Pengalaman Memakai Oli Diesel Pada Sepeda Motor Honda Win

Kali ini mau berbagi pengalaman soal Oli gan. Secara gak sengaja ternyata selama saya merawat si Honda Win keluaran tahun 2001, kurang lebih sudah hampir 1,5 tahun, ini si Honda Win makai oli pelumas mesin Diesel. Lho kok sampai gak tahu gimana ceritanya?

Tiap ganti oli, si Honda Win saya isi Oli Curah merek Vega. Olinya tinggal mompa aja sih di Toko-nya babe saya, gratisan :mrgreen: tanpa nanya ba bi bu ke orang toko. Lha wong seingat saya dulu Oli Vega ini untuk mesin bensin. Ternyata sudah sekian lama tokonya abah tidak menjual oli mesin bensin eceran. Yang eceran hanya mesin Diesel.

Nah, Alkisah 2 bulan yang lalu Honda Win 2001  milik saya tak kasih oli yang bagus, gratisan dari vendor Oli, mikirnya saat itu, “sekali-kali dikasih minum Oli Mahal biar makin jrengg,” batik saya.


Selama pemakaian 2 bulan ini, lha kok mesin Honda Win jadi kasar. Yang paling terasa oper gigi jadi susah. Klo pas naik dari 1-2-3-4 sih enak lancar, tapi klo pas turu  dari 3-2-1 susahnya minta ampun, terkadang sampai harus saya injak kuat-kuat. 

Paling tengsin klo di lampu merah sob. Setengah mati udah berasa nurunin gigi biar pas angkatan enak. Ehh nyangkut di gigi-2, pas ditarik gas malah cuma keluar suara doang, larinya gak ada. Malah kadang mblebek mati. 

Karena curiga, “Oli mahal kok gini sih,” saya pun mutusin ganti oli. 

setengah botol, sisa oli merek ##### yang katanya sintetis.

Ehh lhadalah! lha kok oli yang dulu masuknya 800ml pas ditap yang keluar hanya 300ml, bahkan mungkin kurang. Ini penampakan oli pas ditaruh di botol minuman 600ml. Wee lhadalah pantes si WiWin rasanya rakarukaruan alias ngaco.
Alhirnya segera saya menimba Oli Vega dari drum, tiba-tiba ada pegawe toko, “mas ngambil Oli Vega buat apa,” tanya dia.


“Buat motor Honda Win,” jawab saya.

“Lho itukan Oli buat mesin diesel, klo buat bensin adanya yang botolan,” kata dia.

“Wis rapopo, lha wong biasanya juga makeknya ini. Diisi oli ##### yang gratisan kemarin malah remuk rasanya,” jawab saya lalu ngisiin Oli ke mesin Honda Win. 

Api Servicenya SF/CC berarti bisa juga mesin bensin, tapi viskositasnya flat 50w

Begitu selesai, langsung tak coba. Dan ternyata rasanya kembali enak seperti biasa. Saya ngambil kesimpulan, Oli mesin Diesel merek Vega ini cocok buat Honda Win. Gak bakal ganti oli lagi.

Oleh mesin Disel atau Olinsesat terbukti enak buat motor tua Honda Win saya.

roda2blog di sosial media

2 Komentar

Tinggalkan Balasan