Perawatan Mesin Diesel, Cukup Ganti Oli dan Cek Kondisi Filter

Seberapa mudah sih merawat mesin diesel? tentunya lebih mudah perawatanya dibandingkan mesin bensin. Hal tersebut karena memang sistem pembakaran bbm pada mesin diesel yang lebih sederhana dibandingkan mesin bensin.

Berbeda dengan mesin bensin dimana anda harus rutin mengganti oli, membersihkan injector, mengecek filter udara serta mengganti busi secara periodik.

Pada mesin diesel , perawatanya cukup simpel. Hanya perlu secara rutin mengganti oli dan mengganti filter solar dan udara. Tanpa perlu membersihkan injektor ataupun takut busi mati.

Filter solar berfungsi untuk menyaring kadar air di dalam solar/bbm diesel. Mesin Diesel berbahan bakar solar yang punya kandungan air. Dalam hal ini, tiap mobil Diesel pasti di filternya punya pemisah antara air dan solar. Takaran air tidak boleh terlalu banyak.  Gejalanya klo filter sudah rusak adalah asap hitam mengepul.

Pada mobil-mobil diesel terbaru sudah ada indikator canggih yang akan memberitahu pemilik kapan waktunya untuk ganti filter solar. Harganya juga murah, filter solar milik Panther harganya di kisaran 25rb-45ribu yang Orisinil. Sedangkan di mobil diesel premium semacam Hilux, Pajero, Fortuner dan Innova sekitar 120-150ribuan.

Filter kedua yang harus rutin dicek adalah Filter udara, harganya juga ramah di kantong. Untuk mobil diesel tua macam Panther atau Kisul (Kijang Kapsul) di kisaran 30ribuan. Sedangkan untuk Hilux, Pajero dkk sekitar 150ribuan.


Nagh mudahkan perawatan mobil bermesin diesel, semua perawatan mobil diesel diatas yaitu ganti Oli dan Filter bisa dikerjaan sendiri di rumah. Bila pun di bengkel juga gak akan lama kok.


 

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan