Pilihan Opsi Kartu Memori di Android Marshmallow, Pilih Yang Mana Enaknya?

Malam sob, kali ini R2B baru aja upgrade Infinix Note 2 dari Lolipop ke Marshmallow dan tujuanya ke XOS-nya milik Infinix. Sekedar berbagai jika upgrade ke Android 6 atau Android M (Marsmallow) maka bakal ada opsi pilihan untuk kartu memori eksternal sebagai berikut ini:.

  1. Mau dijadikan portable, atau
  2. Kartu SD Card dijadikan memori internal hape.

Nah kira-kira enakan pilih yang mana nih? berikut ini penjelasanya lengkapnya sob.

Portable Storage Card, Yaitu memori sebagai alat penyimpan foto-foto. Anggap saja memori kamu jadi USB Flash Disk, berikut untung ruginya:

  1. Pilih mode ini kalo agan sering memindahkan data dari SD Card ke ponsel atau perangkat lain dan SD Card agan digunakan cuma untuk media penyimpanan data/foto/musik dll yang bukan digunakan untuk penyimpanan system.
  2. Kecepatan SD card agan masih Class 2, 4, atau 6.
  3. Kalo agan sering mengeluarkan atau memindahkan kartu SD Card untuk mentransfer data ke perangkat lain dan tidak sering mendowload file yang berkapasitas besar disarankan untuk memilih SD card agan sebagai media penyimpanan “Portable”.
  4. Hanya gambar dan media lain yang bisa disimpan di SD Card.
  5. Aplikasi yang agan download dan instal, datanya tetap berada di penyipanan internal dan tidak dapat dipindahkan ke SD Card.
  6. SD Card tetap bisa dibaca oleh perangkat lain. (Ponsel lain, Mac, PC, digital kamera)
  7. Isi atau konten di dalam kartu SD Card agan tidak akan di enkripsi oleh system secara default.
  8. Kartu SD Card agan TIDAK AKAN di format ulang ketika digunakan sebagai penyimpanan Portable.

Internal Storage, memori SD akan dihitung sebagai memori internal hape, berikut untung ruginya 

  1. Pilih mode ini kalo agan benar-benar mau membuat kapasitas penyimpanan internal agan lebih besar menggunakan kartu SD card, dan agan membutuhkan kapasitas penyimpanan internal yang besar untuk menyimpan aplikasi, games dan data yang berukuran besar.
  2. Agan punya kartu memori yang sudah high-speed card (UHS-1)
  3. Kalo agan mau menyimpan data game yang berkapasitas besar, dan penyimpanan internal agan selalu penuh, dan agan sudah berniat untuk meminang SD card agan sebagai pasangan hidup Flash agan sehidup semati dan tidak akan memindahkannya ke lain hati, ane saranin untuk memilih SD card agan sebagai penyimpanan “Internal”
  4. SD Card agan menjadi peyimpanan Internal utama Flash agan
  5. Aplikasi yang agan download dan install, data dan medianya dapat dipindahkan ke kartu SD Card.
  6. SD Card agan tidak akan bisa dibaca oleh perangkat lain jika dipindahkan. (Ponsel lain, Mac, PC, digital kamera)
  7. SD Card agan akan dienkripsi dan tidak dapat di dekripsi oleh perangkat lain. Hal ini salah satu keunggulan keamanan dari Marshmallow.
  8. SD Card agan akan di format kembali ketika penyimpanan “Portable” dipilih.

Dan berikut ini tips cara memilih memori hape yang kompatibel dengan Android M. Ane saranin milih tipe UHS-1 terutama bila sobat pengin menjadikanya sebagai  adopted internal storage (pilihan kedua). Micro SD card tipe Class 4 dan Class 2 tidak direkomendasikan untuk penggunaan penyimpanan adopted internal storage karena bisa bikin hape lemot.

Berikut ciri-ciri cara membaca kelas Micro SD. Jika angkanya di dalam lingkaran berarti itu belum UHS, angka tersebut menunjukkan kelas Speed/kecepatanya saja. Klo yang UHS, angkanya dibingkai dalam huruf U.

67cfd0ffa7427d946b9c8ce553b1144b03627170

Dan berikut ini tabel kecepatan dari tiap-tiap kelas jenis Micro SD.

2aa802452bb43a1028a493ae28b0fac21d13321a

Saya sendiri pakai SD Card merek samsung EVO dengan kecepatan UHS kelas 1

Tapi entah kenapa itu pun masih terdeteksi kurang cepat hingga muncul notif berikut ini. Apa mungkin memory card merek Samsung adalah produk palsu seperti halnya powerbank merek Samsung? entahlah!!

Penting, saat pemformatan ke memori internal. Semua data di dalam kartu memori akan dihapus. Beda bila kartu diformat menjadi “Portable Storage” 

Kesimpulan saya,

Ini adalah kali pertama saya opsi Internal Storage, menajadikan kartu sebagai tambahan memori internal hape. Dan jujur saya menyesal.

Saat upgrade Infinix Hot2 ke Marhsmallow saya milih opsi yg pertama. Kinerja hape tetap optimal dan tidak ada file yang terhapus. File-file yang lama tetap tersimpan.

Jadi, pilihan opsi yang pertama ” Portable Storage” (Penyimpanan Portabel) adalah pilihan lebih bagus.

Pentingnya lagi, jika kartu memori diset sebagai internal storage, maka tidak bisa melakukan update/upgrade versi Android melalui pilihan T-flash.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

5 Komentar

  1. Apakah merek samsung itu bisa install aplikasi, saya kok nggak bisa yah saya pakai vgen class 10 udah install tapi malah nggak tertulis error tapi waktu dikeluarin jadi bisa install , jadi saran memory yang bagus dong , kalau memory samsung nggak ada masalah kah (tolong dijawab)

Tinggalkan Balasan