Gelar Pahlawan Nasional Untuk Pendiri Astra William Soerjadjaja

Indonesia membutuhkan profil Pahlawan Nasional pengisi kemerdekaan untuk memberi inspirasi bagi generasi penerus dalam berkarya. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Presiden Kedua Indonesia, Jenderal Soeharto, bahwa usaha untuk mengisi kemerdekaan sama beratnya dengan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

71 tahun sudah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merdeka. Sampai saat ini belum ada profil pengusaha yang menjadi Pahlawan Nasional berkat peran usahanya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Di tengah gelora semangat kemandirian ekonomi yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo, sosok Pahlawan Nasional di bidang wirausaha sangat dibutuhkan.

Sosok pengusaha pendiri PT Astra Internasional, William Soerjadjaya sangat patut untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional. Perjuanganya mendirikan Astra telah memberikan manfaat pada 25 juta rakyat Indonesia pengguna produk Astra dan ada hampir 1 juta warga negara Indonesia yang sumber penghasilanya berasal dari aktifitas bisnis Astra. Nilai kapitalisasi Astra mencapai 250 Trilliun Rupiah (2015) yang setara 10% dari APBN Negara.

Berkat usaha kerasnya mendirikan dan membangun Astra Internasional, William Soerjadjaja telah berjasa besar menggerakkan ekonomi Indonesia dalam mengisi kemerdekaan, menyejahterakan rakyat dan menciptakan peluang kerja.

Menurut Pasal 26 Undang-undang No. 20/2009 ada 7 gelar Pahlawan Nasional diberikan pada warga negara yang telah meninggal yang semasa hidupnya memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan.
  3. Melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diembannya.
  4. Pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara.
  5. Pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa.
  6. Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi.
  7. Melakukan perjuangan yang mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional.

Kerja keras William Soerjadaja semasa hidupnya dalam membangun Astra hingga tumbuh dan berkembang menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia telah memenuhi 5 kriteria di atas.

Peran Besar Astra dalam Ekonomi Indonesia.
Sejak berdiri tahun 1957, Astra telah menjadi salah satu lokomotif pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Saat ini astra memiliki 198 anak perusahaan, perusahaan asosiasi dan jointly controlled entities. Sampai tahun 2016, Astra telah tumbuh pesat dengan enam lini bisnis, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur, logistik dan lainnya serta teknologi informasi. Di bidang otomotif Astra menguasai 50% pangsa pasar mobil, 70% pangsa sepeda motor dan 36% alat berat.

Menurut laporan tahun 2015, saat ini ada 221.046 karyawan yang terlibat di dalam kegiatan bisnis Astra. Jika seluruh karyawan Astra memiliki 3 anggota keluarga, maka total ada hampir 660.000 rakyat Indonesia yang pendapatannya berasal dari aktitifas bisnis Astra.

Jumlah itu akan membengkak bila kita menghitung juga jumlah karyawan pada perusahaan yang tidak terafiliasi pada Astra tapi aktiffitas bisnisnya terikat pada Astra. Contoh perusahaan Even Organizer yang sering mengerjakan order even Honda, Toyota, Daihatsu dan perusahaan Astra lainyaa.

Astra memperkirakan ada hampir 10 juta rakyat Indonesia yang merasakan manfaat dari produk-produknya. Namun jika melihat fakta bahwa Astra Honda Motor telah memproduksi lebih dari 25 juta sepeda motor, maka seharusnya minimal ada 25 juta jiwa rakyat Indonesia yang merasakan manfaat dari produk-produk Astra.

Pada Desember 2015, nilai kapitalisasi saham Astra mencapai 242,9 Trilliun rupiah. Itu hampir setara dengan 10% dari total belanja APBN 2016 yang nilainya 2.069 Trilliun Rupiah.

William Soerjadjaja, Sang Pendiri Astra.
William Soerjadjaja, yang akrab dipanggil Om William lahir di Majalengka, Jawa Barat pada 20 Desember 1922, beliau wafat pada 2 April 2010.

Bersama adiknya, Tjia Kian Tie, dan temannya, Lim Peng Hong mulai mendirikan Astra tahun 1957. Astra awalnya memasarkan minuman ringan dan mengekspor hasil bumi. Baru pada tahun 1968 Astra mulai menjadi perusahaan otomotif dan terus berkembang sampai saat ini.

Selama membangun Astra, Om William tidak membeda-bedakan karyawannya. Semua warga negara Indonesia dari berbagai latar belakang suku, ras dan agama mempunyai kesempatan yang sama dari tingkat karyawan biasa hingga pimpinan. Ini merupakan wujud kecintaan dan kebanggaannya sebagai orang Indonesia.

William sangat mengutamakan nilai-nilai naluri, loyalitas, dan rasa percaya dalam merekrut karyawan. Karyawan dipacu untuk mengembangkan kreativitas mereka dengan menghargai inovasi mereka untuk diuji coba.

Semenjak berdirinya Astra, Oom William selalu mementingkan pengembangan kemampuan dan peningkatan pendidikan sumber daya manusia, yang kemudian diterapkan secara konsisten dalam program-program pelatihan dan beasiswa bagi karyawan. Pada saat awal tahun 70-an, banyak tenaga kerja yang dikirim ke Amerika, Eropa maupun Jepang untuk menambah ilmu dan keterampilan agar menjadi perusahaan besar di rumahnya sendiri, Indonesia.

Selama 60 Tahun, Pemikiran Om William telah menjadi Inspirasi Astra.
Pokok pikiran dan bukti kecintaan Om William pada Indonesia tertuang dalam filosofi Catur Dharma Astra, yaitu:
• Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara
• Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan
• Menghargai Individu dan Membina Kerja Sama
• Senantiasa Berusaha Mencapai yang Terbaik.

Meskipun telah melepas sebagian besar sahamnya pada 1992, namun pemikiran Om William tetap menjadi inspirasi PT Astra Internasional dalam menjalankan bisnisnya, cita-citanya, “Sejahtera bersama bangsa” masih terus menjadi inspirasi penerusnya di Astra.

Dalam laporan tahunan Astra tahun 2015 hal.50, dewan direksi Astra menyatakan akan tetap melanjutkan nilai-nilai yang diwarisi oleh pendiri Perusahaan, khususnya Bapak William Soeryadjaya, agar Astra senantiasa mengedepankan pentingnya keseimbangan kontribusi sosial dalam menjalankan bisnis melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Program CSR Astra terfokus pada 4 pilar utama, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan Hidup dan Pemberdayaan Masyarakat dan diimplementasikan dengan strategi:

  1. Kenali, yaitu mengembangkan kepekaan dan kemampuan untuk mengenali seluruh potensi dampak bisnis terhadap stakeholder, serta merancang program penyeimbang untuk mendorong branding di tengah masyarakat.
  2. Kebanggaan, yaitu terus meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan produk dan kontribusi yang membanggakan, sehingga turut meningkatkan harkat dan martabat bangsa;
  3. Komunikasikan, yaitu diperlukannya upaya komunikasi yang besar untuk mendukung tujuan baik program CSR, agar menjadi inspirasi dan menularkan semangat yang lebih luas di tanah air sesuai cita-cita Astra untuk Sejahtera bersama Bangsa.

Saat ini Astra telah mendirikan sembilan yayasan untuk menjalankan program tanggung jawab sosial, sebagai langkah nyata dan dedikasi Astra kepada bangsa. Kesembilan Yayasan tersebut adalah:
1. Yayasan Toyota Astra
2. Yayasan Dharma Bakti Astra
3. Yayasan Astra Bina Ilmu.
4. Yayasan Astra Honda Motor.
5. Yayasan Amaliah Astra.
6. Yayasan Karya Bhakti United Tractors.
7. Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim.
8. Yayasan Astra Argo Lestari.
9. Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.

Selama hampir 6 tahun ini, saya sering diundang mengikuti kegiatan salah satu anak perusahaan Astra, yaitu PT. Astra Honda Motor (AHM) dan PT. Astra Motor. Saya memahami bahwa prestasi Astra di bidang sosial melalui program CSR sama pentingnya dengan prestasi pertumbuhan perusahaan dalam hal penjualan. Astra berupaya menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial, dan lingkungan. Sejalan dengan cita-cita pendiri Astra yaitu Sejahtera bersama Bangsa.

Saatnya Om William menjadi Inspirasi sebagai Pahlawan Nasional.
Untuk menjadi Negara maju, sebuah negara idealnya memiliki 3,5 % entrepreneur/pengusaha dari total jumlah penduduk. Menurut Ir.Ciputra, Indonesia perlu sekitar 4 juta pengusaha untuk bisa mengatasi permasalahan pengangguran dan kemiskinan. Kemunculan para pengusaha otomatis membuka peluang adanya lapangan pekerjaan dan menggerakan ekonomi.

Tapi peran pengusaha dalam mengisi kemerdekaan di Indonesia masih sering dianggap skeptis. Jika mereka gagal dalam bisnisnya, akan disukurin. Jika berhasil dalam bisnisnya dan berhasil membangun konglomerasi akan dicurigai dengan berbagai teori konspirasi politik.

Usaha untuk menarik minat generasi muda untuk terjun ke dunia entrepreneur harus dibarengi apresiasi negara. Bahwa usaha dan kerja keras mereka dalam upaya memutar ekonomi negara adalah bagian dari perjuangan mengisi kemerdekaan, bahwa mereka juga pahlawan bagi bangsa dan negara.

Menyematkan gelar Pahlawan Nasional pada almarhum Om William atas kerja kerasnya membangun Astra, akan memberikan inspirasi bagi ribuan pengusaha muda di Indonesia, bahwa menjadi pejuang di sektor ekonomi juga merupakan patriot bagi bangsa dan negara. Peran mereka sama pentingnya dengan tentara. Bila tentara menjaga kedaulatan wilayah dari ancaman agresi musuh maka tugas pengusaha adalah menjaga kedaulatan dan menggerakkan ekonomi demi kemajuan bangsa dan menuju kesejahteraan sosial bagi warga negara.

Bagaimana caranya mendapatkan gelar Pahlawan Nasional?
Setiap orang, Lembaga Negara, Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah, organisasi, atau kelompok masyarakat dapat mengajukan usul pemberian Gelar Calon Pahlawan Nasional (CPN) kepada pemerintah. Sudah saatnya keluarga besar Astra mengajukan pada pemerintah, agar sosok William Soerjadjaja mendapat gelar pahlawan Nasional.

Selama 60 tahun dan seterusnya, pemikiran William Soerjadjaja menjadi inspirasi bagi Astra, kini saatnya beliau menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia yang memilih jalan menjadi pengusaha, agar tetap teguh, tangguh dan sukses dalam berkarya mengisi era kemerdekaan.

(Tulisan ini disertakan dalam lomba Anugerah Pewarta Astra).

 

Advertisements
Channel Youtube MotoVlog Partner Ngeblog

2 Komentar

  1. saya Sukiman seorang TKI DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
    gaji istri saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
    kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
    nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran TOTO DAN MAGNUM
    angka yang di berikan waktu itu 4D yang nombor 1
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 269.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda tdk malu atau takut menghubungi MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah AMIN.
    MBAH KASSENG
    NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547

  2. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu.
    Mohon maaf sebelumnya bilah kata” saya tidak sopan / bekenan di hati anda. saya hanya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari Kuching (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet tentang info lowongan kerja dan saya melihat komentar Bpk Mukson yg dari singapore tentan MBAH WARONG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer togel sport toto 6D dr hasil meditasi ritual beliau. Singkat cerita dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan saya menang RM.577.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WARONG, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WARONG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WARONG hanya punya satu no hendpone yaitu +6285241891313 insya allah beliau akan membantu anda seperti saya…

Tinggalkan Balasan