Ban Omnidirectional, Bikin Mobil Bisa Jalan Ke Samping

​Ban ini bisa membuat parkir mobil jadi mudah, karena mobil bisa jalan ke samping tanpa repot banting setir. Ban ini dibuat oleh seorang William Liddiard seorang asal Ontario, Kanada dan baru saja diluncurkan di London, Inggris. 

Untuk riset, dia mengaku menghabiskan uang hingga US$ 61 ribu atau setara Rp 800 juta untuk mengembangkan serta mengajukan paten ban ini. 

Cara kerja ban omnidirectional ini cukup unik, dana kulitnya bisa menggulung ke dalam dan membuat mobil bergerak ke samping dengan kecepatan 1 mil per jam.

Meskipun lambat, tapi sangat besar manfaatnya, misalnya saat parkir. Pengemudi yang pakai ban ini tak perlu repot lagi saat parkir paralel.

“Saya sedang menonton acara truk, dan mereka sangat sulit melakukan itu (parkir). Jadi itulah bagaimana awalnya datang dengan ide mendesain ulang roda,” ujarnya, saat ditanya bagaimana awalnya memikirkan inovasi ini.

 Sejauh ini produk inovatif tersebut baru sampai pada tahap prototipe. Meski nantinya bisa diproduksi massal, namun Liddiard mengaku cukup kerepotan. Pasalnya untuk mengembangkan bisnis ini perlu modal besar. 

“Saya akan senang melihat perusahaan besar mengambil dan menjalankannya. Mereka bisa membawanya ke pasar lebih efektif dan lebih cepat daripada yang saya bisa. Tapi saya tidak akan berhenti,” ujarnya. 

Liddiard memperkirakan biaya satu unit banmencapai angka US$ 1.541 atau setara Rp 20 juta. Harganya bisa berubah, tergantung ukuran dan kendaraan. 

Monggo videonya gan:

https://youtu.be/jas_y1cUndI

Channel Youtube MotoVlog Partner Ngeblog

Tinggalkan Balasan