7 Masalah Yang Sering Muncul di Sepeda Motor KTM

Berikut ini gambaran, masalah yang Sering muncul di sepeda motor KTM, merek motor asal Austria tapi sebagian sahamnya dimiliki oleh Bajaj India. Saat ini motor KTM sedang memikat penggemar motor di Indonesia, karena lagi menurunkan harga jualnya besar-besaran.

Menawarkan desain yang menawan dan performa yang gahar. Plus brand KTM yang malang melintang di Industri Tempe. ehhhh di arena balapan motor kelas dunia, seperti Moto2 dan Moto3 serta motorcross. Bener-bener menarik banyak minat bikers.

Tapi sebelum anda meminang KTM, sebaiknya kenali dulu dengan masalah yang sering muncul pada motor produksi KTM. Kali ini R2B akan menyajikan masalah yang sering muncul di KTM Duke, motor streetbike yang emang keren biar ketika anda membeli enggak jadi stressfire.

1. Mesin Panas Dalam, Overheat
Ini masalah yang paling sering diderita motor-motor KTM. Mesinnya sering mengalami panas demam berdarah, overheat. Hal ini ditambah parah dengan kipas radiator yang kadang tidak otomatis menyala.

  1. Air Radiator Sering Berkurang.
    Ini juga keluhan yang paling disuarakan para rider KTM di India. Air radiator berkurang tanpa pamit kemana mengalirnya padahal baru dipakai beberapa beberapa ratus kilometer setelah isi full. Walhasil klo anda memiliki KTM harus rajin-rajin mengecek ketinggian air radiator, jika enggak ya bisa fatal … apalagi klo kipasnya mati.

3. Rantai gampang kendor
Masalah ini paling banyak diderita oleh pengguna KTM Duke. Rantai gampang kendor bahkan sering ngeloss.

4. Mesin mengalami kejang dan batuk-batuk.
Saat masa inreyen, motor KTM harus diperlakukan dengan lemah lembut sesuai buku panduan. Jika anda menolak, mesin motor akan mengalami kejang, suara kasar dan tenaga menyendal-nyendal plus batuk-batuk. Beberapa biker KTM di India yang mengalami hal ini, ada yang mendapat ganti mesin baru jika masih dalam masa garansi. Ada juga yang hanya diservis bolak-balik ke bengkel resmi tapi gak sembuh-sembuh.

5. Pindah Gear sering kejebak Netral.
Masalah yang satu ini kebalikan nih sama beberapa motorsport Honda atau Kawasaki yang kadang susah untuk dinetralkan. Masalah ini sudah jadi rahasia umum di India sono. Dari gigi 1 mau ke gigi 2 ehhhh malah ke netral, kan tengsin jadinya, padahal gak udah dibejek banyakk. Masalah yang sama juga diderita oleh Honda Win tahun muda (2002 ke bawah)

6. Suara mesin seperti Traktor.
Ini motor 200cc tapi suaranya gemblodak ngalahin Royal Enfield bullet 300cc, demikian testimoni user KTM di India sono. Bahkan ada yang bilang suaranya ngalahin mesin V-twin-nya Ducati. Tapi setelah nanti terbiasa, para biker KTM justru mengaku ketagihan dengan suara mesin kasar itu. Yaa anggap saja, tuku ducati ra klakon penting iso krungu suarane.


7. Spare part sangat susah dicari.
Jika yang mengeluhkan adalah biker KTM di Indonesia, seperti blogger Saranto. Okelah mungkin masih dimaklumi, tapi jika mengeluhkan adalah para biker di India sono? apa masih dimaklumi? kan enggak.
Di India saja yang menjadi basis produksi KTM, spare part-nya susah didapat apalagi di Indonesia.

Itulahh 7 masalah dasar dan paling pokok pada pengalaman dan pengamalan para biker KTM di India semuanya saya sarikan dari madrives.com 

Lalu bagaimana dengan testimoni mantan pengguna KTM di Indonesia, berikut ini testimoni dari  Blogger Arantan yang pernah memakai motor KTM Duke


“Di atas kertas dan memang saya alami selama berkendara, motornya super enak! *Selagi sehat* Super ringan, shock juga superlah, tarikan juga enteng, tapi mesti bolak-balik ke bengkel di BSD!”

3 Komentar

  1. Ane punya KTM Duke nggak masalah malah ganti oli 7500 km, jadi lebih irit Coba kalau motor Jepang ganti oli tiap 2000 km kan repot apalagi ngantri servicenya bisa sampai setengah hari coba di KTM kagak ngantri servisnya sejam aja udah kelar udah dapet gratis kopi lagi ama pelayanan yang memuaskan

  2. vin 2016 sdh beda dgn sblmnya,satu per satu masalah selesai,nggak ada keluhan mesin,kalo yg saat ini msh betah dgn motor jepang coba deh lirik ini ktm,cuma mo blg beda sensasi berkendaranya dgn motor mainstream.kalo mo irit ya pilih pabrikan jepang,kl mau sensasi beda pilih ini,joss,tergantung jiwamu ada dimana

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Masalah Yang Sering Muncul di Sepeda Motor KTM — roda2blog | solusi multiguna

Tinggalkan Balasan