Kawasaki Ninja Kalahkan Catatan Waktu Valentino Rossi di Jerez

Bila beberapa waktu yang lalu beredar meme yang nyindir Kawasaki sebagai pabrikan motorsport tapi hanya tampil di layar kaca Sinetron Mas Boy. Nah mungkin ini bisa menjadi jawaban.

Dalam winter tes di Sirkuit Jerez yang dilakoni bersama antara para pembalap dan tim yang berlaga di MotoGP dan World Superbike (WSBK). Jonathan Rea yang menunggangi Kawasaki Ninja ZX1000 sukses mencatatkan waktu yang lebih cepat daripada Valentino Rossi dengan Yamaha M1-nya.

Juara dunia WSBK dua kali berturut-turut tahun ini itu mencatatkan waktu yang fantastis yaitu 1: 38,721
Sementara waktu yang dicatatkan Valentino Rossi di Sirkuit yang sama tahun ini  pada bulan April di GP Jerez adalah 1:38,736. FYI, Yamaha Racing milih untuk private tes di Sepang Malaysia daripada rame-rame di Jerez. šŸ˜‰


Wuihh apakah ini berarti bahwa teknologi motor-motor di WSBK 1000cc  sudah sama dengan MotoGP?

Tetap beda, motor-motor WSBK diambil diambil dari motor yang dijual umum dipasaran lalu ditemplokin berbagai aksesoris penambah kecepatan. Keunggulan lain adalah soal ban, motor MotoGP sangat bergantung pada panas dingin ban dan kompon ban.


Sedangkan MotoGP, motor yang digunakan adalah motor prototype yang khusus untuk balapan di MotoGP tidak dijual secara massal. Teknologi yang ada di MotoGP juga masih sangat mahal untuk diproduksi seperti Seamless gearbox.  Bentuk pengembangan apapun pada mesin motoGP adalah untuk kebutuhan balapan bukan untuk produksi masal.

Berikut ini hasil latihan tes motor gropyokan antara tim MotoGP dan WSBK, Jonathan Rea ada di puncak daftarnya. Secara keseluruhan, kecepatan para rider SBK/Superbike mampu ngimbangin kecepatan para rider MGP/MotoGP.

timetest-jerez-2016

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan