Yayasan AHM Lantik 110 Duta Keselamatan Berkendara

Tingginya angka kecelakaan usia pelajar membuat Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) tergugah untuk menggalakkan pentingya keselamatan dalam berkendara / safety riding di kalangan pelajar sekolah. 

Pada hari Rabu (16/11/2016) di SMA Negeri 80 Jakarta. Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin dan Bendahara YAHM Rita Prajitno melantik 110 orang Duta Safety Riding dari 11 sekolah binaan PT Astra Honda Motor (AHM).

Para Duta Safety Riding yang dikukuhkan dalam kegiatan ini terdiri dari 99 siswa dan 11 guru dari perwakilan sekolah binaan AHM.

Mereka berasal dari sekolah SMAN 13 Jakarta, SMAN 40 Jakarta, SMAN 41 Jakarta, SMAN 52 Jakarta, SMAN 72 Jakarta dan SMAN 75 Jakarta, SMAN 80 Jakarta, SMAN 110 Jakarta, SMAN 115 Jakarta, SMK Hang Tuah 1 Jakarta, dan SMK Mitra Industri MM2100 Bekasi. 

Tugas utama sebagai Duta Safety Riding adalah mengampanyekan pentingnya mengutamakan keselamatan dalam  berkendara di tengah masyarakat, khususnya di area lingkungan sekolah. 

Jalan untuk menjadi Duta Safety Riding sendiri tidak mudah. Sebelum dilantik, mereka telah lolos berbagai ujian dan tes, melewati pembekalan materil, teori dan praktek mengenai safety riding. 

Para instruktur berasal dari AHM dan anak perusahaannya, yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan kegiatan kampanye road safety ini merupakan bagian dari perhatian yayasan terhadap keselamatan berkendara terutama di kalangan anak muda. YAHM menempatkan sosialisasi keselamatan berkendara sebagai prioritas utama dalam menjalankan berbagai aktivitasnya, terutama di dunia pendidikan.

“Kami yakin upaya kami ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat dalam mewujudkan budaya berkendara yang aman dan nyaman,”ujar Muhibbuddin sesaat setelah pengukuhan.

Dalam kegiatan road safety campaign ini digelar juga seminar sosialisasi safety riding dengan mendatangkan pebalap Astra Honda Racing Team, Gerry Salim yang berbagi ilmu pentingnya keselamatan berkendara dalam segala situasi. 


Bantuan Dana Beasiswa Bagi Siswa SLTA dan SLTP. Foto: Siska Daulika

Dalam kesempatan ini, YAHM juga membagikan beasiswa senilai Rp73.750.000 kepada 60 siswa-siswa sekolah binaan AHM.

Tiap hari ada 45 Siswa Sekolah tewas di jalan raya.

Angka kecelakaan di kalangan siswa harus menjadi perhatian serius, Terutama pelajar tingkat SLTA yang mendominasi korban tewas. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melansir data Korps Lalu Lintas Polri yang menunjukkan, bahwa korban kecelakaan lalu lintas pelajar tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang mencapai 57 persen dari total kematian di jalan raya sebanyak  28.897 (pada 2014). Berarti ada 16.471 pelajar SLTA meninggal dunia atau sama dengan 45 pelajar SLTA tewas di jalan raya. Dikutip dari laman berita harnas.co


Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) tertinggi kedua setelah pelajar SLTA yakni sekitar 17 persen. Sedangkan siswa Sekolah Dasar (SD) 12 Persen, enam persen mahasiswa Perguruan Tinggi, dan delapan persen lain-lain. 

Pelajar adalah harapan masa depan bangsa. Selain narkoba, jalan raya adalah ancaman bagi eksistensi generasi penerus bangsa. Karenanya YAHM terus berusaha menanamkan penting kesadaran safety riding sejak dini.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan