Lamborghini Urus Akan Dibuat Mitsubishi

Lamborghini Urus, SUV super premium berbahan serat karbon akan dirakit oleh Mitsubishi karena keterbatasan lini produksi di pabrik Lamborghini.Saat ini Lamborghini hanya bisa menghasilkan lima body mobil per hari. Angka yang kecil ini bisa terganggu jika harus merakit body serat karbon Urus yang akan meluncur 2018.

Karenanya mereka menggandeng Mitsubishi Rayon untuk mengembangkan teknologi serat karbon. Mitsubishi Rayon adalah perusahaan tekstil asal Jepang yang dimiliki oleh Mitsubishi Chemical Holding. Dengan jumlah lebih dari 70 ribu pekerja, Mitsubishi Rayon yang spesialis serat akrilik terbesar di Jepang ini memasok sekitar 60 persen serat karbon dunia.

Kerjasama ini dirancang untuk penelitian dan pengembangan bodi dan panel serat karbon ke dalam produksi mobil massal. Lamborghini sendiri telah memanfaatkan serat karbon pada seri Countach dan Gallardo. Lamborghini menggunakan metode RTM (Resin Transfer Moulding) di mana serat karbon ditransfer ke bodi sebagai penguatan struktur.

Namun demikian, metode RTM terdapat kelemahan dari sisi fleksibilitas bentuk dan penggunaannya. Dalam hal ini solusi yang ada yaitu menempa serat karbon, di mana komposit bersama dengan pasta dari serat ditempa yang bisa mengikuti semua bentuk.


Maurizio Reggiani, Kepala penelitian dan pengembangan Lamborghini menjelaskan bila teknologi ini membantu pengembangan mobil super sport masa depan Lamborghini.


“Dengan melanjutkan pengembangan material komposit tempa yang kami patenkan, kami mampu menciptakan produk Lamborghini yang menggabungkan kinerja dan desain. Kemampuan memanfaatkan material yang ringan memberi Lamborghini keunggulan kompetitif yang menguntungkan mobil kami serta proses produksi di masa depan,” kata Reggiani.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan