teori gila, Presiden, bahkan Setan sekalipun) tak perduli.
    Say good bye buat yg percaya dengan bumi itu bulat.. Dadaaaaaaaaaaa

  104. buka mata kalian lebar2 wahai Bangsa NASA n yahudi
    jgn terjebak dg dajal nya yahudi, disni kita diberitahui utk melawan AMERIKA dan antek2 jangan mau diasdu domba
    bumi itu DATAR, dari sebelum ada NASA orang2 lama sudah menyatakan BUMI itu datar, sadarlah kalian YAHUDI telah mengadu domba kita

  105. Coba perhatikan pada peta bumi datar. Dimana letak Ka’Bah. tentunya tidak ditengah. Padahal dalam sistem bumi bulat. Bisa dianalogikan letak Ka’Bah tersebut ditengah. Juga menurut beberapa penelitian, letak tersebut merupakan tempat istimeawa dari segi matematis. Tidak ada yang seistimewa itu. Hitungannya saya ga apal, mungkin ada yang tahu, bisa menambahkan.

  106. Begini mas mbak yang terhormat, harap renungkan, saya lihat kita koq malah terpecah pecah karena bumi bulat atau datar, padahal faktanya diantara kita semua gak ada yang tau gimana KENYATAANNYA.. semua komen dan statement hanya berbatas pada TEORI,, andaikata ada pembuktian, pembuktian itupun hanya TEORI dari orang lain atau riset yang dilakukan orang lain yang belum tentu benar, , teman” yang terhormat, mau bumi itu datar, atau bulat, kita tetap tinggal disini, , mau bulat atau datar kita tetap hidup disini,, so kenapa kalian berperang argumen, saling olok, untuk hal hal yang BELUM TENTU BENAR?? renungkan,,

  107. Mohon Izin mas Admin mau iklan…
    Sebagai bahan perbandingan, bagaimana bentuk bumi dilihat dari kacamata sains (Fisika dsb) silakan kunjungi blog saya

    sakudin-fisika.blogspot.com

    Pembahasan meliputi
    – Teknik merasakan lengkungan bumi
    – Peta dan jalur penerbangan
    – Gravitasi
    – Gerak satelit
    – Perspektif
    – Ukuran dan ketinggian matahari di bumi datar

    dsb

    Mohon izin Mas Admin.
    Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan kita. Amin….

  108. Coba jelaskan mengapa jejak matahari pas dari timur ke barat. Kenapa kita tidak melihat melingkar seperti yang diterangkan dalam teori bumi datar. Logikanya kalo benar matahari bergerak melingkar, pagi hari ada di timur laut dan sore hari ada di barat laut. Coba di zoom ketika matahari terbenam dan terbit. Apa memang terbit (muncul) betulan bukan mendekat, atau tenggelam (terbenam) betulan bukan menjauh.
    Makasih.

  109. Saya udah baca blognya Sakudin BK. Ya begitulah adanya. kalo memang hanya bekutat di masalah kapal api yang menjauh terlihat tenggelam, ga bisa secara gamblang mengartikan bumi bulat. Masih terlalu dekat benda yang kita amati itu. Jelaslah seharusnya matahari yang menjadi objek pengamatan kita.
    Dalam teori flat earth sangat jelas kejanggalannya dengan mengatakan matahari berkeliling mengitari bumi yang datar. Wong ga pernah kita melihatnya secara kasat mata. Terutama yang ada di sekitar katulisatiwa. Kalo yg berada di sub tropik baik selatan atau utara, memang matahari lintasannya melungkung. Tapi ketika terbit dan tenggelam tetap di timur dan barat. Hanya ketika siang hari tidak pernah ada diatas ubun2 kita. Pengamatan jejak bayanganpun akan tetap lurus.

  110. Gan mau nanya nih,bagi yg percaya flate earth
    coba dipikir, jika memang bumi bulat adalah sebuah kebohongan, berapa ratus ribu orang yang harus berbohong? Seluruh 17 ribu pegawai NASA harus berbohong, juga lembaga antariksa seluruh dunia baik Rusia, China, Perancis, Jepang termasuk pegawai LAPAN di Indonesia. Seluruh kontraktor yang berhubungan dengan lembaga antariksa, pembuat roket dan satelit. Ribuan pilot di seluruh dunia. Tentara yang KATANYA bertugas menjaga Kutub Selatan, dan masih banyak lagi.
    Mengapa tak satupun membocorkan rahasia? Bukankah mereka bisa dapat uang banyak dengan memeras pembuat kebohongan? Atau kalau takut diancam keselamatannya, mengapa tidak ada yang masih punya hati nurani dan membuat wasiat yang membongkar kebohongan bumi bulat lalu dipublikasikan setelah meninggal sebagai penebus “dosa” kebohongan?

  111. Gan, yang membuat teori flaterath siapa? Apakah orang Indonesia? Sepertinya bukan, yang masuk akal adalah orang2 barat ( Amerika, Yahudi?). Naaaah kalo sekarang agan gak percaya dengan bumi bulat yang oleh NASA (Amerika, Yahudi?) sangat2 diklaim seperti itu, juga foto2nya yang sangat tidak dipercayai oleh para flatter.
    Gimana ini? Kan jelas2 kedua kubu itu sama.
    Saya ga ngerti kenapa orang2 Indonesia yang ngotot percaya dengan bumi datar, sampe membawa bawa ayat2 juga.
    Mohon maaf, Terimakasih.

  112. Kenapa bintang utara tetap terlihat, meskipun kita di belahan bumi selatan, padahal kalo bulat kan cuma bisa melihat langit selatan.. dan kalo bumi bergerak artinya bintang utara juga kadang tak terlihat dong…

  113. Bintang utara tidak di poros bumi, jadi masih terlihat di selatan. Hanya akan terlihat bergeser mendekati horizon. Tapi rasi bintang di utara atau selatan ada yang dua bintangnya kalo ditarik garis lurus menuju poros bumi, atau setidaknya mendekati. Sehingga kalo ditarik ke horizon dimanapun letaknya akan menunjukan arah selatan atau utara. Tergantung rasi bintang mana yang diamati.

  114. O ya. North Star atau Polaris memang tak terlihat dari belahan selatan. Dari Pulau jawapun susah, mesti benar2 dari tempat yang tinggi kemungkinan bisa dilihat.
    Tambahan dari yang diatas. Postingan diatas membahas rasi bintang harusnya.
    Makasih

  115. hemm gambar no.1 datar sih cuma dari ketinggian 33km, kalo dari ketinggian 300km masih datar juga kah ?

    masih perlu dibuktikan lagi teori FEnya nih, kalo dari ketinggian 300km terbukti masih datar…tetotttttt warning untuk NASA dll.

  116. Kalian itu jangan terlalu mendewakan ulama atau ilmuwan..jelas manusia itu tempatnya salah!. Kembali kepada al quran, pertanyaan mendasar: APAKAH BETUL BUMI BAGIAN DARI LANGIT (MELAYANG2 DILANGIT)? ATAU MATAHARI DAN GUGUSAN BINTANG YANG MELAYANG2 DILANGIT (antara langit dan bumi)? Silakan yang muslim cek, (QS. Al Anbiya: 30), (QS. Qaf : 6), (QS. Al Ghashiyah:18-20), (QS. Al Mu’min: 64), (QS. Az Zukhruf:10), (QS Al Hijr:15), (QS. Al-‘Anbya : 16), (QS Qaf: 6-7.), (QS. Al Mulk: 3-5), (QS. Ash Shofaat: 6), (QS Al Hijr:16), (QS Al Fuqon:61), (QS Fushilat:12), dsb…silakan cari pemaknaanya, betul seperti?! Itu ayat saling menguatkan satu sama lain bos, al quran ga mungkin salah (kalau anda seorang muslim, pasti meyakininya)!!

  117. Satu hal lagi yang aneh, kata beberapa ilmuwan bumi itu tidak bulat2 amat, elips (agak elips) karena rotasi bumi. Logikanya, bumi awalnya bulat, tapi karena rotasi jadi elips. Tapi kenapa foto bumi yang resmi DIAMBIL LANGSUNG dari satelit NASA, foto bumi tidak ada yang elips (sedikit pipih di Timur dan Baratnya), semuanya terlihat globe atau bahkan bulat sempurna. Kalaupun ada elips hanya ilustrasi gambar penelitian dan bukan dari foto resmi NASA. Apa ketika di foto oleh satelit, bumi selfie dulu (diam tidak berotasi) jadi kembali ke bentuk semula menjadi globe? Hahaha..katanya langsung ngambil gambar dari satelit? Gimana ini? Wkwkw..

  118. Saya muslim, saya percaya kepada ulama, tapi ulama yang mana dulu? jangan terbius dengan nama arab/muslimnya (ustad, syeik, muhammad, muslim..dll). Hadis aja ada yang dhoif ada yang sahih. Berarti masih ada “oknum ulama” yang berusaha mengaburkan kebenaran hadis nabi Muhammad..Silakan pikir!! Carilah kebenaran dari sumber Ilahi, bukan pembenaran dari Mukidi, Ok! Kehidupan ini penuh dengan konspirasi, guys! Hahahaha…

  119. dipikir pake otak aja masmas , kalo bumi itu datar terus sampe ujung jatoh dong? ujungnya dimana? jadi diujungnya bumi itu ada jurang yang gaada ujungnya? serem dong? hahahaha.

  120. Hahaha perdebatan yg tidak dialandasi oleh akhlak cuma akan berujung pada permusuhan.
    Btw buat para mas/mba flat earther. Mau nanya nih, kalau satelit itu ngga ada, foto udara yg dipake google earth/map itu ngambilnya pake apa ya?
    Saya nanya beneran lho ini.

    • buat yang meyakini fe terutama muslim, coba renungkan surat An-Naba 78:6-7 “Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu hamparan dan gunung-gunung sebagai pasak?”
      Jadi pengertiannya kalau bumi itu datar, pasti ada ujungnya dan terbantahkanlah ayat diatas, tp jika bumi itu bulat, maka hamparan tersebut tidak akan pernah putus, maka benarlah apa yang dikatakan Al-Quran, ga perlu pake referensi yg lain untuk mengatakan bumi itu bulat atau lebih tepatnya bulat seperti telur burung unta, semua ada di Al-Quran

      • Maaf disini saya hanya berbicara dari sudut pandang sains, karena manusia mempunyai keterbatasan menafsirkan ayat suci Al Quran, karena itulah muncul perbedaan.

  121. Satelit ISS hanya berjarak 400km dari permukaan bumi (nol). Cakupan kamera hanya radius lbh kurang 5000km. Kira2 sabang sampe merauke. Jadi sebagian besar bumi tak tercover. jadi mana mungkin melihat seluruh bulatan bumi. lagi pula jarak itu efek 3D tidak terdampak oleh otak kita, mustahil melihat bentuk globe. Coba anda perhatikan sebuah benda berbentuk bola, dan dari kejauhan ga kelihatan bulat kok. Apalagi dari tempat yang sangat jauh, sekalipun sebesar bumi.
    Perhatikan bulan pernama. Walaupun berbentuk bola, tapi kita hanya melihat seperti piringan. Padahal kalo kita perhatikan dengan detail, akan ada perbedaan sudut ketika ada di timur dan di barat.
    Silakan buktikan difoto dengan camera dengan zoom yg kuat ketika ada di timur dan barat. bandingkan dengan teliti kedua foto itu.

    • Untuk mencakup radius lebih dari 5000km, gerakkan saja kameranya,atau gunakan lensa yang lebih wide, gampang kan?
      Untuk melihat bentuk bola (3 dimensi), satelit dapat mengatur kecepatannya dan merubah arah. Apakah Anda tidak mengetahui bahwa satelit bisa mengubah arah dan kecepatan?
      Perbedaan sudut apakah yang Anda maksudkan di sini?

  122. Setahu saya:

    1. Foto bumi tampak datar atau bulat tergantung dari Focal Length (panjang fokal) dari lensa yg digunakan. Selain itu, gambar yg dicantumkan diambil hanya dari ketinggian 33km, sedangkan ISS mengorbit pada ketinggian 400km.
    Lalu, mengenai klaim bahwa flatter sudah terbang setinggi NASA dan bumi masih saja datar, mengapa Anda tidak menyertakan foto dari ketinggian setinggi NASA tersebut?

    2. Sebagian besar jaringan internet memang dihubungkan oleh kabel Fiber Optic di bawah laut. Satelit hanya berperan menghubungkan internet ke daerah yang belum terjangkau FO ini. Satelit juga lebih banyak difungsikan bagi komunikasi daerah terpencil melalui Telepon Satelit.
    Mengenai pemaparan Anda bahwa GPS bekerja berdasarkan BTS: GPS menggunakan data BTS terdekat untuk menentukan ‘lokasi kasar’, kemudian memperoleh lokasi akurat melalui sinyal GPS dari satelit. Apakah Anda punya argumentasi dan bukti riil yang menyatakan secara gamblang bahwa GPS bekerja berdasarkan BTS?
    Satelit BRI adalah kebohongan Amerika? Apa dasar Anda dalam mengutarakan pernyataan ini? Apakah Anda kira di Indonesia tidak ada orang pintar, sampai-sampai bisa dengan mudah dibohongi hampir 3,37 triliun?
    Tentang flatter yang menyuruh membandingkan kecepatan satelit yang mencapai 23x kecepatan suara walaupun bentuknya sangat tidak aerodinamis: Ini menandakan bahwa para flatter tidak menguasai fisika dengan baik. Untuk mencapai 23x kecepatan suara, digunakan roket pendorong. Kecepatan ini sekaligus digunakan untuk membawa satelit ke ketinggian yang diinginkan. Bila ketinggian ini sudah tercapai, roket akan dilepaskan dan dijatuhkan ke lautan/samudera.Selanjutnya satelit menggunakan bahan bakarnya untuk mempertahankan arah dan kecepatan. Perlu diingat bahwa di ketinggian ratusan kilometer gaya gravitasinya kecil, sehingga untuk mempertahankan kecepatan awal TIDAK diperlukan tenaga yg terlalu besar. Tenaga ini tidak sampai membuat satelit ‘berasap’.

    3. Saya tidak terlalu paham tentang peta, jadi poin ini hanya berisi pendapat saya saja, bukan fakta ilmiah. Pada peta atas, itu adalah bentuk bola yang diproyeksikan ke bidang datar. Ini mungkin akan menimbulkan perbedaan perspektif dengan peta yg memang digambar datar.

    4. Catatan perjalanan zaman dahulu tidak dapat dipastikan kebenarannya. Pada masa itu teknologi dan sistem navigasi masih sangat sederhana. Bisa saja terjadi kesalahan dalam menavigasi kapal sehingga perjalanan menjadi lama.

    5.Bila bumi memiliki kubah yang tidak bisa ditembus, lalu mengapa meteor bisa menembusnya dan jatuh menumbuk permukaan bumi? Saya belum pernah melihat meteor secara langsung, tapi kawah-kawah meteor besar yg masih ada sampai saat ini sudah bisa membuktikan adanya meteor yg dapat menembus ‘Kubah Langit Yang Tak Bisa Ditembus’.
    Mengenai eksperimen penghancuran ‘kubah langit’, ini tidak benar. Kita tentu tahu bahwa Amerika dan Rusia telah bersaing sejak dulu di berbagai bidang, termasuk di bidang persenjataan. ‘Pengeboman kubah langit’ ini sebenarnya adalah uji coba senjata nuklir baru.

    6. Terlihat jelas pada video, pengukuran tidak dilakukan menggunakan instrumen yg memiliki tingkat ketelitian dan keakuratan tinggi. Bahkan mereka hanya menggunakan penggaris biasa.

    7. Saya kurang tahu tentang gerhana, jadi lebih baik saya tidak berargumentasi mengenai poin ke-7 ini.

  123. Ga usah saling jatuhin,,ga usah saling hina,,buat apa sih..
    Kalo mau yakin bumi kita ini bulat atau datar,,ya harusnya lihat pake mata kepala sendiri dari luar angkasa..bukan adu paham disini,,apalagi udah bawa2 agama,,aduh riskan pak.agama hakikatnya privasi personaliti..
    Seharusnya kita bangsa indonesia semakin bisa bersatu..jangan mudah terprovokasi oleh isu2 yang belum pasti sehingga mudah terpecah belah..apalagi sampai timbul kebencian..
    Kita semua bersaudara satu tanah air indonesia.

  124. Apapun pandangan Om-om semua… Walaupun ada yg janggal saya tetap percaya bumi ini bulat.
    Kalau memang ini ilusi dr golongan orang elit NASA dan sebagainya, saya bersyukur.
    Karena atas ilusi(kata mereka) ini menjadikan manusia harus bekerja keras untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan .. minyak, berlian, bahkan uang sangat istimewa di mata manusia.
    Listrik harus bayar ya setuju gua. Internet harus bayar juga sy setuju.
    Semua material harus di bayar saya setuju. Biar uang itu ngalir terus….
    Banyangkan klu smua gratis dan tdk ada uang😄😄😄
    Apalah arti kehidupan ini😄😄

  125. Radius 5000 km maksudnya bukan cakupan lensa kamera, tapi pandangan real mata manusia jika melihat langsung sekeliling bumi. Gini buatlah sebuah lingkaran dengan diamater 133,7 mm (analogi diameter bumi sekira 13.370 km). Kalo jarak satelit ISS 400 km, maka perbandingan dalam lingkaran tersebut adalah 4 mm. Nah buat garis 4 mm tegak di keliling lingkaran. Dari ujung garis tarik garis sampai menyinggung lingkaran, ke kiri dan ke kanan. Nah jarak titik dari kedua garis singgung itu yang dimaksud coverage atau cakupan pandangan real bumi yang terlihat. Ya kira2 radius 5000 km.

    Buat di corel draw biar terukur, set unit di satuan mm.

    Jika satelit lebih tinggi lagi coverage akan semakin lebar.

    Makasih semoga faham.

  126. Kisah Dzulqarnain beserta Ya’juj dan Ma’juj

    Al-Qur’an Surat al-Kahfi ayat 92 – 96

    {ثُمَّ أَتْبَعَ سَبَبًا (92) حَتَّى إِذَا بَلَغَ بَيْنَ السَّدَّيْنِ وَجَدَ مِنْ دُونِهِمَا قَوْمًا لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ قَوْلا (93) قَالُوا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي الأرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلَى أَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا (94) قَالَ مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا (95) آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ حَتَّى إِذَا سَاوَى بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انْفُخُوا حَتَّى إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا (96) }

    Kemudian dia menempuh suatu jalan (yang lain lagi). Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. Mereka berkata, “Hai Zulqarnain, sesungguhnya Ya-juj dan Ma-juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi; maka dapatkah kami memberikan suatu upeti kepadamu, supaya kamu membuat dinding (pemisah) antara kami dan mereka?” Zulqarnain berkata, “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya ialah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat) agar aku membuatkan dinding antara kalian dan mereka, berilah aku potongan-potongan besi.” Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Zulqarnain, “Tiuplah (api itu). Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata, “Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu.”

    Lalu pergi kemana lagi Dzulqarnain? nanti saya akan kemukakan pendapat saya berdasarkan fakta-fakta dan juga aqwal ulama. Mari kita simak sejenak ringkasan perkataan al-imam ibnu Katsir dalam tafsirnya:

    Ya-juj dan Ma-juj adalah keturunan Bani Adam, seperti yang disebutkan di dalam hadis kitab Sahihain:

    “إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَقُولُ: يَا آدَمُ. فَيَقُولُ: لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ. فَيَقُولُ: ابْعَثْ بَعْثَ النَّارِ. فَيَقُولُ: وَمَا بَعْثُ النَّارِ؟ فَيَقُولُ: مِنْ كُلِّ أَلْفٍ تِسْعُمِائَةٌ وَتِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ إِلَى النَّارِ، وَوَاحِدٌ إِلَى الْجَنَّةِ؟ فَحِينَئِذٍ يَشِيبُ الصَّغِيرُ، وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا، فَيُقَالُ: إِنَّ فِيكُمْ أُمَّتَيْنِ، مَا كَانَتَا فِي شَيْءٍ إِلَّا كَثَّرَتَاهُ: يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ”

    Sesungguhnya Allah Swt. berfirman, “Hai Adam!”. Adam menjawab, “Labbaika wasa’daika.”Allah berfirman, “Kirimkanlah rombongan ke neraka!” Adam bertanya, “Berapa orangkah yang dikirimkan ke neraka?”Allah Swt. berfirman, “Dari setiap seribu orang yang sembilan ratus sembilan puluh sembilannya ke neraka, sedangkan yang seorang dikirimkan ke surga.” Maka pada saat itulah anak kecil beruban (karena susah dan tekanan hari itu), dan setiap wanita yang mengandung mendadak melahirkan kandungannya (karena terkejut dengan peristiwa hari kiamat). Allah Swt. berfirman, “Sesungguhnya di antara kalian terdapat dua umat, tidak sekali-kali mereka berada pada sesuatu, melainkan menjadikannya golongan mayoritas, yaitu Ya-juj dan Ma-juj.”

    Di dalam kitab Musnad Imam Ahmad disebutkan melalui Samurah, bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:

    “وَلَدُ نُوحٌ ثَلَاثَةً: سَامٌ أَبُو الْعَرَبِ، وَحَامٌ أَبُو السُّودَانِ، وَيَافِثُ أَبُو التُّرْكِ”

    Nuh melahirkan tiga orang anak, yaitu Sam kakek moyang bangsa Arab, Ham kakek moyang bangsa orang yang berkulit hitam, dan Yafis kakek moyang bangsa Turki.

    Sebagian ulama mengatakan bahwa Ya-juj dan Ma-juj berasal dari keturunan Yafis kakek moyangnya bangsa Turki. Disebutkan bahwa sesungguhnya sebutan nama Turki bagi mereka karena mereka ditinggalkan di belakang bendungan tersebut, yakni dikucilkan dari dunia ramai. Sebab pada kenyataannya Ya-juj dan Ma-juj masih serumpun dengan bangsa Turki, hanya saja Ya-juj dan Ma-juj berwatak angkara murka, suka merusak, dan mempunyai keberanian yang luar biasa.

    Firman Allah Swt.:

    {وَجَدَ مِنْ دُونِهِمَا قَوْمًا لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ قَوْلا}

    dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. (Al-Kahfi: 93)

    karena bahasa mereka asing dan mereka jauh dari keramaian manusia.

    {قَالُوا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي الأرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا}

    Mereka berkata, “Hai Zulqarnain, sesungguhnya Ya-juj dan Ma-juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu (upeti). (Al-Kahfi: 94)

    Ibnu Juraij telah meriwayatkan dari Ata, dari Ibnu Abbas, bahwa yang dimaksud dengan kharjan ialah imbalan yang besar. Mereka bermaksud akan menghimpun dana di antara sesama mereka dalam jumlah yang cukup besar untuk diberikan kepada Zulqarnain sebagai imbalan jasanya. Maka Zulqarnain menjawab dengan nada yang terhormat, menunjukkan pendalaman agamanya yang sempurna, saleh lagi menghendaki kebaikan:

    {مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ}

    Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik. (Al-Kahfi: 95)
    Yaitu kerajaan dan kekuasaan yang telah dianugerahkan oleh Allah kepadaku lebih baik bagiku daripada harta yang kalian himpunkan. Perihalnya sama dengan perkataan Sulaiman a.s. yang disitir oleh firman-Nya:

    {أَتُمِدُّونَنِ بِمَالٍ فَمَا آتَانِيَ اللَّهُ خَيْرٌ مِمَّا آتَاكُمْ بَلْ أَنْتُمْ بِهَدِيَّتِكُمْ تَفْرَحُونَ}

    Apakah (patut) kalian menolong aku dengan harta? Maka apa yang diberikan Allah kepadaku lebih baik daripada apa yang diberikan­Nya kepada kalian. (An-Naml: 36)

    Hal yang sama telah dikatakan oleh Zulqarnain, yaitu: “Apa yang ada padaku jauh lebih baik daripada apa yang kalian berikan itu, tetapi aku meminta kepada kalian agar membantuku dengan sekuat tenaga melalui jasa kerja kalian dan pengadaan bahan bangunan yang diperlukan.”

    {أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا * آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ}

    agar aku membuatkan dinding antara kalian dan mereka, berilah aku potongan-potongan besi. (Al-Kahfi: 95-96)

    Az-zubur bentuk jamak dari zabrah, artinya potongan besi. Demikianlah menurut apa yang dikatakan oleh Ibnu Abbas, Mujahid, dan Qatadah, potongan besi itu akan dijadikan sebagai batanya. Menurut suatu riwayat, berat setiap potongan besinya adalah satu kuintal Damaskus atau lebih.

    {حَتَّى إِذَا سَاوَى بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ}

    Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu. (Al-Kahfi: 96)

    Yakni setelah potongan-potongan besi itu disusun mulai dari pondasinya, hingga ketinggiannya sama rata dengan puncak kedua bukit seraya menutup celah yang ada di antara keduanya; para ulama berbeda pendapat tentang tinggi dan lebar dinding tersebut, banyak pendapat mengenainya di kalangan mereka.

    {قَالَ انْفُخُوا}

    berkatalah Zulqarnain, “Tiuplah (api itu).” (Al-Kahfi: 96)

    Maksudnya, nyalakanlah api untuk membakarnya, hingga manakala dinding besi itu telah menjadi api.

    {قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا}

    dia pun berkata, “Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu.” (Al-Kahfi: 96)

    Ibnu Abbas, Mujahid, Ikrimah, Ad-Dahhak, Qatadah, dan As-Saddi mengatakan bahwa yang dituangkan itu adalah tembaga; sebagian dari mereka menambahkan tembaga yang telah dilebur, dengan berdalilkan firman Allah Swt.:

    {وَأَسَلْنَا لَهُ عَيْنَ الْقِطْرِ}

    dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. (Saba: 12)

    Karena itulah maka bendungan ini diserupakan dengan kain burdah yang berlurik (bergaris).

    قَالَ ابْنُ جَرِيرٍ: حَدَّثَنَا بِشْرٌ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ، حَدَّثَنَا سَعِيدٌ، عَنْ قَتَادَةَ قَالَ: ذُكِرَ لَنَا أَنَّ رَجُلًا قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ رَأَيْتَ سَدَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ، قَالَ: “انْعَتْهُ لِي” قَالَ: كَالْبُرْدِ الْمُحَبَّرِ، طَرِيقَةٌ سَوْدَاءُ. وَطَرِيقَةٌ حَمْرَاءُ. قَالَ: “قَدْ رَأَيْتُهُ”

    Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Bisyr ibnu Yazid, telah menceritakan kepada kami Sa’id, dari Qatadah yang mengatakan, “Pernah diceritakan kepada kami (para Tabi’in) bahwa seorang lelaki berkata kepada Rasullullah Saw.; “Wahai Rasulullah Saw., sesungguhnya saya telah melihat bendungan Ya-juj dan Ma-juj.” Nabi Saw. bersabda, “Kalau begitu, gambarkanlah keadaannya kepadaku!”. Lelaki itu berkata, “Dari kejauhan tampak bentuknya seperti kain burdah yang bergaris, yakni garis hitam dan garis merah.” Nabi Saw. bersabda, “Kalau begitu, berarti kamu telah melihatnya.” Hadis ini berpredikat mursal.
    (akhir perkataan Ibnu Katsir)

    Al-Qur’an Surat al-Anbiya ayat 95-97

    {وَحَرَامٌ عَلَى قَرْيَةٍ أَهْلَكْنَاهَا أَنَّهُمْ لَا يَرْجِعُونَ (95) حَتَّى إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ (96) وَاقْتَرَبَ الْوَعْدُ الْحَقُّ فَإِذَا هِيَ شَاخِصَةٌ أَبْصَارُ الَّذِينَ كَفَرُوا يَا وَيْلَنَا قَدْ كُنَّا فِي غَفْلَةٍ مِنْ هَذَا بَلْ كُنَّا ظَالِمِينَ (97) }

    Sesungguhnya tidak mungkin atas (penduduk) suatu negeri yang telah Kami binasakan bahwa mereka tidak akan kembali (kepada Kami). Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya-juj dan Ma-juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata), “Aduhai, celakalah kami. Sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim.”

    al-Imam Ibnu Katsir berkata di dalam tafsirnya:

    Firman Allah Swt.:

    {حَتَّى إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ}

    Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya-juj dan Ma-juj. (Al-Anbiya: 96)

    Dalam pembahasan yang terdahulu telah kami jelaskan bahwa Ya-juj dan Ma-juj adalah keturunan Adam a.s, juga termasuk keturunan Nabi Nuh (yaitu anak-anak Yafis, orang tua bangsa Turki; dan bangsa Turki adalah sebagian kecil dari mereka): Ya-juj dan Ma-juj ditinggalkan di balik tembok penghalang yang dibangun oleh Zul Qarnain. Sesudah membangunnya Zul Qarnain berkata, seperti yang disebutkan oleh firman-Nya:

    {هَذَا رَحْمَةٌ مِنْ رَبِّي فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ دَكَّاءَ وَكَانَ وَعْدُ رَبِّي حَقًّا. وَتَرَكْنَا بَعْضَهُمْ يَوْمَئِذٍ يَمُوجُ فِي بَعْضٍ وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَجَمَعْنَاهُمْ جَمْعًا}

    Dinding ini adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila sudah datang janji Tuhanku, Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji Tuhanku itu adalah benar. Kami biarkan mereka di hari itu bercampur aduk antara satu dengan yang lain. (Al-Kahfi: 98-99), hingga akhir ayat.

    Dan dalam ayat berikut ini disebutkan oleh firman-Nya:

    {حَتَّى إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ}

    Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya-juj dan Ma-juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. (Al-Anbiya: 96)

    Yakni mereka berjalan dengan cepat untuk membuat kerusakan di muka bumi manusia. Al-hadab artinya dataran tinggi, menurut Ibnu Abbas, Ikrimah, Abu Saleh, As-Sauri, dan lain-lainnya. Demikianlah gambaran tentang sikap mereka saat keluar dari tembok penjaranya, pendengar dibawa seakan-akan menyaksikan peristiwa tersebut.

    {وَلا يُنَبِّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍ}

    dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu sebagai­mana yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui. (Fathir: 14)

    Berita ini dari Tuhan Yang mengetahui apa yang telah lalu dan apa yang akan datang, Yang mengetahui apa yang tersembunyi di langit dan di bumi, tidak ada Tuhan selain Dia.

    Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Musanna, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Jafar, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Abdullah ibnu Abu Yazid yang mengatakan bahwa Ibnu Abbas melihat anak-anak sedang berlari-lari; sebagian dari mereka mengejar sebagian yang lain bermain-main. Lalu Ibnu Abbas berkata, “Seperti itulah Ya-juj dan Ma-juj saat keluar dari temboknya.”

    Di dalam banyak hadis yang bersumber dari Nabi Saw. banyak disebutkan kisah keluarnya Ya-juj dan Ma-juj, seperti yang akan dikemukakan berikut ini:

    Hadis pertama.

    قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ، حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَر بْنِ قَتَادَةَ، عن محمود بن لَبيد، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: “يُفتَح يأجوجُ ومأجوجُ، فَيَخْرُجُونَ كَمَا قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ”: { [وَهُمْ] مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ} ، فيغشونَ النَّاسَ، وَيَنْحَازُ الْمُسْلِمُونَ عَنْهُمْ إِلَى مَدَائِنِهِمْ وَحُصُونِهِمْ، وَيَضُمُّونَ إِلَيْهِمْ مواشيَهم، وَيَشْرَبُونَ مِيَاهَ الْأَرْضِ، حَتَّى أَنَّ بعضَهم لَيَمُرُّ بِالنَّهْرِ، فَيَشْرَبُونَ مَا فِيهِ حَتَّى يَتْرُكُوهُ يَبَسا، حَتَّى أَنَّ مَنْ بَعْدَهُمْ لَيَمُرُّ بِذَلِكَ النَّهْرِ فَيَقُولُ: قَدْ كَانَ هَاهُنَا مَاءٌ مَرَّةً حَتَّى إِذَا لَمْ يبقَ مِنَ النَّاسِ أَحَدٌ إِلَّا أحدٌ فِي حِصْنٍ أَوْ مَدِينَةٍ قَالَ قَائِلُهُمْ: هَؤُلَاءِ أهلُ الْأَرْضِ، قَدْ فَرَغْنَا مِنْهُمْ، بَقِيَ أهلُ السَّمَاءِ. قَالَ: “ثُمَّ يَهُزُّ أَحَدُهُمْ حَرْبَتَهُ، ثُمَّ يَرْمِي بِهَا إِلَى السَّمَاءِ، فَتَرْجِعُ إِلَيْهِ مُخْتَضبَةً دَمًا؛ لِلْبَلَاءِ وَالْفِتْنَةِ. فَبَيْنَمَا هُمْ عَلَى ذَلِكَ إِذْ بَعَثَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ دُودًا فِي أَعْنَاقِهِمْ كنَغَف الْجَرَادِ الَّذِي يَخْرُجُ فِي أَعْنَاقِهِ، فَيُصْبِحُونَ مَوْتًى لَا يُسمَع لَهُمْ حِسٌّ، فَيَقُولُ الْمُسْلِمُونَ: أَلَا رَجُلٌ يَشْري لَنَا نَفْسَهُ، فَيَنْظُرُ مَا فَعَلَ هَذَا الْعَدُوُّ؟ ” قَالَ: “فَيَتَجَرَّدُ رَجُلٌ مِنْهُمْ مُحْتَسِبًا نَفْسَهُ، قَدْ أَوْطَنَهَا عَلَى أَنَّهُ مَقْتُولٌ، فَيَنْزِلُ فَيَجِدُهُمْ مَوْتًى، بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ، فَيُنَادِي: يَا مَعْشَرَ الْمُسْلِمِينَ، أَلَا أَبْشِرُوا، إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ كَفَاكُمْ عَدُوَّكُمْ، فَيَخْرُجُونَ مِنْ مَدَائِنِهِمْ وَحُصُونِهِمْ ويُسَرِّحون مَوَاشِيَهُمْ، فَمَا يَكُونُ لَهَا رَعْيٌ إِلَّا لُحُومَهُمْ، فَتَشْكر عَنْهُ كَأَحْسَنِ مَا شَكرَت عَنْ شَيْءٍ مِنَ النَّبَاتِ أَصَابَتْهُ قَطُّ.

    Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ya’qub, telah menceritakan kepada kami ayahku, dari Ibnu Ishaq, dari Asim ibnu Amr ibnu Qatadah, dari Mahmud ibnu Labid, dari Abu Sa’id Al-Khudri r.a. yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda, “Bila tembok Ya-juj dan Ma-juj dibuka, maka mereka pergi memasuki dunia manusia, seperti yang disebutkan oleh firman-Nya: ‘dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi’ (Al-Anbiya: 96) Maka mereka menutupi manusia, sedangkan kaum muslim memisahkan diri dari mereka, bersembunyi di balik benteng kota tempat mereka tinggal dengan membawa ternak mereka. Ya-juj dan Ma-juj meminum habis air mereka, sehingga sebagian dari mereka melewati sebuah sungai yang penuh dengan air, lalu mereka meminum air sungai itu sampai habis hingga sungai kering. Disebutkan bahwa sebagian dari Ya-juj dan Ma-juj sebelum itu pernah melewati sungai tersebut, saat melaluinya di lain waktu mengatakan, “Tadi di tempat ini ada airnya.” Dan manakala tiada seorang pun dari manusia yang hidup kecuali mereka yang tinggal di benteng-benteng kota mereka, maka berkatalah Ya-juj dan Ma-juj (yakni juru bicaranya), “Penduduk bumi itu telah kita binasakan semua, sekarang tinggal makhluk yang ada di langit.” Kemudian seseorang dari Ya-juj dan Ma-juj mengayun-ayunkan tombaknya, lalu ia lemparkan ke arah langit, dan tombak itu kembali kepadanya (jatuh di hadapannya) dalam keadaan berlumuran darah, sebagai cobaan dan fitnah bagi mereka. Ketika mereka dalam keadaan demikian, maka Allah mengirimkan wabah penyakit berupa ulat pada leher mereka seperti ulat yang menyerang hidung unta. Tidak lama kemudian mereka mati semuanya, tanpa bersuara lagi dan suasana menjadi hening. Kaum muslim berkata, “Adakah seseorang yang bersukarela keluar dari benteng untuk melihat apa yang telah terjadi dengan musuh kita?” Maka turunlah seseorang dari mereka dengan sukarela dan siap untuk mati. Setelah ia turun dari bentengnya, ia menjumpai Ya-juj dan Ma-juj telah binasa semuanya, sebagian dari mereka bertumpang tindih di atas sebagian yang lain. Lalu ia berseru, “Hai kaum muslim, ingatlah, bergembiralah kalian, sesungguhnya Allah Swt. telah membebaskan kalian dari musuh kalian.” Maka kaum muslim keluar dari benteng dan kota-kota tempat perlindungan mereka, lalu mereka melepaskan ternaknya, yang ternyata tiada lagi tempat penggembalaan bagi ternak mereka kecuali hanya daging Ya-juj dan Ma-juj. Akan tetapi, ternak mereka merasa senang sekali dengan kesenangan yang jauh melebihi saat menjumpai tumbuh-tumbuhan makanan kebiasaannya.

    Ibnu Majah meriwayatkan hadis ini melalui riwayat Yunus ibnu Bukair, dari Ibnu Ishaq dengan sanad yang sama.

    Hadis kedua.

    قَالَ [الْإِمَامُ] أَحْمَدُ أَيْضًا: حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ أَبُو الْعَبَّاسِ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ، حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ جَابِرٍ الطَّائِيُّ -قَاضِي حِمْصَ-حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ جُبَير بْنِ نُفَير الْحَضْرَمِيُّ، عَنِ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّوّاس بْنَ سمْعانَ الْكِلَابِيَّ قَالَ: ذَكَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدَّجَّالَ ذَاتَ غَداة، فخَفَض فِيهِ ورَفَع، حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ، [فَلَمَّا رُحْنَا إِلَيْهِ عَرَفَ ذَلِكَ فِي وُجُوهِنَا، فَسَأَلْنَاهُ فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، ذَكَرْتَ الدَّجَّالَ الْغَدَاةَ، فَخَفَّضْتَ فِيهِ وَرَفَّعْتَ حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ]. فَقَالَ: “غَيْرُ الدَّجَّالِ أخْوَفُني عَلَيْكُمْ، فَإِنْ يَخْرُجْ وَأَنَا فِيكُمْ فَأَنَا حَجِيجُه دُونَكُمْ، وَإِنْ يَخْرُجْ وَلَسْتُ فِيكُمْ فَامْرُؤٌ حَجِيجُ نَفْسِهِ، وَاللَّهُ خَلِيفَتِي عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ: إنه شاب جَعْدُ قَطَط عينه طَافِيَةٌ، وَإِنَّهُ يَخْرُجُ خَلَةَ بَيْنَ الشَّامِ وَالْعِرَاقِ، فَعَاثَ يَمِينًا وَشِمَالًا يَا عِبَادَ اللَّهِ اثْبُتُوا”. قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَا لُبْثُهُ فِي الْأَرْضِ؟ قَالَ: “أَرْبَعِينَ يَوْمًا، يَوْمٌ كَسَنَةٍ، وَيَوْمٌ كَشَهْرٍ، وَيَوْمٌ كَجُمُعَةٍ، وَسَائِرُ أَيَّامِهِ كَأَيَّامِكُمْ”. قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَذَاكَ الْيَوْمُ الَّذِي هُوَ كَسَنَةٍ، أَتَكْفِينَا فِيهِ صَلَاةُ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ؟ قَالَ: “لَا اقْدِرُوا لَهُ قَدْرَهُ”. قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَمَا إِسْرَاعُهُ فِي الْأَرْضِ؟ قَالَ: “كَالْغَيْثِ اسْتَدْبَرَتْهُ الرِّيحُ”. قَالَ: “فَيَمُرُّ بِالْحَيِّ فَيَدْعُوهُمْ فَيَسْتَجِيبُونَ لَهُ، فَيَأْمُرُ السَّمَاءَ فَتُمْطِرُ، وَالْأَرْضَ فَتُنْبِتُ، وَتَرُوحُ عَلَيْهِمْ سَارِحَتُهُمْ وَهِيَ أَطْوَلُ مَا كَانَتْ ذُرَى، وَأَمَدُّهُ خَوَاصِرَ، وَأَسْبَغُهُ ضُرُوعًا. وَيَمُرُّ بِالْحَيِّ فَيَدْعُوهُمْ فَيَرُدُّونَ عَلَيْهِ قولَه، فَتَتْبَعُهُ أَمْوَالُهُمْ، فَيُصْبِحُونَ مُمْحلين، لَيْسَ لَهُمْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ. وَيَمُرُّ بالخَربة فَيَقُولُ لَهَا: أَخْرِجِي كُنُوزَكِ، فَتَتْبَعُهُ كُنُوزُهَا كَيَعَاسِيبِ النَّحْلِ”. قَالَ: “وَيَأْمُرُ بِرَجُلٍ فيُقتَل، فَيَضْرِبُهُ بِالسَّيْفِ فَيَقْطَعُهُ جَزْلتين رَمْيَةَ الغَرَض، ثُمَّ يَدْعُوهُ فَيُقْبِلُ إِلَيْهِ [يَتَهَلَّلُ وَجْهُهُ]. فَبَيْنَمَا هُمْ عَلَى ذَلِكَ، إِذْ بَعَثَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ الْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ، فَيَنْزِلُ عِنْدَ الْمَنَارَةِ الْبَيْضَاءِ، شَرْقِيَّ دِمَشْقَ، بَيْنَ مَهْرُودَتَين وَاضِعًا يَدَه عَلَى أَجْنِحَةِ مَلَكين، فَيَتْبَعُهُ فَيُدْرِكُهُ، فَيَقْتُلُهُ عِنْدَ بَابِ لُدّ الشَّرْقِيِّ”. قَالَ: “فَبَيْنَمَا هُمْ كَذَلِكَ، إِذْ أَوْحَى اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ: أَنِّي قَدْ أَخْرَجْتُ عِبَادًا مِنْ عِبَادِي لَا يَدَانِ لَكَ بِقِتَالِهِمْ، فَحَوّز عِبَادِي إِلَى الطُّورِ، فَيَبْعَثُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ، وَهُمْ كَمَا قَالَ اللَّهُ: {مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ} فَيَرْغَبُ عِيسَى وَأَصْحَابُهُ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ، فَيُرْسِلُ اللَّهُ عَلَيْهِمْ نَغَفًا فِي رِقَابِهِمْ، فَيُصْبِحُونَ فَرْسى، كَمَوْتِ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ. فَيَهْبِطُ عِيسَى وَأَصْحَابُهُ، فَلَا يَجِدُونَ فِي الْأَرْضِ بَيْتًا إِلَّا قَدْ مَلَأَهُ زَهَمُهم ونَتْنهُم، فَيَرْغَبُ عِيسَى وَأَصْحَابُهُ إِلَى اللَّهِ، فَيُرْسِلُ عَلَيْهِمْ طَيْرًا كَأَعْنَاقِ البُخْت، فَتَحْمِلُهُمْ فَتَطْرَحُهُمْ حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ”.

    قَالَ ابْنُ جَابِرٍ فَحَدَّثَنِي عَطَاءُ بْنُ يَزِيدَ السَّكْسَكيّ، عَنْ كَعْبٍ -أَوْ غَيْرِهِ-قَالَ: فَتَطْرَحُهُمْ بالمَهْبِل. [قَالَ ابْنُ جَابِرٍ: فَقُلْتُ: يَا أَبَا يَزِيدَ، وَأَيْنَ المَهْبِل؟] ، قَالَ: مَطْلَعُ الشَّمْسِ.

    قَالَ: “وَيُرْسِلُ اللَّهُ مَطَرًا لَا يَكُنَّ مِنْهُ بَيْتُ مَدَر وَلَا وَبَر أَرْبَعِينَ يَوْمًا، فَيَغْسِلُ الْأَرْضَ حَتَّى يَتْرُكَهَا كالزّلَقَةِ، وَيُقَالُ لِلْأَرْضِ: أَنْبِتِي ثَمَرَتَكِ، ورُدي بَرَكَتَكِ”. قَالَ: “فَيَوْمَئِذٍ يَأْكُلُ النَّفَرُ مِنَ الرُّمَّانَةِ وَيَسْتَظِلُّونَ بقحْفها، ويُبَارك فِي الرَسْل، حَتَّى إِنَّ اللَّقْحَةَ مِنَ الْإِبِلِ لَتَكْفِي الفِئَامَ مِنَ النَّاسِ، وَاللَّقْحَةَ مِنَ الْبَقَرِ تَكْفِي الْفَخِذَ، وَالشَّاةَ مِنَ الْغَنَمِ تَكْفِي أَهْلَ الْبَيْتِ”. قَالَ: “فَبَيْنَمَا هُمْ عَلَى ذَلِكَ (، إِذْ بَعَثَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ رِيحًا طَيِّبَةً تَحْتَ آبَاطِهِمْ، فَتَقْبِضُ رُوحَ كُلِّ مُسْلِمٍ -أَوْ قَالَ: كُلِّ مُؤْمِنٍ-وَيَبْقَى شِرَارُ النَّاسِ يَتَهَارَجُونَ تَهَارُجَ الْحَمِيرِ، وَعَلَيْهِمْ تَقُومُ السَّاعَةُ”.

    Imam Ahmad telah mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Al-Walid ibnu Muslim, Abul Abbas Ad-Dimasyqi, telah menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu Yazid ibnu Jabir, telah menceritakan kepadaku Yahya ibnu Jabir At-Ta-i (kadi Himsa), telah menceritakan kepadaku Abdur Rahman ibnu Jubair ibnu Nafir Al-Hadrami, dari ayahnya; ia mendengar An-Nawwas ibnu Sam’an Al-Kalabi mengatakan bahwa pada suatu siang hari Rasulullah Saw. menceritakan tentang Dajjal dengan suara yang terdengar adakalanya rendah dan adakalanya keras, sehingga kami menduga beliau berada di dalam kebun kurma. Nabi Saw. bersabda, “Bukan Dajjal yang aku khawatirkan akan memudaratkan kalian. Karena jika Dajjal muncul, sedangkan aku masih berada di antara kalian, maka akulah yang akan menghadapinya, bukan kalian. Jika dia muncul, sedangkan saya tidak lagi berada di antara kalian, maka setiap orang muslim wajib membela dirinya, dan Allah-lah yang menjaga setiap orang muslim sepeninggalku. Sesungguhnya Dajjal adalah seorang yang berusia muda, berambut keriting, dengan bola mata yang menonjol. Dan sesungguhnya pasukan berkudanya memenuhi kawasan antara negeri Syam dan Irak, lalu menyebar ke segala penjuru. Hai hamba-hamba Allah, berpendirian teguhlah kalian.” Kami bertanya, “Wahai Rasulullah, berapa lamakah Dajjal tinggal di bumi?” Rasulullah Saw. menjawab, “Empat puluh hari; sehari ada yang lamanya sama dengan satu tahun, sehari ada yang lamanya sama dengan satu bulan, sehari ada yang lamanya sama dengan satu minggu, sedangkan hari-hari lainnya sama dengan hari-hari kalian sekarang ini.” Kami bertanya, “Wahai Rasulullah, tentang sehari yang lamanya sama dengan satu tahun, apakah cukup bagi kita mengerjakan salat sehari semalam di dalamnya?” Rasulullah Saw. bersabda, “Tidak boleh, tetapi tentukanlah perhitungan waktunya oleh kalian.” Kami bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah kecepatan perjalanan Dajjal (dan pasukannya) di muka bumi ?” Rasulullah Saw. bersabda, “Seperti hujan yang diiringi dengan angin besar. Lalu melewati suatu kampung, maka Dajjal dan bala tentaranya menyeru mereka. Dan bila mereka menerima seruannya, maka Dajjal memerintahkan kepada langit untuk hujan, lalu turunlah hujan; dan memerintahkan kepada bumi untuk menumbuhkan tetumbuhan, maka tumbuhlah tetumbuhan dengan suburnya, sehingga ternak mereka berkembang dengan pesat dan bertubuh gemuk-gemuk serta berlimpah air susunya. Bila Dajjal melewati suatu kampung dan menyeru mereka, tetapi mereka menolaknya, maka harta benda mereka (yakni ternak mereka) mengikuti Dajjal, sehingga mereka tidak mempunyai harta lagi, tiada sesuatu pun yang tersisa dari milik mereka. Bila Dajjal melewati suatu daerah yang tandus, maka ia berkata, ‘Keluarkanlah semua perbendaharaanmu,”maka semua perbendaharaan tanah tandus itu muncul dan mengikutinya bagaikan lebah mengikuti ratunya.” Rasulullah Saw. melanjutkan kisahnya, bahwa Dajjal memerintahkan untuk membunuh seorang lelaki, lalu lelaki itu dipukulnya dengan pedang hingga terpotong menjadi dua bagian dalam keadaan terpental jauh. Kemudian Dajjal memanggilnya, ternyata lelaki itu hidup kembali dan datang kepadanya. Ketika Dajjal dan pasukannya dalam keadaan demikian, Allah Swt. menurunkan Al-Masih Isa putra Maryam a.s. Isa turun di menara putih yang ada di sebelah timur kota Dimasyq dengan memakai dua lapis baju berwarna kuning seraya meletakkan kedua tangannya di antara sayap dua malaikat. Lalu Isa putra Maryam mengejar Dajjal dan dapat menjumpainya di pintu gerbang sebelah timur kota Ladd, lalu Dajjal dibunuhnya. Rasulullah Saw. melanjutkan kisahnya, bahwa ketika mereka dalam keadaan demikian (bersama Isa), tiba-tiba Allah menurunkan wahyu-Nya kepada Isa putra Maryam a.s, “Bahwasanya Aku telah mengeluarkan sebagian dari hamba-hamba-Ku yang tidak akan mampu bagimu memerangi mereka, maka selamatkanlah hamba-hamba-Ku yang beriman ke Bukit Tur.” Lalu Allah mengeluarkan Ya-juj dan Ma-juj, sebagaimana yang disebutkan oleh firman-Nya: dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. (Al-Anbiya: 96) Maka Isa dan sahabat-sahabatnya berdoa kepada Allah Swt. dengan penuh harap. Kemudian Allah mengirimkan wabah ulat yang menjangkiti tengkuk Ya-juj dan Ma-juj, sehingga mereka mati semuanya bagaikan matinya seseorang karena wabah tersebut. Isa dan para sahabatnya turun, mereka tidak menjumpai suatu rumah pun melainkan dipenuhi dengan bangkai dan bau busuk Ya-juj dan Ma-juj . Lalu Isa dan para sahabatnya kembali memohon kepada Allah dengan penuh harap (agar dibebaskan dari bencana itu). Maka Allah mengirimkan burung-burung yang besar tiap ekornya sama dengan unta yang paling besar, lalu burung-burung itu membawa bangkai Ya-juj dan Ma-juj untuk membuangnya ke tempat yang dikehendaki oleh Allah.

    Ibnu Jarir dan Ibnu Abu Hatim telah meriwayatkan melalui hadis Ma’mar, dari banyak orang, dari Humaid ibnu Hilal, dari Abus Saif yang mengatakan, Ka’b pernah mengatakan bahwa bilamana akan tiba saat keluarnya Ya-juj dan Ma-juj, mereka melubangi tembok itu dengan kapak (peralatan) yang mereka miliki, sehingga orang-orang yang tinggal di balik tembok itu dapat mendengar suara kapak mereka. Bilamana hari telah petang dan malam akan tiba, maka Allah menjadikan lisan seseorang dari mereka (Ya-juj dan Ma-juj) berbicara, “Kita datang lagi besok untuk meneruskannya.” Pada keesokan harinya mereka berangkat menuju ke tembok itu, dan mereka menjumpai tembok itu telah diutuhkan kembali oleh Allah seperti semula sebelum dilubangi. Maka mereka menggali (melubanginya) kembali sehingga manusia yang tinggal di balik tembok mereka dapat mendengar suara kapak mereka. Bilamana malam tiba, Allah menjadikan lisan seseorang dari mereka mengatakan, “Kita akan ulangi lagi galian ini besok, insya Allah.” Pada keesokan harinya mereka datang, dan ternyata mereka menjumpainya dalam keadaan seperti mereka tinggalkan kemarin (berkat perkataan insya Allah mereka, pent.) Mereka meneruskan pekerjaannya sehingga tembok itu dapat mereka jebol, dan mereka keluar dari tembok itu. Gelombang pertama dari mereka melewati sebuah danau, maka mereka meminum air danau itu sampai kering. Kemudian gelombang kedua keluar, lalu mereka menjilati lumpur danau itu. Gelombang ketiga keluar dan melewati tempat danau itu, lalu mereka berkata, “Dahulu di sini pernah ada airnya.” Manusia lari dari mereka, tiada sesuatu pun yang dapat menahan serbuan mereka.
    (akhir perkataan Ibnu Katsir)

    Dimana Ya’juj dan Ma’juj

    al-Imam Ibnu Katsir rahimahullah menukil banyak sekali riwayat berkenaan Ya’juj dan Ma’juj yang pada intinya mereka adalah anak manusia dan masih satu ras dengan bangsa Turki. Jumlah mereka jauh lebih banyak dari penduduk bumi. Lalu dimanakah mereka saat ini? dimanakah Dzulqarnain mengurung mereka dibalik bendungan itu? apakah mungkin ada daerah yang belum dijelajahi oleh manusia saat ini?

    Dengan keimanan kita kepada ayat-ayat Allah dan hadits Nabi SAW kita meyakini bahwa ada tempat yang belum dijelajahi oleh manusia dari negara-negara di zaman ini atau mungkin sudah diketahui namun informasinya disembunyikan dengan tujuan-tujuan tertentu. Yaitu tempat dimana dihuni oleh bangsa yang penduduknya lebih besar dari penduduk negara-negara yang kita kenal saat ini.

    Dengan berdasarkan pada analisa makalah bagian 1 bahwa bumi ini datar maka tentu saja masih ada daerah yang belum kita jelajahi. Dalam anggapan saya maka Dzulqarnain setelah dari utara beliau melanjutkan perjalanannya menuju ke selatan lagi yang kemungkinannya arah berlawanan dari arah selatan sebelumnya, setelah itu menemui suatu kaum dan membangun pintu besar yang mengurung Ya’juj dan Ma’juj sehingga mereka tidak dapat melintasinya hingga datangnya ketetapan Allah.

    Lalu kalau bumi ini datar maka bagaimana peta bumi sebenarnya? dengan merujuk pada Azimuthal Equidistant Projection yang digunakan oleh seorang ilmuwan muslim al-Biruni (wafat tahun 1048 M) yang juga peta itu dijadikan lambang PBB (United Nations) maka kutub utara dijadikan sebagai pusat proyeksi seperti dibawah ini:

    Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa
    “Azimuthal Equidistant Projection adalah suatu proyeksi peta azimut. Ia memiliki sifat yang berguna bahwa semua titik pada peta berada pada jarak proporsional benar dari titik pusat, dan bahwa semua titik pada peta berada di azimuth yang benar (arah) dari titik pusat. Sebuah aplikasi yang berguna untuk jenis proyeksi adalah proyeksi polar yang menunjukkan semua meridian (garis bujur) lurus, dengan jarak dari kutub diwakili dengan benar. Bendera PBB merupakan contoh dari Azimuthal Equidistant Projection.
    Proyeksi ini digunakan oleh USGS di Atlas Nasional Amerika Serikat, dan untuk skala besar pemetaan Mikronesia. Hal ini berguna untuk menunjukkan jarak maskapai dari pusat titik proyeksi dan untuk pekerjaan seismik dan radio.
    Dalam kasus radio, proyeksi ini memungkinkan untuk penentuan arah antena, terutama dalam hal komunikasi HF. Seorang operator bisa mengarahkan antena, biasanya oleh penggerak listrik, hanya mencari target di peta dan memutar antena ke sudut yang ditunjukkan oleh peta. Peta harus berpusat sedekat mungkin ke lokasi antena yang sebenarnya.” (akhir kutipan Wikipedia)

    Maka kalau semua jarak proporsional dari utara maka itulah peta sebenarnya.

    Sebagai bahan bacaan silakan rujuk https://en.wikipedia.org/wiki/Azimuthal_equidistant_projection

    Maka dibelahan bumi lain disanalah saya beranggapan tempat dimana ada bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang populasinya jauh melebihi penduduk dunia yang kita kenal saat ini.

    Laksamana Muda Richard E. Byrd ikut serta dalam Operasi Highjump dimulai 26 Agustus 1946 dan berakhir pada akhir Februari 1947. Angkatan perang yang ikut adalah 68 termasuk 4.700 orang, 13 kapal, dan 33 pesawat. Misi utama operasi Highjump adalah mendirikan basis penelitian Antartika Little America IV.

    Laksamana Byrd membahas pelajaran yang didapat dari operasi Highjump dalam sebuah wawancara dengan Lee van Atta dari International News Service yang diadakan di kapal perintah ekspedisi USS Mount Olympus. Wawancara terjadi pada Rabu 5 Maret 1947 edisi koran Chili El Mercurio dan berisi sebagai berikut:

    “Laksamana Richard E. Byrd memperingatkan hari ini bahwa Amerika Serikat harus mengadopsi langkah-langkah perlindungan terhadap kemungkinan adanya invasi terhadap negara (amerika) oleh pesawat musuh yang datang dari daerah kutub. Laksamana menjelaskan bahwa ia tidak berusaha untuk menakut-nakuti orang, tetapi kenyataanya jika terjadi perang baru, Amerika Serikat dapat diserang oleh pesawat-pesawat yang terbang melampaui satu atau kedua kutub. Pernyataan ini dibuat sebagai bagian dari rekapitulasi pengalamannya di kutub, dalam sebuah wawancara eksklusif dengan International News Service. Berbicara tentang ekspedisi baru-baru selesai, Byrd mengatakan bahwa hasil yang paling penting dari pengamatan dan penemuannya adalah akibat yang berpotensi kaitannya dengan keamanan Amerika Serikat. Kecepatan fantastis yang mana dunia mengecil – kata laksamana – adalah salah satu pelajaran yang paling penting yang dipelajari selama eksplorasi Antartika baru. Saya harus memperingatkan rekan-rekan saya bahwa waktu telah berakhir ketika kita mampu berlindung dalam isolasi dan bergantung pada kepastian bahwa jarak, lautan, dan kutub adalah jaminan keamanan.”

    Selanjutnya mengenai Operasi Highjump silakan baca di
    https://en.wikipedia.org/wiki/Operation_Highjump

    Wallahu a’lam.

  127. Sekali lagi tetap sangat tidak masuk akal dengan matahari yang berkeliling dalam piringan bumi, dengan pengamatan real kita sehari2.
    Logikanya kalo matahari terbit ada di timur laut, matahari tenggelam ada di barat laut, jam 12 malam ada di utara dengan terlihat bias cahaya remang2.
    Tapi kenyataan tidak begitu kan? Coba fikirkan yang jernih dan penuh dengan akal.
    Liat videonya aja, bikin geleng2 kepala. Hebat betul hayalannya.
    Jangan jauh2 pembuktian lengkungan bumilah, wong gede sekali bumi ini, kelilingnya aja 42ribu kilometer, diameter sekira 13ribu km.
    Makasih

  128. Klo mnurut sy bumi itu bulat bkn datar….itu yg pembuktian pkek lasser mnurut sy hoax…soalny sy prnh naik kpl dri bali smpe lombok..itu dilaut kliatan mlengkung soalny ad perahu yang kapal kmi dkati…dri jauh gk kliatan trus kliatan ujung bgian atasny dikit smpe kliatan smpurna…trus msih pd inget kn tentang kiamat??,disitu dijlskn klau smua planet bertabrakan,trus ad 1 nabi karna ketampananny dia smpe 11 planet sujud kpd dia….trus wktu prjlnan dri jkt ke tokyo saat daatas lau bnr2 terlihat melengkung, dan jga capten siapa tu tdi…yg mengeliling smpe 60000 km, liat lgi dah rute dia, dia smpet muter2 di slatanny australia dan jga di timurny amerika selatan….itulah yg menyebabkan perjalannya amat jauh….dia berputar2 smpe beberapa kli dilaut otomatis itu berpuluh-ratusan km kan??,jga jgn smpe salah pemikiran tentang matahari yg akan turun..klo dipikir emg gk msuk akal klo bumi bulat tpi matahari sejengkal diatas kepala…psti klo melengkung ad yg jarak matahari sma kepala rada jauh kn??tpi sbenarny nnti kita dikumpulkn didlm satu tmpt yg bernama padang mahsyar…disitu semua manusia dikumpulkan dan matahari diturunkan…jga sy berpendapat tentang bumi dihamparkn…mungkin itu hany istilah..karena allah menuangkan ayat2 suci di al quran kebanyakn menggunakan istilah…sy udh bljr ilmu agama….dan juga jgn smpe salah kaprah tentang salah satu istilah yg berbuny tanah sebagai lantai dan langit sebgai atap…ini bermaksud bumi itu adalah rumah kita…kita berlindung diatas tanah dan dibawah langit…oh y satu lagi tentang rute penerbangan….asliny knp bnyk di transit…knp gk bisa langsung ketmpt tujuan….soalny diatas,jalur pesawat udah semeriwet…jdiny diatur sebisa mungkin biar gk terjadi tabrakan diudara…nih bonusny tentang wanita lahir dalm psawat….psawat itu bertujuan ke LA kan??nah pas sy liat sy plajari lbih lnjut…dri bali ke LA atau dri bali ke alaska…itu lebih dekat ke alaska…org sy naek psawat ke LA aj diturunin di LA bkn di alaska…skarang sy ad buktinykn bkn omong kosong

  129. bukti yang disampaikan hanya teori absrud yang dipaksakan, tidak ada bukti ilmiah nya
    selama ini bukti-2 bumi bulat secara ilmiah telah membuktikan bumi bulat berdasarkan koordinat LU-LS secara georafis menjadi bukti nyata di lapangan dalam perhitungan ilmiah segala aspek kehidupan..yang tepat dan akurat.

    sedangkan teori bumi datar tidak ada semua itu,

    rumus apa dan mana yg akan di pakai, untuk bumi datar
    dan bukti apa yg telah diaplikasikan semuanya Nol besar
    tidak pernah ada rumus2 perhitungan dg bumi datar.

    ini hanya khayalan dan lamunan orang dungu, yang lalau di kembangkan oleh prmikiran idiot modern yang tak punya dasar sama sekali,……
    lucu jadinya,….teori idiot bumi datar akan melawan bukti bumi bulat….?

    • Setujuuuuu…. (y), klo bilang tidak pernah ada rumus2 perhitungan dgn bumi datar, ada 1 sih yg aku tau, siklus saros, buat ngitung gerhana, yg buat rumus itu juga orang yg percaya bumi datar, itu emang bener ada, aku dh banyak baca ttg siklus saros,, cm ya cuma 1 rumus itu aja sih… ga tau deh klo rumus2 lainnya hahahhaha…. yg aku tau cuma kamu itu indah, ehh bumi itu indah (y).

  130. Begini, saya lebih condong ke globe earth. Kenapa? Karena flatter suka berdebat kusir. Saya pun sudah memikirkan sesuatu tentang flat earth Dan membandingkannya dengan globe earth. Flatter selalu ngomong ke globe, emangnya kamu pernah ke luar angkasa? Bla bla bla. Sekarang apakah flatter juga sudah pernah ke antartika secara langsung to long beri foto jika Ada pertambangan atau tentara atau yg lainnya? Tolong jangan anarkis.

  131. Intinya bumi itu bulat dan berputar dan mengelilingi matahari. Matahari itu adalah bintang induk dari 8 planet termasuk bumi dan jarak matahari 8 menit cahaya dari bumi. bulan itu adalah satelit alam bumi yang mengelilingi bumi tapi bulan tidak berputar melainkan terkunci dalam, artinya 1 bagian dari bulan akan terus menghadap ke bumi dan bagian lainnya tidak..

    Jika ada ada yang bilang bumi itu datar.. Kenapa dia gk coba ke luat angkasa aja.. Ikut sama roket dan buktikan sendiri gk usah pake teori.. Keluar angkasa yang tinggi” dikit terus liat semua sisi bumi.. Keluar atmosfer bumi sampai bumi terlihat semua..

  132. Ahh kalian semua dsni pada komen apa an sih?.. bulat datar?.. pesawat, satelit, kubah, bla bla bla… aku baca komen dsni bukan makin pinter malah semakin oon (sepertinya emang saya yg oon) :p…
    aku mau nanya pertanyaan oon aja deh klo gitu… nak semua pake sinyal satelit, kaya tipi, hengpong, internet, dll… kok tipi saya masih suram gambar nya, kualitas chanel tiap stasiun tv kok beda?.. padahal udah pake LED 40 sekian inch, apa negara kita ini terlalu miskin tah, buat beli sinyal?..sampe segitunya di anak tirikan masalah teknologi?..internet ku kok lelet, putus2?…kenapa kok di korea selatan punya kecepatan internet paling tinggi sedunia?.. emang korsel tah ya, yang ngelahirin internet?… satelitnya korsel paling byk ya di langit?.. wah sugih ya korea T_T… kok aku naik gunung merbabu, ke curug mana gt, ke air terjun apa gt, malah ga ada sinyal?… opo sinyal satelit nya ketutupan daun?… apa jgn2 takut sama penunggu gunungnya?… apa sebenarnya kita yang sebenarnya di hipnotis, klo ternyata gunung itu bukan naik keatas tapi turun kebawah?…. hhalah nulis apa to aku… yaudahlah, semoga ga ada yg balas komen saya, mau tidur aja, berdoa dulu kepada Pencipta Bumi ini, supaya saya ga di jatuhin gunung bromo, tp gunung empuk aja, Amin. 😛

  133. Ketika flat earth menyangkal literatur berpuluh puluh tahun tentang bumi bulat, lalu menelan mentah-mentah video youtube yang baru beberapa tahun dan keabsahannya masih dipertanyakan.

    Bilang satelit gak kelihatan dan ada kubah bumi yang bikin satelit gk bisa terbang sebagai dasar bumi datar, menurut gua bumi bentuknya prisma tegak segitiga juga kalo ada kubah satelit tetep gak bisa terbang

    • Jangan cuman karena gak paham rumus fisika tentang bumi bulat langsung bilang kalo rumusnya salah atau itu konspirasi, baca dulu emang rumusna yang salah atau kalian penganut FE yang gk paham

      Bisa-bisanya coba ada yg tanya kalo bumi bulat dan berotasi berarti pesawat yang terbang melawan putaran bumi gk nyampe-nyampe dong karena lebih lambat dari putaran bumi, trus kalo ada satelit harus punya kecepatan secepat rotasi bumi dong biar bisa terus ada di titik yang sama

      Jujur kalo lo mau baca, lo bakal malu sendiri ketika lo paham dan sadar kalo yang lo tanya ini luar biasa goblok

  134. وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

    “Dan (Ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.” (Al-Kahfi: 47)

  135. Yuk ngopi bareng aja sambil kita berfikir bahwa Allah maha besar kekuasannya. Coba jelaskan pakai bumi bulat,datar, kotak terserah tentang 7 lapis langit dan bumi yg antara jarak masing-masing 500 th perjalanan, kenapa bumi bisa di hitung besarnya seperti kita pelajari di sekolah coba hitung berapa luasnya bumi pas gak ukuran bumi.. Itu hadis nabi lho gan.. zaman nabi gak ada pesawat supersonik jadi perjalanya pakai unta.. 1hari perjalan unta beerapa kilo ya gan ada yg tau gak.. terus kalikan 365 hari utk masehi/ 355 th hijiriah teserah mana yg di pakai.. kali 500.. kalikan lg dengan 7.. itu tebal/luas bumi pas gak dengan besarnya bumi yg kita pelajari?????????????
    Pertanyaan saya satu lagi kenapa untuk masalah satelit yg memotret bumi kok gak ada background nya terang/putih.. pasti hitam. Pakai lampu flash apa tu satelit.. motretnya malem ya.. hebat ya gan sekalian aja tu lampu di pakai pengganti matahari saat malem.. biarin kita gak ribut mati lampu..
    Wallahualam…
    Maha besar ciptanya..
    Manusia di beri akal fikiran hanya sedikit.. tidak melebihi apa yg telah ia tetapkan.

    • Pemikiran ttp percaya Bumi bulat brarti percaya k bohongan nasa,,,satelit tidak pernh ada diluar angkasa. Setiap satelit yg meluncur pasti hancur bila menembus lapisan udara bumi (real). Pasti kita bertanya tanya bagaimana dgn pengambilan foto oleh Nasa?? Itu hny kebohongan nasa saja. Klo ada satelit diluar angkasa kenapa masih menggunakan tower BTS untuk pengambilan sinyal hp/internet???coba saudara pikir lagi’
      Gambaran dlm fikiran kita karena kita pernh melihat tampilan foto satelit yg melayang di antariksa”! Coba sodara pikirkan satelit tidak terkena dampak gravitasi bumi,??? Dimana posisi satelit berada ditengah antara bulan dan bumi??? Kok gk kena gravitasi bumi? Pdhl bulan yg besar saja masih terkena dampak gravitasi bumi, itulah kebohongan Nasa yg luput dari pemiliran sehat kita selama ini. Mari kita belajar bersama sama… Keluar dari pemikiran dan ilmu yg kita dapat dari kbohongan mereka(amerika/yahudi)

  136. Jika bumi datar bagaimana terjadinya bulan dari bulan sabit menjadi bulan purnomo. Jika bulan punya cahaya sendiri kenapa cahayanya selalu menghadap matahari.? Jika bumi datar bayangan apa yg ada dibulan..?
    Jika bumi datar bagaimana matahari bisa terbenam..? Seharusnya matahari menjauh dan semakin mengecil bukannya terbenam. Kenyataannya tebenam.

  137. Kita ambil yang sederhana aja,, siapa yang tidak tahu LOGO PBB(Perserikatan Bangsa-Bangsa). ?. pasti tau lah
    mereka menggunakan PETA BUMI DATAR, ARTINYA MEREKA TAHU BUMI INI DATAR, GX MUNGKIN GX TAU,,, ANGGOTA PBB ITU GX MUNGKIN ORANG TIDAK BER PENDIDIKAN….

  138. Bumi tu seperti buah jeruk menurut saya gitu lho…klu memang bumi tu datar…berarti siang terus donk tidak da malam nya..coba kita tes dengan senter lampu pasti ada perbedaanya… antara bumi datar dengan bumi bulat…..gini ja mau datar kek mau bulat terserah ja..tapi jangan di jadikan bahan debatan..

  139. Bumi itu bulat, dan berevolusi terhadap matahari, matahari itu diam, tetapi berevolusi mengelilingi pusat galaxy, apabila ditanya mengapa kita melihat bintang yang sama di utara, itu karna bintang bintang lain juga mengelilingi pusat galaxy, apabila matahari itu kecil dan mengelilingi bumi, maka bagaimana dengan planet lain? Bukankah itu artinya tata surya tidak pernah ada? Bila tata surya tak pernah ada, bagaimana dengan alam semesta? Apa itu meteorid? Komet harley? Bagaimana dengan planet mars? Yang terdekat dengan matahari adalah merkurius dan venus, bagaimana ukuran planet tersebut? Jika kalian beranggapan bumi itu datar, bukankah kalian mematahkan segala ilmu yang telah ada? Bukankah kalian harus mencari lagi bagaimana suatu benda dapat jatuh? Bukankah kalian harus mencari lagi ilmu yang baru karna ilmu yang telah ilmuan pikirkan dan cari, kalian bantah? Semua teori yang dikemukakan ilmuan berarti hanya omong kosong apabila kalian membantahnya? Percuma dong kita sekolah dan belajar selama ini? Lalu bukankah Lauhul Mahfuz itu luasnya seluas alam semesta? Kalau menurut teori Bumi Datar, apa yang dimaksud alam semesta itu sendiri? Coba jelaskan, maaf ane cuma orang awam yang ikut nimbrung

    • Dalam pikiran kita yg prnh belajar ttg ilmu alam semesta dll… Itu produk dari luar negeri /barat yg belum tentu kebenarannya. Selama ini pikiran kita bahkan sejak kecilpun kita sdh dibodohi tentang ajaran alam semesta dan pembohongan2 yg seakan sdh mencuci otak kita tentang keadaan alam semesta. jd maklum kita tetap brpendirian kuat, hrsnya mulai sekarang kita hrs mereset ulang pemikiran kita dari nol dan mencari tahu kebenaran dari sumber terpercaya. Kita kembali kedasar lagi dari al quran…

  140. Ikut yg dibawa al quran aja… Jujur n benar kok.
    Liat youtube berulang kali jujur aja nasa bohong besar soal astronot diluar angkasa dan yg turun dibulan juga bohong., padahal adegan/syuting turun dibulan bnyk kejanggalan terkait lokasi di nevada area 51 (seingetku lokasinya). Kebohongan demi kebohongan nasa hny untuk mengeruk keuntungan, jd inget sabda rasulullah bahwa kelak diakhir jaman akan bnyk terjadi kebohongan oleh kaum yahudi.
    Dan terkait astronot china jg… Pengambilan adegan dilakukan dikolam/air…krna bnyk ditemukan kejanggalan adanya gelembung air…marilah sob kita mulai brfikir dan hilangkan sejenak pemikiran dari pembohongan besar dari nasa/amerika…mulai penelitian dari nol lagi dan jgn lupa merujuk pada kitab agama terdahulu.. Muslim al quran ato alkitab (asli)

  141. Wacana bumi datar ini kukira akan tenggelam dimakan zaman, hanya menjadi sedikit gangguan bagi teori bumi bulat. Karena apa? Yg dikedepankan hanya bantahan utk teori bumi bulat, sedikit sekali mengeluarkan konsep atau teori sendiri. Misalnya tentang peredaran matahari, seperti yg banyak dikupas dg brilyan oleh Sukma. Apakah piringan bumi datar juga bergoyang seperti goyangan bumi pada teori bumi bulat utk menjelaskan tentang posisi edar matahari yg ber-ubah2 sepanjang tahun? Atau cukup mataharinya yg punya garis edar yg ber-ubah2? Walaupun begitu, aku salut dg Devara Denfilla cs dari pembela teori bumi datar

  142. NASA bohong, pendaratan astronot ke bulan juga bohong, mungkin saja demikian. Tapi soal itu tdk hrs mengaitkannya dg teori bumi datar. Kita hrs pisahkan permasalahannya

  143. LOGICAL FRAMEWORK: Pahami dulu kesalahan & kebohongan pada teori yang ada, sebelum bertanya/mempelajari soal Flat Earth. “Kalau tidak rusak, buat apa diperbaiki?”

  144. Kalo ada yg percaya bumi itu datar, yaa gak masalah toh. Itu kan kepercayaan mereka dg bukti yg dianggap benar.

    Dan kalo ada yg percaya bumi itu bulat, gak masalah juga. Karena udah diajarin dari kecil begitu dan mungkin diantara mereka punya bukti yg dianggap benar juga.

    Asalakn gak ganggu antara satu sama lain dan saling menghormati, gak masalah kan.

    Beda cerita kalo masing” teori bisa hasilkan duit, gue milih teori yg duit nya gede ajalah ya ..

  145. kalau bumi datar tentu ada sendi2 seperti buku yang mempunya siku2 ,emang situ pernah dengar manusia pertama yang berhasil berhasil sampai disudut bumi??klw iya ada apa yang apa dilihat planet2 bintang2 atau taik ayam ,mungkin ada tembok ya dari bata atau lobrik

    • yg bukan pada ahlinya pada sotoy nih haha. klo saya sih awam hehe, menurut saya keduanya masuk akal ko cuma keduanya jg punya kejanggalan masing2.

      1. buat flatter, pengen tanya lg yg udah mas sukma tanyain, “klo kita di kutub selatan selagi matahari lagi berkelilingi dekat kutub utara, menurut logika kita klo lagi menghadap liat ke utara cuma bisa liat matahari bergerak dari barat ke timur terus balik lagi ke barat dst, gakan pernah ada di selatan atau belakang kita (tidak memutar dari depan ke belakang kita) atau dari barat bergerak ke selatan lalu terbenam ke arah utara dan terbit lg di barat” jadi di kutub selatan apakah seperti itu ? kasih bukti yg real kalo ada link video dsb tolong cantumin linknya yah saya penasaran juga soalnya 🙂

      2. buat anti flatter, ada yg bisa bantah tentang sifat air di tayangan video flatearth101 secara ilmiah ? secara doi juga jelasin sifat air bisa menentukan bentuk bumi pake hitungan dsb. plis jgn cuma jawab karna gravitasi jadinya air juga ikut melengkung (jawab detail), plis jgn jawab juga sama seperti arah shalat/kiblat ikutan melengkung karna gravitasi

      3. buat penggemar zakir naik, ada yg bisa bantah tentang zakir naik itu telah salah mentafsirkan ttg bentuk bumi sperti telur burung unta di tayangan video flatearth101 ?

      mudah2an yg jawab sesuai dengan keahliannya dan keluasan ilmunya..
      semoga ada jawaban2 yg bisa jadi inspirasi atau membuka mata dan bermanfaat. amin

  146. yg bukan pada ahlinya pada sotoy nih haha. klo saya sih awam hehe, menurut saya keduanya masuk akal ko cuma keduanya jg punya kejanggalan masing2.

    1. buat flatter, pengen tanya lg yg udah mas sukma tanyain, “klo kita di kutub selatan selagi matahari lagi berkelilingi dekat kutub utara, menurut logika kita klo lagi menghadap liat ke utara cuma bisa liat matahari bergerak dari barat ke timur terus balik lagi ke barat dst, gakan pernah ada di selatan atau belakang kita (tidak memutar dari depan ke belakang kita) atau dari barat bergerak ke selatan lalu terbenam ke arah utara dan terbit lg di barat” jadi di kutub selatan apakah seperti itu ? kasih bukti yg real kalo ada link video dsb tolong cantumin linknya yah saya penasaran juga soalnya 🙂

    2. buat anti flatter, ada yg bisa bantah tentang sifat air di tayangan video flatearth101 secara ilmiah ? secara doi juga jelasin sifat air bisa menentukan bentuk bumi pake hitungan dsb. plis jgn cuma jawab karna gravitasi jadinya air juga ikut melengkung (jawab detail), plis jgn jawab juga sama seperti arah shalat/kiblat ikutan melengkung karna gravitasi

    3. buat penggemar zakir naik, ada yg bisa bantah tentang zakir naik itu telah salah mentafsirkan ttg bentuk bumi sperti telur burung unta di tayangan video flatearth101 ?

    mudah2an yg jawab sesuai dengan keahliannya dan keluasan ilmunya..
    semoga ada jawaban2 yg bisa jadi inspirasi atau membuka mata dan bermanfaat. amin

  147. Setelah bosan dan udah susah ketawa lg nonton stand up comedy, akhirnya nemu jenis komedi baru di artikel yg asli kocak parah ini. Serius pula menyajikannya. Terimakasih atas sajian komedinya bro. LOL… 😀 😀 😀

  148. ilustrasinya gambar dri flatearth malah nyomot dari globe (bumi bulat) yg diproyeksikan ke ellips.. jadi gmbr permukaan buminya terlihat memaksa. sinar matahari berasal dari panas gas yg terbakar.. dan suatu saat bisa habis..beda dgn bulan yg isinya cuma batuan.matinya matahri bsa mengembang atau mengecil. klo di gambar sekecil itu.. berarti dahulunya besar bgt bs nempel ke permukaan bumi.. gmbr diatas jg flatearthny cm ilustrasi (gambare wong)… foto aslinya gada. satelit diluar angkasa kan gakda angin…perputarannya mengikuti daya tarik bumi yg konstan…jet digambar itu aerodinamis.. “aero” brati udara..krn ada daya gesek udara-angin maka dibentuk sperti itu.. klo diluar angkasa y namanya jg ruang hampa udara.

  149. Absen orang awam…matahari itu seperti senter kah ?cahayanya cuma kebawah saja? Coba percobaan nya diganti balon yg cahayanya menyebar tdk fokus kebawah jadi apa jadinya!!!! Piss damai itu lebih indah

  150. Hmmm.. Budaya manusia.. Cuman komen tanpa ilmu, tak perlu menjudge ini hanya pemikiran admin.. Yg percaya flat silahkan.. Yang percaya globe ya silahkan.. Tak perlu saling mencaci atau membully.. Ada baiknya mengkaji.. Be smart guys.. Bibirnya gaboleh racing..😂😂😅

  151. Bukti bumi bulat adalah ka’bah pusat bumi. Puluhan ayat dalam alquran menytakan bumi bergerak disertai perintah dalam berpikir dan grvitasi itu ada buktinya kompas tidak bergerak di pusat bumi atau dika’bah. Kedua globe sudah ada sudah dibuat sejak abad 3hijiriah artinya geografi orang muslim sudah maju . coba berpikir yang bilang bumi datar apakah sudah punya ilmu untuk megetahui kebodohan anda sendiri??

  152. ula la la la la la la la la . na na na na . na , bawa bawa quran bawa bawa hadist, emang tuhan ? la la la la … datar apa gak apa penting e ? setelah menang debat apa yang di dapat ? haha dasar teoritikus.. logika hanya tercipta dari otak. tuhan ? emang udah pada ketemu tuhan ?? berfikir manfaat aja lah. lebih sopan dan gak kesepian. hahahahahahahah silahkan berdebat. ntar kalau udah pada mati baru tau kan faktanya bumi bulat atau gak..
    atau saran saja.. kalau pingin tau bumi bulat apa gak jadi aja wali tuhan.. hahahahahahahhahahahahah udah lah damai aja, hahahaha

  153. Kalo benar bumi itu datar atau flat akankah adanya grafitasi? Flatter hanya melihat dari jarak pada gambar, Jika bumi datar tidak mungkin adanya banyak pulau, kalo pendaratan di bulan itu memang fake atau palsu buatan NASA, satelit hanya berputar searah jarum jam jadi kelihatannya bumi itu datar.

  154. Menurut saya bumi itu bulat…. sebagaimana qt melihat bulan dan matahari itu bulat,,, ALLAH mencipatakan bumi itu sempurna,, heran ada juga yg selalu mempermasalahkan masalh begini,, apakah keimanan kalian bertambah jika anda mengatakan bumi itu datar, apakah keimanan kalian bertambah jika kalian mengatakan satelit itu tidak ada,,, jgnlah membuang2 waktu dengan sesuatu yang tdk penting…

  155. Qatar airways akan membuka rute penerbangan baru, dan terjauh. Yaitu dari Doha ke Auckland, Selandia Baru. Saya tracing di Google earth lintasan persis melalu tengah benua australia. Pasti itu yang dipilih karena jarak terdekat dan lurus. Sekarang he, saya tarik rute di peta flatearh. Wah sangat berbeda sekaleeeee. Lintasan tidak sedikitpun melalui benua australia. Bahkan Indonesiapun tidak.
    He he tinggal tunggu laporan dari yang pernah terbang, apa liat benua australia di bawah pesawat (dari jendela lah lihatnya). Lebih tau lagi pilotnya ya. Saya yakin 100% iya betul.

