Toyota Luncurkan Transmover, Avanza Versi Termurah Dengan Berbagai Kemudahan

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan model varian baru dari Avanza, bernama Toyota Transmover pada Rabu (30/11/2016). Mobil ini tidak pakai nama Avanza tapi Transmover tapi model dan bentuknya ya Avanza banget.

Toyota memilih nama Transmover tanpa menyematkan Avanza karena segmen mobil ini dikhususkan untuk komersil, angkutan umum, Taksi dan Taksi Online. Plat nomer polisi untuk si Transmover ini akan berwarna kuning. Pemilihan nama ini, mungkin upaya Toyota untuk tidak mencederai hati pengguna Avanza/Xenia karena dipakai Taksi. Sudah lazim jika mobil yang dipakai untuk plat kuning akan menurunkan “daya jual” mobil tersebut di konsumen.

Apakah ada kemungkinan si Transmover ini memakai plat hitam mobil pribadi? ternyata Toyota akan membuat aturan, jika anda ingin membeli Transmover, harus atas nama perusahaan, misal anda ingin membelinya buta ng-uber maka ya harus atas nama Uber, cicilan bayar ke Uber.

Soal harga, sangat menggiurkan. Toyota Transmover dibandrol 143Juta OTR Jakarta, lebih murah dari Avanza tipe E yang dibandrol 185juta. Harga tersebut juga lebih murah dari produk kompetitor yang dibandrol 182 juta rupiah untuk versi Taksi Online.

Fitur Toyota Transmover ada yang dikurangi ada yang ditambah dari Avanza

Interior Toyota Transmover. Foto: otomania

Harus realistis, dengan harga hemat tentunya ada beberapa fitur dari versi standar Avanza yang dicopot. Diantaranya, fog lamp, dop, remote alarm dan wiper belakang, spion tanpa electric dan minus muffler cutter serta rear wing spoiler.

Head unit lebih minimalis dibanding Avanza tipe E, kursi dengan bahan PVC seperti Daihatsu GranMax, door trim full plastik, tidak ada AC double blower dan juga tidak ada center console sebagaimana Avanza tipe G. Fitur-fitur keselamatan seperti rem ABS dan dua buah airbags dihilangin.


Tapi ada fitur uniknya nih gan yang tidak ada di Avanza tapi ada di Toyota Transmover. Yaitu, keempat jendela di mobil ini bisa dikontrol naik turun dengan tombol auto dari pintu pengemudi. Misal mau nutup jendela paling belakang, cukup pencet sekali nutup sendiri. Kalau biasanya kan harus ditahan tuh tombolnya kan?

Toyota Transmover, solusi mudah untuk memiliki mobil dan menambah penghasilan dari usaha taksi online

Toyota Transmover. Foto: oto.detik

Apa sih maksud Toyota meluncurkan transmover ini? Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Marketing TAM mengatakan, kalau ini merupakan jawaban atas permintaan model MPV bawah untuk taksi yang semakin banyak. Tentunya juga disesuaikan dengan kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah.

“Kami tidak hanya fokus di pasar mobil penumpang tetapi juga di sektor komersial. Saat melihat ada peluang di 4×2 MPV bawah di pasar taksi, dan kami berupaya untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut,” ujar Fansiscus dari press release, Rabu (30/11/2016).

Toyota Transmover bisa menjadi solusi bagi keluarga Indonesia yang ingin memiliki mobil dengan fasilitas kredit tapi skemanya mudah. Mudah disini karena proses kredit dibantu oleh perusahaan taksi online dan untuk membayar cicilanya, si pemilik mobil juga diberi kesempatan untuk “narik” atau mendapat penghasilan dari mobil yang dicicilnya dengan menjadi driver taksi online.

Nagh, jadi gak perlu lagi membohongi pihak leasing kan. Karena praktik yang biasa terjadi, banyak sopir taksi online membeli mobil secara kredit melalui leasing dengan berbagai trik bohong biar cair.

Bansar Maduma, Product General Manager TAM menambahkan, kalau pilihan nama “Transmover” memiliki merupakan sebuah singkaran dari “Transport You to Move to Another Place”.

“Sempat bingung mengenai penamaan, sempat terpikir juga menggunakan Toyota Limo MPV, tapi  pada akhirnya sepakat menggunakan nama Transmover. Ini juga sudah memenuhi aturan pemerintah di mana ukuran mesin di 1.300cc sampai 1.500cc,” ujar Bansar.


Bansar melanjutkan, kalau tren kebutuhan taksi MPV ini meningkat sejak tahun 2014 lalu, dan Toyota sudah mengembangkan sejak lama. “Jadi menunggu aturan pemerintah dahulu, di mana dahulu baru dibolehkan sedan belum MPV, namun sekarang sudah,” ujar Bansar.

7 Komentar

Tinggalkan Balasan