MotoGP Akan Ada Kelas Balap Motor Listrik

Gelaran balapan sepeda motor tertinggi, MotoGP, mulai tahun 2019 akan membuat kelas baru khusus sepeda motor bertenaga listrik untuk melengkapi 3 kelas yang sudah ada Moto3, Moto2 dan MotoGP.

Rencana ini dikonfirmasi langaung oleh Carmelo Ezpeleta, Bos Dorna Sports, S.L., penyelenggara dan pemegang lisensi MotoGP.

Sebagaimana dilansir oleh media asal Spanyol, Motociclismo, Ezpeleta mengatakan bahwa targetnya balap motor listrik akan berlangsung mulai 2019. Ini akan jadi balap pendamping atau supporting class, selain daripada Moto2 dan Moto3.

Untuk mekanismenya, Ezpeleta mengatakan bahwa balapan ini akan berlangsung dalam lima seri. Setiap serinya hanya terdiri dalam 10 lap. 


Diharapkan bakal ada 18 motor yang turut serta. 14 berasal dari tim independen MotoGP, sisanya diberikan untuk tim terbaik di Moto2.


Untuk motornya, akan dipamsok oleh pemasuk tunggal. Beberapa merek terkenal seperti Yamaha dan Honda sudah menyatakan tertarik. Nantinya bakal cuma ada 1 tipe mesin untuk semua pembalap dan tim. Diprediksi motor-motor ini bisa melaju sampai 200 km/jam.

Tinggalkan Balasan