Jokowi Akan Jajal Jalan Trans Papua Naik Sepeda Motor

Jalan raya trans Papua yang menyambungkan Sorong, Jayapura hingga Merauke ini akan segera rampung. Melintas sepanjang hampir 4.300KM.

Trans Papua ini sudah dikerjakan sejak tahun 2010. Setahun kemudian dimasukan dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) tahun 2011-2025 yang diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Jakarta tahun 2011.

Sampai akhir tahun 2015 di masa Presiden Jokowi tersisa 658KM yang belum tersambung dari total 4.300KM keseluruhan jalan raya Trans Papua. Tahun 2016 proyek ini dipercepat dengan anggaran “hanya” sebesar 6Trilliun rupiah atau hanya setara dengan nilai proyek Hambalang ditambah nilai proyek e-KTP. hehehe :mrgreen:


Berikut ini infografis kondisi jalan raya Trans Papua pada Mei 2015 yang dilansir oleh detik.com

Kondisi Trans Papua pada Mei 2015. Infografis: detik.com/finance

Tahun 2017 ini, Trans Papua akan ditargetkan menyambung 100%. Untuk meninjau proyek prestisius ini. Presiden Jokowi dijadwalkan menjajal langsung jalan raya ini dengan mengendarai sepeda motor.


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengunjungi Trans Papua dalam waktu dekat, dan bakal menjajal jalanan Trans Papua yang saat ini belum tembus sepenuhnya.

“Nanti kami akan ke sana (Trans Papua) akhir Maret ini dengan Bapak Presiden, off-road di sini. Kita akan coba itu. Ini kan kayak di Swiss,” ujarnya sambil memperlihatkan salah satu lokasi di ruas Trans Papua yang belum dilapis aspal usai acara Diskusi Media di Cafe Kembang Kencur, Jakarta, Minggu (5/3/2017).

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan