Hot Press Forming Teknologi Anti Penyok Hyundai dan Proton

Hot Press Forming adalah teknologi yang dikembangkan oleh Hyundai dan Proton  untuk mencegah mobil penyok jadi rempeyek saat tertimpa beban berat. Proton mengklaim, bahwa mereka sudah mendapat restu dari Hyundai untuk mengaplikasian teknologi ini pada dua produknya, Preeve dan Suprima.

Hot Forming Press ini ialah proses dimana boron-based metal sheet dipanaskan pada suhu 900 derajat celcius (untuk proses Austenitization) dan diikuti oleh proses pendinginan (quenching) untuk memastikan mechanical properties. Melalui proses ini, metal sheet yang pada asalnya 340MPa~480MPa akan berubah sehingga 1500MPa (3 kali ganda lebih kuat).

Keuntungan penggunaan HPF dalam struktur mobil sudah tentunya dari segi keselamatan (crash part) terutama saat mobil digencet beban berat, dan dapat mengurangkan faktor “springback” dalam forming metal parts. Teknologi ini sudah lama digunakan oleh perusahaan mobil asal Eropa terutamanya Volvo, BMW dan Mercedes.


Hot Press Forming (2)

Untuk merek Asia, menurut klaim, baru Proton dan Hyundai yang berani mengaplikasikanya pada mobil murah. Berhubung dua merek mobil diatas, Proton dan Hyundai, gak familiar di Indonesia, kira-kira mobil apakah yang sudah memiliki kekuatan HPF?


Wow, ternyata Kijang Kapsul sob.  Nih buktinya, sebuah kijang kapsul tetap kokoh berdiri walau ditimpa kontainer. Coba mobil kaleng lainya, mungkin sudah penyek.

Hot Press Forming

contoh mobil yg non HPF klo kegencet

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan