Rutin Gelar Razia Di Tikungan Bunderan, Polisi Ponorogo Wajib Ditegur

Salah satu lokasi yang sering dijadikan tempat razia oleh Aparat Polisi Lalu Lintas Polres Ponorogo adalah tikungan Bunderan. Lokasinya persis di tikungan sebelah barat Bunderan Pos Mode/Luwes, sehingga tidak kelihatan oleh pengendara motor/mobil dari arah selatan.Padahal di tikungan tersebut ada tulisan belok kiri langsung.

Kegiatan razia di tikungan ini cukup berbahaya karena bisa bikin kaget pengendara jalan dari Selatan yang oleh rambu-rambu diperintah “Belok kiri jalan terus”.

 Seringkali pemotor nyaris terjatuh lantaran terkejut atau hampir ditabrak motor belakangnya karena berhenti tiba-tiba saat ada petugas yang tiba-tiba menghadang. Lebih parah, sebelum tikungan tidak ada rambu-rambu peringatan. 

Adanya “belok kiri jalan terus”. Akibatnya, pemotor kerap kelabakan dan nyaris jatuh dari motornya.

Menurut Undang-undang, kegiatan ini termasuk dilarang.  Mari kita simak bunyi Pasal 21 PP 80/2012:

Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan secara berkala dan insidental dilakukan di tempat dan dengan cara yang tidak mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.


Melihat hal ini dan mengacu pada aturan, kami berpendapat polisi tetap wajib mengutamakan keselamatan pengendara saat menggelar razia kendaraan bermotor dengan tidak menggelar razia di tikungan.

menurut situs hukumonline.com: Anda sebagai pengendara kendaraan bermotor memiliki hak menolak untuk diperiksa apabila polisi lalu lintas (“polantas”) yang memberhentikan kendaraan Anda tidak memperhatikan ketentuan-ketentuan di atas. 

Menurut hemat kami, jika Anda diberhentikan di tikungan jalan atau fly over, Anda bisa melaporkan keberatan Anda kepada polantas yang bersangkutan atau penanggung jawab pemeriksaan kendaraan bermotor sebagaimana disebut dalam Pasal 19 ayat (2) dan Pasal 20 ayat (3) PP 80/2012.


Dasar Hukum:

1.    Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;

2.    Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan