Ini Masalah Yang Kerap Mampir di Motor Matik

Sudah menjadi rahasia umum bila biaya perawatan sepeda motor tipe matik lebih mahal dibandingkan sepeda motor tipe bebek. Penyebabnya karena Motor matik meniadakan kontrol perpindahan gigi pernelling, digantinkan sistem CVT dengan beberapa komponen yang memang mudah aus.

CVT (Continously Variable Transmission) adalah buah simalakama, enak makainya tapi juga harus siap biaya karena terdiri dari komponen yang sering minta ganti, fast moving

CVT ini menggantikan peran persnelling kaki dalam mengatur power motor dari mesin ke roda belakang. Di motor bebek persenelling diatur oleh kaki, mau naik apa turun. Motor bebek power disalurkan menggunakan gir dan rantai, di CVT matik menggunakan Vbelt dan roller.


Saat jarak tempuh di atas 10ribu KM, CVT sudah bisa dideteksi kelainanya, rasanya sudah beda. Lalu saat masuk ke 20ribu kilometer udah terasa parah banget ngempos tenaganya pertanda Roller dan Vbelt harus segera diganti. Jika tidak diganti, bisa putus di jalan.

Ciri-ciri‎ CVT minta jajan yaitu suara keras dan kasar, terlebih saat dinyalakan pada pagi hari.

Adapun hal tersebut juga bisa dirasakan saat kendaraan digunakan di jalanan, yaitu performa menjadi loyo, bahan bakar boros, tenaga berkurang, dan kecepatan motor menjadi lebih lambat.‎

Kalau roller kena, bunyinya peletak-peletok, v-belt, atau kampas kopling, kampas ganda, kalau nanjak atau jalan naik jadi kurang tenaga atau ngeden.

Dan di CVT inilah biaya motor matik akan kelihatan mahalnya. Satu paket Vbelt dan Roller orisinil biasanya dibandrol 200-250rb. Nah buat yang mobilitasnya tinggi akan terasa banget.


Entah kenapa harga Vbelt+Roller lebih mahal dibandingkan Girset+Rantai motor bebek.

Bandingkan dengan harga gearset (gir depan+gir belakang+rantai) supra 125 yang dibandrol 150-170rb per set. Itupun dengan kilometer 20rb juga belum minta ganti.

Walaupun demikian, rasa praktis dalam mengendarai motor matik tetaonjadi pilihan bagi sebagaian besar konsumen motor di Indonesia. 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan