Transportasi Dari Kota Solo ke Bandara Adi Sumarmo

Bandara Adi Sumarmo letaknya cukup terpencil dari pusat Kota Solo, sekitar 10KM. Secara administratif, Bandara Adi Sumarmo berada di wilayah Boyolali. Berbeda dengan Bandara Jogja yang mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Bisa naik bis dan kereta. Bandara Solo ini lokasinya jauh dari jalan raya dan stasiun. 

Andalan transportasi paling mudah ya naik Taksi (75rb-100rb) atau naik ojek (50rb). 

Berikut ini beberapa mode transportasi dan tips menuju Bandara Adi Sumarmo dari Solo tapi dengan budjet hemat. 

Ini Terminal Jetbus Darat Tirtonadi bukan Bandara Adi Sumarmo. 
  1. Penting! Jangan ke terminal Tirtonadi jika ingin ke Bandara. 

Yang paling disayangkan, traportasi dari Terminal ke Bandara hanya dilayani Bis Damri yang datang dari Bandara, tidak ada jadwal pasti.

Bis Damri sendiri berangkat dari Bandara ke Terminal hanya ketika ada pesawat yang turun. Klo gak ada pesawat? Bis Damri nya ngetem di Bandara.

Pengalaman saya, datang di Terminal jam 1.15 siang nunggu bis Damri sampai jam 15.15 gak ada yg nongol. Akhirnya terpaksa naik GoJek.

Kalau sudah terlanjur di Terminal Tirtonadi. Alternatifnya:
– naik GoJek (26ribu), 
– naik ojek pangkalan (50ribu)
– naik Taksi (100ribu)
– naik bis kecil jurusan Kartosuro, turun di terminal (5ribu) lalu naik ojek ke bandara (20ribu) atau naik bis trans batik (4.500)
– naik bis Sumber Selamat/Mira turun di Kartasura (3ribu) terus baik ojek ke Bandara (20rb)
– Jalan kaki ke Stasiun Solo Balapan (500meter) terus naik bis trans batik (4.500 rupiah).


  1. Naik Busway, Trans Batik Solo.
    Ini alternatif paling joss, murah aman, nyaman dan cepat.
  • Jika dari arah timur (Sragen, Ngawi, Madiun) 
    Naik Trans batiknya paling pas di Halte UNS. Jadi turun dari bis-nya pas didepan kampus UNS kebablasan ke Terminal Tirtonadi. Alternatif lain naik dari terminal Palur atau depan RS. Moewardi. Jika naik di jalur-jalur tersebut akan dilayani bis koridor I, yang melayani jurusan Palur-Bandara. Gak perlu transit ganti bis.

Berikut rute Trans Batik Koridor I yang finishnya di Bandara.
Bandara Adisoemarmo- Terminal Kartasura- Jl. Ahmad Yani- Jl. Slamet Riyadi- Jl. Jenderal Sudirman- Jl. Urip Sumoharjo- Jl. Kol. Sutarto-Jl. Ir Sutami-Terminal Palur.


  • Jika posisi di dalam Kota Solo, anda bisa naik dari halte Trans Batik manapun untuk menuju Bandara meski kadang harus transit ganti bis. Biaya tetap 3.500rupiah.

Ruang tunggu Bandara Solo.

Bandara Adi Sumarmo Solo sekarang ini sangat megah. Beda dengan zaman 2008 dulu. Hanya yang jadi masalah adalah soal transportasi dari dan ke Bandara yang ruwet tak semudah Bandara Jogja. Ya mungkin ini penyebab kurang populer di mata warga Madiun yang lebih milih naik pesawat dari Jogja. Padahal Bandara Solo ini punya fasilitas lebih mewah dibandingkan Jogja. Tapi bila nanti Bandara Jogja jadi dipindah ke Kulonprogo baru kemungkinan bakal ramai penumpang dari Madiun.

Parkiran Terminal Bis Madiun dipenuhi mobil bagus. Termasuk ada mobil mewah Toyota Camry, orangnya mau Jakarta. Naik bis ke Jogja terus whusss terbang ke Jakarta.

roda2blog di sosial media

11 Komentar

  1. batik solo trans sekarang ada yang bis besar, armadanya sekitar 25 unit untuk rute bandara. Menurut wacana malahan bakal ada jalur kereta api untuk menghubungkan bandara dengan stasiun balapan/purwosari

    • dari Balapan ke bandara cuma 15menitan gan, jam segitu adanya Taksi sama Ojek. Pakek Gojek aja lebih muraj sekitar 26-30rb, klo pakek Opang bisa 50rb.

Tinggalkan Balasan