  156. Assalamualaikum, saya dari aceh nehh um, yang saya ketahui bumi itu datar, jadi bagi yang ingin bulat silahkan . Jangan ber adu domba sesama bangsa, tapi orang kafir lah yg harus di adu, karena orang itu di bayar mahal untuk membohongi orang non muslim menjadi tidak percaya atau yakin kepada muslim. Trm

  157. Assalaamualikum
    Pernahkah anda perhatikan peta bumi datar ( berbentuk lingkaran )? Pernahkah anda perhatikan bumi globe?
    Peta bumi datar memang hanya di internet saja, dan sepertinya ga ada yg punya. Harus download. Tapi peta bumi globe banyaklah, baik yang 2D atau model globe.
    Sekarang saya akan amati dua bentuk itu. Langsung to de point aja.
    Bagi umat muslim di Indonesia, hususnya pulau jawa, pasti sudah faham mengenai arah dari Kiblat. Arah tersebut ke barat dan berputar sedikit ke utara. Dengan kompas diperkirakan 22-27 derajat ke utara (ketika menghadap ke barat).
    Saya coba tarik garis lurus di peta bumi globe (dengan bantuan google earth). Tarik garis dari pulau jawa (bandung) ke Masjidil Harom (mekkah). Saya juga tarik garis lurus (dari bandung) tetapi ke barat. saya menjaga supaya penarikan garis tetap di lintang selatan (6 derajat 55’ 18”). Ga usah panjang2 sekira 1 kman saja.
    Saya analisa mengenai sudut yang dibentuk, saya save screen shot imagenya, saya buka di corel draw dan saya ukur sudutnya. Hasilnya sekitar 25,5 derajat.
    OK itulah hasil pengukuran di globe earth. Ada yang lebih tau dan akurat silakan komentari, mohon maaf bila pengukuran saya salah.
    Sekarang saya unduh peta bumi datar di website. Saya bisa perkirakan letak masjidil harom dan kota bandung di peta tersebut. Saya buat garis ke arah utara ( yang menurut flat earh, utara adalah pusat lingkaran ).
    Saya tarik garis ke arah barat ( tentunya tegak lurus dari arah utara ). Selesai membuat barat dan utara. Kemudian saya tarik garis dari sudut utara-barat (di kota bandung) menuju masjidil harom.
    Seperti biasa saya hitung sudut yang dibentuknya ( itu menandakan arah kiblat lho, jgn main2).
    Hasilnya? Luarrrrrrrr biasa, berbeda sekali yaitu sekitar 48 derajat.
    Anda yakin arah kiblat itu menurut flat erath?
    Menurut info di WEB, arah kiblat kota bandung adalah 25 derajat 10’ Ya ga jauh dengan yang saya hitung. Dan juga saya perhatikan foto satelitnya, image masjid raya bandung mememang mengarah ke kiblat.
    Oklah teman2 sekarang silakan fikirkan, mana yg benar, menurut google earth (bumi bulat), atau menurut peta bumi datar (bumi berbentuk piringan seperti lambang PBB)
    Terimakasih atas perhatiannya, Wassalaam

  158. ZzZ Pertanyaan simpel kalau kita terbang menggunakan pesawat Boeing 777 di ketinggian 10-13KM di wilayah udara Indonesia tanpa Awan yang menghalangi pandangan apakah Gunung Everest/Benua Australia/Negara Malaysia/Singapore/Timore Leste/Brunei/Papua nugini bakal keliatan,,,??

  159. Sebetulnya tuk membuktikan bumi itu bulat atau flat di zaman sekarang , dengan kecanggihwn tehnologi yg ada menurut saya tidak sulit bagi ilmuwan , tapi masalahnya mungkin ada ulmuwan yg jujur dan yg tidak , dan kita sebagai orang awan ada yg percaya dg laporan ilmuwan iru tapi ada juga yg tdk percaya.akhirnya jadi polemik yg tidak ada habisnya. (Cuma pendapat pribadi)

  160. Saya males ikut debat. Yg jelas saya lebih percaya ke Bumi Bulat. Why? Karena gini yaa,,, Cina, India, Rusia, Jepang, Amerika, Inggris, Prancis, Malaysia, Italia, Spanyol, dan mayoritas negara maju itu sudah sering dan biasa untuk bolak balik ngirim astronot. Tohhh kaloo bumi bulat itu just a conspiracy, ga mungkin banget dari skian banyak negara maju yg udah ngirim Astronot and kosmonotnya sepakat untuk bohong. MISALNYA pun smua spakat untuk bohong sperti yg dikatakan flatters, pasti akan diantara para Kosmonot ato Astronot yang ember ato bekoar koar ‘ ehh bentuk bumi ternyata datar lohhh’ dan memberontak pada sistem elit global ato global elit.

    Kita ini terlalu menaruh Su’udzan kepada manusia manusia lain didunia ini, kepada para pemimpin dunia dan menuduh mereka terlibat konspirasi.

    Dan kaloo klian bilang meteor g ada, ups, sorry, saya g stuju. Saya pernah liat meteor jatuh langsung.

    Dan klian menggunakan dalil ato ayat Al-Qur’an untuk mendukung teori klian, klian juga nggak pernah baca dalil ato ayat Al-Qur’an yang menyanggah teori kalian? Ada ayat didalam Al-Qur’an yang menyatakan bahwa ( saya g hapal ) tapi kurang lebih maksud dari ayat tersebut adalah Allah memasukkan atau memutarkan siang ( matahari ) kedalam malam ( bulan ), dan begitu sbaliknya. Maksudnya, Allah membuat siklus antara matahari dan bulan yang siklus ini hanya akan terjadi pada bumi datar.

    Slain itu, saya juga denger dari teori flatters, katanya dibalik antartika itu ada smacam tembok es yaa? Nahh katanya dibalik itu ada tanah tanpa es dan banyak sumber daya alam didalamnya. Pertanyaan saya adalah… Bagaimana ada lahan tanpa es, padahal lahan tersebut tidak tersentuh oleh matahari ( karna matahari hanya beredar ditengah bumi datar atoo di benua utama. ) dan lahan tersebut juga langsung bersebelahan dengan es?

    Lalu tentang kubah langit. Kloo kubah langit itu padat dan tidak dapat ditembus, lalu kenapa di Al-Qur’an, Allah menyatakan bahwa Allah akan melempari Syaitan dengan bintang bintang? Apakah bintang bintang ini ada didalam kubah atau diluar? Kalau bintang2 ini berada didalam, apakah ada yg pernah melihatnya?

    Dan ada juga flatters menyatakan bahwa AS dan Rusia pada abad ke 20 kmarin melakukan stidaknya 4 kali pemboman untuk menghancurkan kubah langit. Sorry aja yaa, saya rasa anda yg berpendapat demikian kurang memahami sejarah. Bahkan dalam menyebut negara yang melakukan pemboman saja anda ( para flatters ) salah besar. Yang melakukan pemboman itu bukan AS dan Rusia, tapi AS dan USSR selama perang Dingin untuk menguji coba kekuatan misil dan ingin merusak sistem komunikasi musuh.

    Lalu klian juga menyebutkan No Teori Big Bang. Ohhh no, saya sangat percaya dengan teori ini. Why? Because Al-Qur’an has mentioned it in Surah Al-Anbiyya. G percaya? Silahkan cek.

    Dan pasang surut air laut. Kaloo bumi datar, apa penyebab pasang surut air laut? Kaloo bumi bulat kan jelas apa faktor pnyebabnya.

    Saya tegaskan skali lagi,, saya disini bukan seorang pendebat. Saya hanya mengutarakan isi pikiran saya. Jadi silahkan disanggah gak apa apa, dipercayai Alhamdulillah, nggak yaa ga apa apa. Yg jelas, saya hanya ingin kalian smua lebih banyak belajar dan berpikir ketimbang berdebat mempertahankan ego dan prinsip klian pada orang lain.

    Dan bagi yg ingin membuktikan bumi ini bulat atoo datar, silahkan dicoba, mudahan sukses pembenarannya.

    Dan ohhh ya, hampir lupa, ada jasa untuk mengantar kita berlibur diluar angkasa. Bayar? Ya iyalah,,,, mahal? Ya iyalah -_-, apakah saya pernah? Insya Allah kaloo ada rejeki :v,,, tapi patut dicoba untuk pembuktian bentuk bumi.

    Smoga bermanfaat dan sukses belajarnya, saudara2 😁

  161. Di al-quran ngga ada kata bumi datar, yang ada hanya kata hamparkan di QS An-Nazi’at ayat 30: “Dan setelah itu bumi dia hamparkan” .hamparkan itu bukan bermaksud datar, kakak kalo baca alquran , hamparkan itu dahaha, dahaha bisa berarti lain yaitu telur unta, jadi bumi itu berbentuk seperti telur unta yang datar dibagian kutub nya, terus kalo emang bumi datar, pasti ngga ada proses Big Bang, di al quran juga di jelasin di surat Al-Anbiyya ayat-30 : Allah SWT berfirman:

    اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْۤا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَـتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَا ؕ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَآءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ؕ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ
    “Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?”. Dan terakhir kalo bumi itu datar pasti disaat pergantian siang dan malam akan berubah drastis, dan yang logis hanya bisa perlahan kalo bumi itu bulat. Terimakasih

    Assalamualaikum

  162. Tidak ada dalil yang tegas dalam Al-Quran dan Sunnah yang menyatakan bahawa bumi itu bulat atau datar, sedangkan klaim ijma yang ada perlu dipertanyakan validitasnya, karena diketahui ternyata ada beberapa ulama yang menyelisihi klaim ijma’ tersebut
    Permasalahan apakah bumi bulan atau datar bukanlah permasalahan aqidah.
    Jika memang bukan permasalahan aqidah terutama, tidak layak bagi kaum muslimin berpecah belah dalam hal ini, saling mencela, menyindir dan bermusuhan dalam rangka mendukung pendapatnya.
    Karena bukan masalah aqidah maka tidak bisa menyebabkan seseorang menjadi kafir hanya karena keyakinan apakah bumi bulat atau datar. Karenanya syaikh Bin Baz ketika mengingkari bumi berputar (beliau berpendapat bumi diam), tetapi beliau tidak mengkafirkan yang mengatakan bumi berputar, beliau berkata,
    ولكني لم أكفِّر من قال به

    “Akan tetapi aku tidak mengkafirkan mereka yang mengatakan demikian”16.

    Apakah bumi itu bulat atau datar maka dikembalikan kepada penelitian dan fakta ilmiah dan tentunya oleh para ahlinya dalam masalah ini. Allah berfirman,
    فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

    “Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai ilmu jika kamu tidak mengetahui” (An-Nahl:43).

    Dalil Al-Quran dan Sunnah yang sudah pasti dan tegas (dalil qath’i) tidak akan bertentangan dengan fakta ilmiah dan akal manusia yang sehat. Sebagaimana dijelaskan bahwa tidak ada dalil tegas apakah bumi itu bulat atau datar. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah menjelaskan,
    كل ما قام عليه دليل قطعي سمعي يمتنع أن يعارضه قطعي عقلي

    “Semua yang telah ada dalil pasti/qath’i maka tidak bertentangan dengan akal yang sehat”17.

    Yang lebih penting adalah dari “bumi datar atau bulat” adalah kita hidup di atas bumi, akan meninggalkan bumi menuju kampung akhirat yang kekal serta bagaimana agar bumi sebagai tempat mencari bekal untuk pulang ke kampung akhirat yaitu bekal iman, takwa, amal kebaikan yang bermanfaat bagi manusia dan makhluk di muka bumi.
    Demikian pemabahasan ini, semoga bermanfaat bagi kita.

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Hujan Meteor Agustus 2016 | trending info
  2. 7 Fakta FLAT EARTH – VSCO (XI IPA 1)
  3. BENARKAH BUMI SESUNGGUHNYA DATAR ? | Mr Dans Haedar Ar-Raufy
  4. 7 teori bentuk bumi itu datar bukan bulat seperti yang kita tau

Tinggalkan Balasan