Peran Lengkap Astra Honda Motor Dalam Pendidikan Kompetensi Siswa SMK

Program Bakti Pendidikan PT Astra Honda Motor (AHM) pada dunia pendidikan memiliki perang lengkap dan komprehensif dalam meningkat skill pelajar SMK. Saat ini SMK binaan AHM jumlahnya sudah mencapai 536 SMK.  

536 SMK tersebut mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda sebagai bagian dari Program Pendidikan Satu Hati pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Untuk mengontrol kualitas kompetensi pelajar dari implementasi kurikulum tersebut, AHM membuat SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Setiap SMK berkesempatan menjadi TUK asalkan memenuhi syarat standarisasi yang sudah ditentukan oleh AHM, mulai dari ruang praktek, kelengkapan sarana laboraturium, unit sepeda motor yang bervariasi serta tools dan equipment yang lengkap sesuai dengan yang disyaratkan oleh AHM. Selain itu, keberadaan tenaga pengajar atau guru juga harus dipenuhi oleh para SMK calon TUK.

Saat ini sudah 35 SMK TUK, AHM terus mendorong SMK binaan lainya agar bisa segera menyusul 35 SMK TUK pendahulunya.

Mengontrol Kualitas Pembelajaran melalui E-Learning TSM Honda.


Untuk monitoring dan evaluasi yang efektif, pada tahun ini AHM juga membangun sistem data base dan E-Learning khusus untuk mendukung implementai KTSM Honda di sekolah binaan. Sistem data base baru ini akan menjadi sarana informasi dan update teknologi baru Honda yang bisa dimanfaatkan oleh para Guru sebagai materi ajar kepada para siswa di masing-masing sekolahnya. Dengan E-Learning ini para guru dengan sangat mudah memperoleh materi-materi dan update teknologi Honda terbaru dengan cara mengunduhnya.


Menguji lulusan secara Nasional.
Sebagai bentuk evaluasi akhir, AHM biasanya akan menggelar Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor Nasional bagi siswa SMK binaan, yang tahun 2016 ini telah memasuki tahun pelaksanaan ke-7 dengan total peserta 25.440 siswa dari seluruh SMK binaan Honda.

42 siswa akan dipilih untuk masuk babak final kontes Uji Kompetensi. Para finalis ini terlebih dahulu diuji melalui berbagai tahap seleksi di tingkat regional, bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer Honda. 

Peran aktif AHM mendapat apresiasi dari Pemerintah.
Berkat peran aktifnya ini, AHM dipercaya pemerintah sebagai perusahaan yang mengemban tugas pengembangan Pilot Project SMK Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri. Kepercayaan ini diberikan agar perusahaan  berperan aktif dalam memperkuat pendidikan kejuruan dan vokasi di Tanah Air.

Kerjasama Pilot Project Pengembangan SMK Berbasis Kompetensi Link and Match dengan Industri merupakan rangkaian kegiatan yang digelar Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2016 mengenai Revitalisasi SMK.

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan