Edyan, 2017 Tarif STNK Nopol dan BPKB Naik 2 Kali Lipat

Di tengah geliat ekonomi yang lagi lesu Pemerintahan Joko Widodo memberi kado tahun baru 2017 berupa menaikkan tarif biaya pajak sepeda motor dan mobil 5 tahunan ( meliputi biaya STNK, Plat Nomor dan BPKB) naiknya sadis bro, 2-3 kali lipat.

Keputusan kenaikan tarif tersebut ditekan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) tertanggal 6 Desember 2016 dan berlaku efektif mulai 6 Januari 2017.

Isinya peraturan baru itu mengatur kenaikan tarif untuk pengurusan surat-surat kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia secara nasional. Seperti STNK, Plat Nomor/TNKB, BPKB, Biaya Mutasi dan surat izin serta STNK lintas batas negara.

Besaran kenaikan biaya kepengurusan surat-surat kendaraan ini naik dua sampai tiga kali lipat. Misalnya, untuk penerbitan STNK roda dua maupun roda tiga, pada peraturan lama hanya membayar Rp 50.000, peraturan baru membuat tarif menjadi Rp 100.000. Untuk roda empat, dari Rp 75.000 menjadi Rp 200.000.

Kenaikan cukup besar terjadi di penerbitan BPKB baru dan ganti kepemilikan (mutasi). Roda dua dan tiga yang sebelumya dikenakan biaya Rp 80.000, dengan peraturan baru ini, akan menjadi Rp 225.000. Roda empat yang sebelumnya Rp 100.000 kini dikenakan biaya Rp 375.000 atau meningkat tiga kali lipat.

Dalam hitungan R2B, untuk lima tahun sekali sebuah Honda Supra 125 bisa habis

Pajak tahunan 190.000
SWDKLJ 30.000
STNK 100.000
Plat Nomer/TNKB 60.000
BPKB 225.000
Total = 605.000 broo.

Yang perlu diwaspadai adalah soal biaya BPKB, walau tidak ada perubahan/ganti pemilik, artinya tetap motor kita, saya pernah dipungut biaya BPKB padahal sama sekali tidak perubahan identitas.

<

p style=”color: rgb(0, 0, 0); font-family: Roboto, Helvetica, sans-serif; font-size: 18px; line-height: 26px;”>Berikut daftar kenaikan tarif baru surat-surat kendaraan di kepolisian

Jenis Pengurusan Lama Baru
Penerbitan STNK (baru & perpanjangan)

Roda 2 dan 3

Roda 4 atau lebih          

 

 

 

Rp 50.000

Rp 75.000

 

 

Rp 100.000

Rp 200.000

Pengesahan STNK

Roda 2 atau 3

Roda 4 atau lebih

 

 

Rp25.000

Rp 50.000

Penerbitan STCK

Roda 2 atau 3

Roda 4 atau lebih

 

Rp 25.000

Rp 25.000

 

Rp 25.000

Rp 50.000

Penerbitan TNKB

Roda 2 atau 3

Roda 4 atau lebih

 

Rp 30.000

Rp 50.000

 

Rp 60.000

Rp 100.000

Penerbitan BPKB

Roda 2 atau 3

Roda 4 atau lebih

 

Rp 80.000

Rp100.000

 

Rp 225.000

Rp 375.000

Penerbitan surat mutasi ke luar daerah

Roda 2 atau 3

Roda 4 atau lebih

 

 

Rp 75.000

Rp 75.000

 

 

Rp 150.000

Rp 250.000

Penerbitan surat tanda nomor kendaraan lintas negara dan tanda nomor lintas negara

Roda 2 atau 3

Roda 4 atau lebih

 

 

 

 

 

 

Rp 100.000

Rp 100.000

Advertisements
Channel Youtube MotoVlog Partner Ngeblog

25 Komentar

  1. saya Sukiman seorang TKI DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
    gaji istri saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
    kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
    nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran TOTO DAN MAGNUM
    angka yang di berikan waktu itu 4D yang nombor 1
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 269.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda tdk malu atau takut menghubungi MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah AMIN.
    MBAH KASSENG
    NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547

  2. Sabar buat semuanya….yg penting kita dalam pengurusan surat2 kendaraan di samsat tidak dipersulit seperti dulu, dan cepat selesai’gak pakek nunggu lama2 dalam pengurusan surat2 kendaraan kita….

  3. Maksudnya gimana ini gan.
    Saya mo nanya, th lalu saya bayar pajak roda empat sekitar 2 jutaan (Total dari pkb dan swdkllj).
    Berarti th ini saya akan bayar 2 kali lipat ya??? Jadi 4 jutaan lebih?????
    Waahhh… Modar saya.
    Mohon penjelasannya gan.

  4. Gak usah bayar pajak sekalian klo gtu,,,,,bayar pajak 500 jadi 1000,,,lu enak orang kaya yang pada naikin harga pajak,,,YANG MISKIN SEMAKIN MISKIN…

    piye kabare?
    Enak jamanku to?
    Emg bnr kata2 itu..

  5. Yang hrus di naikin tuh roda 4,keluaran th 2012 keatas.
    Masa bsa bli roda 4,ratusan juta ga mampu byr pajak
    Apa kt dunia.
    Roda 2 tuh jgn lah di utak atik.
    Mayoritas pengguna roda 2.kaum menengah ke bawah yang mencari nafkAh diatas motor,ky ane.
    Yang mengharuskan pajak hidup,krn selalu bertemu razia polisi.hiikkks

  6. om untuk 5 tahun sekali kok ada biaya bpkb ya… biaya itu buat yang ganti bpkb sedangan 5 thn hanya ganti stnk…. kecuali ada mutasi kendaraan… bener ga???

  7. Ente2 semua baca berita yg detail dong,jangan asal komen,yg naik itu admin STNK yang dibebankan ke ente jika kendaraan ente2 semua udh 5 tahun,bukan pajak dari dispenda yg tiap tahun mesti bayar,baru naik 100% udh ngedumel,cuma 5 tahun sekali ini,ente gak pernah mikir,ente tiap bulan beli kuota internet aja udh berapa buat cuma chat sama tulis komen di website berita.

  8. Hebat…ini adalah suatu kemajuan ahli ekonomi jenius yg gaji nya diatas 20 jt perbulan.bagi yg dapat umk,yg 2017 naik 10 % ,ditambah kenaikan pln listrik 900 watt dan industri,sembako dll…selamat menikmati kebijakan pemerintahnya.seperti hal nya menkeu,kapolri dan bpk saling lempar asal usul kebijakan nya….
    Atau kah ini isu disaat produsen motor mengeluarkan produk baru….
    Hanya mereka yg tahu dan bisa menikmati fasilitas kendaraan dinas mewah tanpa beban pajak karena di bayarin dinas.

  9. Rakyat terus ditekan dengan berbagia kenaikan harga. pengusahan dipermudah dengan pengampunan (amnesti) pajak.
    Dulu jamannya SBY kenaikan harga bbm aja ributnya minta ampun, sekarang ko pada diam kenapa ya? Kadang ga habis pikir, kalian masih ingatkan waktu-waktu itu?

  10. Naik ya naik tapi jangan trs menindas rakyat, yg kaya bisa sj bayar mau naiknya brp persen, lha yg miskin terpaksa harus jual barang buat pajak, kalo gak pajak ada rasia ditilang pak polisi, hidup makin lama gak makin enak tp kok makin susah, apa kedepan banyak orang yg gila krn mikir hidup yg serba mahal, cari pekerjaanpun susah,, pak soeharto help mee… Hua.. Hua…

Tinggalkan Balasan