Rem Blong, Honda Vario Tabrak Avanza Di Jalan Tembus Sarangan Tawangmangu

Inilah bahayanya bila berkendara motor matik di jalur naik turun gunung yang curam. Sebuah Honda Vario 125 menabrak Toyota Avanza di Jalan Tembus Sarangan- Tawangmangu, Magetan. Tepatnya di atas jembatan Mojosemi I pada hari Minggu sore 31/07/2016.

Menurut keterangan, saat kejadian pengendara motor matik melaju dari atas (cemoro sewu) turun ke arah Sarangan. Saat sampai di tikungan yang turun curam diduga rem mengalami blong, sehingga motor melaju kencang tanpa kendali melewati marka jalan hingga menabrak mobil Avanza yang sedang menanjak dari arah berlawanan. 

Pengendara motor dan pacar wanitanya mengalami luka-luka, keduanya warga Ngariboyo dan hendak melangsungkan pernikahan bulan depan. Motor Honda Vario ringsek berat demikian juga dengan kondisi mobil Avanza yang juga rusak lumayan parah.

Berdasarkan pengalaman R2B. Rem Cakram depan motor matik memang gampang panas dan blong saat dibawa naik gunung, apalagi klo kampasnya baru dan pemasanganya sangat mepet dengan piringan . Sebaiknya istirahat dulu, ngademin rem cakram depan. 

Komposisi pengereman yang baik adalah 70% rem depan dan 30% rem belakang. Nagh jika rem depanya saja sudah kepanasan gak pakem, ya wassalam. Di sinilah letak bahaya motor matik saat dibawa liburan ke daerah gunung. 

Beda dengan motor bebek dan sport. Kinerja rem bisa dikurangi dengan mengurangi gigi persnelling ke nomer 1 atau 2 untuk membantu memperlambat laju motor.

Makanya saat musim liburan dan ramai, ada spanduk himbauan motor matik dilarang melintasi jalur Sarangan-Tawangmangu. Takutnya kinerja rem overheat saat terjebak kemacetan.

Berikut ini kesaksian dari pihak mobil Avanza yang ditabrak oleh Honda Vario 

Terjemah: 

“Sekedar meluruskan, itu yang bawa Avanza kakak saya dari arah Plaosan nikung tanjakan. Dari arah berlawanan ada Vario yang menyalip mobil. Si Avanza sudah berusaha menghindar dengan turun dari aspal tapi tetap saja tabrakan. 

Saya cek di Poslantas Plaosan, motor Varionya memang rem-nya blong depan dan belakang. “

Advertisements

3 Komentar

  1. udah banyak kasus motor h*nda terutama V*rio dan b*at remnya blong.
    tapi tak masalah karena pemiliknya adem ayem saja.
    walaupun udah benjut

  2. Maaf sebaiknya tdk usah menyebutkan merek motornya misal Rem H***da tidak sepakem rem Y***ga kesannya koq seperti mengkomersilkan merek tersebut. Ini cuma masukan aja.

1 Trackback / Pingback

  1. Lagi, Akibat Rem Blong Honda Vario Tabrak Mobil Di Jalan Tembus Sarangan - roda2blog

Tinggalkan Balasan