Kecuali Honda, Musim 2017 Tidak Boleh Pakai Sayap Winglet di MotoGP

​Regulasi MotoGP 2017 resmi melarang penggunaan sayap atau sirip atau winglet untuk musim kompetisi MotoGP 2017. Ini mengakhiri polemik dan pro kontra soal sayap kecil di fairing. Musim kemarin Dani Pedrosa adalah pembalap konsisten menolak pakai winglet karena beralasan berbahaya bagi pembalap lain.

Dalam regulasi yang dikeluarkan Komisi Grand Prix, dijelaskan bahwa tidak diperkenankan untuk menggunakan komponen tambahan difairing yang bertujuan untuk memberikan efek aerodinamis motor.

“Tidak diperbolehkan untuk menambahkan komponen atau membuat lekuk pada fairingyang tidak terintegrasi dengan bodi (seperti sayap, sirip, atau bagian tambahan lainnya) yang berpengaruh terhadap aerodinamika. Direktur Teknik (MotoGP) menjadi satu-satunya pihak yang boleh memutuskan desainfairing yang diperbolehkan atau tidak,” bunyi regulasi tersebut.

Winglet sendiri ngetop dipelopori oleh Ducati. Bahkan jika memungkinkan, pabrikan Italia itu juga bakal pasang winglet di helm pembalap biar makin ngacir. :mrgreen:


Pelarangan ini jelas kabar buruk bagi Jorge Lorenzo yang baru gabung Ducati. Dan jadi PR besar baginya dalam mengatasi aerodinamika Ducati Desmo tanpa sayap winglet.


Tapi peraturan ini membuat pengecualian untuk Honda yabg tetap diizinkan pasang sayap untuk musim 2017, bukan dalam bentuk winglet tapi hanya berupa gambar logo sayap Honda saja. :mrgreen:

1 Komentar

Tinggalkan Balasan