3 Keluhan Utama Pengguna Mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra 

Selamat pagi menjelang siang sob, kali ini mimin mau berbagi info soal keluhan dari para pengguna mobil LMPV Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mobil LMPV bernumpang 7 ini memang lagi jadi favorit banget, selain harganyanyang terjangkau, juga karena tampilan oke banget plus bisa muat banyak orang.

Nah di pagi ini, mimin ingin berbagi tentang keluhan dari para pengguna mobil ini. Bukanya mimin ingin bermaksud Black campaign tapi sekedar berbagi kisah agar jika anda membeli mobil ini sudah siap tentang berbagai kekuranganya, siap mengantisipasi dan siap cari solusinya.

Berikut ini keluhan pengguna :

1. Ban mudah sobek

Ban Calya dan Sigra ini sangat tipis, jangankan ngehajar lubang, beberapa pengguna di grup facebook Calsic malah ada yang cuma kena trotoar doang, ban udah sobek.

So jika anda membeli mobil ini, siapkan anggaran untuk segera ganti ban yang lebih bagus.

Beberapa pengguna Calsic curiga dengan ban Bridgestone Ecopia ini. Ada yang bilang ban ini tidak ada kawat bajanya. Tapi ya entahlah bagaimana kualitasnya. Berikut ini beberapa foto ban Calya-Sigra yang robek:

Nama-nama diatas tidak ane sensor gan, biar ada follow up langsung dari Bridgestone selaku yg buat ban.


Apakah keluhan tenang ban ini sudah selesai? ternyata belum gan, lihat screenshoot berikut ini, tanggal 27 januari ada yang bertanya “tentang keluhan ban sudah gak ada lagi ya?”

ehh tanggal 3 januari muncul lagi keluhan ban sobek dari pengguna. Kan sobek!!.

Sekali lagi mimin gak bermaksud kampanye gelap (BC) cuma mimin prihatin karena memang masalah ban ini, sampai ada pengguna Calya-Sigra yang antipati gini sob.

2. Tidak kuat nanjak karena ban berputar di tempat/spinning

Kalau yang ini mungkin situasional yang banyak dipengaruhi oleh kemampuan mengemudi sopirnya. Terutama oleh sopir yang kurang pengalaman atau baru bisa nyopir, yang biasanya punya anggapan “mobil akan makin bertenaga jika makin diinjak gasnya.” 

Tentunya ya harus diakui bahwa mobil FWD (Penggerak Depan) punya potensi Slip atau Spinning yaitu roda berputar di tempat dan mobil tidak bergerak saat melahap tanjakan, karena tidak beban di atas roda penggerak.

Nahh saat menghadapi situasi kayak gini, sopir pemula dengan anggapan seperti diatas akan memilih untuk menginjak gas sedalam-dalamnya, sedalam lautan jika perlu. Hasilnya, malah burn tyre out seperti Rossi pas menang balapan. Alur ban jadi gundul dan habis terbakar lalu gak bisa jalan lagi.

Bagi sopir yang pengalaman, akan mematikan mesin, pasang hand rem, memindahkan persnelling ke posisi “R” / mundur, lalu keluar cari pengganjal ban. Setelah semua siap, lalu nyalakan mesin lagi, mulai lagi jalan pelan-pelan, injak gasnya tipis-tipis.

Berikut ini beberapa contoh Calya dan Sigra yang gagal di tanjakan lalu mundur. Ada yang nabrak pohon, ada yang di basement parkir.

Ini yang gagal di tanjakan, mundur lalu

Poinya: Calya-Sigra punya kelemahan di tanjakan khas FWD tapi masih bisa diakali kok, dengan cara meningkatkan skill nyopir.

Foto dibawah ini adalah contoh sopir mobil FWD yang Oon, sudah tahu ban depanya spinning malah injak gas sampai bikin polusi.

Sebuah Suzuki Ertiga juga gagal menanjak karena Spinning/roda berputar di tempat lokasi Pacet, Mojokerto. 

3. Shock ambles saat dimuati orang banyak.

Cara ngatasinya, tolong dimuati sesuai kapasitasnya, jangan orang se-rt dibawa semua.


Demikian 3 kelemahan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Semoga bermanfaat sob, pilihan di tangan anda.

roda2blog di sosial media

12 Komentar

  1. Komplit tuh, shock belakang ambles, pake fwd, langsung deh yg gak jago bakalan spining terus, wkakakka

    Lagian begi banget orang beli ginian, tambah dikit dapet avanza yg udah rwd, atau naik ke kelas sienta aja,

    Tapi kalo itunganyangelom mampu pilih lah yg rwd

  2. 1. ganti aja bannya dengan ukuran punya anvaza senia.. komplit sama pelek2nya..
    2. tekanan ban sesuai buku petunjuk. kalo misalnya masih spin, bisa kurangi tekanannya 1-4 psi..
    start di jalan menanjak memang butuh keahlian lebih. pengaturan gas dan kopling plus hand rem perlu dikuasai..
    3. udah dijawab

  3. Saya salah satu pemilik calya.. Saya berterimakasih dengan postingan ini.. Saya mengalami maslah yg ke 2 dan ke 3, mudah”an hal ini bisa diperhatikan oleh pengamat kualitas / standar kendaraan nasional atau internasional, sapa tau memang ada kesalahan dlm produksi, jadi bisa ada perbaikan ataupun recall terhadap mobil” yg sdh dan akan diproduksi..

  4. Msh enak MOTUBA Nanjak parkiran Mall Gigi 2 Msh Nganteng aja. Nanjak jlnan licin biasa aja tanpa kendala apa pun. Ban GT Radial Eco jlnan Baru N lobanhan hajar terus.
    #MOTUBAyess

Tinggalkan Balasan