Motor Listrik Belum Ada Payung Hukum Di Indonesia

Sepeda motor listrik ternyata belum ada payung hukum di Indonesia. Makanya inovasi dan produksi motor listrik berlangsung lambat baik oleh produsen dalam negeri ataupun luar negeri. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tengah menggodok aturan soal kendaraan listrik. Diharapkan, payung hukum tersebut bakal diterbitkan tahun depan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Pudji Hartanto saat dalam pembukaan Program Uji Coba Perilaku Berkendara dengan Sepeda Motor Listrik di Jakarta, Jumat (2/9/2016), menjelaskan, regulasi motor listrik akan mencakup batasan daya motor listrik. Kalau di mesin biasa cc kalau di listrik kW (kiloWatt).

Seberapa penting sih payung hukum dari pemerintah. Kata Astra Honda Motor (AHM) beranggapan untuk mendorong penggunaan motor listrik perlu didukung sejumlah pihak. Mulai dari pemerintah hingga industri.


“Pemerintah punya program langit biru dan kami industri dukung. Salah satunya mendorong motor listrik. Program ini nggak bisa jalan sendiri-sendiri, harus ada dari regulator dan industri,” kata Margono Tanuwijaya, Direktur Marketing AHM.


Yup, takutnya nanti motor listrik gak lolos uji emisi dan dilarang dijual. 

Advertisements

3 Komentar

  1. Sepeda motor listrik
    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Sepeda motor listrik adalah kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM maka kini produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk salah satu di dalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson.

    Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan menegaskan kendaraan ini tidak memerlukan STNK. Disamping itu, Dinas Perhubungan menambahkan pernyataan juga tidak diperlukannya BPKB.[http://www.kendaraanlistrik.net/2007/07/pemerintah-sepeda-motor-listrik-tidak.html]

Tinggalkan Balasan