Honda Bikers Day, Inspirasi Astra Bagi Biker dan Pariwisata Indonesia

Honda Bikers Day regional Kalimantan di Palangka Raya. Foto: roda2blog

PT. Astra Honda Motor kembali menggelar even tahunan bertajuk Honda Bikers Day 2016 yang tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-8 atau sewindu. Puncak acara HBD digelar di Pantai Boom Banyuwangi, Jawa Timur, yang sebelumnya juga diawali dengan penyelanggaran HBD di beberapa regional pulau seperti di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi untuk mengkomodir para bikers Honda yang tidak bisa merasakan kemeriahan perayaan Sewindu HDB.

PT. Astra Honda Motor (PT. AHM) adalah bagian dari PT. Astra International yang telah 60 tahun berkiprah di Indonesia. Sejak berdiri tahun 1957, Astra senantiasa berusaha menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, sebagaimana yang tercantum pada Filosofi Catur Dharma Astra.

PT. AHM, selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor Honda telah memberi wahana transportasi bagi anak muda Indonesia untuk menjelajahi keindahan negerinya, Indonesia, sembari menulis kisah romantisme masa mudanya dengan penuh warna. Mereka juga berjasa mengenalkan daerah pariwisata dan mengembangkan ekonomi pada daerah-daerah tujuan wisata.

Para anak muda yang hobi turing bersepeda motor, menyebut dirinya biker, adalah duta sekaligus promotor tempat wisata paling hebat di Indonesia saat ini. Mereka rajin menggelar turing, baik sendirian maupun rombongan bersama klub, dengan tujuan mengeksplorasi tempat wisata  yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan roda empat. Contoh paling gamblang adalah Pantai Klayar Pacitan di Jawa Timur yang saat ini sangat terkenal.

Honda Bikers Day 2015 di Pacitan. Foto: roda2blog
Honda Bikers Day 2015 di Pacitan. Foto: roda2blog

Ambil contoh efek domino Honda Bikers Day (HBD) 2015 yang digelar di Kota Pacitan yang dihadiri 20.000 biker se-Indonesia, lokasi utamanya adalah Pantai Teleng Ria. Tapi para peserta HBD tetap memilih berangkat ke Klayar selepas dari Pantai Teleng Ria. Infrastruktur akses jalan raya ke Klayar saat itu masih sangat minimalis dan hanya bisa dilalui dengan sepeda motor.


Berkat aksi selfie yang masif dan foto-fotonya tersebar menjadi viral di media sosial. Keindahan Pantai Klayar menjadi sangat terkenal dan berhasil menarik banyak minat wisatawan untuk berkunjung berbondong-bondong dengan mobil dan bis. Hal ini memaksa pemerintah daerah Kabupaten Pacitan untuk mengembangkan sarana dan fasilitasnya serta menjadikan Pantai Klayar sebagai wisata utama alat untuk menambah pemasukan asli daerah (PAD). Contoh kasus seperti Pantai Klayar ini banyak terjadi di daerah lain di Indonesia.

Siklusnya selalu sama seperti ini:
1. Bikers mengeksplorasi tempat wisata baru yang indah tapi kondisi jalanya masih sangat minimalis
2. Foto-foto yang diunggah para bikers di media sosial, menarik banyak minat warga lain untuk datang
3. Tempat tersebut menjadi populer dan viral.
4. Pemerintah daerah lalu mengembangkanya menjadi lokasi wisata
5. Mampu menjadi roda pertumbuhan ekonomi bagi warga di sekitar lokasi wisata

PT. Astra melalui produk sepeda motor telah menjadi wahana inspirasi bagi para pemuda Indonesia untuk mengeksplorasi keindahan negerinya.

Astra menyediakan Even tahunan Honda Bikers Day, yang kini menjadi agenda tahunan bagi para biker di Indonesia untuk dikunjungi, tempat berjumpa dan berbagi cerita dengan sahabat dari segala penjuru Indonesia, menjelajahi negeri.  Selama perjalanan mereka akan mendapati banyak pelajaran di jiwanya tentang persahabatan yang akan dikenang sepanjang sisa umurnya.

Di arena acara, di sini mereka saling berjumpa dengan rekan sehobi dari penjuru Indonesia, saling bertukar informasi tentang keindahan Indonesia menciptakan harmoni persatuan dan kesatuan Indonesia.

Honda Bikers Day telah menjadi wadah inspirasi bagi para biker Indonesia untuk turing ke mana lagi. Inilah even terbesar bagi bikers di Indonesia.

Terima kasih Astra.


 

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan